5 Pilihan Bank Penjual Reksadana Terbaik BCA Mandiri BRI

  • November 5, 2017

Ingin transaksi produk Reksadana ? Salah satunya adalah lewat perbankan karena jaringan paling luas dan paling dikenal. Saya mencatat 5 bank penjual Reksadana terbaik, antara lain BCA, Mandiri, BRI, BNI, yang menawarkan online maupun datang ke cabang. Ikuti update daftar Reksadana terbaik 2019.

Saya paham kekhawatiran banyak orang ketika ingin mencoba investasi Reksadana. Mereka khawatir apakah ini investasi bodong atau tidak.

Kita harus akui bahwa banyaknya kasus investasi bodong belakangan ini membuat kepercayaan banyak orang terhadap instrumen investasi menjadi luntur. Orang jadi lebih memilih instrumen konvensional, seperti tabungan, deposito, untuk menempatkan uang.

Sementara, seperti sudah berulang kali saya sampaikan, simpanan di tabungan atau deposito punya banyak keterbatasan. Banyak tujuan keuangan yang tidak bisa dicapai dengan hanya menabung.

Dalam kondisi ini, penjualan Reksadana lewat jaringan perbankan menjadi penting dan strategis.

Pertama, orang menjadi lebih percaya dan yakin jika membeli Reksadana lewat jaringan bank karena bank dianggap institusi keuangan terpercaya.

Kedua, proses jual beli lewat kantor cabang dengan bertatap muka membangun trust sekaligus mengedukasi soal Reksadana.

Apa Bank yang Jual Reksadana ?

Saya mencatat sejumlah bank memiliki komitmen bagus dalam menyediakan Reksadana untuk nasabahnya. Sebagian besar yang saya jelaskan disini, prosesnya sudah saya alami sendiri.

#1 Commonwealth Bank

Commonwealth Bank Jual Reksadana
Commonwealth Bank Investasi Reksadana

Bank ini adalah salah satu yang paling pionir menjual Reksadana kepada masyarakat awam. Khususnya menyediakan minimum transaksi yang terjangkau, mulai dari Rp 100 ribu.

Reksadana pertama saya, saya beli via Bank Commbank ini. Saat itu, hanya Commonwealth yang menyediakan fasilitas transaksi investasi online dengan jumlah terjangkau.

Terkait proses di Commbank, Anda tetap harus datang ke kantor cabang tetapi hanya untuk pembukaan rekening pertama kali. Setelah itu, Anda cukup bertransaksi via aplikasi mobile Commbank dan tidak perlu datang lagi ke cabang.

Salah satu keunggulan bank ini adalah pilihan produk Reksadana yang cukup banyak dan beragam. Karena ada banyak Manajer Investasi yang menjual produk mereka disini.

Saya lihat beberapa produk tidak mengenakan biaya pembelian alias 0%. Dan dibarengi pula fasilitas auto-invest yang memungkinkan Anda melakukan investasi secara rutin dan otomatis, tanpa perlu setiap saat melakukan pembelian.

Tetapi, karena jumlah cabang Commbank masih terbatas, sementara tetap ada kewajiban harus datang ke kantor cabang meskipun hanya untuk pembukaan pertama, itu bisa jadi kendala. Khususnya buat mereka yang di daerahnya tidak ada kantor cabang bank ini.

#2 Bank Permata

Bank Permata Jual Reksadana
Investasi Reksadana di Bank Permata

Bank ini menyediakan transaksi Reksadana via PermataNet.com, aplikasi online banking buat nasabah Bank Permata.

Karena prosesnya dalam satu aplikasi, nasabah dimudahkan untuk melakukan transaksi beli dan jual secara one-stop shopping. Tidak perlu pindah aplikasi, cukup di PermataNet.

Saya perhatikan aplikasi ini sangat lengkap memberikan informasi soal Reksadana. Ada pilihan Reksadana terbaik, biaya jual beli, dan lain-lainnya.

Namun, yang penting diperhatikan, untuk bisa melakukan investasi Reksadana maka nasabah harus mendaftarkan diri di kantor cabang Bank Permata. Kedatangan ke kantor cabang ini hanya satu kali saja.

Nanti setelah terdaftar, nasabah bisa melakukan proses selanjutnya secara online. Tidak perlu lagi datang ke kantor cabang.

Biaya pembelian lewat cabang dan online dibedakan. Online lebih murah.

