Silakan masukkan kata kunci pada kolom pencarian

Kartu Kredit BCA vs Mandiri, Mana Lebih Baik

Daftar Isi

Kartu Kredit BCA vs Mandiri, Mana Lebih Baik

Keunggulan Kartu kredit BCA di program mileage point yang menarik, sistem transaksi contactless yang memudahkan dan promo di merchant tertentu seperti Starbuck, Bioskop.

Sementara, kartu kredit Mandiri punya keunggulan dengan menawarkan berbagai banyaknya jenis kartu dengan manfaat tertentu, seperti Golf, Travelling, automotive, pemberian limit di Mandiri juga lebih besar dari BCA dan adanya cicilan tetap 0% untuk merubah dari tagihan bulanan kartu kredit.

Di Mandiri juga punya pencairan dana tunai dari kartu kredit ke rekening Mandiri untuk cicilan, yang tidak ada di kartu kredit BCA.

Kekurangan kartu kredit Mandiri di program mileage yang terbatas, sedangkan kekurangan kartu kredit BCA di limit kecil dan pengajuan yang sulit disetujui.

Apa itu Kartu Kredit BCA

Kartu Kredit BCA adalah kartu kredit terkemuka dari Bank BCA di Indonesia, dan satu-satunya bank di Indonesia yang menawarkan proprietary card atau local private label, yang tidak terafiliasi dengan jaringan lokal maupun internasional lainnya.

BCA mencatatkan jumlah transaksi kartu kredit sebesar Rp 146,1 triliun, atau tumbuh 47,7% YoY di tahun 2022. Pangsa pasar kartu kredit BCA juga tercatat lebih dari 28%, tumbuh dari tahun sebelumnya sebesar 24,7%.

Baca juga - cara menutup kartu kredit mandiri, kartu kredit bca untuk pemula, buat kartu kredit online tanpa syarat, bca smartcash, limit kartu kredit bank mega, cara menutup kartu kredit bank mega, pengajuan kartu kredit bri, biaya tarik tunai kartu kredit bri, kartu kredit terbaik, kartu kredit miles

Kelebihan Kartu Kredit BCA

Berikut ini adalah daftar kelebihan kartu kredit Bank BCA

1. Contactless

Transaksi Kartu Kredit BCA di merchant melalui mesin EDC menjadi lebih cepat dan mudah dengan fitur Contactless. Cukup dekatkan Kartu Kredit BCA yang sudah memiliki fitur Contactless ke mesin EDC berlogo Contactless, transaksi Anda berhasil dilakukan.

2. BCA Travel Service

Layanan bagi nasabah BCA untuk memenuhi berbagai kebutuhan perjalanan dengan keistimewaan :

  • Fasilitas pemesanan via telepon & pengantaran tiket
  • Harga yang kompetitif
  • Dana Siaga Bisa Digunakan Setiap Saat

3. Autopay BCA

Solusi pembayaran semua tagihan rutin dengan mudah tanpa perlu mengingat beragam nomor tagihan yang mempunyai tanggal tagihan yang berbeda-beda seperti tagihan listrik, telepon, handphone, internet, asuransi ataupun TV berbayar.

4. Dana Siaga Tunai

Kartu kredit BCA punya kelebihan memberikan plafon kredit yang bisa ditarik setiap saat ketika dibutuhkan.

Kalau kartu kredit tidak digunakan, kita tidak kena biaya apapun. Cukup kartu kredit kita simpan.

Jadi, kartu ini menjadi standby loan buat kita berjaga - jaga.

Berbeda, misalnya, dengan pinjaman KTA yang butuh proses beberapa hari untuk bisa bank memberikan persetujuan dan mencairkan dana tunai KTA.

Bunga dana tunai yang ditarik dari kartu kredit juga bersaing dengan bunga KTA. Bahkan, tidak jarang, penerbit kartu kredit melakukan promo bunga murah, jika dana tunai diubah menjadi cicilan.

5. Asuransi Credit Life

Credit Life merupakan produk asuransi jiwa berjangka dari BCA Life yang memberikan perlindungan bagi pemegang Kartu Kredit BCA dimana tagihan Kartu Kredit yang belum terbayarkan, tidak termasuk bunga Kartu Kredit dan denda keterlambatan (jika ada), akan dilunasi jika terjadi risiko meninggal dunia pada Tertanggung. Perlindungan juga dilengkapi dengan santunan tambahan apabila nasabah meninggal dunia akibat kecelakaan untuk ahli waris. Produk ini dipasarkan melalui jalur telemarketing.

6. Asuransi Kecelakaan Perjalanan Otomatis

Asuransi kecelakaan diri selama perjalanan merupakan salah satu fasilitas yang disediakan secara otomatis bagi pemegang Kartu Kredit BCA yang melakukan pembelian tiket angkutan darat, laut, dan udara untuk perjalanan dalam negeri maupun ke luar negeri berupa pertanggungan terhadap:

7. Cicilan BCA

Ubah semua transaksi menjadi transaksi Cicilan BCA dengan bunga yang sangat kompetitif dan jangka waktu cicilan dapat dipilih sesuai kebutuhan.

