6 Gadai BPKB Mobil KKB Terbaik dan Pengalaman Saya (Bunga, Cara Pengajuan)

  • March 2, 2020

Gadai BPKB mobil KKB adalah cara mendapatkan dana tunai secara cepat pada tingkat bunga relatif murah dengan menjaminkan BPKB lewat pinjaman kredit kendaraan bermotor (KKB). Saya review 6 bank, leasing, multifinance yang menerima KKB dengan gadai jaminan BPKB.

Saya juga punya pengalaman mengajukan kredit refinancing di salah satu leasing. Review berapa bunganya, cara pengajuan, dokumen diminta dan dari situ tips untuk mengajukan supaya bisa disetujui.

Apa ada gadai bpkb mobil tanpa survey ? Dimana bisa gadai bpkb mobil Syariah ? Dimana gadai bpkb mobil jakarta ?

Saat butuh dana tunai, apa yang Anda bisa lakukan ?

Saat ini, mungkin Anda pinjam ke fintech pinjaman online. Memang cepat, tapi bunga pinjol, Anda tahu sendiri, sangat tinggi.

Alternatif lain, adalah menggunakan asset Anda, mobil, untuk mengambil dana tunai. Bunganya lebih terjangkau,

Ini yang disebut refinancing mobil atau umum dikenal sebagai gadai BPKB mobil.

BPKB adalah bukti kepemilikan mobil Anda. Dokumen berharga ini Anda jaminkan ke bank atau multifinance untuk mendapatkan dana tunai sebagai imbal balik.

Apa yang perlu Anda perhatikan saat mengajukan pinjaman dana dengan cara ini ? Apakah prosesnya cepat dan mudah ?

Untuk menjawab semua pertanyaan diatas, saya review 6 perusahaan yang menerima gadai BPKB mobil, saya telisik satu persatu dan hasilnya dituangkan dalam artikel ini. Dan saya juga berbagi pengalaman sendiri mengajukan pinjaman dana lewat refinancing jaminan BPKB mobil, sekitar 1 tahun yang lalu.

Tapi, sebelum masuk ke review, kita simak dulu apa itu sebenarnya gadai BPKB mobil kredit kendaraan bermotor.

Apa itu Gadai BPKB Mobil

Cara kerja pinjaman atau pembiayaan ini sangat sederhanan dan simpel. Anda menjaminkan jaminan dokumen kepemilikan kendaraan ke bank atau multifinance untuk menarik uang tunai.

Gadai BPKB ini biasanya masuk dalam produk KKB di lembaga keuangan.

Ada 2 jenis gadai BPKB mobil, yaitu:

  • Mobil sudah lunas dan BPKB Anda sudah pegang. Anda bawa BPKB ke bank atau miltifinance untuk dijaminkan
  • Mobil masih kredit. Anda hanya bisa mengajukan ke bank atau multifinance ditempat Anda kredit saat ini, tidak bisa ke tempat lain, untuk memberikan tambahan dana.

Pihak yang memberikan pembiayaan akan melakukan proses sebagai berikut:

Pertama, menilai kemampuan keuangan Anda untuk membayar angsuran pinjaman sampai lunas. Untuk ini, mereka akan minta sejumlah dokumen pendukung, melakukan analisa, termasuk BI checking, atas karakter Anda dan sumber penghasilan Anda.

Kedua, melakukan penilaian (appraisal) atas kendaraan yang menjadi jaminan, mulai dari kondisi fisik kendaraan, cek ke pihak berwenang soal kendaraan, dan menentukan berapa nilai kendaraan (berapa harga wajarnya jika dijual) yang akan menjadi dasar pemberian plafon pinjaman.

Ketiga, melakukan proses pengikatan hukum atas kendaraan Anda dalam bentuk perjanjian Fidusia, agar saat Anda menunggak, perusahaan pembiayaan bisa menarik dan melelang kendaraan untuk melunasi pinjaman Anda.

Manfaat Refinancing Gadai BPKB

Ada sejumlah manfaat melakukan gadai BPKB mobil Anda atau refinancing KKB, yaitu sebagai berikut:

#1 Dana Tunai

Bisa mendapatkan dana tunai yang bisa digunakan segala hal. Intinya, dana dari pencairan terserah pada nasabah untuk penggunaanya.

