Advertisements

10 Pinjaman Online Cepat Langsung Cair dari Fintech (Uang Teman, UangMe)

Advertisements

Tidak terbayangkan bahwa pengajuan pinjaman bisa langsung cair dalam waktu cepat. Bisa cair saja sudah syukur. Itu pengalaman dengan perbankan. Tapi sekarang, jaman NOW, pinjaman online cepat langsung cair sudah bukan impian. Itu nyata. Ini daftar pinjaman 1 hari cair tanpa jaminan, pinjaman uang tanpa survey dan jaminan. Update 2019 2020: cara menghapus data kontak dan data pribadi di Pinjaman Online (Pinjol).

Selama ini, bagi yang pernah mengajukan pinjaman, pasti pernah mengalami lamanya pengajuan kredit di bank. Syaratnya banyak dan tidak bisa cepat.

Karena pernah kerja di bank, saya menyaksikan sendiri at the first hand. Itu hal yang banyak orang alami saat mengajukan pinjaman ke bank.

Apakah bisa mengajukan pinjaman secara cepat dan langsung cair ? Are u kidding me ?

Itu mungkin reaksi banyak orang, termasuk Anda, saat membaca pertanyaan ini. Jelas sesuatu yang tidak mungkin, jika masih menggunakan bank.

Tapi, revolusi sedang terjadi di dunia keuangan. Ada yang namanya, Fintech (Financial Technology).

Advertisements

KTA langsung cair adalah bayangan ideal soal teknologi Fintech.

Perusahaan Fintech memanfaatkan teknologi untuk bisa memberikan pnjam uang online cepat, dan langsung cair. Dan perusahaan Fintech ini sudah mendapatkan ijin dari OJK dan Bank Indonesia.

Untuk membuktikannya, saya mencoba mengajukan ke perusahaan Fintech yang menawarkan pinjaman online langsung cair. Hasilnya, saya rangkum disini.

Selain mengenalkan, apa itu pinjaman uang tanpa survey dan jaminan,review ini juga secara tidak langsung membahas cara agar pinjaman online disetujui.

Advertisements

Pinjaman Cepat Cair

Saya melakukan survey ke beberapa perusahaan Fintech yang menawarkan pinjaman online cepat cair, mencoba aplikasi dan mengajukan pinjaman untuk bisa mengalami kecepatan pencairan yang dijanjikan tesebut.

Ini daftarnya pinjaman online cepat cair yang tanpa jaminan. Bagaimana pula cara agar pinjaman online (Pinjol) disetujui.

#1 UangTeman

UangTeman – Pinjaman uang tanpa survey dan jaminan

UangTeman menawarkan dana tunai tanpa jaminan. Ini adalah pinjaman online tanpa jaminan dan kartu kredit

Berdiri sejak awal 2015, Uang Teman adalah pelopor dalam pinjaman uang online tanpa jaminan. Salah satu fiturnya adalah pinjam uang online langsung cair dengan plafond mulai dari Rp 1 juta sampai Rp 8 juta.

Namun, kemudahan pinjaman uang tanpa survey dan jaminan bukan tanpa biaya. There’s no such as free lunch.

Bunga 0.8% per hari di Uang Teman yang akan menurun pada pinjaman berikutnya sampai dengan 0.75% per hari. Masa pinjaman adalah 10 hari sampai 30 hari.

Hanya butuh 15 menit sampai pinjaman disetujui dan dicairkan ke rekening peminjam. Tentu saja, ini untuk calon peminjam yang memenuhi syarat dari UangTeman.

Salah satu keunggulan Uang Teman adalah tidak adanya denda untuk pelunasan dipercepat. Perhitungan bunga hanya dihitung sampai dengan hari pelunasan.

Apakah UangTeman adalah pinjaman uang untuk driver online ? Tidak ada ketentuan dalam persyaratan UangTeman yang melarang profesi driver online.

#2 Tangbull

Tangbull – pinjaman online pasti acc

Tangbull adalah penyedia pinjaman online cepat langsung cair melalui aplikasi. Plafond yang ditawarkan mulai dari Rp 500,000 sampai maksimum Rp 1,000,000 dengan masa pinjaman 7 hari dan 14 hari.

Ya, Tangbull hanya menawarkan dua masa pinjaman.

Bunga adalah 0.7% per hari. JIka terlambat dikenakan denda mulai dari 1% sampai 1.5% dari jumlah pinjaman, tergantung lamanya keterlambatan.

Persyaratan yang diminta adalah usia minimum 21 tahun, memiliki nomor HP dan memiliki sumber pendapatan yang stabil. Ada syarat lain, yaitu memiliki BPJS Ketenagakerjaan, NPWP dan pekerjaan tetap.

Untuk bisa mengajukan kredit, calon nasabah harus mengunduh aplikasi terlebih dahulu. Setelah itu, jika semua persyaratan lengkap dan lolos kriteria, pinjaman bisa dicairkan dalam waktu 1 hari.

