9 Fintech Pinjaman Online dan KTA Kilat Cepat Cair Non Bank (2019)

  • September 26, 2016

Sekarang 9 Fintech menawarkan pinjaman kilat dan KTA kilat non bank dengan syarat lebih mudah. Selama ini, masyarakat mengandalkan bank untuk mencari pinjaman, namun proses di bank terkenal lama dan berbelit.  Apa saja pinjaman kilat online tersebut dan kenapa mereka lebih unggul ? Update 2019: muncul banyak KTA Kilat dengan sejumlah fitur menarik dan sekarang bisa pinjam uang 10 juta tanpa jaminan.

Banyak masyarakat Indonesia ‘un-bankable’. Mereka ingin meminjam namun ditolak oleh bank karena berbagai alasan, seperti jaminan, dokumen dan penghasilan.

Salah satunya bank mensyaratkan orang memiliki riwayat kredit untuk bisa mengajukan pinjaman. Misalnya, ingin mengambil KTA, bank mewajibkan peminjam sudah punya kartu kredit.

Tidak semua orang punya riwayat kredit karena memang tidak pernah bisa berhubungan dengan bank. Lalu mereka ini mau pinjam uang kemana ?

Kondisi ini tampaknya peluang bisnis. Karena pasarnya sangat besar, yaitu mereka yang membutuhkan pinjaman tetapi tidak bisa ke bank.

Studi International Finance Corporation (IFC), anak perusahaan World Bank, menunjukkan di Indonesia terdapat 20 juta UKM dengan akses kredit terbatas dengan estimasi potensi pinjaman sebesar $27 miliar.

Muncullah alternatif pinjaman uang cepat dan mudah non bank. Mereka berbentuk FinTech, yaitu perusahaan yang memanfaatkan teknologi untuk menawarkan produk keuangan inovatif.

Fintech dianggap cocok dengan pasar di Indonesia. Karena meskipun masyarakat belum punya akses keuangan, namun penetrasi kepemilikan dan penggunaan telpon selular sangat tinggi.

Pinjaman Kilat Online Terdaftar OJK

Ini daftar 9 Finctech pinjaman online yang menawarkan KTA kilat non bank yang cepat dan mudah. Mereka ini masuk dalam daftar pinjaman online yang terdaftar di ojk 2018 2019.

#1 UangTeman

Pinjaman kilat uang Fintech UangTeman

UangTeman.com menawarkan pinjaman secara online tanpa jaminan untuk kebutuhan kecil dalam jangka pendek. Jumlah pinjaman maksimum Rp 2 juta selama paling lama 30 hari.

Untuk Anda yang ingin pinjam uang 10 juta tanpa jaminan, UangTeman bukan tempatnya. Ini ditujukan untuk pinjaman kecil.

Proses pengajuan cukup mudah dan cepat. Dana dijanjikan dicairkan (masuk rekening) paling lambat 2 hari sejak pengajuan untuk pinjaman pertama dan 3 jam untuk pinjaman berikutnya.

Pinjaman kilat ini bisa menjadi alternatif diluar bank. Karena proses di bank lebih lama dan minimal pinjaman di bank lebih tinggi (diatas Rp 5 juta).

Hal yang perlu diperhatikan adalah biaya layanan UangTeman yang cukup tinggi. Dipatok sekitar 0.8% per hari.

Itu sebabnya pinjaman online ini sebaiknya digunakan untuk mereka yang butuh KTA kilat untuk emergency loan. Mereka yang perlu bridging loan, menunggu sampai penghasilan masuk.

#2 Drrupiah

Pinjaman uang Fintech Drrupiah

Drrupiah.com menawarkan pinjaman online tanpa jaminan seperti UangTeman untuk kebutuhan jangka pendek dalam jumlah kecil. Jumlah pinjaman sedikit lebih tinggi, yaitu Rp 4 juta rupiah selama paling lama 30 hari.

Dr rupiah ini menjanjikan proses yang kilat, cepat dan mudah. Pencairan bisa dilakukan di hari yang sama jika memiliki rekening Bank Mandiri. Namun, di luar rekening Mandiri tidak dijelaskan prosesnya berapa lama.

