Advertisements

Mencari KPR Syariah Terbaik 2019 2020 BRI Syariah, BNI dan BCA Syariah

Advertisements

Cicilan KPR yang naik tiba – tiba pasti menyulitkan keuangan keluarga. Apa solusinya ? Salah satunya KPR Syariah. Saya mencari tahu dan membeberkan bank BRI Syariah, BNI dan BCA Syariah di 2019 2020.

KPR syariah menawarkan fitur yang berbeda dengan KPR konvensional. Bukan hanya soal mekanisme yang sesuai akidah Islam, tetapi KPR Syariah memberikan kemudahan dalam mengatur keuangan dalam jangka panjang.

Di KPR konvensional, salah satu masalah adalah kenaikkan cicilan pinjaman KPR ketika masa bunga tetap selesai. Karena saat masuk masa tersebut, bunga pinjaman akan mengikuti bunga pasar.

Kenaikkan cicilan ini membuat kaget banyak keluarga dan pastinya mengacaukan keuangan keluarga karena cicilan KPR bukan sesuatu yang bisa tidak dibayar.

KPR Syariah

KPR Syariah memiliki fitur cicilan tetap sampai akhir masa pinjaman. Jumlah angsuran KPR Syariah tidak akan berubah sampai tenor kredit selesai.

Jadi kalau angsuran KPR konvensional bisa tiba-tiba naik tanpa pemberitahuan akibat perubahan bunga di pasar, cicilan KPR Syariah tidak akan terpengaruh dan tidak berubah.

Advertisements

Dengan angsuran KPR yang tetap cocok buat para pegawai dengan pendapatan tetap karena bisa mengatur pola pengeluaran dengan lebih terencana.

Berapa Cicilan KPR Syariah ?

Saya mengambil ilustrasi perhitungan bunga di salah satu bank KPR Syariah. Pinjaman rumah adalah Rp 750,000,000 dengan masa tenor pinjaman 20 tahun.

Anda harus membayar 15% uang muka DP rumah sebesar Rp 150,000,000. Minimum DP ini harus dibayar ke developer atau pemilik rumah.

Advertisements

Berdasarkan simulasi KPR, Cicilan per bulan adalah Rp 7,245,000 per bulan selama 20 tahun. Ini belum termasuk biaya notaris dan administrasi.

Simulasi Cicilan KPR BNI Syariah

Daftar Bank KPR Syariah

Dimana Anda bisa mendapatkan KPR Syariah terbaik di 2019?

Saya melakukan investigasi dan menemukan beberapa pilihan yang cukup menarik untuk dijadikan pilihan.

Yang menarik bahwa bank Syariah tidak hanya menawarkan KPR untuk pembelian rumah baru atau rumah second tetapi juga take over KPR, dan pembelian tanah.

Persyaratan uang muka sangat bersaing karena KPR syariah meminta DP cukup rendah, hanya 10% dari harga rumah. Misalnya mengambil plafond Rp 750 juta, maka nasabah cukup membayar uang muka Rp 75 juta untuk bisa mengajukan KPR Syariah.

1. BNI Syariah

BNI KPR Syariah

BNI Syariah menawarkan BNI Griya iB Hasanah, yaitu fasilitas pembiayaan konsumtif untuk membeli, membangun, maupun merenovasi rumah, ruko, apartemen baru maupun bekas hingga pembelian Kavling Siap Bangun (KSB) dengan akad murabahah (jual beli).

Selain itu, BNI Griya iB Hasanah dapat digunakan untuk pembiayaan refinancing dengan akad musyarakah mutanaqisah (MMQ), yakni musyarakah yang kepemilikan aset salah satu pihak berkurang disebabkan pembelian secara bertahap oleh pihak lainnya.

Produk BNI Griya iB Hasanah memiliki banyak keunggulan, lantaran sesuai dengan prinsip syariah dan memiliki persyaratan mudah serta proses pengajuan yang cepat. Uang muka untuk pengajuan fasilitas ini sesuai dengan ketentuan Financing to value (FTV) Bank Indonesia.

