Silakan masukkan kata kunci pada kolom pencarian

Mobile Banking Terbaik Bank BCA, CIMB Niaga, Permata, Mandiri (2024)

Daftar Isi

Mobile Banking Terbaik Bank BCA, CIMB Niaga, Permata, Mandiri

Mobile Banking adalah aplikasi perbankan paling banyak digunakan saat ini karena kemudahan dan kecepatan yang ditawarkan. Di zaman era milenial ini, saat harga ponsel kian murah dan koneksi internet kian cepat, penggunaan aplikasi mobile banking sudah jadi kewajiban karena kemudahan yang ditawarkan. 

Aplikasi Mobile Banking Terbaik: BCA, CIMB Niaga, Permata, atau Mandiri. Update: BRI Mobile (BRI Mo) dan Jenius BTPN. Ini adalah pilihan terbaik

Kehadiran aplikasi bank mobile banking membuka inovasi perbankan yang sangat luas. Banyak hal yang dulu sulit, sekarang jadi lebih mudah, yang dulu lambat, sekarang jadi lebih cepat, dengan kehadiran aplikasi perbankan mobile banking.

Apa aplikasi mobile banking terbaik? Bank mana dengan aplikasi online mobile banking paling bagus. Berikut ini daftarnya: 

1. Mobile Banking BCA (BCA Mobile)

Aplikasi BCA Mobile
Aplikasi BCA Mobile

BCA mobile (m-BCA) merupakan aplikasi BCA mobile banking pada smartphone yang dapat digunakan untuk transaksi perbankan, kapan dan dimanapun Anda berada.

Syarat menggunakan aplikasi BCA mobile: (1) download aplikasi BCA mobile; (2) registrasi m-BCA atau KlikBCA melalui ATM/Cabang BCA untuk dapat melakukan transaksi; (3) Pengguna smartphone dan Pelanggan operator GSM.

Kekuatan m-BCA adalah dalam fitur pembayaran dan transaksi lainnya.

Salah satunya adalah fitur ATM mobile.

Dengan aplikasi BCA Mobile, nasabah bisa melakukan tarik tunai di ATM, tanpa perlu kartu ATM, cukup dengan aplikasi mobile banking m-BCA yang akan memberikan kode untuk digunakan di mesin ATM dalam pilihan tarik tunai tanpa kartu.

Selain itu, m-BCA meluncurkan fitur baru, yaitu menghubungkan dengan kartu kredit, sehingga nasabah bisa melakukan aktivasi kartu; aktivasi PIN dan Blokir Kartu di BCA Mobile.

Namun, layanan m-BCA hanya memberikan informasi rekening maksimal 31 hari yang lalu, dan periode mutasi 7 hari. Ini berbeda dengan layanan mobile banking bank lain yang bisa sampai 12 bulan ke belakang.

Disamping itu, pembatasan transfer yang maksimum hanya sampai Rp 25 juta per hari. m-BCA juga belum menggunakan sidik jari untuk mengakses aplikasi mobile banking.

Satu hal lain adalah top up kartu flazz belum bisa dilakukan di aplikasi m BCA. Nasabah harus top up di mesin atm atau cabang. Hal ini kalah saing dengan salah satu bank yang sudah bisa melakukan top up e-money di aplikasi mobile banking mereka.

Apakah mobile banking BCA bisa digunakan di luar negeri?

Bisa sekali.

Saya melakukannya beberapa kali transaksi m banking bca di luar negeri.

Apakah bisa 2 rekening dalam 1 mobile banking BCA?

Tidak bisa.

Yang bisa adalah Anda memiliki 2 kartu ATM yg terhubung dgn 1 rekening, dengan syarat rekening yang Anda miliki adalah jenis joint account berstatus "ATAU". Jadi 1 nomor rekening tercatat untuk 2 nama kepemilikan dengan 2 kartu ATM. 

2. Mobile Banking CIMB Niaga (Cimb Go)

m banking CIMB Niaga Go Mobile
m banking CIMB Niaga Go Mobile

m banking CIMB Niaga adalah aplikasi Go Mobile internet banking. Selain CIMB Clicks.