#3 Reksadana Mandiri

Cara Investasi Mandiri Reksadana
Investasi Reksadana Bank Mandiri

Mandiri Reksadana menyediakan penjualan Reksadana di kantor cabang Bank Mandiri. Selain itu, Anda bisa pula akses online via most.co.id, yang merupakan aplikasi jual beli saham dan Reksadana yang dimiliki anak perusahaan Bank Mandiri, yaitu Mandiri Sekuritas.

Pilihan investasi Reksadana Mandiri cukup beragam dan tidak hanya yang dikelola oleh Mandiri Investasi tetapi juga Manajer Investasi lain. Salah satu yang menarik adalah minimum investasi bisa mulai dari Rp 50 ribu.

Bagaimana cara investasi Reksadana di Bank Mandiri ?

Buka Reksadana Mandiri di most.co.id

Saya menyarankan Anda buka Mandiri Reksadana dengan fasilitas online di most.co.id. Most adalah kanal Reksadana online Mandiri.

Salah satu keunggulannya adalah proses pendaftaran yang tidak perlu datang ke kantor cabang Bank Mandiri. Anda cukup melakukan video call dengan pihak Mandiri untuk verifikasi nasabah.

Langkah – Langkah investasi di Reksadana online Mandiri:

  • Nasabah membuka Rekening Efek dan melengkapi dokumen.
  • Menyetor dana ke rekening MTBI yang telah dibuka terlebih dahulu
  • Mempelajari investasi reksadana, termasuk membaca prospektus
  • Pastikan bahwa dana di rekening investasi MTBI sudah mencukupi sesuai dengan rencana sebelum melakukan pembelian reksadana
  • Nasabah melakukan input pembelian di most.co.id
  • Nasabah menerima konfirmasi transaksi pembelian dari bank kustodian.

Anda bisa membaca semua Reksadana yang tersedia di Daftar Reksadana Mandiri.

Untuk memulai reksadana di bank mandiri, Anda bisa melihat dibawah ini adalah layar di most.co.id yang menunjukkan pilihan investasi Reksadana Mandiri dengan langkah cara memilih serta mengeksekusi transaksi jual beli:

Buka Reksadana Mandiri
Cara Buka Reksadana Mandiri

Mandiri Investasi

Selain menawarkan Reksadana dari berbagai Manajer Investasi, Bank Mandiri memiliki anak perusahaan, PT Mandiri Manajemen Investasi atau yang lebih dikenal sebagai Mandiri Investasi didirikan pada Desember 2004, yang merupakan manajer investasi nasional terbesar yang berpengalaman di bidang pengelolaan portofolio investasi sejak 1993.

Mandiri Investasi merupakan bagian dari grup PT Bank Mandiri (Persero) Tbk yang terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Republik Indonesia.

Mandiri Investasi menawarkan produk Investasi Mandiri Reksadana seperti Reksa Dana Saham, Reksa Dana Campuran, Reksa Dana Pendapat Tetap, Reksa Dana Pasar Uang, Reksa Dana Terproteksi, Reksa Dana Penyertaan Terbatas, Kontrak Investasi Kolektif Efek Beragun Aset, serta Reksadana mandiri syariah.

Reksadana Terbaik 2019 dari Reksadana Mandiri:

Reksadana Mandiri menawarkan investasi Reksadana Terbaik 2019, yaitu:

  • Mandiri Investa Pasar Uang (MIPU) memberikan tingkat likuiditas yang tinggi untuk memenuhi kebutuhan dana tunai dalam waktu yang singkat sekaligus memberikan tingkat pendapatan investasi yang menarik. Jenis Reksa Dana Pasar Uang, denominasi Indonesian Rupiah (IDR), kebijakan Investasi Pasar Uang 100%, Minimum Pembelian IDR 50,000 dan Minimum Penjualan Kembali IDR 50,000
  • Mandiri Investa Equity ASEAN 5 Plus (ASEAN 5) memberikan tingkat pendapatan investasi yang menarik dalam jangka panjang. Jenis Reksa Dana Saham, denominasi Indonesian Rupiah (IDR), kebijakan Investasi Saham 80%-100% Pasar Uang 0%-20% Obligasi 0%-20%, Minimum Pembelian IDR 50,000 Minimum Penjualan Kembali IDR 50,000; Biaya Pembelian Min. 1% Maks. 2%; Biaya Penjualan Kembali Maks. 1% (< 1 tahun), 0% (> 1 tahun); Biaya Pengalihan Maks.1%
  • Mandiri Investa Atraktif (MITRA) memberikan tingkat pendapatan investasi yang menarik dalam jangka panjang.Jenis Reksa Dana Saham, denominasi Indonesian Rupiah (IDR), Kebijakan Investasi Saham 80%-98% Pasar Uang 2%-20% Obligasi 0%-20%; Minimum Pembelian IDR 50,000 Minimum Penjualan Kembali IDR 50,000; Biaya Pembelian Maks. 1,00%; Biaya Penjualan Kembali Maks. 1% (≤ 1 tahun), 0% (> 1 tahun); Biaya Pengalihan Maks.1.00%
  • Mandiri Investa Dana Utama (MIDU) memperoleh tambahan nilai yang maksimal dalam jangka panjang atas aktiva pemilik dana melalui strategi perdagangan aktif di pasar modal dan di pasar uang, sehingga diperoleh capital gain, diskonto, bunga maupun dividen dengan memperhatikan tingkat risiko atas suatu jenis investasi. Jenis Reksa Dana Pendapatan Tetap, denominasi Indonesian Rupiah (IDR), Kebijakan Investasi Obligasi 80% – 98% Saham 0% – 18% Pasar Uang 2% – 20%, Minimum Pembelian IDR 50,000 Minimum Penjualan Kembali IDR 50,000; Biaya Pembelian Maks. 1% Biaya Penjualan Kembali Maks. 1% (< 1 Tahun), 0% (> 1 Tahun) Biaya Pengalihan Maks. 1.00%.
  • Reksadana Syariah Mandiri. Mandiri Investasi menghadirkan beragam produk Syariah bagi Anda. Setiap produk Syariah dirancang secara khusus untuk memenuhi berbagai tingkat kebutuhan berinvestasi Anda. Mandiri Pasar Uang Syariah (MPUS)
    memberikan tingkat likuiditas yang tinggi untuk memenuhi kebutuhan dana tunai dalam waktu yang singkat sekaligus memberikan tingkat pendapatan investasi yang menarik melalui investasi pada Instrumen yang sesuai dengan Prinsip Syariah di Pasar Modal; Mandiri Investa Ekuitas Syariah (MIES) yang memberikan tingkat pertumbuhan nilai investasi jangka panjang yang menarik melalui investasi pada Efek Syariah Bersifat Ekuitas yang termasuk dalam Daftar Efek Syariah.
  • Mandiri Global Sharia Equity Dollar (MGSED) bertujuan untuk memberikan tingkat pendapatan investasi dalam denominasi Dollar Amerika Serikat yang menarik dalam jangka panjang, dengan berinvestasi dalam portfolio Efek Syariah Luar Negeri Bersifat Ekuitas di dalam Daftar Efek Syariah.

Untuk mengetahui keuntungan, Anda bisa melakukan simulasi perhitungan investasi dengan kalkulator reksadana mandiri. Di kalkulator reksadana mandiri, Anda dapat melakukan simulasi investasi dan melihat pertumbuhan uang Anda.

Ada beberapa skenario yang bisa digunakan dalam melakukan simulasi di kalkulator reksadana mandiri, yaitu Dana Anda saat ini; Investasi Berkala; Dana Yang Harus Disiapkan.

Kalkulator Reksadana Mandiri

Reksadana Mandiri Kalkulator Finansial
Kalkulator Reksadana Mandiri

#4 Bank BNI

Bank BNI Jual Reksadana
Beli Reksadana di BNI

Bank BNI menawarkan Supermarket Reksadana di cabang mereka.Terdapat produk dari 8 Manajer Investasi yang ditawarkan.

Untuk pembelian, Anda harus menjadi nasabah Bank BNI terlebih dahulu. Minimum investasi pertama adalah Rp 10 juta, lalu berikutnya Rp 1 juta.

Nasabah mengisi dan menandatangani formolir yang diperlukan di Kantor Cabang BNI terpilih dengan melampirkan fotokopi KTP yang masih berlaku. Nasabah melakukan penyetoran / transfer dana pembelian dan biaya pembelian sebelum pukol 11.30 WIB.

Saya lihat Bank BNI belum memiliki fasilitas Reksadana online. Semua proses dilakukan lewat cabang – cabang mereka. Anda harus datang ke cabang setiap kali ingin melakukan transaksi Reksadana.

