Silakan masukkan kata kunci pada kolom pencarian

Pengalaman Menabung Emas, Cicil Emas Pegadaian, Apa Aman

Daftar Isi

Pengalaman Nabung Emas Pegadaian (Bunga, Return, Resiko)

Apakah aman menabung emad dan cicil emas di Pegadaian ? Aman karena Pegadaian punya izin resmi OJK.

Lagi punya rencana akan menabung emas di Pegadaian ? Baca ulasan ini.

Saya dan tim berbagi pengalaman kami dalam Menabung Emas dan Cicil di Pegadaian soal cara kerja, daftar, syarat dan ketentuan tabungan emas pegadaian.

Tabungan emas pegadaian adalah cara investasi nabung emas aman dan terpercaya lewat Pegadaian secara online dengan menabung mulai Rp 5,000. 

Bisa digunakan untuk gadai emas jika membutuhkan dana tunai talangan. Ikuti pengalaman menabung investasi emas di pegadaian digital. 

Review saya tentang membuka dan menabung di aplikasi tabungan emas pegadaian digital 2019 2020. Berapa return investasi emas di Pegadaian, cara menjual emas dan keamanan serta resiko investasi?

Emas senantiasa menjadi instrumen penting dalam rencana keuangan. Sejak dahulu sampai sekarang, emas adalah aset penting untuk menyimpan kekayaan.

Seiring perkembangan teknologi finansial, cara menabung emas yang dulu tidak praktis karena harus bolak balik ke toko untuk membeli dan ke bank untuk menyimpan emas, sekarang bisa diatasi dengan inovasi teknologi. Salah satunya melalui pembukaan Pegadaian Digital yang di dalamnya memiliki fitur Tabungan Emas Pegadaian.

Apa itu Tabungan Emas Pegadaian

Berbeda dengan umumnya tabungan, pembukaan tabungan emas dilakukan lewat aplikasi pegadaian digital yang tersedia di Google Play Store. Dalam aplikasi tersebut, proses pendaftaran dan penyetoran awal tabungan emas dilakukan secara online.

Bagaimana membuka, menyetor dan memanfaatkan tabungan emas pegadaian. Ada mudahnya, tetapi ternyata ada sulitnya juga yang perlu diantisipasi Anda yang ingin membuka Tabungan Emas.

Pegadaian

Pegadaian

Apa itu Pegadaian?

Pegadaian adalah lembaga pembiayaan yang menawarkan ragam produk dan layanan , yakni produk pembiayaan gadai dan fidusia bagi masyarakat yang membutuhkan likuiditas (pendanaan), produk investasi emas secara mudah dan aman bagi masyarakat yang kelebihan likuiditas, serta produk aneka jasa (remittance & payment) bagi masyarakat yang membutuhkan layanan percepatan transaksi keuangan.

Pegadaian Syariah Digital (Pegadaian Digital Service) adalah Mobile apps Pegadaian Digital yang merupakan layanan berbasis aplikasi untuk membantu nasabah melakukan transaksi Gadai dan beragam transaksi lain melalui smartphone.

Saat ini Pegadaian telah tersebar di hampir seluruh Indonesia. Per 31 Desember 2018, tercatat Perusahaan telah memiliki 12 Kantor Wilayah, 59 Kantor Area, dan 4.221 outlet yang terdiri dari 642 Kantor Cabang dan 3.579 Kantor Unit Pelayanan Cabang.

Dimana unit atau kantor Pegadaian emas terdekat bisa dicek secara online di website Pegadaian. 

Seluk Beluk Tabungan Emas

Seluk Beluk Tabungan Emas
Aplikasi Pegadaian Digital 

Apa itu Tabungan Emas di Pegadaian? Bagaimana cara beli emas di Pegadaian? Berapa harga emas pegadaian hari ini? Berapa harga buyback emas pegadaian hari ini?

Semua pertanyaan diatas bisa dijawab lewat aplikasi Pegadaian Digital yang memiliki fitur Tabungan Emas.

Tabungan Emas adalah emas batangan yang dimiliki Pemilik Rekening berdasarkan perjanjian jual beli emas dan penitipan emas yang disetujui oleh Pegadaian dan Pemilik Rekening. Dengan kata lain, tabungan emas merupakan layanan pembelian dan penjualan emas dengan fasilitas titip.

Melalui tabungan emas, Anda melakukan investasi emas Pegadaian.

Jika Anda bertanya, apakah Pegadaian membeli emas fisik ketika terjadi transaksi di Tabungan Emas? Jawaban iya, Pegadaian membeli emas fisik dan menitipkan untuk Anda.

