Silakan masukkan kata kunci pada kolom pencarian

Analisa Harga Emas 10 Okt 2022: Peluang Buy Di Area Demand

Daftar Isi

Analisa Harga Emas 10 Okt 2022: Peluang Buy Di Area Demand

Ringkasan Analisa Harga Emas 10 Oct 2022

  • Harga emas berhasil turun di bawah 1690 karena dollar AS menguat
  • Penguatan dollar AS ditopang oleh rilis data ketenagakerjaan yaitu non-farm payroll yang lebih baik daripada ekspektasi
  • NFP yang membaik membuat sentimen hawkish the Fed menguat
  • Peluang buy emas di area demand 1665-1675

Emas melanjutkan pelemahan selama 4 hari berturut-turut tertekan oleh penguatan dollar AS saat ini. Nilai tukar emas turun di bawah 1690 dan sempat menyentuh 1680.

Menguatnya dollar AS ditopang oleh rilis data ketenagakerjaan non-farm payrolls AS bulan September sebesar 263K. Angka ini lebih tinggi daripada ekspektasi 248K, namun masih rendah daripada bulan sebelumnya 315K.

Bukan hanya non-farm payroll yang membaik, angka pengangguran pun membaik. Angka pengangguran turun ke 3.5% dari 3.7%

Angka pengangguran turun di USA

Akibatnya, sentimen hawkish the Fed menguat karena terjadi peningkatan peluang kenaikan suku bunga 75 basis poin pada bulan depan. Hal ini juga sejalan dengan sentimen hawkish dari para pejabat the Fed yang menilai kenaikan suku bunga 75 basis poin lagi sangat diperlukan.

Mereka berkomentar bahwa the Fed perlu menaikkan 125 basis poin pada sisa 2 pertemuan FOMC tahun 2022. Target suku bunga the Fed berkisar 4.5%-4.75% sampai pertengahan tahun 2023.

Berdasarkan Fedwatch tool dari CME, terdapat peluang sebesar 77.6% the Fed akan menaikkan suku bunga 75 basis poin dan 22.4% untuk kenaikan 50 basis poin. Hal ini menunjukkan bahwa pelaku pasar optimis terhadap kenaikan suku bunga the Fed pada 2 November mendatang.

Fedwatch tool dari CME

Rencana kenaikan suku bunga lanjutan ini sudah seringkali ditentang oleh para globalis wallstreet dan politikus AS. Terakhir, persatuan bangsa-bangsa (PBB) memberikan peringatan kepada bank sentral terhadap bahaya resesi.

PBB mengatakan bahwa kenaikan suku bunga lanjutan dapat memicu krisis ekonomi yang lebih parah daripada resesi 2008 dan lockdown COVID-19 2020. Selain itu, PBB memperingatkan the Fed bahwa kenaikan suku bunga ini akan memberikan dampak buruk ke negara berkembang jika diteruskan.

Hingga saat ini, the Fed belum menanggapi serius terhadap peringatan-peringatan ini dan terus fokus untuk satu tujuan, yaitu menurunkan inflasi. Belum ada tanda-tanda the Fed akan melonggar dari kebijakan pengetatannya.

Analisa Teknikal Emas

Harga emas masih koreksi setelah berhasil menembus resisten terakhir di 1688 dan membentuk harga tertinggi di 1729. Saat ini harga sudah mendekat area demand 1665-1675 sebagai area entry buy.

Analisa Teknikal Emas 10 Oct 2022

Peluang Entry

Peluang entry akan menggunakan skenario buy di area demand dengan rincian sebagai berikut.

Buy: 

  • Entry price: 1775.00
  • Target price: 1701.00

Jangan lupa memasang sabuk pengaman atau stop loss dan atur lot/volume transaksi sesuai dengan aturan risiko per transaksi yang Anda gunakan.

Semoga bermanfaat.

Bagikan Melalui

Daftar Isi

Berlangganan Duwitmu

Komentar (0 Komentar)

Tulis Komentar - Balasan untuk Tito Shadam

Email Anda tidak akan di publish

Batalkan Membalas

Captcha Wajib Diisi

Artikel Terkait