Memilih Asuransi Kesehatan Terbaik: Allianz, AXA, Cigna, atau Manulife (Update 2019)

  • December 19, 2013

Ketika memutuskan berhenti bekerja dan memulai usaha sendiri, satu hal yang perlu segera ditangani adalah soal biaya kesehatan. Bagaimana akan dibiayai? Salah satunya adalah mengambil Asuransi Kesehatan.  Apa Asuransi kesehatan terbaik di Indonesia 2019 ? Apa asuransi kesehatan keluarga yang bagus ? Apa macam – macam asuransi ? Dimana bisa dapat asuransi melahirkan ?

Namun persoalannya, bagaimana memilih Asuransi Kesehatan Terbaik. Bagaimana kita, sebagai orang awam, bisa menentukan dan memilih asuransi kesehatan yang bagus.

Dengan maksud itu, review dilakukan atas tawaran dari empat perusahaan asuransi terkemuka, yaitu asuransi kesehatan Allianz, asuransi kesehatan AXA, asuransi kesehatan Manulife dan  asuransi kesehatan Cigna dan asuransi kesehatan Prudential (update 2019).

Kelima-nya merupakan provider cukup ternama dan memiliki jaringan kerjasama rumah sakit yang termasuk paling luas.

Masing –masing kita lihat dan bandingkan manfaat dan preminya satu dengan lainnya.

Asuransi kesehatan adalah asuransi yang memberikan penggantian biaya kesehatan jika pemegang polis dirawat di rumah sakit karena terkena penyakit atau kecelakaan. Besarnya penggantian sesuai jumlah tagihan dari rumah sakit dengan batasan limit tertentu berdasarkan  rencana asuransi yang diambil.

Asuransi adalah bagian penting dalam Mengelola Keuangan Keluarga.

Asuransi kesehatan berbeda dengan asuransi penyakit kritis. Asuransi penyakit kritis memberikan santunan tunai jika menderita penyakit kritis tertentu. Santunan tunai diberikan satu kali secara lump-sum.

Sebelum melihat masing – masing penawaran, ada baiknya kita bahas dahulu kriteria yang ideal seperti apa. Setelah itu, kita dapat menentukan mana asuransi kesehatan yang bagus.

Asuransi Kesehatan Terbaik 2019

Menurut berbagai literatur dan pendapat perencana keuangan, hal – hal yang patut dipertimbangkan dalam menentukan asuransi kesehatan yang bagus adalah:

  • Cashless

    Dengan cashless, penggantian klaim menjadi lebih mudah. Saat masuk rumah sakit, anda tidak perlu membayar, namun cukup menyelesaikan tagihan dengan menggesek kartu asuransi. Tidak perlu bayar dimuka, yang kemudian masih harus di reimburse ke asuransi (reimbursement).

    Namun, cashless ini mensyaratkan rumah sakit tempat Anda dirawat sudah bekerjasama dengan pihak Asuransi karena rumah sakit harus memiliki dan memasang mesin untuk menggesek kartu asuransi. Jika tidak kerjasama, meskipun asuransi memiliki sistem klaim cashless, Anda terpaksa harus tetap membayar dimuka dan kemudian menyelesaikan dengan reimbursement.

  • Jaringan Rumah Sakit Luas

    Klaim cashless tidak dapat dilakukan di rumah sakit yang tidak memiliki kerjasama dengan asuransi. Karena itu, pilih asuransi yang memiliki jaringan kerjasama dengan banyak rumah sakit. Pastikan rumah sakit langganan Anda (jika ada) bekerjasama dengan asuransi kesehatan yang akan dipilih.

  • Plafond and Premi yang Sesuai

    Idealnya plafond asuransi kesehatan yang dipilih sesuai keinginan. Jika skema yang diambil lebih rendah, saat nanti dirawat inap, Anda harus mengeluarkan biaya tambahan untuk menutupi kekurangan yang tidak dijamin asuransi.

    Tentu saja, tingginya plafond berhubungan lurus dengan besarnya premi. Makin mahal harga kamar rumah sakit, makin mahal preminya. Sesuaikan premi dengan kemampuan, jangan malah memberatkan keuangan Anda. Harus siap trade-off antara premi dan plafond. Meskipun seringkali tidak mudah, karena soal kesehatan, misalnya pemilihan kamar rumah sakit, orang lebih emosional dan cenderung ingin nyaman serta bagus, yang implikasinya harga kamar yang mahal.

  • Asuransi Kesehatan Murni

    Pilihlah asuransi kesehatan yang berdiri sendiri, bukan merupakan rider asuransi jiwa unit-link. Kenapa? Mahal. Dalam unit-link, premi akan dibagi untuk asuransi jiwa, investasi dan baru asuransi kesehatan. Porsi untuk kesehatan menjadi kecil, sehingga Anda harus membayar lebih mahal untuk mendapatkan plafond lebih tinggi. Belum lagi, sejumlah potongan biaya unit-link yang jumlahnya tidak kecil, yang makin mengurangi premi kesehatan.

    Dalam asuransi murni (simak soal apa itu Asuransi Murni disini), premi diperuntukkan semata – mata untuk pertanggungan biaya kesehatan dan potongan biaya juga tidak sebesar biaya di unit-link, sehingga premi menjadi lebih murah atau nilai pertanggungan menjadi lebih tinggi. Jika ingin pembuktian, bandingkan nilai pertanggungan dan jumlah premi antara asuransi kesehatan murni dengan asuransi kesehatan yang menjadi bagian unit-link.

  • Prioritaskan Rawat Inap

    Biaya kesehatan mencakup rawat jalan dan rawat inap. Sebaiknya fokuskan pada asuransi yang menanggung biaya rawat inap karena perawatan ini yang biayanya paling besar. Jika memiliki uang lebih, bisa mengambil tambahan asuransi rawat jalan.

  • Tanpa Limit per Perawatan

    Terdapat limit atau plafond yang membatasi jumlah maksimum klaim biaya kesehatan. Umumnya, asuransi menerapkan dua jenis limit, pertama adalah limit gabungan semua perawatan dan kedua adalah limit per perawatan. Misalnya, limit pertama membatasi gabungan semua biaya perawatan Rp 250 juta dalam setahun, sementara limit kedua membatasi biaya perawatan bedah Rp 10 juta setahun, biaya konsultasi Rp 10 juta setahun dan seterusnya.

    Ada asuransi yang hanya menggunakan limit pertama, ada yang hanya limit kedua dan ada pula yang menggunakan kedua limit secara bersamaan. Sebaiknya pilih asuransi yang menerapkan limit pertama, atau dengan kata lain tidak membatasi biaya per perawatan. Maksudnya supaya pemegang polis fleksibel berobat berbagai perawatan selama limit total masih ada. Asuransi yang membatasi dengan limit pertama dan limit kedua, tentu saja, yang paling tidak ideal.

  • Perhatikan Pembayaran Auto Debit Kartu Kredit

    Meskipun sepertinya memudahkan dan biasanya premi dibayar bulanan (jadinya terlihat lebih ringan), harap hati – hati melakukan pembayaran dengan auto-debit kartu kredit (ingin tahu cara mengelola kartu kredit, simak disini). Jika terpaksa menggunakan metode ini karena asuransi tidak menyediakan alternatif pembayaran lain, pastikan Anda tahu kapan pembayaran dimulai dan bagaimana prosesnya jika ingin berhenti.

  • Hindari Mengambil Asuransi Kesehatan via Telpon

    Tawaran asuransi kesehatan lewat tele-marketing mulai jamak bermunculan. Biasanya bekerjasama dengan penerbit kartu kredit. Terkait produk yang cukup kompleks, seperti asuransi ini, sebaiknya renungkan, analisa dan jika sempat lakukan riset, sebelum mengambil keputusan. Karenanya, saya tidak menyarankan mengambil keputusan seketika saat penawaran oleh telemarketing. Saya pernah mengalami sendiri cepat dan ringkasnya proses penawaran tersebut, sehingga banyak info detail yang tidak bisa disampaikan karena terbatasnya waktu. Kalau memang tertarik dan butuh waktu untuk memikirkannya, bisa minta nomer kontak pihak asuransi, yang nanti bisa Anda hubungi ketika sudah siap.

  • Masa Tunggu Penyakit

    Asuransi kesehatan mensyaratkan masa tunggu, beberapa penyakit tidak dapat diklaim selama jangka waktu tertentu sejak tanggal masa berlaku asuransi. Misalnya, Cigna menetapkan penyakit berikut baru bisa diklaim 12 bulan kemudian, yaitu asthma; TBC (Tuberculosis); batu ginjal, saluran kemih dan kandung kemih; darah tinggi (hipertensi), jantung dan pembuluh darah; Kencing manis (Diabetes Mellitus); Vertigo; dan lain – lain. Tanyakan ke pihak asuransi penyakit apa yang masuk masa tunggu dan berapa lama.

  • Asuransi Kesehatan Keluarga

    Umunya,  orang mengambil asuransi kesehatan, tidak hanya untuk sendiri, tetapi juga untuk keluarga. Karena itu perlu memilih asuransi kesehatan keluarga yang bagus dan murah dengan memperhatikan: (1) asuransi kesehatan terbaik untuk keluarga; (2) premi keluarga lebih murah; (3) fasilitas cashless untuk keluarga; (4) asuransi kesehatan yang bagus buat anak, karena pengeluaran ongkos untuk pengobatan anak biasanya paling besar.

Menilik Asuransi Kesehatan

Program asuransi kesehatan keluarga yang saya ajukan adalah 3 anggota keluarga, suami (usia 41 tahun), istri (usia 41 tahun) dan anak perempuan (usia 5 tahun). Biaya kamar rawat inap adalah Rp 750,000 per hari. Manfaat dari masing – masing asuransi tersaji di tabel di bawah ini (tabel lengkap ambil disini).

asuransi kesehatan terbaik

Asuransi ALLIANZ

Total premi asuransi kesehatan allianz setahun adalah Rp 11,250,000 untuk rawat inap. Yang menarik, batasan rawat inap di kamar seharga Rp 750,000 mencapai 180 hari setahun, termasuk paling tinggi diantara yang lain. Namun Allianz menerapkan limit per perawatan yang bervariasi tergantung jenis perawatannya. Sementara, batasan limit total setahu untuk gabungan perawatan tidak ada. Sistem cashless.

Selengkapnya bisa cek di asuransi kesehatan Allianz.

Asuransi Kesehatan AXA

Asuransi kesehatan AXA memiliki total premi setahun Rp 12,674,000 untuk rawat inap. Meskipun lebih mahal diantara yang lain, Asuransi AXA tidak menerapkan limit per perawatan. Perawatan dibayar sesuai kuitansi, yang dibatasi limit gabungan perawatan sebesar Rp80 juta setahun. Terdapat total limit gabungan setahun yang senilai Rp 250,000,000 per orang. Rawat inap dengan kamar seharga Rp 750,000 per hari maksimum hanya 60 hari setahun, lebih sedikit dari Allianz. Sistem cashless.

Selengkapnya cek di asuransi kesehatan AXA.

Asuransi AXA kesehatan yang dibahas ini disediakan oleh AXA General Insurance, bukan oleh AXA Mandiri Financial Services and AXA Financial Indonesia.

Asuransi AXA di Indonesia terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dan merupakan bagian dari AXA Group, salah satu perusahaan asuransi dan manajemen aset terbesar di dunia.

AXA Asuransi menyediakan perlindungan asuransi umum, yaitu asuransi rumah beserta isinya, kendaraan, perjalanan, serta kesehatan dan kecelakaan diri untuk pribadi dan keluarga.

Update 2019:

Salah satu inovasi Asuransi AXA di 2019 adalah beli asuransi online. Saat ini, Anda masuk ke website Asuransi AXA dan bisa melakukan pembelian asuransi secara online.

Tidak hanya pembelian asuransi, situs AXA asuransi juga menyediakan fasilitas melakukan klaim online. Cara dan persyaratan dokumen untuk melakukan klaim diuraikan secara lengkap dalam prosedur klaim online.

Produk asuransi AXA yang dijual online adalah sebagai berikut:

Asuransi Kesehatan. AXA Hospital Plus Life yang merupakan  asuransi kesehatan dan jiwa bisa diajukan via online. Produk ini memberikan manfaat penggantian biaya rawat inap rumah sakit dan santunan duka serta manfaat pengembalian premi 100% di tahun ke 12 baik. 

Asuransi Jiwa. AXA LIFE & SAVE adalah produk asuransi jiwa yang memberikan perlindungan kepada nasabah berupa Maslahat Meninggal Dunia dan Maslahat jika Tertanggung tetap hidup sampai masa akhir masa perlindungan.

Asuransi Mobil. AXA SmartDrive melindungi kendaraan dengan asuransi kendaraan komprehensif dan manfaat luas.

Asuransi Perjalanan. AXA SmartTraveller adalah asuransi perjalanan online yang melindungi Penundaan Perjalanan; Perlindungan Terhadap Bagasi dan Barang Milik Pribadi; dan Pengurangan Perjalanan. AXA  travel insurance indonesia diperlukan, salah satunya, sebagai syarat pengajuan visa Schengen Eropa.

Pembelian asuransi melalui online punya beberapa keuntungan, yaitu:

Pertama, tidak perlu ketemu sales agen asuransi, karena buat sebagian orang, relasi dengan agen itu tidak menyenangkan. Karena itu, buat Anda yang tertarik ingin beli asuransi tetapi tidak mau berhubungan dengan agen, beli asuransi online bisa jadi solusinya.

Kedua, beli online tidak dibatasi waktu dan tempat. Anda bisa melakukan kapan saja, tidak harus buat janji di tempat dan waktu tertentu.

Asuransi digital membantu masyarakat di luar Jawa, yang mungkin selama ini akses terhadap produk asuransi masih terbatas. Kita maklumi bahwa penetrasi asuransi masih di Jawa, sementara kebutuhan akan proteksi asuransi ada di seluruh Indonesia.

Ketiga,  kesempatan mendapatkan premi murah karena dengan online Anda bisa melakukan perbandingan premi asuransi antara produk satu dengan produk lain dengan mudah, tanpa harus mendatangi perusahaan asuransi satu persatu.

Keempat, dalam pembelian online Anda mendapatkan akses review produk. Anda dapat membaca review dari produk asuransi dari orang-orang yang sebelumnya pernah mengajukan produk tersebut.

Asuransi CIGNA

Cigna Asuransi adalah perusahaan asuransi jiwa yang terdaftar dan diawasi Otoritas Jasa Keuangan (OJK), didirikan 1990 dan anak perusahaan Cigna Corporation dari Amerika Serikat.

Pada akhir tahun 2017, Asuransi Cigna Indonesia memiliki rasio tingkat solvabilitas, atau RBC (Risk Based Capital) 784% di atas peraturan pemerintah sebesar 120%.

Cigna memiliki asuransi kesehatan keluarga,yaitu Family EaziCare. Premi ditentukan oleh berapa santunan per hari dan usia paling tua. Misalnya dalam contoh ini, santunan per hari Rp 800,000 dan usia tertua 41 tahun, maka premi per bulan adalah Rp 716,600 (detil lihat di premi Cigna) atau setahun Rp 8.599.200 untuk maksimum lima orang anggota. Terlihat preminya relatif murah, apalagi bisa memberikan pertanggungan sampai lima orang anggota keluarga.

Namun, bentuk manfaat di Cigna Asuransi ini agak berbeda, yaitu santunan tunai. Saat dirawat, santunan per hari diberikan lump-sum oleh Cigna, misalnya Rp 800 ribu, selama maksimum 60 hari, tidak peduli berapa biaya kamar dan biaya perawatan yang sebenarnya dikeluarkan.

Artinya, kurang atau lebihnya tergantung perbedaan total biaya kamar dan biaya perawatan dibandingkan jumlah santunan. Meskipun preminya terlihat murah, manfaatnya memang lebih kecil dibandingkan asuransi lain yang preminya lebih mahal. Sistem cashless.

Produk Asuransi Kesehatan Cigna ini menurut saya cocok untuk Anda yang (1) karena keterbatasan keuangan belum mampu membayar premi mahal, tetapi ingin punya proteksi asuransi kesehatan; atau (2) sudah punya asuransi kesehatan dari kantor tetapi dirasa kurang dan ingin menambah proteksi biaya kesehatan.

Asuransi Cigna “Premium Health Protection”

Untuk produk asuransi kesehatan yang lebih komprehensif, Cigna menyediakan pula “Cigna Premium Health Protection“, yang menyediakan manfaat antara lain:

Manfaat Rawat Jalan. Mulai biaya dokter umum, dokter spesialis, biaya pemeriksaan, laboratorium hingga biaya obat-obatan.

Manfaat Rawat Inap Harian. Mulai biaya harian rawat inap, ICU, pembedahan serta konsultasi hingga pemeriksan medis sesudah rawat inap.

Akses Perawatan di Luar Negeri. Akses perlindungan kesehatan yang luas mulai dari Indonesia, Singapura, Malaysia hingga Thailand.

Pemeriksaan Kesehatan Rutin. Setiap 2 tahun, untuk memudahkan Anda dan keluarga dalam mengantisipasi atau mendeteksi gangguan kesehatan sedini mungkin.

Cigna Premium Health Protection menyediakan pilihan manfaat perlindungan kesehatan yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan Anda dan keluarga, mulai dari Rp100 – Rp500 Juta per tahun dengan premi mulai dari Rp300 ribuan per bulan.

Asuransi Kesehatan Keluarga “Cigna Family Care”

Di 2019, saya cek asuransi Cigna menawarkan satu asuransi kesehatan keluarga yang cukup bagus, yaitu CIGNA FAMILY CARE.

Asuransi kesehatan keluarga Cigna Family Care memberikan perlindungan kesehatan bagi keluarga, yang dapat melindungi hingga 5 orang tertanggung — atau lima anggota keluarga inti, yakni kepala keluarga, pasangan dan tiga orang anak — di dalam satu polis dengan satu premi.

Manfaat Cigna asuransi kesehatan keluarga ini adalah (1) manfaat Harian Perawatan Rumah Sakit mulai dari Rp 300.000 – Rp 1.200.000,- per Tertanggung; (2) manfaat harian rawat inap di ICU mulai dari Rp 600.000 – Rp 2.400.000,- per Tertanggung; (3) Manfaat Pembedahan, yang diberikan apabila Tertanggung memerlukan tindakan pembedahan, baik yang disebabkan oleh sakit atau kecelakaan, dengan manfaat per kejadian mulai dari Rp 6.000.000 – Rp 24.000.000,- per Tertanggung; (4) Rawat Jalan setelah Perawatan Rumah Sakit, yang diberikan setelah Tertanggung dirawat inap minimal 5 hari atau lebih di Rumah Sakit dan akan dibayarkan sesuai tagihan sampai mencapai batas maksimal manfaat. Manfaat ini berlaku hanya untuk kejadian rawat jalan yang terjadi dalam kurun waktu 30 hari sejak Tertanggung selesai dirawat inap

Semua manfaat adalah asuransi kesehatan keluarga cashless kecuali Rawat Jalan Setelah Perawatan Rumah Sakit yaitu secara reimbursement.

MANULIFE

Manulife sebagai salah satu asuransi terbaik di Indonesia menawarkan asuransi kesehatan yang merupakan rider atau tambahan dari asuransi jiwa term-life. Meskipun bukan asuransi kesehatan murni, program ini punya manfaat yang menarik, tidak kalah dengan asuransi murni. Total premi setahun adalah Rp 9,854,000 untuk rawat inap. Selain preminya lebih murah dari Allianz dan AXA, biaya kamar yang ditanggung juga lebih tinggi, yaitu Rp 800,000 per hari dengan maksimum rawat inap 60 hari setahun. Namun, Manulife menerapkan limit per perawatan yang relatif rendah, meskipun tidak ada batasan limit gabungan setahun.

Manulife memberikan dua manfaat sekaligus, asuransi jiwa dan asuransi kesehatan. Manfaat asuransi jiwa disini bukan unit-link karena tidak ada unsur investasinya. Selain proteksi biaya kesehatan, Anda mendapatkan proteksi asuransi jiwa senilai Rp 600,000,000. Kita tahu bahwa beberapa asuransi kesehatan lain juga memberikan santunan jika tertanggung meninggal dunia. Namun jumlahnya kecil. Tidak ada yang sebesar pertanggungan yang diberikan Manulife.

Mencari Asuransi Terbaik di Indonesia

Keempatnya menerapkan sistem cashless, merupakan asuransi kesehatan keluarga dengan fasilitas rawat inap dan bukan bagian dari unit-link. Jadi untuk kriteria ini, semuanya cukup baik. Mari kita lihat kriteria lainnya.

  • Plafond

    AXA paling ideal karena limit perawatan yang cukup besar dengan satu limit (limit tidak dipecah – pecah per perawatan), sementara yang lain menerapkan limit yang berbeda – beda untuk tiap perawatan. Allianz dan Manulife tidak ada limit total per tahun namun membatasi dengan limit per perawatan per tahun. Untuk Manulife, karena memberikan tambahan pertanggungan asuransi jiwa, kita bisa mengurangi pertanggungan asuransi jiwa yang sudah kita punya dan menggunakan kelebihan preminya untuk meningkatkan premi asuransi kesehatan. Cigna membatasi baik dengan limit per perawatan maupun limit total. Dari sisi plafond, Cigna yang paling kecil karena memberikannya dalam bentuk santunan tunai (cash plan), yang tidak mengganti sesuai biaya rawat inap dan biaya dokter.

  • Premi

    Yang paling murah adalah Cigna karena selain jumlah preminya paling kecil, dengan premi serendah itu pertanggungan bisa mencapai 5 orang anggota keluarga (2 orang tua dan 3 anak). Sementara, asuransi lain, preminya lebih mahal, itupun hanya untuk 3 anggota keluarga (lebih banyak anggota, premi lebih tinggi lagi). Tetapi, kembali lagi, premi berhubungan dengan manfaat.

  • Jaringan Rumah Sakit

    Semuanya punya kerjasama yang luas. Informasinya untuk AXA dan Manulife.

Pilih Asuransi Kesehatan yang Bagus ?

Tergantung. Kalau belum punya asuransi, saran saya pilih antara Allianz, AXA atau Manulife karena mereka memilik plafond yang ideal. Sementara, kalau sudah punya asuransi dari kantor dan ingin menambah pertanggungan, saran saya ambil Cigna karena preminya paling ekonomis dengan pertanggungan yang lumayan.

Bagaimana jika butuh asuransi kesehatan untuk orang tua kita? Simak artikel  Asuransi Kesehatan Usia Lanjut melindungi sampai usia 79 tahun.

Pentingnya kesehatan dan mahalnya biaya berobat membuat asuransi yang memproteksi biaya ini merupakan bagian penting dalam setiap perencanaan keuangan keluarga. Apalagi jika tidak ada fasilitas kesehatan dari tempat bekerja. Pastikan memilih asuransi yang paling sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan, secara hati – hati. Paling tidak gunakan uraian diatas sebagai panduan. Selamat memilih! Ingin tahu informasi lain dan berapa prakiraan premi asuransi untuk Anda, simak disini.

Update May 2016

Manulife: MiUltimate HealthCare, Asuransi Kesehatan Cashless Ganti Sesuai Tagihan

Manulife meluncurkan produk asuransi kesehatan murni terbaru, yaitu MiUltimate HealthCare (MiUHC). Asuransi kesehatan ini memiliki sejumlah fitur yang lebih baik dibandingkan asuransi – asuransi kesehatan lainnya.

Ini adalah asuransi kesehatan cashless yang melakukan pembayaran sesuai dengan tagihan kesehatan (as charged) dengan limit tahunan, tanpa inner limit.

Manulife menjelaskan bahwa ini adalah asuransi ini memberikan manfaat dasar yaitu Manfaat Perawatan Rumah Sakit dan manfaat pilihan yaitu Manfaat Rawat Jalan, Manfaat Perawatan Gigi, dan Manfaat Melahirkan.

  • Usia Masuk Orang Tua adalah 18 – 70 tahun; Anak-anak: 6 bulan – 17 tahun.
  • Metode Pembayaran Premi: Tahunan, Semesteran, Kuartalan, dan Bulanan

Keunggulannya dibandingkan asuransi kesehatan lain adalah berikut ini

#1 Penggantian Sesuai Tagihan Tanpa Inner Limit

Umumnya, asuransi kesehatan menerapkan inner limit, yaitu batasan limit untuk setiap kali masuk rumah sakit.

Contohnya, plan kamar Rp 500rb di asuransi kesehatan memiliki inner limit Rp 9.8 juta untuk biaya obat dan laboratorium (Biaya Aneka Perawatan Rumah Sakit) dan limit tahunan rp 215 juta (untuk seluruh penggantian, tidak hanya obat dan lab saja).

Artinya, jika masuk rumah sakit, maksimum biaya obat dan lab yang di cover adalah Rp 9.8 juta. Lebih dari itu, biaya ditanggung peserta meskipun limit tahunan masih ada.

Dengan Manulife Mi Ultimate Health, semua tagihan obat dan lab tsb akan diganti karena tidak ada inner limit. Hanya ada limit tahunan.

Plan kamar Rp 500 rb di Manulife MiUC memiliki limit tahunan Rp 1 M. Artinya, berapa pun biaya obat dan lab akan dicover selama limit tahunan masih tersedia.

Misalnya, masuk Rumah sakit biaya obat 50 juta, Manulife akan menngantinya karena masih di dalam limit tahunan.

Jika memakai asuransi kesehatan yang ada inner limitnya (misal 9.8 juta tadi), tagihan 50 juta tidak akan diganti semuanya.

Anda bisa melihat bahwa asuransi kesehatan yang tanpa inner limit lebih menguntungkan.

#2 Tidak Ada Batasan Jumlah Hari Rawat Inap dalam 1 Tahun

Asuransi kesehatan umumnya menetapkan maksimum jumlah hari rawat inap dalam 1 tahun. Ada yang 120 hari atau 150 hari.

Jika jumlah hari rawat inap sudah melewati batasan tersebut, asuransi tidak akan mengganti, meskipun limit tahunan masih ada.

Asuransi MiUltimate Healthcare tidak membatasi jumlah hari rawat inap di rumah sakit. Selama limit tahunan masih tersedia, peserta boleh terus rawat inap.

#3 Otomatis Plan Kamar Naik 3x Lipat (tanpa tambah premi) Jika ke Luar Negeri

Manulife memberikan manfaat biaya kamar sebesar 3x dari plan yang dipilih bila dirawat di seluruh dunia (kecuali Amerika Serikat).

Misalnya, Anda pilih plan kamar Rp 500 ribu, maka ketika berobat ke luar negeri manfaat kamar otomatis naik 3x, yaitu Rp 1.5 juta (tanpa biaya tambahan).

Ini tentu saja membantu karena kamar di luar negeri lebih mahal.

#4 Diskon Asuransi Keluarga

Manulife memberikan potongan premi sebesar 5% bila mengikutsertakan anggota keluarga Anda (family plan) untuk minimal 3 Tertanggung dan diskon berlaku atas keseluruhan premi yang dibayarkan.

Misalnya, satu keluarga terdiri 3 orang, cukup membeli 1 polis MiHC ini. Tidak perlu beli 3 polis.

Karena ini adalah asuransi kesehatan murni, peserta juga tidak perlu membeli asuransi jiwa atau investasi untuk bisa ikut serta. Cukup beli 1 polis asuransi kesehatan.

#5 Perlindungan Sampai Usia 80 Tahun

Manulife memberikan perlindungan cukup lama, yaitu usia 80 tahun. Semua peserta dilindungi sampai usia 80 tahun selama pembayaran premi lancar.

#6 Tambahan Limit 1 Miliar (Gratis) untuk Penyakit Kritis

Jika terkena penyakit kritis, Manulife Mi Ultimate Healthcare memberikan limit tambahan.

Menariknya, tambahan limit ini tidak ada tambahan premi. Anda tidak perlu membayar lebih untuk ini.

Misalnya, limit tahunan adalah Rp 1M. Lalu terkena penyakit kritis, maka Manulife otomatis menambahkan limit sebesar Rp 1M sd 2 M (tergantung plan), sehingga total limit menjadi Rp 2 M – 3 M.

Penyakit kritis yang mendapat tambahan limit adalah Kanker, Serangan Jantung, Gagal Ginjal, Transplantasi, Organ.

#7 Fisioterapi dan Biaya Tes Diagnostik (CT San) Dicover

MiUltimate memberikan penggantian yang umumnya tidak diberikan oleh asuransi kesehatan.

Pertama di Indonesia yang menawarkan manfaat baru yaitu:

  • Biaya Perawatan Fisioterapi (60 hari sejak tanggal keluar dari Rumah Sakit)
  • Biaya Tes Diagnostik (Perawatan Sebelum Rawat Inap, 30 hari sebelum masuk Rumah Sakit) Pembedahan rekonstruksi dikarenakan mastektomi atau kecelakaan
  • Biaya Perawatan Oleh Juru Rawat (maks 30 hari setelah tindakan bedah atau ICU sebagai bagian dari Biaya Perawatan Setelah Rawat Inap)
  • Pengobatan tradisional Tiongkok (opsional)
  • Perawatan Fisioterapi dan Chiropractic (opsional)

#8 Asuransi Melahirkan Perorangan

Salah satu opsi adalah asuransi kesehatan MiUltimate menawarkan Asuransi Melahirkan Perorangan sebagai asuransi tambahan. Asuransi yang mengcover biaya melahirkan untuk ibu.

Anda bisa memiliki fasilitas asuransi untuk melahirkan buat peserta perorangan di MiUltimate, yang biasanya selama ini fasilitas melahirkan atau asuransi persalinan hanya disediakan jika ikut asuransi kesehatan perusahaan.

Tentu saja, ada tambahan premi diatas premi Manulife regular untuk asuransi yang mengcover melahirkan tersebut. Pastikan Anda paham soal asuransi untuk melahirkan dan bukan asuransi hamil.

#9 Berapa Preminya ? Rp 8 – 12 juta untuk 3 orang anggota keluarga

Apakah preminya mahal ? Tidak juga.

Ini contohnya asuransi kesehatan MiUltimate Healthcare untuk 3 orang anggota keluarga (suami, istri dan anak).

Preminya Rp 12 jutaan setahun.

MiUltimateHC_example

Update 2019:

Asuransi Kesehatan Manulife ini memiliki beberapa ketentuan dalam polis yang perlu dipahami oleh calon pemegang polis. Asuransi Kesehatan ini menetapkan Masa Tunggu, yaitu klaim tidak bisa dilakukan selama masih dalam masa tunggu, sebagai berikut:

  1. 30 hari untuk seluruh penyakit
  2. 90 hari untuk khusus penyakit kanker, jika terdiagnosa maka tidak ditanggung selamanya. Artinya : jika terjadi kanker sebelum 90 hari maka tidak akan dicover selamanya, namun jika terjadinya kanker setelah 90 hari polis, maka kanker itu akan dicover 12 bulan kemudian.
  3. 12 bulan untuk 17 penyakit khusus, manfaat melahirkan dan hiv/aids

Asuransi Kesehatan Manulife tidak menanggung biaya imunisasi, vaksinasi, food suplement, dan lainnya. Karen biaya ini bukan penyakit dan sudah dijelaskan dalam polis asuransi kesehatan.

Tabel Manfaat Asuransi Kesehatan Manulife 2019

Biaya kamar tersedia mulai Rp 500 ribu sd Rp 3 juta per hari. Total limit pertanggungan mulai Rp 1 Miliar sd Rp 3 Miliar setahun.
Asuransi Kesehatan Manulife 2019

Klausul ‘Pengecualian’

Dalam polis asuransi kesehatan, salah satu hal paling penting yang harus dibaca adalah klausul soal ‘pengecualian’. Klausul ‘Pengecualian’ ini pada dasarnya mengatur sejumlah hal yang tidak bisa diklaim.