Dengan aplikasi mbanking CIMB Niaga ini, Anda bisa menikmati kemudahan melakukan cek saldo, transfer ke rekening bank di seluruh Indonesia dan dunia, kemudahan bayar tagihan, dan isi pulsa prabayar kapanpun dan dimanapun.

m banking CIMB Niaga menjanjikan sejumlah fitur terbaru dalam mobile banking, yang membedakan dengan bank lain, yaitu:

Pertama, login dengan sidik jari, login lebih cepat dan semudah menyentuh ponsel Anda. Fitur ini sangat membantu karena kita tidak perlu bolak balik menulis dan mengingat ingat user ID dan password untuk login ke aplikasi. Cukup menempelkan sidik jari ke ponsel, maka aplikasi rekening mobile banking sudah bisa dibuka.

Tentu saja, untuk bisa menggunakan fitur login sidik jari ini, ponsel yang kita pakai harus mendukung yaitu bisa merekam sidik jari.

Kedua, laporan rekening tersedia lengkap, bisa di cetak atau hanya lihat di aplikasi. Tersedia laporan rekening bulanan sampai dengan 6 bulan ke belakang.

Ketiga, fasilitas transfer online antar bank tersedia di aplikasi mobile banking sehingga kapanpun dan dimanapun ingin mengirim dana bisa segera dilakukan dan dana pun efektif seketika. Maksimum transaksi transfer online adalah Rp 25 juta per transaksi dan Rp 50 juta per hari.

Fitur yang belum ada di Go Mobile adalah tarik tunai tanpa kartu di mesin ATM yang belum bisa dilakukan. Selain itu, fitur transaksi investasi seperti Reksadana belum tersedia di aplikasi mobile banking CIMB Niaga ini.

Selain GoMobile, produk lain adalah CIMB Niaga internet banking, yaitu CIMB Clicks. Pendaftaran internet banking cimb niaga tidak harus dilakukan di cabang CIMB Niaga tetapi dapat dilakukan juga oleh Nasabah sendiri melalui website www.cimbclicks.co.id (rekomendasi), atau mesin ATM CIMB Niaga.

Jika Anda lupa password atau User ID cimb niaga internet banking, caranya sangat mudah! Akses situs www.cimbclicks.co.id, klik tombol ‘Lupa User ID’ atau ‘Lupa Password’ (halaman kedua) dan ikuti petunjuk.

Apabila Anda lupa User ID dan password bersamaan, lakukan langkah ‘Lupa User ID’ dilanjutkan dengan ‘Lupa Password’.

Fitur-fitur unggulan CIMB Clicks Niaga internet banking:

  1. Ringkasan transaksi rekening hingga 6 bulan terakhir
  2. Transaksi keuangan: transfer dana, bayar tagihan, isi ulang prabayar
  3. Pembukaan rekening tabungan
  4. Pembukaan deposito berjangka dengan bunga kompetitif
  5. Aplikasi kartu kredit secara online
  6. Pembayaran belanja online (e-commerce)

Terkait transfer uang, bank niaga internet banking menawarkan:

  • Transfer ke rekening bank lain di seluruh Indonesia
  • Transfer ke rekening bank di luar negri/internasional (remittance)
  • Transfer massal (transfer dana ke beberapa rekening sekaligus)
  • Transfer terjadwal (transfer dana secara otomatis sesuai dengan jadwal yang telah ditentukan)
  • Kirim dan terima dana melalui Western Union. 
     

3. Mobile Banking Permata (Permata Mobile X) Internet Banking

Permata Internet Banking
Permata Internet Banking

 

Bank Permata yang sudah memiliki Permata internet banking meluncurkan aplikasi mobile banking terbaik 2019, “Permata Mobile X”.

Aplikasi perbankan Permata internet banking ini menawarkan banyak fitur inovatif, yaitu:

Pertama, Intip Saldo Tanpa Login yang bisa dilakukan di aplikasi PermataMobile X. Buat kita yang sering hanya ingin mengecek saldo secara cepat, fitur ini membantu. Seringkali kita hanya butuh tahu informasi posisi saldo, tanpa ingin melakukan transaksi lain.