Maksimum Pembiayaan sd Rp. 25 Miliar dan jangka waktu pembiayaan sampai dengan 15 tahun kecuali untuk pembelian kavling maksimal 10 tahun atau disesuaikan dengan kemampuan pembayaran.

Nasabah bisa pula melakukan take over KPR dari Bank lain ke BNI Syariah

2. BRI Syariah

BRI KPR Syariah

Pembiayaan KPR BRI Syariah dikenal dengan sebutan Griya Faedah.

Jenis pembiayaan ini dapat digunakan untuk memenuhi kebutuhan perumahan, seperti pembelian unit rumah baru atau seken, apartemen maupun kavling siap bangun, pembangunan atau renovasi rumah hingga take over dan refinancing.

Selain Griya Faedah, BRI Syariah sebenarnya juga memiliki pembiayaan Faedah Sejahtera, yakni program pemerintah untuk pembiayaan pembelian rumah yang disalurkan kepada masyarakat berpenghasilan rendah (MBR) dengan kriteria yang ditetapkan pemerintah.

Skema pembiayaan KPR melalui Griya Faedah dan Faedah Sejahtera dapat dipilih sesuai fleksibilitas dan kebutuhan nasabah. Jika ingin mendapatkan angsuran yang tidak berubah sampai dengan jatuh tempo pembiayaan, nasabah dapat menggunakan akad murabahah.

Sementara jika nasabah melakukan pembelian unit rumah baru tetapi ingin sewaktu-waktu melakukan pelunasan dipercepat dengan mudah dan murah, maka skema KPR dengan akad IMBT dapat menjadi pilihan.

Lalu, apabila berencana untuk mengajukan tambahan plafon di kemudian hari dengan jaminan rumah yang dibeli saat akad pertama, nasabah dapat menggunakan skema akad MMQ.

Jikalau nasabah ingin mendapatkan manfaat lebih dari properti yang dimilikinya untuk berbagai keperluan konsumtif, nasabah dapat melakukan refinancing atas aset propertinya dengan menggunakan MMQ/IMBT.

Plafon Pembiayaan dan maksimal Rp.3.500.000.000, dengan DP uang muka ringan minimal 10% dan Bank Finance (Pembiayaan Bank) hingga 90%.

Jangka Waktu tenor pinjaman adalah: (1) maksimum 15 tahun untuk embelian rumah baik dalam kondisi baru (rumah jadi atau indent) dan rumah bekas pakai (second); (2) maksimum 10 tahun untuk pembelian Apartemen, take over KPR; (3) maksimum 5 tahun untuk pembiayaan tanah kavling siap bangun.

3. BCA Syariah

Pembiayaan KPR iB BCA Syariah dapat dipergunakan untuk pembelian rumah baru baik ready stock maupun indent serta kebutuhan renovasi maupun refinancing.

Pembiayaan KPR BCA Syariah menawarkan berbagai keunggulan, seperti jenis akad yang beragam sesuai dengan kebutuhan nasabah serta kepastian margin sepanjang jangka waktu pembiayaan dengan program margin yang berjenjang.

Akad yang dipergunakan adalah akad murabahah untuk rumah yang ready stock, akad isthisna untuk rumah yang masih inden, dan akad ijarah muntahiya bittamlik (IMBT) untuk kebutuhan refinancing. Sementara untuk kebutuhan renovasi menggunakan akad murabahah.

Nasabah BCA Syariah dapat memperoleh pembiayaan KPR mulai dari Rp 100 juta dengan margin berjenjang mulai dari rate 8,5% per tahun. Melakukan kerjasama penjualan dengan para pengembang perumahan serta mempersiapkan program-program yang menarik bagi nasabah, seperti tawaran margin berjenjang.

