Silakan masukkan kata kunci pada kolom pencarian

5 Alasan Pentingnya Memulai Investasi untuk Masa Depan

Daftar Isi

5 Alasan Pentingnya Memulai Investasi untuk Masa Depan

Kenapa sih kita mesti memulai investasi? Ada yang mengatakan bahwa kita perlu berinvestasi agar bisa jadi makin kaya. Ada juga yang berinvestasi demi masa depan keluarga. Namun, sebenarnya ada lebih banyak alasan pentingnya memulai investasi untuk masa depan.

1. Investasi Membantu Mewujudkan Cita-Cita Kamu

Ada pepatah terkenal yang mengatakan "menabung pangkal kaya" atau "hemat pangkal kaya". Pepatah itu mungkin diajarkan oleh orang tua atau guru SD kita dengan harapan agar kita tak menjadi orang yang suka menghambur-hamburkan uang. Tujuannya baik, tetapi pepatah itu sebenarnya kurang tepat.

Kita tidak akan menjadi kaya raya hanya dengan berhemat dan rutin menabung. Masalahnya, daya beli uang semakin menurun akibat adanya inflasi. Kita bisa kuliah PTN dengan biaya Rp700 ribu per semester beberapa belas tahun lalu, tetapi sekarang kita mungkin membutuhkan setidaknya Rp7 juta per semester. Fenomena serupa terjadi dalam banyak sekali bidang kehidupan lain, termasuk biaya haji yang meningkat dari Rp30 juta pada tahun 2015 sampai Rp45 juta pada tahun 2022 ini.

Menabung saja tidak bisa menjaga daya guna uangmu dalam jangka panjang. Agar dapat mewujudkan cita-citamu di masa depan, kamu perlu meningkatkan nilai hartamu melalui aset investasi seperti reksa dana atau saham. Pepatah yang lebih tepat adalah "investasi pangkal kaya", bukan "menabung pangkal kaya".

2. Investasi Dapat Memberikan Pendapatan Pasif

Pernahkah kamu bermimpi mendapatkan uang tanpa bekerja keras setiap hari? Pendapatan seperti itu disebut dengan istilah "passive income" (pendapatan pasif) atau "make your money work for you" (membuat uangmu bekerja untukmu).

Kita tidak mungkin bekerja keras seumur hidup. Tak peduli seberapa besar gaji kita saat ini, kualitas kesehatan dan kemampuan kerja kita pasti akan menurun karena usia yang semakin menua.

Bagaimana caranya agar penghidupan kita tetap terjamin saat sudah tak mampu bekerja lagi di masa depan? Tunjangan dana pensiun saja kemungkinan tidak akan cukup menjamin kesejahteraan di hari tua. Tapi investasi dapat memberikan pendapatan pasif bagi kita tanpa perlu bekerja keras lagi, baik melalui aset properti, emas, reksa dana, saham, ataupun lainnya.

Mari ambil contoh investasi saham. Dengan membeli saham suatu perusahaan ternama yang berkinerja baik, kamu dapat memperoleh pembagian laba perusahaan (dividen). Kamu cukup membeli sejumlah saham berkualitas, kemudian menunggu pembayaran dividen setiap tahun. Apabila harga saham perusahaan itu meningkat, kamu juga berpotensi memperoleh keuntungan dari selisih harga beli dan harga jual saham (capital gain).

Bagaimana jika kita salah memilih perusahaan yang merugi? Ya, memang ada risiko dalam berinvestasi saham. Apabila kamu menanamkan modal pada saham yang salah, nilai uangmu bakal merosot dan kamu tidak akan memperoleh pendapatan apa-apa. Namun, risiko ini dapat diatasi dengan cara mempelajari analisis teknikal dan fundamental untuk menemukan saham yang berkualitas.

3. Investasi itu Aman

Kasus-kasus investasi bodong belakangan ini semakin marak, sehingga banyak orang merasa ragu untuk berinvestasi. Padahal, pemerintah Indonesia sebenarnya sudah memiliki peraturan dan pengawasan untuk menjamin aktivitas investasi yang aman dan legal.

