Silakan masukkan kata kunci pada kolom pencarian

Analisa Harga Emas 13 Okt 2022: Hawkish Fed Meningkat, Fokus CPI AS

Daftar Isi

Analisa Harga Emas 13 Okt 2022: Hawkish Fed Meningkat, Fokus CPI AS

Analisa Emas 13 Okt 2022: Sentimen Hawkish The Fed Meningkat, Fokus Pasar Beralih Ke CPI AS

  • Emas naik sedikit ke atas 1670 setelah rilis data PPI AS dan notulen rapat FOMC
  • Notulen rapat FOMC menunjukkan sentimen hawkish tetap berlanjut
  • Peluang kenaikan suku bunga AS 75 bps naik ke atas 80%
  • Fokus pasar kini beralih ke data inflasi AS (CPI dan Core CPI)

Harga emas menguat 0.42% kemarin dan bergerak ke atas 1670. Harga sempat ke 1678.12 saat notulen rapat FOMC dirilis pada jam 1 dini hari tadi.

Sentimen risk-off mulai memudar karena rilis data indeks harga produsen (PPI) AS dan notulen rapat FOMC bernada hawkish. Biro Statistik Ketenagakerjaan AS merilis data indeks harga produsen (producer price index/PPI) sebesar 0.4%, lebih besar daripada ekspektasi 0.2% dan bulan sebelumnya -0.1%.

rilis data indeks harga produsen (PPI) AS dan notulen rapat FOMC bernada hawkish

Selain itu, notulen rapat FOMC kembali menegaskan pandangan hawkish the Fed yang harus menaikkan suku bunga meskipun performa data ketenagakerjaan AS melambat. The Fed menyebutkan dalam notulen tersebut bahwa pihaknya harus menerapkan kebijakan pengetatan yang lebih daripada sebelumnya untuk mencapai inflasi yang lebih rendah.

Notulen tersebut juga menjelaskan bahwa ekonomi harus melambat untuk menurunkan inflasi. The Fed menurunkan proyeksi ekonominya, pertumbuhan GDP hanya 0.2% di 2022 dan 1.2% di 2023.

Data PPI AS yang naik dan notulen rapat FOMC ini menaikkan ekspektasi pasar terhadap kenaikan suku bunga 75 basis poin pada 2 November mendatang. Seperti yang ditunjukkan oleh CME Fedwatch tool, terdapat peluang 81.3% the Fed akan menaikkan suku bunga 75 basis poin dan 18.7% untuk kenaikan 50 basis poin.

CME Fedwatch tool

Kini fokus pasar beralih ke data inflasi indeks harga konsumen (CPI) bulanan dan tahunan. CPI bulan September AS diperkirakan naik dari 0.1% ke 0.2% sedangkan CPI tahunan turun dari 8.3% ke 8.1%. Selain itu, Core CPI bulan September diperkirakan turun ke 0.4% dari 0.6%.

data inflasi indeks harga konsumen (CPI) bulanan dan tahunan

Analisa Teknikal Emas

Secara teknikal, arah tren emas mulai berubah dari turun menjadi naik. Hal ini ditunjukkan oleh harga yang berhasil membentuk harga tertinggi baru (higher high) dan menembus harga tertinggi sebelumnya (lower high).

Selanjutnya kita masuk ke time frame H1 untuk melihat potensi buy emas saat koreksi. Peluang buy dapat diambil di sekitar area demand 1660-1675 dengan target kenaikan ke 1690-1700.

time frame H1 untuk melihat potensi buy emas saat koreksi

Peluang Entry

Peluang entry akan menggunakan skenario buy di area demand dengan rincian sebagai berikut.

Buy

  • Entry price: 1660.00-1675.00
  • Target price: 1690.00-1700.00

Jangan lupa memasang sabuk pengaman atau stop loss dan atur lot/volume transaksi sesuai dengan aturan risiko per transaksi yang Anda gunakan.

Semoga bermanfaat.

Bagikan Melalui

Daftar Isi

Berlangganan Duwitmu

Komentar (0 Komentar)

Tulis Komentar - Balasan untuk Tito Shadam

Email Anda tidak akan di publish

Batalkan Membalas

Captcha Wajib Diisi

Artikel Terkait