Silakan masukkan kata kunci pada kolom pencarian

Aplikasi MyBCA Mobile Banking Review

Daftar Isi

Aplikasi MyBCA Mobile Banking Review

Bank Central Asia (BCA) merupakan bank terbesar di Indonesia yang telah meluncurkan aplikasi mobile banking terbarunya pada tahun 2021. Aplikasi ini dinamakan MyBCA, menjadi pembaharu dari pendahulunya yaitu BCA mobile.

Desain UI/UX aplikasi MyBCA dibuat kekinian dan mudah dioperasikan. Tidak seperti tampilan BCA Mobile yang cenderung jadul, karena memang aplikasi tersebut sudah diluncurkan sejak tahun 2012.

Kini para nasabah BCA tidak perlu lagi menggunakan aplikasi jadul tersebut, karena MyBCA sudah merubah tampilannya 100%. Aplikasi ini dapat diunduh melalui Google Play Store dan App Store.

Apa Itu Aplikasi MyBCA?

Apa Itu Aplikasi MyBCA?

MyBCA adalah digital platform banking terbaru dari Bank Central Asia (BCA). Aplikasi ini memungkinkan nasabah untuk dapat mengakses lebih dari satu rekening hanya melalui satu BCA ID.

Tentunya aplikasi ini berbeda dengan m-BCA dan klik BCA, yang hanya bisa melakukan akses untuk satu rekening saja. Sudah banyak kemajuan dan fitur baru yang dimiliki oleh MyBCA.

Aplikasi ini bisa menjadi solusi tepat bagi nasabah yang memiliki dua rekening aktif. Transaksi dari rekening BCA apapun bisa dilakukan hanya melalui satu aplikasi MyBCA dengan satu user id.

Untuk dapat melakukan registrasi MyBCA, nasabah harus mendaftarkan nomor telepon aktif terlebih dahulu melalui layanan e-banking. Pendaftaran nomor telepon bisa dilakukan melalui ATM BCA terdekat.

Bagi nasabah yang sudah memiliki akun m-BCA, tidak perlu melakukan registrasi nomor telepon lagi. Data m-BCA bisa langsung ditransfer ke MyBCA, sehingga registrasi jadi lebih mudah.

Cara Daftar Aplikasi MyBCA

Langkah pertama yang harus dilakukan untuk daftar aplikasi MyBCA, yaitu membuat BCA Id yang nantinya dapat digunakan untuk akses semua fitur BCA. Berikut langkah-langkahnya:

  1. Unduh aplikasi MyBCA
  2. Klik “Buat ID BCA Sekarang”
  3. Isi form BCA ID, email, password, dan konfirmasi ulang password
  4. Masukkan nomor kartu yang terdiri dari 16 angka
  5. Setujui pengiriman konfirmasi melalui SMS, pastikan pulsa Anda mencukupi
  6. Masukkan PIN mBCA
  7. Cek email dan klik “Aktivasi”
  8. Akun MyBCA sudah aktif.

A. Cara Login MyBCA

Jika pengguna baru pertama kali melakukan registrasi dan aktivasi, Anda harus melakukan login dan membuat PIN transaksi MyBCA. Simak langkah-langkahnya berikut ini:

  1. Masukkan BCA ID dan password yang sebelumnya sudah dibuat
  2. Akan muncul personalisasi BCA ID, klik “lanjut”
  3. Buat PIN transaksi MyBCA sebanyak dua kali
  4. Akan muncul konfirmasi pembuatan PIN berhasil
  5. Lalu akan muncul informasi untuk import daftar transfer dari mBCA, klik “lanjut”
  6. Registrasi selesai, pengguna bisa langsung mengakses semua fitur MyBCA

B. Cara Aktivasi Transaksi MyBCA Tanpa ke Kantor

Untuk para pengguna baru MyBCA yang ingin melakukan transaksi, langkah pertama yang harus dilakukan yaitu aktivasi transaksi. Caranya sangat mudah, tidak perlu datang ke kantor cabang karena cukup dilakukan melalui aplikasi saja.

Adapun cara aktivasi transaksi MyBCA adalah sebagai berikut:

  1. Login aplikasi myBCA.
  2. Klik Transfer.
  3. Muncul informasi “Fitur transaksi finansial belum aktif. Aktivasi sekarang?”, klik Ya.
  4. Masukan nomor kartu ATM sebanyak 16 digit angka, lalu tap Lanjut.
  5. Kode aktivasi akan dikirim melalui SMS setelah Anda klik Kirim di aplikasi SMS yang sudah diarahkan.
  6. Kembali ke myBCA.
  7. Masukan pin m-BCA.
  8. Akan muncul pemberitahuan berhasil
  9. Kini Anda bisa melakukan transaksi myBCA untuk semua rekening BCA yang terhubung.

Fitur-Fitur Aplikasi MyBCA

Aplikasi MyBCA memiliki fitur-fitur update dengan tampilan terbaru yang lebih update. Nasabah tidak hanya dapat melakukan transaksi, tapi juga bisa mengakses berbagai informasi seputar finansial.

Berikut ini adalah beberapa fitur yang ada di aplikasi MyBCA:

1. E-Deposito

Fitur ini memungkinkan nasabah untuk membuka akun rekening deposito dengan mudah melalui smartphone. Tidak perlu repot lagi mendatangi kantor cabang, semua prosesnya dilakukan secara online.

