Silakan masukkan kata kunci pada kolom pencarian

Analisa Emas 7 Oct 2022: Sideways Menjelang Non Farming Payroll

Daftar Isi

Analisa Emas 7 Oct 2022: Sideways Menjelang Non Farming Payroll

Ringkasan analisa emas hari ini adalah:

  • Harga emas mengalami sideways di range 1700-1729
  • Sentimen hawkish the Fed menahan penguatan harga emas
  • Pelaku pasar berfokus pada data ketenagakerjaan NFP yang akan rilis malam ini
  • Jika data NFP lebih baik daripada ekspektasi, emas bisa kembali tertekan karena sentimen hawkish the Fed menguat

Setelah tutup bullish selama 6 hari berturut-turut sejak akhir September lalu, nilai tukar emas mengalami perlawanan dari seller dan mengalami sideways di range harga 1700-1729.

Emas yang melemah dari 1729 tertekan oleh penguatan dollar AS akibat sentimen hawkish the Fed yang berpotensi akan menaikkan suku bunga 75 basis poin lagi.

Baca juga - Panduan Lengkap Trading Forex

Sentimen hawkish datang dari komentar para pejabat the Fed yang terus menyuarakan kenaikan suku bunga karena inflasi dianggap belum memenuhi target.

Beberapa nama pejabat the Fed seperti Waller, Daly dan Evans mengatakan bahwa kenaikan suku bunga lanjutan sampai 2023 adalah langkah yang akan ditempuh untuk meredam inflasi. Target suku bunga the Fed berkisar 4.5%-4.75% sampai pertengahan tahun 2023.

Data makro ekonomi terakhir memberikan sinyal masih kuatnya perekonomian AS sehingga peluang kenaikan suku bunga lanjutan cukup besar. Rabu lalu, data ketenagakerjaan ADP non-farm employment change dan ISM services PMI AS mencatatkan hasuil yang membaik.

Fokus pelaku pasar beralih ke data ketenagakerjaan non-farm payrolls yang akan rilis malam ini. Data ini sedang mengawasi ketat oleh the Fed karena menjadi salah satu pertimbangan penting dalam mengambil kebijakan suku bunga.

data ketenagakerjaan non-farm payrolls

Non-farm payrolls AS September ini diperkirakan turun dari 315K menjadi 248K. Angka NFP yang lebih tinggi daripada ekspektasi menunjukkan ekonomi yang masih kuat sehingga peluang the Fed akan menaikkan suku bunga 75 bps lagi menjadi lebih besar.

Berdasarkan Fedwatch tool CME, peluang the Fed menaikkan suku bunga 75 basis poin pada 2 November mendatang sebesar 73.1% sedangkan kenaikan 50 basis poin hanya 26.9%. Data ini menunjukkan bahwa ekspektasi pasar terhadap kenaikan 75 basis poin sangat tinggi.

Fedwatch tool CME

Namun, persentase peluang kenaikan suku bunga ini masih bisa berubah melihat data NFP yang bakal rilis hari ini.

Analisa Teknikal Emas

Secara teknikal, harga emas sedang ranging dan menguji area supply 1720.00-1735.00. Kondisi buyer masih cukup kuat dan peluang entry yang akan kita ambil harus melihat rilis data ketenagakerjaan hari ini.

Analisa Teknikal Emas

Peluang Entry

Peluang entry akan menggunakan skenario breakout pada area supply dan demand dengan rincian sebagai berikut.

ActionTarget dan Entry Price
1. Buy Entry price: 1735.10
 Target price: 1745.00
2. SellEntry price: 1699.70
 Target price: 1680.00

Selain itu, tidak kalah pentingnya agar selalu gunakan sabuk pengaman yaitu stop loss sesuai dengan aturan risiko per transaksi yang Anda gunakan agar kerugian dapat dibatasi.

Semoga bermanfaat.

Bagikan Melalui

Daftar Isi

Berlangganan Duwitmu

Komentar (0 Komentar)

Tulis Komentar - Balasan untuk Tito Shadam

Email Anda tidak akan di publish

Batalkan Membalas

Captcha Wajib Diisi

Artikel Terkait