Advertisements

10 Kartu Kredit Pertama untuk Pemula (Tips, Syarat, Bunga)

Advertisements

Kartu Kredit adalah alat pembayaran yang penting apalagi di era digital dan online saat ini. Namun, tidak jarang image kartu kredit tidak selamanya bagus, dianggap mendorong konsumsi dan menjerat hutang. Saya ingin menjelaskan terutama kepada pemula kenapa punya kartu kredit itu penting, lalu bagaimana cara mengelola kartu kredit pertama. Ada pula daftar 10 kartu kredit pertama untuk pemula.

Belakangan ini, muncul image yang kurang baik soal kartu kredit, terutama dianggap sebagai penyebab orang jadi konsumtif dan menjerat orang banyak hutang.

Pemahaman yang kurang tepat.

Kartu kredit adalah tool, alat pembayaran tepatnya. Baik buruknya sangat tergantung pada kita yang menggunakan.

Karena itu, penting untuk paham dengan benar, apa itu dan kenapa punya credit card, cara kerja serta bagaimana mengajukan kartu kredit, pilihan kartu kredit pertama yang bisa diajukan oleh pemula dan bagaimana memilih kartu yang sesuai dengan kebutuhan.

Daftar Kartu Kredit Pertama yang akan dibahas adalah:

Advertisements
  1. Kartu Kredit BCA Everday Card
  2. Kartu Kredit HSBC Gold Card
  3. Citibank Citi Simplicity+
  4. Kartu Kredit Mandiri
  5. UOB
  6. BNI
  7. Mega
  8. Permata
  9. CIMB Niaga
  10. DBS Digibank

Kenapa Anda Perlu Punya Kartu Kredit

Sayang, kalau Anda memutuskan tidak punya kartu kredit, sebelum paham benar apa manfaatnya.

Berikut sejumlah alasan kenapa Anda penting memiliki kartu kredit pertama.

#1 Untuk Transaksi Pembayaran

Sesuai fungsinya, kartu kredit adalah alat pembayaran. Anda beli barang atau jasa bayar dengan menggunakan kartu ini,

Dalam beberapa jenis transaksi, Anda perlu menggunakan kartu kredit, antara lain, beli barang di toko online, pesan tiket pesawat atau hotel.

Advertisements

Yang saya rasakan, contohnya, saat membayar transaksi online dengan PayPal, misalnya untuk beli plugin, bayar freelancer di fiverr, semuanya butuh punya kartu kredit.

Kalau pergi travel ke luar negeri terutama ke negara maju, Anda perlu membawa kartu kredit. Di negara Barat, pembayaran banyak sekali yang hanya menerima dengan kartu kredit.

#2 Keamanan

Membawa kartu kredit lebih aman dibandingkan membawa uang tunai.

Bayangkan kalau harus membawa uang segepok di dompet, resiko kehilangannya sangat besar.

Sementara, Anda cukup bawa 1 atau 2 card di dompet.

Uang tunai hilang, yang hilang saja. Sementara, jika kartu hilang, Anda bisa menghubungi bank penerbit untuk memblok kartu kredit Anda tersebut supaya tidak bisa digunakan.

Ditambah lagi, sekarang ada kewajiban menggunakan PIN untuk melakukan transaksi denagn kartu kredit, yang menambah perlindungan agar transaksi lebih aman.

#3 Dana Jaga Jaga

Ada pepatah, “hanya ketidakpastian yang pasti”. Hidup ini penuh berbagai kemungkinan, penuh ketidakpastian, yang salah satunya kita kelola dengan punya dana jaga – jaga, atau istilahnya dana darurat.

Kenapa perlu dana darurat ?

  • Kebutuhan biaya kesehatan rumah sakit yang sering datang mendadak, harus dibayar dengan segera dan unfortunately seringkali dalam jumlah besar. Itu saya pernah mengalami dan limit kartu kredit yang besar sangat sangat membantu.
  • Buat pengusaha, kadangkala kesempatan tidak datang dua kali, dan saat datang butuh dana yang besar dan cepat. Dengan perhitungan yang cermat, credit card bisa membantu menyediakan dana talangan.

