Silakan masukkan kata kunci pada kolom pencarian

myBCA dan BCA Mobile Apakah Sama, Mana Lebih Cocok

Daftar Isi

myBCA dan BCA Mobile Apakah Sama, Mana Lebih Cocok

BCA Mobile dan myBCA adalah dua aplikasi mobile banking di Bank BCA. Tidak jarang kita bingung perbedaan kedua aplikasi ini.

Untuk itu, kami mencoba BCA Mobile dan myBCA, lalu menuliskan pengalaman menggunakan aplikasi mobile banking ini. Simak hasil pengalaman kami.

Perbedaan myBCA dan BCA Mobile

Meskipun sama - sama aplikasi besutan BCA untuk mobile banking, namun myBCA dan BCA Mobile memiliki perbedaan fitur dan fungsi.

myBCA adalah upgrade dari BCA Mobile, sehingga fitur di myBCA lebih banyak.

  1. myBCA memiliki fitur untuk nasabah melihat semua rekening BCA yang dimiliki di BCA dalam satu aplikasi, sementara di BCA Mobile kita hanya bisa melihat 1 rekening tabungan.
  2. myBCA menyediakan fasilitas untuk nasabah melakukan investasi, seperti obligasi, SBN, reksadana, sementara BCA Mobile tidak menyediakan fungsi ini.

Apa itu BCA Mobile

Apa itu BCA Mobile

BCA Mobile adalah layanan perbankan saat bepergian dengan aplikasi seluler BCA dan bisa melakukan transaksi non tunai menggunakan BCA mobile banking (m-BCA) kapanpun dan dimanapun.

Mobile banking BCA (m-BCA atau BCA Mobile) telah menjadi kanal pilihan paling populer dan memiliki posisi dominan di segmen individu dengan 41,7 juta transaksi per hari.

Pembukaan rekening melalui aplikasi BCA Mobile mencapai 4,15 juta pada tahun 2022. Jumlah tersebut terus bertumbuh dari tahun-tahun sebelumnya

Kelebihan BCA Mobile

Dari pengalaman menggunakan, kelebihan aplikasi ini adalah:

1. Transaksi m-BCA Tanpa Ganti SIM Card.

Dapat digunakan untuk melakukan transaksi mobile banking (m-BCA) melalui semua operator GSM yaitu Telkomsel, XL Axiata, Indosat, Axis, dan Three tanpa perlu melakukan ganti SIM Card.

2. Transaksi semakin hemat.

Menggunakan jalur internet GPRS/EDGE/3G/WIFI

3. Fitur Simpan Daftar Pembayaran.

Pada m-Payment terdapat fitur simpan dalam daftar pembayaran, sehingga untuk transaksi pembayaran berikutnya nasabah tinggal pilih nomor pelanggan dan tidak perlu menginput nomor pelanggan yang akan dibayar.

4. Fasilitas Daftar Transfer

Cukup sekali untuk mendaftarkan nomor rekening tujuan (baik untuk transfer antar rekening BCA maupun transfer ke bank lain pada menu Daftar Transfer), sehingga untuk transaksi berikutnya tinggal pilih dari daftar Transfer.

5. Lifestyle BCA Mobile

Fitur untuk akses tiket pesawat, tiket kereta, hotel, dan game voucher secara mudah

6. Mengelola Kartu Kredit BCA

BCA Mobile menyediakan fitur khusus untuk mengelola kartu kredit, yaitu:

  • Aktivasi Kartu Kredit - proses aktivasi kartu dapat kamu lakukan via BCA mobile. Kamu hanya perlu membuka m-Admin lalu klik menu Aktivasi Kartu.
  • Aktivasi PIN Kartu Kredit - Ini adalah fitur untuk mengaktifkan atau merubah PIN Kartu Kredit via BCA mobile.
  • Fitur e-statement
  • Kenaikkan Limit Kartu Kredit - proses pengajuan permohonan kenaikan limit Kartu Kredit pun kini bisa kamu lakukan melalui BCA mobile.
  • Reward Kartu Kredit BCA - Fitur ini akan memudahkan Anda mengecek jumlah poin reward yang sudah dikumpulkan hingga saat ini.
  • Blokir Kartu Kredit BCA - Anda bisa menggunakan fitur melakukan blokir Kartu Kredit langsung dari aplikasi BCA mobile.
  • Kontrol Kartu Kredit - Fitur ini bisa kamu gunakan untuk mengaktifkan atau menonaktifkan transaksi domestik atau transaksi internasional untuk masing-masing kartu.

