Silakan masukkan kata kunci pada kolom pencarian

Daftar Asuransi Rawat Inap Cashless Terbaik 2022

Daftar Isi

Daftar Asuransi Rawat Inap Cashless Terbaik 2022

Asuransi rawat inap dengan fasilitas cashless adalah manfaat yang paling banyak dicari dari asuransi kesehatan. Pasalnya, biaya rawat inap setiap tahunnya semakin meningkat. 

Beberapa hal yang perlu konsumen pastikan dalam memilih asuransi rawat inap adalah detail manfaat asuransi, rumah sakit rekanan asuransi, serta limit asuransi. Pastikan juga asuransi menawarkan fasilitas cashless, sehingga tidak perlu mengeluarkan uang sama sekali.

Metode klaim cashless dalam asuransi memungkinkan nasabah langsung mendapatkan perawatan medis di rumah sakit hanya dengan menunjukkan kartu anggota asuransi. Jadi, tidak perlu keluar uang dan biaya sama sekali.

Kami melakukan survei ke beberapa perusahaan asuransi terbesar dan terbaik di Indonesia. Berikut ini daftar asuransi rawat inap cashless terbaik di 2022, yaitu:
 

 1. Prudential

Asuransi Rawat Jalan Prudential


Prudential menawarkan produk asuransi rawat inap cashless terbaik dengan nama PRUPrime Healthcare. Ada enam jenis plan yang bisa Anda pilih sesuai kebutuhan masing-masing, tentunya dengan limit dan premi yang beragam.

Hal yang menarik dari produk ini adalah limit tahunan yang lebih relatif tinggi dibandingkan asuransi lainnya, yaitu antara Rp1,5 miliar sampai Rp4,5 miliar. Padahal, umumnya limit tahunan asuransi kesehatan hanya berkisar di angka ratusan juta saja.

Inner limit untuk biaya kamar rawat inap PRUPrime Healthcare juga mencapai Rp1 juta sampai Rp8 juta per hari. Artinya, nasabah bisa mendapatkan layanan kelas kamar terbaik di rumah sakit.

Selain itu, Anda bisa mengajukan klaim pelayanan rawat inap lainnya sesuai tagihan tanpa inner limit, yaitu biaya kunjungan dokter umum dan spesialis, biaya tindakan bedah (berupa ahli bedah, kamar operasi, dan ahli anestesi), biaya aneka perawatan rumah sakit, biaya perawatan juru rawat selama rawat inap, biaya bedah rekonstruksi payudara, serta biaya perawatan sebelum dan setelah rawat inap.

Polis ini juga menanggung biaya fisioterapi (maks. Rp600 ribu sampai Rp1,25 juta), biaya pendamping tertanggung (maks. Rp 300 ribu sampai Rp1,2 juta), penggantian biaya untuk donor pihak ketiga (maks. Rp150 juta sampai 600 juta), dan biaya rawat inap darurat akibat kecelakaan (maks. Rp30 juta sampai 120 juta).

Selain manfaat lengkap dengan limit tinggi, asuransi rawat inap cashless terbaik dari Prudential ini juga menawarkan no claim bonus. Jika Anda tidak mengajukan klaim dalam waktu 1 tahun, maka Anda akan mendapatkan tambahan limit tahunan (outer limit) sebesar 10 persen dari tahun sebelumnya.

Prudential memiliki sistem jaringan rumah sakit rekanan untuk melayani klaim cashless nasabahnya dengan nama PRUMedical Network (PMN), Anda dapat mengajukan klaim cashless dengan PRUPrime Healthcare di 610 PMN dalam negeri dan 126 PMN di luar negeri.

Untuk bisa mendaftar asuransi ini, calon nasabah harus berusia antara 1 bulan sampai dengan 65 tahun.
 

2. Manulife

Produk asuransi rawat inap cashless dari Manulife adalah MiUltimate Healthcare@. Terdapat empat jenis plan yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan masing-masing.