Dengan punya kartu kredit, ibaratnya Anda punya akses terhadap uang dalam jumlah besar (sesuai plafon limit), yang bisa diambil sewaktu waktu – tanpa perlu persetujuan – kapan saja dan dimana saja, dan, yang paling penting, jika dana tersebut tidak diambil Anda tidak kena biaya apa apa.

Berbeda dengan pinjaman online atau KTA, yang saat uang cair maka “argo” bunga sudah langsung berjalan, dan harus dibayar cicilan per bulan.

The beauty of credit card, uang jaga jaga yang tersedia di kartu tidak kena bunga selama belum dipakai. Memang ada, iuran tahunan, tetapi jumlahnya tidak besar dan iuran tahunan masih sangat bisa dihapuskan.

Baca juga – Cara Tarik Tunai Kartu Kredit

#3 Pinjam Uang Gratis Bunga 1 Bulan

Ketika membayar dengan kartu kredit, Anda menikmati satu bulan tempo pembayaran.

Hari ini Anda menggunakan, 30 hari kemudian baru bayar hutang Anda.

Jika dibayar lunas saat jatuh tempo, Anda tidak kena bunga, free of intereat dalam 1 bulan.

Bahkan, saya pernah mendapatkan promo kartu kredit yang memberikan tempo pembayaran selama 3 bulan tanpa bunga. Ada pula kartu yang memberikan fasilitas cicilan selama 12 bulan tanpa bunga, betul tanpa bunga, Anda tinggal bagi jumlah tagihan dengan jumlah bulan dan cicil.

Adanya tempo pembayaran 1 bulan di credit card sangat membantu, khususnya buat pengusaha. Tentu saja, hal ini harus dilakukan secara hat-hati karena lepas setelah 1 bulan, bunga credit card cukup tinggi.

#4 Diskon

Penerbit kartu kredit rajin memberikan diskon untuk menarik orang menggunakan kartu.

Contohnya, cashback saat belanja. Cashback bisa bermacam – macam mulai dari 5% per transaksi.

Salah satu yang sering saya temui adalah promo travel fair yang memberikan potongan harga tiket secara khusus jika pembayaran dilakukan dengan kartu kredit yang kerjasama.

Belum lama ini, saya datang ke travel fair, yang menawarkan tiket PP ke Jepang Rp 5 juta per orang, sementara tiket normal bisa 2x lipatnya.

#5 Rewards dan Miles

Setiap kali melakukan transaksi dengan credit cards Anda mendapatkan poin rewards. Misalnya, setiap Rp 5,000 transaksi dapat 1 poins.

Poins ini bisa ditukarkan dengan berbagai macam barang. Ada katalog rewards yang menunjukkan barang yang bisa ditukar dengan poins dan berapa poins yang dibutuhkan untuk mendapatkan barang tersebut.

Selain untuk barang, yang lebih keren menurut saya, poin rewards bisa ditukar menjadi miles. Miles bisa Anda gunakan untuk mendapatkan tiket penerbangan gratis.

#6 Travelling ke Luar Negeri

Manfaat punya credit card terasa sekali saat Anda jalan jalan ke luar negeri. Itu yang saya rasakan.

  • Tidak perlu bawa uang dalam jumlah besar. Simpel kita cukup bawa card dan belanja dengan gesek kartu.
  • Tidak repot harus tukar uang. Transaksi bisa dilakukan dengan credit card di semua mata uang.
  • Fasilitas di airport lounge. Saat penerbangan jauh, long-haul, Anda akan transit dan saat transit dengan kartu kredit Anda bisa menunggu di aiport lounge secara gratis atau bayar dengan diskon.
  • Banyak fasilitas publik di negara maju yang hanya menerima pembayaran dengan kartu. Saya ingat untuk beli tiket kereta trem di suatu negara lebih mudah dibayar dengan kartu kredit.

