Silakan masukkan kata kunci pada kolom pencarian

Cara Cek Subsidi KPR BTN (2022)

Daftar Isi

Cara Cek Subsidi KPR BTN (2022)

Dalam rangka program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) ini, pemerintah memberikan subsidi kepada pelaku UMKM agar ekonomi bisa bertahan dari dampak pandemi yang sedang melanda dunia seperti sekarang ini.

Subsidi yang diberikan oleh pemerintah yaitu berupa subsidi bunga atau subsidi margin yang disalurkan di beberapa Bank yang ada di Indonesia.

Salah satunya adalah subsidi KPR BTN.

Bagaimana cara mengecek apakah kita mendapatkan subsidi KPR BTN ?

Apa itu Subsidi KPR BTN

Bank BTN dengan dana dari pemerintah sebesar Rp 2,1 Triliun memberikan subsidi bunga KPR (Kredit Pemilikan Rumah).

Nah, jika nasabah BTN ingin tahu apakah mendapatkan subsidi KPR atau tidak maka bisa cek dengan cara-cara yang akan dijelaskan dalam ulasan berikut ini.

Syarat dan Ketentuan Mendapatkan Subsidi

Subsidi UMKM program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) ditujukan bagi UMKM yang memenuhi kriteria sebagai berikut:

  • Memiliki baki debet Kredit/Pembiayaan aktif per 29 Februari 2020
  • Tidak termasuk dalam Daftar Hitam Nasional
  • Memiliki kategori performing loan lancar dengan kolektibilitas 1 atau 2 per 29 Februari 2020
  • Memiliki NPWP atau mendaftar untuk mendapatkan NPWP
  • Harus memperoleh restrukturisasi dari Penyalur Kredit/Pembiayaan untuk Debitur memiliki plafon Kredit/Pembiayaan kumulatif di atas Rp.500.000.000 (lima ratus juta rupiah) sampai dengan Rp.10.000.000.000 (sepuluh miliar rupiah)
  • Debitur Koperasi selain kriteria sebagaimana di atas, Debitur harus memenuhi kriteria yang diatur oleh Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah

Cara Cek Subsidi KPR BTN

  1. Masuk ke situs “jendelaumkm.id
  2. Nah, setelah berhasil masuk ke halaman utama maka muncul beberapa pilihan link kemudian pilih saja link yang bertuliskan “Cek Subsidi“.
  3. Jika sudah maka akan menuju ke halaman selanjutnya untuk masuk dengan mengisi NIK atau NPWP dan mencentang kolom reCAPTCHA.
  4. Jika sudah kemudian tinggal pilih “Lanjutkan“.
  5. Setelah itu kamu akan diminta untuk memasukkan nomor rekening Bank BTN yang kamu miliki kemudian tinggal pilih “Lanjutkan“.
  6. Nah jika sudah, maka akan muncul informasi tentang rekening kamu bahwa kamu mendapatkan subsidi bunga atau subsisi margin dari pemerintah dengan rincian yang sangat detail sehingga mudah untuk dipahami oleh penerima subsidi.

Ketentuan Umum Waktu dan Besaran Bantuan Subsidi UMKM Program PEN

Subsidi UMKM program PEN diberikan dalam bentuk subsidi bunga/subsidi margin Kredit/Pembiayaan yang berlaku selama periode waktu paling lama 6 (enam) bulan yang berlaku sejak tanggal 1 Mei 2020.

Untuk Kredit/Pembiayaan dari Perbankan dan Perusahaan Pembiayaan, maka besaran subsidi yang diterima adalah:

  • Pinjaman dengan akumulasi plafon sampai dengan Rp.500 Juta, subsidi bunga/subsidi margin 6% untuk 3 bulan pertama, 3% untuk 3 bulan kedua
  • Pinjaman dengan akumulasi plafon di atas Rp.500 Juta s.d. Rp.10 Miliar, subsidi bunga/subsidi margin 3% untuk 3 bulan pertama, 2% untuk 3 bulan kedua

Untuk Kredit/Pembiayaan dari Lembaga Penyalur Kredit Program Pemerintah:

  • Pinjaman sampai dengan Rp.10 Juta subsidi sebesar beban bunga/margin Debitur, paling tinggi 25%
  • Pinjaman dengan akumulasi di atas Rp.10 Juta s.d. Rp.500 Juta, subsidi bunga/subsidi margin 6% untuk 3 bulan pertama, 3% untuk 3 bulan kedua
  • Pinjaman dengan akumulasi di atas Rp.500 Juta s.d. Rp.10 Miliar, subsidi bunga/subsidi margin 3% untuk 3 bulan pertama, 2% untuk 3 bulan kedua

Jumlah akad pinjaman yang diberikan subsidi, berlaku sesuai ketentuan berikut:

  • Debitur dengan akad pinjaman kumulatif sampai dengan Rp.500 Juta, maksimal 2 akad yang mendapat subsidi bunga/subsidi margin
  • Debitur dengan akad pinjaman kumulatif Rp.500 Juta s.d. Rp.10 Miliar, maksimal 1 akad yang mendapat subsidi bunga/subsidi margin

Kesimpulan

Pemerintah memberikan bantuan subsidi untuk KPR di BTN. Untuk tahu, kita terima subsidi adalah dengan cara mengecek ke situs yang memberikan informasi tersebut.

Namun perlu diketahui juga bahwa ada sejumlah persyaratan agar debitur bisa mendapatkan subsidi KPR BTN dari pemerintah.

Baca Juga - Penyebab KPR BTN Ditolak, Take Over KPR BTN

Bandingkan KPR Rumah Terbaik !

Perbandingan KPR terbaik untuk pembiayaan rumah berdasarkan berbagai faktor dari berbagai bank.

Tags

Bagikan Melalui

Daftar Isi

Berlangganan Duwitmu

Komentar (0 Komentar)

Tulis Komentar - Balasan untuk Tito Shadam

Email Anda tidak akan di publish

Batalkan Membalas

Captcha Wajib Diisi

Artikel Terkait