Adanya emas fisik ini dikonfirmasi pula oleh petugas Pegadaian yang saya temui di kantor unit Pegadaian. Petugas bilang bahwa pembelian emas fisik itu wajib, meskipun proses pembelian dilakukan secara gabungan antara semua konsumen yang membuka dan memiliki saldo tabungan emas.

Pembukaan tabungan emas secara online lewat aplikasi Pegadaian digital dikenakan biaya biaya Fasilitas Titipan selama 12 Bulan Rp. 30.000, dan Pembelian Saldo Awal sebesar Rp. 70.000. Biaya pembukaan dan saldo awal harus dibayar sebelum tabungan emas bisa dibuka.

Biaya pembukaan secara online lewat aplikasi Pegadaian Digital paling murah dibandingkan pembukaan di outlet Pegadaian atau via agen Pegadaian. Selain mudah, pembukaan online juga lebih murah.

Beli dan Jual emas melalui Tabungan Emas dilakukan berdasarkan harga beli dan harga jual yang ditetapkan oleh Pegadaian. Tidak bisa menggunakan referensi harga lain, selain yang sudah ditetapkan oleh Pegadaian. Harga emas beli dan jual setiap hari bisa dilihat di aplikasi Pegadaian Digital.

Menabung emas atau top up bisa dilakukan secara online lewat aplikasi Pegadaian digital yang di dalamnya terdapat fasilitas di tabungan emas. Minimal pembelian Rp. 50.000 dan maks Rp. 10 Juta per hari.

Saldo tabungan emas bisa dicairkan menjadi uang tunai dengan cara saldo titipan emas dijual kembali (buyback) melalui aplikasi Pegadaian Digital. Saldo rekening minimal untuk transaksi jual kembali atau transfer adalah 0.1 gram dan biaya transaksi melalui aplikasi Pegadaian Digital dikenakan biaya adm bank Rp. 2.500.

Saldo di tabungan emas bisa dipindahkan antar rekening lewat fasilitas transfer saldo emas. Transfer saldo Tabungan Emas melalui aplikasi Pegadaian Digital dengan minimal transaksi sebesar 1 gram. Saldo rekening minimal untuk transaksi jual kembali atau transfer adalah 0.1 gram. Biaya transfer melalui aplikasi Pegadaian Digital Rp. 0.

Fisik logam mulia bisa diperoleh cukup mudah dengan nasabah melakukan order cetak logam mulia via online di aplikasi. Nasabah dapat melakukan order cetak dengan pilihan keping  1,2,5,10,25,50,100 gram. 

Cara Buka Nabung Emas Tabungan

Cara Buka Nabung Emas Tabungan
Buka Tabungan Emas Pegadaian Online 

Bagaimana cara buka tabungan emas pegadaian?

Saya mengunduh aplikasi Pegadaian Digital di Google Play Store. Tabungan emas adalah fitur yang terdapat di dalam aplikasi Pegadaian Digital.  

#1 Isi Data Pribadi

Isi Data Pribadi
Isi Data Pribadi Tabungan Emas


Setelah selesai diunduh, saya memilih Tabungan Emas lalu mulai mengisi data dan menyampaikan dokumen. Sejumlah data pribadi diminta dan dokumen perlu diupload.

Data yang diminta adalah (1) data pribadi: nama, no KTP, tempat tanggal lahir, no telepon, nama Ibu Kandung dan lain-lain; (2) upload KTP di aplikasi dengan pilihan bisa KTP di foto dengan ponsel atau upload dari scan KTP. 

#2 Pilih Unit Pegadaian

Pilih Unit Pegadaian
Pilih Unit Cabang Pegadaian


Setelah pengisian data, Anda harus memilih cabang Pegadaian yang nanti Anda akan datangi untuk menyelesaikan proses pembukaan tabungan emas. Pegadaian tetap membutuhkan kehadiran Anda secara fisik ke cabang untuk memastikan bahwa yang mendaftar adalah betul - betul Anda.

Contohnya, saya memilih Pegadaian unit Tebet sebagai cabang saya nanti. Saya harus ke cabang ini untuk menyelesaikan administrasi dang mengikuti proses KYC.

Batas waktu nasabah yang telah melakukan pembukaan rekening untuk melakukan proses KYC adalah maksimal 6 (enam) bulan sejak tanggal pendaftaran. Apabila Nasabah belum melakukan proses KYC ( Know Your Customer) sampai dengan maksimal jangka waktu, maka Pegadaian akan membekukan rekening Tabungan Emas Nasabah sampai dengan 18 (delapan belas) bulan sejak tanggal pembukaan rekening Tabungan Emas. 