Contoh: untuk biaya renovasi rumah, wisata/perjalanan, pendidikan, kredit kembali kendaraan bermotor, elektronik dan lain lain

Berbeda dengan pinjaman mobil atau KPM, yang dana pencairan hanya diperuntukan untuk membeli mobil.

Satu lagi keunggulannya adalah ini merupakan gadai bpkb mobil cepat.

#2 Cair Langsung ke Nasabah

Uang hasil gadai BPKB mobil akan langsung cair ke rekening nasabah. Tidak ke pihak lain.

Kalau ambil kredit mobil, pencairan pinjaman cair ke dealer mobil. Atau dalam kasus KPR, uang pinjaman dicairkan ke developer.

Dengan cair langsung ke rekening nasabah, Anda bisa langsung memanfaatkan dana dari pinjaman tersebut.

#3 Bunga Lebih Murah dari KTA atau Pinjol

Ini yang saya suka dari pinjaman dana dengan jaminan BPKB mobil !

Bunga KKB gadai mobil auh lebih murah dibandingkan Anda ambil dana tunai di KTA atau pinjaman online.

Bunga gadai BPKB mobil (pengalaman saya) adalah 10% flat per tahun atau 19% effective per tahun, sementara suku bunga pinjol mencapai 24% flat per bulan dan KTA 30% flat per tahun.

Bedanya cukup signifikan !

Alasannya simpel, jenis pinjaman gadai BPKB adalah kredit dengan agunan, yang lebih rendah resikonya dari sisi bank atau leasing, dibandingkan kredit tanpa agunan di KTA atau pinjol.

Jika nasabah . menunggak, bank bisa mensita mobil untuk kemudian di lelang untuk melunasi pinjaman. Hal ini tidak bisa dilakukan di KTA dan pinjol.

Makanya, buat Anda yang butuh dana tunai, sementara punya mobil di rumah yang sudah lunas, mungkin Anda bisa mempertimbangkan untuk mengambil kredit dengan refinancing mobil dibandingkan KTA atau pinjol.

Bahkan yang mobilnya pun masih kredit dan . belum lunas, bisa Anda minta penilaian ulang atas BPKB mobil Anda untuk bisa memperoleh tambahan dana (top-up).

#4 Tenor Pinjaman Panjang

Berbeda dengan pinjaman online yang punya tenor pendek, dalam 1 atau 3 bulan harus dikembalikkan, sementara dalam kredit dengan gadai BPKB mobil ini masa pinjaman bisa sampai 3 tahun atau 36 bulan.

Dengan adanya tenor yang panjang , Anda memiliki fleksibilitas untuk menentukan masa pinjaman yang paling tepat , yang sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan membayar Anda.

Masa pinjaman lebih panjang bisa menurunkan beban cicilan per bulan, menjadi lebih ringan, tetapi perhatikan itu artinya nasabah harus membayar bunga lebih banyak.

#5 Plafon Pinjaman Besar

Pinjaman online menawarkan kecepatan dan kemudahan, tetapi plafon yang diberikan relatif kecil. Bagaimana jika Anda butuh dana yang cukup besar ?

Gadai BPKB mobil menawarkan plafon kredit yang besar. Hal ini karena plafon yang diberikan dihitung berdasarkan nilai asset, mobil, yang nilainya cukup besar.

Umumnya leasing atau Bank akan memberikan plafon pinjaman sampai 70% sd 80% dari taksiran harga mobil yang dijaminkan.

Dimana perusahaan pembiayaan mana Anda bisa melakukan gadai BPKB mobil ?

Daftar Leasing dan Bank KKB

Pada dasarnya, hampir semua perusahaan pembiayaan dan bank bisa menerima proses pengajuan kredit dengan jaminan bpkb mobil, tetapi dimana gadai bpkb mobil cepat, yang beberapa yang saya pilih untuk di review adalah berikut ini:

#1 Adira Finance

Adira Finance
Adira Finance

Adira Finance adalah salah satu perusahaan multifinance terbesar di Indonesia, terkenal untuk pembiayaan mobil dan motor, baik baru maupun bekas, serta juga memiliki produk refinancing .