Simak pula Kelebihan Tabungan Syariah.

Related Post

4. KPR Syariah Cimb Niaga

Bank CIMB Niaga memiliki KPR Syariah, yang disebut KPR ib, yang terdiri atas dua produk, yaitu:

  1. KPR iB Fix CIMB Niaga
  2. KPR iB Flexi CIMB Niaga

KPR iB Fix CIMB Niaga

Produk ini adalah pembiayaan untuk hunian sesuai Prinsip Syariah dengan akad Murabahah.

KPR iB Fix menawarkan angsuran tetap selama jangka waktu pembiayaan dimana margin tidak terpengaruh kondisi pasar

Jangka waktu bisa sampai 15 Tahun dan dengan cicilan yang tetap akan membantu untuk mengatur cash flow keuangan Anda dimasa depan.Pembelian Rumah Ready Stock

Tujuan pembiayaan KPR ib ini bisa untuk: pembelian Apartemen Ready Stock, Pembelian Ruko/Rukan Ready Stock, Pembelian Tanah Kavling Siap Bangun, Alih Pinjaman/Pembiayaan dari Konvensional maupun Syariah, Renovasi Rumah, Multiguna dan Top Up.

KPR iB Flexi CIMB Niaga

Produk ini adalah pembiayaan kepemilikan Rumah dengan Prinsip Syariah yang fleksibel.

KPR iB Flexi menawarkan uang muka mulai dari 5%, jangka waktu sampai 25 tahun dan angsuran yang fleksibel.

Tujuan pembiayaan produk ini adalah pembelian Rumah, Pembelian Apartemen, Pembelian Ruko/Rukan, Alih Pinjaman/Pembiayaan dari Konvensional maupun Syariah dan Multiguna.

Bunga/Ujrah yang berlaku setelah Periode Bunga/Ujrah Fixed berakhir. Bunga/Ujrah floating dapat berubah-ubah tergantung kondisi ekonomi dan bunga acuan yang ditentukan oleh Bank Indonesia.

Bunga/Ujrah floating saat ini mengacu kepada Instrumen Keuangan Bank Indonesia SDBI 12 Bulan dan SBIS 12 bulan.

Advertisements

5. KPR Syariah Mandiri

KPR Syariah ditawarkan oleh Bank Mandiri Syariah dengan produk Pembiayaan Griya yang merupakan pembiayaan jangka pendek, menengah, atau panjang untuk membiayai pembelian rumah tinggal (konsumer), baik baru maupun bekas, di lingkungan developer dengan sistem murabahah.

Akad yang digunakan adalah akad murabahah, yaitu akad jual beli antara bank dan nasabah, dimana bank membeli barang yang dibutuhkan dan menjualnya kepada nasabah sebesar harga pokok ditambah dengan keuntungan margin yang disepakati.

Tujuan pembiayaan KPR Syariah Mandiri adalah membiayai kebutuhan nasabah dalam hal pengadaan rumah tinggal (konsumer), baik baru maupun bekas.

Salah satu keuntungan utama adalah nasabah dapat mengangsur pembayarannya dengan jumlah angsuran yang tidak akan berubah selama masa perjanjian.

6. KPR Syariah BTN

Bank BTN, sebagai salah satu penyalur KPR terbesar di Indonesia, menawarkan berbagai produk KPR Syariah.