Berapa kewajiban pembayaran pinjaman online langsung cair di Tangbull ? Bisa dilihat dalam simulasi pinjaman Tangbull dibawah ini:

#3 TunaiKita

TunaiKita

TunaiKita adalah aplikasi pinjaman online langsung cair yang menawarkan pinjaman online cepat cair lewat aplikasi di smartphone. Calon peminjam perlu mengunduh aplikasi TunaiKita terlebih dahulu untuk bisa mengajukan pinjaman.

Peminjam bisa mengajukan mulai dari Rp 1 juta sampai Rp 5 juta dengan pilihan tenor 10 hari sampai 30 hari. Bunga yang diberikan adalah 0.95% per hari.

Jika semua data yang diminta dipenuhi, TunaiKita menjanjikan pencairan dalam waktu 2 sampai 3 hari. Dalam proses pengajuan, TunaiKita akan melakukan verifikasi via video.

Perhitungan pinjaman online langsung cair tanpa jaminan TunaiKita bisa dilihat dalam simulasi ini:

Simulasi Pinjaman Online TunaiKita

#4 RupiahPlus

Aplikasi RupiahPlus (Rp Plus)

RupiahPlus (Rp Plus) menawarkan pinjaman cepat tanpa syarat melalui aplikasi. Jumlah pinjaman yang ditawarkan adalah Rp 600,000 dan Rp 1,500,000 dengan masa pinjaman 7 hari atau 14 hari. Anda tidak bisa mengajukan pinjaman 5 juta disini.

Aplikasi pinjol Rp Plus ini menawarkan gampang cair. Kurang dari 24 jam dana sudah bisa masuk rekening peminjam.

Berbeda dengan umumnya pinjaman online, RupiahPlus hanya memberikan dua pilihan tenor ini. Anda hanya bisa memilih masa pinjaman 7 hari atau 14 hari.

Seperti umumnya pinjaman online lainnya, persyaratan yang diminta adalah usia minimum 18 tahun, memiliki HP dan penghasilan tetap.

Bunga 1% per hari. Denda keterlambatan adalah 1% (1 minggu keterlambatan) dan 2% (2 minggu keterlambatan) dari jumlah pinjaman.

Untuk mengetahui perhitungan bunga, berikut simulasi pinjaman tunai tanpa jaminan proses cepat di Rupiah Plus:

Simulasi Pinjaman di RupiahPlus

#5 GoRupiah

GoRupiah Pinjaman Online

GoRupiah menawarkan pinjaman cepat dengan jumlah kecil dan langsung cair. Saat ini, jumlah pinjaman hanya ada dua opsi, yaitu Rp 1 juta dan Rp 2 juta dengan masa pinjaman 30 hari.

Meskipun keterbatasan tidak bisa pinjam uang 5 juta, GoRupiah menjanjikan proses cepat cair dalam 1 jam. Mereka melayani di kota – kota JABODETABEK, Bandung, Semarang, Yogyakarta, dan Surabaya.

Bunga pinjaman online cepat cair GoRupiah adalah 0,4%/hari ditambah admin 10% dari peminjaman. Denda keterlambatan adalah 1% per hari.

Yang perlu dicatat adalah pelunasan dipercepat tidak akan mengurangi jumlah bunga karena bunga yang harus dibayar tetap meskipun melakukan pelunasan dipercepat.

Simulasi pinjam uang tanpa jaminan online di GoRupiah sebagai berikut:

Simulasi Pinjaman GoRupiah

Apakah GoRupiah adalah pinjaman uang untuk driver online ? Tidak jelas karena di dalam persyaratan tidak ada larangan.

Baca juga: Pinjaman Online secara Cicilan

#6 Uang Me

Aplikasi Pinjaman Online UangMe

UangMe (Uang Me) adalah aplikasi pinjaman online langsung cair tanpa jaminan.

Persyaratan pengajuan di UangMe adalah (a) Merupakan WNI; (b) Berusia minimal 21 tahun keatas; (c) Memiliki KTP/Paspor.

UangMe melayani seluruh daerah di Indonesia.

Fitur pinjaman online di UangMe adalah:

Pertama, plafon pinjaman mulai dari IDR 400,000 sampai IDR 4,000,000.

Kedua, tenor masa pinjaman dari 91 hari sampai dengan 120 hari.

Ketiga, bunga pinjaman mencapai 0,33% sd 0,80% per hari, dengan simulasi pinjaman adalah pinjaman 1 juta selama 91 hari maka cicilan per bulan adalah Rp. 364.150, dengan total pengembalian selama 3 bulan adalah Rp. 1.092.450.

Proses pencairan dana akan memakan waktu maksimal 2 hari dan seluruh proses pencairan di UangMe hanya menggunakan bank yang beratasnamakan nama pengguna dan tidak dapat mencairkan ke rekening lain.

Bila setelah 2 hari dana tidak kunjung cair, maka pengajuan Anda akan ditutup secara otomatis dan Anda dapat kembali mengajukan permohonan pencairan kembali via aplikasi UangMe.

Bagaimana cara melakukan pembayaran kewajiban di UangMe:

  • Pembayaran via Mini Market telah terintegrasi dengan sistem UangMe
  • Pembayaran melalui transfer antar bank via Akun Virtual

#7 Julo

Julo Pinjaman Online Cicilan Tanpa Jaminan

Julo adalah pinjaman online dana tunai cicilan tanpa jaminan cepat cair.