Cabang Adira tersebar di seluruh Indonesia sampai ke lokasi pelosok – pelosok Nusantara. Hampir di semua kota kabupaten di Indonesia, perusahaan ini hadir.

Adira dimiliki oleh Bank Danamon yang membuat sumber pendanaan menjadi lebih murah sehingga bunga pinjaman di Adira bisa lebih rendah.

#2 BFI Finance

BFI Finance
BFI Finance

BFI Finance terkenal sebagai perusahaan multifinance yang fokus ke gadai BPKB, meskipun sekarang perusahaan pembiayaan ini punya berbagai ragam prdouk pinjaman.

BFI menyediakan pembiayaan untuk memenuhi berbagai kebutuhan, baik bersifat konsumtif (biaya pendidikan, kesehatan dan kecantikan, pernikahan, renovasi rumah, wisata, dan lain-lain) maupun produktif (modal usaha dan investasi) dengan agunan BPKB kendaraan roda dua dan empat.

Ketentuan Kredit Agunan BPKB Mobil adalah:

  • Suku bunga mulai dari 0,95% flat per bulan
  • Plafon mulai dari Rp 10 juta
  • BPKB Passenger (Sedan, Jeep, Minibus)  dengan Tenor 1 – 4 tahun
  • BPKB Commercial (Pick Up, Single, Mega, Double Cabin, Truk dan Bus) dengan Tenor 1 – 3 tahun.

#3 Mandiri Tunas Finance

Mandiri Tunas Finance adalah salah satu anak perusahaan Bank Mandiri yang bergerak di bidang pembiayaan kendaraan bermotor.

Salah satu produknya adalah Mandiri KKB Multiguna yang menawarkan fasilitas pembiayaan untuk pembelian barang dan jasa dengan agunan kendaraan, berupa mobil kategori passenger car atau sepeda motor yang telah dimiliki nasabah (kepemilikan atas nama nasabah atau spouse)., dengan syarat dan ketentuan berikut:

  • Maksimum jangka waktu kredit Mobil adalah 4 tahun
  • Maksimal plafon bisa diberikan adalah Rp 500 Juta untuk mobil.
  • Maksimum usia kendaraan mobil adalah 15 tahun saat kredit berakhir.

Mandiri KKB menyediakan Mobile Application dimana aplikasi ini dapat menghitung simulasi kredit pembiayaan yang Anda inginkan.

#4 Gadai BPKB Mobil di Pegadaian 2019 2020

PT Pegadaian memberikan kredit dalam jangka waktu tertentu dengan jaminan gadai BPKB mobil, yang diberikan kepada pengusaha mikro dan pengusaha kecil yang membutuhkan dana untuk keperluan pengembangan usaha, yang terdiri dari dua jenis produk, yaitu:

  • Kreasi Ultra Mikro: Pinjaman (kredit) jangka waktu tertentu dengan jaminan gadai yang diberikan kepada pengusaha mikro dan pengusaha kecil untuk pengembangan usaha dengan uang pinjaman 10 juta ke bawah.
  • Kreasi Fleksi: Pinjaman (kredit) dalam jangka waktu tertentu dengan jaminan gadai, yang diberikan kepada pengusaha mikro dan pengusaha kecil yang membutuhkan dana untuk keperluan pengembangan usaha dimana pembayaran angsuran/pelunasan dilakukan secara sekali bayar atau secara berjangka

Ini adalah gadai bpkb mobil di Pegadaian 2018 2019 dan 2020.

Syarat gadai bpkb mobil di Pegadaian adalah:

  • Legalitas Usaha (SIUP, SITU, Surat Keterangan Usaha) an. Pemohon, Legalitas Kendaraan (BPKB, STNK, Faktur, Kwitansi) an. Pemohon, Kartu Keluarga, KTP (Suami-Istri jika pemohon telah berkeluarga)
  • Usaha adalah milik Pemohon / an. Pemohon, Usaha sudah berjalan efektif minimal 1 tahun, mempunyai legalitas usaha (SIUP/SITU/Surat Keterangan Usaha) dan
  • Dengan jaminan BPKB mobil milik Pemohon / an. Pemohon dengan usia mobil maksimal 20 thn disertai surat-surat lengkap.