#7 Better than KTA

Ada banyak fitur yang tersedia di kartu tetapi tidak ada di KTA. Sebelum ambil pinjol atau KTA, saran saya lebih baik ambil kartu kredit dulu.

  • Anda bisa melunasi tagihan card setiap saat tanpa denda, sementara di KTA pelunasan dipercepat kena denda.
  • Setelah bayar, limit credit card akan kembali dan bisa dipakai lagi. Sedangkan, di KTA, pembayaran cicilan setiap bulan tidak mengembalikkan limit dan Anda harus ajukan lagi jika ingin tambah dana dari KTA.
  • Di credit card sudah ada fasilitas cicilan sampai dengan 24 bulan, sehingga Anda bisa mengambil dana tunai dari limit kemudian dirubah ke cicilan.

10 Kartu Kredit Terbaik untuk Pemula

Jujur saja, dalam kenyataannya buat pemula tidak mudah memiliki credit card. Bank punya banyak kriteria dalam memberikan kartu kredit pertama untuk 1st time jobber.

Namun, good news-nya, ada beberapa jenis cards tertentu yang memang diperuntukkan buat pemilik kartu kredit pertama.

Kalau baru kerja, saran saya Anda pilih apply kartu kredit untuk pemula ini. Jangan apply jenis Platinum, pasti sulit disetujui.

Kartu kredit untuk pemula biasanya punya ciri berikut:

  • Persyaratan relatif lebih mudah. Biasanya minimum penghasilan rendah (min rp 3 juta) dan riwayat masa kerja yang diminta bank cukup singkat.
  • Kemungkinan disetujui bank akan lebih mudah dengan persyaratan yang tidak berat.
  • Limit kredit kecil dengan fasilitas terbatas, misalnya tidak ada free airport lounge, promosi sedikit, atau poin rewards yang kecil.
  • Persyaratan penghasilan biasanya di Rp 3 juta per bulan. Ini adalah persyaratan gaji minimal dari Bank Indonesia untuk bisa mengajukan kartu kredit.

Ini daftar ke-10 jenis tersebut yang Anda bisa mengajukan kartu kredit tersebut

#1 Kartu Kredit BCA Everday Card

BCA Everyday Card Kartu Kredit

Kartu kredit BCA untuk pemula adalah BCA Everyday card, dengan iuran tahunan Rp 125,000 termurah bandingkan di kelasnya.

Sesuai namanya, card ini memberikan sejumlah manfaat untuk berbelanja.

  • Fitur cashback 5% di SPBU (non subsidi – Shell, Total, dan Pertamina) dan Hipermarket (Carrefour/Transmart, Lotte Mart, Giant, dan Hypermart).
  • Poin rewards untuk pembelanjaan ritel sebesar Rp 1.000.-, yang mendapatkan 1 poin Reward BCA. Poin bisa ditukarkan dengan banyak pilihan barang di katalog rewards.
  • Cicilan bunga 0,5 persen per bulan sampai dengan tenor 36 bulan. Tenor ini termasuk paling lama di pasaran, hampir tidak ada kartu lain menawarkan tenor cicilan selama ini.

Bank BCA memiliki banyak pilihan tipe card untuk berbagai kebutuhan, seperti travelling, belanja, hiburan, serta untuk nasabah prioritas. Untuk mendapatkan tambahan kartu, Anda bisa mengajukan secara online lewat formulir aplikasi yang tersedia di situs BCA.

#2 Kartu Kredit HSBC Gold Card

HSBC Gold Kartu Kredit

HSBC Gold Card adalah tawaran kartu kredit pertama dari bank asal London ini. Gold Card di HSBC Indonesia adalah tipe paling bawah diantara jenis kartu lainnya.

Annual fee Gold Card paling rendah di Rp 300 ribu per tahun dibandingkan fee kartu lain di HSBC.

Kartu jenis Gold ini menonjolkan fasilitas cicilan. Anda bisa mengubah transaksi belanja menjadi cicilan sampai 24 bulan dan tarik tunai juga bisa menjadi cicilan selama 24 bulan.