Salah satu keunggulannya, bunga pinjaman relatif rendah dibandingkan pinjol lain, diklaim bunga Julo 10% per bulan.

Alasan ini membuat saya tertarik mengajukan pinjaman dana tunai di aplikasi online Julo 2019.

Julo adalah salah satu P2P Lending terdaftar di OJK sejak 2017.

Lengkapnya, PT. JULO TEKNOLOGI FINANSIAL (‘Julo’), merupakan perusahaan penyedia layanan pinjaman online yang terdaftar dan berada dalam pengawasan oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dengan nomor registrasi S-589/NB.213/2018 sesuai dengan Hukum Republik Indonesia dan Peraturan Otoritas Jasa Keuangan nomor 77/POJK.01/2016.

Aplikasi pinjaman online Julo menawarkan beberapa produk, yaitu:

  • Julo Mini: pinjaman Rp 1,000,000 tenor 30 hari bunga 10% per bulan
  • Julo Cicilan: pinjaman Rp 8,000,000 tenor 3 – 6 bulan bunga 1.5% – 4% per bulan dan cashback (uang kembali) sebesar 2%!
  • Julo Agunan adalah opsi kredit dengan jaminan berupa BPKB motor, mobil, atau sertifikat rumah, apartemen atau tanah.

Apakah calon peminjam bisa mengajukan semua produk pinjaman Julo tersebut ?

Tergantung credit scoring nasabah yang ditentukan Julo.

Meskipun sudah disetujui pinjaman dan diverifikasi berhasil oleh Julo, masih ada satu langkah lagi yang harus selesaikan, yaitu tanda tangan elektronik perjanjian pinjaman dan rekaman suara persetujuan di aplikasi.

Julo mengirimkan via aplikasi tanda tangan elektronik perjanjian pinjaman dan kewajiban rekaman suara, terlihat dalam gambar dibawah:

Pertama, saya harus tanda tangan dalam aplikasi dalam kotak yang sudah disediakan.

Kedua, saya harus merekam suara di aplikasi Julo dengan membaca pernyataan yang suah dituliskan dalam aplikasi.

Kedua langkah ini, tanda tangan elektronik dan rekaman suara, ada batas waktunya, yaitu harus diselesaikan dalam waktu 3 hari sejak dikirimkan dan jika melewati batas waktu tersebut pengajuan pinjaman dibatalkan Julo.

Update 2019 2020 Terbaru Fintech Pinjaman

Pertumbuhan pinjaman online yang sangat cepat di 2018 dan 2019 menimbulkan ekses negatif. Di 2019 2020, muncul banyak Fintech Ilegal yang tidak terdaftar di OJK.

Di media massa, kita mendengar banyak kasus soal penagihan pinjaman online, yang ternyata setelah dicek adalah perbuatan pinjaman online ilegal. Karena itu, penting buat calon peminjam untuk memastikan bahwa pengajuan dilakukan ke Pinjaman Online yang Terdaftar di OJK.

Meskipun suatu aplikasi menawarkan janji pinjaman online yang langsung cair atau cepat cair dalam hitungan menit, nasabah harus waspada untuk memastikan bahwa pengajuan dilakukan ke aplikasi yang masuk dalam daftar aplikasi pinjaman online yang terdaftar di OJK.

Dari analisa pemberitaan dan siaran pers OJK, ada beberapa hal yang merugikan ketika peminjam berhubungan dengan aplikasi pinjaman online yang tidak terdaftar di OJK, yaitu:

  • Kantor tidak jelas keberadaan dan alamat. Akibatnya, tidak bisa dihubungi saat muncul komplain atau masalah
  • Biaya pinjaman tidak transparan. Nasabah harus membayar biaya kredit yang tinggi tanpa paham asal biaya tersebut.
  • Penagihan memakai cara – cara yang tidak sesuai ketentuan. Membuat nasabah tidak nyaman dan terganggu saat pinjaman online tidak dibayar.

Pinjaman Cepat Cair dalam Hitungan Menit

Memasuki tahun 2019, fintech semakin maju dengan berani menawarkan pinjaman cepat cair dalam hitungan menit. Untuk membuktikannya, saya mencoba beberapa aplikasi pinjaman online.

Ini hasil beberapa aplikasi pinjaman cepat cair dalam hitungan menit yang menurut saya layak dicoba. Daftar beberapa pinjaman tunai cepat tanpa survey.

#8 DanaRupiah

DanaRupiah aplikasi pinjaman cepat cair dalam hitungan menit

DanaRupiah adalah pinjaman tunai cepat tanpa survey terdaftar OJK.

Pinjaman dari DanaRupiah adalah jenis multiguna karena bisa digunakan untuk berbagai keperluan antara lain, biaya pendidikan anak, pinjaman modal usaha, tambahan biaya liburan, dan keperluan lain seperti kredit hp baru, atau untuk bayar cicilan. Singkatnya ini adalah pinjaman tanpa jaminan.

Pengajuan pinjaman tunai di DanaRupiah hanya bisa dilakukan lewat aplikasi dan secara online. Aplikasi bisa diunduh di Google Play Store.