Pengajuan bisa dilakukan di seluruh outlet Pegadaian konvensional, dapat melalui Agen Pegadaian, dan dapat juga mengajukan via online melalui aplikasi Pegadaian Digital Service.

Sementara, pengalaman gadai BPKB di Pegadaian Syariah bisa dilakukan dengan Pembiayaan ARRUM (Ar Rahn Untuk Usaha Mikro) yang merupakan pembiayaan syariah untuk pengembangan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) dengan jaminan BPKB Kendaraan Bermotor, dengan fitur:

  • Proses transaksi berprinsip syariah yang adil dan menentramkan sesuai fatwa DSN – MUI
  • Pembiayaan berjangka waktu mulai dari 12, 18, 24, dan 36 bulan
  • Pegadaian memberikan tarif menarik dan kompetitif
  • Pegadaian menyimpan BPKB, kendaraan dapat digunakan nasabah
  • Marhun Bih (uang pinjaman) mulai dari Rp. 1 juta – 400 juta
  • Pilihan jangka waktu pinjaman dari 12, 18, 24, 36 bulan.

#5 Gadai BPKB Mobil Bank BRI

BRI memiliki Kredit Kendaraan Bermotor (KKB). Dalam KKB, BRI menawarkan refinancing, yaitu mendapatkan dana cepat dengan mengagunkan kendaraan bermotor yang nasabah miliki.

Salah satu keuntungan mengajukan refinancing di bank BRI adalah suku bunga yang kompetiif, tenor sampai 4 tahun, berlaku untuk semua merk dan tipe kendaraan.

Suku bunga KKB BRI adalah 5.50% flat per bulan dan tenor paling lama 4 tahun.

Berikut adalah beberapa hal yang perlu dipenuhi untuk mengajukan KKB Refinancing :

  • Formulir. Mengisi formulir aplikasi KKB BRI
  • Warga Negara. WNI (Warga Negara Indonesia) cakap hukum
  • Rekening BRItama. Buka Rekening BRItama
  • Usia. Usia minimal 21 th/sudah menikah
  • Lokasi. Lokasi tempat tinggal/lokasi bekerja/usaha/praktek debitur di kota dimana Kantor Cabang berada
  • Dokumen. Melampirkan dokumen kredit (copy KTP, copy KK, NPWP, pas foto suami/istri terbaru, surat keterangan gaji dsb)

#6 BCA

KKB BCA Refinancing
KKB BCA Refinancing

BCA menawarkan refinancing dalam kredit kendaraan bermotor (KKB).

KKB Refinancing adalah alternatif sumber dana dengan menjaminkan BPKB mobil untuk berbagai macam kebutuhan.

Salah satu keuntungan mengambil kredit KKB di BCA adalah: suku bunga flat dan fix selama waktu tenor. Selama masa peminjaman, jumlah angsuran tidak akan berbubah di waktu tertentu.

Suku bunga KKB BCA adalah 4.25% flat per bulan dan tenor paling lama 7 tahun.

Syarat & Ketentuan

  • Status Calon Debitur adalh Warga Negara Indonesia
  • Pekerjaan: Karyawan Tetap / Wiraswasta / Profesional / Perusahaan Lama Bekerja Minimal 2 tahun (tetap)
  • UsiaMinimal : 18 tahun atau sudah menikah dan maksimal : 64 tahun (saat kredit berakhir)
  • AsuransiWajib diasuransikan melalui KKB BCA. Komprehensif untuk tahun pertama dan minimal TLO tahun berikutnya (kecuali truck TLO selama jangka waktu kredit)
  • Pembayaran Auto debet Rekening BCA

Saat ini pengajuan KKB di BCA, Anda bisa lakukan secara online melalui situs resmi BCA.

Pengalaman Saya Gadai BPKB Mobil

Saya pernah melakukan refinancing mobil dengan jaminan BPKB mobil di salah satu perusahaan multifinance atau leasing yang cukup ternama di Jakarta.