E-Deposito myBCA Aplikasi Mobile Banking

2. E-Statement

Pengguna juga dapat mengunduh e-Statement dari rekening yang dapat diakses oleh BCA. E-Statement adalah informasi rekening bulanan yang akan langsung dikirim melalui email, sehingga informasi seputar rekening dapat dirangkum dengan mudah dan jelas.

e-statement myBCA Aplikasi Mobile Banking

3. Berbagai Transaksi

Untuk fitur transaksi tentunya MyBCA sudah memiliki fitur yang lengkap seperti pembayaran virtual account BCA, transfer ke Sakuku, top up, pembayaran tagihan listrik, beli pulsa, transfer ke bank lain, dan masih banyak lagi.

Tidak hanya itu, nasabah juga bisa membuka rekening e-Deposito dengan mudah hanya melalui aplikasi MyBCA. Tidak perlu repot lagi mengantri di bank untuk membuka rekening baru.

4. Fitur Akun Saya

Nasabah bisa mengakses berbagai informasi seputar rekening seperti saldo rekening, riwayat transaksi, mutasi rekening, dan transaksi terjadwal. Tidak hanya itu, informasi kurs terupdate juga dapat terus dipantau melalui aplikasi ini.

Fitur Akun Saya di myBCA Aplikasi Mobile Banking

Kelebihan Aplikasi MyBCA

Aplikasi mobile banking terbaru dari BCA ini tentunya memberikan lebih banyak kemudahan bagi para penggunanya. Tampilannya pun semakin kekinian sehingga nasabah semakin senang bertransaksi menggunakan MyBCA.

Berikut ini adalah beberapa kelebihan dari aplikasi MyBCA:

1. Mengelola lebih dari satu rekening

Salah satu kelebihan yang paling dirasakan oleh para pengguna MyBCA, yaitu dapat mengelola lebih dari satu rekening. Tidak seperti aplikasi pendahulunya yang hanya bisa mengelola satu rekening saja.

2. Membuka rekening deposito baru

Membuka rekening deposito baru kini tidak perlu lagi repot mendatangi kantor cabang dan mengantri. Pengguna dapat membuka rekening baru hanya melalui aplikasi MyBCA, semua prosesnya dilakukan secara online.

3. Cetak mutasi

Jika dahulu cetak mutasi harus dilakukan dengan berkonsultasi terlebih dahulu kepada customer service, kini nasabah bisa melakukannya sendiri. MyBCA memiliki fitur cetak mutasi bahkan hingga beberapa tahun ke belakang.

Kekurangan Aplikasi MyBCA

Aplikasi MyBCA sudah memiliki banyak fitur baru yang lebih update dengan tampilan kekinian. Namun masih banyak pengguna yang mengeluhkan aplikasi error, hal ini bisa dilihat sebagai kekurangan dari aplikasi.

Banyak pengguna yang mengeluhkan tidak bisa login, kendala terbesarnya yaitu saat hendak melakukan verifikasi. Hal tersebut membuat para pengguna tidak bisa mengakses aplikasi sama sekali.

Selain itu, tidak adanya koneksi ke kartu kredit juga menjadi keluhan yang kerap dijumpai. Akan lebih mudah bagi para pengguna MyBCA jika terdapat koneksi langsung dari aplikasi dengan kartu kredit.

Meskipun tampilan UI sudah diperbaharui, beberapa pengguna mengeluhkan bahwa UI kurang simple dan tidak interaktif. Hal ini disampaikan pengguna aplikasi melalui kolom komentar App Store.

Biaya myBCA

Berikut adalah informasi mengenai biaya transaksi melalui aplikasi myBCA:

Layanan TransferBesaran Biaya Transfer ke Bank Lain
BI-FASTRp2.500
LLGRp2.900
RTGSRp25.000
OnlineRp6.500

Limit Transaksi myBCA

MyBCA memiliki limit transaksi transfer harian yaitu sebesar Rp.300.000.000. Pengguna tidak bisa melakukan transfer lebih dari jumlah tersebut, jika ingin transfer lebih maka bisa dilakukan keesokan harinya.

Limit tersebut merupakan gabungan dari semua jenis transaksi, kecuali transaksi ke Sakuku dan transfer Virtual Account BCA.

A. Transfer antar rekening BCA

Jenis TransaksiLimit Transaksi
 MinimalMaksimal
Rupiah ke RupiahRp10.000Rp300.000.000
Rupiah ke ValasRp10.000Rp300.000.000
Valas ke RupiahRp10.000Ekuivalen Rp300.000.000
Valas ke ValasRp10.000Ekuivalen Rp300.000.000

B. Transfer ke rekening bank lain

Jenis TransaksiLimit Transaksi
 MinimalMaksimal
BI-FASTRp 10.000Rp 250.000.000
LLGRp10.000Rp300.000.000
RTGSRp100.000.001 
OnlineRp10.000Rp50.000.000
Transfer ke SakukuMengikuti ketentuan Sakuku yang berlaku 
Transfer ke BCA Virtual AccountMengikuti ketentuan Virtual Account yang berlaku 

Bagikan Melalui

Daftar Isi

Berlangganan Duwitmu

Komentar (0 Komentar)

Tulis Komentar - Balasan untuk Tito Shadam

Email Anda tidak akan di publish

Batalkan Membalas

Captcha Wajib Diisi

Artikel Terkait