Biaya layanan di dr rupiah masih 1% sehari. Cukup tinggi bunganya sehingga dianjurkan untuk yang memang membutuhkan pinjaman cepat saja.

Catatan Maret 2019: akses ke website drrupiah.com sudah tidak bisa. Situs sudah tidak menampilkan akses terhadap pinjaman kilat dr rupiah.

#3 Amartha

Kredit Fintech Amartha

Amartha.com menawarkan pinjaman tanpa jaminan untuk pengusaha kecil yang memiliki usaha di Bogor dan Bandung. Pinjaman mulai dari Rp 2 juta dengan tenor 3, 6, dan 12 bulan.

Yang membedakannya, mereka ini adalah group lending. Pengajuan pinjaman harus dilakukan dalam kelompok yang terdiri atas beberapa anggota.

Para calon peminjam diminta membentuk kelompok 15 – 20 orang di lokasi tempat tinggalnya. Syarat anggota adalah pengusaha perempuan yang memiliki kebutuhan modal Rp 2 juta.

Sebelum pinjaman diberikan, Amartha melakukan pelatihan wajib kepada setiap calon peminjam dalam kelompok tersebut. Tujuannya supaya kelompok bisa membuat proposal pengajuan kredit.

Proposal kredit yang telah dikaji akan ditawarkan kepada para investor yang akan memberikan pembiayaan. Setelah mendapatkan komitmen dana dari investor, Amartha akan memfasilitasi aqad dan pencairan kepada peminjam.

Setelah pinjaman cair, kelompok tersebut wajib mengadakan pertemuan mingguan dan setiap anggota wajib hadir. Dalam pertemuan tersebut, Amartha akan memonitor perkembangan usaha dan mengumpulkan pembayaran pinjaman.

#4 Taralite

Pinjaman uang Fintech Taralite

Taralite menawarkan pinjaman online dengan jaminan. Meskipun disebutkan menawarkan pula pinjaman tanpa jaminan, namun informasi di situs tidak jelas mengenai persyaratan pinjaman tanpa jaminan.

Jaminan yang diterima adalah kendaraan bermotor dalam bentuk bukti kepemilikan (BPKB) dan kepemilikan rumah. Jenis jaminan ini menentukan tingkat bunga yang dibebankan ke peminjam.

Bunga pinjaman berkisar 1% flat / bulan untuk jaminan BPKB mobil dan Sertifikat Kepemilikan Rumah. Dan 2%flat/bulan untuk jaminan BPKB motor.

Jumlah pinjaman tergantung nilai jaminan. Estimasi plafond peminjaman 70% – 80% dari nilai pasar jaminan.

Tempo cicilan adalah: 1, 2, 3 tahun dengan jaminan BPKB kendaraan dan hingga 5 tahun dengan jaminan Sertifikat Kepemilikan Rumah.

Didalam situs disebukan bahwa proses pengajuan pinjaman melalui survei kepada calon kreditur dan penilaian jaminan. Karena itu, prosesnya tidak bisa cepat.

Pinjaman ini cocok untuk yang membutuhkan jumlah pinjaman dalam jumlah besar. Namun tidak cocok untuk mereka yang membutuhkan pinjaman cepat dalam waktu singkat.

Catatan Maret 2019

Terjadi perubahan dalam Taralita, yaitu pinjaman kilat Taralite sekarang hanya diberikan sebagai kredit usaha yang harus diajukan melalui merchant partner berikut ini:

  • Tokopedia. Program pinjaman merchant di Tokopedia dengan persyaratan pinjaman: memiliki toko aktif selama 3 bulan; memiliki KTP, NPWP, dan KK; foto tampak depan peminjam yang sedang memegang KTP.
  • Lazada. Merchant di Lazada dapat mengajukan pinjaman di Taralite dengan memasukan akun penjual Lazada dan isi formulir, dengan persyaratan pinjaman: memiliki toko aktif selama 3 bulan; memiliki KTP, NPWP, dan KK; foto tampak depan peminjam yang sedang memegang KTP dan punya rekening tabungan.
  • Doku. Merchant Doku dapat mengajukan pinjaman KTA kilat di Taralite untuk tujuan mengembangkan usaha, dengan persyaratan pinjaman: memiliki toko aktif selama 3 bulan; memiliki KTP, NPWP, dan KK; foto tampak depan peminjam yang sedang memegang KTP dan punya rekening tabungan.
  • Kerjasama dilakukan juga dengan Hacktiv8, Dekoruma, dan Jurnal. Proses pengajuan pinjaman dilakukan melalui situs masing – masing merchant.