  • KPR BTN Platinum iB. Pembiayaan untuk kepemilikan rumah, ruko, hingga apartemen, baik untuk pertama kali, yang kedua, atau bahkan yang ketiga melalui proses yang cepat, uang muka ringan dan angsuran tetap selama jangka waktu pembiayaan melalui akad “Murabahah” (jual beli).
  • KPR BTN Indent iB. Fasilitas pembiayaan untuk memiliki rumah, ruko, rukan, rusun atau apartemen berdasarkan pesanan melalui akad  “Istishna” (Jual Beli berdasarkan Pesanan)
  • Pembiayaan Bangun Rumah BTN iB. Pembiayaan untuk pembangunan rumah atau merenovasi hunian diatas lahan milik sendiri sesuai rencana dan keinginan nasabah melalui akad “Murabahah” (jual beli)
  • Advertisements
  • Pembiayaan Properti BTN iB. Pembiayaan untuk masyarakat yang menginginkan kepemilikan atas properti baru atau memerlukan pembiayaan ulang (refinancing) untuk properti yang telah dimiliki dengan menggunakan akad “musyarakah mutanaqisah” (kepemilikan asset bersama)
  • KPR BTN Bersubsidi iB. Pembiayaan yang ditujukan untuk program kesejahteraan masyarakat berpenghasilan rendah yang bekerjasama dengan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat dalam rangka kemudahan kepemilikan rumah, dengan akad “Murabahah” (jual beli) yang memberikan berbagai macam manfaat

Simulasi KPR Syariah

Simulasi adalah bagian penting dalam proses Anda menentukan KPR Syariah. Karena dengan simulai Anda bisa tahu berapa angsuran per bulan yang harus dibayarkan dan, yang paling penting, apakah penghasilan Anda mencukupi untuk membayar cicilan setiap bulan.

Dimana mencari simulasi KPR Syariah ?

  • Melakukan simulasi di website KPR Syariah. Bisa dilakukan dengan cepat, tetapi kadangkala informasinya kurang akurat terutama soal Bunga/Ujrah yang berlaku
  • Minta langsung ke pihak bank untuk membuatkan simulasi KPR Syariah. Cara ini lebih akurat karena datanya uptodate, tetapi Anda harus langsung minta ke banknya.

Dalam simulasi KPR Syariah yang umumnya Anda harus perhatikan adalah

  • Bunga/Margin/Ujrah tetap (FIX) dalam periode tertentu yang tercantum di dalam Perjanjian Kredit/Pembiayaan, umumnya Fix 1 s.d 5 tahun, transaksi Syariah tergantung akad yang digunakan. Dalam periode tertentu Bunga/Margin/Ujrah yang dikenakan atas Pinjaman/Pembiayaan debitur/nasabah tidak akan berubah.
  • Bunga/Ujrah floating yang berlaku setelah Periode Bunga/Ujrah Fixed berakhir. Bunga/Ujrah floating dapat berubah-ubah tergantung kondisi ekonomi dan bunga acuan yang ditentukan oleh Bank Indonesia. Bunga/Ujrah floating saat ini mengacu kepada Instrumen Keuangan Bank Indonesia SDBI 12 Bulan dan SBIS 12 bulan.

Berikut ini adalah salah satu contoh simulasi KPR Syariah di Bank BTN, dengan pengajuan rumah sebagai berikut:

  • Harga Rumah Rp 500 juta
  • Uang Muka 15% Rp 75 juta
  • Tenor Masa pinjaman 10 tahun
  • Angsuran per bulan Rp 5.3 juta
  • Total Biaya Administrasi Rp10.750.000
  • Biaya Notaris Rp 23 juta
Simulasi KPR Syariah
Advertisements

KPR Syariah Rumah Subsidi

Salah satu program pemerintah dalam membantu masyarakat memiliki hunian rumah yang layak adalah memberikan subsidi bunga agar cicilan KPR menjadi terjangkau.

