Silakan masukkan kata kunci pada kolom pencarian

5+ Aplikasi Pinjaman Online Terbaik Tenor Panjang (2022)

Daftar Isi

14 Aplikasi Pinjaman Online Fintech Terbaik via Mobile

Pinjaman online muncul dan maju cepat dengan kemajuan Financial Technology menghadirkan kemudahan dalam melakukan pinjaman. 

Salah satunya melalui aplikasi mobile, yang saat ini dihadirkan oleh berbagai Fintech Pinjaman Online tenor panjang terbaik di Indonesia. 

Apa saja pinjaman KTA online dengan aplikasi pinjaman online terbaik? Bagaimana keunggulannya dibandingkan pinjaman KTA konvensional ?

Berikut ini Aplikasi Pinjaman Online Fintech Terbaik via Mobile di Indonesia, yaitu:

1. Julo

Julo Aplikasi Kredit Online.
Aplikasi pinjaman online Julo


Julo adalah pinjaman online dengan fitur cicilan dan hanya bisa diakses melalui mobile apps.

Julo menawarkan pinjaman dengan cicilan. Masa cicilan adalah 3 bulan sampai 12 bulan dengan nominal pinjaman Rp 2 juta sampai 8 juta.

Persyaratan penting adalah status wajib pekerja yang tempat tinggal di Jakarta. Ini dibuktikan oleh slip gaji minimal Rp 3 juta, yang wajib diunggah ke aplikasi mobile saat melakukan pengajuan.

Pengajuan harus menggunakan smartphone milik sendiri yang aktif digunakan dalam 2 bulan terakhir.

Plafon kredit di Julo adalah Rp 2.000.000 sd Rp 8.000.000. Pengembalian pinjaman dengan mencicil selama 3 - 6 Bulan dan bunga 4% per bulan.

Simulasi Cicilan

  • Pinjaman Rp 8 juta - cicilan per bulan Rp 1.6 juta (6 bulan) atau Rp 1.9 juta (5 bulan)
  • Pinjaman Rp 2 juta - cicilan per bulan Rp 413 ribu (6 bulan) atau Rp 746 ribu (3 bulan)

Persyaratan pengajuan adalah umur 21-60 tahun, Warga Negara Indonesia, mempunyai Rekening Bank, bekerja atau berpenghasilan minimum Rp 2 juta dan tinggal di Jabodetabek, Bandung, Surabaya, Manado, Bali, Kalimantan Timur, dan Kep. Riau.

Apakah julo penipuan ? Julo adalah pinjaman online terdaftar OJK dan memiliki kantor resmi di Jakarta.

Pertengahan 2019 Julo meluncurkan pengambangan dengan sekarang menjangkau seluruh wilayah di Indonesia. Anda yang berdomisili diluar Jabodetabek atau bahkan di luar Jawa sudah bisa mengajukan pinjaman secara online ke Julo.
Produk yang ditawarkan Julo adalah:

  • JULO Mini : Pinjaman Online 2-8 juta, bunga 3-6% per bulan
  • JULO Cicil:Pinjaman Online 500 ribu - 1 juta, bunga 0.33% per har

Call center Julo: email: [email protected]; Website: https://www.julo.co.id/; Instagram:@juloindonesia Twitter: @juloindonesia; Alamat kantor: [email protected] Tower A Lt.10E, Jl. Casablanca Raya Kav. 88, RT.14/RW.5, Menteng Dalam, Tebet, Kota Jakarta Selatan 12820  

2. Tunaiku

Tunaiku Pinjaman Online. Tunaiku Cepat pinjaman online tenor panjang.
Tunaiku adalah pinjaman KTA dari AmarBank. Mereka baru saja memiliki aplikasi mobile, sebelumnya pinjaman melalui website.


Tunaiku Cepat menawarkan pinjaman uang cicilan per bulan. Promo mereka adalah Pinjaman Online Tanpa Jaminan dengan pagu Rp 2 - 20 Juta, syarat KTP saja!

Untuk Anda yang ingin pinjam uang 5 juta atau 10 juta, produk ini bisa digunakan dengan masa tenor cicilan 6 bulan sd 20 bulan. Biaya bunga 3% sd 4% per bulan dan biaya administrasi Rp 540,000 dipotong dimuka.

Tunaiku adalah pinjaman online tenor panjang. Jarang fintech dana tunai menawarkan aplikasi pinjaman online tenor panjang selama jangka waktu pinjaman di Tunaiku.

Meskipun berbasis Fintech, Tunaiku Cepat dimiliki oleh Bank Amar. Karena dimiliki bank, Tunaiku bukan P2P Lending.

