Silakan masukkan kata kunci pada kolom pencarian

5+ Tabungan Berjangka Terbaik Terpercaya 2022

Daftar Isi

5+ Tabungan Berjangka Terbaik Terpercaya 2022

Kebutuhan akan persiapan masa depan menuntut perencanaan keuangan yang baik. Salah satunya dengan tabungan berjangka.

Tabungan berjangka menawarkan manfaat sebagai simpanan untuk masa depan dengan bunga bersaing dan mendisiplinkan nasabah untuk melakukan setoran rutin selama masa kontrak. Jika berhenti sebelum masa kontrak, bank akan mengenakan biaya atau denda.

Di beberapa bank, tabungan berjangka diberikan dengan proteksi asuransi gratis. Jika nasabah meninggal dunia, pembayaran tabungan berjangka dilanjutkan oleh bank sampai periode kontrak berakhir.

Penting memilih tabungan berjangka terbaik yang tidak hanya menawarkan bunga tinggi, tetapi juga aman dan terpercaya.

Berikut ini daftar tabungan berjangka terpercaya di 2022 dari berbagai bank, yaitu:

1. Tabungan Berjangka BCA 

Tabungan Berjangka BCA adalah tabungan yang secara rutin disetorkan oleh nasabahnya pada periode tertentu. 

Nominal setoran tabungannya bersifat tetap dan akan berlangsung sesuai dalam kurun waktu yang telah disepakati, yang mana berkisar mulai dari 6 hingga 20 tahun lamanya. 

Setiap bulannya, sistem tabungan berjangka BCA akan memotong sejumlah nominal setoran tabungan berjangka dari rekening yang dinyatakan sebagai sumber dana. 

Jika ada nasabah yang harus mencairkan tabungan sebelum tanggal jatuh tempo, akan dikenakan denda pencairan tabungan. 

Tabungan berjangka BCA dibagi ke dalam 2 kelompok tabungan yaitu 

  • Tahapan Berjangka dan
  • Tahapan Berjangka SiMuda.

Pembukaan rekening tabungan berjangka bagi nasabah baru BCA, bisa dilakukan secara online melalui aplikasi KlikBCA maupun offline melalui customer service.

Buka Rekening Online

Lakukan pembukaan rekening tabungan berjangka BCA secara online melalui KlikBCA dengan cara berikut.

  1. Menuju ke alamat www.klikbca.com melalui web browser Anda
  2. Masukkan username dan PIN untuk lakukan login
  3. Pilih menu pembukaan rekening, kemudian pilih Tahapan berjangka
  4. Selanjutnya Anda akan diminta untuk mengisi e-form secara lengkap dan benar
  5. Masukkan respon KeyBca Apli 1
  6. Kirim
  7. Mendapat konfirmasi keberhasilan pembukaan rekening melalui email

Buka Rekening secara Offline

Dilakukan offline dengan langkah berikut.

  1. Datang ke kantor cabang BCA
  2. Datangi customer service agar bisa membuka rekening tabungan berjangka
  3. Berikan dokumen persyaratan buka rekening
  4. Lengkapi formulir pembukaan rekening
  5. Mendapatkan buku tabungan sebagai tanda kepemilikan rekening

Manfaat Tabungan Berjangka

  1. Suku bunga lebih kompetitif berkisar 4-5% p.a.
  2. Setoran awal lebih rendah Untuk membuka tabungan berjangka, biasanya bank tidak memberikan nominal yang besar dalam proses pembukaan rekening. Bahkan, 2 pilihan tabungan berjangka yang dirilis BCA memberikan kebijakan setoran awal 0 rupiah.
  3. Tabungan lebih aman dalam jangka waktu ke depan. Penyelenggara tabungan berjangka umumnya berasal dari bank yang dijamin oleh LPS, sehingga nasabah tidak perlu khawatir kehilangan dananya di sana.

2. Tabungan Rencana Bank Mandiri

Bank Mandiri mengeluarkan produk tabungan pendidikan yang disebut Tabungan Rencana Mandiri. Bisa menemukannya di semua cabang Bank Mandiri. 

Setoran awal sangat terjangkau, minimum hanya Rp 100 ribu dan harus memiliki tabungan Mandiri. 

Tabungan rencana menerapkan jangka waktu menabung minimum 1 tahun. Tidak dilakukan setoran selama 3 bulan berturut – turut otomatis tabungan ditutup dan saldo dicairkan ke rekening awal.

Ketentuan bunga adalah Suku Bunga Mandiri Tabungan Tertinggi (SBMT) plus persentase tertentu (tergantung masa kontrak tabungan rencana). 