#3 Bayar Biaya Pembukaan Tabungan Emas

Bayar Biaya Pembukaan Tabungan Emas
Biaya Pembukaan Tabungan Emas Pegadaian 


Setelah pilih cabang selesai, Pegadaian menunjukkan rincian biaya pembukaan rekening tabungan emas. 

Total biaya pembukaan yang harus dibayar adalah Rp 100,000 terdiri dari Rp 30,000 fasilitas titipan emas dan Rp 70,000 pembelian saldo awal. Biaya pembukaan rekening tabungan emas ini wajib Anda bayar. 

Cara pembayaran bisa dilakukan melalui transfer ke rekening virtual account pegadaian yang sudah disediakan. Pegadaian memberikan beberapa pilihan cara pembayaran. 

Saya memilih membayar dengan transfer bank ke Virtual Account (VA) BCA. Perlu diperhatikan bahwa nomor virtual account memiliki masa kadaluarsa, sehingga wajib dibayar sebelum masa itu berakhir.

Namun, saat melakukan pembayaran biaya pembukaan rekening tabungan emas pegadaian, saya mengalami pengalaman yang kurang menyenangkan.

Meskipun transfer pembayaran biaya pembukaan tabungan emas ke rekening Pegadaian di BCA berhasil, namun tabungan emas saya tidak langsung aktif. Di aplikasi tabungan emas, status masih pending, meskipun pembayaran di BCA sudah berhasil.

Esok harinya, status tabungan emas saya di aplikasi belum juga aktif. Di hari ketiga, saya datangi cabang Pegadaian untuk menanyakan soal status tabungan emas saya karena biasanya pembayaran lewat VA itu segera efektif sementara saya sudah hari ketiga tabungan emas belum juga aktif.

Sampai di kantor cabang, petugas Pegadaian tidak bisa memberikan penjelasan yang memuaskan karena mereka juga tidak tahu banyak soal aplikasi Pegadaian Digital. Petugas di kantor unit tersebut menyarankan untuk langsung kontak no WA dan email yang terdapat di aplikasi Pegadaian Digital.

Saya kirim email menjelaskan kasus yang saya alami soal sampai hari ke 4 belum ada kejelasan soal status Tabungan Emas meskipun pembayaran biaya admin sudah saya lunasi. Email ternyata tidak juga dijawab oleh Pegadaian.

Akhirnya, saya hubungi no WA Pegadaian yang tercantum di aplikasi. Petugas di WA meminta bukti transfer dari BCA dan notifikasi aplikasi Pegadaian yang menyatakan bahwa status Tabungan Emas saya belum aktif.

Semua data yang diminta saya kirim balik lewat WA lagi. Setelah itu menunggu response.

Setelah menunggu cukup lama, saya mendapatkan jawaban sebagai berikut:

“Mohon maaf sebelumnya atas ketidaknyamanan bapak/ibu bertransaksi dengan kami Mohon ditunggu maksimal 7 hari kerja, jika belum mendapatkan notifikasi lanjutan pada aplikasi atau saldo rekening tabungan emas belum bertambah mohon untuk menghubungi kami kembali”

Walaupun cukup prihatin karena pembayaran VA harusnya langsung online dan seandainya  seperti ini lebih baik saya setor langsung ke kasir di Unit Pegadaian, tidak perlu buang waktu daftar online, namun saya sabar menunggu karena tidak tahu harus berbuat apa lagi.

Beberapa hari kemudian, sekitar 6 atau 7 hari sejak pembayaran, saya terima pemberitahuan bahwa Tabungan Emas Pegadaian saya aktif. 

Berikut ini adalah pemberitahuan yang saya terima lewat email bahwa Tabungan emas sudah aktif. Meskipun di aplikasi tabungan emas sudah dibuka, namun saya  belum bisa langsung menggunakan untuk investasi emas.

Pemberitahuan Tabungan emas sudah aktif
Rekening Tabungan Emas Pegadaian 

#4 Ambil Buku dan KYC ke Unit Pegadaian

Ambil Buku dan KYC ke Unit Pegadaian
Buku Tabungan Emas Pegadaian

Sesuai ketentuan Pegadaian, saya harus datang ke Unit Pegadaian untuk mengambil buku Tabungan Emas dan verifikasi nasabah KYC. Unit Pegadaian yang saya harus datangi adalah unit yang saya sudah pilih saat mengisi data - data di aplikasi Tabungan Emas.