Salah satu keunggulannya adalah aplikasi DanaRupiah menjanjikan kecepatan dalam pencairan, hitungan menit, karena menggunakan teknologi algoritma terbaru.

Syarat pinjaman DanaRupiah yang wajib adalah Warga Negara Indonesia dan berusia diatas 18 tahun. DanaRupiah menawarkan layanan pinjaman tanpa agunan berjumlah Rp 400.000,- sampai Rp 8.000.000,-.

Call Center DanaRupiah: No. CS Pinjaman: 021-39700100; Jam kerja CS: Senin-Minggu, 9:00 – 23:00

Sosial Media: http://www.danarupiah.id; Twiter : https://twitter.com/danarupiahid; Facebook : https://www.facebook.com/DanaRupiahIndo/; Instagram : https://www.instagram.com/danarupiahcepat/

Kantor: Layanan Keuangan Berbagi, APL Tower, Tj. Duren Sel., Grogol Petamburan, Kota Jakarta Barat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta, 11470

#9 Maucash

Maucash – aplikasi pinjaman cepat cair dalam hitungan menit

Maucash adalah aplikasi pinjaman cepat cair dalam hitungan menit dari FIF (Astra) dan WeLab (China). Aplikasi pinjam uang tanpa jaminan besutan Astra ini bisa diunduh di Google Playstore.

Dengan latar belakang tersebut, apalagi sudah terdaftar di OJK per Oktober 2018, Maucash merupakan tempat pinjam uang yang aman dan mudah.

Fitur produk pinjaman dana tunai online Maucash:

  • Nilai pagu pinjaman: Rp 500.000 – Rp 8.000.000
  • Tenor pinjaman Cicilan: 3 – 6 bulan
  • Maksimum suku bunga tahunan 125%

Dengan fitur tersebut, perusahaan P2P pinjaman online ini menawarkan fleksibilitas plafon pinjaman. Anda yang mau pinjam uang Rp 5 juta atau Rp 10 juta tanpa jaminan bisa, sementara Anda yang  hanya perlu Rp 500 ribu juga disediakan fasilitasnya.

Salah satu kekuatan Maucash adalah pinjaman tunai cepat tanpa survey. Maucash memberikan layanan cepat cair, dalam hitungan menit, dengan dana tunai ditransfer ke rekening bank secara real time supaya kredit bisa langsung cair. Bila tidak mempunyai rekening Bank, Anda bisa mencairkan pinjaman Maucash di kantor-kantor rekanan Maucash.

Call center Maucash: Halo Maucash: 1500 396 (Senin – Minggu: 08.00 – 21.00 WIB );Email: halo@maucash.id; Facebook: Maucash Official; Instagram: @maucash

PT Astra Welab Digital Arta, Menara FIF lt 16, Jalan Tb. Simatupang No.Kav. 15, RT.4/RW.1, Lebak Bulus, Cilandak, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12440

#10 Akulaku KTA Kilat

Akulaku adalah pinjaman online cepat cair yang berbasis multifinance. Baru – baru ini, Akulaku meluncurkan produk baru, yaitu KTA Kilat yang memberikan pinjaman maksimum 2 juta untuk jangka waktu 40 hari.

KTA Kilat Akulaku cocok buat Anda yang membutuhkan dana talangan dalam waktu cepat dengan jumlah plafon tidak besar. Klaim Akulaku bahwa pencairan KTA Kilat hanya butuh waktu 5 menit dan langsung cair ke rekening peminjam.

Berapa bunga Akulaku KTA Kilat ?

Sebelum menjawab soal bunga, saya ingin bahas soal proses pengajuan dahulu. Cara daftar di Akulaku cukup singkat, yaitu Pilih “Daftar” di menu aplikasi Akulaku Anda, masukkan nomor HP yang akan Anda gunakan lalu tekan tombol “Submit”. Masukkan kode verifikasi yang Anda terima melalui SMS di nomor yang didaftarkan. Kemudian masukkan kata sandi sebanyak 8 karakter untuk masuk ke akun Akulaku Anda.

Related Post

Persyaratan di Akulaku, tergantung profesi peminjam, sebagai berikut:

  • Karyawan: Informasi data pekerjaan
  • Wiraswasta: Foto NPWP, foto toko/kantor/situs usaha dan foto SIUP/TDP/Rekening koran/ Kwitansi penjualan
  • Transportasi Online: Screenshot Profil Lengkap & Trip History yang ada di aplikasi Transportasi Online tempat bekerja

Yang menarik, Akulaku menerima pengajuan dari driver Gojek dan Grab. Masuk kategori transportasi online. Karena di pinjaman online lain, driver Gojek dan Grab biasanya sulit untuk diterima pengajuan kredit.