Misalnya, kontrak 1 sampai 4 tahun, bunga adalah SBMT + 0.50%. Pada saat tulisan ini dibuat, SBMT adalah 2.25%, sehingga bunga untuk tabungan rencana kontrak 1 sampai 4 tahun adalah 2.75% per tahun. 

Penggunaan SBMT menunjukkan komitmen Bank Mandiri memberikan bunga tertinggi kepada tabungan rencana dibandingkan produk – produk tabungan Bank Mandiri lainnya.

Bunga di tabungan rencana adalah floating. Artinya, nasabah harus siap bahwa bunga bisa berubah sewaktu – waktu sesuai kebijakan bank.

Penarikan dana diperbolehkan setelah 1 tahun dan dibatasi paling banyak 30%. Biayanya Rp 100 ribu. Pengambilan diatas 30% dianggap berhenti.

Perlindungan asuransi diberikan gratis, tanpa pemeriksaan kesehatan, dengan pertanggungan maksimum setoran bulanan Rp 5 juta. Misalnya, nasabah memiliki setoran bulanan Rp 5.1 juta, maka hanya mendapat perlindungan sampai Rp 5 juta, sedangkan sisanya Rp 100 rb tidak ditanggung oleh asuransi. 

Pembayaran asuransi ditawarkan dalam dua pilihan. 

  1. Setoran dilanjutkan oleh asuransi sampai jatuh tempo.
  2. Sisa setoran bulanan sampai jatuh tempo dibayarkan di muka (lump sum) yang dihitung menggunakan net present value (NPV).

Di tabungan rencana, asuransi tidak memiliki masa tunggu untuk meninggal akibat sakit. Pertanggungan mulai berlaku sejak pembukaan rekeningan tabungan.

3. Tabungan Perencanaan Masa Depan BNI

Tabungan ini disingkat dengan nama Tapenas. Setoran bulanan minimum adalah Rp 100 rb. Tidak ada setoran awal. Periode kontrak minimum 2 tahun sampai 18 tahun. Tidak dilakukan setoran selama 3 bulan berturut –turut otomatis tabungan ditutup dan saldo dicairkan ke rekening awal.

Bunga saat ini adalah 4% setahun. Ini adalah bunga mengambang, bisa berubah setiap saat tergantung kebijakan bank. 

Tidak diperkenankan melakukan penarikkan dana. Karena ketika peserta menarik dana, Tapenas harus ditutup. Penarikkan yang disertai penutupan ini dikenakan denda 1% terhadap saldo akhir.

Tapenas menyediakan asuransi gratis tanpa pemeriksaan kesehatan. Pertanggungan adalah melanjutkan setoran bulanan sampai jatuh tempo dengan total maksimum penggantian Rp 1.5 miliar. 

Nilai proteksi ini relatif lebih tinggi dibandingkan proteksi dengan maksimum setoran bulanan. Nilai Rp 1.5 miliar itu kira – kira ekuivalen dengan setoran bulanan Rp 6.5 juta, lebih besar dari maksimum pertanggungan Rp 5 juta per bulan yang diberikan tabungan pendidikan lainnya.

Meninggal dunia sebab kecelakaan ditanggung sejak pembukaan tabungan, namun sebab bukan kecelakaan (antara lain sakit) harus punya masa tunggu, yaitu setelah 6 bulan sejak tanggal pembukaan tabungan.

4. Tabungan Pendidikan Bank Niaga

CIMB Niaga menawarkan dua jenis tabungan rencana untuk pendidikan, yaitu reguler dan X-tra. Keduanya punya fitur yang berbeda.

a. Tabungan Pendidikan Reguler

Setoran bulanan minimum adalah Rp 100 ribu. Namun, tabungan ini mensyaratkan setoran awal sebesar 10x setoran bulanan. Artinya, nasabah paling sedikit harus menyetor 100 rb per bulan dan setoran awal Rp 1 juta. 

Tidak ada batasan minimum masa kontrak. 

Namun, kontrak dibawah dua tahun mendapatkan tingkat bunga yang lebih rendah dan bersifat floating (mengikuti pasar), sementara kontrak dua tahun keatas diberikan bunga lebih tinggi dan bersifat fixed (tetap sampai jatuh tempo).

Bunga yang ditawarkan termasuk paling menarik. Bahkan dalam brosur, CIMB Niaga mengklaim bahwa bunga mereka tertinggi diantara tabungan pendidikan bank lain. 

Bunga ini bersifat tetap, artinya tidak berubah sampai masa jatuh tempo.