Kedatangan ke Unit Pegadaian adalah wajib dilakukan saat pembukaan rekening Tabungan Emas. Menurut catatan dari Pegadaian, saya diberikan tenggang waktu sampai tahun depan untuk datang ke Unit Pegadaian mengambil buku Tabungan Emas.

Saat mendatangi unit Pegadaian, beberapa hal yang dilakukan adalah:

Pertama, verifikasi KTP dan pengecekan aplikasi Tabungan Emas Pegadaian oleh petugas untuk memastikan sudah siap untuk pembukaan tabungan.

Kedua, pembuatan buku tabungan emas. Buku tabungan ini layaknya buku tabungan di bank berisi soal saldo dan mutasi emas.

Nasabah bisa update saldo buku tabungan emas di unit atau melihat saldo di Tabungan Emas di aplikasi Pegadaian digital.

Ketiga, pendaftaran verifikasi rekening bank nasabah yang digunakan untuk pencairan dana saat melakukan penjualan emas atau gadai emas.

Pendaftaran rekening bank nasabah ini harus dilakukan di unit dan petugas unit Pegadaian akan melakukan verifikasi OTP melalui pengiriman SMS ke ponsel nasabah dan nasabah harus menyebutkan kode OTP tersebut.

Jika pendaftaran rekening bank tidak dilakukan, nasabah tetap bisa membeli emas secara online, tetapi nanti saat nasabah melakukan penjualan emas (buy-back) harus dilakukan di unit untuk menerima dana secara tunai karena belum ada rekening bank untuk mentransfer hasil penjualan emas. 

Cara Beli & Jual Emas

Cara Beli & Jual Emas
Cara Beli Jual Tabungan Emas Pegadaian 

Bagaimana jual emas di pegadaian?

Melalui Aplikasi Pegadaian Digital, pembelian Tabungan Emas adalah jumlah minimal pembelian Rp. 50.000 dan maks Rp. 10 Juta per hari.

Setelah rekening tabungan emas dibuka, saya baru bisa melakukan pembelian emas. Jika rekening tabungan emas belum dibuka, saya tidak bisa melakukan pembelian emas.

Harga yang tercantum di aplikasi Tabungan Emas Pegadaian Digital:

  • Harga Jual adalah harga Pegadaian menjual emas ke nasabah sehingga ini adalah harga yang dibayar nasabah beli emas Pegadaian.
  • Harga Beli adalah harga Pegadaian membeli emas dari nasabah (buy-back) sehingga ini adalah harga diterima nasabah jual emas Pegadaian.

Pembelian atau top up emas secara online di aplikasi tabungan emas pegadaian digital cukup mudah. (1) pilih fitur Beli Emas; (2) masuk ke bagian beli emas, tentukan sumber dana top - up yang bisa rekening sendiri atau rekening lain; (3) input jumlah pembelian dalam rupiah yang kemudian dikonversikan ke gram emas sesuai harga beli emas yang berlaku saat itu.

Dalam gambar dibawah ini, setelah mengisi jumlah pembelian emas, Anda menerima konfirmasi soal jumlah uang yang harus dibayar dan kemudian cara pembayaran. Cara pembayaran beli emas dilakukan dengan transfer ke rekening Virtual Account yang sudah ditentukan dimana terdapat pilihan beberapa bank virtual account.

konfirmasi soal jumlah uang yang harus dibayar
Cara Transfer VA Beli Emas Pegadaian 

Saya memilih BCA Virtual account untuk mentransfer pembayaran beli emas. Ada biaya administrasi untuk pembayaran ke virtual account, yaitu Rp 2,500 per transaksi.

Setelah memilih BCA dan setuju untuk membayar biaya administrasi, saya menerima detail no rekening dan cara pembayaran ke BCA, seperti dalam gambar dibawah ini. Perlu diingat bahwa ada batas waktu pembayaran, yang jika lewat maka saya harus mengulangi lagi dengan kemungkinan harga beli emas yang mungkin sudah berbeda.

Detail no rekening dan cara pembayaran ke BCA
Konfirmasi Rekening VA Beli Emas Pegadaian

Cara Mencairkan Tabungan Emas Pegadaian

Sementara, cara jual emas atau mencairkan tabungan emas pegadaian tidak jauh berbeda mudahnya.

Masuk ke aplikasi tabungan emas, lalu pilih jual emas. Tentukan no rekening untuk penjualan emas. Anda bisa melihat berapa harga emas saat itu untuk penjualan emas.