Cukup transaksi minimal Rp500.000 untuk mengubah jadi cicilan tanpa perlu registrasi

Suku bunga kompetitif dan jangka waktu cicilan yang dapat dipilih sesuai kebutuhan

8. Reward BCA

Dapatkan Reward BCA setiap transaksi dengan Kartu Kredit BCA kapan saja termasuk di luar negeri. Tukar langsung dengan berbagai barang yang dibutuhkan di semua tempat belanja bertanda Reward BCA, sesuai dengan jumlah reward yang dimiliki.

Dapat digunakan sebagai potongan harga pada transaksi berikutnya atau ditukarkan ke loyalty program airlines/e-commerce/loyalty partner yang telah bekerja sama

Dalam bentuk Rupiah, dapat ditukarkan hingga 100% dan tidak ada expiry date.

Kekurangan Kartu Kredit BCA

Berikut ini adalah daftar kerugian dalam menggunakan kartu kredit BCA.

1. Sulitnya Apply CC BCA

Tidak mudah mengajukan kartu kredit ke bank BCA. Persyaratannya banyak dan cukup ketat.

Dan persyaratan tersebut dikontrol oleh Bank Indonesia. Bank penerbit kartu wajib patuh dengan ketentuan tersebut

Beberapa ketentuan dan persyaratan pokok pengajuan kartu kredit adalah:

  • Minimum Usia. Kartu Kredit utama adalah 21 (dua puluh satu) tahun atau telah kawin; Kartu Kredit tambahan adalah 17 (tujuh belas) tahun atau telah kawin;
  • Minimum Pendapatan. Penghasilan per bulan minimum dari pemegang kartu kredit adalah Rp3 juta.
  • Slip Gaji. Dokumen penghasilan wajib diserahkan untuk bank bisa mengevaluasi pendapatan.
  • Batas maksimum jumlah Penerbit Kartu Kredit yang dapat memberikan fasilitas Kartu Kredit untuk 1 (satu) Pemegang Kartu Kredit adalah 2 (dua) Penerbit Kartu Kredit.

2. Limit Rendah

Kartu kredit BCA dikenal pelit memberikan limit kartu. Limit yang diberikan biasanya rendah dana jarang dinaikan limit di kemudian waktu.

3. Harus Punya Rekening BCA

Untuk bisa mengajukan kartu kredit BCA, pengguna harus buka rekening tabungan di BCA terlebih dahulu. padahal kartu kredit yang diajukan belum tentu disetujui.

Apa itu Kartu Kredit Mandiri

Apa itu Kartu Kredit Mandiri

Kartu Kredit Mandiri adalah alat pembayaran dengan menggunakan kartu maupun virtual card dari Bank Mandiri, yang dapat digunakan oleh individu maupun korporasi untuk melakukan pembayaran atas kewajiban yang timbul seperti transaksi belanja dan/atau penarikan tunai.

Produk-produk Kartu Kredit Mandiri terdiri dari:

  1. Kartu Kredit Reguler, yang terdiri dari: Mandiri Visa Gold, Mandiri Mastercard Gold, Mandiri JCB Gold, dan Mandiri AMEX Vibe;
  2. Kartu Kredit Premium, yang terdiri dari: Mandiri Mastercard Style Titanium, Mandiri Visa Platinum, Mandiri American Express Business Card, Mandiri JCB Precious, Mandiri Mastercard World, Visa Signature, dan Mandiri Visa Infinite;
  3. Kartu Kredit Co-Branding, yang terdiri dari: Garuda Mandiri, Mandiri Pertamina, Mandiri Telkomsel, Mandiri Bank BJB, Mandiri Bank DKI, Mandiri LOTTE Mart, Mandiri Batik Air, dan Mandiri JD.ID;
  4. Kartu Kredit Affinity, yang terdiri dari: Kartu Affinity Universitas, Kartu Affinity Ikatan Alumni, dan Kartu Affinity Komunitas/ Organisasi, dan Kartu Affinity Pegawai Perusahaan;
  5. Kartu Kredit Corporate, yang terdiri dari: Mandiri Visa Corporate Card Gold, Mandiri Visa Corporate Card Platinum, Mandiri Mastercard Virtual Card Number, dan Mandiri Kartu Kredit Pemerintah;
  6. Kartu Kredit Private Label yang terdiri dari: Mandiri Travelling Card, Mandiri Gasoline Card, dan Mandiri Health Card;
  7. Mandiri Kartu Tunai merupakan pinjaman tanpa agunan yang bersifat revolving dan dapat diubah menjadi cicilan tetap, hanya dapat digunakan untuk melakukan tarik tunai dan transfer di ATM Mandiri.

Pengguna Kartu Kredit Mandiri dapat menikmati kenyamanan dan kepastian di dalam pengelolaan kartu kreditnya melalui layanan My Credit Card di Mandiri Mobile Banking.

