Silakan masukkan kata kunci pada kolom pencarian

Analisa Emas 11 Okt 2022: Harga Tertekan Hawkish The Fed, Fokus ke Inflasi AS

Daftar Isi

Analisa Emas 11 Okt 2022: Harga Tertekan Hawkish The Fed, Fokus ke Inf

Ringkasan Analisa Harga Emas 11 Okt 2022

  • Emas melemah sekitar 1% pada hari senin kemarin tertekan penguatan dollar AS
  • Dollar AS menguat karena sentimen hawkish the Fed meningkat pasca rilis data ketenagakerjaan
  • Fokus saat ini beralih ke data inflasi (CPI) AS besok
  • Harga sedang berada di area buy yaitu area demand 1665-1675

Harga emas kembali turun sekitar 1% pada hari senin kemarin, tertekan oleh penguatan dollar AS dan ketakutan investor bahwa the Fed akan mempertahankan kebijakan moneter hawkish. Saat ini, harga emas diperdagangkan pada harga 1670.76 dan mencatatkan harga terendah dalam 7 hari terakhir.

Laporan data ketenagakerjaan yang kuat sebelum akhir pekan minggu lalu menunjukkan pengusaha AS menambahkan 263.000 pekerja pada bulan September dibandingkan ekspektasi 250.000. Hal ini menguatkan ekspektasi di Wall Street untuk kenaikan suku bunga 75 basis poin pada pertemuan FOMC mendatang.

Data Fedwatch tool dari CME memperlihatkan peluang sebesar 78.4% untuk kenaikan suku bunga 75 basis poin pada 2 November. Sedangkan kenaikan suku bunga 50 basis poin peluangnya sebesar 21.6%.

Data Fedwatch tool dari CME

Dengan laporan ketenagakerjaan yang menguat dan inflasi yang masih berjuang untuk turun, para pembuat kebijakan moneter di the Fed kemungkinan akan melanjutkan rencana mereka untuk menaikkan suku bunga pinjaman ke level yang lebih tinggi dalam beberapa bulan mendatang. Komentar terakhir dari para pejabat the Fed juga menunjukkan arah suku bunga akan lebih tinggi lagi sampai tahun depan.

Siklus kenaikan suku bunga agresif the Fed yang masih berlangsung memberikan tekanan kepada aset emas karena investor lebih tertarik kepada hasil imbal bunga AS yang lebih tunggi. Indeks dollar sudah mendekati harga tertinggi dalam beberapa dekade.

Fokus pelaku pasar saat ini beralih ke data inflasi AS (CPI) bulan September yang akan rilis hari Kamis. Kenaikan inflasi di atas ekspektasi akan membuat sentimen hawkish the Fed semakin menguat.

Analisa Teknikal Emas

Pada time frame Daily, harga emas berhasil menembuh harga tertinggi terakhir (lower high) dan membentuk harga tertinggi baru (higher high) sekitar 1729. Hal ini menandakan ada peluang harga berubah arah menjadi naik.

Time frame Daily, harga emas berhasil menembuh harga tertinggi terakhir

Area buy potensial berada di area demand 1660-1675. Target harga reli di sekitar 1690-1700.

Area buy potensial

Peluang Entry

Peluang entry akan menggunakan skenario buy di area demand dengan rincian sebagai berikut.

Buy

  • Entry price: 1660.00-1675.00
  • Target price: 1690.00-1700.00

Jangan lupa memasang sabuk pengaman atau stop loss dan atur lot/volume transaksi sesuai dengan aturan risiko per transaksi yang Anda gunakan.

Semoga bermanfaat.

Bagikan Melalui

Daftar Isi

Berlangganan Duwitmu

Komentar (0 Komentar)

Tulis Komentar - Balasan untuk Tito Shadam

Email Anda tidak akan di publish

Batalkan Membalas

Captcha Wajib Diisi

Artikel Terkait