Berdasarkan polis dan proposal asuransi kesehatan yang saya baca terdapat klausul pengecualian yang menyatakan bahwa perusahaan asuransi tidak akan membayar Manfaat Asuransi dalam hal perawatan dan/atau pengobatan yang berhubungan dengan:

  1. Semua perawatan dan atau pengobatan yang berhubungan dengan Penyakit atau luka yang Telah Ada Sebelumnya (Pre Existing Diseases)
    termasuk komplikasinya.
  2. Penyakit-penyakit Khusus, kecuali Polis telah berlaku selama 12 (dua belas) bulan berturut-turut.
  3. Transplantasi organ, termasuk semua perawatan dan/atau pengobatan yang berkaitan dengan transplantasi organ.
  4. Semua alat penunjang atau alat bantu buatan atau bahan sintetis baik yang di luar atau melekat pada tubuh.
  5. Dialisa, termasuk semua perawatan dan/atau pengobatan yang berkaitan dengan Dialisa.
  6. Perawatan dan pengobatan eksperimental, tradisional dan/atau alternatif yang di luar ilmu kedokteran barat yang tidak terbatas pada akupuntur (kecuali dilakukan oleh Dokter), sinshe, dukun patah tulang, paranormal, chiropractor, naturopath, holistik dan sejenisnya.
  7. Gangguan kejiwaan atau syaraf termasuk psikosis, neurosis, stres, depresi, psikogeriatrik dan manifestasi fisiologis atau psikosomatis, perawatan penyalahgunaan obat, kecanduan obat dan/atau alkohol.

Klausul ‘pengeculian’ diatas adalah salah satu contoh yang saya ambil dari proposal asuransi kesehatan. Namun, secara umum isi klausul ‘pengecualian’ ini hampir sama diantara perusahaan asuransi.

Sebelum mengambil asuransi kesehatan, cara terbaik adalah membaca terlebih dahulu klausul pengecualian yang ditetapkan oleh perusahaan asuransi terkait.

Perusahaan asuransi memberikan ‘free-look’ period selama waktu tertentu kepada pemegang polis dimana dalam periode tersebut pemegang polis bisa mempelajari polis dan diperbolehkan membatalkan polis asuransi jika dianggap perlu dengan pengemblian premi tanpa kena potongan apapun.

Asuransi Kesehatan: Kenapa Klaim Ditolak (2019)

Salah satu topik yang paling sering dibahas soal asuransi kesehatan adalah penolakan klaim asuransi kesehatan. Sebagai konsumen, pasti rasanya marah, jengkel, dongkol, nano-nano lah karena selama ini sudah membayar premi asuransi secara rutin dan tepat waktu, lalu klaim ditolak justru saat sedang butuh-butuhnya.

Dari perbincangan dengan beberapa agen asuransi, yang sudah malang melintang dan makan asam garam di industri asuransi, saya menarik kesimpulan dari mereka bahwa perusahaan asuransi pada dasarnya sangat tidak mau tidak membayar klaim asuransi kesehatan. Perusahaan asuransi paham risiko reputasi yang dihadapi mereka jika menolak membayar klaim pemegang polis. 

Perusahaan asuransi sadar bahwa bisnis asuransi soal reputasi, nama baik, sehingga sangat dihindari terjadi ‘word of mouth’ negatif terutama soal pembayaran klaim asuransi kesehatan. Apalagi di era digital saat ini hoax sangat mudah menjalar. Ingat, berarti buruk lebih cepat viral dibandingkan berita baik.

Lalu kenapa terjadi klaim kesehatan ditolak asuransi yang membuat nasabah atau pemegang polis kecewa ?

Menurut saya, sumber utamanya adalah ketidakpahaman soal klausul dalam polis asuransi kesehatan. Segala syarat dan ketentuan soal klaim diatur dalam polis asuransi dan nasabah sebenarnya punya cukup waktu untuk membaca polis tersebut.

Perusahaan asuransi tidak bisa melanggar ketentuan dalam polis tersebut karena batasan dalam polis tersebut dibuat untuk menentukan tingkat premi dan mengelola risiko klaim yang dihadapi oleh perusahaan asuransi. Singkatnya, perusahaan asuransi wajib patuh dengan semua ketentuan dalam polis untuk memastikan keberlangsungan perusahaan.

Asuransi memberikan Hak untuk Mempelajari Polis (‘free-look period’) selama 14 hari kerja kepada pemegang polis sejak penerbitan polis dan jika terdapat klausul dalam polis yang tidak sesuai penegang polis bisa membatalkan polis asuransi dan uang premi yang sudah dibayar dikembalikkan.

Dalam asuransi kesehatan, syarat dan ketentuan dalam polis menjadi sangat penting karena jenis klaim kesehatan bervariasi dengan kondisi nasabah yang berbeda-beda pula sehingga kemungkinan terjadi dispute cukup tinggi. Berbeda, misalnya, dengan asuransi jiwa, yang sangat straight forward, tertanggung meninggal dunia maka asuransi membayar uang pertanggungan sesuai polis.

Jika pemegang polis menilai telah terjadi tindakan asuransi yang tidak sesuai polis, maka bisa menyampaikan komplain ke perusahaan asuransi atau ke OJK sebagai institusi pengawas perasuransian di Indonesia. Di dalam polis terdapat pula tata cara mengajukan komplain, termasuk melibatkan pihak ketiga jika terjadi sengketa.

Saran saya baca polis asuransi kesehatan baik – baik untuk  menghindari kekecewaan saat klaim. Diskusikan dengan agent jika terdapat klausul polis yang tidak jelas. Agent yang benar pasti akan membantu menjelaskan isi polis dengan baik.

Terdapat beberapa ketentuan dalam polis asuransi kesehatan yang penting dipahami oleh pemegang polis terkait proses klaim, yang saya ingin garis bawahi, yaitu sebagai berikut:

Pertama, pre-existing condition bahwa semua penyakit sudah diderita oleh tertanggung (baik diketahui atau tidak diketahui oleh tertanggung) sebelum polis disetujui maka asuransi kesehatan tidak mengganti atas klaim penyakit tersebut. 

Saya kutip langsung dari buku polis asuransi “Keadaan yang Sudah Ada Sebelumnya (Pre-Existing Condition): Segala jenis Penyakit, Kondisi, Cedera, atau Ketidakmampuan:

– yang sudah ada atau telah ada; atau 

– dimana penyebabnya ada atau telah ada; atau 

– dimana Tertanggung dan/atau Tanggungan telah mengetahui, telah ada tanda-tanda atau gejala-gejala atau penyakit; atau 

– yang ditunjukkan dengan adanya hasil tes laboratorium atau investigasi lain yang menunjukkan adanya kemungkinan kondisi atau penyakit tertentu; sebelum Tanggal Penerbitan Polis atau tanggal perubahannya (Addendum), mana yang paling akhir.

Ketentuan ini cukup jelas dan ketat. 

Yang saya tahu, beberapa jenis penyakit pasti sudah ada di penderita dalam jangka waktu lama dan tidak muncul tiba – tiba. Misalnya, penyakit asma, yang penyakit keturunan dan karenanya sudah lama diidap penderitanya. Jika klaim asma baru diidap, asuransi pasti akan melakukan penyelidikan untuk memastikan bahwa penyakit asma tersebut baru setelah polis efektif.

Kedua, asuransi memiliki periode eliminasi, yaitu klaim tidak akan dibayar jika menjalani Rawat Inap yang disebabkan penyakit dalam waktu 30 (tiga puluh) hari terhitung sejak Tanggal Penerbitan Polis atau perubahan Polis (Addendum). Singkatnya, selama 30 hari sejak polis terbit, pemegang polis tidak bisa klaim.

Ketiga, perusahaan asuransi menetapkan daftar sejumlah penyakit yang tidak bisa diklaim dalam waktu 12 bulan sejak polis diterbitkan. Jika tertanggung klaim salah satu penyakit ang termasuk di daftar dalam periode 12 bulan sejak polis terbit, perusahaan asuransi tidak mengganti klaim atas penyakit tersebut. 

Pengecualian untuk kedua poin diatas, dua dan tiga, yaitu ketentuan tidak berlaku apabila Tertanggung dan/atau Tanggungan menjalani Rawat Inap karena disebabkan oleh Kecelakaan.

Jadi, jika terjadi kecelakaan, asuransi mengganti klaim, meskipun masih dalam waktu 30 hari ataupun 12 bulan untuk penyakit – penyakit tertentu.

Keempat, ada banyak pengecualian dalam polis, tetapi saya pilih beberapa yang menurut saya penting diketahui. Pengecualian maksudnya klaim tidak dibayar oleh perusahaan asuransi jika:

  • Biaya pemeriksaan kesehatan rutin (medical check up), biaya pemeriksaan dan pencegahan atau pengobatan yang tidak berhubungan dengan penyakit yang Tertanggung dan/atau Tanggungan ketahui, biaya rehabilitasi tanpa rekomendasi Dokter, biaya preventif (pencegahan penyakit) termasuk imunisasi dan vaksinasi, food supplement, biaya istirahat, biaya telekomunikasi, biaya penyewaan televisi berikut salurannya, biaya lemari pendingin termasuk isinya dan biaya lain yang tidak berhubungan dengan perawatan medis; atau
  • Perawatan/pengobatan yang timbul sehubungan dengan atau yang diakibatkan oleh kelainan bawaan, cacat bawaan, atau penyakit keturunan, baik diketahui ataupun tidak; atau
  • Tertanggung dan/atau Tanggungan telah didiagnosa Kanker oleh Dokter dimana terdapat tanda dan gejala yang atau telah didiagnosa dan/atau sedang dalam perawatan dalam waktu 90 hari dari Tanggal Mulai Berlaku Polis atau tanggal mulai berlakunya Pemulihan Polis (mana saja yang terjadi terakhir); atau
  • Konsultasi dan rawat jalan yang tidak dilakukan di Rumah Sakit atau Klinik serta Rawat Inap yang tidak dilakukan di Rumah Sakit (misalnya Perawatan yang dilakukan di spa/sauna/salon); dan lain – lainnya.

Disamping kondisi pengecualian, hal lain yang tidak kalah penting adalah pemegang polis menyampaikan informasi yang benar dan jujur kepada perusahaan asuransi. 

Terdapat klausul dalam polis yang menyatakan bahwa “Keterangan, pernyataan dan penjelasan dalam proses pengajuan permohonan Pertanggungan tidak benar dikarenakan adanya unsur penipuan dan/atau pemalsuan. Dalam hal ini Penanggung mempunyai hak membatalkan Pertanggungan setiap saat karena ketidakbenaran tersebut.” Penanggung adalah perusahaan asuransi.

Kesimpulan

Asuransi Kesehatan adalah salah satu yang paling banyak dicari. Apalagi sejak BPJS Kesehatan diluncurkan, banyak orang membutuhkan alternatif layanan kesehatan. Kesehatan keluarga salah satunya dijaga dengan punya asuransi kesehatan.

Panduan ini membahas asuransi Cigna, Axa, Manulife, dan asuransi Allianz. Mencari asuransi terbaik keluarga dan asuransi kesehatan yang bagus di Indonesia.

Semoga panduan ini bisa membantu Anda memilih asuransi kesehatan terbaik untuk keluarga, premi murah dan bagus.

Simak Tulisan Terbaru Asuransi Kesehatan:

GRATIS Konsultasi Premi Asuransi

769 Responses

  1. Lingga Madu

    Terima kasih atas reviewnya yang sangat komplit. Saya sendiri juga mengalami bagaimana sulitnya membandingkan informasi asuransi kesehatan antar provider. Tidak seperti asuransi jiwa term life yang mudah.

    Saya ingin tahu pendapat Bapak terhadap Eka Sehat Sinarmas (http://j.mp/1bWWBaU). Dengan sistem mirip seperti AXA (sesuai kwitansi), saya melihat produk ini paling ekonomis dari semua asuransi yang pernah saya teliti.

    Sebagai perbandingan, dengan premi 3,6 juta per tahun, Anda mendapatkan biaya kamar 800 ribu, limit per kejadian 175 juta, dan limit per tahun 700 juta.

    Bagaimana pendapat Bapak terhadap produk di atas?

    Disclaimer : saya tidak memiliki hubungan apapun dengan pihak Asuransi Sinarmas. Saya tidak dibayar atau menerima insentif apapun dengan penyebutan produk di atas.

    Reply
    • admin

      Terima kasih sudah berkunjung. Saya belum sempat mereview asuransi kesehatan yang Anda sampaikan. Sehingga saya tidak bisa memberikan komentar. Sekilas dari yang Anda sampaikan asuransi ini terlihat murah. Tetapi, seperti kata pepatah ‘the devil is in the detail’, perlu dibedah secara detail apa saja manfaat dan perkecualian dari asuransi ini, sehingga bisa dibandingkan dengan asuransi – asuransi yang lain. Terima kasih.

      Reply
      • teguh silva

        pak saya mau tanya, waktu ikut asuransi terdapat jangka waktunya sampai 10 tahun bayar premi bulanan klo sudah selesai jangka waktunya apa kita bisa mengambil uangnya mohon infonya

      • admin

        Teguh,

        Pada dasarnya setiap saat Anda bisa menarik dana tersebut karena itu dana milik Anda. Disarankan ditarik setelah 10 tahun supaya akumulasi dana lebih besar.

        salam

      • hera

        bagaimana asuransi kesehatan unit linknya Prudential pak…ditunggu ulasan nya…

      • Agen W

        Saya bantu jawab tentang prudential, kebetulan saya agennya. Saat ini lebih fokus kearah unit-link yang artinya terdapat manfaat proteksi (asuransi) dan manfaat investasi, tentu hal ini ada demi kemudahan.
        Berikut penjelasan yg bisa saya berikan, seorang laki2 (Pak A) tdk merokok, usia 30th. Ia membayar premi sebesar 2jt perbulan atau 24jt pertahun. Ia hanya membayar premi selama 10 tahun. Jika dia tidak sakit atau sehat2 saja, maka premi akan bertotal 240jt diakhir tahun ke-10. Premi ini bisa diambil oleh Pak A. Namun jika premi tidak diambil, hanya dibiarkan mengendap, pada saat Pak A umur 55 tahun menjadi 1M dan jika dibiarkan kembali sampai pak A berumur 65 thn, mejadi 3,4M. Ini adalah manfaat investasi dari unit link Prudential.

        Selanjutnya jika Pak sakit maka akan dibayarkan manfaat Rumah Sakit
        Rawat Inap 500rb/hr (120 hr/tahun)
        Rawat ICU 1jt/hr (30 hr/thn)
        Perawatan 9,8jt/kejadian/tahun
        Operasi 14-70jt/ kejadian
        Sakit Kritis 250jt bisa 3x
        Jika Pak A sakit kritis, tidak perlu bayar premi lagi. dan akan mendapat tambahan uang 8jt/bulan sampai Pak A usia 65 tahun.
        Cacat 500jt
        Meninggal 500jt
        Meninggal akibat kecelakaan 1M, jika kecelakaan angkutan darat/udara yang berute maka 1,5M
        Manfaat santunan
        Rawat inap 600rb/hr
        ICU 1,2jt/hari
        Operasi 500-5jt

      • hera meutia

        DITUNGGU ULASAN YANG OBJEKTIF TTG ASURANSI KESEHATAN DARI Prudential..apa yang bapak tau?tks

        Saya Hera Meutia agen Prudential kode agen 0035386. berlinsensi

  2. Joshua Sentosa

    Thanks a lot. really helpfull.. Ada saran untuk perbandingan dengan Generali?katanya bagus juga ya?

    Reply
    • admin

      Terima kasih. Maaf untuk Generali saya belum pernah melihat penawarannya, sehingga tidak bisa share disini.

      Reply
  3. Leo

    Pak..sebenernya untung dan ruginya asuransi kesehatan apa sih pak..?
    Krna dulu sekali saya pernah ikut asuransi kesehatan juga..sempat jalan 1 tahunan aja krna waktu itu bayarnya lsg per 1 tahun..ditahun berikutnya gak pernah ditagih..akhirnya ya hangus dgn sendirinya..
    Nah..kl dihitung,mungkin sdh diatas 10 tahun yg lalu..sedangkan dalam 10 tahun ini,puji Tuhan,saya gak pernah kena penyakit yg parah pak..paling istilahnya,ya cuma flu,dan kecelakaan pun tidak pernah..
    Kl tidak pernah klaim bgtu,artinya saya rugi dong ya..? maaf nih pak kl nanyanya lucu,krna saya bener2 gak ngerti pak..istilahnya bayar utk sesuatu yg saya gak pernah pake..ataukah biasanya asuransi kl tidak di klaim,bisa diambil kembali uangnya yg sdh kita setorkan selama ini..?

    Reply
    • admin

      Terima kasih sudah berkunjung. Asuransi itu prinsipnya memberikan proteksi terhadap munculnya risiko. Dalam hal ini, asuransi kesehatan memproteksi pemegang polis dari risiko biaya kesehatan yang mahal jika kita sakit. Jika dibilang tidak ada gunanya bayar premi asuransi, menurut saya tidak, kenapa? karena kita mendapatkan manfaat dari proteksi tersebut. Anda sehat, itu bagus sekali, sehingga asuransi kesehatan tidak perlu dipergunakan. Tetapi, apakah risiko sakit sama sekali tidak ada? Tentu saja tidak. Risiko kita jatuh sakit pasti tetap ada. Karenanya, perlu asuransi kesehatan. Perlu diingat biaya berobat jika sudah sakit jumlahnya berlipat – lipat lebih besar dibandingkan premi asuransi kesehatan. Semoga bermanfaat.

      Reply
    • admin

      Terima kasih sudah berkunjung. Maaf saya belum sempat menelisik Prudential. Sebagai info, asuransi kesehatan Prudential adalah bagian dari asuransi Unit-Link. Asuransi kesehatan yang saya bahas di artikel ini adalah asuransi kesehatan murni yang tidak menjadi bagian dari Unit-Link. Menurut saya, asuransi kesehatan murni, lebih murah preminya dan lebih optimal nilai pertanggungannya.

      Reply
  4. Chandra

    Pak, terima kasih infonya pak…
    bisakah tolong dianalisa untuk produk dari tokiomarine? katanya bagus pak
    lalu avrist juga bagaimana pak menurut bapak?
    terima kasih

    Reply
    • admin

      Terima kasih sudah berkunjung. Maaf saat ini, saya belum mereview kedua produk yang Anda sebutkan tersebut. Sehingga belum bisa memberikan komentar atau pendapat. Mungkin di lain waktu saya akan coba lihat. Terima kasih masukkannya. Salam.

      Reply
      • Aliong

        Salam admin…mau nanya kalo seandainya plan kamar yang saya ambil 800rb..trus rawat inap di penang dengan harga kamar diatas plan misalkan 900rb per malam….bagaimana perhitungan penggantian biaya perawatan dari manulife (produk healtsafe)? Apakah pasien hanya membayar selisih harga kamar per malam nya? Apakah biaya perawatannya dibayar sesuai polis plan yang diambil asal tidak melebihi plafon yang ditetapkan.?

      • admin

        Sisanya dibayar peserta. Tapi tidak hanya selisih biaya kamar saja melainkan selisih biaya-biaya perawatan lainnya. Biasanya pihak rumah sakit akan bilang berapa selisih yang harus dibayar peserta.

  5. andi

    Artikel yang sangat membantu, terimakasih telah sharing!
    Yang perlu di cek lebih lanjut adalah persyaratan dan detil polisnya.

    1. Semua asuransi personal mempunyai masa tunggu selema bbrp bulan sampai bbrp tahun untuk penyakit tertentu.
    Kelebihan asuransi group adalah tanpa masa tunggu (berbahagialah yg mendapat fasilitas as-kes oleh tempat bekerja).

    2. Untuk beberapa penyakit tertentu bisa jadi tdk dicover (pre-existing) biasanya term ini jg tdk berlaku untuk asuransi group.

    3. Untuk asuransi jiwa dgn nominal tertentu diwajibkan tes kesehatan dulu. Jadi belum tentu kita akan diterima mjd peserta ausransi jika hasil test buruk, atau jikapun diterima premi akan mahal sekali.

    Reply
      • angel

        saya mau tanya.umur saya 18 tahun.saya mau mau ikut asuransi..tapi bingung mau pilih yang mana..kalau asuransi prodensial..selama 5tahun dipotong 50%
        lalu 6tahun kedepan tidak ada potongan dalam polis tersebut..

      • admin

        kalau unit link memang begitu, potongan di awal cukup besar. tahun pertama 100%, tahun kedua 60% dst-nya. Total potongan di lima tahun pertama bisa sampai 200% sd 300%. makanya porsi investasi di 5 tahun pertama kecil bingit (kalau kata anak2 sekarang:) ). detilnya bisa baca disini soal unit link. mau asuransi apa? itu tergantung tujuan anda dulu. mau apa? proteksi saja ya ambil asuransi tradisional (murni). kalau mau asuransi + investasi, unit link salah satu alternatif, tapi alternatif lain juga ada, yaitu reksadana + asuransi tradisional. harus dilihat secara detil, mana yang paling cocok dengan kebutuhan Anda. salam

  6. andi

    Just curious, data didapat dari brosur/browsing/etc atau minta info ke agent langsung om?

    Reply
  7. Edbert Chandra

    Hanya untuk informasi tambahan.
    Setiap perusahaan asuransi mempunyai kelebihan dan kekurangan.
    Tidak pernah kita boleh mengatakan bahwa perusahaan A ialah yang terbaik, atau B ialah terjelek.

    Tinggal dipilih sesuai kebutuhan.

    Unit-link mempunyai sistem bersifat perpanjangan otomatis (tidak boleh dibatalkan sepihak oleh perusahaan) ketika sudah sering claim atau apapun. Banyak orang ambil asuransi sistem unit-link bukan untuk nilai investasinya, tetapi sifat auto perpanjangan yang disediakan mereka. Ada juga bagi orang yang kurang mengerti investasi, maka mereka sekalian menggabungkan manfaat proteksi+investasi di asuransi unit link.

    Sedangkan sistem asuransi murni sudah pasti preminya lebih murah karena akan direview setiap perpanjangan polis. Ketika perpanjangan polis, ada 2 hal yang akan dilihat. Jika sering claim, mungkin premi tahunan akan dinaikkan karena dianggap beresiko, dan apabila mengalami kondisi yang sudah parah dan masih ingin melanjutkan perpanjangan, perusahaan berhak membatalkan sepihak. Ini terdapat di isi polis, bukan di proposal.

    Jadi kesimpulannya, yang teman-teman ingin ambil sekarang ialah untuk proteksi jangka pendek atau jangka panjang?
    Jika hanya berencana untuk jangka pendek, saya sangat sarankan ambil asuransi murni (premi lebih murah), sedangkan jika anda berencana proteksi jangka panjang, saya sangat sarankan ambil asuransi unit-link.

    Semoga bisa bermanfaat.

    Edbert Chandra
    Agent Insurance
    082-123-080811

    Reply
    • admin

      Terima kasih sudah berkunjung. Masukkannya bagus dari pihak agen asuransi. Semoga info ini bermanfaat untuk kita semua.

      Reply
  8. Pius

    Saya cek di website Manulife, santunan meninggalnya hanya 8 juta saja pak, bukan 600 juta.

    Reply
    • admin

      Terima kasih sudah berkunjung. Anda cek di asuransi jiwa plus asuransi kesehatan. Di web Manulife ada. Kalau hanya asuransi kesehatan saja, betul santunan hanya sekitar 8 juta. Namun, karena ini ada asuransi jiwa, jumlah santunan menjadi tinggi. Semoga berguna.

      Reply
  9. fajar

    Saya pemegang jamsostek,dan itu wajib bagi karyawan di perusahaan yang saya ikuti selama ini,yang saya tanyakan apakah jamsostek itu bagian dari unit-link yang seperti anda katakan ? Dan apakah dengan jamsostek itu apa sudah cukup untuk mencakup/mengcover semua nya termasuk keluarga kecil saya ?kalau tidak,saya harus mengambil tambahan asuransi kesehatan apa,,agar saya bisa memproteksi kesehatan keluarga kecil saya ? Terima kasih sebelum nya pak

    Reply
    • admin

      Terima kasih sudah berkunjung. Unit-Link itu adalah asuransi yang memiliki fungsi proteksi dan investasi. Perlu dicek apakah Jamsostek memiliki fungsi investasi atau tidak. Setahu saya, Jamsostek tidak memiliki fungsi investasi, sehingga tidak masuk kategori unit-link.

      Untuk coverage Jamsostek, saya tidak bisa menjawab karena belum pernah mereview atau menggunakan jasanya. Untuk tahu cukup tidaknya, saran saya, Anda konsultasi dengan pihak Jamsostek mengenai perlindungan yang diberikan. Misalnya, untuk perlindungan kesehatan, berapa jatah kamar Anda dan keluarga dapatkan saat rawat inap di rumah sakit. Jika jatah kamar yang diberikan masih kurang memadai menurut Anda, sebaiknya menambah dengan asuransi kesehatan lain.

      Pastikan ketika mencari asuransi kesehatan tambahan adalah asuransi yang bisa menerima double-claim (kwitansi copy bisa diterima oleh asuransi ini karena kwitansi asli diberikan ke Jamsostek). Semoga berguna.

      Reply
  10. Andi

    Pak, dari keempat produk tersebut apakah ada yang pembayarannya per bulan via auto debet?
    Mohon infonya. Tks.

    Reply
    • admin

      Terima kasih sudah berkunjung. Yang pembayarannya dilakukan per bulan auto-debit lewat kartu kredit adalah Cigna. Yang lain belum setahu saya pembayaran per tahun. Semoga bermanfaat.

      Reply
      • fipi

        Selamat malam, ijinkan saya bergabung dan perkenalkan saya adalah agen dari manulife.
        Untuk pertanyaan Bapak Andi saya mau membantu memberikan jawaban bahwa di Manulife dapat membayar premi bulanan secara autodebet bank maupun autodebet kredit.. hanya tidak disarankan bayar bulanan. Kenapa????

        Sebab jika kita bayar bulanan, maka premi akan dikenakan tambahan sebesar 9% dari premi tahunan.

  11. Rama

    Selamat malam.
    Saya mau tanya berhubungan ttg analisis premi yg diuraikan di atas. Biaya premi asuransi perorangan yang tercantum di situs jejaring resmi pihak2 asuransi di atas itu bayarny per tahun atau per bulan ya?
    Barusan saya tengok2, besar sekali angkanya kalo harus dibayar per bulan. o_O

    Reply
    • admin

      Terima kasih sudah berkunjung. Premi untuk asuransi kesehatan umumnya adalah per tahun. Semoga bermanfaat.

      Reply
    • admin

      Terima kasih sudah berkunjung. Mudah-mudahan tulisan disini bisa menambah wawasan Anda. Salam

      Reply
  12. yudho

    HI, good article!! Banyak yang saya bisa pelajari dari artikel anda 🙂
    Mungkin bisa dipelajari mengenai klausa “pengecualian” di polisnya karena ada beberapa teman2 yang ditolak klaimnya karena klausa tersebut.

    Reply
    • admin

      Terima kasih sudah berkunjung dan atas masukkannya untuk topik – topik selanjutnya. Salam

      Reply
  13. Sally

    Terima kasih informasinya, bagi saya cukup jelas.
    Tapi saya butuh informasi mengenai asuransi kesehatan rawat jalan, apakah bapak punya informasinya?
    Terima kasih

    Reply
    • admin

      Terima kasih sudah berkunjung. Saya belum pernah tahu asuransi kesehatan individual yang memproteksi Rawat Jalan. Asuransi Kesehatan Rawat Jalan biasanya diberikan untuk Group, misalnya dalam satu perusahaan. Salam.

      Reply
  14. Merdy ardiansyah

    Apakah dengan menggunakan asuransi kesehatan. Jika ingin mengecek kesehatan bisa di cover.. Contohnya jika ingin uSG kehamilan atau pun cek up bulanan

    Reply
    • admin

      Terima kasih sudah berkunjung. Jawaban saya kirim via email karena ada beberapa informasi tambahan yang saya perlukan untuk menjawab pertanyaan ini. Semoga bermanfaat. Salam

      Reply
      • juni

        Pak, saya minta tolong juga diemail untuk pertanyaan diatas, tp yg tdk ada masa tunggunya .trimakasih

      • adit

        pak saya butuh detail juga untuk jawaban ini dan sekalian tanya apakah alat rehabilitas seperti kacamata dll juga di cover

    • Nia Mihmidaty

      Pak, bolehkah saya minta jawaban ini juga? Dan juga jawaban asuransi mana yg bapak pilih berdasarkan ulasan bapak di atas. Terimakasih 🙂

      Reply
      • admin

        Saya pilih manulife karena preminya lebih murah, sementara manfaatnya relatif sama dengan yang lain . Saya lihat Manulife punya keunggulan lain: asuransi kesehatan keluarga bisa dicover dalam satu polis (tidak perlu satu orang satu polis), bisa double-claim, menerima rawat inap di luar negeri, syarat penggantian di UGD min 6 jam atau rawat inap 1 hari (asuransi lain mewajibkan 2 hari rawat inap, baru klaim diganti). Demikian semoga membantu.

      • angeline

        Maaf Pak,
        dicantumkan bahwa Manulife itu termasuk cashless, berarti tidak perlu klaim penggantian/reimburse dong.
        Rata-rata asuransi kesehatan dengan sistem reimburse, bisa dobel klaim (minimal 2x24jam). Tapi kalau dengan kartu RS, biasanya tidak bisa dobel klaim, hanya klaim melengkapi kekurangan proteksi dari asuransi lain (minimal 1x24jam).
        Terima kasih

      • admin

        Kalau RS kerjasama, cashless manulife bisa dilakukan. tapi, jika RS tidak kerjasama dengan Manulife, pembayaran dengan reimbursement.

        Untuk double-claim di manulife, prosesnya dilakukan secara reimburse. jadi, kwitansi asli dibuat legalisirnya (copy kwitansi yang disahkan), yang kemudian diklaim ke pihak manulife untuk double-claim. dalam double-claim manulife, pembayaran dilakukan secara full (bukan sisa kelebihannya).

  15. Icha

    Terima kasih reviewnya. Kebetulan saya sedang mencari produk asuransi yang pas untuk saya karena saya berbisnis sendiri dan harus mengcover asuransi sendiri. Sangat membantu dan saya jadi tau kira-kira apa yang harus saya tanyakan kepada pihak asuransi.
    Boleh bertanya, untuk biaya aneka perobatan (obat, lab, dll) apa yang dimaksud saat rawat inap? sedangkan saat rawat jalan obat tidak termasuk asuransi?
    Terima kasih.

    Reply
    • admin

      terima kasih sudah berkunjung. saya sudah jawab via email Anda. Mohon cek email. Salam.

      Reply
      • Wahdini Cholid

        Pak untuk pertanyaan yang sama, mohon saya dikirimkan juga sarannya…untuk suami yang kebetulan wiraswasta

        Terimakasih sebelumnya

  16. addy

    dear Admin & teman2,

    terima kasih banyak artikelnya.
    btw, saya mengalami dilema saat ini. saya ingin membeli asuransi kesehatan utk ibu saya (usia 63 thn). ada penawaran dr asuransi unit link, namun preminya saya rasa cukup tinggi: 2 jt/bln. berarti setahun 24 jt. agen tsb menerangkan bahwa kelebihan dr unit link tsb adalah premi TIDAK HANGUS. sedangkan di asuransi tradisional (murni, bukan unit link) premi akan HANGUS, shg bisa dikatakan RUGI.
    bagaimana menurut Admin atau teman2 atas kasus ini?
    mohon petunjuk & sarannya.
    terima kasih.

    Reply
    • admin

      Terima kasih sudah berkunjung. Respon saya kirim via email karena ada data-data pribadi yang butuhkan untuk bisa menjawab ini. Please check email. Salam.

      Reply
      • Yeismi septika

        terimaksih atas artikel asuransinya, sangat bermanfaat.
        dan saya ingin info ini juga, mohon di bagi ke email saya.