Pagu pinjaman adalah Rp 2.000.00 sd Rp 500.000.000. Bunga Taralite mulai dari 0.99% – 1.59%, dengan jangka waktu 3 sd 12 bulan. Biaya provisi yang dikenakan sebesar 1% dari total pengajuan pinjaman.

Persyaratan umum pinjaman: Warga negara Indonesia; Pria/Wanita berusia 18-56 tahun dan masa aktif usaha (merchant online) selama minimal 6 bulan. Pinjaman taralite untuk masyarakat di seluruh Indonesia, tidak ada pembatasan wilayah domisili merchant calon peminjam.

Proses pengajuan pinjaman hingga pencairan dana membutuhkan waktu maksimal 5 hari kerja, terhitung sejak semua dokumen masuk dan telah diverifikasi.

#5 Investree

pinjaman cepat fintech investree

Investree.id adalah tempat yang mempertemukan orang yang punya dana dan orang yang butuh dana. Ini adalah marketplace antara peminjam dan pemberi pinjaman.

Calon peminjam bisa mengajukan kredit secara online melalui situs Investree. Pinjaman dikategorikan untuk karyawan dan pengusaha.

Semuanya pinjaman tanpa jaminan. Namun, pihak Investree menetapkan sejumlah persyaratan.

Untuk karyawan, Investree memberikan pinjaman kepada mereka yang bekerja di perusahaan yang sudah kerjasama dengan Investree. Syaratnya, berdomisi di wilayah Jabodetabek dan minimum pendapatan Rp 3.1 juta.

Untuk pinjaman usaha, Investree memberikan invoice financing (pembiayaan modal kerja dengan jaminan tagihan). Perusahaan harus memiliki hubungan bisnis dengan institusi besar (ex: perusahaan publik, perusahaan multinasional, BUMN, dan lembaga pemerintahan).

Anda bisa mencobanya disini.

#6 Modalku

pinjaman cepat fintech modalku

Modalku.co.id adalah juga marketplace yang mempertemukan peminjam dan pemberi pinjaman. Pinjaman diberikan untuk tujuan usaha.

Salah satu produknya adalah pinjaman kepada pemilik toko online di Tokopedia yang berdomisili di Jabodetabek. Limit Rp. 10 juta – 50 juta dengan tenor 1-2 bulan dan waktu proses 3 hari kerja.

Bunganya dipatok 2% flat per bulan. Pinjaman dibayar sekaligus (pokok + bunga) di akhir tenor sehingga tidak ada sistem cicilan.

Syaratnya, pemilik toko online sudah terdaftar minimum 6 bulan di Tokopedia. Warga Negara Indonesia dan usia 21 – 55 tahun. Dokumen scan KTP, KK, dan NPWP.

#7 Koinworks

pinjaman cepat fintech koinworks

Koinworks.com menawarkan pinjaman usaha yang berjalan minimal 2 tahun dan lokasi di Jabodetabek. Minimum pinjaman adalah Rp 10 juta.

Bunga 0.75% sampai 1.7% flat per bulan. Tingkat bunga ditentukan berdasarkan grading yang diberikan oleh Koinworks.

Selain bunga, ada biaya – biaya lainnya. Biaya persetujuan Kredit : 2% – 4%; Asuransi Jiwa: 0.24% dan biaya administrasi: Rp100,000.

Proses pengajuan kredit dilakukan dalam beberapa tahap. Ada 5 tahap yang perlu dilewati.

Pertama, isi formulir secara online. Kedua, jika memenuhi syarat, bunga disampaikan dan melanjutkan ke proses berikutnya. Ketiga, upload dokumen yang dipersyaratkan. Keempat, setelah dokumen diverifikasi dan pinjaman disetujui, pinjaman akan diposting pada sistem Koinworks agar pendana memulai proses bidding. Kelima, pencairan pinjaman, setelah pinjaman sudah didanai 100%, dana ditransfer ke rekening bank peminjam.