7. Tarik dan Setor Tunai di ATM Tanpa Kartu

Tarik/Setor Tunai Tanpa Kartu (Cardless) merupakan fitur di BCA mobile yang memungkinkan pengguna untuk menarik/menyetor uang tunai tanpa kartu ATM.

8. Buka Tabungan Online

Pembukaan Rekening Online merupakan fitur di BCA Mobile yang memudahkan nasabah untuk membuka rekening kapan pun dan dimana pun.

9. Pembayaran QR Code

BCA Mobile menyediakan opsi pembayaran dengan QR Code. Cukup kilk tombol QR di Bca mobile, lalu scan pembayaran.

10. Bagi Bagi

BagiBagi merupakan fitur di BCA mobile untuk bagi-bagi uang kepada keluarga/kerabat/teman yang memiliki aplikasi Sakuku, di momen hari raya ataupun sebagai tanda apresiasi. Jumlah uang yang dibagikan bisa sama (fixed) atau berbeda-beda (random).

Kekurangan BCA Mobile

Namun, kami juga mengalami sejumlah kekurangan di BCA Mobile, yaitu:

1. Ganti HP, Wajib Verifikasi Foto Sering Gagal

Kalau HP kita ganti, proses instalasi BCA Mobile di HP yang baru, tidak mudah.

Kita wajib melakukan upload KTP dan mengambil foto selfie. Proses pengecekan foto banyak gagalnya.

Saya mengalami sendiri mengganti HP di BCA Mobile, gagal terus ketika verifikasi ulang foto selfie dengan KTP.

Tampaknya karena BCA melakukan pengecekan antara fofo di KTP dan foto selfie, sehingga verifikasi gagal.

Foto di KTP yang berlaku seumur hidup sudah mulai buram sehingga sulit didapatkan hasil yang baik ketika dilakukan checking dengan foto selfie.

2. Harus ke Kantor Cabang Jika Verifikasi Foto Gagal

Karena verifikasi gagal, BCA meminta kita untuk datang ke kantor cabang untuk melakukan verifikasi ulang.

Nah, ini prosesnya membutuhkan waktu karena antrian di kantor cabang BCA yang panjang dan lama.

3. Tidak untuk Investasi

BCA Mobile tidak menyediakan fasilitas untuk investasi, seperti transaksi jual beli Reksadana, Obligasi, SBN, dan ORI.

4. Tidak Bisa Melihat Semua Rekening

Pengguna hanya bisa melihat satu rekening di BCA Mobile. Jadi, kalau punya beberapa rekening di BCA, kita tidak bisa melihatnya di BCA Mobile.

Apa itu myBCA

MyBCA adalah digital platform banking terbaru dari Bank Central Asia (BCA). Aplikasi ini memungkinkan nasabah untuk dapat mengakses lebih dari satu rekening hanya melalui satu BCA ID.

Tentunya aplikasi ini berbeda dengan m-BCA dan klik BCA, yang hanya bisa melakukan akses untuk satu rekening saja. Sudah banyak kemajuan dan fitur baru yang dimiliki oleh MyBCA.

Aplikasi ini bisa menjadi solusi tepat bagi nasabah yang memiliki dua rekening aktif. Transaksi dari rekening BCA apapun bisa dilakukan hanya melalui satu aplikasi MyBCA dengan satu user id.

Untuk dapat melakukan registrasi MyBCA, nasabah harus mendaftarkan nomor telepon aktif terlebih dahulu melalui layanan e-banking. Pendaftaran nomor telepon bisa dilakukan melalui ATM BCA terdekat.

Bagi nasabah yang sudah memiliki akun m-BCA, tidak perlu melakukan registrasi nomor telepon lagi. Data m-BCA bisa langsung ditransfer ke MyBCA, sehingga registrasi jadi lebih mudah.

Kelebihan MyBCA

Aplikasi MyBCA memiliki fitur-fitur update dengan tampilan terbaru yang lebih update. Nasabah tidak hanya dapat melakukan transaksi, tapi juga bisa mengakses berbagai informasi seputar finansial.

Berikut ini adalah beberapa fitur yang ada di aplikasi MyBCA:

1. E-Deposito

Fitur ini memungkinkan nasabah untuk membuka akun rekening deposito dengan mudah melalui smartphone. Tidak perlu repot lagi mendatangi kantor cabang, semua prosesnya dilakukan secara online.