      • Amelia

        maap ikut nongol pak…prtanyaan sy sama dngn mas addy pak …bisa jelaskan lewat email saya jg..trimakasi yg sebesar2nya 🙂

      • sidik

        Sebelumnya terima kasih untuk artikelnya yang bermanfaat.
        Jika boleh saya minta diinfokan untuk pertanyaan yang sama dengan diatas..
        terimakasih

      • Rosita

        Terima kasih atas artikel yang bermanfaat, mohon saya dikirimkan juga jawabannya dan informasi asuransi yang cocok untuk Ibu saya yang berumur 72. Salam.

      • Anita Rachma

        bolehkan saya juga dikirimkan jawaban di email untuk pertanyaan ini pak?

  17. Novita

    Terimakasih banyak atas ulasannya pak, bolehkah saya tahu, akhirnya Bapak putuskan gunakan asuransi apa untuk keluarga Bapak?

    Reply
  18. asta

    assalamualaikum.
    saya ingin membeli asuransi tapi masih bingung dlm memilih asuransi antara asuransi kesehatan / asuransi jiwa utk ibu saya (usia 64 thn).
    mohon petunjuk & sarannya. trmksh

    Reply
    • admin

      Terima kasih sudah berkunjung. Saya sudah jawab via email. Salam

      Reply
      • ALI

        izin juga pak untuk jawabannya..saya juga memiliki problem yang sama untuk orang tua saya.
        terima kasih

      • admin

        Terima kasih pak. Sudah kami jawab via email karena ada data – data pribadi yang kami butuhkan untuk bisa menghitung premi dan manfaat asuransi. Salam

      • dais

        Izin juga pak
        tapi saya juga mohon jawabannya yang sama untuk org tua saya.
        terima kasi

      • lian utami

        Saya juga punya kasus yang sama mohon dikirim via email..
        Thank you

    • Helmi

      izin juga pak untuk jawabannya..saya juga memiliki problem yang sama untuk orang tua saya.
      terima kasih

      Reply
  19. laila

    Terima kasih reviewnya. Saya Baku claim asuransi suami saya takaful unit link. Diawal saya kira manfaat tambahan rawat jalan 400rb belum termasuk dokter dan obat 2an, ternyata semuanya cuma diganti 400rb per hari tok. Gak ada tambahan lagi. Jadi suami cuma dapat penggantian 400rb Kali 4 hari yaitu 1, 6juta. Sekarang saya sedang cari asuransi kesehatan lain yg mengcover semuanya. Karena suami pegawai negeri yg cuma dapat BPJS yg konon susah diurusnya 🙁

    Reply
    • admin

      terima kasih sudah berkunjung. saya sudah jawab via email. salam

      Reply
      • amir f

        pak admin, saya juga mohon jawabannya via email saya. saya PNS sehingga setiap kali berobat menggunakan BPJS Kesehatan yg sgt terbatas. mohon info asuransi yg menyeluruh, termasuk biaya cek ke dokter seperti yg dibahas di artikel di atas. terima kasih.

      • admin

        bapak bisa ambil asuransi kesehatan yang bisa melakukan double-claim. jadi bapak tetap bisa claim ke BPJS dan ke asuransi kesehatan (pakai kwitansi copy). saya butuh data2 bapak. sudah saya kirim email. silahkan dicek.

      • imam

        Selamat malam pak.
        Saya mgkin sama dengan pak amir, PNS yg menggunakan BPJS kesehatan sebagai asuransi pengobatan. Mohon info/masukan asuransi yg cocok utk PNS yg sesuai dgn penghasil pas2an.
        Terima kasij

      • admin

        Premi minimal untuk asuransi kesehatan swasta dengan kamar yang lumayan itu sekitar Rp 500 ribu per bulan. Silahkan dipertimbangkan apakah premi sebesar itu memberatkan atau tidak. kalau tertarik dengan asuransi kesehatan bisa kirim email ke [email protected] nanti dibantu estimasi preminya.

      • nandrito

        Dear Pak Admin,

        Saya juga ingin mendapat penjelasan mengenai jawaban ini..

        Karena saya berencana untuk keluar dari kantor dan ikut bpjs. Hanya saja saya juga ingin asuransi tambahan yg bisa mengcover rawat jalan dan rawat inap untuk saya, istri serta anak saya yg berumur 3 tahun..

        Terima kasih

      • acan

        saya juga punya bpjs, asuransi apa yang bisa digunakan untuk menambah biaya rawat inap?kemudian asuransi mana saja yg bisa double claim pa? mohon jawaban via email pa
        terima kasih

    • angeline

      Sebelum memilih asuransi, harus hati-hati… premi rendah dengan mencantumkan angka pertanggungan yg besar, bukan jaminan itu yg terbaik.
      Spt kata admin ‘the devil is in the details’.

      Yg saya tau, asuransi memberikan asuransi kesehatan rawat inap sesuai plafon kamar. Misalnya kamar 500rb per hari, maka nasabah berhak dirawat di kamar 500rb/hari, dan ditambah dokter, obat2an, dll. Sehingga perhari biaya yg dicover bisa lebih dari 500rb.

      Reply
      • admin

        Sebaiknya melihat detil manfaat seperti apa yang diperoleh. jangan hanya terpesona oleh murahnya premi.

  20. Yohan Go

    Saya sudah berdiskusi dgn agen manulife. Ternyata produk utama manulife adalah asuransi jiwa, asuransi kesehatan adalah tambahan. Tidak bisa memilih asuransi kesehatan tanpa asuransi jiwa. Untuk anak baru bisa dicover bila sudah berumur 18 tahun. Preminya naik di usia2 tertentu, bahkan di usia pensiun masih dikenakam premi cukup besar. Adalagi ditawarkan asuransi dalam bentuk unit link. Namun asuransi ini memberi ketidakpastian pembayaran klaim pengobatan karena klaim tersebut diambil dari dana investasi. Bisa dibayangkan jika investasi anjlok bisa2 klaim tidak dibayar. Agen asuransi ini mengatakan ia menawarkan yang terbaik.

    Reply
    • admin

      Terima kasih sudah berkunjung. Manulife memiliki dua jenis asuransi kesehatan. pertama asuransi kesehatan murni (tidak perlu asuransi jiwa) dan kedua asuransi kesehatan yang merupakan rider dari unit-link. Terkait kekhawatiran soal nilai investasi yang turun sehingga tidak cukup membayar biaya rider, manulife memiliki program no lapse guarantee di unit-link. No Lapse Guarantee menjamin dalam 5 tahun pertama bahwa polis tidak akan lapse meskipun nilai investasi merosot, dengan catatan nasabah membayar premi sesuai ketentuan dan tidak menarik investasinya. Semoga bermanfaat.

      Reply
  21. Best

    Boleh juga minta saran untuk ass kesehatan ibu saya ,, usia 60 tahun,, yg memberi manfaat maksimal untuk rawat inapnya,,,

    Saat ini hanya ada askes yg cukup ribet untuk penggunaannya,,

    Tks

    Reply
    • admin

      Terima kasih sudah berkunjung. Sudah saya jawab via email. Salam

      Reply
      • pebi

        boleh share jawaban nya juga ke saya, karena lagi butuh infomjuga terkait pertanyaan diatas.

        thx.

      • Yulita

        Pak kalo bole dishare juga jawabannya, saya juga memiliki kasus yang sama

  22. Cici

    Kalo dg asuransi generali gmn perbamdingannya ya.. kok ga ada di situ…

    Reply
    • admin

      Terima kasih sudah berkunjung. Saat ini saya belum punya kesempatan untuk mereview asuransi Generali. Di lain waktu saya akan pertimbangkan untuk mereview asuransi kesehatan lain. Terima kasih sarannya. Salam

      Reply
  23. indah

    Terima kasih untuk pengetahuannya, maaf sy mau tanya klo untuk asuransi kesehatan ank yg bagus dan ga ribet apa ya, soalnya ank sy dr umur 5bln ada riwayat kejang, skr udah jarang banget. Umur ank sy skr 6,5th. Itu untuk ank bungsu sy, klo kaka2nya sudah ada asuransi dr kantor, tp rencananya mau sy masukin asuransi juga, terima kasih

    Reply
    • admin

      Terima kasih sudah berkunjung. Saya sudah menjawab ke email Anda. Silahkan cek email. Salam

      Reply
      • vero

        Trimakasih ttg ulasan asuransi nya Pak. Saya punya anak usia 5 bulan. Saat ini kami hanya ikut BPJS krn saya adlh PNS. Hal apa saja yang harus saya pertimbangkan utk memilih asuransi tambahan untuk putri saya? Saya tertarik juga dengan asuransi yang terkait unit link krn memungkinkan saya utk cuti dari pembayaran premi. Mohon ulasannya. Trimakasih

      • admin

        Terima kasih sudah berkunjung. Saya sudah menjawab ke email Anda. Silahkan cek email. Salam

  24. diny febriana

    sy sdh punya asuransi aia tpi itu murni asuransi investasi,,tdk ad cover rmh skt..kmudian asurasi sinar mas,,itu jg investasi tpi cover rawat inap rs cuma 100rb/hr/org utk sy,suami dan anak..dgn sistem reumbes..anak sy sdh sy masukan asuransi prudential tpi bkn kartu,,skg sy lg cri asuransi kesehatan kartu yg bisa dipakai utk klg kami kira2 yg bagus yg mana..suami umur 40 sy umur 37 anak sy 1,5thn mohon penjelasannya makasih

    Reply
    • admin

      Terima kasih sudah berkunjung. Saya sudah menjawab ke email Anda. Silahkan cek email. Salam

      Reply
      • veny

        Pak jd asuransi yg cocok utk mengcover klrga yg mana ya bs tlg bantu…bs utk suami saya ,saya dan ke2 anak saya..yg utk kesehatan dan pendidikan thanks

      • admin

        Untuk bisa menjawab, saya butuh data-data pribadi. Sudah saya kirim email ke Anda. Salam

      • Isti

        Dear Pak,
        Boleh info hal yang sama juga pak, saya , suami dan 3 anak saya ingin saya asuransikan.

        Terim kasih sebelumnya

  25. Rama

    Ulasan cukup menarik, saya sedang mencari asuransi kesehatan murni yang dapat mengcover biaya RS secara cashless maupun reimburse dengan copy an saja dan waktu reimburse tidak membutuhkan waktu yang lama karena sepengetahuan saya sekitar 2 mingguan, premi tidak terlalu mahal tetapi cover semua biaya tanpa level /grade biaya rawat inap, adakah masukkan buat saya untuk kriteria asuransi tersebut, terima kasih

    Reply
    • admin

      Terima kasih sudah berkunjung. Saya sudah menjawab ke email Anda. Silahkan cek email. Salam

      Reply
  26. alinka

    Saya punya anak sekarang umur 9 bulan, saya pengen dia punya asuransi kesehatan yg rawat jalannya dicover semuanya dan saya pengen dia punya investasi agar kelak dia punya biaya untuk masuk sekolah, mohon infonya yg lengkap, thanks

    Reply
    • admin

      Terima kasih sudah berkunjung. Saya sudah menjawab ke email Anda. Silahkan cek email. Salam

      Reply
      • Recki Rahadika

        Kalo bisa jawaban di share pak….kok aq lihat sering jawaban copy paste….trimakasih sudah berkunjung terus….

      • admin

        Terima kasih masukkannya. Ada jawaban-jawaban yang tidak bisa dishare disini karena berhubungan dengan privacy orang. Misalnya, pertanyaan – pertanyaan yang sudah spesifik mengenai kebutuhan asuransi dimana saya harus menganalisa data – data pribadi. Saya akan share jika itu itu menyangkut hal – hal umum yang tidak menyangkut informasi – informasi pribadi. Salam

  27. alinka

    Saya pengen buatkan asuransi buat ibu saya yg berumur 56 tahun, asuransi apa yg pas buat ibu saya, thanks

    Reply
    • admin

      Terima kasih sudah berkunjung. Saya sudah menjawab ke email Anda. Silahkan cek email. Salam

      Reply
      • xiaoyeoh

        Salam pak. Mau nanya kalo beli polis manulife langsung ke kantor tanpa melalui agen bisa gak ya?trus klaimnya susah gak ntar misalnya tanpa melalui agen beli polisnya?

      • admin

        Xiao,

        Kenapa ingin beli polis langsung ke Manulife ? Preminya sama saja. Setahu saya semua harus via agen di Manulife.

        Agen yang bagus akan memberikan banyak advis kepada calon nasabah, termasuk menjelaskan produk. Saat nanti klaim, agen bisa membantu Anda.

        salam

  28. Chiva

    Assalamualaikum.
    Saya mendapatkan tawaran tabungan investasi masa depan (unitlink) di salah satu Bank yg kebetulan memiliki kerjasama terhadap perusahan asuransi jiwa (AIA) dengan produknya Pro**sa Syariah. pihak agen asuransi menawarkan return di atas 12% pertahun dan baru balik modal 7 tahun kemudian dengan jumlah setoran maksimal 20juta/tahun dan nilai pertanggungan hanya sebesar 100juta/tahun.. layak kah asuransi berbalut investasi ini di ambil?? mengingat nilai pertanggungan na sangat kecil jika dibandingkan dengan jumlah setoran per tahun.. manakah yang lebih baik antara asuransi+investasi ? dengan asuransi murni?

    mohon petunjuk dan saran na.
    terima kasih.

    Reply
    • admin

      Terima kasih sudah berkunjung. Saya sudah menjawab ke email Anda. Silahkan cek email. Salam

      Reply
  29. erwin

    bapak/ibu… sy orang yg awam sekali dgn asuransi.. namun krn sebulan yg lalu
    mengalami kejadian anak sy (usia 5bln) sakit & opname di rs & ternyata biaya
    yg sy keluarkan cukup besar, sy jadi kepikiran utk ikut asuransi, krn
    dr kantor tidak dicover sama sekali.
    mohon saran2-nya secara detil… langkah2 apa saja yg harus sy lakukan
    utk mendapatkan asuransi yg tepat?
    terima kasih banyak atas segala bantuannya…..

    Reply
    • admin

      Terima kasih sudah berkunjung. Saya sudah menjawab ke email Anda. Silahkan cek email. Salam

      Reply
      • indah

        pak, di antara asuransi di atas yg mengcover rawat jalan seperti konsultasi dokter spesialis, kehamilan usg, imunisasi anak, gigi, dll apa ya? sebelumnya saya pakai axa dari kantor yg mengcover semua biaya rawat jalan cashless, tapi sekarang sudah resign.

      • admin

        Ini asuransi perorangan yang dijelaskan dalam artikel, berbeda dengan asuransi karyawan.

  30. Iman

    Diskusi yang sangat menarik dan mencerahkan, kebetulan lagi sasar-susur mengenai Asuransi murni (non investasi). Klo dari hasil review ini, sepertinya AXA lebih berani menawarkan benefit yang lebih banyak, tetapi kenapa banyak sekali yang complain khususnya dalam hal klaim di AXA. Manulife banyak yg rekomendasikan, klaimnya juga lebih cepat cairnya tapi manfaat penawarannya masih kalah dgn Allianz khususnya dalam hal pembiayaan Operasi, terkadang orang mencari pengobatan alternatif karena tidak sanggup membayar biaya operasi yang harganya selangit. Tetapi sayanngya, premi di Allianz sendiri masih cukup besar meskipun sejajar dgn manfaatnya, tapi saya masih berusaha mencari premi murah dgn manfaat yang besar (tipikal Indonesia),he3. Utk cigna, biaya obat-obatannya kok tidak ada yah..padahal klo masuk/berobat ke Rumah pasti tidak lepas dgn yang namanya obat disamping saya juga masih belum tahu rekam jejaknya Cigna ini. Jadi pusing sendiri neh:-( Boleh minta sarannya utk saya (30 thn), Istri (25 thn) dan anak (1 thn).

    Reply
    • admin

      Terima kasih sudah berkunjung. Saya sudah menjawab ke email Anda. Silahkan cek email. Salam

      Reply
      • cicik

        asuransi kesehatan apa yg cocok untuk sy.suami 35 th,istri 30 th anak 4 th.ingin yg cashless.dan asuransi jiwa yg bagus trima kasih

      • admin

        Sudah saya kirim via email karena butuh beberapa data tambahan. Please check email.

      • diera

        Pak, saya dan suami berumur 32 thn dengan anak berumur 2 tahun. Kira2 asuransi kesehatan apa yah yg cocok dgn keluarga kecil saya ini.

      • Sisilia

        Boleh saya dijelaskan juga melalui email ttg AXA & manulife ini? Update thn 2017, apakah masih sama keadaannya, ataukah ada lg askes baru yg memberikan manfaat lbh? Terimakasih

  31. ina

    selamat pagi, saya mo nanya asuransi apa klim yg cepat prosesx, bila baru ikut? kira2. brrapa lama wktu yg dibutuhan ikut asuransi kesehatan, bila klim asuransix? thanks

    Reply
    • admin

      Terima kasih sudah berkunjung. Asuransi kesehatan dengan fasilitas Cashless adalah yang paling cepat prosesnya. Dengan cashless, Anda tidak perlu bayar dulu. Pembayaran biaya rumah sakit langsung ditalangi oleh Perusahaan Asuransi. Jika tertarik, silahkan kirim email ke kami, nanti kami buatkan simulasinya. Salam

      Reply
  32. mine

    Saya ingin pada saat masa pensiun saya punya asuransi kesehatan yang biasa dipakai berobat jalan , apabila di rawat inap atau terkena penyakit tua /kritis ( duh amit2 semoga jangan kejadian) . Saat ini biaya kesehatan saya ditanggung kantor tapi karena kantor saya tidak ada program pensiun maka saya kawatir mengenai biaya kesehatan saya bila sudah tidak aktif bekerja. usia saya saat ini 44 th. Mohon advise saya ambil asuransi kesehatan model apa ya ? terimakasih.

    Reply
    • admin

      Terima kasih sudah berkunjung. Saya sudah menjawab ke email Anda. Silahkan cek email. Salam

      Reply
      • Esther

        Pak, saya juga sama kasusnya. Boleh minta diemail juga? Terima kasih.

  33. Nining Widawati

    Terimakasih untuk infonya…Mohon advice juga untuk Asuransi manakah yang bagus untuk keluarga kami yang dapat men-cover berobat jalan juga. Selama ini kami sudah mempunyai Asuransi Prudential (Proteksi & Investasi), Cigna & AXA Mandiri akan tetapi untuk rawat inap saja. Ditunggu advicenya.
    Thanks & Regards,
    Nining

    Reply
    • admin

      Terima kasih sudah berkunjung. Sejauh yang saya tahu, belum ada asuransi kesehatan individual yang meng-cover rawat jalan. dari perspektif rencana keuangan, rawat jalan juga tidak urgen untuk dibelikan asuransi karena biasanya jumlahnya tidak besar. Salam

      Reply
  34. ancah

    mohon infonya….saya ingin mengasuransikan untuk anak saya yang masih bayi umur hampir 2 bulan….saya ditawarin prudential….mohon infonya….kelebihan dan kekurangannya….kemudian untuk diri pribadi dan istri rencananya juga ingin dimasukkan asuransi walaupun telah mendapat tanggungan kantor hingga 95%. asuransi apa yang cocok buat saya dan istri saya… terima kasih informasinya.

    Reply
    • admin

      Terima kasih sudah berkunjung. Saya sudah menjawab ke email Anda. Silahkan cek email. Salam

      Reply
  35. Aryo P

    Infonya bagus banget. Orangtua saya juga habis rawat inap.. kebetulan saya mikir untuk diasuransikan… klo bpjs bener2 kaya ngga dihargai… tolong masukannya untuk premi rendah tapi sudah lumayan baik mencover segalanya., untuk lansia..
    Trims

    Reply
    • admin

      Terima kasih sudah berkunjung. Saya sudah menjawab ke email Anda. Silahkan cek email. Salam

      Reply
  36. ahmad

    assalamualaikum, mas, saya ingi membuat asuransi, saya (24thn) dan untuk ibu saya yang berusia 53 thn, jenis asuransi apa yang cocok ya mas??
    saya masih awam tentang asuransi, kalau untuk jenis unit-link, untuk masuknya apakah dilakukan medical chek up terlebih dulu? dan apa bila tertimpa suatu penyakit yang mengharuskan untuk rawat inap, lalu mengklaim ke pihak asuransi nya, apakah hanya bisa di gunakan untuk satu kali klaim? dan bila dalam beberapa tahun (10 thn/20thn) ke depan tidak ada tertimpa penyakit, berarti sayang duit yang dikumpulkan begitu lama tidak terpakai?
    terima kasih

    Reply
    • admin

      Terima kasih sudah berkunjung. Saya sudah menjawab ke email Anda. Silahkan cek email. Salam

      Reply
  37. arien

    Ulasannya menarik, kebetulan saya kan sdang hamil besar, rencananya setelah melahirkan saya ingin membeli asuransi utk anak saya..
    Saya ingin asuraansi yg mencover kesehatan sekaligus pendidikannya jg..
    Kira2 asuransi apaa yaa yg bagus???

    Reply
    • admin

      Terima kasih sudah berkunjung. Saya sudah menjawab ke email Anda. Silahkan cek email. Salam

      Reply
  38. nuniek

    Salam pak,sy rencana mau ikut asuransi manulife…tapi msh bingung..mengenai unit link..disertai rider kesehatan/benefit,pada saat kita dirawat di rumah sakit itu sistem cashless?dan apakah uang kita/premi itu engga akan hangus?mohon pencerahan…mksh 🙂

    Reply
    • admin

      Terima kasih sudah berkunjung. Saya sudah menjawab ke email Anda. Silahkan cek email. Salam

      Reply
  39. Anton E

    Terima kasih atas ulasannya.
    Saat ini saya bekerja di perusahaan dan bagusnya, perusahaan memberikan asuransi kesehatan yang meng-cover keluarga inti. Yang jadi pertanyaan adalah apakah saya atau keluarga saya perlu mengikuti asuransi lain? Jika ya asuransi apa yang kira2 terbaik buat kami.
    Umur saya sendiri 30 thn istri 30 thn anak 2 thn.

    terimakasih

    Reply
    • admin

      Terima kasih sudah berkunjung. Saya sudah menjawab ke email Anda. Silahkan cek email. Salam

      Reply
  40. Windi

    Pak saya ingin mempunyai asuransi kesehatan yang menggunakan kartu dalam membayarnya bukan di rembes, mohon pencerahannya dengan mengimel saya. Terima kasih banyak pak 

    Reply
    • admin

      Terima kasih sudah berkunjung. Saya sudah menjawab ke email Anda. Silahkan cek email. Salam

      Reply
      • maria

        bisakah dibuat ilustrasi buat suami usia 43 thn tdk merokok..saat ini hanya punya bpjs..asuransi yg benar2 bisa mengcover seluruh biaya pengobatan jika masuk rs. n apakah premi yg dibayarkan tiap bulan bisa kembali..sy sangat awam soal asuransi..mhon email untuk jawabannya

  41. Wulan

    Tulisan Bpk sangat bermanfaat, kebetulan saya sedang mencari produk asuransi kesehatan utk suami. Yg ingin saya tanyakan:
    1. Apa beda Axa General Insurance dengan Axa Mandiri Financial Services
    2. Suami sudah mempunyai asuransi pengganti penghasilan (HIR) yg dibeli lebih dari 10 thn yl, tetapi penggantian yg didapat mulai hari ke-3 dst dan ternyata itupun relatif kecil nilainya jika dibandingkan biaya RS yang pernah dibayarkan utk opname 4 hari sekalipun karena DB.
    3. Bila telah mempunyai penyakit yg ada sebelumnya, sebaiknya memilih jenis perlindungan seperti apa.

    Terima kasih
    3.

    Reply
    • admin

      Terima kasih sudah berkunjung. Saya sudah menjawab ke email Anda. Silahkan cek email. Salam

      Reply
  42. Noveyy

    Pak, mohon informasinya utk asuransi pure utk kesehatan mana yg terbaik benefitnya dan pelayanannya di Indonesia menurut bapak? Besarnya premi tdk menjadi masalah. Kedua, utk investasi jangka panjang, asuransi apa yang bapak rekomendasikan dengan resiko yang terukur. Mohon bantuannya utk ilustrasi nya ya,pak. Jika ada waktu mohon direview produk asuransi kesehatan dari Sun Life dan Great Eastern. Terima kasij atas atensinya.

    Reply
    • admin

      Saya perlu beberapa informasi untuk bisa melakukan assessment asuransi yang cocok untuk bapak dan keluarga. Saya sudah kirim email ke bapak, silahkan dicek dulu emailnya. Salam

      Reply
  43. Yusuf

    Assalamualaikum. Salam kenal,pak. Mohon sharing nya produk asuransi khusus kesehatan yg bapak rekomendasikan berdasarkan pengetahuan dan pengalaman yg bapak miliki saat ini mengingat banyak sekali saya baca plus minus nya berbagai pelayanan dan pengalaman dari berbagai peserta asuransi. Rencana saya ingin mengambil asuransi kesehatan utk keluarga saya yg terdiri dari saya (39 thn) dan istri (38 thn) beserta 3 org anak (yg terkecil berusia 6 bln). Apakah ada asuransi kesehatan yg dapat mengcover biaya pengobatan dan perawatan rumah sakit di Singapore dan Malaysia? Jika ada mohon dijelaskan ya,pak? Kemudian jika berkenan bisa direview produk asuransi kesehatan Great Eastern, Sun Life, dan Generali. Saya juga tertarik mempelajari asuransi dan reksadana lebih intens. Mohon sharingnya dimana saya belajar mengenai produk asuransi maupun reksadana dan produk investasi lainnya,pak. Terima kasih atas atensi dan bantuannya.

    Salam,

    Yusuf

    Reply
    • admin

      Ada asuransi yang bisa menyediakan perawatan di Singapore dan Malaysia. Mengenai pertanyaan Anda, Saya perlu beberapa informasi untuk bisa melakukan assessment asuransi yang cocok untuk bapak dan keluarga. Saya sudah kirim email ke bapak, silahkan dicek dulu emailnya. Salam

      Reply
  44. adita

    saya mempunyi anak br berumur 1 tahun,,sudah diskusi sm suami untuk mulai ikut assuransi, tp lebih ke pendidikan nya,,kira2 assuransi apa yah yg tpat untuk anak saya. krna skamrg biaya pendidikam smakin tinggi.
    terimakasih.

    Reply
    • admin

      Terima kasih sudah berkunjung. Saya sudah menjawab ke email Anda. Silahkan cek email. Salam

      Reply
  45. vero

    Saya mempunyai putri umur 5 bulan. Saya ingin memberikan asuransi yang memproteksi kesehatannya dan juga ingin punya investasi untuk masa depan sekolah anak saya. Kira2 saya harus ambil asuransi apa ya ? Mohon pencerahannya. Trimakasih

    Reply
    • admin

      Terima kasih sudah berkunjung. Saya sudah menjawab ke email Anda. Silahkan cek email. Salam

      Reply
  46. Rini

    saya mempunyi anak br berumur 1 tahun,,sudah diskusi sm suami untuk mulai ikut assuransi, tp lebih ke pendidikan nya,,kira2 assuransi apa yah yg tpat untuk anak saya. krna skamrg biaya pendidikam smakin tinggi.

    Reply
    • admin

      Dalam asuransi pendidikan, Anda harus memiliki Investasi dan Proteksi Asuransi. Keduanya harus ada, namun bisa dibeli terpisah atau satu paket. Ini kondisinya tergantung kebutuhan Anda. Saya perlu data – data pribadi Anda dan anak untuk membuat assessment. Sudah saya kirim email, silahkan dicek emailnya dan direspon. Salam

      Reply
  47. putra

    Nice share…
    Saya ingin bertanya sedikit tentang asuransi kesehatan yang baik untuk anak saya yg kini berumur 13 tahun. Anak saya mempunyai history penyakit hidrosepalus, kira-kira asuransi kesehatan apa yang bisa menanggung semua biaya pengobatan, perawatan termasuk pembedahan. Terima kasih atas jawabannya

    Reply
    • admin

      Umumnya, asuransi kesehatan menerapkan pre-existing condition, yaitu penyakit – penyakit yang tidak dicover karena sudah ada sebelumnya. Tetapi, keputusan penyakit itu dicover atau tidak, nanti tergantung analisa perusahaan asuransi. Bisa dicover, bisa tidak. Kita tidak bisa tahu dari awal. Harus mengajukan terlebih dahulu agar bisa tahu. Salam

      Reply
  48. win

    Saat ini saya sedang mencari asuransi (swasta, non BPJS) yang cocok untuk saya. Usia saat ini 46 tahun, single, perempuan dan karyawati swasta. Kira2 jenis asuransi apa yg cocok untuk saya sekiranya kemampuan bayar premi saya per bulan sekitar 500-600ribu saja. Dengan membandingkan harga tarif kamar rata2 rumah sakit di jakarta untuk kelas 1 yg sudah sekitar 400-500rb/malam, sebaiknya saya ikut jenis asuransi apa yah pak ? dan pakai asuransi dari perusahaan apa baiknya. Tanggapan dari Bapak saya tunggu, terima kasih untuk pencerahannya.

    Reply
    • admin

      Perkiraan saya dengan umur Anda, premi sebulan sudah diatas 1 juta untuk tariff kamar 400-500 /malam. Tapi, untuk bisa menjawab secara akurat, saya perlu data – data pribadi Anda untuk membuat assessment Anda. Sudah saya kirim email, silahkan dicek emailnya dan direspon. Dari situ, saya baru bisa memberikan saran apa asuransi kesehatan yang paling cocok untuk Anda menurut kami. Salam

      Reply
      • nita

        Selamat malam, pak mohon infonya.saat ini saya mempunyai anak berumur 3 tahun.saya ingin mempunyai asuransi namun suami saya bilang,rugi beli asuransi karena klo tidak klaim akan hangus duitnya.kira2 adakah asuransi yang uang preminya akan kembali jika kita tidak klaim,atau premi kembali berapa persen jika kita membayar polis selama lebih dr 10 tahun.trima kasih mohon infonya 🙂

  49. Icchun

    Thanks for your review 🙂
    Tapi saya masih pengen tau banyak soal asuransi dengan sistem pembayaran cashless + pertanggungan limitless. Buat saya dan orang tua. Mohon infonya. Terima kasih.

    Reply
    • admin

      Ada asuransi yang memberikan fasilitas cashless. Cashless diberikan di Rumah Sakit yang kerjasama dengan Asuransi tersebut. Saya perlu data – data pribadi untuk membuat assessment Anda. Sudah saya kirim email, silahkan dicek emailnya dan direspon. Salam

      Reply
  50. tiyo

    sy berencana mengikuti asuransi sy dan istri sdh ada askes dan jamsostek, umur 30-35, anak 2, yg sy butuhkan asuransi kesehatan plus investasi, dan jenis asuransi kesehatan adlh yg menpunyai pertanggungan dokter spesialis dan lab, serta alat kesehatan yg mumpuni, krn pengalaman sy, dulu pernah istri sakit menjadi lebih parah krn dokter dan lab yg lambat walaupun dg cash,akhirnya dg askes bisa tercover seluruhnya, berapa nilai premi minimum yg bisa sy bayarkan, tks

    Reply
    • admin

      Ada asuransi kesehatan yang menyediakan fasilitas Cashless (tidak perlu bayar dulu) dan Double-Claim (karena sudah ada jamsostek juga). Ini bisa Anda gunakan untuk kebutuhan asuransi kesehatan Anda. Kami butuh info tambahan yang sudah kami kirimkan ke email Anda. Mohon dicek emailnya. Salam

      Reply
  51. jenny

    Reviewnya bagus banget. Saya ingin bantuan bapak kira2 apa asuransi yg cocok untuk keluarga saya. Umur suami 46thn, istri 36 thn, anak 11 thn dan 3 thn. Anak saya kedua2nya terdapat alergi. Kami membutuhkan asuransi kesehatan yg bs dipake di rumah sakit di malaysia dan singapore. Thx u

    Reply
    • admin

      Ada asuransi kesehatan yang bisa dipakai diseluruh dunia, termasuk malaysia dan singapore. Untuk alergi, nanti di review oleh pihak asuransi, apakah bisa diterima atau tidak kondisi alerginya. Kami butuh info tambahan yang sudah kami kirimkan ke email Anda. Mohon dicek emailnya. Salam

      Reply
  52. sugie

    Infonya bermanfaat sekali. saya sedang mencari asuransi kesehatan untuk ibu saya yang berumur 58 tahun. Dan untuk keluarga saya. Mohon infonya. terima kasih

    Reply
    • admin

      Kami sudah terima email dari Anda. terima kasih. Segera kami proses. Salam

      Reply
      • Dian

        Saya juga tertarik dengan info Bapak yang mana saya sedang mencari asuransi kesehatan dengan system cashless untuk kedua orang tua saya. Papa (58th), Mama (56thn), apakah diperlukan medical check up terlebih dahulu untuk mengikut sertakan kedua orang tua saya di asuransi kesehatan? Terima Kasih

  53. willy

    pak mohon buatkan saya simulasi asuransi untuk saya (39 th), istri (32 th) dan anak (1,5 th) yang cashless, premi murah (he he he….), jaringan rumah sakitnya banyak di Jakarta dan Tangerang. Thank you sebelumnya.