Ada pula poin rewards yang diberikan setiap kali melakukan transaksi dengan kartu ini. Diskon sampai dengan 50% dengan HSBC poin rewards serta penukaran e-voucher belanja

#3 Kartu Kredit Citibank Citi Simplicity+

Kartu Kredit Citibank

Kartu kredit Citi Simplicity+ adalah jenis yang paling rendah iuran tahunan, Rp 350,000, di jajaran bank Citibank di Indonesia.

Persyaratan pengajuan relatif simpel, yaitu: Pendapatan Minimum Rp60.000.000,- per tahun; usia 21 tahun ke atas dan dokumen adalah Kartu Tanda Penduduk (KTP), Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP) serta Slip Gaji.

Keunggulan kartu Citi Simplicity+ adalah: Potongan 10% Biaya Bunga setiap Anda membayar tepat waktu. Tidak ada batas maksimum potongan bunga; No Late Fees. Bebas biaya keterlambatan pembayaran; dan No Over Limit Fees. Bebas biaya pemakaian di luar batas kredit.

#4 Kartu Kredit Mandiri

300Bank Mandiri Visa Gold

Bank Mandiri punya kantor yang tersebar di seluruh Indonesia.

Related Post

Buat Anda yang jauh di pelosok, kalau mau pengajuan kartu kredit pertama, pilihan jatuh dengan Bank Mandiri.

Kartu kredit Bank Mandiri untuk pemula, yang mensyaratkan penghasilan Rp 3 juta per bulan, adalah:

  • Mandiri Gold. Limit mulai Rp 2 juta dengan iuran tahunan Rp 300 ribu dengan fasilitas cicilan dan poincash.
  • Mandiri Everyday Card. Limit mulai dari minimum Rp 2 juta dengan iuran tahunan Rp 300 ribu dan fasilitas mengubah transaksi menjadi cicilan tetap dengan bunga hingga 1% per bulan serta cicilan dana tunai hingga 12 bulan.

Salah satu keunggulan Mandiri adalah bank ini mengeluarkan berbagai jenis kartu untuk kebutuhan travel, belanja, olahraga dan lain – lainnya.

Advertisements
Buat Anda jika sudah punya satu dari Mandiri, nanti bisa mengajukan atau upgrade lainnya yang sesuai dengan kebutuhan.

#5 Kartu Kredit UOB

UOB Yolo Card

Saya lihat di UOB yang paling cocok untuk pemula sebagai kartu kredit pertama adalah UOB YOLO Card, yang hanya mensyaratkan KTP dan NPWP dalam pengajuan, menurut penjelasan sales di UOB.

Yolo Card punya fitur andalan berikut:

  • GRATIS iuran tahunan di tahun pertama. Tahun berikutnya: GRATIS dengan minimal transaksi 1x dengan nilai minimal Rp 100.000,- / transaksi setiap bulan sejak disetujui dan jika syarat tidak terpenuhi, iuran tahunan Rp 300.000,-
  • Cicilan 0% hingga 6 bulan untuk kategori hotel & travel, baik online maupun travel agent. Jangka waktu cicilan 3 dan 6 bulan.
  • Gratis Voucher Grab Rp 20ribu setiap melakukan 5x transaksi ritel dengan nilai minimal Rp 100ribu per transaksi

Persyaratan penghasilan minimum adalah Rp 4 juta per bulan untuk status Karyawan Tetap dengan masa bekerja minimum 6 bulan di perusahaan saat ini dan telah bekerja selama 1 tahun dan wiraswasta dngan masa usaha minimum 2 tahun.

#6 Kartu Kredit BNI

BNI Kartu Kredit Gold

BNI Gold adalah tipe kartu kredit kasta paling bawah di Bank BNI 46 Indonesia. BNI Gold bisa menerima karyawan dengan penghasilan mulai dari Rp 3 juta per bulan.

Namun, limit atau pagu kredit yang diberikan cukup kecil mulai dari Rp 3 juta atau 4 jutaan.