Cara kerja Akulaku adalah calon peminjam mengajukan limit kredit dengan menyampaikan data dan dokumen yang diminta. Setelah limit kredit disetujui, nasabah bisa menggunakan limit kredit untuk tiga produk di Akulaku, yaitu:

  • KTA Kilat: pinjaman online dana tunai langsung cair dalam 5 menit
  • Akulaku Pay: cicilan tanpa kartu kredit untuk belanja di Shopee, JD.id, Bukalapak, Blibli
  • Akulaku Kredit: alat pembayaran secara kredit dengan cukup scan barcode di merchant yang kerjasama.
Akulaku KTA Kilat Bunga dan Plafon Pinjaman

Karena proses yang cepat dan mudah, Akulaku memberikan bunga pinjaman cukup tinggi. Saya ambil, salah satu contoh, adalah KTA Kilat dalam gambar dibawah ini yang diambil dari aplikasi pinjaman online Akulaku.

  • Pinjaman Rp 1,000,000 juta, terima di rekening Rp 1,000,000 dengan kewajiban pengembalian Rp 1,117,000 untuk tenor 30 hari.
    Advertisements
    Bunga 11.7% atau 0.39% per hari
  • Pinjaman Rp 500,000 juta, terima di rekening Rp 500,000 dengan kewajiban pengembalian Rp 577,000 untuk tenor 30 hari. Bunga 15.4% atau 0.51% per hari

Akulaku Call Center di 1500920 atau email cs.id@akulaku.com setiap hari (Senin – Minggu 08:00 – 21:00 WIB).

Update 2020:

KTA Asetku Akulaku 2020

Di 2020 awal, saya mencoba kembali mengajukan KTA Asetku di Akulaku.

KTA Asetku adalah pinjaman uang tunai dalam jumlah kecil, maksimum limit Rp 3 juta, dengan proses cepat cair dalam 5 menit dan persyaratan dokumen mudah.

Tenor pinjaman di KTA Asetku paling lama 30 hari dan merupakan jenis pinjaman payday loan.

Boleh dikatakan KTA Asetku adalah kredit yang sejenis dengan pinjol online yang banyak ditawarkan saat ini.

Menawarkan proses cepat cair secara online untuk pinjamam dalam jumlah kecil.

Saya klik KTA Asetku di aplikasi dan muncul dua penawaran pinjaman ke saya, yaitu:

  1. Pinjaman cair Rp 500 ribu dengan tenor 22 hari dan pengembalian Rp 588 ribu. Bunga 17.6%
  2. Pinjaman cair Rp 600 ribu dengan tenor 22 hari dan pengembalian Rp 705 ribu. Bunga 17.5%

Yang layak diperhatikan adalah dana cair sesuai pengajuan pinjaman dan tidak ada potongan biaya di muka (biasanya di pinjol lain dipotong biaya di awal). Semua biaya dan bunga dibayar di akhir tenor.

Bunga pinjaman tunai sebesar 17%+ terlihat cukup tinggi jika dibandingkan KTA Bank atau perusahaan leasing, tetapi masih lebih rendah dibandingkan pinjaman uang tunai online dari P2P yang mematok bunga 24% sebulan.

Terhadap dua penawaran ini, Anda harus memilih salah satunya, untuk setelah itu masuk ke proses berikutnya yaitu pengisian data dan pengiriman dokumen.

Menghapus Data Pribadi Pinjaman Online

Bagaimana cara menghapus data pribadi di pinjaman online ? Apakah bisa menghapus data kontak dari pinjaman online ?

Ini pertanyaan yang kerap muncul setelah kasus pinjol marak belakangan ini. Salah satunya adalah akses data pribadi yang ugal-ugalan dan tidak jarang KTP disalahgunakan pinjaman online.

Sebelum membahas cara hapus data pribadi atau data kontak di pinjol, perlu diingat bahwa kasus akses data pribadi terjadi terutama di Fintech ilegal atau pinjaman online yang tidak terdaftar resmi di OJK.

Jadi, langkah preventif paling utama adalah tidak mengajukan pinjaman online ke Fintech Ilegal (daftar fintech ilegal lihat disini). Hanya pinjam uang ke fintech yang terdaftar di OJK (daftar Fintech OJK terbaru).

Untuk menghapus data pribadi dan data kontak dari pinjaman online, Anda sampaikan surat email ke perusahaan pinjaman online meminta penghapusan data Anda. Cek di daftar call center dan alamat Fintech terbaru 2019.

Bisa juga Anda konsultasi langsung ke OJK lewat email, surat atau telepon soal permohonan menghapus data dari pinjaman online. OJK akan memberikan advis soal bagaimana cara menghapus data dari pinjaman online.

Pengaduan Pinjol OJK

Pengaduan pinjaman online 2019 bisa dengan melakukan hal berikut:

  1. Surat Tertulis. Surat tertulis tersebut ditujukan kepada :
    Anggota Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan, Bidang Edukasi dan Perlindungan Konsumen, Menara Radius Prawiro, Lantai 2, Komplek Perkantoran Bank Indonesia, Jl.
    Advertisements
    MH. Thamrin No. 2  Jakarta Pusat 10350
  2. Telepon. Telepon : 157; Jam operasional : Senin – Jumat, Jam 08.00 – 17.00 WIB (Kecuali Hari Libur)
  3. Email. Permintaan informasi dan pengaduan dapat disampaikan melalui email dengan alamat : konsumen@ojk.go.id
  4. Form Pengaduan Online.Konsumen atau masyarakat dapat mengirimkan pengaduan melalui form elektronik yang tersedia pada alamat http://konsumen.ojk.go.id/FormPengaduan