Dokumen yang perlu Anda perhatikan adalah:

  • Perjanjian Kredit Pembiayaan. Dokumen berisi hak dan kewajiban masing – masing pihak, leasing dan nasabah, terkait pinjaman KKB dengan jaminan BPKB, termasuk konsekuensi jika menunggak
  • Skedul Pembayaran Cicilan. Dokumen menunjukkan skedul pembayaran cicilan setiap bulan selama tenor kredit dan sisa pokok pinjaman di setiap bulan (penting jika Anda ingin melakukan pelunasan dipercepat)
  • Ketentuan Kredit. Dokumen menjelaskan plafon pinjaman, nilai jaminan, tingkat suku bunga, biaya – biaya, proteksi asuransi, cicilan per bulan, denda keterlambatan dan biaya pelunasan dipercepat.

Beberapa hal yang saya ingin bagi dari pengalaman mengambil kredit uang tunai dengan jaminan BPKB adalah:

#1 Cara dan Proses Pengajuan

Prosesnya dimulai dengan perusahaan leasing menugaskan seorang AO – Account Officer – untuk mengurus pengajuan pinjaman dana dari saya. Dokumen yang diminta adalah:

  • Identitas Diri. KTP dan NPWP.
  • Dokumen Penghasilan. Slip Gaji, Rekening Bank untuk gaji
  • Dokumen Mobil. BPKB asli, faktur dan dokumen terkait lainnya

Setelah semua dokumen saya serahkan, AO melakukan proses di internal dan mengajukan permohonan saya ke bagian kredit leasing tersebut. AO melakukan cek fisik atas kendaraan yang akan saya jaminkan, yang meliputi foto kendaraan, gesek rangka dan nomer mesin.

Dokumen BPKB ditahan oleh leasing sebagai jaminan.

Tidak sampai 1 minggu, proses pengajuan saya disetujui dan saya diminta datang ke kantor cabang multifinance untuk menandatangani perjanjian kredit.

Setelah perjanjian kredit ditandatangani, saya menerima pencairan dana tunai ke rekening saya.

#2 Struktur Kredit Saya

Skedul Cicilan
Skedul Cicilan

Saya melakukan pengajuan pinjaman kredit di tahun 2018, sementara usia mobil adalah tahun 2017. Setelah pengecekan fisik, pihak multifinance memberi tahu bahwa dari hasil appraisal nilai mobil adalah di angka Rp 225 juta.

Saya mendapatkan pembiayaan sebesar Rp 177 juta. Itu artinya Loan To Value (LTV) mobil saya adalah 78%.

Semakin tinggi LTV semakin besar jumlah pinjaman yang bisa diambil. Namun, ada ketentuan bahwa maksimum LTV adalah 90%.

Struktur kredit saya adalah sebagai berikut:

  • Pokok Pinjaman Rp 177 juta
  • Masa Pinjaman 3 tahun (36 bulan)
  • Cicilan per bulan adalah Rp 6.5 juta
  • Jumlah total bunga yang saya harus bayar selama masa kredit adalah Rp 58 juta, sehingga dengan pokok pinjaman Rp 177 juta, saat tenor kredit KKB selesai saya membayar total Rp 235 juta.
  • Bunga flat adalah 10.96% setahun atau bunga efektif 19.50%.

#3 Biaya Biaya

Perjanjian Pembiayaan
Perjanjian Pembiayaan

Disamping biaya bunga, saya harus membayara sejumlah biaya diawal kredit, yaitu

  • Biaya Fasilitas (Facility Fee) Rp 2.1 juta
  • Biaya Provisi Rp 2.9 juta
  • Premi Asuransi Kendaraan Rp 2.4 juta
  • Premi Asuransi Jiwa Rp 1.2 juta

Semua premi asuransi dibayar lunas di depan ini. Tidak perlu bayar premi lagi sampai akhir tenor.

Total biaya yang saya harus bayar dimuka adalah +/- Rp 8.6 juta untuk pinjaman sebesar Rp 177 juta. Biaya ini harus saya sediakan sebelum proses perjanjian pinjaman dan jika biaya tidak bayar maka pencairan kredit tidak bisa dilakukan.

#4 Asuransi Kendaraan dan Jiwa

Biaya yang besar adalah untuk membayar premi asuransi, yaitu asuransi kendaraan dan asuransi jiwa.