    Reply
    • admin

      Saya perlu data – data pribadi untuk membuat assessment Anda. Sudah saya kirim email, silahkan dicek emailnya dan direspon. Salam

      Reply
  54. Djenar

    Artikelnya bgs 🙂 .
    Mohon bantuannya pak utk memberikan saran asuransi yg cocok utk anak saya usia 2,5 thn. Yg bisa klaim utk rawat jln jg (sy lihat di RS.Hermina tempat anak saya berobat kerjasama dg berbagai asuransi). Ditgu responnya. Terimakasih byk.
    Salam

    Reply
    • admin

      Rawat jalan setahu saya tidak banyak ditawarkan oleh asuransi karena preminya relatif tinggi dan tidak di cover 100% (ada porsi yang harus dibayar oleh nasabah sendiri). Saya sendiri tidak mengambil asuransi rawat jalan karena biasanya jumlah tagihannya tidak terlalu besar dan masih bisa di cover dari dana darurat. salam

      Reply
  55. wulan dessugiastuty

    Saya sependapat dengan bpk iman .. Boleh minta jawabannya admin … Dengan situasi yg sama … Saya (29thn). Suami. (30thn) .&anak 2 thn …. Sy menulis ini dengan kondisi sy msh opname di mitra keluarga waru sidoarjo . .. Asuransi yg sy ppunya ternyata tidak sesuai dengan yg sy bayanngkan dengan premi yg tinggi dan teerbaik di negara ini (*katanya)…. Boleh kah admin kasi saran asuransi yg cocok untuk keluarga sy … Tolong jelaas kan detail tentang manulife nya … Terima kasih

    Reply
  56. Theresia

    Terima kasih sudah membagikan ilmu nya pak.. Kalau boleh saya bertanya, apa sebaiknya saya juga mendaftar BPJS untuk saya dan klrga pak? Krn saya sdh py anak 2, ttp saya baru masukkan ke asuransi untk pendidikan di Bumi Putra ( Tanpa ada kesehatan ). Sedangkan Saya sndiri sdh msk asuransi Prudensial ( inves + kesehatan ). Dikarenakan budget yang terbatas pula, maka saya hrs memilih yg ter hemat sesuai kondisi. Bgmn saran bapak mengenai hal ini ? Terima kasih…

    Reply
    • admin

      Karena Ibu sudah memiliki asuransi kesehatan, kenapa masih perlu mengambil asuransi kesehatan lagi? Apakah tidak lebih baik dananya untuk keperluan lain seperti dana pensiun atau dana pendidikan. Salam

      Reply
  57. asti

    Mohon Infonya Pak …
    Kira2x ansuransi apa yg cocok buat saya Umur 37 sdh berkeluarga,
    kesehatan + investasi dengan premi terjangkau.
    sbb di kantor suami tdk menjamin kesehatan saya
    terimakasih…

    Reply
    • admin

      terima kasih. saya sudah kirim email karena membutuhkan data – data pribadi Anda dan keluarga. salam

      Reply
  58. Febri Nur

    Selamat siang
    Saya ingin menanyakan mengenai asuransi kesehatan untuk keluarga yang mencakup asuransi jiwa untuk saya dan istri saya (29 th) dan anak saya (5 th) mohon penjelasannya

    Reply
    • admin

      Baik. Saya sudah kirim email karena membutuhkan data – data pribadi Anda dan keluarga. Salam

      Reply
  59. Rizal

    Dear Admin,
    Sungguh artikel yang sangat bermanfaat. kondisi saya saat ini baru saja ganti tempat kerja, sehingga saat ini belum tercover asuransi kesehatan lagi. saat ini saya sedang mempertimbangkan beberapa asuransi kesehatan untuk keluarga, dan sangat beruntung saya menemukan artikel anda.
    saat ini saya berusia 37 tahun dan istri berusia 35 tahun. sudah memiliki satu orang anak berusia 11 tahun dan saat ini istri sedang mengandung usia 31 minggu. tinggal bersama saya kedua orang tua, yang berusia 65 tahun dan 55 tahun.
    Mohon saran dari admin untuk asuransi yang tepat untuk kami sekeluarga. terima kasih

    Reply
    • admin

      saya butuh data – data Anda dan keluarga untuk bisa memberikan saran asuransi yang paling cocok. saya sudah kirim email untuk itu. salam

      Reply
  60. keke

    Saya ingin menanyakan asuransi kesehatan yg cocok untuk kel saya.. Suami 3bln lg 38th, sy 2bln lg 29th anak pertama saya jalan 6th dan yg kecil baru mau 3th.. Tolong info jelasnya ya, terima kasih sebelumnya..

    Reply
    • admin

      Asuransi kesehatan itu ada beberapa macam. Ada yang asuransi kesehatan murni dimana premi hangus, ada asuransi kesehatan unit link dimana premi tidak hangus (bisa diambil nilai tunainya). Premi kedua jenis asuransi ini berbeda, manfaatnya juga berlainan. Tergantung kebutuhan kita mau seperti apa. saya butuh beberapa data – data. Sudah kirim email ke Anda untuk minta data – data tersebut. Salam

      Reply
  61. Dodik

    Saya mau di bantu dong untuk pemilihan asuransi yg pas, umur saya 36 tahun dan istri 31 tahun, saya ingin asuransi yang cashless bisa untuk rawat jalan dan inap dan premi tidak hangus, adakah asuransi yang pas buat saya? kalau ada asuransi jiwanya itu nilai plus buat pertimbangan saya.

    saya tunggu emailnya di : [email protected]

    salam.

    Reply
    • admin

      baik. nanti saya hitungkan preminya. saya sudah kirim email ke anda untuk data2 pendukung. mohon direspons dulu. salam

      Reply
  62. ekko

    Dear Pak / Ibu

    Saya saat ini berusia 40 tahun, istri 35 tahun dan putri umur 2,5 tahun. Kira2 punya saran untuk asuransi kesehatan untuk kami bertiga dan asuransi pendidikan untuk putri saya.

    Saat ini kesehatan di cover oleh perusahaan tempat saya bekerja, jadi apakah ada asuransi yang bisa di claim dengan mempergunakan copy kwitansi? karena kwitansi asli diminta oleh tempat kerja

    Terima kasih

    Reply
    • admin

      ada pak asuransi yang bisa double-claim. cukup pakai kwitansi legalisir saja sudah bisa klaim.

      Reply
  63. BUDI

    saya mau cari asuransi kesehatan nih pak. tapi yang murni dan bagus (bukan unit link). mudah sewaktu di klaim dan tidak repot, kalau bisa yang cashless. biaya perbulan berapa ya pak biasanya? terimakasih

    Reply
    • admin

      ada pak asuransi kesehatan murni dan tidak unit link. claimnya pake cashless, jadi tidak perlu bayar tagihan dulu. saya butuh data-data bapak supaya bisa kasih saran dan rekomendasi. sudah kami kirim email ke bapak. mhn dicek.

      Reply
  64. harmawan

    saya juga sama seperti bapak Budi…
    saya mau cari asuransi kesehatan, tapi yang murni dan bagus (bukan unit link). mudah sewaktu di klaim dan tidak repot,banyak kerja sama nya dengan rumah sakit. kalau bisa yang cashless. biaya perbulan berapa ya pak biasanya? terimakasih…

    Reply
    • admin

      baik. ada asuransi kesehatan murni (non unit link) dengan cashless. saya butuh data – data Anda. Sudah dikirimkan via email. mohon dicek.

      Reply
  65. Indra

    Terima kasih atas artikelnya, sangat bermanfaat..
    Saya berencana untuk mencari asuransi kesehatan untuk saya (40th) dan istri (39th). Kami PNS yang hanya dicover Askes/BPJS. Menurut Bapak kira-kira asuransi manakah yang cocok untuk kebutuhan kami?

    Terima kasih

    Reply
    • admin

      Cari asuransi yang bisa double-claim. jadi manfaat BPJS masih bisa diambil, sementara bapak mengambil asuransi kesehatan lain. saya butuh data-datanya. saya sudah kirim email. mhn dicek.

      Reply
      • ratna

        komen saya persis seperti bpk indra, saya dan suami PNS (29th) belum dikarunia anak.asuransi kesehatan sudah dcover BPJS namun pelayanan masih jauh dari harapan. Berencana untuk mencari asuransi lain dgn iuran per bulan maks.500rb. mohon admin dapat memberikan alternatif asuransi kesehatan yang mengakomodasi kebutuhan kami.trims

      • admin

        Kami jawab via email karena ada data-data keluarga yang kami butuhkan untuk membuat rekomendasi dan solusi. Salam

  66. nury

    pak sy PNS usia 27thn berencana ambil asuransi kes sequislife yg unit link utk diri sendiri.
    menurut bpk sequis ckp bagus tdk pak? sy tertarik karna ada cashless ny.
    premi 1 blnny 700rb selama 11 thn.
    terimakasih…

    Reply
    • admin

      Saya tidak bisa menjawab karena tidak melihat proposalnya. Pesan saya, Anda perlu tahu manfaat dan risiko Unit Link itu seperti apa sebelum membeli produknya. Dengan begitu, keputusan Anda tepat dan produk yang dibeli memang sesuai kebutuhan Anda. saya menulis artikel soal unit link disini, yang bisa dibaca untuk bahan masukkan.

      Reply
  67. Khairul Rahaman

    Salam,sebelum nya sy berterima kasih ke bpk admin krn sudah menjelas kan tentang asuransi dgn detail. Cuman sy perlu bantuan dr admin,sy ingin mengambil asuransi untk keluarga sy, saran admin asuransi apa yg cocok untk sy sekeluarga, umur sy 29, istri 25, anak 2.5 thn.. Banyak yg menyarankan sy ambil manulife, apa manulife bisa menanggung perobatan kita di luar negeri contoh di malaysia dan singapur. Klu seandainya sy selama 10 tahun tidak pernah menggunakan asuransi sy apa uang kita bisa kembali lagi??? mohon penjelasannya,krn sy masih bingung tentang asuransi..sekian terima kasih..

    Reply
    • admin

      Setahu saya Manulife memang bagus karena bisa cover asuransi di luar negeri. Saya butuh data-data pribadi supaya bisa membuat analisa dan perhitungan premi. saya sudah kirim ke email Anda soal data yang dibutuhkan. Salam

      Reply
  68. paul

    saya tertarik dgn produk proactive plus manulife dgn rider HB plus dan ADDB.
    pria 34 tahun,tidak merokok, term life 20 tahun. kira- kira brp ya premi tahunnanya? terima kasih n Gbu

    Reply
    • admin

      Terima kasih. Email sudah saya kirimkan ke Anda. Mohon dicek emailnya. Salam

      Reply
  69. Andre N

    Terima Kasih artikelnya, bermanfaat …
    Sama dengan reader yang lain
    saya mau cari asuransi kesehatan, tapi yang murni dan bagus (bukan unit link). mudah sewaktu di klaim dan tidak repot,banyak kerja sama nya dengan rumah sakit . kalau bisa yang cashless. biaya perbulan berapa ya pak biasanya? terimakasih

    Reply
    • admin

      Ada asuransi murni (non unit link) yang cashless dgn banyak rumah sakit. Untuk bisa menghitung premi, saya butuh data-data Anda. Sudah saya kirim email mengenai data apa saja yang dibutuhkan. Salam

      Reply
  70. Diana

    saya mau cari asuransi kesehatan untuk baby saya umur 4 bulan..
    asuransi apakah yg tepat ya pak?
    apakah ada asuransi yg bisa mengcover kesehatan, pendidikan, sekaligus untuk investasi ?
    terima kasih

    Reply
    • admin

      Ada asuransi yang bisa sekaligus menyediakan kesehatan, pendidikan dan investasi. Saya perlu data Anda untuk menghitung premi dan menunjukkan manfaatnya. Saya sudah kirim email ke Anda. Mohon dicek.

      Reply
  71. RAchmat Effendi

    Terima kasih atas artikelnya Pak, kebetulan sy sedang mencari asuransi kesehatan untuk anak saya, usia 10 th dan 5 th. sewaktu sy bekerja kebetulan dapat asuransi kesehatan dari perusahaan (aviva). Kira2 asuransi apa yg bagus yang mendekati dengan benefit2 yang sy dapat di asuransi perusahaan tsb ya Pak. Untuk rawat jalan dan rawat inap. Terima kasih

    Reply
    • admin

      Untuk bisa menghitung premi, saya butuh data-data bapak dan keluarga. saya sudah kirim email. Mohon dicek emailnya. salam

      Reply
  72. ita

    Saya pengguna asuransi Manulife, ada beberapa koreksi yg hrs diperhatikan seperti penggantian semua biaya2 dr biaya kamar, biaya dokter, biaya icu dll bukan pertahun tp per ketidak kemampuan artinya per penyakit. saya merasa puas selama menggunakan asuransi kesehatan ini. Klaim semua dibayarkan, sesuai kls kamar yg sy ambil. Selain itu asuransi ini bisa double claim krn sebenarnya sy sdh ada penggantian dr kantor. Semoga bermanfaat.

    Reply
    • admin

      Terima kasih koreksinya. Ya betul memang Asuransi Kesehatan Manulife tidak ada pembatasan limit tahunan. Penggantian dilakukan per penyakit. Baik nanti saya segera koreksi di artikelnya. Trims sudah berkunjung. salam

      Reply
  73. Illy Yudiono

    Mohon informasi asuransi kesehatan yg dananya bisa kembali utuh ketika tdk memakainya utk satu kelg.(bpk,ibu,2 anak) yg cukup bagus manfaatnya.

    Reply
    • admin

      Saya perlu data-data pribadi utk bisa memberikan saran premi dan manfaat asuransi kesehatan. saya sudah kirim email ke Anda. Mohon cek emailnya. Salam

      Reply
  74. Nieke

    Terima kasih untuk artikelnya yg sangat bermanfaat. Sy ingin ikut asuransi kesehatan namun masih bingung memilih yg mana yg terbaik. Sy usia 36th, suami 38th dan anak 7th namun didiagnosa spektrum autis (apakah bisa ikut asuransi kesehatan? Selama ini tidak pernah mengalami gangguan kesehatan sampai rawat inap). Sy saat ini mengandung anak ke-2 yg rencana juga saya akan ikutkan asuransi kesehatan. Mohon sarannya untuk asuransi yg cocok untuk saya krn sy berdomisili di kota Manokwari (Papua Barat) namun sering juga di Surabaya untuk keperluan terapi anak sy yg pertama dan urusan pekerjaan. Terima kasih.

    Reply
    • admin

      Saran saya ibu kontak agen asuransi di Manokwari atau Surabaya karena kondisi ibu cukup spesifik. Biasanya nanti kondisi kesehatan ibu dan keluarga akan dievaluasi dulu oleh asuransi. Setelah itu, asuransi akan memutuskan apakah bisa menerima atau tidak. Salam

      Reply
  75. Jauhar

    Terima kasih sebelumnya atas artikel yang menarik di atas
    Saya Jauhar, memiliki rencana ingin membeli polis asuransi kesehatan buat ketiga anak saya. Yang dibutuhkan adalah biaya kesehatan bilamana anak saya sakit, seperti dirawat karena demam berdarah, tipes, malaria, demam/panas tinggi, check laboratorium dlsb dan biaya rawat jalan biasa misal karena flu, demam ringan dlsb. Selain itu yang dibutuhkan adalah kartu sebagai alat transaksi bukan reimburse. Kalaupun ada alternatif paket yang lain, mohon dijelaskan

    Sebagai informasi data keluarga saya berikut asuransi yang dimiliki :
    1. Ahmad Jauhar/ 31 Agustus 1976 (sbg ayah) telah memiliki asuransi jiwa dan penyakit kritis dan jiwa di Allianz Syariah, serta Simponi (tabungan pensiun) dari BNI.
    2. Dewi Fajriati/ 12 Juni 1978 (sbg istri) telah memiliki asuransi jiwa dan penyakit kritis di Prudential
    3. Firnas Fadaukas Ahmad/ 25 Juni 2006 (sbg anak I) telah memiliki asuransi pendidikan Academi Cash dari Sun Life Financial via BNI
    4. Kamila Almas Chalida/ 9 April 2008 (sbg anak II) telah memiliki Tabungan Pendidikan Nasional (Tapenas) di BNI yang didalamnya ada asuransi rawat inap dan jiwa buat si ayah
    5. Keys Shaomi Putri/ 4 Agustus 2012 (sbg anak III)

    Dengan data di atas (buat perusahaan asuransi ybs bisa di check) yang ingin saya tanyakan adalah besaran premi setiap bulannya buat ke tiga anak tsb dengan rincian kebutuhan sbb :
    1. biaya rawat inap dan rawat jalan dengan 2 metode pembayaran (kartu dan reimburse)
    2. biaya rawat inap minimal Rp 300.000/hari dengan jumlah hari minimal 120 hari/tahun
    3. jumlah biaya maksimal bila mana si anak sakit yang bisa diproteksi?
    4. jenis penyakit yang tidak dapat di cover oleh asuransi ini?
    5. apakah ada bila mana ternyata dalam setahun ketiga anak saya tidak sakit maka ada premi yang kembali (wallaupun hanya sekian persen)?
    6. apakah bila mana si ayah meninggal (penanggung), pembayaran preminya bisa lunas dan secara otomatis dibayarkan oleh perusahaan asuransi namun benefitnya tetap ada?
    7. apakah asuransi ini memiliki kontrak (tahun minimal)? misal 10 tahun, namun benefitnnya bisa dirasakan selama lebih dari kontrak?
    8. benefit apa saja selain yang di atas yang akan didapatkan oleh orang tua?
    Mohon untuk dijelaskan satu persatu secara lengkap dan bila mana ada alternatif selain di atas silahkan untuk dijelaskan/ditawarkan
    terima kasih atas informasi nya

    Regards

    Ahmad Jauhar

    catatan :
    1. data keluarga saya benar adanya
    2. untuk komunikasi data saya hanya menggunakan email ini karena saya saya tidak ingin dikejar2 oleh sales asuransi (pengalaman saya dulu) kecuali kalau sudah fix
    3. saya serius untuk memiliki asuransi kesehatan namun tidak terburu2 sebab butuh pertimbangan matang
    4. hampir semua perusahaan asuransi yang terkemuka sudah saya email namun hanya sebagian yang merespon dengan detil, sebagian lagi membutuhkan no telepon saya namun saya hindari mengingat pengalaman dulu

    Reply
    • admin

      Terima kasih. Ada beberapa data tambahan yang saya butuhkan, saya sudah kirim via email. Bisa dicek emailnya. Salam

      Reply
    • admin

      saya butuh info lebih detil untuk siapa dan apa yg dimaksud premi ‘terjangkau’ itu. salam

      Reply
  76. Tonny marezco

    Saya sudah menggunakan salah satu asuransi jiwa untuk anak saya, berjangka waktu 3 tahun,, Itung-itng menabung juga,, lagian nominalnya gak seberapa, tetapi mudah-mudahan kedepannya agar lebih ringan.. trims Infonya

    Reply
  77. timur

    saya umur 27 th istri 25 th baru menikah, saya sebagai pegawai rs dengan fasilitas bpjs…pengen menambah asuransi dengan premi ringan manfaat besar, proteksif dan investasi….jenis asuransi apa yang cocok buat keluarga saya dan asuransi yang direkomendasikan apa?tq…bisa diemail jawabannya keemail saya

    Reply
    • admin

      Kalau mau asuransi kesehatan plus proteksi plus investasinya, preminya agak sulit untuk murah. Bisa murah tapi manfaatnya jadi tidak optimal karena semuanya serba ‘minimal’.

      Kalau mau premi murah, saran saya fokus di kebutuhannya apa dulu. Kemudian ambil asuransi murni yang fokus di penyediaan manfaat kebutuhan tersebut. Manfaatnya bisa lebih tinggi dengan premi yang terjangkau. Salam

      Reply
  78. dimas

    Mohon bantuannya informasinya, saya ingin asuransikan kesehatan keluarga saya, umur 33 thn, istri 30 tahun dan anak 3 tahun..kira2 provider yg mana untuk asuransi murni kesehatan saja.thanks.

    Reply
    • admin

      Asuransi murni ada cukup bagus: premi murah utk keluarga, cashless dan double-claim. Saya butuh data-data pribadi utk menghitung premi. Sudah saya kirim via email. Silahkan dicek.

      Reply
  79. Soegi

    Trims atas infonya sangat membantu

    tetapi saya disini orang yang sangat awam di dunia Insurance, saya sebenarnya sudah memiliki BPJS Kesehatan, tetapi pada saat kemarin mau saya gunakan buat cekup perbulan kehamilan dan biayan usg, serta sampai ke operasi caesar, tdk dapat digunakan

    dan ini saya berencana untuk mencari sebuah insurance yg bisa menaungi keluarga dan thd diri pribadi, saya cari info ada beberapa insurance yg tdk menerima ktika calon polis sudah memilki 1 insurance, dan juga di Inhealth tdk bisa menjadikan individu/keluarga disana hanya bisa coorporate/dari perusahaan, shg sampai saat ini menjadi kebingungan dg apa dan bgaimana, Mohon Himbauannya

    Thx

    Reply
    • admin

      Ada asuransi yang preminya murah untuk keluarga dan bisa double-claim. Dengan double-claim, tagihan asuransi bisa tetap diganti, meskipun Anda sudah punya asuransi lain. Kalau kehamilan, asuransi kesehatan umumnya tidak meng-cover karena itu bukan penyakit.

      Untuk menghitung premi dan memberikan saran, kami butuh data-data pribadi yang sudah disampaikan ke email Anda.

      Reply
  80. jamin

    mau Tanya asuransi yg bisa over untuk saya umur 52, pernah alami stroke ringan 2001 dan stent jantung 2buah baru 2bulan.
    terima kasih bantuannya

    Reply
    • admin

      Ditanggung tidaknya tergantung keputusan perusahaan asuransi. Perusahaan asuransi akan melakukan analisa terlebih dahulu berdasarkan data-data yang diberikan oleh calon nasabah. Saya butuh data-data pribadi calon peserta untuk membuat prakiraan premi. Email permintaan data sudah dikirimkan.

      Reply
  81. Ayu

    Pagi…

    Mohon sarannya untuk pengambilan asuransi kesehatan yang didalamnya kalau bisa hanya untuk masalah gigi dan kehamilan, saya sudah punya asuransi bpjs dan prudential… saya wanita usia 20 tahun…

    Terima kasih

    Reply
    • admin

      Saya tidak tahu asuransi kesehatan swasta untuk individual yang menyediakan jaminan fasilitas kesehatan gigi dan kehamilan. Umumnya gigi dan kehamilan ada di asuransi kesehatan kolektif. Setahu saya BPJS menyediakan jaminan kesehatan untuk kehamilan.

      Reply
  82. lina

    saya umur 35 th sudah berkeluarga dengan 2 anak…sya mengikutkan kedua anak saya asuransi jiwa dgn premi per bulan msg2 1 juta…saya tidak mengambil kesehatan krn sampai dengan saya pensiun kesehatan saya dan keluarga akan ditanggung oleh perusahaan dengan plafon tertentu..menurut bapak apakah yg saya lakukan sdh baik atau ada sharing dari bapak? terimakasih

    Reply
    • admin

      Tepat tidaknya tergantung pada tujuan Ibu apa untuk mengambil asuransi tersebut? Karena saya tidak tahu tujuannya, saya tidak bisa memberikan pandangan apakah hal yang ibu lakukan sudah benar atau tidak.

      Reply
  83. fikri habibi

    mas, kalo asuransi kesehatan keluarga yg preminya murah namun bagus apa ya?
    sy berencana mengasuransikan istri dan 4 orang anak dengan fasilitas cashless.. trimakasih

    Reply
    • admin

      Ada asuransi kesehatan untuk keluarga yang preminya terjangkau dan bisa cashless. Saya butuh data-data Anda dan keluarga untuk bisa menghitung preminya. Sudah saya kirim email ke Anda.

      Reply
  84. Diana

    Halo Pak.. thanx informasinya berguna banget.
    Btw Pak, saya juga mau donk tolong dihitungin. Karena saya berencana mencari askes murni untuk kami.
    Saya 29 tahun, suami 39 tahun, baru menikah.
    Saya punya unit link prudent yg premi sebulan 300rb (udah dari 2007) dan suami juga punya unit link dari AXA
    Btw kalau bapak sendiri punya unit link juga atau hanya askes murni saja?

    Thanx u

    Reply
    • admin

      Saya sudah kirim email untuk minta beberapa data pribadi. Supaya bisa dihitung berapa preminya untuk asuransi kesehatan murni.

      Saya pilih asuransi kesehatan murni. Soal Cara memilih asuransi kesehatan, silahkan baca disini.

      Reply
  85. Andy

    Saya pria 35 tahun, saat ini sudah memiliki AsJi Manulife ProActivePlus (2M) dan AsJI Sequislife SuperiorTerm (1,3M). Saya butuh asuransi kesehatan untuk meng-cover saya, istri, dan 2 orang anak. Kriteria nya gak jauh2 dari yang Anda tuliskan di artikel ini :
    – Cashless
    – Tanpa limit per perawatan, cukup limit gabungan
    – Jaringan RS luas
    – Premi murah (relatif sih yaa)
    – Rawat inap 1juta per-hari
    – Mengcover rawat jalan minimal 12juta per-tahun (juga cashless)
    – Rawat jalan boleh dipake untuk imunisasi
    – Premi boleh dibayar tahunan atau sekaligus

    Kira2 ada gak produk Asuransi Kesehatan individual dengan kriteria seperti di atas ?

    Satu pertanyaan lagi, untuk rider yang bisa ditambahkan ke produk AsJi, apakah rider tersebut boleh ditutup kapan pun tapi ASJi nya tetap mau kita teruskan ?

    Reply
    • admin

      (1) Di asuransi kesehatan swasta setahu saya tidak ada Rawat Jalan. Kalaupun ada, rawat jalan tidak di cover 100%, jadi sebagian biaya harus dibayar nasabah.

      (2) Rider itu bisa dicabut ditengah jalan.

      Reply
  86. victor

    saya sudah ada pure asuransi jiwa dan unit link. saya mencari khusus asuransi kesehatan yang cocok. trims atas bantuannya.

    Reply
    • admin

      Ada. Butuh data – data pribadi Anda untuk menghitung premi. Kami sudah kirim email ke Anda.

      Reply
  87. frank

    pak, tolong rekomendasikan dong untuk buat polis asuransi yang paling bagus bagi keluarga saya 4 orang. baiknya ada proteksi dan investasinya ya pak. thanks atas bantuannya.

    Reply
    • admin

      Perlu melihat data – data Anda dan keluarga untuk bisa membuat simulasi premi dan saran. Sudah kami kirim ke email Anda soal permohonan data.

      Reply
  88. ingecare

    Pak..tolong rekomendasi asuransi yg proteksinya tinggi..tanpa limit per penyakit. Krn saya diberitahu teman lebih baik ambil Sequis life.. apakah benar? Namun saya belum menemui rewiew nya. Terimakasih

    Reply
    • admin

      Ada yang cukup bagus. Saya kirimkan via email saja karena ada data-data tambahan mengenai kebutuhan Anda yang saya perlu pahami sebelum memberikan saran. Sejauh ini saya memang belum mereview Sequis Life. Salam

      Reply
  89. Yusuf

    Mohon informasinya, apakah ada asuransi yang mengcover masa sebelum melahirkan dan setelah melahirkan ?. kalau di prudential , kalau tidak salah sebelum 5 bulan kehamilan bisa ikut asuransi, sedangkan di allianz tidak bisa harus sebelum mengandung, kalau pendapat bapak, apakah ada informasi asuransi yang bagus dan bisa mengcover masa sebelum melahirkan dan setelah melahirkan , dengan masa kandungan baru 4 bulan ?. mohon infonya

    Reply
    • admin

      Saya lihat manulife masih menerima sampai usia kandungan 6 bulan (tepatnya sebelum usia kandungan 7 bulan) dan 40 hari setelah melahirkan.

      Reply
  90. sato

    selamat sore Bapak, saya Sato, umur saya 24 tahun.

    saya ingin bertanya, asuransi apa saja yang memiliki proteksi penyakit kritis? apakah ke 4 asuransi yg bapak sebutkan juga mengcover penyakit seperti jantung, kanker, tumor, stroke?

    asuransi manakah yang paling besar limit (gabungan) perawatannya untuk setiap tahunnya, dan tidak dibatasi limit per perawatannya.
    misal bulan januari si Budi kena kanker, butuh total dana 100juta untuk pengobatannya selama 20 hari.
    kemudian di bulan juli kambuh lagi kankernya, dan butuh dana 50juta.
    di bulan desember, Budi terkena stroke dan butuh dana pengobatan 70juta.

    asuransi manakah yang memiliki cover cacat tetap total, misalnya akibat kecelakaan, dan apakah polis akan terus berlanjut atau menjadi gratis ?

    apakah 4 asuransi yang Bapak sebutkan diatas memproteksi sampai umur kita 70tahun?

    maaf kalau pertanyaan saya sudah pernah dibahas sebelumnya, saya baru mau mencoba daftar asuransi.
    mohon rekomendasi dari Bapak asuransi apa yang cocok untuk saya.
    Polis perbulan yang bisa saya keluarkan Rp300ribu-Rp600ribu.

    terimakasih Bapak.

    Reply
    • admin

      Baik. Ada beberapa opsi yang bisa diambil. Saya butuh data-data pribadi Anda. Sudah saya kirim email ke Anda.

      Reply
  91. Dhea

    Terima kasih pak atas informasinya, sangat jelas dan komplit untuk saya yang sangat awam soal insurance…Kebetulan saat ini saya sedang mencari asuransi kesehatan murni

    ada beberapa yang ingin saya tanyakan:
    1. Apakah limit plafond pada tabel manfaat diatas merupakan limit plafond untuk satu org saja atau gabungan seluruh keluarganya?Misalnya pada Manulife limit biaya kamar yg di cover 800.000/hari maks 60 hari..jika sang istri sakit dan dirawat selama 1 hari apakah batas maks hari tersisa nya jadi 59 hri untuk suami dan anak?

    2. Apakah asuransi kesehatan ini bisa untuk cek keehatan rawan jalan, misalkan istri ke dokter kandungan atau anak ke dokter anak dan imunisasi, Jika tidakk apakah ada asuransi yang bisa mencakup itu semua?

    terima kasih sebelumnya

    Reply
    • admin

      (1) Untuk Manulife, itu adalah limit per ORANG. Jadi kalau satu keluarga terdiri dari 4 orang maka masing – masing mendapatkan plafond tersebut dan plafond tersebut tidak mengurangi antara satu angggota dengan anggota lainnya.

