Silakan masukkan kata kunci pada kolom pencarian

Review Ucan Indosat Pinjam Uang 2022 (Apa Aman, Kelebihan Kelemahan)

Daftar Isi

Review Ucan Indosat Pinjam Uang 2022 (Apa Aman, Kelebihan Kelemahan)

UCan adalah pinjaman online dana tunai izin OJK yang disediakan buat pelanggan Indosat Ooredoo Hutchison. Kita ulas dan review soal cara mendaftar, bunga, kelebihan kelemahan aplikasi pinjol ini.

Apakah Pinjaman UCan Aman, Legal Terdaftar Izin di OJK

Apakah Pinjaman UCan Aman, Legal Terdaftar Izin di OJK

UCan aman karena merupakan produk dari kerjasama PT Bank QNB Indonesia Tbk dan Indosat Ooredoo Hutchison.

PT Bank QNB Indonesia Tbk adalah bank dengan izin resmi dari OJK.

Apa itu Aplikasi UCan Indosat

Apa itu Aplikasi UCan Indosat

UCan adalah pinjaman digital Indosat untuk memenuhi kebutuhan dan keinginan konsumen secara mudah, cepat, dan nyaman.

Melalui kemitraan PT Bank QNB Indonesia Tbk bersama operator telekomunikasi terkemuka di Indonesia, yaitu Indosat Ooredoo Hutchison serta perusahaan teknologi informasi terkemuka di Cina, yaitu Yusys Technologies (atau PT YuInsight Technologies), UCan menawarkan produk dana tunai kepada nasabah dalam proses terpadu, mulai dari pembukaan aplikasi hingga penarikan tunai secara digital.

Layanan Pinjam Uang di UCan

UCan memiliki tiga fitur, yaitu Paylater, Cicilan dan Tarik Tunai.

a. PayLater

Dengan UCan yang telah disetujui, kamu akan mendapatkan sejumlah limit pinjaman paylater yang dapat digunakan untuk membeli dan belanja berbagai produk Indosat Ooredoo.

Transaksi pembelian dan pembelanjaan tersebut dapat dibayarkan di kemudian hari pada saat tagihan telah jatuh tempo.

b. Tarik Tunai

Tarik Tunai adalah fitur penarikan dana tunai yang dapat ditransfer ke rekening yang diinginkan.

Pembayaran Tarik Tunai dapat dilakukan dalam bentuk cicilan dengan berbagai pilihan tenor yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan kamu.

c. Cicilan

Cicilan merupakan fitur yang memungkinkan kamu melakukan pembelian Paket Eksklusif UCan secara mencicil.

Paket yang tersedia dengan metode cicilan 3 sampai 6 kali dapat dilihat di halaman UCan dan mengacu pada transaksi pembelian Paket Eksklusif UCan.

Kamu wajib membayar uang muka dan menyelesaikan pendaftaran UCan untuk menikmati cicil bayar Paket Eksklusif UCan. Hanya 1 (satu) Paket Eksklusif UCan yang dapat dibeli dalam satu waktu.

Apa itu Aplikasi UCan Indosat

Limit dan Tenor Pinjaman UCan

a. Kredit Instan (Tarik Tunai dan Paylater)

Kredit instan dengan limit hingga Rp 15.000.000 dan proses pendaftaran yang cepat & mudah. Bayar secara cicilan dengan variasi pilihan tenor yang bisa diatur sesuai dengan kebutuhan kamu.

b. Cicilan

Cicilan untuk produk paket data Indosat Ooredoo Hutchison yang tersedia secara eksklusif untuk nasabah UCan. Dapatkan kuota data hingga 126GB dengan tenor cicilan 3 – 6 bulan dan hemat hingga Rp 90.000.