Salah satu perbedaan keempat plan tersebut adalah wilayah pertanggungan yang berbeda-beda; ada yang menanggung klaim di seluruh dunia dan ada yang hanya menanggung klaim di Indonesia dan Malaysia.

Selain itu, limit tahunan yang ditawarkan juga bervariasi mulai dari Rp2 miliar sampai Rp15 miliar. Total limit ini bisa dikatakan sangat besar bahkan setelah dibandingkan dengan Prudential.

Beberapa pertanggungan layanan rawat inap yang ditawarkan oleh produk ini di antaranya:

  • biaya kamar (maks. Rp 500 ribu sampai Rp 9 juta per hari).
  • biaya ICU (sesuai tagihan), biaya kunjungan dokter umum dan spesialis (sesuai tagihan).
  • biaya perawatan aneka rumah sakit (sesuai tagihan).
  • biaya tindakan bedah (sesuai tagihan).
  • biaya akomodasi pendamping (maks. Rp 500 ribu sampai Rp1,25 juta).
  • biaya bedah rekonstruksi (sesuai tagihan).
  • biaya penyuluhan psikologis (maks. Rp1 juta sampai Rp2,5 juta).

Asuransi juga menanggung biaya rawat jalan yang berkaitan dengan rawat inap, yaitu:

  • biaya fisioterapi (maks. Rp 250 ribu sampai Rp1 juta).
  • biaya perawatan sebelum dan setelah rawat inap (sesuai tagihan).
  • biaya perawatan kanker (sesuai tagihan).
  • biaya cuci darah (sesuai tagihan).
  • biaya tes diagnostik (sesuai tagihan).
  • biaya pembedahan prosedur rawat jalan (sesuai tagihan).
  • biaya rawat jalan darurat karena kecelakaan (sesuai tagihan).
  • dan biaya rawat gigi darurat karena kecelakaan (sesuai tagihan).

Plus, Anda juga akan mendapatkan manfaat tambahan berikut:

  • santunan harian tunai (Rp400 ribu sampai Rp1,5 juta per hari).
  • biaya ambulans (sesuai tagihan).
  • perawatan HIV/AIDS (maks. Rp 30 juta).
  • dan biaya pemakaman (maks. Rp 30 juta.

Untuk fasilitas klaim cashless, Manulife sudah bekerja sama dengan provider Admedika yang melayani nasabah di 667 rumah sakit rekanan di dalam dan luar negeri.

Bagi yang ingin mendaftar asuransi rawat inap cashless terbaik ini, pastikan tertanggung berusia antara 1 bulan sampai dengan 70 tahun.
 

3. Allianz

Allianz memiliki produk asuransi rawat inap cashless dengan nama SmartMed Premier. Produk ini menawarkan 10 jenis plan yang bisa konsumen pilih sesuai kebutuhan masing-masing. Namun, semua plan menetapkan limit tahunan yang sama, yaitu Rp6 miliar.

Manfaat yang ditawarkan SmartMed Premier di antaranya:

  • pertanggungan biaya kamar (maks. Rp 500 ribu sampai Rp6 juta per hari).
  • biaya kamar ICU (sesuai tagihan).
  • biaya kunjungan dokter spesialis (sesuai tagihan).
  • biaya kunjungan dokter umum (sesuai tagihan).
  • biaya pembedahan (sesuai tagihan).
  • biaya perawatan sebelum dan sesudah rawat inap (sesuai tagihan).
  • biaya ambulans (sesuai tagihan).
  • biaya rawat jalan darurat akibat kecelakaan (sesuai tagihan).
  • biaya rawat gigi darurat (sesuai tagihan).
  • dan perawat pribadi di rumah (sesuai tagihan).

Selain itu, produk ini juga memberikan manfaat khusus berupa pertanggungan:

  • biaya kemoterapi (maks.Rp90 juta sampai Rp1 miliar).
  • biaya cuci darah (maks. Rp75 juta sampai Rp900 juta).
  • santunan pemakaman (Rp5 juta sampai Rp60 juta).
  • dan santunan HIV/AIDS (Rp10 juta).