Untuk pemula ini cukup bagus. Nanti dengan pemakaian kartu yang bagus, tidak pernah menunggak, Anda bisa mengajukan upgrade atau minta kenaikkan limit.

BNI memiliki banyak pilihan jenis cards, baik yang milik bank sendiri atau co-branding bank dengan perusahaan lain (misalnya garuda), yang membuat Anda bisa memilih dengan lebih leluasa. Saya dengar bahkan limit di Bank BNI adalah dedicated limit dan bukan limit gabungan, sehingga dengan punya beberapa kartu sajadi Bank BNI Anda sudah punya limit yang cukup besar.

#7 Kartu Kredit Bank Mega

Bank Mega memiliki kartu kredit Mega Silver untuk pemula. Mega Silver memiliki annual fee terendah, Rp 300 ribu setahun, di jajaran Bank Mega.

Advertisements

Karena bagian dari group CT, pemegang Mega Silver dari Bank Mega bisa menikmati sejumlah diskon dari perusahaan lain dalam satu group, yaitu diskon di Coffee Bean & Tea Leaf, Baskin-Robbins, dan Wendy’s.

Advertisements
, pembelian Ice Cream Cake di Baskin-Robbins; diskon 10% di seluruh Carrefour dan Transmart Carrefour di Indonesia; diskon 10% untuk transaksi di Metro Department Store; diskon 20% di Transvision untuk seluruh paket langganan Transvision dan diskon 25% untuk entrance fee di Trans Studio.

Saya tidak lihat ada banyak fasilitas lain yang menonjol, seperti poin rewards atau welcome bonus, selain berbagai diskon di kartu Mega ini. Tetapi, memang diskonnya lumayan besar, apalagi jika Anda rajin bertandang ke tempat – tempat yang kerjasama dengan Bank Mega.

#8 Kartu Kredit Permata

Bank Permata menawarkan PermataReward Card Classic untuk kartu kredit pertama. Card tipe classic ini memiliki iuran tahunan Rp 200,000.

Card Permata ini untuk semua kebutuhan liburan Anda dengan beragam fasilitas, antara lain, adalah:

  • Poin Reward. Hingga 10x Poin Reward Untuk Transaksi di Luar Negeri menggunakan valuta asing dan transaksi rupiah di Merchants Hotel, Airlines, dan Travel
  • SimplePay 0%. Cicilan 0 % 3 bulan untuk transaksi Hotel, Airlines dan Travel. Setiap transaksi yang diubah menjadi Cicilan SimplePay di Merchant, akan dikenakan biaya Rp 15,000/transaksi

#9 Kartu Kredit CIMB Niaga

Bank CIMB Niaga memiliki kartu kredit untuk pemula, yaitu CIMB Niaga Classic, dengan fasilitas antara lain:

  • Gratis Iuran Tahunan: Berlogo MasterCard gratis seumur hidup, berlogo VISA gratis 2 tahun pertama
  • Fasilitas Cicilan Tetap: Pembelanjaan ritel dengan CIMB Niaga Classic bisa diubah menjadi cicilan tetap dengan jangka waktu angsuran 3, 6 dan 12 bulan. Ubah transaksi pembelanjaan Anda melalui Internet Banking Credit Card di www.cimbclicks.co.id atau Phone Banking di 14041 sebelum tanggal cetak tagihan.
  • Poin Xtra. Dapatkan 1 Poin Xtra setiap pembelanjaan Rp 5.000,- kecuali transaksi penarikan tunai (cash advance), transfer balance, cash plus, cashback, katalog, cicilan, pembayaran iuran keanggotaan/membership dan pembayaran angsuran.

#10 Kartu Kredit DBS Digibank

DBS Digibank Kartu Kredit

DBS Digibank menawarkan Kartu Kredit digibank Live Fresh Visa, yang cocok buat pemula.