Kedua, selain menyediakan login dengan sidik jari, mobile banking Permata menyediakan login dengan wajah, disebut Face Login. Saat ini Face Login hanya tersedia melalui ponsel jenis IPhone X. Fasilitas login ini mempercepat dan mempermudah, tidak perlu ingat-ingat password dan user ID setiap saat.

Ketiga, Permata mobile banking menyediakan mutasi sampai 12 Bulan. Nasabah tidak perlu repot lagi karena transaksi hingga 12 bulan ke belakang sudah tercatat secara otomatis.

Keempat, fitur lain adalah jual beli Reksa dana dan Obligasi di mana saja, kapan saja. Ini fitur yang penting karena kegiatan investasi sudah bisa dilakukan dalam satu aplikasi sehingga sangat memudahkan.

Kelima, ambil uang tanpa kartu ATM. Tarik tunai tanpa kartu di Permata ATM, sehingga nasabah yang ketinggalan kartu ATM tetap bisa menarik uang tunai dengan aplikasi mobile banking.

Limit transaksi harian di aplikasi mobile banking Pertama dibatasi maksimum Rp 25 juta per hari. Bisa sampai Rp 50 juta jika nasabah upgrade kartu menjadi Priority.

Disamping itu, meskipun fiturnya bejibun dan inovatif, tantangannya adalah jaringan ATM bank ini masih terbatas, sementara fitur seperti tarik tunai tanpa ATM hanya tersedia di ATM Permata.

Selain aplikasi, Permata internet banking menawarkan sejumlah fitur di Permatanet, yaitu:

  • Melakukan 120 fitur transaksi: informasi saldo rekening, pembayaran tagihan bulanan, isi ulang pulsa, transfer antar bank ke bank lain anggota jaringan ALTO, ATM Bersama & Prima tanpa perlu ke cabang
  • Bayar tagihan dengan transfer di setiap tanggal yang di inginkan dan recurring transfer, transfer secara berkala (mingguan, bulanan, dll) khusus PermataMobile Internet
  • Unduh sejarah transaksi sebelumnya. Download Transaction History yaitu proses download/cetak mutasi transaksi dalam format csv anggota jaringan.

Tips bertransaksi di permatanet permata bank internet banking:

  1. Untuk keamanan transaksi di PermataATM simpan kartu PermataDebit Anda ditempat yang aman serta Jangan beritahu PIN Anda kepada pihak manapun dengan alasan apapun untuk menghindari penyalahgunaan oleh pihak lain.
  2. Jika kartu PermataDebit Anda hilang atau Anda merasa PIN sudah diketahui pihak lain segera hubungi Call Center PermataTel 1500111 untuk pemblokiran atau lakukan perubahan PIN melalui PermataATM terdekat.
  3. Informasi mengenai layanan PermataATM ataupun pengaduan dapat Anda sampaikan melalui Call Center PermataTel 1500111.

Permata Login internet banking melalui buka alamat website PermataNet 
https://new.permatanet.com kemudian klik link Register di sini. 
 

4. Mandiri Online - Bank Mandiri Mobile Banking

Mandiri Online
Mandiri Online

 

Mandiri Online internet banking adalah salah satu yang paling populer. Salah satunya adalah aplikasi Mandiri mobile banking, yang sering disebut sebagai Mandiri Online.

Yang bagus dari mobile banking Mandiri Online adalah:

Pertama, top up e money Mandiri bisa dilakukan via Mandiri online dengan cara menyentuhkan kartu ke ponsel yang kemudian akan dibaca oleh aplikasi mobile banking Mandiri. Fitur ini sangat membantu buat kita yang sering menggunakan jalan tol karena e-money Mandiri adalah salah satu yang diterima.

Kedua, PIN untuk transaksi finansial, seperti transfer dan pembayaran, cukup dilakukan dengan memasukkan PIN langsung di aplikasi Mandiri Online. Nasabah tidak perlu menggunakan sms token yang menghabiskan biaya pulsa setiap kali akan transaksi.