Keunggulan mencairkan tabungan emas di Pegadaian adalah dana hasil penjualan emas masuk langsung ke rekening bank Anda. Jadi prosesnya seamless, Anda tidak perlu datang ke kantor ambil emas atau ambil uang.

Cek Saldo Tabungan Emas Pegadaian

Cek saldo bisa dilakukan setiap saat dengan membuka aplikasi tabungan emas. Anda bisa melihat saldo emas dalam gram dan harga jual beli emas hari itu.

Jika ingin menjual emas, Anda cukup menghitung saldo tabungan emas dengan harga beli (catatan: harga beli artinya harga Pegadaian membeli emas dari Anda).

Setelah membeli emas, Anda bisa langsung cek saldo tabungan emas di aplikasi. Jumlah emas langsung ter-update di dalam aplikasi.

Disamping beli jual emas, nasabah bisa melakukan transfer emas dari satu rekening tabungan emas ke tabungan emas lainnya. Layaknya transfer uang antar rekening bank.

Nasabah dapat melakukan transfer tabungan emas mulai dari 0,1 gram. Cukup dilakukan secara online lewat aplikasi tabungan emas. 
 

Gadai Emas di Pegadaian

Gadai Emas di Pegadaian
Cetak Logam Mulia Emas Batangan Pegadaian

Salah satu fitur penting dalam Tabungan Emas Pegadaian adalah gadai emas. Di gadai emas Pegadaian, pemilik tabungan bisa menggadaikan emas yang dimilik untuk mendapatkan dana tunai dengan bunga yang relatif kecil.

Caranya tidak sulit untuk melakukan gadai emas secara online di Pegadaian Digital.

Masuk ke aplikasi Pegadaian Digital, lalu pilih fitur Gadai yang terdapat di Tabungan Emas. Setelah masuk, (1) tuliskan nomor rekening tabungan emas Anda, yang menyimpan saldo emas, lalu (2) tentukan jumlah gram emas yang ingin digadaikan dan berapa lama akan digadaikan. (3) Di bagian paling akhir, tuliskan rekening penerima dana hasil gadai.

Sebelum melakukan gadai emas, nasabah bisa melakukan cek saldo tabungan emas pegadaian. Caranya cukup mudah, tinggal melihat di aplikasi tabungan emas.

Saldo tabungan emas terupdate secara real-time di aplikasi. Nilai saldo tabungan emas bisa dihitung berdasarkan harga emas saat cek saldo tabungan emas pegadaian.

Ketentuan Gadai Emas di Pegadaian Digital:

Pertama, gadai emas adalah maksimum 95% dari saldo emas dengan saldo minimum adalah 0.1 gram. Dalam gadai, fisik emas akan dipegang oleh Pegadaian.

Kedua, jangka waktu gadai emas adalah 30, 60, 90 dan 120 hari. Anda pilih tenor gadai sesuai yang tersedia tersebut dalam aplikasi Tabungan Emas Pegadaian digital.

Berapa bunga Gadai Emas di aplikasi Pegadaian Digital?

Bunga gadai emas yang dilakukan lewat aplikasi adalah 0.75% per bulan. Lebih rendah dibandingkan jika melakukan gadai ke unit Pegadaian, yaitu bunga 1.20%. Itu penjelasan pihak unit Pegadaian saat saya mengambil buku Tabungan Emas. 
 

Cara Cetak Emas Logam Mulia Fisik

Cara Cetak Emas Logam Mulia Fisik
Cetak Logam Mulia Emas Batangan Pegadaian

Jika ingin mengambil logam mulia atau emas, pelanggan bisa melakukan. Namanya melakukan cetak emas.

Order cetak emas dapat dilakukan mulai dari kepingan 1 gram. 

Nasabah dapat melakukan order cetak dengan pilihan keping  1,2,5,10,25,50,100 gram. Order cetak dilakukan di aplikasi tabungan emas secara online.

Ada dua pilihan emas batangan, yaitu Antam dan UBS. Apa bedanya?

Hal itu yang saya tanyakan ke petugas Unit Pegadaian. Menurut penjelasan mereka, keduanya sama - sama Logam Mulia. Perbedaan adalah di produsen yang mencetak emas, yaitu PT Antam (BUMN) dan UBS (perusahaan asing dari swiss).

Apakah ada biaya cetak emas? Ada

Biaya cetak emas bisa dilihat di gambar diatas. Biaya cetak makin besar dengan semakin berat emas yang dicetak.

Setelah emas dicetak, dimana emas bisa diambil? Ini yang perlu jadi perhatian nasabah.