Penarikan dana cukup fleksibel. Tidak ada batasan berapa dana yang bisa ditarik. 

Hanya, biaya pinalti cukup besar, yaitu  1% dari saldo akhir tabungan untuk penarikkan dibawah 2 tahun dan 2% untuk diatas 2 tahun.

Perlindungan asuransi diberikan gratis, tanpa pemeriksaan kesehatan, dengan pertanggungan hingga setoran bulanan Rp 5 juta. Pertanggungan diberikan dengan melanjutkan setoran bulanan sampai masa jatuh tempo. 

Yang penting diperhatikan, adanya masa tunggu asuransi. Jika meninggal dunia di tahun pertama kontrak, pertanggungan hanya untuk meninggal kecelakaan sedangkan meninggal sakit tidak ditanggung. Meninggal karena sakit punya masa tunggu, yaitu setelah 2 tahun sejak pembukaan rekening.

b. Tabungan Pendidikan X - Tra

Perbedaan tabungan ini dengan tabungan rencana pendidikan CIMB Niaga sebelumnya adalah perihal pertanggungan asuransi. 

Dalam tabungan rencana ini, premi tetap gratis, namun jumlah pertanggungan tidak dibatasi dimana sesuai jumlah setoran tabungan pendidikan setiap bulan (sebelumnya, maksimum setoran Rp 5 juta per bulan).  Selain itu, masih ada pertanggungan tambahan lagi sebesar 5x setoran jika meninggal dunia.

Jadi saat pemilik tabungan pendidikan meninggal dunia, setoran terus berlanjut serta mendapat tambahan 5x setoran bulanan di saat jatuh tempo.

Namun, kondisi pertanggungan asuransi yang jauh lebih baik  ini, bukannya tanpa biaya.

  1. minimum masa kontrak adalah 5 tahun. Ini masa yang cukup panjang karena biasanya tabungan pendidikan lebih bermanfaat dalam jangka pendek, 1 sampai 3 tahun, mengingat bunganya yang tidak terlalu tinggi.
  2. nasabah diwajibkan lolos pemeriksaan kesehatan untuk mendapatkan fasilitas asuransi,. Syarat yang tidak ada di tabungan sebelumnya.
  3. setoran awal minimum Rp 10 juta dan setoran bulanan minimum Rp 1 juta. Peningkatan yang cukup signifikan dibandingkan sebelumnya yang hanya Rp 1 juta (awal) dan Rp 100 ribu (bulanan).
  4. Bunga relatif lebih rendah. Bunga bersifat tetap untuk masa interval 5 tahun, artinya setiap periode  itu bunga dikaji kembali, bisa tetap, sama atau berubah.

5. PermataMasa DEPAN Premium

Tabungan berjangka yang dikeluarkan Bank Permata dalam mata uang Rupiah dengan Setoran Awal dan Setoran Bulanan minimal Rp1,000,000 dan Jangka Waktu menabung yang disesuaikan dengan kemampuan dan kebutuhan Nasabah.

Tabungan berjangka dengan setoran awal dan setoran bulan yang ringan dan jangka waktu menabung yang fleksibel

Ketentuan Tabungan Berjangka Permata adalah:

Jangka WaktuMinimal 6 bulan dan maksimal 216 bulan (18 tahun). Jangka waktu dalam kelipatan bulan.
Setoran AwalRp 1 juta
Setoran BulananMinimal Rp1,000,000 dan berlaku selanjutnya untuk kelipatan Rp 50,000 serta tidak ada batasan maksimal
Biaya Penutupan Rekening Sebelum Jatuh TempoJika kepesertaan rekening berjalan kurang dari 12 bulan Rp 150,000Jika kepesertaan rekening berjalan lebih dari sampai dengan 12 bulan Rp 100,000
Suku Bunga (Single Rate)2.75% p.a.PermataBank berhak untuk mengubah tingkat suku bunga yang diberikan kepada Nasabah dengan pemberitahuan sebelumnya oleh PermataBank sesuai dengan ketentuan dan peraturan perundang-undangan yang berlaku sebelum efektif berlaku perubahan suku bunga
Biaya AdministrasiBebas biaya administrasi untuk Ttabungan PermataMasa DEPAN Premium

6. Tabungan CITA2ku Bank Danamon

Tabungan Cita2Ku adalah Tabungan Berjangka yang dikeluarkan oleh PT. Bank Danamon Indonesia, Tbk. 

Rekening sumber dana akan dipindahkan ke rekening Tabungan Cita2Ku secara berkala sesuai dengan jumlah angsuran dan tenor.