#5Reksadana BCA

BCA Jual Reksadana
Reksadana BCA

Reksadana BCA menawarkan Reksadana di kantor – kantor cabang BCA yang menjual produk ini. Terdapat sekitar 155 kantor cabang yang menjadi agen penjual dan bisa melayani jual beli Reksadana.

Terdapat produk Reksadana dari 8 Manajer Investasi yang ditawarkan lewat BCA. Mereka adalah Manajer Investasi yang sudah cukup dikenal.

Produk Reksadana BCA cukup beragam, yaitu mulai dari pasar uang sampai syariah. Tersedia pula kalkulator untuk melakukan simulasi return keuntungan investasi di Reksadana.

Paling kecil, minimum pembelian pertama adalah Rp 200 ribu dan selanjutnya Rp 100 ribu. Ketentuan soal minimum pembelian ini bisa berbeda – beda tergantung jenis Reksadana.

Terkait cara berinvestasi di BCA, saat ini, saya lihat BCA belum melayani pembelian Reksadana online. Anda harus datang ke kantor cabang untuk melakukan investasi beli atau jual. Tetapi, Anda bisa melihat saldo Reksadana di KlikBCA.com.

Update 2019:

Reksadana BCA adalah supermarket Reksadana. BCA menawarkan Reksadana keluaran berbagai Manajer Investasi. Jadi, Reksadana bukan produk BCA.

Dalam transaksi Reksa Dana, BCA berperan sebagai Agen Penjual Efek Reksa Dana, yaitu pihak yang melakukan penjualan Efek Reksa Dana berdasarkan kontrak kerja sama dengan Manajer Investasi pengelola Reksa Dana.

Sembilan Manajer Investasi yang menjual produk Reksadana di Bank BCA adalah: PT Ashmore Asset Management Indonesia, PT Bahana TCW Investment Management, PT Batavia Prosperindo Aset Manajemen, PT BNP Paribas Investment Partners, PT Danareksa Investment Management, PT Eastspring Investments Indonesia, PT Nikko Securities Indonesia, PT Panin Asset Management, PT Schroder Investment Management Indonesia

Tersedia pula kalkulator reksadana bca untuk membuat simulai investasi per bulan dengan asumsi bunga reksadana bca tertentu, menentukan hasil dana yang akan diperoleh nantinya.

Sebelum melakukan pembelian di BCA, Anda bisa melakukan evaluasi dan analisa terhadap Reksadana yang ditawarkan sebagai berikut:

#1 Kinerja

Reksadana Saham BCA 2019
Return Reksadana BCA

Menunjukkan return atau keuntungan investasi dalam berbagai periode investasi. Anda bisa memilih Reksadana yang memberikan return investasi tertinggi selama periode tertentu. Bunga reksadana bca bisa dilihat dari berbagai opsi pilihan produk reksadana yang ada dan dijual di BCA.

Bunga Reksadana BCA yang tercantum dalam daftar bisa dibandingkan dengan bunga Deposito BCA yang mungkin lebih familiar bagi banyak orang. Tetapi, perlu diingat bahwa risk profile deposito dan reksadana BCA itu berbeda, sehingga tingkat bunga atau return menjadi berbeda.

#2 Minimum transaksi dan biaya 

Reksadana BCA 2019

Menunjukkan informasi berapa investasi minimum untuk membeli Reksadana (misalnya mulai dari Rp 100,000) dan biaya yang dibebankan ke nasabah saat melakukan jual beli Reksadana.

#3 Literatur Produk.

Anda bisa mengunduh dokumen penting terkait Reksadana, yaitu Prospektus dan Fund Fact Sheet. Kedua dokumen ini sebaiknya dibaca sebelum membeli Reksadana karena di dalam dua dokumen tersebut terdapat informasi penting, misalnya, track-record, pengurus Reksadana, serta legalitas Manajer Investasi.

Dari daftar produk Reksadana yang tersedia, calon investor bisa membuat simulasi Reksadana terbaik, misalnya data 2019, menurut kriteria sendiri. Memang metodologi yang digunakan untuk menetapkan reksadana terbaik 2019 tidak canggih, tetapi paling tidak memberikan gambaran soal kinerja masing-masing Reksadana.

Cara Beli Reksadana BCA

Apabila Anda tertarik untuk membeli produk Reksa Dana, silahkan kunjungi kantor cabang Bank BCA yang menjual Reksa Dana. Lihat daftar cabang penjual Reksa Dana.

