Silakan masukkan kata kunci pada kolom pencarian

Analisa Emas 17 Okt 2022: Emas Tertekan Sentimen Hawkish

Daftar Isi

Analisa Emas 17 Okt 2022: Emas Tertekan Sentimen Hawkish

Analisa Emas 17 Okt 2022: Emas Tertekan Sentimen Hawkish, Fokus Beralih Ke Data Indeks Manufaktur AS

  • Emas tertekan hingga ke bawah 1660
  • Pelemahan emas ditopang oleh sentimen hawkish the Fed setelah rilis data penjualan retail
  • Peluang kenaikan suku bunga AS 75 bps mencapai 96.2%
  • Fokus pasar beralih ke data indeks manufaktur AS yang rilis sebentar malam

Nilai tukar emas mengalami pelemahan 2.98% pekan lalu ditopang oleh sentimen risk-off yang menguat dan berpihak pada dollar AS. Harga sempat naik dan menguji 1670 namun gagal break dan terus turun sampai di bawah 1650.

Penurunan harga emas ini ditopang oleh rilis data penjualan retail AS yang membaik. Penjualan retail AS bulan September yang rilis 0.0% memang lebih rendah daripada ekspektasi 0.2%, namun core retail sales dan sentimen konsumen AS naik.

Core retail sales bulan September naik ke 0.1%, lebih tinggi daripada ekspektasi -0.1% dan sentimen konsumen dari University of Michigan naik ke 59.8, juga lebih tinggi daripada ekspektasi 58.7.

Analisa Harga Emas

Hal ini menunjukkan ekonomi AS yang masih kuat dan bisa menahan tekanan ekonomi akibat kenaikan suku bunga. Akibatnya, sentimen hawkish the Fed menguat lagi karena peluang kenaikan suku bunga 75 basis poin meningkat.

Data dari CME Fedwatch tool menunjukkan peluang the Fed menaikkan suku bunga 75 basis poin pada 2 November mendatang sebesar 96.2%. Angka peluang ini lebih besar daripada peluang minggu lalu yang hanya sebesar 81.1%.

CME Fedwatch tool

Kenaikan suku bunga ini masih sejalan dengan rencana the Fed yang tertuang didalam notulen rapat FOMC sebelumnya yang akan terus menaikkan suku bunga sampai inflasi benar-benar menurun. Melihat data inflasi pekan lalu yang masih tinggi, para analis memperkirakan puncak suku bunga AS bisa mencapai lebih dari 5%.

Hari ini, pelaku pasar fokus ke data indeks manufaktur AS yang sebentar malam akan rilis. Indeks manufaktur diperkirakan menurun ke -4.3 dari -1.5.

data indeks manufaktur AS

Analisa Teknikal Emas

Secara teknikal, nilai tukar emas dalam tren turun harian seperti yang terlihat pada time frame 1 jam (H1). Harga berhasil membentuk harga terendah baru yang lebih rendah daripada harga terendah sebelumnya (lower low) .

Karena tren sedang turun maka posisi sell menjadi pilihan utama. Level harga yang bagus untuk sell adalah area supply 1663.66-1670.28.

Peluang Entry

Peluang entry akan menggunakan skenario sell di area supply dengan rincian sebagai berikut.

Sell

  • Entry price: 1663.66-1670.28
  • Target price: 1650-1652

Jangan lupa memasang sabuk pengaman atau stop loss dan atur lot/volume transaksi sesuai dengan aturan risiko per transaksi yang Anda gunakan.

Semoga bermanfaat.

Bagikan Melalui

Daftar Isi

Berlangganan Duwitmu

Komentar (0 Komentar)

Tulis Komentar - Balasan untuk Tito Shadam

Email Anda tidak akan di publish

Batalkan Membalas

Captcha Wajib Diisi

Artikel Terkait