Konsumen atau masyarakat dapat menyampaikan pengaduan dengan menyampaikan surat resmi ke OJK disertai dengan :

  • Bukti telah menyampaikan pengaduan kepada lembaga jasa keuangan terkait dan/atau jawabannya
  • Identitas diri atau surat kuasa (bagi yang diwakili)
  • Deskripsi/kronologis pengaduan
  • Dokumen pendukung

Apabila data/dokumen yang diminta tidak dipenuhi dalam waktu paling lambat 20 hari kerja sejak tanggal pemberitahuan, maka pengaduan dianggap dibatalkan.

Melaporkan Fintech Ilegal

Munculnya banyak kasus pinjol ilegal atau fintech ilegal mulai meresahkan masyarakat. Banyak masyarakat butuh sarana pengaduan fintech ilegal.

Cara Melaporkan Pinjaman Online Ilegal atau Fintech Ilegal cukup mudah.

Pertama, sampaikan langsung ke pinjaman online atau aplikasi fintech ilegal tersebut bahwa aktivitas mereka ilegal dan melanggar ketentuan OJK di Indonesia.

Meskipun kemungkinan peringatan Anda akan tidak dihiraukan, tetapi menurut saya ini cara pertama yang harus Anda lakukan untuk mengirim pesan ke pinjol ilegal bahwa aktivitas mereka dilarang.

Kedua, melaporkan fintech ilegal atau pinjaman online ilegal ke OJK.

Kirimkan laporan ke pengaduan konsumen di OJK yang menyediakan berbagai cara saluran pengaduan, yaitu: email, surat atau call center telepon OJK.

OJK memiliki bagian khusus Perlindungan Konsumen, yang menangani pengaduan konsumen termasuk soal pinjaman online.

Ketiga, di dalam OJK juga terdapat Satgas Investasi, yang melakukan penutupan atas aktivitas pinjaman atau investasi yang ilegal. Penutupan Fintech ilegal dilakukan oleh Satgas Investasi, termasuk menutup aplikasi fintech.

Kontak Satgas Investasi adalah call center: (021) 1500 655 email:  waspadainvestasi@ojk.go.id; Satgas Waspada Investasi, Gedung Soemitro Djojohadikusumo, Jalan Lapangan Banteng Timur No. 2-4 10710 DKI Jakarta Indonesia

Keempat, laporkan ke Asosiasi Fintech (AFPI) yang memang menyediakan posko pengaduan layanan pinjaman online melalui situs afpi.or.id dan call center serta e-mail: pengaduan@afpi.or.id.

Sebenarnya, AFPI lebih kepada menangani anggota mereka, fintech P2P, yang melakukan pelanggaran kode etik. Namun, AFPI juga membantu masyarakat menangani pinjol ilegal.

Kelima , sampaikan ke ‘Lapor’ yang merupakan tempat pengaduan yang dibuat oleh Unit Kerja Presiden.

LAPOR! Adalah (Layanan Aspirasi dan Pengaduan Online Rakyat) adalah sebuah sarana aspirasi dan pengaduan berbasis media sosial yang mudah diakses dan terpadu dengan 81 Kementerian/Lembaga, 5 Pemerintah Daerah, serta 44 BUMN di Indonesia.

Advertisements

Masyarakat mengirimkan laporan pada LAPOR! melalui situs  https://www.lapor.go.id/, SMS 1708 dan juga aplikasi mobile. Laporan kemudian diverifikasi terlebih dahulu oleh administrator LAPOR! untuk kejelasan dan kelengkapan, dan selanjutnya diteruskan ke instansi K/L/D terkait paling lambat 3 hari kerja setelah pelaporan dilakukan.

Keenam, melaporkan fintech ilegal atau pinjol ilegal ke YLKI.

YLKI (Yayasan Lembaga Konsumen) organisasi swadaya masyarakat yang memberi bimbingan dan perlindungan kepada masyarakat konsumen.

Saat ini YLKI telah dilengkapi dengan sistem pelayanan/ pengaduan secara online. Silahkan mengunjungi situs pelayanan.ylki.or.id untuk mendapatkan informasi atau layanan pengaduan.

Kantor YLKI: Jalan Pancoran Barat VII/1, Durentiga – Jakarta Selatan 12760 DKI Jakarta – Indonesia; Call Center Telepon (021) 7981858 atau 7971378; Email: konsumen@ylki.or.id

Pelayanan Pengaduan Konsumen: http://pelayanan.ylki.or.id; Waktu Pelayanan: Senin – Jumat pukul 09.00 – 15.00 WIB.

Ketujuh, Lembaga Bantuan Hukum (LBH) Jakarta adalah lembaga yang memberikan bantuan hukum bagi orang-orang yang tidak mampu dalam memperjuangkan hak-haknya.

Salah satu concern LBH adalah soal pinjaman online karena maraknya pelanggaran hukum atas beroperasinya perusahaan pinjol.