Ketiga, batasan transfer online ke rekening bank lain paling tinggi, yaitu Rp. 100 juta/hari dan Rp. 50 juta/transaksi

Yang masih kurang di Mandiri Online adalah belum bisa melakukan login dengan sidik jari. Semuanya masih harus via user ID dan password.

Kemudian belum ada fasilitas tarik tunai tanpa kartu atm. Penarikan tunai harus menggunakan kartu ATM. Jika lupa kartu ATM, belum bisa tarik tunai dengan aplikasi mobile banking. 
 

5. Jenius BTPN Mobile Banking

Jenius BTPN Aplikasi Mobile Banking
Jenius BTPN Aplikasi Mobile Banking

 

Jenius adalah aplikasi mobile banking milik Bank BTPN.

Meskipun BTPN identik sebagai bank-nya pensiunan, tetapi kehadiran Jenius menawarkan sejumlah fitur mobile banking yang menarik dan layak untuk dicermati.

Pertama, Jenius salah satu aplikasi yang bisa membuka rekening bank pertama kali tanpa perlu ke kantor cabang, cukup dengan melakukan registrasi via smartphone, tanpa ke bank, yang setelah registrasi, akun Jenius kamu harus diaktifkan melalui video call atau datang ke booth Jenius BTPN.

Kedua, Jenius menawarkan bunga tabungan setara deposito dengan bunga 5% p.a, yang cukup tinggi untuk ukuran bunga tabungan saat ini.

Ketiga, Jenius mengeluarkan kartu debit virtual (e-card) yang bisa digunakan untuk melakukan transaksi e-commerce atau online lainnya, karena dengan e-Card ini, kamu bisa bertransaksi online tanpa kartu kredit di seluruh merchant Visa, seperti belanja online atau bayar tagihan musik streaming.

Keempat, Jenius menawarkan pinjaman dana tunai cicilan online tanpa jaminan untuk nasabah tertentu di aplikasi mobile banking, yang disebut sebagai Jenius Flexi Cash, yang bisa digunakan untuk kebutuhan dana cepat dan dana talangan.

Itu sekilas fitur penting Jenius BTPN mobile banking, yang cukup menarik dan menawarkan tampilan yang fresh dan anak mudah di aplikasi Jenius. 
 

6. BRI Mobile Banking

BRI Mobile BriMo
BRI Mobile BriMo

 

BRI Mobile Banking atau BRI Mo adalah aplikasi mobile banking terbaru dari Bank BRI di 2019.

Meskipun agak terlambat meluncurkan mobile banking dibandingkan beberapa bank besar lainnya, namun BRI Mo menawarkan fitur yang cukup menarik, setelah saya coba menggunakannya.

Cara daftar BRI Mo sangat mudah untuk nasabah baru, yaitu:

  • Unduh aplikasi BRI Mo di Playstore
  • Gunakan no ponsel sebagai User ID dan buat Password sesuai ketentuan
  • Verifikasi OTP via SMS dan Verifikasi email yang kita cantumkan.

Setelah verifikasi SMS OTP dan verifikasi email selesai, saya sudah bisa langsung menggunakan BRI Mo.

Sementara, untuk nasabah eksisting BRI, Nasabah otomatis dapat menikmati layanan BRI Mo tanpa perlu melakukan pendaftaran ulang, dengan login menggunakan user ID dan password Internet Banking BRI Existing.

Fitur BRI Mo:

  1. Cek Mutasi Rekening sampai dengan 1 Tahun
  2. Setting Alias
  3. Login dengan Fingerprint dan Face ID
  4. Tarik Tunai Tanpa Kartu
  5. Info Promo. 
     

7. BNI Mobile Banking

BNI Mobile Banking
BNI Mobile Banking

 

BNI Mobile Banking adalah fasilitas layanan perbankan yang memudahkan untuk bertransaksi langsung melalui smartphone, secara aman, mudah, dan cepat.

BNI Mobile Banking memberikan layanan transaksi informasi saldo, transfer, pembayaran tagihan telepon, pembayaran kartu kredit, pembayaran tiket pesawat, pembelian pulsa, pembukaan rekening Taplus, pembukaan rekening Deposito, dan lain-lain.