Asuransi Kendaraan

Asuransi ini memproteksi kendaraan mobil yang dijaminkan. Jika terjadi kehilangan atau kerusakan parah atas kendaraan mobil tersebut, selama masa tenor kredit.

Pihak asuransi akan mengganti sejumlah uang jika terjadi resiko kehilangan atau kerusakan tersebut.

Laporan klaim Anda harus sampaikan ke perusahaan leasing paling lama 5 x 24 jam dari kejadian.

Asuransi Jiwa

Asuransi jiwa melindungi nasabah yang mengambil kredit dari resiko kematian atau cacat tetap, selama masa tenor kredit.

Jika terjadi resiko kematian atau cacat tetap ke nasabah, perusahaan asuransi jiwa akan membayar lunas sisa kewajiban pinjaman ke perusahaan multifinance atau leasing.

Namun, setelah membaca polis asuransi jiwa ini, ada satu syarat dan klausul penting, yaitu “masa tunggu”. Masa tunggu 90 hari sejak polis efektif dimana jika terjadi resiko yang dicover asuransi dalam masa tunggu tersebut asuransi tidak akan memberikan penggantian.

#5 Keterlambatan Pembayaran Cicilan

Bagaimana jika terlambat membayar angsuran ? Berapa dendanya ?

Hal ini dijelaskan dalam kontrak perjanjian kredit pembiayaan, yang meliputi poin – poin berikut ini:

  • Tanggal jatuh tempo ditentukan dalam perjanjian pembiayaan
  • Jika jatuh tempo tiba di hari libur, hari Minggu atau Libur Nasional, nasabah diminta membayar di hari sebelumnya untuk menghindari keterlambatan
  • Denda keterlambatan adalah 0,5% per hari dari jumlah angsuran.

Ilustrasi perhitungan denda keterlambatan: “Nasabah jatuh tempo tanggal 5 setiap bulan dengan angsuran Rp 300 ribu, lalu membayar di tanggal 7 bulan yang sama. Maka total denda adalah 0,5%x300,000×2 = Rp 3,000″.

Perhatikan bahwa jika terlambat 1 bulan artinya ada tambahan kewajiban sebesar 15% dari cicilan berjalan.

#6 Pelunasan Dipercepat

Bagaimana jika konsumen ingin melunasi pinjaman pembiayaan sebelum masa tenor kredit berakhir ?

Ketentuan pelunasan dipercepat adalah wajib membayar lunas seluruh sisa kewajiban dan denda pelunasan dipercepat adalah 8% dari sisa pokok hutang yang belum lunas.

Contoh dalam kredit saya, jika setelah 18 bulan membayar (setengah tenor), saya ingin melunasi maka yang saya harus lunasi adalah sisa pokok +/- Rp 100 juta dan 8 juta (denda lunas dipercepat: 8% x 100 juta) yaitu Rp 108 juta.

Anda akan menerima skedul cicilan dari leasing, yang menunjukkan cicilan dan sisa pokok pinjaman setiap bulan. Anda bisa membuat estimasi berapa uang yang harus Anda bayar jika ingin melakukan pelunasan dipercepat.

Tips Gadai BPKB Mobil

Dari pengalaman mengajukan refinancing KKB mobil, saya belajar beberapa hal, yang saya share ke Anda yang mungkin bermanfaat supaya pengajuan lancar dan tidak merugikan keuangan Anda.

#1 Jenis dan Usia Mobil

Plafon pinjaman gadai BPKB dihitung dari hasil appraisal atau penilaian atas kondisi mobil. Sebelum memutuskan pemberian kredit, pihak leasing atau bank melakukan cek fisik atas kendaraan yang akan dijaminkan.

Ada dua hal yang perhatikan mempengaruhi nilai hasil appraisal tersebut:

  • Usia Mobil. Makin tua usia kendaraan, makin rendah nilanya. Hal yang wajar dan masuk akal karena kualitas kendaraan merosot seiring waktu.
  • Jenis Kendaraan. Kendaraan passenger atau penumpang lebih tinggi dinilai dibandingkan kendaraan niaga. Mungkin karena kendaraan penumpang umumnya lebih bagus kualitasnya karena dipakai oleh pemilik sendiri.
  • Merk mobil. Kita tahu ada merk mobil – mobil tertentu yang harga kendaraan bekasnya anjlok sangat dalam di pasaran. Leasing memperhatikan ini saat melakukan appraisal mobil.