Jumlah rumah sakit rekanan menjadi salah satu keunggulan asuransi Allianz. Pasalnya, Anda bisa mengajukan klaim cashless untuk rawat inap di lebih dari 1100 rumah sakit rekanan di Indonesia, Singapura, Malaysia, Thailand, dan negara lainnya.

Namun, jangan khawatir apabila tidak ada rumah sakit rekanan di dekat tempat tinggal Anda karena Allianz juga memiliki fasilitas klaim reimbursement yang mumpuni. Anda bisa mengajukan klaim reimbursement secara online dari smartphone menggunakan aplikasi Allianz eAZy Claim.

Persyaratan untuk mendaftar asuransi rawat inap cashless terbaik dari Allianz ini adalah peserta harus berusia 15 hari sampai 75 tahun. Anda juga harus melewati masa tunggu selama 30 hari setelah mendaftar untuk mengajukan klaim.
 

4. Cigna

Jika ketiga asuransi yang sudah dibahas menawarkan produk asuransi kesehatan sesuai tagihan, Cigna memiliki produk asuransi rawat inap terbaik dengan format hospital cash plan.

Apa itu hospital cash plan (HCP)? 

HCP adalah jenis asuransi kesehatan yang memberikan uang santunan sesuai jumlah hari opname pasien. Jadi apabila di perjanjian awal HCP akan memberikan Rp1 juta per hari, artinya nasabah akan mendapatkan Rp7 juta jika diopname selama 7 hari.

Produk HCP terbaik dari Cigna adalah Cigna Eazihealth. Produk ini menawarkan manfaat harian rumah sakit sebesar Rp300 ribu per hari.

Selain itu, diberikan juga manfaat biaya pembedahan maksimal Rp3 juta per kejadian yang bisa diklaim cashless maupun reimbursement. Namun khusus untuk manfaat ini, tidak akan semua ditanggung, tergantung jenis tipe pembedahannya.

Anda bisa mengajukan klaim asuransi Cigna Eazihealth ini di lebih dari 700 rumah sakit rekanan Cigna di seluruh Indonesia.

Untuk mendapatkan produk ini, Anda harus berusia 18 sampai 59 tahun dan bisa menanggung anak usia 0,5 sampai 17 tahun. Produk asuransi rawat inap cashless terbaik ini cocok bagi Anda yang mencari asuransi kesehatan dengan premi terjangkau.
 

5. AXA Mandiri

Solusi perlindungan kesehatan dari AXA Mandiri adalah Asuransi Mandiri Perlindungan Sejahtera dengan Asuransi Tambahan Mandiri Medical Care.

Manfaat Perlindungan Kesehatan sampai dengan 85 tahun untuk Rawat Inap di Rumah Sakit di seluruh Negara di ASEAN, kemudian terdapat pilihan manfaat rawat jalan sesuai dengan Plan yang dipilih, dan santunan tunai harian dan santunan meninggal dunia akibat kecelakaan.

Fasilitas cashless di jaringan Rumah Sakit, dengan 4 pilihan Plan yang sesuai dengan kebutuhan. Proteksi Kesehatan diberikan dengan perlindungan kesehatan sebelum dan sesudah rawat inap. Tersedia pula fasilitas kenaikan limit kamar inap harian rumah sakit.

Maslahat tambahan meninggal dunia karena kecelakaan dan ketidakmampuan karena kecelakaan hingga usia 77 tahun.

  • Usia masuk: Tertanggung: 15 hari sampai dengan 65 tahun.
  • Pemegang polis: Minimal 18 tahun.
  • Premi Dasar: Minimal Rp. 3.600.000.- per tahun.
  • Premi Top Up Berkala: Minimal Rp. 1.000.000,- per tahun.
  • Premi Top Up Tunggal: Minimal Rp. 1.000.000,- per transaksi.
  • Metode pembayaran: Tahunan/Semesteran/Kuartalan/Bulanan.
     