2. E-Statement

Pengguna juga dapat mengunduh e-Statement dari rekening yang dapat diakses oleh BCA. E-Statement adalah informasi rekening bulanan yang akan langsung dikirim melalui email, sehingga informasi seputar rekening dapat dirangkum dengan mudah dan jelas.

3. Berbagai Transaksi

Untuk fitur transaksi tentunya MyBCA sudah memiliki fitur yang lengkap seperti pembayaran virtual account BCA, transfer ke Sakuku, top up, pembayaran tagihan listrik, beli pulsa, transfer ke bank lain, dan masih banyak lagi.

Tidak hanya itu, nasabah juga bisa membuka rekening e-Deposito dengan mudah hanya melalui aplikasi MyBCA. Tidak perlu repot lagi mengantri di bank untuk membuka rekening baru.

4. Fitur Akun Saya

Nasabah bisa mengakses berbagai informasi seputar rekening seperti saldo rekening, riwayat transaksi, mutasi rekening, dan transaksi terjadwal. Tidak hanya itu, informasi kurs terupdate juga dapat terus dipantau melalui aplikasi ini.

Aplikasi mobile banking terbaru dari BCA ini tentunya memberikan lebih banyak kemudahan bagi para penggunanya. Tampilannya pun semakin kekinian sehingga nasabah semakin senang bertransaksi menggunakan MyBCA.

5. Mengelola lebih dari satu rekening

Salah satu kelebihan yang paling dirasakan oleh para pengguna MyBCA, yaitu dapat mengelola lebih dari satu rekening. Tidak seperti aplikasi pendahulunya yang hanya bisa mengelola satu rekening saja.

6. Membuka rekening deposito baru

Membuka rekening deposito baru kini tidak perlu lagi repot mendatangi kantor cabang dan mengantri. Pengguna dapat membuka rekening baru hanya melalui aplikasi MyBCA, semua prosesnya dilakukan secara online.

7. Cetak mutasi

Jika dahulu cetak mutasi harus dilakukan dengan berkonsultasi terlebih dahulu kepada customer service, kini nasabah bisa melakukannya sendiri. MyBCA memiliki fitur cetak mutasi bahkan hingga beberapa tahun ke belakang.

Kekurangan MyBCA

Aplikasi MyBCA sudah memiliki banyak fitur baru yang lebih update dengan tampilan kekinian. Namun masih banyak pengguna yang mengeluhkan aplikasi error, hal ini bisa dilihat sebagai kekurangan dari aplikasi.

Banyak pengguna yang mengeluhkan tidak bisa login, kendala terbesarnya yaitu saat hendak melakukan verifikasi. Hal tersebut membuat para pengguna tidak bisa mengakses aplikasi sama sekali.

Selain itu, tidak adanya koneksi ke kartu kredit juga menjadi keluhan yang kerap dijumpai. Akan lebih mudah bagi para pengguna MyBCA jika terdapat koneksi langsung dari aplikasi dengan kartu kredit.

Meskipun tampilan UI sudah diperbaharui, beberapa pengguna mengeluhkan bahwa UI kurang simple dan tidak interaktif. Hal ini disampaikan pengguna aplikasi melalui kolom komentar App Store.

Tabel Perbandingan myBCA dan BCA Mobile

FiturmyBCABCA Mobile
BankBCABCA
Melihat Semua Rekening BCAYaTidak
InvestasiTidakYa
ErrorSeringJarang
UpgradeYaTidak

a. Bank

myBCA dan BCA Mobile adalah aplikasi mobile banking resmi dari Bank BCA. Legal dan terdaftar diawasi OJk.

b. Mengelola Semua Rekening

myBCA bisa mengelola semua rekening di BCA dalam satu aplikasi, sementara BCA Mobile tidak bisa. BCA Mobile hanya bisa untuk satu rekening.

c. Investasi

myBCA menyediakan fasilitas untuk investasi, seperti transaksi jual beli Reksadana, Obligasi, SBN, dan ORI, sementara BCA Mobile tidak punya fasilitas ini.

d. Error Aplikasi

Dari pengalaman menggunakan, aplikasi myBCA lebih banyak error dibandingkan aplikasi BCA Mobile.

Tags

Bagikan Melalui

Daftar Isi

Berlangganan Duwitmu

Komentar (0 Komentar)

Tulis Komentar - Balasan untuk Tito Shadam

Email Anda tidak akan di publish

Batalkan Membalas

Captcha Wajib Diisi

Artikel Terkait