Syarat dan Ketentuan

  1. Berusia minimal 21 tahun atau lebih;
  2. Memiliki kewenangan untuk mengambil tindakan hukum dengan menandatangani perjanjian yang mengikat dengan Bank dan tidak dilarang untuk melakukannya berdasarkan hukum yang berlaku, dan
  3. Warga Negara Indonesia

Bunga Pinjaman UCan Indosat

a. Biaya Tarik Tunai:

  • Biaya admin di muka: 5%
  • Suku bunga: 2,95% - 6,45%. Suku bunga tetap ditentukan setiap akhir transaksi tarik tunai.

b. Biaya Keterlambatan Pembayaran

Setiap pembayaran yang melampaui Tanggal Pembayaran Terakhir (Tanggal Jatuh Tempo + 3 hari), akan dikenakan bunga 0,3% setiap hari dari total tagihan yang tidak terbayar, terhitung sejak tanggal jatuh tempo.

c. Biaya Admin Cicilan

Nilai biaya tergantung dari paket yang dibeli, dimana biaya yang dikenakan mengacu ke konfirmasi terakhir setiap pembelian Paket Eksklusif UCan.

d. Denda

Mengacu ke nilai biaya tertentu yang dikenakan ke nasabah, apabila nasabah tidak dapat memenuhi kewajiban pembayaran pembelian Paket Eksklusif UCan, Nilai denda sebesar nilai Deposit. Saat ini transaksi Cicilan tidak memerlukan deposit apapun, sehingga tidak ada denda yang dibebankan ke nasabah.

Penagihan Gagal Bayar, DC Datang ke Rumah

UCan akan mengirimkan sms ke nomor HP Anda 1 hari sebelum tanggal jatuh tempo untuk mengingatkan Anda melakukan pelunasan.

Proses collection mengikuti tahap sebagai berikut:

1. Cara Membayar

Pembayaran pinjaman UCan dapat dilakukan dengan mudah melalui transfer antar bank dari ATM/Mobile Banking ke Rekening Virtual UCan.

  1. Buka homepage UCan
  2. Cek Tagihan dengan menggeser layar ke kiri dan lihat jumlah tagihan
  3. Klik “Bayar sekarang”
  4. Klik “Transfer Bank”
  5. Jika kamu memiliki rekening di Mandiri, BNI, BRI, PermataBank atau BCA, silakan pilih bank yang sesuai dan nomor rekening virtual akan diberikan. JIka rekening kamu di bank yang lain, silakan pilih “Rekening bank lain” dan nomor rekening virtual akan diberikan.
  6. Salin nomor rekening virtual tersebut, gunakan ATM / Internet Banking / Mobile Banking kamu, pilih transfer Bank* dan bayar sejumlah tagihan ke nomor rekening tersebut. Nomor rekening virtual ini unik untuk kamu dan kami akan menghubungkannya langsung dengan limit kamu

*Biaya transfer dapat dikenakan, mengikuti syarat & ketentuan rekening bank kamu. Terdapat jumlah minimum transfer yang dipersyaratkan oleh Bank atau institusi keuangan yang kamu gunakan, tergantung metode pembayaran yang kamu pakai, biasanya nilai tersebut berkitar antar Rp 5.000 - Rp 10.000.

2. Collection

Ketika nasabah telat membayar melewati tanggal jatuh tempo, perusahaan UCan melakukan proses collection, yang terdiri atas:

  • Desk Collection, yakni penagihan-penagihan yang menggunakan sarana- sarana komunikasi termasuk namun tidak terbatas pada telepon, SMS, Whatsapp, email, apps-reminder/robo reminder (pengingat pada aplikasi Penyelenggara sendiri) dan sarana-sarana komunikasi lain;
  • Field Collection Kunjungan, yakni penagihan yang dilakukan secara langsung, melalui kunjungan ke daerah/tempat domisili Penerima Pinjaman.

3. Kunjungan Debt Collector Saat Gagal Bayar

Umumnya, fintech menekankan pada proses penagihan melalui telepon di desk collection. Namun penagihan kunjungan akan dilakukan jika dibutuhkan.

Jika nasabah sudah hilang kontak, barulah proses kunjung field collection ke rumah dan kantor dilakukan.

Pihak ke-3, agency collection atau dikenal sebagai debt collector bisa digunakan, terutama di tahap field collection. Dilakukan sebagai bagian dari efisiensi operasional fintech, sehingga fintech dapat fokus pada operasional utama seperti proses underwriting.

Jadi, kalau debitur mengambil pinjaman online, harus siap - siap dikunjungi oleh debt collector ketika pembayaran kredit menunggak. Apalagi jika pembayaran sudah terlambat lebih dari 30 hari.