#6 Reksadana BRI

BRI sebagai salah satu bank terbesar dan jaringan terluas menawarkan Reksadana BRI. Perlu diingat bahwa fungsi BRI adalah sebagai  Agen Penjual Efek Reksa Dana yang tidak bertanggung jawab atas segala tuntunan dan risiko atas pengelolaan portofolio reksa dana.

Daftar Reksadana BRI adalah:

  • PT. Schroders Investment Management Indonesia
  • PT. BNP Paribas Investment Partners
  • PT. Manulife Aset Manajemen Indonesia
  • PT. Danareksa Investment Management
  • PT. Bahana TCW Investment
  • PT. Trimegah Asset Management
  • PT. Kresna Asset Mangement
  • PT. Henan Putihrai Asset Management

Perbandingan Reksadana

Agar lebih jelas, saya merangkum fitur ke lima bank diatas dalam tabel dibawah ini. Anda bisa menilai mana yang paling cocok dengan kondisi Anda.

Perbandingan Bank Penjual Reksadana

Penjelasan soal Resiko Reksadana dan bagaimana mengatasinya.

Catatan Penting Beli Reksadana di Bank

Ketika melakukan investasi Reksadana di bank, Anda harus memperhatikan sejumlah hal penting (Disclaimer), sebagai berikut:

  1. Reksadana merupakan produk pasar modal dan BUKAN produk Bank (Mandiri, BCA, BNI, BRI atau bank lainnya) dan Bank tidak bertanggung jawab atas segala tuntutan dan risiko atas pengelolaan portofolio Reksa Dana. Bank hanya bertindak sebagai Agen Penjual Efek Reksa Dana.
  2. Investasi pada Reksa Dana BUKAN merupakan bagian dari simpanan pihak ketiga pada Bank sehingga tidak dijamin oleh Bank dan TIDAK TERMASUK dalam cakupan obyek program penjaminan pemerintah atau penjaminan simpanan. Investasi pada Reksa Dana mengandung risiko yang memungkinkan (calon) Investor kehilangan sebagian atau seluruh modal yang diinvestasikan. Setiap pilihan atas produk Reksa Dana yang dibeli (calon) Investor merupakan keputusan dan tanggung jawab (calon) Investor sepenuhnya, termasuk apabila (calon) Investor memilih jenis produk yang tidak sesuai dengan profil risiko (calon) Investor. Kinerja Reksa Dana di masa lampau bukan merupakan jaminan kinerja di masa mendatang.
  3. (Calon) Investor wajib membaca dan memahami prospektus Reksa Dana sebelum memutuskan melakukan investasi pada Reksa Dana.
  4. Bank dan Manajer Investasi pengelola Reksa Dana yang ditawarkan Bank terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan.
  5. Penjualan Reksa Dana di Bank dilakukan oleh karyawan Bank sebagai Wakil Agen Penjual Efek Reksa Dana (WAPERD) yang terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan.
  6. Konfirmasi atas investasi pada Efek Reksa Dana yang diterbitkan oleh Bank Kustodian adalah bukti kepemilikan yang sah.
  7. Dokumen Prospektus dan Fund Fact Sheet Reksa Dana merupakan dokumen yang diterbitkan oleh Manajer Investasi Reksa Dana yang bersangkutan dan dapat berubah dari waktu ke waktu sesuai dengan dokumen yang diberikan oleh Manajer Investasi kepada Bank. Bank tidak bertanggung jawab atas kebenaran, keakuratan, atau kelengkapan data atau informasi, termasuk kesalahan data atau informasi yang tercantum dalam dokumen Prospektus dan Fund Fact Sheet masing-masing Reksa Dana.

Kesimpulan

Belum berani investasi Reksadana ? Anda bisa coba melakukan pembelian di jaringan perbankan.

Dengan jumlah minimum investasi yang terjangkau, mulai dari Rp 50 ribu, Anda sudah bisa melakukan investasi Reksadana. Selamat mencoba !

2 Responses

  1. akhmadzaeni

    apakah aturan pendaftaran pertama di mandiri Rp.50.000,- saat ini masih berlaku ?

    Reply
  2. Panduan Investasi Reksadana bagi Pemula – Zaipad

    […] 5 pilihan bank penjual reksadana terbaik BCA Mandiri BRI via Duwitmu […]

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published.