BNI Mobile Banking juga dapat diaktivasikan dan digunakan untuk bertransaksi di luar negeri.

BNI Mobile Banking dilengkapi dengan fitur baru:

  1. Quick Transfer
  2. Info Banner dan Promo
  3. Launcher
  4. Pembukaan Rekening Digital.
  5. BNI Credit Card Mobile.
  6. BNI Poin +.

Perbandingan Aplikasi Mobile Banking

Agar lebih mudah, saya membuat perbandingan fitur kunci di antara aplikasi mobile banking yang dijelaskan sebelumnya.

Anda bisa lihat BCA atau Mandiri - mana yang lebih baik.

Meskipun menurut saya, BCA vs Mandiri, masing - masing memiliki kelebihan sendiri - sendiri.

Kita bisa melihat bahwa tidak ada aplikasi mobile banking yang ‘perfect’. Semua memiliki kelebihan dan kekurangan sendiri - sendiri.

Tugas kita memilih aplikasi internet banking terbaik yang paling sesuai dengan kebutuhan kita. Karena yang paling paham kebutuhan adalah kita sendiri, tidak ada aplikasi mobile yang ‘fit for all’. 
 

Eranya Mobile Banking

era mobile banking
era mobile banking

 

Apa itu aplikasi mobile banking?

Mobile banking atau m banking adalah aplikasi bank yang memberikan layanan perbankan digital dan menjanjikan pengalaman berbeda untuk para pengguna.

Lebih dari sekedar alat transaksi, m banking mentranformasi pengalaman perbankan sehari-hari. Mulai dari pembukaan rekening pertama tanpa ke cabang, tarik dan setor tunai tanpa kartu atau interface aplikasi yang apik.

Ada beberapa fitur aplikasi mbanking yang saya perhatikan menjadi fokus dan titik berat dalam pengembangan aplikasi perbankan dalam membangun layanan digital, yaitu 

  • Fitur personalisasi untuk memenuhi kebutuhan unik setiap pengguna
  • Perlindungan keamanan bertransaksi digital yang semakin baik untuk menghadapi ancaman keamanan
  • Cross - Selling antar produk bank dengan cukup lewat satu kanal, internet banking untuk menjual berbagai produk.
  • Berbagai diskon dan penawaran untuk menarik pengguna menggunakan fitur terbaru internet banking. 
     

Manfaat dan Keunggulan Mobile Banking

Mobile banking memiliki sejumlah manfaat dan keunggulan yang membuatnya worthed untuk digunakan, yaitu:

  • Cardless. Transaksi tanpa kartu agar tak buang waktu. Cukup gunakan nomer handphone kamu dan kode otentifikasi yang terhubung dengan aplikasi mobile banking.
  • Buka Rekening Baru online. Buka tabungan atau deposito, sekarang bisa langsung di mobile banking. Anti ribet dan hemat waktu tanpa harus membatasi aktivitasmu.
  • Transaksi Tanpa Kartu. Tarik Tunai, Setor Tunai, Cabang bisa dilakukan tanpa kartu ATM dengan fasilitas mobile banking.
  • Akses mudah dengan sidik jari. Tidak perlu lagi mengingat-ingat user ID dan password karena aplikasi mobile banking memungkinkan penggunaan sidik jari - selama ponsel mendukung - untuk masuk mobile banking.
  • Transfer tersedia lengkap. Fitur transfer lengkap dalam negeri mulai dari real-time, SKN/kliring atau RTGS serta transfer valuta asing ke dalam dan luar negeri (remittance).
  • Histori transaksi lengkap. Cek saldo, histori transaksi tabungan dan kartu kredit, serta cek mutasi rekening secara lengkap di aplikasi online mobile banking.
  • Mutasi rekening sampai 12 bulan ke belakang. Mobile banking menyediakan laporan rekening selama beberapa bulan.
  • Pembelian dan Pembayaran. Beli pulsa dan token PLN, bayar tagihan HP, listrik, e-commerce, maupun kartu kredit, dapat dilakukan di mana pun secara real-time.
  • Top-up Jadi Mudah. Isi ulang mandiri e-money, mandiri e-cash, GO-PAY, OVO, M-Tix, dan uang elektronik lainnya, langsung dari mobile banking.