#2 Proses Kredit

Meskipun ada jaminan, pengalaman saya bank atau leasing tetap melakukan pengecekan sejarah kredit di BI checking dengan ketat untuk pengajuan KKB gadai BPKB ini.

Pastikan ada punya sejarah kredit yang bagus. Jangan ada catatan menunggak yang ‘parah’.

Definisi parah ini bisa berbeda – beda di masing – masing lembaga keuangan. Yang pasti, jika Anda pernah Kol 5 di bank, hampir pasti pengajuan kredit Anda akan ditolak, apalagi jika jaminan pernah disita.

#3 Biaya Pengurusan

Jangan kaget, ingin pinjam uang, Anda malah harus keluar uang terlebih dahulu.

Ada sejumlah biaya yang Anda harus bayar pada saat persetujuan KKB disetujui, yaitu:

  • Uang Muka. Tidak secara langsung, tetapi lembaga keuangan hanya memberikan 70% dari nilai mobil Anda. Sisanya adalah uang muka yang harus Anda tanggung.
  • Pembayaran angsuran pertama dimuka saat kredit dicairkan. Anda harus bayar cicilan pertama straight away.
  • Biaya Asuransi. Asuransi kendaraan dan asuransi jiwa. Jumlahnya cukup besar, dan ada yang bisa dicicil, tetapi sebagian besar leasing Anda bayar secara full dimuka.
  • Biaya Administrasi. Ada sejumlah biaya admin yang Anda harus bayar, tetapi jumlahnya tidak besar.

Adanya beragam biaya ini membuat Anda perlu menyisihkan dana sebelum persetujuan kredit jaminan BPKB mobil Anda disetujui.

#4 Bagaimana Jika Menunggak

Apa yang terjadi jika Anda menunggak pembayaran ?

Leasing dan bank akan melakukan sejumlah langkah, mulai dari yang paling ringan sampai dengan yang paling berat. Mari kita lihat satu persatu.

  1. Anda akan menerima reminder dan telepon penagihan. Pihak penagih melakukan bisa via SMS, WA atau telepon. Jika tidak membayar, pindah ke langkah selanjutnya
  2. Anda akan menerima kedatangan tim penagihan ke lokasi Anda bekerja atau ke rumah.
  3. Jika belum membayar, lembaga keuangan melakukan penyitaan kendaraan. Anda diberi waktu selama beberapa hari untuk menebu atas melunasi kewajiban pembayaran.
  4. Jika pelunasan tidak dilakukan, mobil Anda yang disita akan dilelang atau dijual dan hasil penjualan digunakan untuk melunasi kewajiban Anda.

Tanya Jawab

  1. Apa itu Gadai BPKB Mobil

    Proses menjaminkan (gadai) BPKB mobil untuk memperoleh uang tunai.

  2. Apa keuntungan gadai BPKB mobil

    Bisa mendapatkan dana tunai dengan cepat pada bunga yang cukup kompetitif dengan plafon pinjaman cukup besar.

  3. Dimana bisa melakukan gadai BPKB mobil

    Bank dan perusahaan leasing menerima gadai BPKB

  4. Bagaimana proses pengajuan gadai BPKB

    Kendaraan akan diperiksa atau diappraisal untuk menentukan kondisi dan nilai kendaraan yang menjadi dasar pemberian kredit.

  5. Apakah ada kriteria tertentu kendaraan yang bisa gadai BPKB

    Ada, terutama adalah usia kendaraan yang tidak melebihi tahun tertentu.

Kesimpulan

Setiap orang punya kebutuhan dana tunai suatu saat dalam hidupnya. Bagaimana solusinya ?

Ada banyak sih, tetapi salah satunya adalah menjaminkan asset yang kita miliki, yaitu mobil, dengan gadai BPKB mobile ke bank, multifinance atau leasing. Cara jaminan BPKB mobil secara bunga kredit lebih murah (sekali) dibandingkan pinjaman online atau KTA sekalipun.

Semoga Bermanfaat !

Leave a Reply

Your email address will not be published.