6. Sequis Life

Sequis menawarkan Sequis Q Infinite MedCare Rider yang merupakan asuransi kesehatan tambahan dengan 4 pilihan Plan perlindungan kesehatan hingga Rp 90 miliar per tahun. Diberikan fasilitas non tunai (cashless) di lebih dari 500 rumah sakit  rekanan di seluruh dunia.

Fasilitas Cashless tersedia di lebih dari 500 rumah sakit di Indonesia dan lebih dari 50 rumah sakit di Malaysia dan rumah sakit di Singapura. Cashless juga menawarkan fasilitas perawatan satu orang per kamar perawatan di seluruh dunia.

Untuk bisa masuk rawat inap, Sequis menetapkan bahwa bisa memberikan Manfaat Rawat Inap dengan perawatan minimal 6 jam. Waktu 6 jam termasuk singkat dibandingkan asuransi kesehatan rawat inap lainnya.

Di samping manfaat rawat inap, asuransi Sequis ini memberikan juga manfaat kematian karena Kecelakaan dan Manfaat Tambahan Kanker & Serangan Jantung.

Syarat dan Ketentuan 

  • Usia masuk mulai dari 1 bulan sampai dengan 70 tahun (masa asuransi sampai dengan ulang tahun Tertanggung yang ke-75, 85 dan 100) sesuai Plan yang diambil.
  • Total Premi mulai Rp1,050 juta/bulan (minimum target premi/premi dasar Rp10 juta/tahun).
  • Masa tunggu 30 hari sejak Polis diterbitkan.
  • Terdapat 15 penyakit tertentu yang belum ditanggung di tahun pertama.

Karena merupakan rider, pembelian asuransi kesehatan Sequis ini harus dibeli dengan asuransi utama. Asuransi utama biasanya asuransi jiwa.
 

Tips Memilih Asuransi Rawat Inap

Sebelum memilih produk asuransi rawat inap cashless terbaik yang sesuai dengan kebutuhan Anda, simak dulu beberapa tips berikut:
 

A. Cek rumah sakit rekanan asuransi

Metode penggantian cashless atau tanpa uang tunai hanya dapat Anda lakukan di rumah sakit rekanan asuransi. Di luar itu, Anda harus menalangi biaya rumah sakit terlebih dahulu dan mengajukan klaim reimbursement.

Oleh sebab itu, pastikan asuransi yang Anda pilih memiliki rumah sakit rekanan yang dekat dengan tempat Anda tinggal. Sehingga, Anda bisa lebih dimudahkan dalam pengajuan klaim nantinya.
 

B. Perhatikan outer limit dan inner limit

Dalam asuransi kesehatan, ada yang dinamakan outer limit dan inner limit. Outer limit adalah batas klaim yang mencakup semua jenis perawatan dalam satu tahun. Sementara itu, inner limit adalah batas klaim untuk masing-masing perawatan.
 

C. Ketahui perbedaan sesuai tagihan dan hospital cash plan

Khusus untuk biaya rawat inap, ada dua jenis cara penggantian asuransi, yaitu sesuai tagihan dan hospital cash plan. Pada asuransi Manulife, Prudential, dan Allianz yang sudah kita bahas sebelumnya, kebanyakan penggantian biaya menggunakan metode sesuai tagihan. 

Sementara itu, hospital cash plan adalah pemberian santunan rawat inap harian tanpa melihat tagihan rumah sakit. Apabila dalam kontrak awal asuransi manfaat hospital cash plan adalah Rp1 juta per hari, maka Anda akan mendapatkan Rp5 juta jika menjalani rawat inap selama 5 hari. 

Itulah ulasan beberapa produk asuransi rawat inap cashless terbaik serta tips dalam memilihnya. Sebelum membeli, jangan ragu untuk bertanya ke agen atau broker asuransi Anda, ya!

Bagikan Melalui

Daftar Isi

Berlangganan Duwitmu

Artikel Terkait