Kita bisa lihat bagaimana setiap bank berupaya unggul dalam fitur - fitur kunci dalam internet banking. 
 

Kelemahan Mobile Banking

Meskipun menawarkan banyak keunggulan, namun layaknya semua sistem, mobile banking memiliki sejumlah kelemahan yang wajib diwaspadai pengguna.

  • Tergantung pada jaringan internet. Masalah pada koneksi internet membuat aplikasi mobile banking tidak bisa berjalan.
  • Perlu ponsel dengan spek tertentu. Seiring aplikasi mobile banking yang semakin maju dibutuhkan spek ponsel yang semakin canggih.
  • Proteksi data pribadi. Ter-koneksinya aplikasi mobile banking dengan HP seringkali memunculkan masalah soal proteksi data pribadi karena jika tidak dikelola dengan baik aplikasi bisa mengambil data pribadi tanpa izin.
  • Aspek keamanan cyber. Seiring dengan makin ter-koneksinya jaringan di dunia, ancaman keamanan cyber menjadi isu yang penting diperhatikan, misalnya isu pengambilan data, SMS palsu dan lain-lainya.

Mengantisipasi kelemahan mobile banking tersebut maka perlu memperhatikan tidak hanya aspek kenyamanan dan kemudahan, tetapi juga aspek security ketika memilih aplikasi mobile banking. 
 

Tips Keamanan Perbankan

Saya kumpulkan beberapa tips penting soal keamanan bertransaksi di aplikasi mobile banking.

  • Tidak memberitahukan nomor PIN kepada siapapun, sekalipun kepada keluarga atau teman dekat;
  • Hindari mencatat nomor PIN dimanapun apalagi menyimpannya di dalam dompet;
  • Mengusahakan orang lain tidak dapat melihat PIN Anda yaitu dengan menutup gerakan jari pada saat Anda menekan tombol pinpad atau saat memasukkan PIN Anda
  • Waspadai upaya penipuan dari oknum yang mengatakan sebagai petugas bank melalui telepon, faks atau email, yang menanyakan data pribadi, termasuk nomor PIN. Karena petugas bank tidak akan meminta atau menanyakan nomor PIN Anda.

Kecanggihan teknologi aplikasi mobile banking harus diiringi oleh kewaspadaan Anda sebagai pengguna dalam menggunakannya untuk menghindari penyalahgunaan dan pencurian.

Pertama, ganti password dan PIN secara teratur, dengan membuat password yang acak tetapi tetap mudah diingat oleh Anda sendiri, dan memperhatikan hal - hal berikut:

Kedua, jangan membagikan informasi rekening ke sembarang orang, lalu tutupi nomor kartu, CVV, serta tanggal kedaluwarsa kartu. 

Ketiga, jangan Kasih Nomor Kartu ATM & Kode OTP ke Siapapun, termasuk yang mengaku dari pihak bank atau call center bank, dan salah satu adalah jangan ladenin kalau ada SMS atau telpon yang menawarkan iming-iming hadiah, bonus, point reward atau apapun karena yang mereka incar adalah meminta data nomor kartu ATM kamu buat didaftarin dan kode OTP.

Dengan memberikan kode OTP, mereka menyebut OTP dengan istilah kode Promo, kode Bonus atau apapun supaya kamu tertipu, dimana kode OTP ini ibarat jadi benteng terakhir dompet digital / rekening dan begitu mereka mendapatkan nomor kartu ATM dan kode OTP, maka habis sudah uang di rekening Anda.

Keempat, aktifkan pengaturan notifikasi di aplikasi mobile banking, sehingga jika terjadi transaksi yang mencurigakan Anda bisa segera tahu.

Kelima, apabila Anda kehilangan Handphone Anda, dimohon untuk menghubungi call centre bank dan provider telekomunikasi anda untuk melakukan blokir atas nomor Handphone Anda. 
 