KPR rumah subsidi diberikan juga melalui KPR Syariah, dengan syarat dan ketentuan untuk pengajuan adalah:

  • Warga Negara Indonesia (WNI)
  • Memiliki e-KTP
  • Usia minimal 21 tahun atau telah menikah
  • Pada saat pembiayaan lunas usia tidak lebih dari 65 tahun
  • Minimum masa kerja/usaha 1(satu) tahun
  • Tidak memiliki kredit/pembiayaan bermasalah (IDI BI clear)
  • Penghasilan pokok: Tapak < Rp4,000.000,00 dan Rusun < Rp7,000,000,00
  • Pemohon maupun pasangan (suami/isteri) tidak memiliki rumah dan belum pernah menerima subsidi pemerintah untuk pemilikan rumah
  • Menyampaikan NPWP dan SPT Tahunan PPh orang pribadi sesuai perundang-undangan yang berlaku

Margin KPR Syariah 2019 2020

Salah satu info penting adalah soal berapa margin KPR Syariah, misalnya di 2020 dan 2019. Karena margin akan menentukan kewajiban angsuran setiap bulan.

Jika mengambil jenis KPR Syariah yang cicilannya tetap selama masa tenor pinjaman, Anda tidak perlu risau karena margin akan selalu sama sepanjang pinjaman.

Namun, jika mengambil KPR Syariah yang floating, mengikuti pasar maka Anda harus mengamati perkembangan margin di pasar, yang umumnya ditentukan oleh Sertifikat Deposito Bank Indonesia (SDBI) dan Sertifikat Bank Indonesia – Syariah (SBIS), yang merupakan salah satu Instrumen Moneter yang digunakan BI dalam Operasi Pasar Terbuka (OPT) yang bertujuan untuk menyerap atau menambah likuiditas di sektor moneter.

Kedua instrumen ini memiliki tenor 1 s.d 12 bulan dan yang digunakan sebagai acuan suku bunga floating adalah rate SDBI/SBIS dengan tenor 12 bulan. 

Tanya Jawab KPR Syariah

  1. Apa itu KPR Syariah

    Produk perbankan untuk pembiayaan kepemilikan rumah yang dijalankan sesuai prinsip Syariah

  2. Apa keuntungan KPR Syariah

    Salah satunya adalah angsuran tetap selama masa cicilan sehingga membantu mengatur cash flow keuangan dengan lebih baik.

  3. Bagaimana menemukan KPR Syariah

    Hampir di semua bank yang memiliki KPR konvensional, biasanya memiliki juga KPR Syariah

  4. Apakah tujuan pembiayaan KPR Syariah

    Tujuan pembiayaan produk ini adalah pembelian Rumah, Pembelian Apartemen, Pembelian Ruko/Rukan, Alih Pinjaman/Pembiayaan dari Konvensional maupun Syariah dan Multiguna.

  5. Apa itu Bunga/Margin/Ujrah tetap (FIX)

    Bunga/Margin/Ujrah tetap (FIX) dalam periode tertentu yang tercantum di dalam Perjanjian Kredit/Pembiayaan, umumnya Fix 1 s.d 5 tahun, transaksi Syariah tergantung akad yang digunakan. Dalam periode tertentu Bunga/Margin/Ujrah yang dikenakan atas Pinjaman/Pembiayaan debitur/nasabah tidak akan berubah. 

  6. Apa itu Bunga/Ujrah floating

    Bunga/Ujrah floating yang berlaku setelah Periode Bunga/Ujrah Fixed berakhir. Bunga/Ujrah floating dapat berubah-ubah tergantung kondisi ekonomi dan bunga acuan yang ditentukan oleh Bank Indonesia. Bunga/Ujrah floating saat ini mengacu kepada Instrumen Keuangan Bank Indonesia SDBI 12 Bulan dan SBIS 12 bulan.

Kesimpulan

Persoalan kenaikan angsuran KPR yang tidak bisa diprediksi kerap membuat keuangan keluarga morat-marit. KPR Syariah menawarkan cicilan tetap sampai akhir masa kredit KPR rumah.

Adanya KPR Syariah membantu mengelola perencanaan keuangan keluarga dengan lebih baik dan lebih pasti.

Simak Artikel soal KPR BTN: Bunga Bersaing, Jangkauan Luas dan Tenor Panjang.

Langganan Duwitmu.com
Dapatkan Info Artikel Terbaru di Duwitmu.com
Advertisements