Annual Fee digibank Live Fresh Visa sebesar Rp 300 ribu setahun, paling rendah diantara tipe lain di Digibank, dengan fitur andalan, yaitu:

  • Cashback 5%. Anda bisa menikmati cashback 5% hingga Rp 300.000 dari transaksi online setiap bulan nya dengan belanja ritel non-online minimal 5x setiap bulan.
  • Mengubah transaksi menjadi cicilan secara online. Cukup dilakukan secara online melalui aplikasi Digibank. Tidak perlu menelpon call center.
  • Welcome BONUS! Tambahan cashback Rp 50,000 + Bebas annual fee untuk 1 Tahun Pertama. Khusus untuk Kamu pemegang card baru yang telah melakukan Aktivasi, melakukan minimum pembelanjaan Rp 1jt dalam 60 hari pertama sejak disetujui

Kartu DBS terkenal cukup royal dalam memberikan limit. Pengalaman saya sendiri saat kartu ANZ saya dikonversi ke DBS, tidak lama saya langsung dapat kenaikkan limit cukup lumayan.

Tips Pakai Kartu Kredit Pertama

Saya mengalami sendiri, saat punya kartu kredit pertama, bahwa pengelolaan keuangan yang baik itu penting sekali.

Saya pernah terjebak hutang kartu kredit di masa awal menggunakannya. Salah kelola akibat cara pemakaian yang tidak bijaksana.

Tapi, karena sudah merasakan manfaat kartu kredit yang memang penting, saya belajar bagaimana mengelola penggunaan kartu kredit dengan bijaksana.

Dari pengalaman yang sangat tidak menyenangkan itu, tetapi berharga, saya ingin berbagi tips soal cara penggunaan kartu kredit yang sehat secara keuangan.

#1 Kartu Kredit itu Bentuk Lain Hutang

Meskipun dalam bentuk plastik, kartu kredit adalah bentuk lain dari hutang. Bukan tambahan penghasilan, karena setiap kali menggunakan kartu artinya ada kewajiban yang wajib diselesaikan saat jatuh tempo.

Memang secara psikologi, dan ini sudah dibuktikan oleh beberapa penelitian, beban kita saat membayar dengan kartu kredit berbeda dengan saat membayar secara tunai.

Pembayaran dengan kartu kredit terasa lebih ringan atau tanpa beban. Akibatnya kita jadi lebih konsumtif saat bayar dengan kartu kredit – yang dulu tidak akan beli jika bayar tunai, sekarang jadi beli saat tahu pakai kartu kredit. Apalagi dengan limit kartu yang besar, yang membuat kita merasa punya ‘banyak uang’ untuk membeli.

Berbeda dengan saat bayar secara tunai, ada sesuatu yang hilang, yang membuat kita lebih mikir saat bayar. Dan karena uang tunai di dompet relatif terbatas (dibandingkan limit di kartu) maka pengeluaran tidak bisa besar saat membayar dengan tunai.

Karena itu, penting sekali membangun kesadaran sejak awal dan terus diingat bahwa kartu kredit itu hutang. Hutang harus dibayar, makanya hati – hati saat menggunakan kartu kredit.

#2 Monitoring Pengeluaran

Memonitor pengeluaran itu penting untuk memastikan bahwa pengeluaran kita terkendali sesuai dengan budget dan tidak lebih besar pasak daripada tiang.

Pemakaian kartu kredit harus diawasi secara rutin. Jangan hanya lihat pemakaian, saat setelah tagihan datang – terlambat !

Dengan membiasakan diri melihat penggunaan kartu kredit, saya jadi tahu saat penggunaan sudah melebihi batas. Saya bisa segera mengerem pemakaian card. supaya tidak melebihi kemampauan pembayaran saya.

Ada mekanisme early detection yang kita lakukan dalam pemakaian produk kredit ini.

Sekarang, memonitor penggunaan card sudah saat mudah lewat aplikasi mobile banking perbankan. Semua transaksi kartu kredit tampil secara real-time di aplikasi perbankan.

#3 Sebisa Mungkin Bayar Lunas !

Semua manfaat kartu kredit akan hilang jika Anda tidak membayar lunas.

Jika tidak lunas, Anda harus membayar suku bunga kredit yang tinggi, yaitu 2.25% per bulan, ditambah denda keterlambatan Rp 150 ribu regardless jumlah tunggakan.