Lembaga Bantuan Hukum (LBH) Jakarta pernah  membuka pos pengaduan pinjaman online di lewat situs www.bantuanhukum.or.id, yang dibuka sejak 4 November hingga 25 November 2018. LBH Jakarta mencatat, sudah ada 283 laporan terkait pinjaman online sejak 2016.

Pengaduan dapat dilakukan secara online dengan mengisi formulir di situs LBH Jakarta (https://www.bantuanhukum.or.id/web/formulir-pengaduan-pos-korban-pinjaman-online-pinjol/) dengan menyertakan bukti-bukti terkait.

Atas pengaduan yang telah dibuat, para pengadu selanjutnya akan dihubungi oleh LBH Jakarta untuk menentukan langkah selanjutnya atas permasalahan-permasalahan yang ada.

Kedelapan, laporkan ke Polisi dengan cara kumpulkan semua bukti teror, ancaman, intimidasi, atau pelecehan, lalu kunjungi ke kantor polisi terdekat dan buat laporan di kantor polisi.

Tips Pinjam di Pinjaman Online

Apa tips mengajukan kredit secara online di Fintech pinjaman ? Dari berbagai sumber, saya kumpulkan sebagai berikut:

A. Pinjam di P2P Terdaftar OJK

Salah satu resiko yang dihadapi konsumen saat ini ketika berhadapan dengan pinjaman online adalah banyaknya tawaran yang datang dari pinjaman online ilegal.

Pinjaman online ilegal tidak diawasi dan tidak mendapatkan tanda terdaftar dari OJK sehingga aktivitas mereka rentan melanggar ketentuan yang membahayakan perlindungan konsumen.

Salah satu contoh adalah suku bunga pinjol ilegal yang sangat tinggi dan merugikan peminjam karena tidak mengikuti pembatasan bunga sesuai ketentuan, sementara fintech P2P pinjol resmi wajib mengikuti batasan bunga maksimum yang ditetapkan AFPI (Asosiasi Fintech Pendanaan Bersama Indonesia).

Contoh lain, aktivitas penagihan Collection yang diluar batas kewajaran menjadi resiko yang dihadapi konsumen pinjol ilegal, karena pinjaman online ilegal tidak mengikuti ketentuan soal perilaku penagihan yang pantas. Sementara, pinjol resmi wajib patuh pada pedoman perilaku, termasuk tata cara penagihan yang wajar dan beretika, yang jika pedoman dilanggar tanda terdaftar dan izin Fintech bisa dicabut oleh OJK.

Masalahnya, banyak peminjam terjebak dengan segudang janji manis pinjaman ilegal dengan iming – iming proses sangat mudah, cepat dan gampang, yang ujungnya menarik calon debitur mengambil pinjaman di perusahaan ilegal.

Ada dua hal yang bisa dilakukan calon peminjam untuk menghindari pinjol ilegal, yaitu:

  1. Masuk ke situs OJK yang disana terdapat daftar pinjaman online resmi diawasi OJK. Pinjam hanya dari lembaga terdaftar resmi di OJK
  2. Mengecek daftar pinjol resmi di website AFPI yang menaungi semua perusahaan P2P terdaftar di OJK
  3. Tidak mudah tergiur tawaran kredit yang manis, yang mudah, sebelum memastikan bahwa tawaran tersebut datang dari lembaga resmi dan bukan lembaga ilegal.

B. Transparan

Di era teknologi dan fintech, salah satu ciri yang ditonjolkan pinjaman online adalah soal transparansi saat melakukan pengajuan pinjaman.

Salah satunya, calon peminjam bisa tahu berapa jumlah pinjaman, tenor dan berapa cicilan, serta total bunga dan biaya yang harus dilunasi, secara cepat dan mudah dari aplikasi pinjaman online.

Selama ini, banyak kritik ke bank atau leasing soal banyaknya biaya tersembunyi yang tidak diketahui nasabah saat di awal saat kredit diambil dan baru kemudian biaya – biaya diketahui setelah pinjaman berjalan.

Fintech pinjaman online selayaknya lebih terbuka, lebih transparan, dengan memanfaatkan teknologi dan aplikasi.

Sebagai contoh, ada beberapa aplikasi pinjaman online menyediakan kalkulator kredit. Melalui kalkulator ini, orang yang akan meminjam uang akan mengetahui secara langsung total biaya berapa, bunganya berapa, tenornya berapa lama dan sebagainya.

Calon peminjam saat mencari pilihan pinjaman online perlu melihat mana lembaga yang transparan menjelaskan semua aspek, terutama soal bunga dan biaya, secara gamblang dan clear di aplikasi dan situs.

Transparansi bisa dirasakan calon peminjam saat masuk ke aplikasi pinjaman, terlihat mana aplikasi yang terbuka dan jelas, mana yang serba kabur dan tidak transparan.

C. Layanan Konsumen

OJK sudah menetapkan bahwa perusahaan P2P resmi wajib memiliki layanan pelanggan.

Waktu mengajukan pinjaman, sebaiknya pilih perusahaan yang punya layanan konsumen jelas dan mudah dihubungi. Misalnya, no telepon ada, lalu email, kalau mungkin ada WA dan alamat kantor.