      (2) Premi Manulife adalah untuk satu keluarga. Harus diakui Manulife satu-satunya yang menyediakan polis asuransi kesehatan keluarga. Di asuransi lain, setahu saya, tidak ada polis asuransi keluarga. jadi misalnya 4 anggota keluarga, maka Anda harus membeli 4 polis (preminya menjadi mahal), sedangkan di Manulife cukup membeli 1 polis saja.

      (3) Asuransi kesehatan ini tidak mencakup rawat jalan. Silahkan coba BPJS yang mencakup rawat inap, rawat jalan, kehamilan dan imunisasi anak. Selengkapnya soal BPJS baca disini.

      Reply
  92. Wina

    Terima kasih atas informasinya, saya kebetulan sedang ditawari Prudential, agen tersebut seperti memaksa saya untuk menjadi nasabahnya. Saya memang sedang mencari asuransi kesehatan untuk suami dan anak saya, tapi bingung memilih asuransi yang bagus itu apa. Kalo di prudential saya ditawari asuransi+tabungan pendidikan untuk anak saya, tapi untuk dana pendidikan anak saya sudah ada Bumi Putera. Kalo boleh minta saran, menurut bapak asuransi kesehatan apa yang paling cocok untuk anak saya (15 bulan).. Terima kasih sebelumnya..

    Reply
    • admin

      Apa yang Anda perlukan? Sepertinya asuransi kesehatan. Ya ambil asuransi kesehatan.

      Karena sudah punya investasi untuk dana pendidikan, saran saya Anda sebaiknya ambil asuransi kesehatan murni (tanpa investasi) karena preminya lebih murah. Kalau mengambil investasi lagi, preminya akan lebih mahal dan sebenarnya juga tidak perlu karena sudah ada.

      Reply
  93. merri

    saya mau nanya
    asuransi allianz itu untuk umur tahun klhrian 1992 bgusny pilih yg gimna y?
    status menikah

    -yg individu atau
    -yg gandeng suami
    trus yg pkai kartu rumah sakit atau gk pkai kartu lbih bgus….

    Reply
  94. Yoas

    Menarik artikelnya padat singkat jelas. Saya sedang mencari asuransi kesehatan (saya, istri, dan anak masih 1,5thn). Tapi istri ada pru & axa mandiri (keduanya UL). Anak blm ada asuransi. Saya ada axa mandiri (UL hny besar UP saja) sblmnya ada Pru sy tutup karena memang sudah lama ingin yg terpisah semua. Untuk investasi juga sudah ada lengkap, hny tinggal mencari asuransi yg sangat kebingungan krn semua perusahaan bilang no 1.

    Bisa dibantu apa yg tepat untuk kami sekeluarga? Saya condong ke Axa, Manulife, Sinarmas kalo dari baca2 di internet.
    Kemarin tmn menawarkan Axa krn dia bilang tanpa masa tunggu untuk penyakit kritis. Tapi manulife bisa 1 keluarga (jika ada tambahan anak bagaimana?)
    Dan jika spt istri sudah ada pru atau sy ada axa mandiri, bagaimana double-claimnya. Asuransi mana saja yg bisa double claim ya?

    Memang mencari asuransi kesehatan murni jauh lebih susah dari ASJI. Tapi jika ada info mengenai ASJI yg bagus, bisa sekalian diinfokan ya?

    Terima kasih

    Reply
  95. Leo

    Saya ubek2 mbah google, mengantarkan saya ke link ini. sangat sangat mencerahkan. Setelah saya cermati baik2, dari ulasan dan review beberapa link yang lainnya juga, saya kebingungan untuk mengambil antara Allianz ( Smartmed premier ) dan AXA ( Smartcare executive ). Bisakah pak admin, memberikan pencerahan lebih spesifik lagi, mana asuransi yang sebaiknya saya pertimbangkan? ( walaupun itu kembali ke saya sebagai individu pengguna nya ).
    Pertimbangan saya :
    1. saya mendahulukan yg memiliki fasilitas cashless ( “kartu sakti” yang hanya dengan ditunjukkan langsung mendapatkan perawatan cepat, bukan alakadarnya disertai adanya keharusan uang deposit ato konfirmasi ke kantor asuransinya terlebih dahulu )
    2. Bisa double claim ( karena kantor saya bisa reimburse kesehatan)
    3. Bisa klaim rawat jalan juga
    4. Bisa memiliki polis yang lama ( sampai umur 70 tahun ato lebih, tanpa adanya embel2 renewal policy dan lain lain yang menyulitkan )
    5. Waktu tunggu yang tidak terlalu lama untuk reimburse dana kesehatan

    Kira2 dari kriteria saya diatas, yang lebih baik saya ambil allianz atau AXA ya pak?
    Untuk polis rawat inap 1jt/malam, bisa tolong buatkan simulasinya kah pak untuk allianz (Smartmed premier ) dan AXA ( Smartcare executive ) ?
    Dari pengalaman bapak dalam dunia asuransi, kira2 asuransi apa yang loyal kepada nasabahnya? dalam artian ketika si nasabah sudah pernah terkena penyakit kritis, si nasabah masih diijinkan untuk memperpanjang polisnya?
    Kalau ada waktu email saya ya pak untuk jawaban pertanyaan saya diatas.
    trims

    Reply
    • admin

      Ada pak. Butuh data-data pribadi untuk menilai dan memberikan saran premi. Sudah saya kirim ke email Anda.

      Reply
      • Inung

        Minta pencerahan nya gan untuk aauransi kesehatan keluarga saya usia 36,suami 36,anak 6th,3th,ditelp cigna terus menurus,tertarik tapi saya minta info jelas nya krn takut terjebak janji manis agent.mana lebih baik saya ambil cigna or brand lain.saya wiraswasta.terima kasih.email saya [email protected]

    • NURUL Q

      pagi pk admin..

      tolong di email jg untuk jawaban dari pertanyaan pk Leo ke email saya.
      perlu bpk ketahui, kantor sy tidak menerima reimburse kesehatan.
      saat ini sy memiliki 1 anak usia 10 bln, dan sy ingin kelak si anak tercover dana pendidikan + kesehatannya. begitu jg kesehatan sy 34 th, dan suami 33 th. terima kasih

      Reply
  96. limwiyono

    Sy ingin asuransi jiwa murni, tp premi dikembalikan seluruhnya saat usia pertanggungan selesai. Itu saja.
    Maap, sy tidak tertarik dgn embel embel unitlink investasi apalah itu…krn pengalaman saya: pertama jelimet, kedua byk “hidden” cost yg dikenakan di laporan statement, yg ujung2nya, semua premi di akhir pertanggungan adalah hanggus tak tersisa………….alias bohongan…………… Yg paling parah…adalah jelimet penjelasan asuransi unitlink ini………jadi menurut sy, sederhana saja, biar ahli waris juga ga bingung saat klaim, cukup asuransi jiwa saja , pure murni tanpa embel embel dan premi kalo bisa dikembalikan saat pertanggungan selesai.

    Reply
    • admin

      Kalau premi dikembalikkan saat usia pertanggungan selesai, itu jelas BUKAN asuransi murni. Asuransi murni itu preminya hangus, makanya preminya jadi relatif murah.

      Kalau ingin premi dikembalikkan, itu adalah asuransi unit-link atau asuransi whole life, yang keduanya punya premi lebih mahal dari asuransi murni yang preminya hangus.

      Reply
  97. Rantho

    Terimakasih untuk artikelnya, pak. Dilihat dari komen2 diatas, saya juga sedang mencari asuransi kesehatan murni.

    Mohon kami bisa dibantu rekomendasi asuransi kesehatan murni. Skrg baru asuransi prumed dgn UL.

    Bila ada data yang bapak perlukan, dapat di email agar saya lengkapi.

    Terimakasih sebelumnya.

    Reply
  98. Reni

    Terimakasih infonya sangat membantu..
    Saya sekarg sedang mencari asuransi yg cocok, kebetulan sebulan yg lalu dokter mengatakan kemungkinan besar tumor jinak di payudara saya sudah mulai berubah sifat menjadi ganas tetapi masih perlu pemeriksaan lebih lanjut. saya khawatir kedepannya dibutuhkan operasi. Kalau boleh minta saran, asuransi mana ya yg lebih cepat bisa claim untuk penyakit saya?

    Reply
    • admin

      Dalam asuransi kesehatan dikenal ‘pre-exisisting condition’, yaitu penyakit yang sudah diderita sebelumnya. ‘Pre-existing’ ini biasanya kalau sudah cukup parah tidak akan diterima oleh pihak asuransi. Parah tidaknya tergantung analisa lebih lanjut dari pihak asuransi.

      Saran saya untuk kondisi Anda, sementara mencari asuransi kesehatan yang tepat, segera ikut BPJS Kesehatan karena mereka tidak ada medical dan tidak mengenal pre-existing condition. Penjelasan BPJS baca disini.

      Reply
  99. supriya

    selamat malam
    sy ingin mencari asuransi kesehatan untuk isteri sy. apakah asuransi bisa d gunakan untuk biaya persalinan?
    terus untuk pembayaran premi y ada yg perbulan ga?
    dan jika selama 5 thn tidak pernah klaim, apakah si pemegang polis bisa mendapatkan uang y kembali?
    trims

    Reply
    • admin

      (1) Asuransi Kesehatan tidak mengganti persalinan karena itu bukan dianggap sakit
      (2) Pembayaran premi per bulan bisa dipilih, meskipun sedikit lebih mahal dibandingkan tahunan
      (3) Ada asuransi kesehatan yang mengembalikkan premi, atau dgn kata lain punya nilai tunai yang bisa diambil.

      Reply
  100. Rudy

    Saya tertarik dengan ilustrasi produk manulife keluarga. Bisa saya diberi detail laniut .
    Tq

    Reply
  101. Vie

    mohon bantuannya,..sy sedang mencari asuransi utk anak sy 6thn. masih bingung apakah ambil unit link atau as.kesehatan murni..
    Sy jg cari utk ibu sy (64th), kesehatan+jiwa.. apa bisa..?
    asuransi gk ada yg dibayar bulanan ya?

    pencerahannya yah..

    Reply
    • admin

      (1) Perlu dibandingkan antara tradisional dan unit link. Perlu dilihat pula apakah Anda sudah punya asuransi jiwa atau belum. Saran saya, kalau belum punya asuransi jiwa, karena Anda sudah berkeluarga, optimalkan nilai pertanggungannya, paling tidak diatas 500 juta.

      (2) Premi asuransi bisa bayar bulanan. Ada banyak pilihan pembayaran auto debit, kartu kredit.

      saya kirim email ke Anda untuk minta data-data pribadi utk perhitungan asuransi, supaya lebih jelas.

      Reply
  102. adeena

    salam kenal pak.. tlg info asuransi kesehatan dan jiwa utk keluarga sy. suami 46th istri 42th anak1 5.5th anak2 3.5th. sy cenderung yg cashless dan doubleclaim. mohon saran dan bantuannya. thanks

    Reply
  103. Arsyad

    Dear Admin,

    Perkenalkan saya Arsyad 38Tahun. Dengan istri 30tahun , anak nomr -1 11th, anak nomor -2 7th.
    Saya sedang mencari produk asuransi kesehatan+jiwa.
    Bisa dijelaskan perbedaan antara asuransi kesehatan dan jiwa.
    Provider asuransi mana yang cukup bayar satu premi tapi manfaatnya untuk seluruh anggota keluarga.
    Mohon jelaskan kelebihan dan kekurangannya.
    Terima kasih banyak atas penjelasan admin.

    Reply
    • admin

      bagus kalau bapak mengambil asuransi jiwa + kesehatan untuk polis keluarga karena preminya jadi lebih murah dibandingkan beli beberapa polis utk satu keluarga. kami sudah kirim email ke Anda untuk minta beberapa tambahan detil data pribadi.

      Reply
  104. Yoga

    Selamat siang, sy sedang mencari asuransi utk ibu saya yg usianya 48 thn dan saat ini sudah punya BPJS kesehatan (Pensiunan istri TNI). sy cenderung yg cashless dan doubleclaim. mohon saran dan bantuannya. Boleh kalau misal bapak berkenan mengirimkan ilustrasi manulife atau asuransi dgn tipe unit link. Premi per bulan 500rb-1jt. Thanks

    Reply
  105. azi

    ada ga asuransi untuk keluarga, kesehatan + jiwa dengan 1 polis untuk seluruh keluarga?

    Reply
  106. yayuk

    terima kasih untuk infonya
    tapi saya ingin bertanya tentang BPJS
    bagaimana kalau asuransi yang satu ini
    mohon dibantu
    terimakasih

    Reply
  107. zahidi

    Pak Admin, ulasannya sangat menarik. Saya sedang mencari asuransi kesehatan murni yang dapat mengcover biaya RS secara cashless maupun reimburse dengan copy an saja dan waktu reimburse tidak membutuhkan waktu yang lama. Saya seorang PNS yg menggunakan BPJS kesehatan sebagai asuransi pengobatan. Mohon info/masukan asuransi yg cocok utk PNS yg dgn penghasilan terbatas?? Sekalian mohon info asuransi yg menyeluruh, termasuk biaya cek ke dokter seperti yg dibahas di artikel di atas?? Sebagai tambahan Saya berumur 33 thn, istri 29 thn dan anak 4thn.

    Reply
    • admin

      trims. kita perlu buat simulasi supaya bisa dilihat berapa preminya yang terjangkau untuk Anda. Kami sudah kirim email utk minta data-data tambahan.

      Reply
  108. Christian

    Mengutip pertanyaan sebelumnya. (Boleh bertanya, untuk biaya aneka perobatan (obat, lab, dll) apa yang dimaksud saat rawat inap? sedangkan saat rawat jalan obat tidak termasuk asuransi?)
    Makasih.

    Reply
  109. adenia

    Mau tanya asuransi kesehatan yang cocok untuk saya 28thn dengan 2 orang anak 8thn dan 6th. Dengan premi tidak terlalu mahal, kalau bisa bulanan.

    Reply
    • admin

      Ada yang asuransi kesehatan keluarga dan bisa bayar premi bulanan. Sudah kami kirim via email penjelasannya. salam

      Reply
  110. paradis bandyo

    hello pak…
    Sungguh menggugah dan benar2 praktis tulisan anda.
    Sehingga sy baru sadar kalo (sebenranya) sy belum punya tabungan pensiun mandiri. smentara dari kantor hanya skian kali gaji sesuai UU ketenagakerjaan.

    Mohon saran:
    di usia sy yg sudah 47 tahun, (male/non smoking/3kids:19yo/15yo/13yo)kini sudah memiliki asuransi :
    1. unit link prudential,
    2.Niaga cigna (kesehatan),
    3. Mitra BP link dari Bumiputera (asuransi jiwa+investasi) tapi belum punya asuransi tabungan pensiun. Bisakah saya diberi simulasi real : berapa nilai investasi/besarnya premi per bulan + nilai saat pensiun+dan prakiraan nilai anuitas bulanan yg akn sy dapatkan setelah usia 55 tahun nanti?

    terima kasih banyak
    salam hormat.

    Reply
  111. setiawan

    assalamu’alaikum
    maaf pak mengganggu ……………..
    asuransi manakah yang menguntungkan untuk asuransi murni investasi tanpa kesehatan?
    perbandingannya dengan ikut beli disaham lebih untung mana?

    Reply
    • admin

      Asuransi fungsinya untuk proteksi. Kalau ada asuransi yang sekaligus investasi, hasilnya investasinya tidak sebaik yang investasi langsung, misalnya saham. tapi perlu diingat bahwa dalam saham tidak ada fungsi proteksi seperti asuransi.

      Reply
  112. ardian wibowo

    saya saat ini sudah mengikuti axA mandiri sebgai asuransi,setelah saya pelajari ternyata ini produk unitlin, saya blum baca polisnya krena buku polisnya dkirim ke rumah,sedangkan saya sedang merantau, saya hanya baca brosurnya aj,disana tertera setelah 5 tahun uang akan kembali 100% jika tidak ada klaim,maksudnya gmna gt pak?jd misalnya klo ada klaim sbelum 5 tahun,trus uang yang d berikan ke kita adalah uang hasil investasi bukan dari asuransi,krena klo qt klaim mempengaruhi hasil investasi qt setelah 5 tahn. trus misalnya qt mau tutup polis,saya denger katanya ada saldo minimal yang harus tertinggal,jadi qt gak bisa ambil seluruh uang hasil investasiny.

    Reply
    • admin

      Tanpa melihat polisnya, sulit buat saya untuk memberikan komentar. Sebaiknya hubungi contact center atau customer care untuk memastikannya.

      Soal penutupan polis, pada dasarnya sebagai nasabah kita berhak menarik semua uang disana karena itu memang uang kita. Permintaan menyisakan saldo dimaksudkan supaya polisnya tidak lapse (non aktif) karena polis punya manfaat proteksi. Tapi, kalau kita mau ambil semua sampai saldonya nol harusnya bisa. Bisa dicek di dokumen polis, apakah ada yang menyatakan bahwa saldo tidak boleh nol – setahu saya tidak ada.

      Reply
  113. pertiwi

    Ass Pak..

    Saya 32 tahun dan suami 36 tahun , memiliki asuransi penyakit kritis dari Allianz (unitlink). Tujuan pembelian asuransi ini adalah untuk cover penyakit kritis karena kami sama-sama memiliki riwayat penyakit kritis dari orang tua, dan untuk unit link-nya kami siapkan untuk dana pension.
    Yang saya mau tanya apakah tipe asuransi ini cukup baik ?
    ataukah ada tipe asuransi penyakit kritis tanpa unit link? jika ada mohon sarannya.
    Sementara itu saya juga membeli reksadana untuk tujuan tabungan,dana pension dan pendidikan.
    namun untuk anak kami yg berumur 6 tahun tidak memiliki asuransi kesehatan. Apakah kami masih perlu menambahkan asuransi kesehatan untuk anak kami?

    terima kasih sebelumnya
    Salam

    Reply
  114. via

    Siang Pak.
    Saya ingin mengambil asuransi kesehatan murni dan asuransi jiwa. Kalau bisa yang sudah mengcover ke duanya.
    Asuransi ini untuk saya (36th) dan suami (36th)
    Bisa diemail ke saya pak info nya asuransi mana saja kira2 yang preminya tidak terlalu mahal namun benefitnya bagus.

    Terima kasih.

    Reply
  115. wawan

    Pak, sy & istri mhn dibuatkan ilustrasi asuransi kesehatan murni (rawat inap) jika memakai AXA, Manulife , Allianz. Sy berumur 47 thn, istri 46 thn, tdk merokok, tdk ada riwayat di rawat di RS, dan mrpkan pekerja kantoran.

    Terima kasih

    Reply
  116. gerry

    halo pak…mau nanya saya pns usia 33 istri 31th anak br sebulan….kira2 asuransi kesehatan yg recomm3nded apa ya berhubung saat ini sudah tercover bpjs…sy mencari yg asuransi kesehatan keluarga dan jiwa.tq

    Reply
  117. Fen

    Pagi Pak,
    Saya sedang mencari Asuransi jiwa dan pendidikan buat anak saya yg baru berusia 6 bulan… mohon diberikan masukan kira-kira pilihan alternatif terbaik untuk saya, terimakasih sebelumnya

    Reply
  118. Hartawan

    Kebetulan saat ini saya sedang mencari asuransi kesehatan untuk keluarga saya karena dari kantor tahun depan akan ditutup. Asuransi kantor dari Manulife dan selama ini pelayanannya oke banget. Yang saya ingin tanyakan jika ada 2 anak kita yang sedang sekolah di luar negeri apakah asuransi kesehatan harus tetap mencakup mereka? Jika kita sebagai orang tua sdh berumur 49 dan 51 , diperlukan medical check up untuk apply asuransi kesehatan sendiri? Menurut Bpk asuransi mana yang paling baik buat keluarga kami dengan 3 orang anak? Terima kasih atas saran sarannya.

    Reply
    • admin

      Saya jawab via email. Please cek emailnya karena sepertinya tidak bisa menerima. salam

      Reply
  119. amalia

    Dr keempat asuransi itu , jika dlm setahun tdk terpakai apakah ada yg bs preminya kembali sekian % ?

    Reply
    • admin

      Semuanya adalah asuransi kesehatan murni yang preminya hangus. Ingin premi kembali, Anda bisa ambil unit link atau produk lain, tapi biasanya karena ada pengembalian, preminya menjadi lebih mahal dan manfaatnya lebih sedikit. Silahkan dibandingkan.

      Reply
  120. vera

    Saya 29 yo sudah ada asuransi kesehatan dari kantor. Akan tetapi, menurut saya manfaat rawat jalan yang diperoleh kurang.
    Saya sendiri sudah punya asji + critical ilness dari Allianz.
    Oleh karena itu saya berniat untuk menambah asuransi kesehatan saya, terutama rawat jalannya. Saya pikir jaga2 untuk saya pensiun dan juga untuk nambah2 asuransi yg ada saat ini. Jika cigna, tidak ada rawat jalannya ya?

    Terima kasih.

    Reply
    • admin

      Untuk rawat jalan, saran saya ikut BPJS. Itu murah dan manfaatnya lumayan. Asuransi kesehatan untuk rawat jalan individual setahu saya tidak ada.

      Yang perlu juga dilihat adalah seberapa besar uang pertanggungan asuransi jiwa yang Anda miliki saat ini. Pertanyaan, apakah cukup nilainya untuk memberikan proteksi keuangan kepada keluarga.

      Reply
  121. ulfa

    Pak usia saya masuk 26 th, suami 31th saya mau tanya apa yang sebaiknya saya pilih untuk tabungan masa tua & jaminan kesehatan kami.. saya saat ini dperusahaan swasta dicover Bpjs, kalau suami dicover sama perusahaan juga tapi karna Qt pegawai swasta jadi ingin proteksi diri saat Qt keluar dri perusahaan tsb..aa

    Reply
    • admin

      Untuk asuransi kesehatan, BPJS adalah yang paling cost efficient karena melindungi sampai tidak ada batas usia. Asuransi kesehatan swasta ada yang melindungi sampai usia 80 tahun dengan premi yang cukup tinggi. Silahkan dipilih utk asuransi kesehatan disini.

      Untuk tabungan masa tua, Anda sebaiknya mulai sedini mungkin karena makin cepat maka hasilnya makin baik dan menabungnya tidak perlu besar. Bisa mulai dari Rp 500 ribu sebulan. Cek disini mengenai dana pensiun.

      Reply
  122. ivy

    Saya sebenarnya sudah terlanjur punya asuransi Sequis unit link sejak 4 tahun lalu. Dulu ikut karena ajakan, dan saya nggak terlalu tanya-tanya. Sekarang mah agennya uda ilang kemana ga tau mentang2 komisi uda dapet.

    Setelah meneliti laporan tahunannya saya baru sadar, duit kok ga nambah-nambah padahal separah-parahnya dimasukkan bank deposit aja saya simulasi duit saya lebih daripada ini.
    Ternyata ya itu tadi, ada biaya2 ini itu yg waktu nawarin lupa (atau sengaja dilupakan) disebutkan.
    Kalau unit link tetap kena biaya asuransi yg disesuaikan umur tertanggung, sebenarnya fungsinya apa donk bayar lebih mahal?
    Skrg sih asuransinya saya diemin ga saya top up (masa bayar 8 tahun), selama dana masih ada, polis saya masih aktif katanya, nggak tau bisa tahan brapa lama kl nggak saya isi investasi nya.
    Nah skrg saya punya 3 opsi:
    1. Bayar premi sampai tahun ke 8, ngikutin proposalnya dulu.
    2. Nggak top up investasi lagi, tapi duit lgsg saya masukkan reksadana (wong bisa beli sendiri lewat bank dng biaya lbh murah, ngapain bayar 5% ke perusahaan asuransi). Dana di polis saya jaga supaya cukup untuk maintain polisnya aktif saja. Untungnya ga pake acara denda2 di sequis jd saya boleh2 saja melakukan ini.
    3. Saya tutup polis sequis ini dan ikut yg tradisional.
    Menurut ibu/bapak, yg mana yg lebih optimal untuk saya?

    Saya dulu mikirnya kalau ikut waktu muda, bebannya ga naik-naik sampai usia 75 (hehe, keliatan begonya deh).

    masukannya sangat dihargai.

    Reply
  123. agung

    Selamat siang admin YTH,

    Saya single umur 23 th, yg rencananya mau menikah sekitar pertengahan tahun depan

    Saya mau menanyakan asuransi apa yg cocok untuk saya dgn penghasilan yg hanya sekitar 4,5jt?

    Terima kasih sebelumnya

    Reply
  124. yan

    Selamat siang,saya sangat tertarik dengan artikel ini,kebetulan saya ingin membuatkan asuransi pendidikan+kesehatan untuk anak saya yg berusia 6th,apa yg paling bagus dengan premi standar,dan apakah ada asuransi kesehatan yg bisa mengcover suami,istri dan anak dengan premi yg standar

    Reply
  125. agnes

    Siang Pak Admin, informasi di web ini menarik sekali buat saya. Saya dan suami usia 28 thn, kami sudah punya anak usia 3 bulan, kebetulan mendapat fasilitas asuransi kesehatan yang cukup lumayan untuk keluarga inti. Saya ingin dapat berinvestasi untuk biaya pendidikan anak sekaligus proteksi apabila ada sesuatu terhadap kami berdua, asuransi jenis apa dan dari perusahaan mana yang sekiranya cocok, mohon pencerahannya.

    Reply
    • admin

      Susah saya jawab via email karena ada info-info lain yang kami butuhkan. Please cek email. salam

      Reply
  126. agung nugroho

    siang pak,
    saya karyawan swasta,26 th,tdk merokok,pengendara motor.
    yg sudah memiliki asuransi dari kantor,
    dan ingin memiliki asuransi lainnya,kira” yang cocok apa ya? dan bs double claim apabila asuransi kantor tidak mengcover.
    pilihan saya antara manulife,allianz atau ace life.
    mohon dijelaskan beserta benefitnya.

    thank you

    Reply
      • SURANTO

        selamat siang pak admin, mohon saran dr bpk,
        saya karyawan swasta, pria, usia 27thn, single, tdk merokok, sehat jasmani/rohani, tdk menderita penyakit apapun,

        pernah dl waktu kerja ditempat lama ada asuransi prudential pruHS dgn premi 350.000,-/bulan (bayar bulanan) namun krn sy resign, saya tutup, krn asuransinya coorporate,
        nah sekarang sy mau ambil asuransi kesehatan murni, dgn premi 350.000,-/bln (4.2jt/thn), kalau ada dibawahnya, kamar kelas 3 jg ngak apa2, kira2 asuransi apa itu yg bisa dgn premi ringan bgtu pak. mohon email detailnya ya pak.

        terimakasih

      • admin

        Asuransi kesehatan murni utk usia Anda cukup murah, yaitu 3.744.000 (kamar 750rb) dan 4.644.000 (kamar 1 juta) per tahun. Untuk detilnya kami kirim via email.

  127. cherly

    info yang menarik.
    yang ingin saya tanyakan bisa bantu saya untuk merencanakan asuransi kesehatan untuk keluarga saya. saya ibu (28th) dengan ank 1(8bln) suami (28th).
    produk asuransi dr perusahaan apa yg cocok dengan saya? terima kasih.

    Reply
  128. tri indah ns

    saya mempunyai asuransi kesehatan inhealth. Namun selama 2 tahun keanggotaan, saya belum pernah di rawat inap atau berobat ke dokter. masa berlaku kartu keanggotaan saya berakhir oktober 2014, apakah premi yang saya bayar tiap bulan bisa dicairkan kembali mengingat saya tidak pernah menggunakan kartu asuransi tersebut?
    terimakasih

    Reply
    • admin

      Perlu baca polisnya, apakah ada ketentuan mengenai pengembalian polis jika tidak ada klaim.

      Reply
  129. icha

    Pak, saya usia 22 tahun, memiliki penyakit tumor jinak di payudara. Kira2 dalam jangka panjang, jenis asuransi apa yg harus saya pilih? Terimakasih pak

    Reply
    • admin

      Saran saya ambil BPJS karena BPJS tidak menerapkan pre-existing condition. Di asuransi kesehatan menerapkan pre-exisiting condition yang menyebabkan penderita penyakit yang sudah ada sebelumnya akan lebih sulit diterima. Tapi, jika ingin dicoba boleh saja mencoba mengajuka ke asuransi, siapa tahu disetujui.

      Reply
  130. Sisada

    Info yang menarik, terimakasih sudah berbagi tentang asuransi ini. Mungkin bisa ditambahkan juga penjelasan mengenai generali.

    Reply
  131. Nanda

    Selamat sore Pak Admin,

    Saya wanita lajang 24th yg sedang mencari asuransi kesehatan dasar. Mohon petunjuk Admin asuransi kesehatan apa yang cocok untuk saya.

    Terima kasih.

    Salam,

    Nanda

    Reply
  132. sasi

    Selamat sore Pak.

    Berdasarkan informasi yang saya baca dari artikel ini bahwa ada asuransi kesehatan yang bisa menanggung satu polis untuk satu keluarga. Mohon info nama asuransi tersebut, apakah asuransi tersebut bisa double claim ? Dan berapa nilai preminya per tahun ?
    Terima kasih.

    Reply
    • admin

      Perlu tahu data-data pribadi untuk bisa memberikan estimasi premi. Sudah kami email.

      Reply
  133. Amelia

    Malam pak…sy pengen mengasuransikan ibu saya yg berumur 50th…kira2 asuransi apa yg preminya rendah tp sdh mencakup semuanya pak?

    Reply
    • admin

      estimasi premi asuransi kesehatan untuk usia 50tahun sekitar rp6 jutaan/setahun untuk kamar 750ribu dan biaya berobat diganti sesuai tagihan. email sudah dikirim karena ada data pribadi yang dibutuhkan.

      Reply
  134. meilani martaria

    Pak, terimakasih untuk tulisan bapak mengenai asuransi kesehatan.
    yang mau saya tanyakan adalah apakah ada dari ke 4 asuransi diatas yang mencover apabila saya masuk rumah sakit di luar negri?
    terimakasih sebelumnya

    Reply
  135. Hendri

    Malam pak, bahasannya bagus sekali. Saya mau tanya untuk asuransi kesehatan murni apakah ada batasan waktu dalam pembayaran preminya atau tidak (harus dibayar pertahun sampai kita meninggal supaya selalu terproteksi)?
    selanjutnya kalau boleh saya minta saran untuk asuransi kesehatan keluarga terbaik buat saya 34th, istri 36 th dan 3 anak masing2 umur 6, 3 dan 1 Tahun, kalau bisa dengan opsi + asuransi jiwa. Terima Kasih

    Reply
    • admin

      Sudah kami jawab via email. Perlu data-data detil keluarga Anda untuk bisa memberikan saran.

      Reply
  136. wanda

    saya punya problem mengenai asuransi untuk anak saya yang masih 1 tahun. sebaiknya apa yang harus saya buat terlebih dahulu apakah asuransi kesehatan, jiwa atau pendidikan dan asuransi darimana yang cocok dan bagu?
    mohon masukannya

    terima kasih

    Reply
    • admin

      Perlu data-data Anda untuk tahu masalahnya dimana. Kami sudah kirim email. Tlg dicek emailnya.

      Reply
    • admin

      Belum pernah review Commonwealth Life. Cek saja, ada tidaknya limit tahunan, bisa double claim tidak, dan bisa asuransi keluarga atau tidak.

      Reply
  137. lestari

    salam…
    saya wanita 33thn, suami 33thn, anak 6thn. semua tidak ada riwayat sakit keras. mohon bantuan diberikan pertimbangan asuransi murni kesehatan untuk sekeluarga dgn premi yang terendah, jika bisa cashless lebih bagus dan ada rumah sakit rekanan di kabupaten blitar.
    terimakasih.