#8 Mekar

pinjaman cepat mudah fintech mekar

Mekar.id menawarkan pinjaman tanpa jaminan dan dengan jaminan kepada pemilik usaha (perorangan atau UD/CV/PT). Jumlah pinjaman mulai dari Rp 20 juta sd Rp 500 juta dengan jangka waktu 12 bulan.

Persyaratannya adalah Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi; pendapatan usaha > Rp. 100 juta / bulan; memiliki rekening bank; usaha telah beroperasi selama lebih dari 12 bulan. Tanpa jaminan untuk pinjaman di bawah Rp 100 juta

Bunga efektif per tahun 36%. Pinjaman Rp. 100 juta berarti membayar Rp. 120.5 juta (20.5% bunga flat).

Prosesnya, calon peminjam mengajukan pinjaman secara online. Lalu, agen Mekar menghubungi untuk membuat janji. Agen Mekar mengisi permohonan kredit dan detail pribadi melalui Aplikasi onlin, termasuk foto KTP dan dokumen lainnya.

Setelah kunjungan, Anda akan menerima panggilan dari petugas Mekar untuk memverifikasi beberapa informasi.Jika disetujui, Agen datang dengan membawa perjanjian kredit yang sudah dicetak ditandatangani.

Dana pencairan biasanya ditransfer satu hari setelah kontrak ditandatangani ke rekening bank yang telah ditunjukkan ke agen selama pengajuan kredit.

#9 Pinjam

pinjaman cepat fintech pinjam

Pinjam.co.id menerapkan gadai secara online yang menawarkan pinjaman mulai dari Rp 200 ribu. Barang yang diterima sebagai jaminan wajib atas kepemilikan langsung, yaitu: sepeda motor, mobil, laptop, handphone, tablet pc, kamera, dan perhiasan emas.

Jika terjadi masalah dari kepemilikan ganda atas barang jaminan maka peminjam yang akan bertanggung jawab secara penuh dan menyelesaikan hal tersebut hingga selesai. Tidak boleh menggadaikan barang yang bukan miliknya.

Ada 3 langkah yang perlu dilakukan.

Pertama, calon peminjam mengisi secara online kategori barang jaminan dan keterangan lengkap. Hasilnya adalah taksiran online atas barang jaminan.

Kedua, calon peminjam memilih cara serah terima barang dengan fasilitas antar jemput barang, mengantar sendiri atau menemui penaksir. Setelah barang diterima, Pinjam memeriksa serta menilai barang serta memberikan penawaran.

Ketiga, jika setuju dengan penawaran dari Pinjam, konfirmasi pinjaman dikirimkan dan selanjutnya dana dicairkan melalui transfer bank. Di dalam situs tidak dijelaskan berapa persen Pinjam akan memberikan pinjaman dari nilai barang.

Tarif dasar biaya pinjaman kami adalah 0,7% per minggu. Ditambah biaya asuransi dan biaya antar jemput barang.

#10 KTA Kilat

KTA Kilat Pinjaman Online

KTA Kilat adalah platform P2P kredit pinjaman tunai yang terdaftar dan diawasi oleh OJK (Otoritas Jasa Keuangan) dan aplikasi bisa di download di Google Playstore atau APK.

KTAKilat tidak memerlukan jaminan, hanya memerlukan KTP,  download aplikasi, 15 menit untuk mengisi data, tunggu hasil review, 3 menit untuk menerima dana uang.

Namun, perlu diingat bahwa dalam beberapa kasus, pengajuan dapat memakan waktu 48 jam karena harus melalui pengecekan secara manual.

KTA Kilat menawarkan kenaikkan limit dan jangka waktu pinjaman dengan meningkatkan skor kredit, semakin lengkap data, semakin tinggi skor kredit.