Saya pernah melakukan perhitungan bahwa jika Anda membayar hanya minimum (10% dari tagihan) maka tagihan kartu kredit akan lunas dalam jangka waktu lama sekali. Alasannya simpel karena beban suku bunga yang terus menumpuk mengalahkan pembayaran minimum yang Anda lakukan.

Makanya, sebisa mungkin lunasi semua tagihan Anda. Caranya, pakai sesuai kemampuan Anda membayar.

#4 Tidak Ada Namanya Cicilan 0%

Daya tarik kartu kredit adalah iming-iming cicilan 0%. Angka 0 membuat orang membayangkan tanpa bunga.

Tapi, dari pengamatan dan pengalaman juga, saya lihat bahwa betul tidak ada bunga di 0%, tetapi ada biaya atau cara lain yang menaikkan harga barang, yang membuat pembayaran Anda tidak 0% sebenarnya, yaitu:

  • Biaya layanan saat transaksi online. Betul cicilan 0% tetapi setelah itu masih ditambahkan biaya layanan.
  • Harga barang secara cicilan berbeda dengan harga barang saat bayar tunai. Anda bisa cek toko saat beli berapa harga tunainya. Perbedaan harga tunai dan harga cicil adalah bunga.

Kalau memang betul ada kartu kredit yang memberikan bunga 0%, setelah lolos dua pengecekan diatas – tidak ada biaya layanan dan harga tunai sama dengan harga cicil – itu bagus sekali. Tetapi, sejauh ini saya tidak pernah ketemu.

Pemakaian dengan cicilan seringkali memancing untuk membeli sesuatu kebutuhan tersier, yang tidak urgent dan tidak perlu. Misalnya ganti HP terbaru sebelum waktunya hanya karena ada iming – iming beli dengan cicilan.

Perlu betul betul cermat saat membeli dengan cicilan. Jangan sampai menambah pengeluaran bulanan tanpa perencanaan yang jelas.

#5 Yang Salah Bukan Kartunya, Tapi Perilaku Anda

Dalam beberapa kesempatan, saya pernah nonton orang yang ingin keluar dari jeratan hutang dan menggunting kartu kredit serta berjanji tidak akan pernah menggunakan kartu lagi.

Apakah kartu kreditnya, salah ? Apakah kalau terjadi tabrakan di jalan, mobilnya yang salah ?

Tentu tidak !

Kartu kredit itu tools – alat pembayaran – yang baik tidaknya tergantung cara pemakaian kita. Seperti saya jelaskan diawal, ada banyak sekali manfaat menggunakan kartu kredit jika bisa menggunakannya dengan bijaksana.

Bukannya gunting kartunya tetapi pelajari cara memakainya dengan bijaksana dan benar.

Kartu Kredit Pertama

  1. Kenapa Punya Kartu Kredit

    Ada banyak manfaat yang diberikan kartu kredit, antara lain: dana darurat untuk jaga jaga, alat pembayaran non-tunai dan fasilitas lainnya dalam kartu.

  2. Bagaimana Kartu Kredit Pertama untuk Pemula

    Kartu kredit yang lebih mudah diperoleh dengan persyaratan mudah tetapi memberikan limit kecil dan fasilitas terbatas.

  3. Ada beberapa pilihan kartu kredit untuk pemula

    Ada 10 pilihan yang bisa diajukan sebagai kartu kredit pertama

  4. Bagaimana supaya tidak terjerat hutang kartu kredit

    Pakai sesuai kemampuan untuk membayar, monitor pengeluaran dengan kartu kredit dan tidak mudah tergiur diskon.

Kesimpulan

Tujuan saya menulis artikel ini simpel. Anda pemula bisa tahu manfaat kartu kredit dan memilih alat pembayaran ini dengan bijaksana supaya bisa mendapatkan manfaat yang semaksimal mungkin.

Ada 10 kartu kredit pertama untuk pemula, yang bisa Anda coba.

Semoga bermanfaat !

Advertisements