    Reply
    • admin

      Saya menganjurkan untuk mengambil perlindungan asuransi kesehatan murni yang bisa: cashless, tanpa limit tahunan, tanpa pre-existing condition, asuransi keluarga (lbh murah) dan ganti sesuai tagihan.

      Reply
  138. suharton0 lugianto

    bagaimana kalau asuransi ACE life? apakah perusahaan asuransi itu perusahaan yang kuat? kalau dibandingkan dengan manusife dan prudential menurut bapak mana yang sebaiknya saya pilih? karena saya ingin ikut asuransi.terima kasih

    Reply
    • admin

      Perlu dilihat spesifik produknya seperti apa, baru bisa dibandingkan dengan asuransi lain. Tapi pada dasarnya asuransi kesehatan yang baik itu adalah sbb: cashless, tanpa limit tahunan, tanpa pre-existing condition, asuransi keluarga (lbh murah) dan ganti sesuai tagihan.

      Reply
  139. rendi

    artikel2 sangat bermanfaat…
    Mas saya ingin cari asuransi dngan sistem kartu cashless untuk saya dan ibu saya…apa2 aja data detail yang mesti saya mail..bisa mail ke saya..trimas

    Reply
  140. ifaoet

    artikel asuransinya bagus…saya mau bertanya adakah asuransi yang menanggung untuk program kehamilan…krn ternyata bila dijalanin program kehamilan itu membutuhkan banyak biaya juga mulai dari kontrol..test…tindakan penunjang hingga obat2an…saya berumur 29th,sudah menikah,memiliki asuransi ASKES (skrg menjadi JKN-BPJS) serta asuransi dari kantor suami SINARMAS.terima kasih…bila ada asuransi yang mengcover promil saya akan lgs daftar 🙂

    Reply
    • admin

      Hamil itu bukan sakit, itu niat. Jadi tidak dicover oleh asuransi kesehatan terutama yang perorangan. Kalau asuransi group, hamil biasanya di cover.

      Reply
  141. Nia

    Ulasan yang menarik. Saya sedang dalam keadaaan hamil (4 bulan), apakah masih memungkinkan jika saya ingin ikut asuransi kesehatan?Kira-kira asuransi apakah cocok untuk saya, yang bisa meng-cover biaya persalinan & check-up kandungan, serta bersifat cashless? Terima kasih.

    Reply
    • admin

      Hamil tidak dicover oleh asuransi kesehatan karena hamil bukan suatu penyakit. Bisa gunakan BPJS yang mencover kehamilan

      Reply
  142. H.Narayana

    Adakah asuransi kesehatan individual yang melayani rawat jalan, rawat gigi, rawat mata dan rawat inap, yang bisa diakases banyak rumah sakit. Karena BPJS nasabahnya dilayani seperti warga negara kelas 2 , dirumah sakit. Terima kasih informasinya.

    Reply
    • admin

      Rawat Inap ada dari asuransi kesehatan swasta. Rawat jalan dan rawat gigi setahu saya ada tapi preminya mahal dan tidak ekonomis. detilnya kami jelaskan via email.

      Reply
  143. nuraeni

    Pagi pak, sungguh bahasan yg menarik sehingga kini kami mulai memahami asuransi terutama asuransi kesehatan. Kami mohon saran dari bapak, begini kami (saya 41 thn dan suami 40thn) ingin memiliki asuransi kesehatan meskipun dr kantor suami sdh mendapatkan layanan kesehatan hingga suami pensiun, mengingat biaya kesehatan yg naik terus dan mungkin tdk bisa ter cover seluruhnya oleh kantor disaat pensiun nanti, sebaiknya kami memilih asuransi yg mana yg ideal atau cocok utk kami ? Terima kasih sblmnya.

    Reply
  144. Robert Pandiangan

    Faskes Tingkat I saya di kota X (kolektif) tetapi sekarang saya berada untuk 4 tahun di kota Y dengan jarak 200 km. Bagaimana caranya supaya Faskes Tingkat I saya di tempat domisili saya sekarang? Terimakasih.

    Reply
  145. indah

    terimakasih infonya Pak. bermanfaat sekali bagi saya yang berencana mencari asuransi kesehatan baru.

    oia, info tambahan. saya kebetulan pakai CIGNA eazycare blue selama dua tahun ini untuk keluarga. sistemnya cashless. premi cukup terjangkau.

    Kebetulan saya baru saja klaim untuk pembedahan. ternyata cigna memberlakukan sistem kategori untuk santunan pembedahan. ada kategori kecil-sedang-besar. jadi meskipun biaya pembedahan lebih besar dari plafond, namun bila menurut pihak CIGNA ternyata hanya masuk kategori sedang atau kecil, maka CIGNA hanya akan mengganti biaya pembedahan sebesar angka yang mereka tentukan, sesuai kategori dalam ketentuan mereka.

    saran saya untuk yang berminat pakai CIGNA, ketentuan dan kategori pembedahan ini sebaiknya ditanyakan di awal. karena berbeda dengan manulife dan allianz yang dari awal sudah menjelaskan secara transparan kategori-kategori operasi bedahnya. CIGNA hanya menjelaskan santunan maksimal sebesar sekian per tahun. tanpa menjelaskan lebih lanjut kategori pembedahan.

    terimakasih. semoga menambah manfaat 🙂

    Reply
    • admin

      Terima kasih sharing pengalamannya. Yang saya tahu di Manulife, apa saja pembedahan yang masuk kategori pembedahan besar, sedang dan kecil, sudah ditetapkan secara jelas dalam polis, sehingga peserta sudah tahu sejak awal. Memang, premi CIGNA termasuk yang paling murah dibandingkan Manulife, AXA dan Allianz.

      Reply
    • Sinta

      Selamat siang bu Indah.
      bolehkah saya minta email pribadi Ibu.
      karena ada beberapa hal yang ingin saya konsultasikan dengan ibu .
      terimakasih.

      Reply
  146. inge

    pak, kebetulan saya sedang mencari asuransi kesehatan untuk keluarga. nah, saya baru melihat ada mediplus. boleh minta rekomendasi, asuransi apa yang bagus untuk kami :

    suami 33tahun
    saya 29tahun
    anak pertama 3.5tahun
    anak kedua 1.5tahun

    saya mencari asuransi keluarga yang cashless, tanpa limit tahunan, tanpa pre-existing condition dan ganti sesuai tagihan, dan tentunya punya banyak rekanan RS.

    terakhir saya melihat penawaran oleh mediplus. sejauh ini baik premi (7.9juta per tahun/2orang tua 2 anak) maupun manfaatnya (rawat inap kelas satu sesuai tagihan, rawat jalan sesuai tagihan, operasi maksimal 300juta per tahun) masuk dalam kriteria saya. sayangnya, mediplus hanya berlaku di RS siloam dan dua RS rekanan yang ada di jakarta saja. bagaimana menurut bapak…?? mohon sarannya. terimakasih.

    Reply
    • admin

      Untuk Mediplus, saya tidak bisa komentar karena belum pernah mereview. jawaban soal asuransi kesehatan dikirim via email.

      Reply
  147. NURFITRI SARI

    assalamualaykum
    pak, saya mahasiswa semester 8 yang sedang penelitian tentang asuransi. saya membutuhkan beberapa pakar untuk membantu saya melengkapi kuisioner penelitian saya. jika bapak berkenan, bolehkah saya meminta bapak menjadi salah satu responden saya pak?
    terima kasih
    🙂

    Reply
  148. Novita

    Terima kasih pak atas infonya yg sangat membantu.
    tapi saya minta bantuannya untuk mengetahui asuransi apa yang cocok untuk ibu saya yg berusia 56 tahun.
    Trims

    Reply
  149. adzim

    saya ikut bpjs malah kelas 2, sekarang anak saya di inkubator sudah saya buatkan bpjs namun aktifnya 7 hari, dan rumah sakit max 3x 24 jam harus ada kartu bpjs aktif, otomatis anak saya masuk di umum gak bisa masuk pakai bpjs.

    nah pertanyaan saya, adakah asuransi yang bisa menerima anak saya saat sakit seperti ini, saya tanya prudential katanya tidak bisa. adakah yang bisa menerima?

    terima kasih,…
    adzim
    Hp 085640346439

    Reply
  150. Andiani Utama

    Terimakasih Pak, infonya bermanfaat sekali.
    Saya sedang cari asuransi kesehatan murni utk keluarga, sy umur 38 thn, suami 39 thn, dan anak 6 thn.
    Manulife harus ikut asuransi jiwa nya ya?

    Reply
  151. Haris

    Dear Admin,

    Nice share artikelnya.

    Saya mau nanya bbrp pertanyaan:
    1. Asuransi yang cocok untuk orangtua saya bapak (58) dan ibu (50) apa yang cocok ya ?
    2. Dikantor saya sudah dapat asuransi kesehatan , apakah saya perlu mengambil asuransi jiwa? klo iya yg cocok apa ya + preminya? katanya Allianz bagus untuk asuransi jiwanya? saya masih single (25)

    Reply
  152. dee

    banyak pertanyaan2 yg sy pengen tau jawabannya, tp malah terjawab via email.
    ada 2 pertanyaan. saya dulu anti dgn asuransi apalagi bila preminya mahal. namun sy di tawari prudential, manulife, axa.
    manulife, menjelekkan pru. pru sll bilang no 1, axa sy taunya mandiri…
    sy tertarik dg pru krn, dalam 4 bulan kalo terjadi sesuatu apapun, bisa ditabung lgs oleh pru. tp masih dpt nilai manfaat. kalo manulife/axa bgmn y?
    yg ke 2. untuk anak yg autis, usia remaja (25 >) bisa ga ya mendapatkan asuransi kesehatan. pru/manulife bagaimana? makasih

    Reply
    • admin

      (1) Tidak jelas maksud pertanyaannya. Setahu saya produk di Pru/AXA/Manulife relatif sama.

      (2) Tergantung hasil pengecekan kesehatan di masing-masing asuransi.

      Reply
  153. Widi

    Mau Tanya ? asuransi kesehatan murni dengan premi terjangkau apa ya sebaiknnya ?
    Saya umur 27 tahun dan istri 26 tahun, anak 18 bulan

    Reply
  154. desi

    Terima kasih atas ulasannya pak, mohon infonya pak saya sedang mencari asuransi yg cocok untuk menanggung biaya persalinan kebetulan saat ini sedang hamil. Yg bisa doubel claim dg bpjs.

    Reply
  155. lekso

    Pak Admin,
    mohon dikirimkan rekomendasi asuransi untuk keluarga kami, Saya laki2 umur 25th, kary.swasta, perokok, K1.
    Saya tunggu lewat email pak, terimakasih atas bantuan bapak.
    Terimakasih

    Reply
  156. AHMAD

    Apakah bisa asuransi untuk anak saja. Karena untuk kami sudah ada sistem reumbeus sedang istri saya dgn inHealt. Anak kami baru 4 bulan. Kira kira asuransi kesehatan apa yang bagus. Seperti asuransi inhealth yang bisa mencover biaya rumah sakit. thanks

    Reply
  157. Ruby

    Dear Admin,
    Saya ingin bertanya apakah asuransi murni preminya bisa naik? Ambil contoh begini: misalkan kita terkena demam berdarah lalu dirawat inap di RS; lalu dalam perawatan dokter menemukan ternyata kita menderita diabetes atau hipertensi (yang kita benar-benar tidak tahu sebelumnya). Nah, apakah premi tahun berikutnya akan dinaikkan oleh pihak asuransi mengingat dia tahu kita menderita penyakit yang bisa menimbulkan komplikasi di masa depan?

    Reply
    • admin

      Bisa tetap atau naik, tergantung keputusan pihak Asuransi. Di semua polis asuransi, ada keterangan bahwa pihak asuransi berhak merubah premi jika dianggap perlu.

      Reply
  158. Noel

    Apakah semua asuransi yang dibahas diatas harus dibayar seumur hidup atau cukup beberapa tahun saja? Kalau harus bayar seumur hidup dan sistem hangus lebih baik ambil yang agak mahal tapi bayarnya cuma beberapa tahun saja (ada yang 10 tahun) dan ada nilai tunainya juga. Bukan begitu?

    Reply
    • admin

      Apakah Anda yakin bahwa setelah 10 tahun PASTI tidak perlu bayar lagi ? Silahkan cek di proposal Asuransi Anda. Jika di dalam proposal ada pernyataan dari Asuransi bahwa peserta PASTI tidak perlu bayar lagi setelah bayar 10 tahun, tolong share disini.

      Saya belum pernah menemukan proposal asuransi yang menyatakan bahwa peserta PASTI tidak perlu bayar lagi setelah 10 tahun. Siapa tahu Anda punya pengalaman yang berbeda dengan saya.

      Reply
  159. nadian

    Pagi pak ,,, saya kebetlan dpt review mengenai asuransi, menurut Bapak apa perbandingan dgn Manulife Dan ax serta prudential? Terimaksih

    Reply
    • admin

      Saya belum pernah melakukan perbandingan diantara ketiga asuransi ini. Yang saya tahu sejauh ini, Manulife menawarkan asuransi kesehatan murni yang manfaatnya cukup bagus dengan premi cukup masuk akal.

      Reply
  160. Rini Astuti

    Saya sdh memiliki asuransi kesehatan BPJS. Asuransi tambahan apakah yg cocok buat sy dan keluarga? Notabene skrg wlopun sdh memiliki BPJS, kalau kita opname di rumah sakit swasta terutama di kls VIP (krn rmh skt umum daerah srg penuh), sharing/biaya tambahannya lumayan tinggi. Kmrn tmn sy yg hny DB dirawat 5 hr nambah byr 6,7jt dg kartu BPJS tanggungan kls 1. Skrg anak sy (3th) sdh sy ikutkan di prudential Sktr 6bln lalu. Skrg sy mau ikut asuransi yg lain utk membacking BPJS. Umur sy 31th. Mohon infonya, Pak.. Terima kasih…

    Reply
    • admin

      Saran saya ikut asuransi kesehatan murni (tidak ada unsur investasinya) karena manfaatnya lebih optimal. Saat ini sudah ada asuransi kesehatan murni yang mengganti sesuai tagihan (tidak ada limit – mau berapa pun tagihan dan hari di rumah sakit diganti), ada rawat jalan, melahirkan dan gigi.

      Preminya mahal ? Tidak. Asuransi kesehatan murni preminya relatif terjangkau karena tidak ada potongan untuk investasi dan lain-lain.

      Saya perlu tahu data-data pribadi Anda. Nanti saya kirim via email.

      Reply
      • siaoyang

        Salam admin.
        Bolehkah saya tau nama polis yang ada asuransi kesehatan murni dengan premi tidak mahal tersebut…terima kasih

  161. rudi

    Terima kasih untuk artikel yang sangat menarik bagi saya yang buta tentang asuransi. Mohon rekomendasi pak, asuransi back up bpjs (cashless, doubleclaim) untuk saya laki2 single, umur 29th, kary. bumn, merokok

    Terimakasih atas bantuannya

    Reply
  162. sugiarti

    Mau Tanya ? asuransi kesehatan murni dengan premi terjangkau apa ya sebaiknnya ?
    Saya umur 36 tahun dan suami 37 tahun, anak 9 tahun
    Saya tunggu infonya via email pak, terimakasih atas bantuan bapak.
    Terimakasih

    Reply
    • admin

      Sudah kami jawab via email mengenai asuransi kesehatan murni yang menawarkan perlindungan:
      cashless (bayar dgn kartu),
      tidak ada batasan jumlah hari rawat inap,
      diganti sesuai tagihan (tidak ada limit penggantian),
      asuransi keluarga (diskon utk keluarga),
      rawat jalan, penggantian gigi dan melahirkan

      Perlu data-data pribadi Anda untuk menghitungkan premi.

      Reply
      • E. Purwanto

        Dear Admin, jika berkenanan bisa diinfokan juga ke email saya sesuai pertanyaan dari ibu Sugiarti, Saya seorang suami umur 36 tahun (tidak merokok) dengan seorang istri umur 25 tahun dan anak umur 1 tahun 8 bulan dengan pergantian untuk melahirkan juga serta jumlah premi per bulan nya, terima kasih.

      • admin

        Ada asuransi kesehatan murni yang mengganti berdasarkan tagihan (tidak ada limit) dengan perlindungan sampai usia 80 tahun. Kami kirim via email penawarannya.

      • Nisya

        Hallo pak, saya baru menikah dan suami PNS yg notabene dpt bPJS, saya ingin menggunakan asuransi tp masih bingung. Boleh dong dikirikan juga penawarannya yang bisa proteksi keluarga. .tks

  163. dika

    Aku rencana mau ikut asuransi kesehatan murni untuk keluarga dan asuransi untuk penyakit kritis (terdiri dari suami, istri umur 30 tahun dan satu anak umur 3 tahun) mohon pencerahannya produk asuransi mana cocok untuk saya

    Reply
  164. GILANG

    adakah asuransi kesehatan individu yg cashless dan menyediakan manfaat persalinan untuk istri saya nanti? boleh konvensional atau syariah

    Reply
    • admin

      Ada asuransi kesehatan murni yang menyediakan Rawat Jalan, Rawat Inap, Melahirkan dan Gigi. Kami kirim via email detailnya karena perlu tahu data pribadi Anda.

      Reply
  165. Eddo

    Terima kasih informasinya, sangat menarik dan membantu bagi saya yang awam akan asuransi. Mohon rekomendasi produk asuransi kesehatan murni yang cocok untuk saya, data saya sbb:
    – Laki-laki, 24 tahun (social smoker)
    – Pegawai swasta di Jabodetabek (kerja indoor), sudah ada BPJS. Untuk saat ini sbg staff di perusahaan saya belum tercover asuransi kesehatan, tetapi pada saat posisi manager mendapatkan fasilitas asuransi kesehatan di allianz.
    – Single, rencana menikah di umur 25-26

    Mohon rekomendasi asuransi kesehatan yang saya gunakan sebagai backup BPJS.

    Terima kasih, salam.

    Reply
  166. Budi Y

    Ass. Wr. Wb
    Mohon pencerahannya, saya mempunyai anak usia 1 tahun rencananya saya ikutkan asuransi pendidikan include kesehatan, yang bisa double-claim dengan BPJS, terima kasih.
    Wassalam

    Reply
    • admin

      Sudah saya kirim via email dana pendidikan dan asuransi kesehatan double-claim dgn BPJS.

      Reply
  167. Heru

    Dear Admin,

    Saya bulan Feb 2015 berumur 31 Thn, saya pekerja kantoran dan memiliki asuransi kantor yang premi per tahunya sekitar 126 juta.
    Saya ingin memiliki asuransi jiwa murni yang preminya tidak hangus saat jangka waktunya habis. Asuransi model dan jenis apa yang cocok dan bagus?
    Jika saya ingin asuransi double claim, asuransi model dan jenis apa yang cocok?
    Terima kasih.

    Reply
    • admin

      Apa yang Anda minta ada produknya. Kami kirim via email karena perlu tahu data-data Anda.

      Reply
  168. Egi Agustian

    mohon infonya untuk asuransi yang sesuai dengan saya, umur 37 th, istri 37 th, dua orang anak dengan umur 7 th dan 2 th. Jika saya masukkan ibu saya dengan umur 62 tahun, kira-kira asuransi yang cocok buat saya apa yah.

    Reply
  169. andria

    Hallo, Sy dg iin, sy berminat untuk mengambil asuransi kesehatan murni, dimana data2 sy adl :
    perempuan, single, umur 38 th, tidak merokok. Saat ini tidak ditemukan penyakit berat. Tetapi sekitar 8 bln lalu sy pernah diopname karena tipus & GERD (gastroesophageal reflux disease ) / asam lambung naik. Kemudian ditahun ini saya berencana berhenti kerja dan full wirausaaha.

    Jenis asuransi kesehatan yg saya inginkan :
    – Cashless (bayar dgn kartu),
    – Tidak ada batasan jumlah hari rawat inap, diganti sesuai tagihan (tidak ada limit penggantian)
    – Rawat jalan, penggantian & perawatan gigi dan melahirkan, ke psikiater bayar sesuai tagihan atau dgn kartu. Tolong dikirim ke email : [email protected]

    Terima kasih,

    rgds,-iin

    Reply
    • admin

      Asuransi Kesehatan Murni yang Anda butuhkan ada tersedia. Untuk preminya, kami sampaikan via email karena perlu tahu data-data pribadi.

      Reply
  170. ellien

    Menarik sekali artikelnya, kebetulan saya sedang memilah-milah asuransi untuk saya. Single 33th, guru swasta (blm ada asuransi dari kantor) tidak merokok, tidak ada penyakit berat dan blm pernah opname. Asuransi mana yg paling ideal untuk saya? Tahun depan berencana menikah, sy menginginkan asuransi yg mengcover biaya persalinan juga. Mohon saran-sarannya terimakasih banyak.

    Reply
      • Reni

        tolong diinfo dong mana asuransi yg paling ideal buat kami, karena dari kantor skrng hanya mau pake bpjs. kami adalah karyawan dengan jlh anak 1-2 orang. dan gambaran premi yang harus kita bayarkan.

  171. ismail husen

    Salam kenal, saya ismail, mohon informasi ada kah asuransi yg bisa rawat inap sekalian rawat jalan yg pakek sistem cashless.
    Tanggal lahir 30 des 1985.

    Reply
    • admin

      Ada. Saat ini sudah ada asuransi kesehatan yan mengcover: Rawat Inap, Rawat Jalan, Gigi dan Melahirkan. Detilnya saya kirim via email.

      Reply
  172. darwis

    Saya seorang suami 33 tahun, istri 27 tahun, dan 2 orang anak umur 3 dan 1 tahun, kalau ikut asuransi kesehatan manulife berapa kira kira premi pertahun yang harus dibayar. thanks

    Reply
  173. chomenk

    Pengalaman keluarga ane gan Kalo bisa dihindarin,

    1.Bringinlife
    2.cigna
    3.sun life

    Kalo giliran klaim ada aja dicari kesalahan, kantor sama rumah disamperin, ribet deh kalo bisa cari asuransi yg punya sodara levelnya tinggi dperusahaan asuransi tsb haha aman deh , ga bakalan bermasalah dll kan..

    Reply
  174. Jimi

    Tolong info asuransi yg sesuai untuk kami, Suami (42 thn), istri (39 thn), anak I (9 thn), anak II (2 thn). thanks.

    Reply
  175. guest

    Ibu saya umur 62 taun. berapa harga premium untuk semua asuransi di atas ya?

    Reply
    • admin

      Perlu cek data-data pribadi Ibu Anda. Pada dasarnya usia 62 tahun masih bisa dicover asuransi kesehatan. Kami kirim via email estimasinya.

      Reply
  176. ardi pratama

    kalau untuk pria usia 23 th, dan sudah punya istri usia 24 th, blm punya anak . bagusnya pilih mana min?
    sbelumnya saya tertarik sama manulife, tapi bingung dengan banyak programnya.
    dan juga rincian biayanya belum jelas, mohon infonya min.
    thx

    Reply
  177. dian

    saya perempuan usia 23 tahun, single. dikantor ga ada dikasih asuransi.. jadi, mohon info asuransi untuk masa depan saya.. karena saya juga calon istri yang akan membutuhkan biaya persalinan ketika sudah menikah. trims.

    Reply
  178. heni

    bisa minta tlg dibantu asuransi jiwa dan kesehatan yg cocok utk suami 37th,istri 35th dan anak 9bulan yg bisa rawat jalan,inap dan melahirkan.asuransi jiwa utk suami saja,tks atas bantuannya

    Reply
  179. hamid

    informasinya sangat membantu. saya sedang mencarikan asuransi kesehatan untuk kedua orang tua saya (keduanya usia 45 tahun). kira-kira yang terbaik apa ya pak bila dilihat dari premi dan manfaat yang diberikan?. terima kasih

    Reply
      • haryati

        Sya perlu info mengenai asuransi untuk saya dan keluarga..tapi memiliki kartu dan cover rawat jalan dan inap mohon untuk d share

      • admin

        Ada asuransi kesehatan rawat jalan dan rawat inap. estimasi premi kami kirimkan ke email.

  180. ayu

    Saya ingin mengasuransikan ayah saya yang berusia 54 th.
    Mohon bantuannya manakah asuransi kesehatan yg cocok untuk mengcover usia tsb. Thx

    Reply
  181. ahmad

    Salam.
    Saya laki-laki, 29 tahun, merokok namun jarang, bekerja di kantor (indoor), dan sudah ada BPJS.
    Istri 24 tahun, ibu rumah tangga, sudah ada BPJS.
    Kami masih ada keinginan untuk menambah anak.
    Berhubung sudah agak outdated, di sini kami tetap meminta rekomendasi asuransi kesehatan murni yang terbaik yang bisa kami dapatkan.
    Terima kasih.

    Reply
  182. zulianto

    Slmat sore bpk admin.,
    Tlong d’beri gmbran asuransi yg tepat guna bwt saya(24th), istri(25th), anak(1th).,, terima kasih,.

    Reply
    • admin

      Kami jawab via email. Ada produk asuransi kesehatan murni yang memberikan untuk diskon bagi keluarga.

      Reply
  183. hana handoko

    Saya usia 32 tahun, wanita dan ibu Rumah tangga
    mencari asuransi kesehatan dengan sistem cashless untuk rawat inap yang bisa di pake juga berobat di laur Indonesia (tanpa sistem reimberst).
    asuransinya juga mencakup untuk perlindungan sakit kritis…

    saat ini saya sdh memiliki satu asuransi tanpa kartu tapi memberikan nilai UP, SK dan kecelakaan yang nilainya sama…
    dan sy sedang mencari juga yang bisa ada kartu nya dan memberikan perlindungan SK juga…

    untuk suami saya usia 39 tahun, karyawan, tidak merokok.
    juga untuk putra kami, usia 7 tahun.

    terima kasih….

    Reply
  184. Shella Febrilla

    Selamat pagi pak admin.
    saya ingin mengikutkan ayah saya asuransi umur 53 th, minta tolong rekomendasi asuransi yg tepat serta ilustrasinya .

    Reply
  185. Putri

    bisa minta tlg dibantu asuransi jiwa dan kesehatan yg cocok utk suami 35thn, istri 29thn dan anak umur 6 bln yg bisa rawat jalan,inap dan melahirkan. Thx atas bantuannya

    Reply
  186. Alfisyahr

    Saya berusia 25 thn dan bekerja di BUMN, sudah 5 tahun bekerja dan dimana perusahaan memberi uang 1 juta untuk kesehatan pensiun dimana saya pensiun umur 60,dan nantinya perusahaan sudah tidak menanggung. Bagaimana kita harus menginvestasikannnya?trims

    Reply
  187. nofa

    Bisa tolong dibuatkan asuransi yg cocok utk suami 36th,istri 37th,anak 7th,anak 3th,anak 1 th dan anak 3bln.untuk jiwa,kesehatan dan pendidikan.apakah ada yg paket shg lbh efisien?sblmnya makasi..

    Reply
    • admin

      Program yang satu paket biasanya kurang optimal hasilnya. Lebih baik membeli yang terpisah, misalnya:

      Reksadana untuk Investasi Pendidikan;
      Asuransi Term Life untuk Proteksi Jiwa
      Asuransi Kesehatan Murni untuk Biaya Rumah Sakit

      Reply
  188. arie

    Saya ingin mengasuransikan ayah & ibu saya yang berusia 54 th & 50 th.
    Mohon bantuannya manakah asuransi kesehatan yg cocok untuk mengcover usia tsb. Thx

    Reply
  189. Dina

    Saya mencari asurasi untuk anak saya, uasi 5th.
    asuransinya yang mencakup rawat jalan dan rawat inap.
    dan bisa diterima diseluruh Indonesia / luar nergeri.

    Thanks.

    Reply
  190. Denis

    Saya ingin mengasuransikan ibuku 58 thn, ayahku 59 thn, saya sendiri 26 thn. Mohon bantuannya utk memberikan gambaran asuransi kesehatan yg tepat. Thx

    Reply
  191. Ima

    Salam, Bapak/Ibu…

    Saya belum punya anak kandung, dan sejak beberapa bulan terakhir ini mengajak anak saudara yang orangtuanya tengah kesulitan ekonomi untuk tinggal bersama saya dan suami. Saya dan suami bertekad utk mengadopsinya secara resmi, namun belum memulai langkah2 pengurusan legalitasnya. Anak angkat kami ini usianya 5 tahun, dan tidak mempunya asuransi kesehatan, bahkan BPJS pun tidak. Dia tidak bisa dimasukkan ke asuransi kantor suami saya karena status legalnya belum ada dan suami cenderung ingin menggunakan “jatah anak” utk anak kandung kami kelak. Saya ingin mendaftarkan anak angkat kami ini ke asuransi swasta, tapi hanya dia saja, karena saya dan suami sudah tercover. Produk asuransi apa dan dari perusahaan mana yang bisa saya pertimbangkan? Terima kasih.

    Reply
  192. ario

    salam kenal admin, minta solusi buat asuransi kesehatan n pendidikan yg baik, utk saya suami 31thn, istri 26thn(asuransi yg ada tanggungan utk lahir caesar), anak 1thn(minta info utk asuransi pendidikanny juga), trima kasih admin.

    Reply
  193. Rico

    bisa tolong diinfo asuransi kesehatan untuk saya (32thn) dan istri(28thn)
    Thank you

    Reply
  194. Yuan

    Mohon bantuannya untuk info asuransi jiwa dan kesehatan yg cocok utk suami 30th,istri 29th dan anak 4bulan yg bisa rawat jalan,inap dan imunisasi anak.asuransi jiwa utk suami saja. Terima kasih atas bantuannya.

    Reply
  195. Novita

    Dear Admin,

    Saya Novita (26th) pegawai swasta.
    Asuransi kesehatan yamg tepat untuk Saya apa ya Pak?

    Regards,
    Novita

    Reply
  196. yosep

    sore admin..
    saya laki usia 24,,
    dari kantor sudah ada asuransi kesehatan + BPJS… apa saya masih perlu mengambil asuransi lagi??

    saya cek website axa ada produk sulusi kesehatan dan solusi proteksi yang lebih baik saya ambil??
    disini asuransi dari kantor saya mengambil yg paling rendah..
    tq..

    Reply
    • admin

      Sudah puas belum dengan asuransi yang sekarang? Kalau belum ya ambil lagi. Jika sudah keluarga pastikan ambil asuransi jiwa dulu utk proteksi kepada keluarga.

      Reply
  197. setia

    siang admin, mohon pencerahan, sy 28th, istri 27th, anak 3orang 6,3,1 tahun
    mohon pencerahan untuk asuransi yg tepat murah namun mudah dan besar manfaatnya,,,,sy sudah ditawari dari prudential nama asuransinya prulink assurance account premi 600rb, mohon pertimbangannya,,,thanks,,,

    Reply
  198. joe

    admin yth, sy bingung mau pilih asuransi yg mana yg bagus: yg murni kesehatan(atau kshtn+jiwa). kira-kira bagusnya sy pilih asuransi apa dan nama produknya?
    detailnya: sy ingin dicover med.check up,rwt jln dan inap, kamar minimal kls 2, premi yg sy mampu 550 rb/bln.
    mohon informasinya. trm ksh byk…

    Reply
    • admin

      bagus mana, ya tergantung kebutuhan Anda. Kalau sudah punya keluarga, asuransi jiwa itu wajib.

      silahkan dibandingkan saja premi (askes + jiwa) vs asuransi kesehatan. Estimasi dikirim ke email Anda.

      Reply
  199. juliana

    halo siang

    minta tlg dibantu asuransi kesehatan yg cocok untuk Suami (30th), Istri (30th) dan Anak (3thn)?
    prefer yg bisa melahirkan rawat jalan dan inap.
    terimakasih

    Reply
  200. wahyu

    mohon informasi, apakah ada bedanya antara AXA General Insurance dengan AXA Financial Indonesia? Kalau dibuat perbandingan, manakah yang relatif lebih bagus dan direkomendasikan?