Dalam penawaran, keunggulan produk KTA Kilat adalah:

  1. Maksimal suku bunga tahunan 14% (tanpa biaya lainnya)
  2. Tenor : 91 hari (minimal) hingga 120 hari (maksimal)
  3. Contoh simulasi transaksi :  Jika anda memilih jumlah pinjaman 1,000,000 dengan suku bunga 7, kemudian pada hari jatuh tempo, Anda wajib membayar 1,000,000*(1+7%) = 1,070,000

Call Center Customer service KTA Kilat: +6221 5020 1919
Email KTA Kilat: [email protected]

#11 OVO PayLater

OVO PayLater KTA Kilat
OVO PayLater

OVO PayLater adalah fasilitas pinjaman online kilat yang disediakan oleh raksasa e-money dari group Lippo ini. Kebetulan, saya mendapatkan penawaran fitur PayLater ini di aplikasi OVO saya.

Setelah saya cek, tidak semua pemegang aplikasi OVO mendapatkan kesempatan mencoba aplikasi pembiayaan KTA kilat ini. Fitur PayLater memang tersedia di semua aplikasi OVO, tetapi ada yang bisa digunakan, ada yang belum bisa digunakan. Alasan dan kriteria, mana konsumen yang bisa, mana yang tidak bisa memakai, tidak dijelaskan oleh pihak OVO.

Apa keuntungan menggunakan OVO PayLater ?

Pada dasarnya, produk ini adalah kerjasama OVO dengan Taralite yang memberikan fasilitas belanja sekarang dan bayar kemudian (tentu saja dengan sejumlah biaya layanan). Pilih barang yang diinginkan, lalu lakukan pembayaran dengan OVO PayLater, dan bayarnya nanti sebelum jatuh tempo.

Bagaimana cara mendaftar OVO PayLater ?

Saya diminta untuk meng-upgrade aplikasi OVO menjadi OVO Premier terlebih dahulu untuk bisa mengajukan fasilitas PayLater. Untuk upgrade, saya perlu mengunduh KTP dan mengambil foto selfie.

Setelah upgrade ke OVO Premier sukses, saya perlu memasukkan data pribadi dan data lainnya. Tidak berapa lama aplikasi OVO PayLater saya disetujui dengan limit Rp 1 juta.

#12 Kredit Pintar

Kredit Pintar adalah salah satu pinjaman online yang menawarkan jenis KTA kilat. Saya mengajukan pinjaman di aplikasi pinjam uang online ini.

Syaratnya pengajuan pinjaman tanpa agunan Kredit Pintar cukup simpel, yaitu KTP dan Foto selfie. Pastikan saat pengambilan foto, berada di tempat terang, tidak ada informasi yang tertutup jari dan foto KTP tidak buram.

Kredit Pintar menawarkan plafon pinjaman kecil mulai dari Rp 600, 000; Rp 1,500,000 dan Rp 2,300,000. Tenor yang ditawarkan sesuai dengan plafon pinjaman yang diambil, yaitu:

  • Rp 600,000 Tenor 28 hari
  • Rp 1,500,000 Tenor 2 bulan
  • Rp 2,300,000 Tenor 3 bulan.

Ada pinjaman yang bisa dibayar sekaligus, tetapi ada pula yang bisa dibayar dengan dicicil selama beberapa bulan.

Tetapi, yang perlu diperhatikan adalah bunga dan biaya layanan yang ditetapkan oleh Kredit Pintar. Berikut ini adalah perhitungan dana yang dicairkan ke rekening nasabah (sudah dipotong biaya admin di depan) dan jumlah pengembalian pada saat jatuh tempo.

Update 2019:

Aplikasi Pinjaman Online KreditPintar
Aplikasi Pinjaman Online KreditPintar

Kredit Pintar menetapkan opsi jumlah pinjaman dengan tenor masing – masing. Ada 4 opsi pinjaman online cepat cair yang ditawarkan Kredit Pintar, yaitu:

  1. Rp 600,000 dan 14 hari
  2. Rp 1,200,000 dan 14 hari
  3. Rp 1,200,000 dan 28 hari
  4. Rp 2,300,000 dan 3 bulan

Anda harus memilih salah satu opsi diatas untuk mengajukan pinjaman. Tidak bisa memilih di luar opsi diatas.

Kredit Pintar memberikan bunga yang berbeda beda tergantung jumlah plafon pinjaman. Ada beberapa pilihan jumlah pinjaman yang ditawarkan Kredit Pintar.