Untuk saat ini proses order cetak Tabungan Emas hanya dapat dilakukan di outlet pembuka rekening Tabungan Emas.

Pemilik Rekening Meninggal Dunia

Bagaimana jika pemilik tabungan emas meninggal dunia?

Dalam hal Pemilik Rekening meninggal dunia, Rekening akan ditutup berdasarkan permintaan ahli waris Pemilik Rekening yang sah, Saldo pada Rekening akan diserahkan kepada ahli waris Pemilik Rekening yang sah sesuai ketentuan Pegadaian dan peraturan perundang-undangan yang berlaku dalam bentuk sebagaimana diminta oleh ahli waris.

Dengan dilakukannya penutupan rekening dan penyetoran saldo Pemilik Rekening yang meninggal dunia kepada ahli waris Pemilik Rekening, maka Pegadaian dibebaskan sepenuhnya dari segala tuntutan sehubungan dengan hal ini.

Apakah Tabungan Emas Pegadaian Rugi?

Dalam setiap investasi selalu ada resiko rugi, itu pula yang bisa terjadi di tabungan emas pegadaian. Kemungkinan tabungan emas pegadaian rugi pasti selalu ada.

Kerugian mungkin terjadi karena ada selisih antara harga beli dan harga jual emas di tabungan emas. Ada spread atau selisih yang dihadapi oleh nasabah.

Disamping itu, pergerakan harga emas tidak pasti. Ada selalu kemungkinan harga emas turun atau naik.

Namun, secara umum, jika melakukan untuk tabungan jangka menengah dan panjang, investasi emas relatif aman atau kemungkinan Tabungan Emas Pegadaian Rugi relatif kecil.

Simulasi Cicil di Tabungan Emas Pegadaian

Simulasi Tabungan Emas Pegadaian
Simulasi Tabungan Emas

Anda bisa melakukan simulasi tabungan emas untuk mengetahui kemungkinan hasil dari investasi di produk Pegadaian ini, dengan langkah - langkah berikut ini:

  • Ketahui Harga Jual dan Harga Beli Emas.
  • Masukkan jumlah pembelian Emas, bisa dalam Gram atau nominal Rp.
  • Anda bisa melakukan simulasi jual atau simulasi beli Tabungan Emas Pegadaian.
  • Lihat grafik kenaikan harga emas dalam periode tertentu.

Tabungan Emas di Bank

Selain Pegadaian, Tabungan Emas ditawarkan oleh beberapa institusi keuangan lain, yaitu:

Tabungan Emas BCA

Lewat BCA Syariah, tabungan emas BCA ditawarkan, yaitu Emas BCA Syariah iB (EMAS iB) yang merupakan produk pembiayaan kepada Nasabah untuk kepemilikan Logam Mulia (Emas) dengan akad jual beli (murabahah).

Ketentuannya adalah berikut:

  • Emas dalam bentuk batangan bersertifikat 24 karat (99.99%)Emas terdiri dari jenis pecahan: 10 gr, 25 gr, 50 gr, 100 gr (minted bars), 250 gr (cast bars).
  • Jumlah pembiayaan adalah Minimal setara dengan pembiayaan 10 gram emas dan Maksimal Rp 150 juta.
  • Jangka Waktu Minimal 2 tahun dan maksimal 5 tahun.

Tabungan Emas BNI

BNI Syariah mengeluarkan produk pembiayaan emas, yaitu BNI Emas IB Hasanah. 

Tabungan Emas Mandiri

Tabungan emas dikeluarkan oleh Bank Mandiri Syariah dengan produk Cicil Emas, yaitu fasilitas untuk membiayai pembelian/kepemilikan emas berupa lantakan (batangan).

Keuntungan investasi emas di bank syariah mandiri adalah:

  1. Aman: Emas Anda diasuransikan.
  2. Menguntungkan: Tarif yang murah.
  3. Mudah: Pembelian emas dengan cara dicicil.
  4. Likuid: Dapat diuangkan dengan cara digadaikan untuk kebutuhan mendesak.

Yang bisa di cicil adalah Emas lantakan (batangan) dengan minimal jumlah gram adalah 10 gram, dengan pembayaran dilakukan dengan cara angsuran dalam jumlah yang sama setiap bulan.

Anda dapat memilih angka waktu pembiayaan yang diinginkan paling singkat 2 (dua) tahun dan paling lama hingga 5 (lima) tahun. Pelunasan dipercepat diperbolehkan setelah pembiayaan minimal berjalan 1 (satu) tahun.