Tujuannya, supaya jika nanti ada masalah, debitur bisa dengan mudah menghubungi pinjaman online dan mendapatkan respon cepat.

Layanan konsumen yang jelas dan mudah dihubungi juga menjadi penanda antara lembaga legal dan ilegal.

Pinjol ilegal biasanya tidak memiliki layanan konsumen. Jelas, mereka ilegal, jadi identitasnya ingin tidak dikenal dan sebisa mungkin ditutup tutupi.

Jadi, selain untuk mempermudah komunikasi di kemudian hari, ada tidaknya layanan konsumen yang baik, mengindikasikan pinjaman tersebut legal atau tidak.

Layanan tidak hanya berarti kontak untuk dihubungi tetapi juga kemudahan konsumen mengetahui dengan cepat status pinjaman yang diajukan.

Konsumen bisa dengan mudah mengecek di aplikasi soal bagaimana pinjaman yang diajukan, apakah disetujui, masih diproses, atau ditolak. Jika masih diproses, sampai mana statusnya.

D. Produk yang Cocok

Saya perhatikan banyak orang mengambil pinjaman online tanpa tahu dengan benar soal fitur pinjaman tersebut, terutama soal tenor dan bunga pinjaman serta denda jika terlambat.

Yang diperhatikan oleh mayoritas peminjam di pinjol hanya bagaimana sesegera mungkin bisa menerima uang pencairan.

Sementara, pemahaman produk yang akan dipinjam itu penting supaya tahu apa kewajiban setelah menerima pinjaman dan, paling penting, apakah produk pinjaman yang diambil sesuai dengan kebutuhan.

Misalnya, peminjam butuh produk cicilan, sementara pinjaman yang diambil adalah payday loan yang jatuh tempo dalam 30 hari. Pasti akan menimbulkan masalah karena produk dan kebutuhan tidak sesuai.

Jadi, sebelum mengajukan, sebaiknya pelajari dengan benar apakah produk pinjaman yang diambil sesuai dengan kebutuhan.

E. Website dan Aplikasi Aman

Karena online maka keamanan dan security website serta aplikasi menjadi hal yang utama. Pastikan bahwa pinjaman dilakukan ke situs yang aman dan terproteksi dengan secured.

Dalam proses pengajuan pinjaman, peminjam akan memasukkan sejumlah data pribadi yang jika dicuri atau bocor akan sangat berbahaya karena data pribadi bisa digunakan untuk kepentingan yang merugikan pemilik data.

Beberapa waktu ini, kita mendengar bagaimana perusahaan online berskala besar bisa mengalami kebocoran data. Ancaman itu nyata !

Fintech P2P pinjaman online resmi diwajibkan oleh OJK melakukan sejumlah langkah security di website dan database konsumen, termasuk melakukan audit ISO teknologi informasi, untuk memastikan bahwa keamanan data konsumen menjadi prioritas utama.

Peminjam bisa melihat keamanan situs dari logo gembok atau tergembok di kiri atas yang bisa dikatakan keamanan dari situs tersebut terjamin, dan ini bisa menjadi indikasi bahwa aplikasi pinjaman uang online yang aman dan terpercaya.

Pinjaman Online Langsung Cair

  1. Apa itu Pinjaman Online

    Pinjaman yang menawarkan proses pengajuan secara online lewat aplikasi.

  2. Apa yang ditawarkan pinjaman online

    Aplikasi pinjaman online yang mudah dan cepat cair tanpa perlu tatap muka karena proses yang online.

  3. Dasar hukum pinjaman online

    Diatur oleh OJK dalam kerangka Peer To Peer Lending (P2P) sesuai POJK 77/2016.

  4. Apa itu Fintech atau Pinjol Ilegal

    Pinjol ilegal tidak memiliki izin dari OJK dan menerapkan cara yang tidak melindungi konsumen.

  5. Bagaimana jika menerima penawaran Fintech ilegal

    Bisa langsung melaporkan ke OJK untuk ditindaklanjuti ke Kontak Satgas Investasi adalah call center: (021) 1500 655 email:  waspadainvestasi@ojk.go.id.

  6. Apa perlu diperhatikan saat mengajukan pinjaman online

    Pertama, bunga lebih tinggi dan kedua, penggunaaan data nasabah.

  7. Apa bisa menghapus data pribadi dari aplikasi pinjaman online

    Bisa. Untuk menghapus data pribadi dan data kontak dari pinjaman online, Anda sampaikan surat email ke perusahaan pinjaman online meminta penghapusan data Anda.

Kesimpulan

Mungkin bagi banyak dari kita, terutama generasi jadoel, tidak terbayangkan ada pinjaman online cepat, tanpa tatap muka dan langsung cair. Bayangan generasi ini mengajukan pinjaman butuh waktu lama dengan prosedur yang bertele-tele.

Jaman sudah berubah. Sekarang jaman Now.

Survey saya menemukan bahwa Fintech telah merubah itu semua. Banyak Fintech menawarkan pinjaman dana tanpa jaminan proses 1 hari cair. Daftar pinjaman online cepat bisa dilihat diatas.

Advertisements