Persyaratan pengajuan adalah Umur 21-55 tahun, Warga Negara Indonesia, mempunyai Rekening Bank, bekerja atau berpenghasilan (Pekerja swasta & PNS) dan tinggal atau bekerja di area layanan Tunaiku.

Yang perlu diperhatikan dalam proses Tunaiku adalah meskipun pengajuan lewat aplikasi pinjaman online, tetapi ada proses bertemu kurir untuk konfirmasi KTP dan tanda tangan kontrak, yang dilakukan dalam 1-3 hari kerja. 

Bunga Pinjaman Tunaiku

Untuk menjawabnya, saya melakukan review di aplikasi pinjaman Tunaiku dan menghitung tingkat suku bunga per bulan berdasarkan simulasi di aplikasi Tunaiku.

Saya mengambil beberapa contoh pinjaman dengan plafon pengajuan dan tenor kredit yang berbeda dan melihat berapa total pengembalian yang saya harus lunasi. Berikut ini perhitungannya:

  • Pinjaman Rp 20,000,000 selama tenor 20 bulan dengan cicilan Rp 1,620,532 maka total pengembalian adalah Rp 32,410,640 dengan bunga flat 7.5% per bulan selama masa pembayaran.
  • Pinjaman Rp   2,000,000 selama tenor   6 bulan dengan cicilan Rp 482,985 maka total pengembalian adalah Rp 2.897.910 dengan bunga flat 3.1 % per bulan selama masa pembayaran.

Meskipun bunga relatif tinggi dibandingkan KTA Bank yang berkisar di 1% sd 3% flat per bulan, namun  Tunaiku jelas lebih murah dari pinjaman online Fintech yang memberikan max 0.80% per hari. 

Di pencarian Google muncul 'Amar Bank Penipu'. Tunaiku adalah keluaran Amar Bank.

Kalau dibilang, Amar Bank penipu terkait Tunaiku, menurut saya tidak, karena:

  • Amar Bank memiliki izin resmi perbankan dari OJK
  • Tunaiku adalah produk resmi perbankan
  • Alamat dan Kontak Amar Bank jelas. 

3. Modalku

Modalku Pinjaman Usaha P2P Fintech Indonesia
Modalku Pinjaman Usaha

Modalku adalah P2P lending, yang memanfaatkan dana masyarakat untuk menyalurkan pinjaman. Belum lama ini, Modalku meluncurkan aplikasi mobile. 

Target pinjaman di Modalku umumnya adalah UMKM, dengan nominal pinjaman sampai Rp 2 Miliar dengan masa cicilan 24 bulan.

Karena jumlah pinjaman relatif besar, proses persetujuan memakan waktu ± 5 hari kerja. Hal tersebut disampaikan dalam halaman mobile apps mereka.

Salah satu fitur Modalku adalah calon peminjam bisa mengajukan melalui mitra mereka, yaitu Bukalapak, Moka, Tokopedia dan sebagainya. 

Muncul pencarian di Google soal 'Modalku Penipu'. Tentu saja, ini merupakan pertanyaan.

Sulit menyatakan Modalku Penipu karena beberapa alasan:

  • Modalku memiliki izin resmi dari OJK sebagai P2P Lending terdaftar
  • Website, alamat dan kontak Modalku jelas.
  • Sudah banyak konsumen yang menjadi peminjam dan investor di Modalku.  

4. KlikACC

KlikACC adalah platform pinjaman online P2P Lending yang menawarkan pinjaman mulai dari Rp 4 juta sampai Rp 2 Miliar dengan masa pinjaman 3, 6 dan 12 bulan. Pinjaman dibawah 100 juta tidak perlu jaminan, sedangkan diatasnya perlu.

Bunga ditetapkan mulai dari 1% per bulan berdasarkan jenis produk atau keputusan pihak KlikACC. Dengan kata lain, bunga bisa lebih besar dari 1% per bulan.

Pinjaman ditujukan untuk UMKM. Tidak jelas dalam situsnya apakah terdapat produk pinjaman konsumer atau tidak.

Update 2019:

KlikACC hanya melayani pinjaman online kepada peminjam pribadi yang tergabung pada jaringan ritel mitra KlikACC.

Dari situs KlikACC, mitra mereka adalah Indosat, Tokopedia, iForte, Communication Cable Systems Indonesia, Anahata dan SYB.