Ketentuan Uang Muka / Self Financing adalah:

  1. Minimal 20% dari harga perolehan emas.
  2. Uang muka dibayar secara tunai (tidak dicicil) oleh nasabah kepada Bank. Sumber dana uang muka harus berasal dari dana nasabah sendiri (self financing) dan bukan berasal dari pembiayaan yang diberikan oleh Bank.

Maksimum pembiayaan adalah 80% dari harga perolehan untuk emas jenis lantakan (batangan), dengan max. pembiayaan Rp 150 Juta.

Jika terjadi masalah, agunan Nasabah yang wanprestasi dieksekusi oleh Bank setelah 9 (sembilan) bulan sejak tanggal akad.

Tabel cicilan emas bank syariah mandiri 2019 2020 bisa diperoleh langsung di kanto cabang BSM terdekat. 

Kelebihan dan Manfaat Tabungan Emas Pegadaian

Saya sudah mencoba dan mempraktekkan tabungan emas pegadaian. Ada sejumlah manfaat yang menurut saya penting dicatat:

A. Mudah

investasi emas menjadi sangat mudah karena Anda hanya perlu sekali datang ke kantor unit Pegadaian untuk melakukan verifikasi data dan mengambil buku tabungan, setelah itu semua proses jual beli emas dilakukan secara online tanpa perlu datang ke unit atau kantor.

Proses investasi emas online ini berbeda sekali dengan proses beli jual emas konvensional yang saya harus pergi ke toko emas, beli emas lalu pergi membawa emas ke bank untuk menyimpan emas di safe deposit box bank. Dengan tabungan emas online, saya bisa melakukan investasi emas dimana saja, kapan saja dan darimana saja.

B. Minimum Investasi Rendah Mulai dari Rp 5 ribu

Kedua, Anda bisa berinvestasi di tabungan emas online mulai dari Rp 5,000. Jumlah investasi emas online di tabungan emas Pegadaian sangat terjangkau.

Di emas konvensional, Anda harus beli kepingan emas paling kecil 1 gram seharga Rp 600 ribu. Kepingan emas 1 gram tidak selalu tersedia, jika tikda ada maka Anda harus beli kepingan 5 gram dengan nilai investasi lebih besar.

C. Cara Mencairkan Emas Sangat Mudah

Cara mencairkan atau jual emas di tabungan emas Pegadaian mudah sekali. Anda jual di aplikasi Pegadaian digital maka dana masuk ke rekening Anda di bank. Anda tidak perlu pergi ke luar rumah karena semua bisa diselesaikan secara online.

Jual emas secara konvensional cukup makan waktu. Anda harus ambil emas dahulu dari tempat penyimpanan, bisa di rumah atau SDB bank, lalu pergi ke toko emas untuk menjual, setelah itu agar aman Anda menyetor dana hasil penjualan emas ke bank.

D. Ada Gadai Emas untuk Kebutuhan Dana Darurat

Dalam Pegadaian tersedia fasilitas gadai emas yang bisa diajukan secara online lewat aplikasi tabungan emas. Jika butuh dana darurat atau dana tunai, Anda bisa menggadaikan emas secara online dan menerima uang ke rekening Anda.

Proses gadai emas yang online membuat proses mendapatkan dana tunai berlangsung cepat, dan mudah. Dengan tingkat bunga yang cukup murah yaitu 0.75% sebulan dan tersedia tenor untuk beberapa bulan gadai emas menawarkan produk yang menarik jika Anda suatu saat butuh dana tunai cepat.

E. Buku Tabungan Emas Pegadaian

Meskipun tersedia aplikasi online, Pegadaian menyediakan buku tabungan emas yang mencatat saldo dan mutasi emas. Dengan buku tabungan ini, Anda bisa melihat secara jelas saldo emas Anda dan menjadi data backup selain di aplikasi online.

Jika perlu melihat berapa saldo emas fisik yang dimiliki, Anda tinggal datang ke unit Pegadaian dan mencetak buku tabungan emas. Adanya catatan di buku tabungan emas membuat Anda punya catatan selalin yang di aplikasi. 

Kekurangan Tabungan Emas Pegadaian

Kelemahan melakukan tabungan emas di Pegadaian adalah:

1. Spread Harga Emas Tinggi

Dari pengalaman membandingkan kedua layanan ini, tabungan emas Pegadaian memiliki spread harga beli dan jual yang lebih lebar dibandingkan harga emas di Antam.

Spread harga jual beli emas yang lebih kurang menguntungkan buat investor. Karena investor jadi membeli di harga lebih mahal dan menjual di harga lebih murah.