    Reply
    • admin

      Untuk tujuan asuransi kesehatan, AXA General lebih baik dari AXA Financial. AXA General memberikan asuransi kesehatan murni; AXA Financial asuransi kesehatan digabung dengan investasi (unit link).

      Reply
  201. Daniel

    Bagaimana dengan generali insurance?apakah lebih baik dari asuransi yg saudara paparkan?jika iya apa kelebihannya?jika tidak apa kekurangnnya?karena saya ditawarkan untuk masuk menjadi nasabah dan agent asuransi generali.tks infonya

    Reply
  202. Henry

    Mohon petunjuknya.
    Saat ini saya sedang mencari asuransi kesehatan utk keluarga dan jiwa untuk saya.
    saya umur 31thn, istri 29thn, anak baru lahir.
    Saya,istri dan anak sudah dicover oleh kantor saya tp ada limitnya.
    Perlukah asuransi tambahan? Dan perusahaan asuransi apa yang bagus produknya dan mudah claimnya?

    Reply
    • admin

      Henry,

      Anda perlu tahu dulu apakah manfaat yang dari kantor itu cukup atau tidak. Misalnya, Anda ingin rawat inap di kamar sendiri. Jika dirasa tidak cukup manfaatnya, baru cari tambahan asuransi kesehatan. Untuk penawaran, kami kirim via email.

      salam

      Reply
  203. Bimo

    Dear admin.

    Terimakasih infonya.

    Keluarga saya terdiri dari saya sendiri (ayah 43th), istri (38th), anak 1 (12th) dan anak 2 (8th).

    Mohon saran
    1. Mana yg harus di dahulukan apakah asuransi jiwa murni (utk saya sbg kepala keluarga)
    Atau asuransi kesehatan utk keluarga?

    2. Jika memang harus keduanya, mohon masukan utk asuransi kesehatan, kalau bisa yg 1 paket anggota keluarga. Premi perbulan sekitar 500-600 ribu.

    Terimakasih sekali lagi.
    Bimo

    Reply
    • admin

      Bimo,

      Ada produk asuransi yang menggabungkan asuransi jiwa murni dan asuransi kesehatan keluarga. Preminya cukup murah karena sifatnya asuransi keluarga. Saya kirim penawarannya via email.

      salam

      Reply
  204. Dea

    maaf numpang bertanya… saya baru memikirkan untuk membuat asuransi kesehatan perseorangan, dengan kira-kira biaya 200rbu-300rbu perbulan, untuk mengcover biaya rawat inap, pembedahan dan rawat jalan, apakah ada? dan bagaimana caranya.. terimakasih

    Reply
    • admin

      Dengan budget tersebut, pilihan Anda adalah BPJS Kesehatan. Asuransi kesehatan swasta dengan coverage yang Anda minta preminya sekitar 6 sd 10 juta setahun.

      Reply
  205. R

    Dear admin,

    Saya sedang mencari asuransi murni kesehatan yg bisa dipakai untuk rawat inap dan rawat jalan. Saya sudah lihat2 di website anda dan di AXA juga namun tidak ada yg meng-cover rawat jalan kecuali AXA International Exclusive, namun rasanya ini agak mahal karena dalam USD. Menurut admin bagaimana? apakah ada saran untuk hal ini? yg saya sudah lihat yaitu AXA Maestro Hospital Plan dan AXA Elite Care. Apakah ada di asuransi lain seperti Allianze atau lainnya? Terima kasih sebelumnya.

    Reply
    • admin

      Rhesa,

      Selain AXA, Manulife baru meluncurkan produk baru Asuransi Kesehatan Murni yang bisa Rawat Jalan dan Rawat Inap, dengan premi cukup terjangkau. Kami kirim penawarannya via email.

      salam

      Reply
  206. Agust

    Admin Yth
    Mohon saran, Saya berumur 32 tahun, Istri 30 tahun, dan Anak 2 tahun. Kami saat ini berencana untuk mencari asuransi kesehatan. Mohon pencerahaannya mengenai asuransi yang terbaik untuk keluarga saya. Bila memungkinkan juga dikirimkan perbandingan premi asuransi kesehatan dan asuransi kesehatan +jiwa.
    Terima kasih sebelumnya

    Reply
  207. ifa

    terima kasih atas informasi yang bagus tentang asuransi. boleh saya minta alamat email bapak supaya saya bisa berkonsultasi langsung dengan bapak melalui email. terima kasih

    Reply
  208. Panji

    Dear admin

    saya mohon saran untuk asuransi kesehatan murni.. Saya pria tidak merokok umur 27 tahun dengan istri saya umur 27 th tidak merokok. Premi yang bisa saya bayar pertahunnya maksimal 7.500.000 atau perbulannya 630.000..

    Reply
  209. deasi

    Yth Pak admin, mau minta sarannya. Saya sedang mencari asuransi kesehatan untuk anak saya yang berumur 6 tahun. kebetulan ketiga sodaranya dapat jaminan suransi dari kantor ayahnya, nah yg terakhir ini belum punya asuransi. Mau tanya, asuransi kesehatan yg bapak sebutkan itu jika untuk rawat jalan apa bisa? atau hanya untuk rawat inap saja? , mohon penjelasan dan masukkannya pak kira2 kalau asuransi apa yg untuk rawat jalan mudah prosesnya. terimakasih

    Reply
  210. dwi handayani

    selamat siang pak dwi handayani usia 35 thn, suami 39 thn saya butuh saran ingin mempunyai asuransi kesehatan murni untuk anak saya yg masih berusia 14 bulan. saya pns sudah punya bpjs untuk sekeluarga dan kantor suami saya juga mengcover 80% biaya kesehatan. namun saya merasa itu blm cukup krn fasilitas bpjs yg minim dan kantor suami yg swasta ada kemungkinan dia pindah kerja. kemudian mohon saran asuransi jiwa dan asuransi pendidikan yg baik apa pak.terima kasih

    Reply
  211. nelson

    Mohon infonya untuk asuransi kesehatan murni untuk keluarga (ayah saya 67th, ibu saya 60 th, saya 35 th, adik saya 34th, dan adik bungsu 25 th )..

    preferensi :
    -cashless
    -double claim
    -rekanan rumah sakit banyak di bandung
    -tanpa limit batasan jumlah hari rawat inap, diganti sesuai tagihan(tidak ada limit penggantian)
    -tanpa limit per perawatan
    -oya manulife ada rawat jalan ya?

    Thanks

    Reply
  212. dani

    Salam,
    Mohon pencerahannya. Saya berumur 24 tahun, ayah 50 th, ibu 52 th. Kiranya asuransi kesehatan apa yg terbaik untuk saya dan orangtua. Sebelum nya saya ucapkan terimakasih banyak

    Reply
    • admin

      Dani,

      Anda harus beli terpisah dengan orang tua karena usia Anda sudah diatas 17 tahun. Detilnya kami kirim via email.

      salam

      Reply
  213. siaoyang

    Salam admin…
    Mohon dibantu .saya umur 38th dan sudah lama berhenti rokok kira2 10 thn lalu…saya mau mencari asuransi murni dengan up 1M dan include cover penyakit kritis …kira2 berapa premi yang harus saya bayar pertahun dan produk asuransi mana yag lebih baik..terimaksaih

    Reply
  214. Elmi

    Mohon informasi asuransi jiwa dan kesehatan apa yang cocok untuk kami sekeluarga.
    (Ibu 77 tahun, Suami 44 tahun, saya 41 tahun, anak-1 10 tahun, anak-2 7 tahun), posisi kami di Batam.

    -cashless
    -double claim
    -rekanan rumah sakit banyak di bandung
    -tanpa limit batasan jumlah hari rawat inap, diganti sesuai tagihan(tidak ada limit penggantian)
    -tanpa limit per perawatan

    Terimakasih.

    salam

    Reply
    • admin

      Elmi,

      Coba cari asuransi kesehatan murni (tanpa jiwa, tanpa investasi). Itu lebih murah. Yang saya tahu Manulife menyediakan.

      salam

      Reply
  215. restu

    saya restu dari surabaya mencari asuransi yang mengcover biaya untuk melahirkan dan kesehatan selain BPJS apa ya? apakah asuransi itu bisa di hentikan setelah istri melahirkan?

    terimakasih

    Reply
  216. Hones

    saya ingin mempelajari asuransi kesehatan pak
    usia saya usia 31th,blom menikah,pekerjaan wiraswasta
    saya ingin waktu saya sakit dilayani dengan cepat,sistem cashless,bisa dilayani dibanyak jaringan RS,biaya sakit rawat jalan,rawat inap,perawatan gigi,obat,biaya konsultasi dokter,pembedahan serta penyakit kritis ditanggung
    saat ini saya telah ikut BPJS kelas 1.menurut saya masih kurang.
    tolong masukan perbandingan asuransi buat saya pak
    Trims

    Reply
  217. Dewi Susanti

    Salam, minta solusi buat asuransi kesehatan yang baik utk suami 28th, saya 23th, anak 3thn dan 2 th (dan info utk asuransi pendidikan anak2 juga ya pak), terimakasih pak sebelumnya,.

    Reply
  218. singgih

    Tks
    Saya mau ikut asuransi kesehatan axa mandiri
    mohon info masa tunggu mulai daftar sd klaim berapa lama waktunya
    Tks

    Salam
    singgih

    Reply
  219. Isra

    Dear Admin,
    Selamat malam Bapak, kebetulan saya sedang mencari asuransi kesehatan untuk keluarga dan kalau boleh minta rekomendasi, asuransi apa yang bagus untuk kami :

    saya, suami 42tahun
    Istri saya 39tahun
    anak pertama 12 tahun
    anak kedua 8 tahun

    saya mencari asuransi keluarga yang cashless, tanpa limit tahunan, tanpa pre-existing condition dan ganti sesuai tagihan, dan tentunya punya banyak rekanan RS, mohon sarannya. terimakasih.

    Reply
  220. ibu Taty

    Salam,

    kebetulan saya sedang mencari asuransi kesehatan untuk keluarga dan kalau boleh minta rekomendasi, asuransi apa yang bagus untuk kami :

    saya, istri 36 tahun
    Suami saya 36 tahun (perokok)
    anak pertama 8 tahun
    anak kedua 7 tahun
    anak ketiga 4 tahun

    saya mencari asuransi keluarga yang cashless (tdk reinbusment), bs dobel claim, tanpa limit tahunan, tanpa pre-existing condition dan ganti sesuai tagihan, dan tentunya punya banyak rekanan RS, ,biaya sakit rawat jalan,rawat inap,perawatan gigi,obat,biaya konsultasi dokter,pembedahan serta penyakit kritis ditanggung. Mohon ilustrasi Sarannya.

    terimakasih.

    Reply
  221. Dinny

    Dear Pak Admin,

    Bisa Minta tolong juga, saya masih bingung memilih asuransi untuk saya dan ibu saya.
    kira2 asuransi apa yang cocok untuk kesehatan yang mengcover semua.
    terimakasih

    Reply
  222. eka

    Artikel yang sangat membantu. Mohon bantuan saya ingin membuatkan asuransi untuk ibu
    (55 tahun ) dan bapak (57 tahun), sebaiknya asuransi kesehatan/ asuransi jiwa?
    dan untuk saya sendiri (26 tahun). Terima kasih.

    Reply
  223. sandri

    dear, admin
    saya mencari asuransi,
    saya, suami (32th)
    istri (31th)
    anak (4th)
    dan istri Sedang hamil anak ke-2
    penghasilan gabungan 15 jt per bulan
    untuk perencanaan asuransi keluarga, kesehatan, pendidikan dll, kira kira seperti apa?
    mohon ilustrasi dan petunjuk
    Terima kasih sebelumnya

    Reply
  224. evelyne

    Dear,
    Saya googling asuransi kesehatan terbaik dan nyasar kesini.
    Bahasannya cukup membantu saya.
    Untung saya belum OK in draft asuransi dari Manulife Unitlink kerjasama dengan bank danamon,
    Mohon bantuannya, rencana saya mau masukkan asuransi kesehatan untuk sekeluarga, suami 27th dan istri 27th serta anak saya umur 1th.
    Saya juga maunya murni yang asuransi kesehatan tok.
    gak mau unitlink, tapi program dr si bank Danamon ini gak ada yg selain unitlink.
    Kemarin hitungan untuk anak 1thn tok di premi 500rb perbulan.
    dapat hospital benefit plan D dari manulife. kamar 500rb.
    dan UP 375jt.
    nah liat tabel unitlink itu acak2an banget. investasi unitlink ga maksimal. nah asuransi kesehatannya jg gembel bgt.. 🙁

    Mohon saran donk pak. soalnya skrg jg agen asuransi jarang mau nawarin yg tradisional. pasti ujung2nya UL. Thanks ^^

    Reply
  225. agung

    Pak, saya tertarik menjadi agen asuransi. Kebetulan teman saya menawarkan untuk menjadi agen AXA Financial dan Manulife. Menurut bapak dari segi produk, komisi, manajemen dlsb lebih bagus mana? Apa kelebihan dan kekurangan masing2 perusahaan tsb? Mohon pencerahannya. Terima kasih

    Reply
  226. steven

    saya mencari asuransi kesehatan yang terbaik buat saya. umur saya 26 tahun
    terimakasih

    Reply
  227. catur arme sunarto

    saya berumur 47 thn . istri 46 thn, anak umur 24 dan 20 thn , saya akan membuat asuransi kesehatan untuk keluarga saya mohon referensinya asuransi yg terbaik dan alasan2nya . trims

    Reply
  228. Rhmi

    Dear pak rio,
    Sebelumnya terimakasih atas tulisan2 bapak yg sangat mencerahkan krna sebelumnya sy tidak tertarik asuransi namun berbeda setelah membaca blog ini.
    Sy berumur 24th, suami 28th, dan akan memiliki anak. Saya ingin memiliki asuransi kesehatan murni utk keluarga, walaupun asuransi dr kantor suami sudah bagus tp sy ingin berjaga2.
    Sy tertarik dengan as-kes syariah seperti Takaful dan Allisya care, mohon tanggapan bapak mengenai asuransi tersebut jika dibandingkan dengan as-kes konvensional seperti manulife, prudent, atau cigna, mengingat posting sebelumnya bapak bilang bahwa as-kes syariah lebih menguntungkan. Mohon ilustrasinya ya pak.
    Dan satu lg pertanyaan sy, mana yg lebih menguntungkan antara asuransi pendidikan dan invest emas utk tujuan pendidikan anak yg semakin naik tiap tahunnya.
    Terimakasi pak rio, ditunggu balasan emailnya.
    Sukses selalu.

    Reply
  229. eko

    saya berumur 31 thn . istri 31 thn, anak umur
    4 thn , saya akan membuat asuransi
    kesehatan untuk keluarga saya mohon
    referensinya asuransi yg terbaik dan
    alasan2nya. unt info ya pak, saya lebih sering rawat jalan. mohon bantuannya…terima kasih

    Reply
  230. antony

    sama dengan yg di atas saya, saya dan istri 31 tahun, anak msh 1 tahun, asuransi keluarga apa yg cocok untuk kami. saya ditawaarkan dari panin dai-ichilife, tp msh kurang mengerti, apakah ini baik apa tidak, bs minta pendapat bapak ? kalu perlu data panin dai-chi lifenya saya bs kirim juga, makasih

    Reply
  231. Pras

    Sy ingin bwt asuransi unit link utk anak yg asuransinya kerjasama dgn admedika. Sistem pembayaran cashless. Usia sy 41th, istri 32 th, anak 3 th. Dgn plan rawat inap 400rb/mlm. Masa pembayaran preminya 10 th, ridernya parent payor, up utk anak up minimum aja. Kemempuam premi sy 400rb/bln. Dgn presentasi antaa kesehatan dan investasi 50:50. Tlg dikirim ke email sy. Tq

    Reply
  232. Dyah

    Pak mau tanya..untuk mendaftar di asuransi itu harus yang bersangkutan atau boleh orang lain..maksud saya untuk mendaftarkan ayah saya atau suami saya?pak tolong dihitungkan juga premi untuk asuransi jiwa murni..ayah saya berumur 55 tahun,kadang2 merokok dan suami saya umur 31 tahun,merokok..terimakasih…

    Reply
  233. Ludi

    Dear Admin

    Saya sangat awam soal asuransi,menurut bapak asuransi apa ya yang bisa bagus dan bisa saya pilih untuk 1 keluarga bapak,Ibu dan adik saya.tetapi yang bisa jadi satu,maksudnya tidak perorangan.
    dan apabila dalam jangka waktu tertentu apakah dana asuransi yang kita bayar akan hangus atau bisa kita ambil lagi?

    Terimakasih

    Reply
  234. dandananto

    Yth Pak Rio,

    Mohon bantuannya diantara banyak pilihan asuransi, kiranya pak Rio bisa memberikan pencerahan produk mana yang terbaik, saya usia saat ini 40 th, istri 39 th dan anak 8 bulan. Saya memiliki BPJS dan istri juga, saya kira BPJS sangat terbatas, seperti pertanyaan Pak/Bu Raman ingin memiliki asuransi kesehatan murni (cashless) yang terbiak dan untuk anak juga ada proteksi untuk pendidikannya. Terimakasih

    Reply
  235. arwan

    Salam hangat,
    Pak saya mau minta saran untuk memilih produk asuransi kesehatan,saya (28th),istri (25),anak (2bln).
    Saat ini saya bekerja di perusahaan swasta dan menggunakan asuransi mega health dr kantor.

    Trimakasih

    Reply
  236. Wira

    Halo admin,

    Saya pria 27thn, belum menikah. Bisa minta saran untuk memilih asuransi kesehatan yg preminya tidak terlalu membebani keuangan ?
    Bisa minta pendapat juga mengenai asuransi kesehatan dari Lippoinsurance HealthPlus ?

    Terima Kasih

    Reply
  237. yudha

    Halo pak, saya ingin membeli asuransi kesehatan murni…

    Suami (39 thn), istri (41 thn), anak (6 thn)… Dengan biaya rawat inap kamar sekitar 750rb…

    Bisa tolong dinfokan asuransi kesehatan apa yang paling sesuai utk saya dan keluarga?

    Terima kasih…

    Reply
  238. sugeng

    saya mau nanya pak…. auransi apa yang terbaik untuk keluarga kecil saya.. saya tidak merokok. sya umur 32 thun. anak saya 1 umur 14 bulan. sya mau punya asuransi kesehatan untuk keluarga saya yang kira bkira satu polis untuk satu keluarga. dan yang bisa meng cover kesehatan kami sekeluarga. mohon pencerahan dan pilihan yang terbaik untuk kelurga kami. kalo bisa biaya per tahunnya yang paling murah, karena penghasilan tak menentu. annggap aja setoran minimum per tahun asuransi,, dan kalo bisa kalo ada penambahan anak bisa diikutkan juga di kedepannya.
    , makasih sebelumya

    Reply
  239. id Asuransi

    Info yang sangat bermanfaat pak rio, khususnya bagi yang mau memilih asuransi kesehatan yang cocok.

    Reply
  240. sukanto

    saya berusia 43 tahun, ingin memilih asuransi kesehatan untuk individu yang bagus dan terjangkau preminya apa ya?? mohon bantuanya. makasih…

    Reply
  241. Supriyadi

    saya mau nanya pak…. auransi apa yang terbaik untuk keluarga kecil saya..
    Sebelumnya saya ucapkan terima kasih atas pencerahan dari artikel yang Bpk. Ulas itu sangat membantu saya dalam menambah wawasan seputar asuransi.

    Pak, saya mau minta saran untuk pemilihan asuransi yang paling tepat untuk keluarga saya dengan deskripsi sbb: Usia saya 34 tahun tidak merokok, Usia Istri 28 tahun dan 1 anak usia 2,5 tahun. Jujur sampai saat ini masih bingung untuk menentukan asuransi yang tepat dan sesuai. Saya menginginkan satu polis yang bisa mengcover semua keluarga kecil saya.

    Atas perhatian dan bantuannya, kami ucapkan terima kasih.

    Hormat saya
    Supriyadi

    Reply
  242. Arthur Ponto

    Halo pak…
    Saya minta referensi Asuransi apa yg cocok untuk keluarga Saya.

    Saya karyawan kontrak, dapat BPJS kls 2 sekeluarga.
    Gaji saya 5 juta.

    Saya umur 30 thn tidak merokok,
    Istri saya 30 thn hamil 7 bulan,
    Anak saya 2 ( umur 8 dan 2 tahun).

    Asuransi yg Cashless dan double claim.
    Terima kasih sebelumnya.

    Reply
  243. Arief

    Halo, Pak
    Saya Abdi Negara berusia 26 tahun, punya rencana menikah dlm waktu dekat. Saya sangat berminat untuk mencari asuransi kesehatan murni mengingat BPJS dirasa sangat merepotkan ketika digunakan, tetapi hingga sekarang saya masih bingung untuk menentukan as-kes mana yg harus dipilih.
    Mohon masukan dari Bapak mengenai hal tersebut. Secara garis besar, saya menginginkan as-kes yg cashless, reputasi baik shingga ketika ke RS tidak dipersulit atau malah ditolak.

    regards,

    Reply
  244. Dhian

    Dear Admin,

    terima kasih atas pemarapan asuransi yang sangat detail sekali.
    saya ingin bertanya, asuransi mana yang bisa mengcover rawat jalan untuk keluarga saya. karena saat ini di perusahaan tempat saya bekerja plafon nya kecil sekali.
    terima kasih atas perhatian nya.

    Reply
    • admin

      Dhian,

      Ada asuransi keluarga yang menyediakan rawat jalan tetapi harus dibeli dengan asuransi rawat inap. Tidak bisa hanya rawat jalan saja. Jika berminat, silahkan kirim email ke [email protected] beserta data-data peserta asuransi kesehatan (nama, merokok/tdk, tgl lahir, jenis kelamin dan NO HP)

      salam

      Reply
  245. Hari Sulistyana

    Hallo Pak,
    Salam kenal, nama saya Hari Sulistyana. Saya sedang mencari assuransi kesehatan buat saya dan keluarga. Saya pegawai kontrak, ada international insurance dari kantor saya dan keluarga, tapi berhubung saya pegawai kontrak yg bisa dipecat sewaktu2 dg kondisi ekonomi global yg kurang baik saat ini, saya berepikir untuk memiliki assuransi di indonesia, dengan manfaat yg bagus, tapi premi yang terjangkau.

    Disamping itu, saya juga mencari assuransi jiwa, sehingga sewaktu2 saya meninggal atau kecelakaan dan tidak dapat bekerja, keluarga saya bisa melanjutkan hidup tanpa ada kesulitan, setidaknya ada dana untuk sekolah anak2 sampai selesai.

    Berhubung saya pegawai jontrak, company tidak menyediakan dana pensiun. Sehingga, saya juga mencari assuransi dana pensiun untuk hari tua saya dan istri.

    Saya ada asuransi pendidikan, tapi sangat standard buat anak pertama dan kedua. Kalau bapak ada advise untuk asuransi pendidikan yang bagus manfaatnya untuk ke3 anak saya, akan sangat bermanfaat juga buat saya.

    Sekali lagi, terimakasih atas bantuan dan penjelasannya.

    Salam
    Hari Sulistyana

    Reply
  246. Septian

    Selamat Malam

    Mohon infonya terkait kedua asuransi berikut.

    saya adalah salah satu karyawan di sebuah perusahaan berskala nasional
    di jawatimur, dengan total karyawan diseluruh indonesia hampir 9rb karyawan.

    dulu perusahaan saya menggunakan asuransi Allianz dengan level staf plafond rawat inap adalah 350rb. Officer 450rb dan Senior Officer 750rb.
    dengan jaringan rumah sakit yg sangat luas dan bisa cashless.
    kalo saya browsing dan baca di internet premi pertahun Allianz untuk plafond rawat inap 750rb adalah sekitar Rp11jt/tahun.

    Kemudian per bulan februari 2016, perusahaan kami menggunakan asuransi
    AIA, mohon info keuntungan menggunakan asuransi AIA dan mungkin bisa dijelaskan jika anda mempunyai rincian asuransi AIA.

    soalnya saya masih merasa kalau Asuransi Allianz manfaatnya lebih baik. *karena saya kesulitan mencari informasi tentang pengguna asuransi AIA sebelumnya.

    Reply
  247. dedy

    Salam erat ..,,,

    saya sedang mencari asuransi kesehatan murni untuk keluarga saya (saya, istri, dan 2 anak)
    pekerjaan saya sebagai Abdi-Negara yang sudah tercover ASKES. Hanya saja saya ingin melengkapi proteksi kesehatan keluarga.

    Suami (40 thn),
    Istri (39th),
    2 Anak ( 9thn dan 4 tahun)

    Mohon untuk arahan dan saran nya untuk perencanaan proteksi-kesehatan keluarga saya khususnya dalam bentuk Asuransi Murni

    Reply
  248. hendra eka martin

    saya mau nanya pak…. auransi apa yang terbaik untuk keluarga kecil saya..
    Sebelumnya saya ucapkan terima kasih atas pencerahan dari artikel yang Bpk. Ulas itu sangat membantu saya dalam menambah wawasan seputar asuransi.

    Pak, saya mau minta saran untuk pemilihan asuransi yang paling tepat untuk keluarga saya dengan deskripsi sbb: Usia saya 30 tahun tidak merokok, Usia Istri 28 tahun dan 2 anak (usia 1,6 tahun dan 2 bulan)., Jujur sampai saat ini masih bingung untuk menentukan asuransi yang tepat dan sesuai. Saya menginginkan satu polis yang bisa mengcover semua keluarga kecil saya dan cashless

    Atas perhatian dan bantuannya, kami ucapkan terima kasih.

    Hormat saya
    H.E. Martin

    Reply
  249. Wibowo

    Salam hangat,
    Usia saya 48 tahun dan saya berencana untuk membuat asuransi kesehatan karena perusahaan dimana saya kerja sekarang tidak mencover biaya kesehatan karyawannya selain BPJS. Cuma saya belum memutuskan perusahaan asuransi /jenis asuransi apa yang nantinya akan saya pilih. Inginnya sih bilamana saya sakit (terutama rawat inap), saya tidak membayar terlebih dahulu (sistem reimbursement) dan coverage kesehatannya luas. Premi yang nantinya akan saya anggarkan sekitar Rp. 500 rb/bulan.
    Mohon pencerahannya

    Reply
  250. Lusyana

    Selamat siang,

    Saya seorang istri berusia 32 tahun, tidak merokok dan memiliki suami berusia 32 tahun, perokok serta 1 orang putri berusia 3 tahun dan putra berusia 15 bulan. Saat ini, hanya suami saja yang memiliki asuransi jiwa. Sedangkan kami sudah memiliki BPJS. Saya ingin sekali memiliki asuransi kesehatan sendiri dengan premi yang tidak terlalu tinggi tapi proteksinya lumayan. Bisakah dibuat skemanya untuk kami sekeluarga? dan mohon sarannya kira2 asuransi mana yang paling baik. Terima kasih.

    Reply
  251. fitria

    Selamat sore pak, saya ingin bertanya.
    Saya seorang karyawan swata di perusahaan kecil dan belum menikah. Akan tetapi saya memiliki riwayat keluarga yang memiliki penyakit kanker. Tapi saat ini saya msh dalam keadaan sehat tanpa ada indikasi kanker (masalah yang saya khawatirkan dimasa depan, saya tetap menjaga pola makan dan hidup dengan sehat). Saat ini saya ingin mengambil asuransi yg dpt mengcover masa depan saya, misalkan saya sakit, melahirkan ataupun ada tindakan operasi. Akan tetapi saya hnya menganggarkan premi asuransi yg kurang lbh dari 100- 250 rb/bln. Apa asuransi yang tepat untuk saya pak? Terimakasih sebelumnya

    Reply
    • admin

      fitria, saran kami ikut bpjs kesehatan. karena dengan premi yg Anda sebutkan akan sulit mendapatkan dari asuransi kesehatan. salam

      Reply
  252. Juvan Andrian

    Salam Pak,
    Sebelumnya saya minta maaf, karena saya kurang paham mengenai Asuransi.
    Mohon response nya dari admin,

    Karena saya sedang ingin mengurus Asuransi di perusahaan, jadi perusahaan (PT) kami sedang ingin mencari tahu perbandingan Premi/bulan Polis Corporate, sehingga PT mendapatkan informasi yang baik dan jelas mengenai Asuransi apa yang baik untuk dipakai oleh Perusahaan.

    Tolong diberikan penjelasan kenapa harus memilih Asuransi tersebut?
    Premi/Bulannya?
    Benefit bagi Perusahaan?
    dan lain sebagainya..
    Terimakasih banyak Pak untuk waktu dan kesempatan ini.

    Reply
  253. muhammad iqbal

    Tolong simulasikan asuransi kesehatan murni allianz utk keluarga saya
    Suami 37
    Istri 36 dngn 3 anak

    Reply
  254. suharti

    pertanyaan sama dengan pak wibowo, saya, pns(39 th) , suami, pns (40 ) tahun, anak dua, asuransi apa yg paling cocok u mengcover biaya rumah sakit, ynag bisa double claim, premi perkiraan 500.000-600.000 per/bulan. mohon pencerahannya

    Reply
  255. Agung

    saya daftar asuransi kesehatan+investasi manulife, namun santunan meninggal hanya 50jt bukan 600jt, mohon tanggapannya

    Reply
    • admin

      Itu kemungkinan besar ada unsur investasinya (produk Unit Link), makanya santunan meninggal kecil jadi kecil. kalau ambil yang asuransi murni tanpa investasi, santunannya pasti besar.

      Reply
  256. Rico

    Terima kasih atas informasinya pak.

    Saya sedang mencari asuransi jiwa + kesehatan untuk saya (usia 23 tahun dan profesi wirausaha) dalam jangka panjang. Bisa tolong infokan mana asuransi yang cocok untuk saya ?

    Thanks

    Reply
  257. Reza

    Mohon info. Asuransi yg mengcover penyakit yg sudah diderita. Saya ada asma Dan asam urat. Budget 400 sd 600an saya terdaftar di BPjS apakah Bisa double claim? Soalnya BPjS bamyak yg tidak dicover
    Terima kasih

    Reply
  258. laksita

    Selamat sore pak, saya sedang bingung memilih asuransi, sy konsul dan mencoba mengumpulkan referensi2 utk asuransi terbaik, dan sepertinya sy tertarik dg Allianz, namun sy masih butuh masukan dari bapak apakah Allianz atau Manulife yg lbh bermanfaat, sy butuh asuransi yg skalian investasi pak
    terimakasih

    Reply
  259. Samodro

    Salam Kenal Pak,
    Usia saya & istri 33 tahun , anak 8 tahun. Saya berencana untuk membuat asuransi kesehatan untuk saya & keluarga dan asuransi jiwa hanya untuk saya. Sy inginnya yang caseless untuk rawat inap & klaimnya tidak ribet apabila reimburse. Saya berencana menggunakan asuransi ini untuk jangka panjang. Kira2 asuransi apa yang cocok untuk saya, dan besar premi nya kira2 berapa? Terimakasih banyak informasinya 🙂

    Reply
  260. Tia

    saya tertarik dengan asuransi Cigna Famili EaziCare tapi asuransi cigna setahu saya hanya dipasarkan melalui telemarketing sehingga informasi produk tidak dapat dijelaskan secara detil. bagaimana menurut bapak?

    Reply
    • admin

      Saya lebih memilih ketemu agent karena buat saya asuransi itu produk yang cukup rumit dan banyak hal perlu ditanyakan supaya semuanya jelas.