Untuk menghitung suku bunga yang dibebankan oleh Kredit Pintar, Anda perlu menghitung (1) jumlah dana yang diterima di rekening Anda saat pencairan dan (2) jumlah pelunasan yang harus dibayarkan saat jatuh tempo. Dengan menghitung menggunakan angka ini, Anda bisa mendapatkan perhitungan suku bunga yang akurat.

Bunga KreditPintar Pinjaman Online
Bunga KreditPintar Pinjaman Online

Mari kita lihat hitung bunga pinjaman online kredit pintar.

  • Pinjaman Rp 600,000 dan tenor 14 hari. Dana cair rekening Rp 540,000 dan jumlah pengambalian pinjaman Rp 666,000. Total bunga adalah 18.92% dan 1.4% per hari
  • Pinjaman Rp 1,200,000 dan tenor 14 hari. Dana cair rekening Rp 1,080,000 dan jumlah pengambalian pinjaman Rp 1,332,000. Total bunga adalah 18.92% dan 1.4% per hari
  • Pinjaman Rp 1,200,000 dan tenor 28 hari. Dana cair rekening Rp 1,056,000 dan jumlah pengambalian pinjaman Rp 1,392,000. Total bunga adalah 24.14% dan 0.9% per hari
  • Pinjaman Rp 2,300,000 dan tenor 90 hari (3 bulan). Dana cair rekening Rp 1,955,000 dan jumlah pengambalian pinjaman Rp 2,645,100. Total bunga adalah 26.09% dan 0.3% per hari

Call Center Kredit Pintar:(021) 29651278; e-mail [email protected];
Alamat: Treasury Tower Lantai 53, SCBD Lot 28 Jl. Jend Sudirman Kav 52 – 54 Jakarta 12190

Isu Pinjaman Kilat (Update 2019)

Seiring waktu, fenomena pinjaman kilat yang dilakukan secara online semakin meningkat. Per Maret 2019, OJK mencatat 106 perusahaan terdaftar di OJK sebagai P2P Lending, yang menawarkan pinjaman dana kilat secara online.

Namun, bertambahnya aplikasi pinjaman kilat online dengan menawarkan cara pengajuan yang mudah dan cepat, menimbulkan pula fenomena pinjaman kilat ilegal yang tidak terdaftar di OJK.

Menurut berita sampai Maret 2019, sudah 803 penyelenggara fintech lending ilegal yang ditutup oleh Satgas Waspada Investasi (SWI). Secara rutin OJK dan SWI menelusuri penyelanggara fintech lending ilegal.

Pinjaman kilat yang legal terdaftar resmi di OJK memiliki sejumlah manfaat buat calon peminjam, yaitu:

  • Regulator/Pengawas. Tidak ada regulator khusus yang bertugas mengawasi kegiatan Penyelenggara Fintech Lending ilegal. Sedangkan Penyelenggara Fintech Lending yang terdaftar/berizin di OJK berada dalam pengawasan OJK sehingga sangat memperhatikan aspek pelindungan konsumen.
  • Pengaduan Konsumen Penyelenggara Fintech Lending yang terdaftar/berizin OJK menyediakan sarana pengaduan Pengguna dan wajib menindaklanjuti pengaduan serta melaporkan tidak lanjutnya kepadaOJK. Selain itu, Pengguna juga dapat menyampaikan pengaduan melalui AFPI, dan OJK. Selain itu, dalam hal terjadi sengketa, Pengguna juga dapat difasilitasi oleh OJK maupun Lembaga
    Alternatif Penyelesaian Sengketa. Fintech Lending ilegal tidak menanggapi pengaduan Pengguna dengan baik.
  • Cara Penagihan Penyelenggara Fintech Lending ilegal
    melakukan penagihan dengancara-cara yang kasar, cenderung mengancam, tidak manusiawi, dan bertentangan dengan hukum. Sedangkan tenaga penagih pada Fintech Lendiing yang terdaftar/berizin dari OJK wajib mengikuti sertifikasi tenaga penagih yang dilakukan oleh AFPI.
  • Lokasi Kantor/Domisili. Lokasi kantor Fintech Lending ilegal tidakjelas/ditutupi dan bisa jadi berada di luar negeri untuk menghindari aparat hukum. Sedangkan lokasi kantor Penyelenggara Fintech Lending yang terdaftar/berizin OJK jelas, disurvei oleh OJK, dan dapat dengan mudah ditemui diGoogle.