Seperti apakah investasi yang aman itu? Investasi yang aman adalah investasi yang dilaksanakan melalui lembaga keuangan berizin resmi. Contohnya jika kamu ingin berinvestasi saham secara aman, maka buatlah rekening efek pada perusahaan sekuritas atau broker yang sudah terdaftar dan diawasi oleh OJK (Otoritas Jasa Keuangan) dan BEI (Bursa Efek Indonesia).

Perizinan OJK dan BEI itu merupakan garansi kredibilitas perusahaan. Perusahaan berizin harus memenuhi beragam persyaratan legalitas dan menerima pengawasan secara konstan, sehingga modalmu tidak akan dibawa lari ataupun disalahgunakan oleh pihak-pihak yang tak bertanggung jawab.

Perusahaan berizin akan amanah dalam menjaga dana kamu, serta sepenuhnya mengikuti instruksi investasimu dalam batas-batas peraturan hukum yang berlaku.

Yang perlu diperhatikan, jaminan keamanan di sini tidak lantas berarti investor benar-benar terbebas dari segala risiko. Investor tetap menghadapi risiko dari fluktuasi pasar.

Ini sesuai dengan pepatah "high return, high risk" yang bermakna "untuk memperoleh keuntungan yang besar, investor harus berani menanggung risiko yang besar pula". Agar dapat mengendalikan risiko seperti itu, investor perlu mempelajari terlebih dahulu seluk-beluk aset investasi yang akan dibeli.

Mencari aplikasi investasi saham online yang aman? Kamu bisa coba Ajaib, karena telah terdaftar dan diawasi oleh OJK, juga BEI. Jadi kamu tidak perlu khawatir.

4. Investasi itu Mudah

Sekitar satu dekade silam, kita perlu menempuh prosedur yang cukup panjang hingga berminggu-minggu untuk mulai berinvestasi. Namun, saat ini kita dapat memulai investasi secara online dimana pun kita berada.

Kemajuan teknologi menghadirkan platform dan aplikasi investasi pada gadget favorit kita, sehingga mempersingkat dan mempermudah prosedur yang panjang itu.

Untuk berinvestasi saham, tersedia aplikasi trading saham online. Untuk berinvestasi reksa dana, tersedia platform supermarket reksa dana online. Aplikasi Ajaib bahkan telah menyatukan kedua fitur tersebut, sehingga kita dapat bebas memilih saham ataupun reksa dana sesuai tujuan investasi masing-masing.

Mulai investasi di Ajaib juga sangat mudah, proses pendaftaran akun investasi pada aplikasi Ajaib secara online hanya membutuhkan waktu 5 menit.

5. Investasi Tidak Butuh Modal Besar

Modal yang diperlukan untuk memulai investasi saat ini sangat terjangkau. Investasi reksa dana melalui aplikasi Ajaib hanya membutuhkan modal awal minimal Rp10 ribu saja, sehingga mahasiswa pun dapat memulainya dengan sisa uang saku atau angpao lebaran.

Kita bahkan tak perlu menyetorkan deposit minimal tertentu untuk memulai investasi saham pada aplikasi Ajaib. Pendaftaran gratis dan 100% online. Selanjutnya, kamu dapat menyetorkan modal berapa pun sesuai dengan nilai saham yang ingin dibeli.

Tertarik untuk mulai investasi di Ajaib? Sekarang adalah saat yang tepat! Saat ini, sedang berlaku Ajaib Promo Program Cashback Rp50.000! Dengan program ini, kamu bisa mendapatkan bonus saldo Rp50 ribu untuk investasi saham pertama minimal Rp100 ribu!

Berlaku untuk pengguna baru Ajaib, program ini berlangsung mulai 9 Mei 2022 pukul 00:00 WIB hingga 3 Juni 2022 pukul 23:59 WIB.

Pastikan kamu mulai investasi sebelum promo ini berakhir. Untuk melihat syarat dan ketentuan lebih lanjut, kunjungi halaman Ajaib Promo Program Cashback Rp50.000! Kamu juga bisa mulai investasi di Ajaib sekarang dengan klik link download Aplikasi Ajaib ini!

Bagikan Melalui

Daftar Isi

Berlangganan Duwitmu

Komentar (0 Komentar)

Tulis Komentar - Balasan untuk Tito Shadam

Email Anda tidak akan di publish

Batalkan Membalas

Captcha Wajib Diisi

Artikel Terkait