      Reply
  261. Budi

    Pak, kalo asuransi murni gini pakai kontrak?
    Misalkan beli asuransi murni A, dengan kontrak 20 tahun dengan pembayaran premi per tahun, atau hanya bisa pertahun untuk tahun berikutnya renew kontrak yg pertahun lagi

    Ada kemungkinan ga kontrak tahun berikutnya tidak bisa diperpanjang oleh perusahaan asuransinya? Faktor apa aja yang memungkinkan ga diperpanjang lagi? selain dari faktor administrasi (kalaupun termasuk faktor)

    Terima Kasih

    Reply
  262. agung prasetyo

    saya mau tanya pak kalo Asuransi untuk keluarga yang sekiranya bagus dan tidak ribet apa yak?

    misal satu kartu bisa sampai 5 anggota keluarga.

    masih awam di dunia perasuransian 🙂

    Reply
  263. Iman

    Mohon info untuk asuransi kesehatan mana yg harus sy pakai untuk mengcover saya(31th),istri(26th),& 2anak (2,5th&2bln) brp preminya? #manulife

    Reply
  264. iwan

    mohon pencerahan untuk yang lansia pak
    ibu saya sekarang sedang masa pemulihan dari sakit komplikasi (hypertensi,stroke,jantung dan harus terapi seminggu sekali ke rs)
    yang ingin saya tanyakan premi nya itu perbulan 2.243.140/bulan di asuransi AXA dan itu tidak bisa di ambil lagi dana nya.
    ada gak pak premi untuk lansia yang lebih murah dari itu dan bisa di ambil kembali dana nya?
    klo ada apa asuransinya pak ?
    ibu saya sekarang usia nya 69 tahun.

    Reply
    • admin

      kalau kondisinya sudah ada penyakit, maka asuransi tidak akan mengcover penyakit yang sudah ada tersebut. salam

      Reply
  265. ana

    mohon bantuannya.. saya berusia 22th tdk merokok berkerja sbg penjual online, masih sangat awam dengan asuransi tapi tertarik untuk buat asuransi.. kira2 asuransi mana yang cocok untuk saya? yang kurleb bulanan dibawah 500rb. Terima kasih banyak atas bantuannya.

    Reply
  266. Eka

    Salam kenal Pak…
    Terima kasih artikel nya sangat membantu saya yg sedang mencari askes murni untuk keluarga.
    Boleh saya minta referensi asuransi kesehatan murni terupdate yg cocok untuk keluarga saya, kebetulan saya dan suami tidak dapat asuransi dari kantor.
    Suami umur 32 thn tidak merokok,
    Istri umur 35 thn,
    Anak umur 2 thn.
    Asuransi yg Cashless dan double claim.
    Terima kasih sebelumnya.

    Reply
  267. The Agus Santoso

    Salam kenal Pak. Artikelnya informatif sekali. Saya sedang mencari asuransi kesehatan untuk keluarga saya. Saya barusan diprospek asuransi manulife tapi kok brnefitnya tidak sebagus yg diulas bapak pdhl preminya lebih tinggi. Boleh tau decara spesifik Bapak ambil asuransi manulife tipe apa? Spy sy compare dengan agent saya untuk emndapatkan penawaran terbaik. Dari balasan komentar di atas saya mendapatkan info Bapak mengambil manulife jg ya setelah membandkngkan dgn asuransi lain. Ditunggu ya pak balasannya. Terima kasih sekali.

    Best regards,

    Agus

    Reply
      • The Agus Santoso

        Terima kasih Pak untuk jawabannya. Saya ingin menanyakan lebih detil ya Pak mengenai pernyataan bapak: “Minta asuransi kesehatan murni. jangan yang ada investasinya.”.

        Boleh tau alasannya kenapa pak ? karena kata agent yg prospek ke saya: kalau asuransi kesehatan murni , duitnya hilang, kalau ada jiwanya, nanti tahun kesekian ada cashback yang bisa diabil.

        Boleh tau nama produk manulife detail yang dijadikan acuan artikel bapak di atas ? Di mana premi 9.854.000 / tahun untuk 3 orang bisa mendapatkan limit kamar 800rb/ hari

        Kebetulan saya ada 2 nama produk Manulife yg ditawarkan ke saya:
        1. asuransi jiwa dengan rider kesehatan (Manulife Lifestyle Protector elite 10, dengan rider manulife medicare plus – e04 – cashless facility) -> ini asuransi jiwa dicombine dengan kesehatan (limit kamar 300rb/hari). Untuk masa pembayaran premi 10 tahun, setahun untuk berempat (saya , 30 tahun, istri 29 tahun, dua2nya tidak merokok, anak umur 3 tahun dan 3 bulan) setahun 13.140.000. Jauh sekali fasilitasnya dengan artikel bapak yg premi lebih murah tapi bisa mendapatkan kamar 800rb per hari (kalau pun anak tidak ikut, hanya 2 orang saja , tetap saja per tahun 10,7jt dengan limit kamar 300rb/ hari)

        2. asuransi kesehatan murni (Manulife MiUltimate Health Care), masa pembayaran premi sampai dengan usia 79 tahun, untuk saya 3.532.100 / tahun, untuk istri 3.800.300/ tahun, anak 3 tahun smp usia 25 tahun 3.480.400/ tahun, anak 3 bulan smp usia 25 tahun 4.602.600 (jadi berempat total bisa 15,4jt setahun ) padahal limit kamar cm 300rb/ hari.

        Apa yang salah ya dengan penawaran yg diberikan ke saya kok jauh lbh mahal dibandingkan dengan ilustrasi bapak ? Takutnya saya memilih produk yg kurang tepat pak. Mohon referensinya apa nama produk Manulife yang dipilih keluarga bapak? Supaya bisa dijadikan referensi untuk keluarga saya. Karena saya percaya yang Bapak pilih pasti sudah yang terbaik dari yg ditawarkan asuransi2 yg ada.

        Mohon maaf agak panjang. Ditunggu ya balasannya.

        Terima kasih banyak Pak.

        Best regards,

        Agus

  268. mr.bobby

    salam kenal bpk
    sy usia 38 peroko dan istri saya 29 th anak baru 7 bulan tinggal di kalimantan selatan mohon info assuransi cashless yang rekomended untuk cover keluarga dengan premi murah dan manfaat besar .. terima kasih

    Reply
  269. Michael Rose

    Dear Admin,
    Artikel yang sangat bermanfaat. saat ini saya sedang mempertimbangkan beberapa asuransi kesehatan untuk keluarga, dan sangat beruntung saya menemukan artikel anda.
    saat ini saya berusia 28 tahun Belum menikah, saudara saya cuma satu usia 20 Tahun, Ayah 52 tahun dan Ibu 51 Tahun.
    Mohon sarannya untuk asuransi Kesehatan Murni yang tepat untuk kami sekeluarga.
    terima kasih

    Reply
  270. Angle

    Pagi pak, bulan kmrn suamj di tawarin axa mandiri by phone lalu suami menyetujui utk ikut sekeliarga dvn premi 2.3jt sebulan. Mrk menjanjikan akan mengirim polis yg hrs d baca dan d tanda tangani oleh suami. Tp kenyataannya sampai awal pendebetan asuransi d rekening dgn auto debet d mandiri polis tdk jg dtg. Akhirnya suami telp utk segera menghentikan asuransi axa mandiri tersebut. Krn menimbulkan kecurigaan yg tdk bagus dr awalnya. Di mana polis akan d kirim namun tdk di kirim2 sampai pendebetan di rekening. Mnrt bpk bgmn dlm hal ini, wajarkah?.. dN sebaiknya kami memilih asuransi apa utk kel kami yg mmg pdhal kami tergiur dgn premi yg akan balik lg ke kami selama 5 thn. Terima kasih

    Reply
  271. Sofian Salim

    Terima kasih atas artikel yang sangat bermanfaat, dan saya sangat membutuhkan asuransi kesehatan untuk keluarga saya. Saya berusia 30 tahun, menikah dan memiliki seorang anak berusia 3 tahun, rencana saya juga ingin menyertakan orang tua saya (ibu) yang berumur 54 tahun. Mohon asuransi apa yang cocok untuk saya? Dan apakah ada asuransi kesehatan yang dapat mengcover biaya persalinan?

    Reply
  272. melon

    Met pagi pak. Dari ulasan diatas saya tertarik Axa dan Cigna untuk ibu saya usia 60 tahun. Karena beliau pernah rawat inap , sehari ada 3 dokter spesialis @ 500rb. jadi per hari 1.5 jt untuk biaya dokter spesialis belum termasuk biaya kamar. Kalau lihat daftar diatas biaya yang dicover Alianz dan Manulife masih belum cukup. Bagaimana menurut bapak ?
    Terimakasih sebelumnya

    Reply
  273. lina

    selamat siang mohon saya dikirimkan jawaban spt bpk addy ke email saya, juga pertanyaan saya mengenai asuransi, adakah asuransi yang mencover rawat jalan juga tanpa rawat inap? asuransi apa? terima kasih pak

    Reply
  274. Ira

    Pak, Terima kasih atas artikelnya. Sangat bermanfaat.
    Saya mencari asuransi kesehatan murni yang cashless untuk suami saya berumur 42thn dan tidak merokok.
    Mohon infonya via email.

    Terima kasih sebelumnya.

    Reply
  275. agus winarso

    Selamat pagi pak,saya menjadi mengerti tentang asuransi yang harus saya pilih,namun saya ingin tanyakan kalo untuk Manulife apakah ada fasilitas untuk rawat inap sekaligus rawat jalan.Karena anak anak saya kadang perlu berobat ke dokter untuk penyakit yang ringan.
    Mohan pencerahan nya.
    sebagai tambahan sy usia =39th, istri= 37th,anak1 =15th,anak2=14th,anak3=9th,anak4=7th

    Reply
      • Intan

        Selamat malam Pak, terimakasih atas sharing informasinya.
        Mohon infonya juga untuk yang rawat inap+rawat jalan. Untuk suami dan istri usia 28 th
        Terimakasih.

  276. muhamad ilham

    selamat malam pak, saya ilham, mau sedikit konsultasi, asuransi kesehatan yg baik utk kami, saya 35 thn, istri 34, anak 4 tahun dan 1 tahun, mohin masukannya pak, asuransi kesehatan yang cocok buat saya, melihat ulasan bpk saya tertarik ke manulife, mohon masukaannya, terima kasih

    soalan kedua, saya punya ibu mertua usia 66 thn, apakah dgn polis sendiri atau digabung?

    mohon jawaban via email ya pak

    terima kasih banyak

    Reply
  277. AFin

    Selamat sore pak,
    saya PNS umur 49 th, berminat ikut asuransi kesehatan pelengkap Askes.
    Saya ingin asuransi kesehatan yang dapat memberikan kemudahan pelayanan kesehatan baik rawat jalan maupun rawat inap, mungkin dapat diberikan referensinya.
    Terima kasih, jawabannya melalui email

    Reply
  278. subagya

    Dear admin

    saya berumur 25 tahun dan sedang ingin memiliki asuransi , boleh di email kan admin asuransi yang cocok untuk saya, saya juga ingin bertanya beberapa hal soal asuransi nanti di email.

    Reply
  279. rahadyan

    salam kenal pak, kalau murni asuransi kesehatan berarti premi yang kita bayarkan tidak kembali lagi ke kita apabila tidak ada kejadian yang mengharuskan kita masuk rumah sakit selama kontrak polis? lagi bingung pilih mau yang ke murni atau unit link dengan investasi, dua’nya sama” penting.

    Reply
    • admin

      Betul, preminya hangus kalau murni. Tapi, di unit link, premi yang dikembalikkan itu sebenarnya uang Anda juga – bukan uang perusahaan asuransi. Saran saya fokus ke manfaatnya, jangan ke pengembalian premi. salam

      Reply
  280. Guntur

    Selamat Siang Pak,

    apakah ada asuransi kesehatan yang mengcover seluruh biaya pengobatan? termasuk Rawat jalan (misal : Batuk pilek) ?

    terima kasih.

    Reply
  281. AAA

    Sore Pak,
    Saya ingin mencari asuransi kesehatan untuk diri sendiri (pr,usia 30thn), adik (lk, usia 27thn, ayah (usia 63 thn, berhenti merokok 15thn lalu), Ibu (usia 60thn).

    Saya ingin tanya jika untuk asuransi manulife ultimate, kira2 berapa premi dan plafond yang kita dapatkan?

    Mohon penjelasanannya

    Reply
  282. devy agustina

    Pagi pak,
    Saya ingin tahu apakah orang yang sudah pernah operasi bisa mengikuti asuransi kesehatan. Apakah ada batas waktu berapa lama setelah operasi baru bisa ikut asuransi kesehatan.
    Mohon penjelasannya,
    Terima kasih

    Reply
      • erly

        Sore Pak, mohon infonya…saya sudah bukan karyawan lagi sekarang membantu usaha suami, kami butuh asuransi yang bisa cover dengan baik dan tidak ribet saat rawat inap n rawat jalan, kira2 asuransi apa yang cocok ? apa yang bisa dipakai untuk program momongan, seperti USG ,TIUP RAHIM/ terima kasih

  283. Astuti

    Nama saya astuti, ingin membeli asuransi kesehatan untuk saya (36th) dan ibu saya (69th) yang sistem cashless. Kira-kira pakai asuransi apa, berapa premi per tahun berapa dan plafonnya. Terima kasih

    Reply
  284. velli, md.

    hi pak, mau tanya tentang asuransi syariah? kira-kira kreteria apa yang harus diketahui saat ingin menjadi peserta asuransi syariah?

    Reply
  285. ronaldo caniggia

    benar benar sangat komplit reviewnya,sudah sangat profesional dalam bidang asuransi

    Reply
  286. SiRetu

    Reviewnya mantap… langsung dari pakarnya. Aapakah perusahaan-perusahaan asuransi yang ada ini ada spesialisasi khusu pak? Misalnya kalo untuk kesehatan pake perusahaan asuransi a, kalo pendidikan asuransi b, dst gt pak?

    Reply
  287. Fadly

    Selamat siang paa.,
    Saya saat ini ingin menggunakan asuransi untuk saya dan calon anak saya (Kebetulan istri sudah menggunakan asuransi sejak lama). Untuk memilih yg terbaik untuk kami kira2 yg mana pa ? karena jika dilihat dari website asuransi, mereka memiliki banyak produk yang penjelasannya tidak jauh berbeda. Pilihan asuransi yg akan digunakan seperti premi yg terjangkau, bisa digunakan di RS mana saja dll.
    Bisa beri penjelasan paa dan masukan sebelum saya menentukan asuransi mana yg baik untuk kami.

    Terima kasih

    Reply
  288. Arief

    dear Admin

    Saya termasuk orang awam dalam hal asuransi, tapi saya ingin mempunyai asuransi kesehatan
    Mohon bantuannya untuk memilih asuransi kesehatan yang cocok untuk saya sekeluarga
    Data pribadi dan keterangan tambahan lain bisa saya kirim lewat email

    Terima kasih

    Reply
  289. PT. Bkev

    Selamat siang pak,

    Kami ingin tanya, apakah ada asuransi yang memiliki premi yang flat per thn nya? Budget kami 100rb/thn.
    Polis ini akan kami berikan kepada para member yang bergabung di perusahaan kami.
    Kalau memang ada kira2 dari perusahaan asuransi apa?

    Thanks before.

    Reply
    • admin

      BPJS mungkin ya. Belum pernah dengar asuransi swasta yang menyediakan produk premi 100rb/tahun. Berapa jumlah pegawainya?

      Reply
  290. arief

    mau tanya pak..
    kira2 asuransi yang cocok untuk saya dan keluarga
    Saya usia 31 tahun + istri + dan anak 3o tahun
    yang bisa rawat jalan juga

    kalau berkenan bisa bapak rekomendasikan asuransi apa yang cocok untuk orang tua saya sebagai pelengkap BPJS
    usia 65 dan 60 tahun

    Reply
  291. Hanana Sabilin

    Pak, saya mau bertanya. Untuk perhitungan reimbursement di pelayanan kesehatan itu menggunakan metode CEA atau CBA pak ? dan untuk contoh perhitungan sama rumusnya seperti apa pak ? Terima Kasih pak.

    Reply
  292. Eriko

    Saya mau tanya pak, untuk saya Asuransi Kesehatan dan Asuransi Investasi yang recomended kira2 apa ya pak?

    Reply
  293. Sinta

    Pak, saya mau bertanya. kalo misalnya kita masuk rumah sakit trus masuk kamar rawat inap biasa, nah beberapa jam kemudian kita masuk ICU. kira-kira yang dijamin sama perusahaan asuransi yang mana ya Pak?
    Biaya kamar rawat inap biasa atau kamar ICU?

    Reply
      • Sinta

        Terimakasih Pak Jawabannya.
        tapi saya ingin tanya lagi, kalo yang saya beli itu jenis asuransinya yang berupa santunan harian apakah juga dibayar dua-duanya pak untuk santunan ICU dan santunan harian rawat inap dikamar biasa?
        Terimakasih.

  294. Sofiana

    Saya (56 th) dan suami (59 th), kami berdua PNS (belum pensiun) yang dijamin BPJS (dulu ASKES). Kami ingin menambah asuransi kesehatan swasta yang dapat menjamin lebih baik bila sakit. Mohon saran asuransi kesehatan (murni) apa yang cocok buat kami. Bila memungkinkan kami juga ingin menambahkan asuransi kesehatan untuk 2 (dua) anak kami (perempuan 19 th dan laki-laki 18 th). Kami pernah mengambil asuransi AXA selama lebih dari 10 th, namun kemudian tidak ada tagihan lagi dan kami terlupa untuk membayarkan preminya sehingga menjadi terputus. Mohon sarannya terkait masalah ini. Terima kasih sebelumnya

    Reply
  295. herdiyanto

    Halo pak, mohon bantuan info nya apabila saya ingin ikut peserta asuransi tetap khusus untuk 1 orang anak saja apakah memungkinkan? dimana penanggung nya tetap orang tuanya

    Terima kasih sebelumnya

    Reply
    • admin

      Sangat bisa. Ada asuransi kesehatan yang bisa untuk anak dimana penanggungnya adalah orang tua. bahkan jika ortu kena musibah, pembayaran premi akan dilanjutkan oleh perusahaan asuransi. detilnya kami kirim via email. salam

      Reply
  296. fenty bintoro

    Siang pak

    Saya PNS (32 thn) dan suami pegawai swasta (27 thn). saat ini untuk perlindungan kesehatan kami hanya memiliki BPJS. Kami ingin mencari askes swasta untuk menambah perlindungan kesehatan kami.
    mohon sarannya pak, asuransi kesehatan murni yang cocok untuk kami.
    Satu lagi pak, kami memiliki putri berusia 4 bulan dan kami terlanjur mengambil salah satu asuransi unit link untuk perlindungan kesehatannya. bagaimana menurut bapak? apakah worth it untuk diteruskan ataukah lebih baik diganti dengan asuransi kesehatan murni untuk satu keluarga?

    Mohon sarannya pak, terima kasih.

    Reply
  297. heri

    Saya (39 th) dan istri (38 th), kami berdua pegawai negeri yang dijamin BPJS kesehatan. Kami ingin menambah asuransi kesehatan lain, mohon saran asuransi kesehatan (murni) apa yang cocok buat kami dengan mempertimbangkan [remi asuransi yang tidak terlalu besar (dibawah 1 juta setiap bulannya). mohon infonya. terimakasih

    Reply
  298. Pujo

    Mohon infonya jika saya (39th), istri (36th) dan anak (3th) hendak ikut asuransi kesehatan murni kira-kira apa yg cocok dan berapakah besaran preminya?

    Bagaimana cara mendapatkan simulasi Manulife MiUltimate Healthcare seperti yg Bapak posting di atas?

    Terima kasih.

    Reply
  299. pandi utama

    Saya sedang mencari asuransi kesehatan murni untuk keluarga saya. saya (32th), istri (32th) dan satu putra (2th). dapatkah anda memberi sugest untuk best choice asuransi kesehatan dimana fokus layanan yang ingin saya dapat adalah : kemudahan proses, nilai pertanggungan dan jumlah jaringan rs yang melayani.

    terima kasih banyak atas bantuannya. saya melihat blog ini sangat bermanfaat dan bisa digunakan sebagai dasar untuk memilih asuransi yang memang menjadi kebutuhan konsumen (terutama pemula).

    Reply
  300. Aryo

    Terima kasih info dan ulasannya pak….
    Saya ingin mendapatkan simulasi as-kes murni, khususnya untuk manulife. Saya pria usia 44 thn, istri 42 thn dan 2 org anak, putra 16 thn dan putri 14 thn.
    Tolong dikirim via email ya pak, sebelumnya saya ucapkan terima kasih atas perkenan dan bantuannya.

    Reply
  301. Andri

    Pak, saya & istri mau daftar asuransi kesehatan dan kami sedang mencari asuransi yang terbaik & bs cover semua biaya perawatan, konsultasi, rawat inap bahkan operasi di rumah sakit singapore dengan biaya premi yang masih reasonable. Boleh advise saya produk asuransi apa saja yang ada di pasaran saat ini? Makasih, pak! 🙂

    Reply
  302. Sinta

    Selamat Pagi Pak,
    Saya ingin bertanya, apakah kita bisa mengasuransikan keluarga kita/orang yang tinggal di luar negeri Pak?
    Misalnya di Singapura atau di Malaysia,
    Terimakasih

    Reply
    • admin

      Bisa saja. Tetapi, ketika nanti asuransi meminta dilakukan medical check up, klien harus datang ke Indonesia untuk melakukannya.

      Reply
  303. Wira

    Pak, tolong advise asuransi yang memiliki benefit kesehatan & penyakit kritis terbaik untuk perorangan, usia 38thn

    Asuransi murni, lebih memprioritaskan manfaat penyakit kritis dengan jumlah yang besar.
    Max biaya premi yg bisa di effort 12jt/thn

    Terima kasih

    Reply
  304. ni deni

    salam pak,,pak sy mau mnta solusi,,rencana saya ingin mengansuransikan kedua orang tua sy umur ayah 59 ibu 58 thun?kira2 asuransi yg bagus apa ya pak?

    Reply
  305. muklis nasution

    Saya mau tanya berapa besar pengembalian kita selama 10 tahun membayar premi bila tidak ada klaim salama 10thn trsbt

    Reply
  306. ni deni

    Pak, sayamau daftar asuransi kesehatan dan kami sedang mencari asuransi yang terbaik dan bs cover semua biaya perawatan, konsultasi, rawat inap bahkan operasi di rumah sakit luar negeri dengan biaya premi yang masih reasonable. Boleh minta solusinya kira2 asuransi pilihan yg baik yg mna? trims, pak

    Reply
  307. Herliska

    Terima kasih atas ulasannya.

    Saya berniat untuk membeli asuransi kesehatan murni untuk 1 keluarga dengan 2 opsi, yaitu:

    1. Saya 27th, suami 31th dan Anak laki-laki 2th
    2. Opsi 1 plus Ibu saya 56th dan Ayah saya 57th

    Bisakah saya dikirimi ilustrasi untuk 4 jenis asuransi yang diulas di atas?

    Terima kasih sebelumnya.

    Reply
  308. sabri

    Bapak Admin yth,

    Saya sedang mencari asuransi kesehatan untuk saya (39 thn) istri (38 tahun), anak perempuan (7 tahun) dan anak laki-laki (5 tahun). Mohon informasinya ya pak. Saya sudah membaca informasi diatas tetapi saya ragu dengan status update data-data tersebut untuk saat ini bulan April 2017.

    Terima kasih sebelumnya.

    Reply
  309. Leo

    Terimkasih atas artikel yang sangat bermanfaat.
    Saya berniat ikut asuransi kesehatan yaitu
    5 orang (saya 35th, istri 34 th, anak 8th, anak 5th, anak 3th)
    Bisakah saya dikirimkan ilustrasi untuk 4 jenis asuransi yang Bapak jelaskan di atas.
    Saya tidak merokok.
    Atas bantuannya Saya ucapkan terimakasih.

    Reply
  310. Hadi

    Dear Pak Admin

    Artikel yang menarik dan bermanfaat.
    Mohon saran untuk produk asuransi kesehatan untuk keluarga (familiy plan), suami istri plus 2 anak remaja.

    Terimakasih.

    Reply
  311. ACG

    Ulasan yang sangat membantu …

    Saya sedang berminat untuk ambil Asuransi Kesehatan,
    tertarik ama 3 provider ( Manulife,Allianz,AXA)
    rencana akan ambil family plan ( saya 32 +istri 32 + anak 1 th )
    saya tertarik untuk ambil premi antara 10-15 jt/ thn

    bisa dibantu dibuatkan ilustrasi untuk ke 3 asuransi diatas

    Terima kasih sebelumnya.

    Reply
  312. Hadi

    Artikel yg bermanfaat.

    Saya berminat mengambil asuransi kesehatan murni untuk satu keluarga (Family Plan) untuk saya 49, istri 48,dan 2 anak 19&16. Yang saya butuhkan adalah:
    – cashless
    – tanpa inner limit
    – cover rawat inap dan rawat jalan termasuk dokter gigi

    Mohon saran ilutrasi produk yang sesuai. Apabila membutuhkan info lain, silahkan email saya. Terimakasih

    Reply
  313. Annas

    Halo selamat pagi pak. Saya butuh informasinya untuk asuransi kesehatan murni yang akan saya pilih. Saya masih bingung memilih antara Manulife atau BNI Life. Dengan kondisi sebagai berikut :

    Saya ingin asuransi kesehatan keluarga yang terdiri saya (27 tahun), istri (27 tahun) dan anak (4 tahun)
    dengan manfaat yang ingin diperoleh yaitu rawat inap, rawat jalan, perawatan gigi (opsional) dan melahirkan (opsional)

    Mohon sarannya ya pak. Terima kasih.

    Reply
  314. Siti Wati

    Pak Admin yang baik,

    Mohon sarannya untuk asuransi kesehatan bayi baru lahir dengan pre-existing (dagu kecil, cleft palate), kira-kira yang tidak perlu menunggu terlalu lama itu yang mana, karena dokter menyarankan untuk segera operasi di usia tiga bulan.

    Mohon sarannya ya Pak. Terima kasih.

    Reply
    • admin

      Pre-eksisting tidak akan diterima oleh asuransi kesehatan. Itu yang saya tahu dan amati. Asuransi Kesehatan itu konsepnya probabilitas. Jadi, jika sejak awal calon peserta sudah punya penyakit, asuransi kesehatan pasti tidak mau cover. Kecuali, Anda ikut asuransi kesehatan group, misalnya dalam perusahaan atau tempat Anda bekerja.

      Reply
  315. milan

    pak minta info untuk kesehatan dong yang paling bagus apa sih sekarang? yang dimana bisa lingkup rumah sakit enak sekamar dan bisa cover semua pengeluaran. kalau bisa juga untuk di singapore. apa ada asuransi yang gak tipu2 nanti pas uda mo claim eh susahnya minta ampun..
    saya 33 thn, istri 28thn.. bisa dikirim beda2 opsinya juga pak. Terima kasih banyak pak.

    Reply
  316. Nina

    saya sedang ditawari asuransi AIA infinite link apakah produk ini bagus? tapi dengan pertanggungan suami saya.
    apakah perlu digabung dengan suami saya atau lebih baik suami saya membeli asuransi murni dan reksadana?
    saat ini suami dan keluarga dicover asuransi oleh kantornya.
    thank you

    Reply
  317. yudi saputro

    apakah ada perbedaan antara asuransi dengan BPJS?
    saya masih bingung diantara keduanya mana yang harus dipilih.

    Reply
  318. nelson

    saya nelson umur 27 tahun dari provinsi riau ingin daftar ansuransi cigna dan tidak punya kartu kredit gmana cara nya yah pak?apakah ada ref atau contact person untuk mendaftar ansuransi cigna?thanks

    Reply
  319. Sudarto

    Memilih perusahaan asuransi tidak mudah. Apalagi sangat banyak programnya. Kadangkala justru membuat bingung orang. Petunjuk di atas sangat praktis dan mudah dipahami. Misalnya, jenis layanan perawatan inap atau rawat jalan atau mengikuti keduanya?

    Dalam petunjuknya pada artikel di atas, fokuskan dulu pada rawat inap. Karena ini yang biasanya perlu biaya besar. Apalagi penyakit berat seperti kanker, stroke, dsb. Terima kasih.

    Reply
  320. evi ivana

    halo saya ibu evi, saya sedang mencari asuransi kesehatan murni untuk keluarga saya, suami 42 tahun dan anak (4 thn) . saya tertarik dengan asuransi kesehatan murni dari manulife dan asuransi kesehatan sinar mas msig. bisa kasih saya info untuk 2 asuransi tersebut. kelebihan dan kekurangannya apa dari ke 2 asuransi tersebut.

    Reply
  321. zainal arifin

    Hallo perkenalkan nama saya zainal, saya berminat mengambil asuransi kesehatan murni untuk satu keluarga (Family Plan) untuk saya 31, istri 27,dan 1 anak 6 bulan. Yang saya butuhkan adalah:
    – cashless
    – tanpa inner limit
    – cover rawat inap, rawat jalan, melahirkan, dan termasuk dokter gigi

    Terimakasih

    Reply
  322. Nofrizal

    Saya mau di bantu dong untuk pemilihan asuransi yg pas, umur saya 33 tahun dan istri 27 tahun serta anak 2 tahun, saya ingin asuransi yang cashless bisa untuk rawat jalan dan inap dan premi tidak hangus, adakah asuransi yang pas buat saya? kalau ada asuransi jiwanya itu nilai plus buat pertimbangan saya.

    Reply
  323. paket outbound

    kalo sudah lama sudah tidak aktif, trus mau aktif lagi bisa gak ya… daftar baru apa nerusin lagi

    Reply
  324. Adi

    Mohon bertanya pak, apakah semua asuransi yang bapak sampaikan diatas bisa double klaim dengan BPJS? terima kasih

    Reply
  325. Rita

    selamat siang pak, mohon informasi pilihan asuransin yang baik untuk keluarga istri usia 51 th,suami usia 52 th dan anak usia 17 th. budget premi per th antara 10-12 juta.
    Terimakasih.

    Reply
  326. Tyo

    asuransi zaman now yang cashless dan murni asuransi kesehatan apa saja ya ?
    dulu pernah pakai sinarmas tetapi sepertinya sekarang sudah sistem reimburse bukan caslesh lagi.
    terima kasih

    Reply
  327. suardika

    pak saya sedang bingung mencari asuransi kesehatan untuk keluarga saya, dengan data saya ( suami ) 29th istri 27 tahun dan anak berumur 1 tahun, sy tertarik dengan manulife ultimate tp apakah mahal premi pertahunnya pak bila ambil plan kamar yang cover 2jt rawat inapnya, terimakasih

    Reply
  328. Ulan

    Selamat pagi pak. Sy umur 27th, mau merencanakan kehamilan. Sy mau tanya, apakah asuransi jg menanggung untuk program hamil? Dan biaya rawat jalan spt USG, HSG, dll, serta obat2annya jg ditanggung? Mohon penjelasannya ya pak. Terimakasih.

    Reply
  329. ferdi

    Terima kasih, tulisan Bapak sangat membantu sekali. Saya dan istri sudah punya BPJS, apakh CIGNA yang paling cocok untuk kami sebagai back up BPJS?

    Reply
  330. angeline lim

    maaf masih awam saya ada yang mau tanya. apakah semua asuransi itu tidak mau menerima penyakit diabetes? atau kalau ada asuransi yang mau menerima diabetes. tolong di kasih tau y… terima kasih.

    Reply
    • admin

      Kalau pre-existing penyakit, setahu saya, tidak ada asuransi yang menerima. Konsep asuransi itu sharing-risk, kalau sudah ada penyakit berarti asuransi menanggung semua resiko. Berbeda dengan BPJS Kesehatan yang tidak ada ‘Pengecualian’.

      Reply
  331. asmurcom

    Dear Admin,

    berkenan untuk membagikan nama produk asuransi AXA yang disebutkan di atas dan data tersebut diperoleh pada tahun berapa?
    Saya agen asuransi AXA ingin konfirmasi lebih rinci terkait produk yang dibahas tersebut.

    Terima kasih

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published.