2. Tetap Harus ke Cabang Pegadaian untuk Buka Pertama Kali

Meskipun pembukaan rekening bisa dilakukan secara online di aplikasi Pegadaian, namun calon investor harus tetap datang ke cabang Pegadaian untuk pembukaan rekening pertama kali.

3. Biaya Cetak Emas Cukup Tinggi

Emas yang dibeli secara online bisa dicetak di Pegadaian. Namun, biayanya cukup besar.

Harga Emas

Berapa harga emas antam di pegadaian syariah hari ini?

Harga emas batangan di pegadaian bisa dilihat setiap hari di website Pegadaian atau di aplikasi Pegadaian Digital, yang digunakan sebagai dasar harga gadai emas hari ini.

Pegadaian tidak hanya menyediakan referensi harga emas logam mulia ANTAM Pegadaian.

Harga emas batangan yang disediakan adalah cetakan ANTAM dan cetakan UBS, dengan harga emas dan tabungan emas berbeda utk harga beli dan jual emas logam mulia.

Harga Emas
Harga Emas Batangan Pegadaian 

Di hari saya cek, harga beli emas di tabungan emas Pegadaian lebih baik harganya dibandingkan di ANTAM Brankas. 
 

Tanya Jawab Tabungan Emas

Untuk menjawab pertanyaan yang sering diajukan, saya membuat FAQ tabungan emas Pegadaian.

  1. Bagaimana cara membuka tabungan emas pegadaian?

    Secara online melalui Aplikasi Pegadaian Digital yang bisa anda download di Playstore atau Appstore. Dengan cara mengisi formulir permohonan pembukaan rekening tabungan emas dan melampirkan kartu identitas diri (KTP/Paspor).

  2. Bagaimana cara menabung emas?

    Cara menabung emas (top up) sangat mudah, bisa melalui outlet Pegadaian, ATM, Aplikasi Pegadaian Digital, ataupun Agen Pegadaian. Untuk transaksi top up tersebut mulai dari 0,01 gram dan maksimal 100 gram per hari per CIF.

  3. Bagaimana mendapatkan buku tabungan emas?

    Anda harus melengkapi data diri terlebih dahulu dengan datang ke outlet Pegadaian pembuka Tabungan Emas maksimal 6 (enam) bulan sejak pembukaan dari aplikasi Pegadaian atau agen Pegadaian.

  4. Bagaimana menjual emas?

    Anda dapat melakukan transaksi buyback melalui aplikasi Pegadaian Digital dengan syarat: Sisa saldo emas minimal adalah 0,1 gram setelah buyback agar rekening tabungan emas kamu tetap aktif.

  5. Berapa biaya dan lama mencetak emas?

    Antara 15 – 45 hari tergantung lokasi outlet Pegadaian. Saldo emas dapat dicetak dalam bentuk emas batangan jenis Antam atau UBS dengan pilihan keping mulai dari 1, 2, 5, 10, 25, 50, 100 gram. Untuk melakukan cetak emas, anda dikenakan biaya per kepingnya.

  6. Berapa biaya pembukaan tabungan emas?

    Besaran biayanya berbeda-beda tergantung di mana anda melakukan pembukaan rekening. Biayanya bisa dilihat pada tabel di bawah ini.

Pengalaman Nabung Emas

Emas logam mulia adalah salah satu instrumen keuangan paling tua yang ada di dunia. Hampir semua orang pasti mengenal instrumen ini untuk tujuan investasi atau dana darurat.

Selama ini, proses investasi emas cukup ribet karena fisik emas harus dipastikan aman. Butuh tempat penyimpanan emas yang aman.

Namun, kemajuan teknologi digital membuat investasi emas menjadi jauh lebih mudah dan lebih terjangkau. Pegadaian menawarkan Tabungan Emas lewat aplikasi Pegadaian Digital yang membuat investasi emas dilakukan secara online.

Pengalaman menabung emas di pegadaian yang saya tulis menunjukkan bahwa proses pembukaan tabungan emas, beli dan jual emas, serta gadai emas sangat mudah dan sangat terjangkau. Tidak ada alasan buat Anda yang ingin menyimpan investasi emas untuk menggunakan aplikasi Tabungan Emas Pegadaian.

Bagikan Melalui

Daftar Isi

Berlangganan Duwitmu

Komentar (20 Komentar)

Tulis Komentar - Balasan untuk Tito Shadam

Email Anda tidak akan di publish

Batalkan Membalas

Captcha Wajib Diisi

Artikel Terkait