Kelebihan Kartu Kredit Mandiri

1. Travelling

Untuk Anda yang gemar travelling, rencanakan perjalanan Anda yang berikutnya dengan Mandiri Signature dan Mandiri Skyz Card.

Dapatkan nilai tukar kurs yang kompetitif, asuransi perjalanan, dan khusus untuk Mandiri Signature, Anda akan mendapatkan 3 fiestapoin untuk setiap transaksi Rp 20.000,-serta dapat terbang lebih cepat dengan menukarkan 100 fiestapoin untuk 100 GarudaMiles.

2. Automotives

Dipersembahkan khusus untuk Anda yang mementingkan kenyamanan berkendaraan atau kebutuhan otomotif lainnya. Dapatkan upgrade untuk pembelian BBM, perlindungan asuransi, dan 2x Fiestapoin untuk transaksi di SPBU Pertamina.

3. Golf

Khusus bagi penggemar golf, gabungkan keuntungan kartu kredit Mandiri dengan akses ke fasilitas golf yang terbaik, termasuk rangkaian turnamen golf yang diselenggarakan oleh Bank Mandiri.

4. Lifestyle

Kebutuhan sehari-hari Anda sudah tercakup dalam produk Mandiri kartu kredit Regular. Kumpulkan Fiestapoinnya dan tukarkan dengan berbagai penawaran menarik dari maskapai terkemuka, toko retail dan online, restoran, hotel, bahkan tempat rekreasi serta konser artis internasional di luar negeri.

5. World Elite

Mandiri World Elite merupakan kartu kredit level tertinggi yang diterbitkan oleh Bank Mandiri. Kartu ini eksklusif diperuntukkan bagi nasabah Private Banking Bank Mandiri (nasabah dengan total dana kelolaan ? Rp20 Miliar).

6. Corporate

Corporate Card Mandiri merupakan kartu kredit yang diterbitkan untuk memenuhi kebutuhan transaksi dan perjalanan bisnis perusahaan dengan menyediakan kemudahan bagi perusahaan untuk mengontrol setiap transaksi yang dilakukan oleh pegawai.

7. Livin’poin (fiestapoin)

Livin’poin (fiestapoin) adalah program loyalti Bank Mandiri dalam bentuk poin untuk transaksi yang dilakukan menggunakan mandiri kartu kredit setiap kelipatan Rp 20.000. Dalam jumlah tertentu, Livin’poin yang telah terkumpul dapat ditukarkan dengan berbagai hadiah menarik.

Tetap nyaman dalam perjalanan dengan tukar Livin’poin jadi akses ke Airport Lounge & Merchant.

8. Mandiri Contactless

Pembayaran contactless adalah bentuk dari otorisasi pembayaran transaksi di mana pemegang kartu dapat melakukan bertransaksi hanya dengan menempelkan (tapping) kartu kredit pada mesin pembaca kartu (EDC) yang tersedia tanpa harus menggunakan PIN atau tanda-tangan (transaksi contactless).

Fitur contactless berlaku untuk nilai transaksi di bawah Rp 1 juta, sedangkan pembelanjaan dengan nilai transaksi ?Rp 1 juta tetap diperlukan otorisasi melalui PIN atau tanda tangan.

9. Mandiri Power Installment Bunga 0%

Merupakan fitur kartu kredit untuk merubah transaksi retail menjadi cicilan dengan bunga ringan, dengan penawaran berdasarkan channel pengajuan.

10. Mandiri Power Cash

Merupakan fitur kartu kredit berupa pencairan dana tunai ke rekening Mandiri untuk memenuhi segala kebutuhan Anda dan dapat dicicil hingga 36 bulan.

Kekurangan Kartu Kredit Mandiri

1. Tidak mudah mengajukan kartu kredit Mandiri

Banyaknya persyaratan dan ketatnya proses pengajuan membuat kartu kredit Mandiri tidak mudah.

Dan persyaratan tersebut dikontrol oleh Bank Indonesia. Bank penerbit kartu wajib patuh dengan ketentuan tersebut

2. Co - Branding Mandiri Jarang dengan Brand Luar Negeri

Kartu kredit Mandiri tidak melakukan co-branding dengan brand luar negeri, seperti Singapore Airlines, sehingga buat pengguna yang suka travelling ke luar negeri sulit mendapatkan mileage gratis untuk travelling.

Baca juga - tokopedia card, kartu kredit jenius, tarik tunai kartu kredit bca, ovo u card, tarik tunai kartu kredit bca, bunga kartu kredit bni, tarik tunai kartu kredit mandiri, apply kartu kredit bank mega

Bandingkan Kartu Kredit Terbaik !

Bandingkan kartu kredit dan temukan sesuai kebutuhan Anda!

Bagikan Melalui

Daftar Isi

Berlangganan Duwitmu

Komentar (0 Komentar)

Tulis Komentar - Balasan untuk Tito Shadam

Email Anda tidak akan di publish

Batalkan Membalas

Captcha Wajib Diisi

Artikel Terkait