Tanya Jawab Mobile Banking

Saya mengumpulkan pertanyaan yang sering diajukan soal aplikasi mobile banking dan menjawabnya dalam bentuk FAQ.

  1. Apa itu Aplikasi Mobile Banking? 

    Cukup dengan terhubung internet, dan mengakses aplikasi mobile banking, seluruh urusan perbankan Anda selesai dalam hitungan menit. Aplikasi pada smartphone yang dapat Anda gunakan untuk transaksi perbankan, kapan dan di manapun Anda berada.

     

  2. Apakah bisa buka rekening tabungan di aplikasi mobile banking?

    Bisa. Buka rekening baru sekarang bisa langsung di aplikasi mobile. 
    Anti ribet dan hemat waktu.

     

  3. Apa bisa tarik tunai tanpa kartu di ATM? 

    Bisa. Setor dan Tarik uang tanpa kartu di ATM. Simpel dengan mobile banking. Cukup pastikan bawa smartphone Anda.

     

  4. Apakah cara login mobile banking lebih mudah?

    Lebih mudah karena Login aman dan cepat tanpa perlu mengetik User ID dan password dengan finger print di smartphone.

     

  5. Apa fitur transfer di aplikasi mobile banking?

    Fitur transfer lengkap dalam negeri mulai dari real-time, SKN/kliring atau RTGS serta transfer valuta asing ke dalam dan luar negeri (remittance).

     

  6. Apa bisa buka deposito secara online?

    Bisa. Buka deposito bunga menarik dan juga buka tabungan berjangka secara online (tanpa perlu datang ke kantor cabang) cukup di aplikasi mobile banking.

     

  7. Kenapa kode OTP sangat penting dalam aplikasi mobile banking dan OTP harus dirahasiakan?

    Kode OTP atau One-Time Password adalah kode verifikasi atau kata sandi sekali pakai yang terdiri dari 6 digit karakter (seringkali angka) unik dan rahasia yang umumnya dikirimkan melalui SMS atau e-mail. Setiap kode yang dikirimkan ini umumnya hanya berlaku selama 5 menit. Walaupun tujuannya sebagai bentuk keamanan, kode OTP seringkali dimanfaatkan oleh pihak tidak bertanggungjawab untuk melakukan hal yang tidak diharapkan.

     

  8. Apa tips membuat Password dan PIN yang aman?

    Pastikan untuk memiliki lebih dari satu password yang bisa digunakan untuk berbagai akun yang dimiliki. Triknya adalah gunakan password yang acak tetapi tetap mudah diingat oleh kamu sendiri. Siapkan PIN yang berbeda untuk akun yang berbeda pula.

     

  9. Apa Tips aplikasi mobile banking aman?

    Hindari membuka aplikasi—apalagi saat butuh memasukkan password—di tempat umum. Pergerakan jarimu dapat dengan mudahnya orang lihat.
    Jangan menggunakan Wi-Fi publik untuk mengakses Jenius karena tingkat keamanannya yang sangat rendah.
    Ubah password secara berkala.
    Tutupi nomor kartu, CVV, serta tanggal kedaluwarsa kartu.
    Jangan membagikan informasi rekeningmu ke sembarang orang.
    Aktifkan notifikasi transaksi di aplikasi mobile banking Anda.

     

Kesimpulan

Seiring penetrasi internat yang makin dalam di Indonesia, bank - bank menawarkan aplikasi mobile banking. Aplikasi ini diyakini memberikan banyak kemudahan bagi nasabah.

Dari perbandingan diatas, kita bisa melihat bahwa aplikasi mobile bank terbaik 2019 itu sangat tergantung kepada kebutuhan nasabah masing- masing. Karena tidak ada satu aplikasi yang unggul di semua fitur.

Baca Juga - TabunganKu CIMB Niaga

Bagikan Melalui

Daftar Isi

Berlangganan Duwitmu

Komentar (2 Komentar)

Tulis Komentar - Balasan untuk Tito Shadam

Email Anda tidak akan di publish

Batalkan Membalas

Captcha Wajib Diisi

Artikel Terkait