Tabungan Cita2Ku membantu dalam mewujudkan cita-cita melalui penempatan dana secara rutin/berkala.

  • Penempatan dana lebih flexible sesuai kemampuan Nasabah mulai dari Rp200.000/bulan dengan minimal jangka waktu 2 tahun atau mulai dari Rp500.000/bulan dengan jangka waktu mulai dari satu tahun.
  • Jangka waktu yang flexible mulai dari 1 tahun sampai dengan 15 tahun.

Ketentuan Tabungan Berjangka Bank Danamon adalah:

Jangka WaktuMinimal 2 Tahun sd 15 tahun
Setoran Awal0
Setoran BulananRp500.000/bulan dengan jangka waktu mulai 1 tahun hingga 15 tahun.  
Rp200.000/bulan dengan jangka waktu minimal 2 tahun
Biaya Penutupan Rekening Sebelum Jatuh TempoBiaya Penalti sebesar 0.5% akan dikenakan kepada nasabah yang melakukan penutupan kurang dari 2 tahun.Khusus nasabah yang mengambil jangka waktu 1 tahun, maka penalti akan dikenakan jika penutupan dilakukan kurang dari 1 tahun.
Suku Bunga (Single Rate)3%
Biaya AdministrasiGratis

7. Tabungan BritAma Rencana BRI

BritAma Rencana BRI adalah tabungan investasi jangka panjang dengan setoran tetap bulanan dalam jangka waktu yang telah disepakati, serta mendapatkan manfaat asuransi jiwa bagi nasabahnya.

Ada 2 jenis BritAma Rencana yang saat ini beroperasi, yaitu 

  • BritAma Rencana Plan A dan
  • BritAma Rencana Plan B.

Meskipun sedikit berbeda, namun keduanya memiliki manfaat dan cara daftar yang sama.

Untuk membuka tabungan BritAma Rencana, nasabah perlu menyiapkan uang sebesar Rp 100.000 sebagai setoran awal. 

Jangka waktu simpanan bervariasi mulai dari 1 tahun hingga maksimal 20 tahun.

Jika sudah menentukan dua hal tersebut dan rekening sudah dibuka, nasabah wajib membayar setoran tetap bulanan minimal Rp 100.000 dan maksimal Rp 5 juta. Jumlahnya boleh berubah-ubah, asalkan tetap kelipatan Rp 50.000.

Karena tabungan ini juga dilengkapi dengan layanan asuransi jiwa, penerusan setoran akan dilakukan oleh perusahaan asuransi apabila nasabah meninggal dunia.

Ketentuan Tabungan Berjangka BRI Britama  adalah:

Jangka WaktuMinimal 1 Tahun sd 20 tahun
Setoran Awal100 ribu
Setoran BulananMinimal 100 ribu dan maksimal 5 juta. 
Biaya Penutupan Rekening Sebelum Jatuh TempoBiaya Penalti sebesar 0.5% akan dikenakan kepada nasabah yang melakukan penutupan kurang dari 2 tahun.
Suku Bunga (Single Rate)Suku bunga 1% di bawah deposito.
Biaya AdministrasiGratis

8. Tabungan CommBank GoalSaver

Apapun Goal, wujudkan bersama CommBank GoalSaver dengan setoran awal mulai Rp50.000. Bukan hanya satu tapi bisa buat 10 (sepuluh) rekening CommBank GoalSaver aktif dalam waktu bersamaan dengan masing-masing target jumlah tabungan hingga Rp100 juta.

Bebas tentukan atau mengubah target jumlah tabungan & jangka waktu sesukamu.

Dengan sistem auto-debit, kita tidak perlu repot memindahkan dana setiap bulannya. Cukup pastikan dana tersedia di rekening utama CommBank Mobile agar dapat menabung sesuai jadwal.

Ketentuan Tabungan CommBank GoalSaver adalah:

Jangka WaktuMinimal 1 bulan sd 10 tahun
Setoran Awal50 ribu
Setoran Bulanan10 ribu
Biaya Penutupan Rekening Sebelum Jatuh TempoBiaya Penalti sebesar 0.5% akan dikenakan kepada nasabah yang melakukan penutupan kurang dari 2 tahun.
Suku Bunga (Single Rate)3.25% per tahun
Biaya AdministrasiGratis

Bagikan Melalui

Daftar Isi

Berlangganan Duwitmu

Komentar (0 Komentar)

Tulis Komentar - Balasan untuk Tito Shadam

Email Anda tidak akan di publish

Batalkan Membalas

Captcha Wajib Diisi

Artikel Terkait