Prosedur pengajuan pinjaman online di P2P ini adalah:

  • Registrasi Online via web atau aplikasi android. Isi data lengkap Anda pada form online sesuai dengan petunjuk. Mohon diisi dengan data yang sesuai dan benar.
  • Anda akan menerima email notifikasi atas status pengajuan pinjaman Anda bahwa pengajuan Anda disetujui atau ditolak.
  • Jika pengajuan pinjaman Anda disetujui, pihak KlikACC akan melakukan verifikasi melalui telfon dan survey terhadap data-data yang diberikan.
  • Jika pengajuan pinjaman Anda disetujui oleh pihak verifikasi, pinjaman Anda akan tercantum pada daftar investasi untuk investor dapat membiayai Anda. 

5. Pinjaman Go

Pinjaman Go adalah salah P2P berizin OJK yang menawarkan pinjam uang tanpa jaminan cukup syarat KTP lewat aplikasi di seluruh Indonesia.

Pinjaman Go hanya menawarkan dua tenor, yaitu 14 hari dan 21 hari dengan plafon kredit dari Rp 1.2 juta sampai paling tinggi Rp 6 juta.

Peminjam mengunduh aplikasi di Playstore dan memenuhi persyaratan sebagai berikut:

  • memiliki KTP,
  • rekening bank,
  • nomor HP tetap,
  • penghasilan yang stabil.

Cara perhitungan pencairan dan pengembalian kewajiban pelunasan di pinjaman Go cukup berbeda dengan umumnya fintech lending yang lain.

Di Pinjaman Go, plafon yang disetujui langsung dipotong dengan bunga atau biaya layanan di muka dan peminjam mengembalikkan sebesar plafon disetujui tersebut. 

Bunga Pinjaman GO Uang Tunai

Nasabah pertama mengajukan Rp 1.2 juta dan disetujui tetapi dana pencairan ke rekening adalah Rp 1 jutaan (bukan Rp 1.2 juta) dan kewajiban pengembalian adalah Rp 1.2 juta, berikut ini rinciannya:

  • Pengajuan pinjaman Rp 1,200,000
  • Pencairan Rp 1,079,880 ke rekening nasabah
  • Pengembalian Rp 1,200,000 saat jatuh tempo
  • Tenor 14 hari

Bunga Pinjaman Go menjadi 0,8% per hari atau 11.12% utk masa pinjaman 14 hari.

Setelah tampak ketinggalan dengan kehadiran Fintech pinjaman online yang tumbuh dengan agresif di 2018, bank mulai bergerak dengan cepat di 2019 ini. Sejumlah bank meluncurkan pinjaman KTA online.

Hanya sayangnya, pinjaman kta bca online, yang banyak dicari orang, sampai saat ini belum tersedia pengajuan secara online. Tetapi, jangan khawatir, ada banyak pilihan KTA online dari beberapa bank, yang Anda akan kaget dan suprises atas kemajuan teknologi dan kemudahan penggunaan yang ditawarkan bank - bank ini.

Saya melakukan review terhadap produk pinjaman online KTA yang dihadirkan sejumlah bank di 2019. Pinjaman online KTA bank ini menawarkan sejumlah fitur yang cukup menarik, antara lain tanpa kartu kredit, langsung cair, yang selayaknya jadi pertimbangan calon peminjam. 

6. Shopee PayLater

SPLater adalah fasilitas kredit Pay Later yang terdapat di e-commerce Shopee. Dengan PayLater ini, pembeli di Shopee bisa membeli dengan cicilan tanpa kartu kredit.

Tanpa kartu kredit ini, fitur yang penting, karena selama ini jika mengambil cicilan ke bank, prasyaratnya harus sudah memiliki kartu kredit.

Lalu, apa bedanya SPayLater ini dengan PayLater lainnya ?

Karena PayLater ini milik Shopee, proses pengajuan dan penggunaan menjadi lebih mudah dana cepat.

Di PayLater lain, konsumen harus mengajukan dulu di aplikasi yang berada di luar Shopee - pindah dan unduh aplikasi lain. Setelah pengajuan disetujui, konsumen baru bisa menggunakan di Shopee.

Sementara, proses untuk PayLater Shopee diselesaikan semuanya di dalam aplikasi Shopee. Pengguna tidak perlu keluar masuk aplikasi dan langsung bisa menggunakan saat pengajuannya sudah disetujui.

Cara kerja PayLater ini adalah setelah disetujui nasabah akan mendapatkan limit yang bisa digunakan untuk belanja. Besarnya limit bisa berbeda - beda tergantung keputusan dari pihak Shopee.

Setiap belanja dengan PayLater akan memotong limit dan jika dilakukan pembayaran limit akan kembali. Cara kerjanya persis seperti kartu kredit.