Baca juga:KTA BCA Personal Loan

Hati – Hati Pinjaman Online Ilegal

OJK sangat mewanti – wanti soal pinjaman online ilegal. OJK sudah menutup ratusan Fintech ilegal yang tidak terdaftar di OJK.

Sejumlah alasana kenapa pinjaman online ilegal itu berbahaya dan merugikan konsumen:

  • Tidak terdaftar di OJK. Akibatnya, fintech ilegal tidak mengikuti ketentuan dan patuh terhadap peraturan OJK.
  • Bunga pinjaman yang tidak jelas. Bunga pinjaman sangat tinggi dan cenderung menekan konsumen.
  • Penyebaran data pribadi peminjam. Hal ini yang banyak terjadi, yaitu data pribadi disebar tanpa izin.
  • Tata cara penagihan: Tidak hanya kepada peminjam tapi juga ditagihkan kepada keluarga, rekan kerja, hingga atasan; fitnah, ancaman, hingga pelecehan seksual; penagihan sebelum batas waktu.
  • Alamat peminjaman tidak jelas dan berganti nama. Pelaku fintech peer-to-peer lending ilegal tidak hanya menggunakan Google Play Store untuk menawarkan aplikasi, tapi juga link unduh yang disebar melalui SMS atau dicantumkan dalam situs milik pelaku.

Sepanjang tahun 2018 hingga Maret 2019, Satgas Waspada Investasi telah menghentikan dan mengumumkan melalui Siaran Pers sebanyak 803 entitas fintech peer-to-peer lending tanpa izin OJK.

Kesimpulan Pinjaman KTA Kilat

Bisa dilihat bahwa perusahaan FinTech ini berupaya menawarkan produk – produk keuangan inovatif. Tujuannya memberikan alternatif akses keuangan kepada masyarakat.

Fimtech bisa menjadi salah satu kanal untuk mendapatkan pinjaman jika kesulitan mengajukan ke bank. Moga – moga bisa lebih cepat dan lebih mudah dibandingkan perbankan.

Selamat mencoba pinjaman kilat

17 Responses

  1. Nur handayani

    saya butuh pinjaman buat modal usaha
    mohon dikonfirmasi secepatnya
    ini no tlf saya 081299189372

    Reply
  2. arman

    ribet banget cari pinjaman oneline.
    mendingan ke rentenir 1 jam cair walaupun bunganya mencekik leher.

    Reply
  3. Elviana

    banyak pilihan pinjam online sekarang yah….semoga ini benar cair yah… sambil nunggu cair, kita cari duit halal disini. kerja ya dibayar, klik n registrasi email yg valid utk bisa dapatin duitnya yah

    Reply
  4. mr john

    Dapatkan akses mudah ke pemberi pinjaman pribadi / Investor. Panggilan, teks atau WhatsApp + 2 3 4 8 0 7 1 0 0 3 8 6 1

    Reply
  5. Rov

    yang udah jadi nasabah fintech, kalau pinjaman macet. seluruh kontak yg ada di hp di sms lwohh…hati2 gaess!!!

    contoh :

    [Pinjaman Kilat ] Kmi mnginfokan bhw tmn/rlasi xxxxxxxxxxx ad pinjman yg blm dibyrkan, tlg infokan ke yg bersngkutan utk mnyelsaikan pinjmannya. Thx

    Reply
    • admin

      baca ketentuan sebelum mengajukan pinjaman karena penarikkan data disetujui oleh nasabah ketika mengajukan pinjaman.

      Reply
  6. mposport

    Admin, bisa lebih sering update artikel gak? kadang lama banget nunggu update-nya.

    Padahal konten-kontenmu selalu bagus loh

    Reply
  7. Bras Gomes Maria

    Apakah pinjaman online bisa diberikan kepada luar negeri juga. Misalnya Timor Leste tetangga dekat. Tolong jawabannya

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published.