Call Center CS UCan Indosat

Email : [email protected]; Tel : (+62 21) 300 55 300

Kelebihan UCan Indosat

Manfaat yang ditawarkan UCan adalah:

1. Layanan Handal

UCan menyediakan layanan terbaik kepada nasabah dengan memastikan akses yang dapat diandalkan melalui aplikasi provider telekomunikasi, instan, fleksibel, suku bunga yang kompetitif, perlindungan dengan standar perbankan dan metode penagihan yang etis.

Nikmati pembayaran yang mudah dan nyaman melalui Alfamart, Mobile Banking, ATM dan Internet Banking dari Bank apapun.

2. Proses dan Pencairan Instan.

Proses pendaftaran yang mulus dengan persetujuan instan kurang dari 3 menit. Pencairan kamu menjadi lebih mudah dan ditransfer langsung ke rekening Bank kamu yang terdaftar.

3. Aman, Izin Resmi OJk

Keamanan tingkat perbankan untuk melindungi kerahasiaan data pribadi & privasi. UCan menempatkan keamanan nasabah sebagai prioritas utama dalam hal penyediaan pinjaman dengan melindungi kerahasiaan data pribadi & privasi nasabah.

Dilengkapi dengan praktik etis Bank, yang terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK), UCan adalah produk yang berbeda dengan layanan pinjaman digital lainnya, memungkinkan nasabah bisa menikmati layanan UCan tanpa rasa khawatir.

4. Bunga kompetitif dan diskon eksklusif.

Nikmati suku bunga yang kompetitif yang akan membantu kamu memenuhi kebutuhanmu dan diskon eksklusif yang tersedia hanya untuk nasabah UCan.

5. Bonus data untuk nasabah baru

Dapatkan kesempatan untuk meraih bonus data bagi nasabah baru UCan, lihat UCan di aplikasi myIM3 untuk mendapatkan promo terbaru.

Kekurangan UCan Indosat

Sejumlah kelemahan UCan adalah:

1. Harus Bayar Uang Muka DP

Nasabah harus menyiapkan dana tambahan untuk membayar uang muka. Jadi, tidak semua nilai pembelian dibiayai 100% oleh UCann.

2. Plafon Limit Pinjaman Rendah

Limit yang diberikan cukup rendah, terutama jika dibandingkan pinjaman KTA atau kartu kredit.

Rendahnya plafon pinjaman di UCan mungkin terkait proses yang cepat dan mudah. Sehingga pihak Indosat tidak ingin mengambil risiko terlalu besar.

3. Tenor Pinjaman Pendek

Masa kredit atau tenor di UCan cukup pendek. Mungkin ini terkait plafon pinjaman yang kecil dan pengelolaan risiko.

Berbeda dengan KTA yang bisa menawarkan tenor pinjaman sampai 60 bulan. Tenor yang panjang membantu jumlah cicilan menjadi lebih kecil.

4. Harus jadi Pelanggan Indosat

Untuk bisa mengajukan pinjaman di UCan, orang harus menjadi pelanggan Indosat terlebih dahulu. Sementara, tidak semua orang punya ponsel Indosat.

5. Tidak Semua Pelanggan Indosat Otomatis Dapat UCan

Meskipun sudah menjadi pelanggan Indosat, pelanggan tidak serta merat mendapatkan UCan.

Indosat melakukan seleksi kembali atas pelanggan yang berhak mendapatkan pinjaman.

6. Fitur Tarik Tunai Hanya Diberikan Selektif

Sudah diterima sebagai nasabah UCan, pelanggan tidak serta merta mendapatkan fasilitas tarik tunai.

5. Hanya Tersedia di App

Fasilitas pinjaman online di UCan hanya bisa digunakan di aplikasi di ponsel HP kita. Tidak bisa digunakan lewat desktop atau laptop.

Kemungkinan karena pinjol membutuhkan data - data dari ponsel untuk menentukan skor kredit.

Bandingkan Pinjaman Online Terbaik !

Perbandingan berbagai pinjaman online terbaik bnerdasarkan berbagai faktor pilihan

Bagikan Melalui

Daftar Isi

Berlangganan Duwitmu

Komentar (0 Komentar)

Tulis Komentar - Balasan untuk Tito Shadam

Email Anda tidak akan di publish

Batalkan Membalas

Captcha Wajib Diisi

Artikel Terkait