Selama limit masih tersedia dan tidak ada tunggakan pembayaran, fasilitas ini bisa digunakan. Sebaliknya, kalau limit sudah terpakai semua atau ada tunggakan pembayaran, fasilitas tidak bisa dipakai.

Besaran limit setiap pengguna Shopee berbeda-beda. Limit in bisa bertambah secara otomatis berdasarkan konsumsi dan perilaku pembayaran yang anda lakukan. 

Tidak ada minimum transaksi untuk metode pembayaran dalam 1 bulan dan cicilan.

Shopee PayLater memberikan plafon kredit yang bisa digunakan untuk belanja di Shopee, dengan fitur berikut:

  • Plafon limit pinjaman Rp 500 ribu sd Rp 15 juta
  • Tenor cicilan: 1, 2, 3, 6 dan 12 bulan
  • Bisa pilih tanggal jatuh tempo tagihan, tanggal 5, 11 daan 25 setiap bulannya.
  • Bisa mendapatkan peningkatan limit dengan catatan pembayaran yang baik
  • Suku Bunga Kredit cukup bersaing

Untuk plafon dalam aplikasi Shopee disebutkan maksimal Rp 6 juta, tetapi dalam penawaran yang kami terima bisa sampai Rp 15 juta. Kemungkinan perbedaan ini adalah tergantung pada hasil analisa Shopee.

Pengguna dapat menggunakan SPayLater untuk membeli beberapa Produk Digital, seperti: Pulsa, Listrik PLN, Paket Data, BPJS,  Tiket Kereta Api, Telkom, PDAM, Pasca Bayar, Tiket Pesawat, TV Kabel & Internet, Tiket Bus & Travel dan Roaming.

Namun, pengguna tidak dapat menggunakan SPayLater untuk membeli produk dari kategori Voucher, Emas, Uang Elektronik, dan Zakat. 

Limit di SPaylater tidak bisa dicairkan dalam bentuk dana tunai, hanya bisa digunakan untuk berbelanja di Shopee. 

Cicilan di SPayLater menerapkan bunga dan sejumlah biaya.

  • Bunga sebesar 2.95% dan mulai berlaku per tanggal 28 April 2020. Suku bunga ini dapat berubah sewaktu-waktu.
  • Biaya penanganan 1% per transaksi jika membayar dengan SPayLater.
  • Biaya denda 5%, apabila terjadi keterlambatan pembayaran.

Penting diperhatikan bahwa denda terlambat cukup besar, bahkan bisa lebih besar dari bunga, sehingga harus diperhatikan 

Perlu diketahui bahwa Shopee sendiri bukan lembaga keuangan atau bank, sehingga dalam menyediakan pinjaman Paylater ini mereka kerjasama, dengan:

  • PT Lentera Dana Nusantara untuk pinjaman cicilan 1x untuk tenor 30 hari
  • PT Commerce Finance untuk pembiayaan cicilan 2x, 3x, 6x dan 12x.

Kedua perusahaan ini diawasi oleh OJK.

Syarat utama Shopee PayLater adalah: punya akun di Shopee, mengaktifkan dan mendapatkan tawaran dari Shopee PayLater.

Betul, Shopee PayLater bersifat undangan, bukan pengajuan. Shopee akan memilih nasabah yang berhak mendapatkan fasilitas Pay Later ini.

Dalam penjelasan di aplikasi Shopee disebutkan “SPayLater hanya dapat diaktifkan oleh Pengguna terpilih melalui aplikasi Shopee. Jika terpilih, Anda akan mendapatkan notifikasi untuk mengaktifkan SPayLater.”

Bagaimana kriteria Shopee memilih nasabah, kita tidak tahu. Itu menjadi domainnya Shopee.

Namun, meskipun sudah mendapatkan undangan dari Shopee, itu tidak berarti nasabah sudah pasti mendapatkan fasilitas ini. Masih harus mengikuti proses selanjutnya, yang nanti diputuskan oleh Shopee soal persetujuan plafon pinjaman.

Syarat lainnya adalah:

  1. WNI dan usia minimal 17 tahun
  2. Punya KTP
  3. Akun Shopee sudah dibuka minimal 3 bulan
  4. Aktifkan dan verifikasi  Shopee Pay
  5. Aplikasi Shopee pada ponsel adalah versi terbaru

7. Traveloka PayLater

Jika sudah memiliki akun Traveloka, Anda juga bisa merasakan kemudahan dalam bertransaksi. Salah satunya fitur Traveloka PayLater yang diluncurkan sejak 2020 lalu.

PayLater adalah tawaran layanan untuk mencicil biaya dan dilakukan secara online oleh pengguna. 

Proses kartu kredit Traveloka ini tergolong mudah, hanya perlu waktu 1 minggu setelah pengguna mendaftarkan Traveloka PayLater.

Jika disetujui, maka kredit limit Traveloka PayLater Card bisa mencapai angka fantastis hingga Rp49.999.999 juta.

Tidak hanya di dalam negeri, Traveloka PayLater juga bisa digunakan di luar negeri.

Bebas iuran, pengguna Traveloka tidak akan ditarik iuran tahunan.

Justru, metode pembayaran ini akan memberikan pengguna kesempatan mendapatkan bonus Traveloka Points setiap kali bertransaksi.

Pengguna juga tak perlu khawatir soal tenor, cicilan pembayaran kartu kredit Traveloka bisa dilakukan hingga 12 bulan.

Sudah diawasi pula oleh Otoritas Jasa Keuangan, dan Traveloka memastikan tak ada biaya tambahan yang membebani pengguna.

Traveloka PayLater ini bisa digunakan untuk semua produk Traveloka kecuali beberapa produk.

Produk yang tidak bisa dibayar menggunakan Traveloka PayLater adalah Tagihan & Isi Ulang: Pulsa & Paket Internet, Voucher Game, Angsuran Kredit, Uang Elektronik, dan Kartu Kredit.

Fitur Traveloka PayLater ini hanya dapat digunakan untuk pengguna berusia 17 tahun ke atas.

Sebelum menggunakan transaksi Traveloka Paylater, pengguna diwajibkan mengunggah foto KTP dan berfoto selfie dengan KTP.

Cara Mendaftarkan Akun Traveloka PayLater 

  1. Buka halaman travelokaPay dari halaman awal aplikasi Traveloka.
  2. Lalu ketuk Kartu Tanpa Kredit.
  3. Selanjutnya ikuti instruksi dalam formulir pemesanan.
  4. Anda juga harus mengambil foto diri dan KTP untuk keperluan proses verifikasi.
  5. Setelah menyelesaikan prosesnya, aplikasi travelokaPay akan diproses kurang lebih 60 menit.

Jika Traveloka menyetujui, maka Anda akan mendapatkan limit PayLater Rp1 juta hingga Rp50 juta.

PayLater hanya dapat digunakan untuk transaksi senilai Rp50 ribu ke atas.

Sedangkan opsi cicilan hanya tersedia jika pesanan atau transaksi bernilai lebih dari Rp500 ribu ke atas.

Jika sudah mendaftarkan akun PayLater, lalu bagaimana cara menggunakannya?

Cara Menggunakan

  1. Pada halaman pembayaran, Anda memilih opsi PayLater.
  2. Lalu tentukan tenor pembayaran, apakah 1 bulan kemudian atau membayar dengan cicilan jika ada.
  3. Setelah memilih opsi tersebut, klik Lanjutkan.
  4. Setelahnya klip Beli Dengan PayLater.
  5. Selanjutnya, Anda bisa klik Kirim untuk mengirimkan kode verifikasi ke nomor ponsel.
  6. Setelah kode verifikasi masuk ke nomor ponsel, Anda bisa memasukan kodenya dan klik Verifikasi.

Bunga Traveloka Paylater berada pada kisaran 2,14 persen hingga 4,78 persen setiap bulannya.

Biaya ini diberlakukan untuk pengguna Traveloka PayLater yang memiliki cicilan PayLater setiap bulannya.

Besaran bunga bersifat flat atau tidak berubah setiap bulannya.

Kesimpulan

Kehadiran Fintech yang menawarkan pinjaman online melalui aplikasi mobile memberikan alternatif akses keuangan kepada masyarakat. Sekarang, Anda yang membutuhkan kredit, tidak lagi harus ke lembaga perbankan.

Tentu saja, kemudahan ini, perlu dibarengi sikap bijak dalam memilih pinjaman online terbaik. Semuanya kembali lagi ke pribadi masing - masing. Teknologi itu netral pada dasarnya.

Selamat Mencoba!

Cari dan Bandingkan KTA Terbaik !

Cari dan Bandingkan KTA Terbaik !

Bagikan Melalui

Daftar Isi

Berlangganan Duwitmu

Komentar (4 Komentar)

Tulis Komentar - Balasan untuk Tito Shadam

Email Anda tidak akan di publish

Batalkan Membalas

Captcha Wajib Diisi

Artikel Terkait