Pinjaman Online, Investasi, Keuangan, Asuransi | Duwitmu

Bagaimana Tips Memilih Aplikasi Trading Saham Terbaik

Dipublish oleh R Quiserto November 26, 2021

Daftar Isi

memilih aplikasi trading saham terbaik

Penting memilih aplikasi trading saham terbaik ketika kita investasi di instrumen pasar modal ini. Bagaimana cara memilih aplikasi saham yang cocok untuk kita ?

Bagaimana memilih aplikasi terbaik ? Ini kriteria yang saya gunakan.

1. Buka Akun Mudah Online

Yang paling utama buat saya adalah proses pembukaan akun mudah dan cepat. Sekarang sudah banyak broker dengan proses pembukaan secara online, tanpa perlu tatap muka, tidak perlu datang ke cabang.

Dulu bahkan saat saya buka akun pertama kali, karena butuh tanda tangan basah, broker datang ke kantor saya. Tapi sekarang dengan kemajuan teknologi, Anda cukup melakukan semuanya secara online

2. No Minimum Deposit

Betul, sudah ada broker yang tidak meminta deposit alias Nol rupiah saat nasabah membuka rekening. Nanti saat ingin melakukan transaksi, baru Anda menyetorkan uang sebesar transaksi yang ingin dilakukan.

Tanpa minimum deposit, investor ritel bisa terbantu sekali karena hanya perlu menempatkan uang sebesar jual beli saham yang akan dilakukan.

3. Data dan Chart

Kunci sukses saham adalah informasi yang memadai supaya bisa mengambil keputusan yang akurat dan menguntungkan. Salah satu sumber informasi utama adalah dari aplikasi trading saham.

Aplikasi yang bagus menyediakan data laporan keuangan historis selama beberapa tahun ke belakang disertai rasio – rasio keuangan penting untuk menilai kinerja saham. 

Selain itu, chart – chart untuk teknikal saham juga tersedia lengkap untuk berbagai strategi keluar masuk jual beli saham.

Tidak hanya data yang tersedia lengkap tetapi aplikasi juga bisa menampilkan data dan informasi secara enak dibaca dan mudah diakses.

4. CS Help Desk Mudah Dihubungi

Pengalaman saya, penting sekali pilih broker saham yang punya sistem CS yang handal. Tidak hanya mudah di kontak, tetapi juga paham permasalahan dan bisa memberikan solusi.

Dalam banyak kejadian, investor sering harus menanyakan ke layanan Customer Service atau Help Desk Sekuritas. Bahkan, tidak jarang kebutuhannya adalah urgent yang butuh jawaban segera.

Di aplikasi yang kurang bagus, CS sulit dihubungi dan jika bisa dihubungi tidak bisa memberikan jawaban yang memuaskan, alih – alih menawarkan solusi.

Beberapa aplikasi saham yang bagus menyediakan sarana chat online. Ini bisa membantu, terutama buat mereka yang sering trading online. Bisa dengan mudah langsung menghubungi pihak CS secara online.

5. Integrasi Reksadana

Saham adalah salah satu instrumen keuangan dan sebaiknya investor melakukan diversifikasi investasi ke instrumen lain untuk mengelola resiko.

Jadi tidak semua uangnya ditaruh di saham karena resiko saham yang cukup tinggi.

Aplikasi trading saham yang bagus terhubung dengan instrumen lain, misalnya dengan Reksadana.

Aplikasi trading saham yang terintegrasi dengan Reksa Dana membuat proses perpindahan dana menjadi seamless, mudah dan cepat.

Ketika uang tidak digunakan untuk transaksi, Anda bisa memindahkan ke Reksadana Pasar Uang, supaya dana tidak menganggur dan memperoleh bunga lebih tinggi daripada di tabungan.

Sebaliknya, ketika butuh uangnya untuk beli saham, Anda bisa dengan cepat memindahkan uang dari Reksadana Pasar Uang.

6. Trading Auto

Aplikasi trading saham yang baik menawarkan fitur – fitur baru untuk mempermudah transaksi, khususnya buat nasabah yang sibuk dan tidak bisa memantau pasar setiap saat.

Salah satunya, misalnya, fitur Multi Event, yaitu bisa memasang 3 kondisi sekaligus : 

  • Stop Loss: Parameter yang digunakan untuk membatasi harga tertentu untuk mengurangi kerugian pada saat harga saham mengalami penurunan. 
  • Profit Taking (simple): Target harga teratas yang dicapai (sesuai dengan target price yang diinginkan). 
  • Profit Taking (trailing Stop): Target harga tengah setelah mengalami reversal from top, maka Action akan dijalankan.

Pada skenario diatas, misalnya, Anda telah menentukan ketiga kondisi yang ada, yaitu batas bawah (Stop Loss) di harga Rp 2.900, target harga atas di harga Rp4.000 dan target harga tengah Rp3.600 dan jika reversal atau turun Rp75, maka Action akan dijalankan. 

Dalam Multi Event ini parameter mana yang terlebih dahulu tercapai maka itu yang akan dijalankan (tidak perlu sampai semua kondisi yang anda tentukan terpenuhi). 

Contoh jika harga telah mencapai Rp2.900 terlebih dahulu lalu naik sampai Rp3.600 maka parameter pertama yang akan dijalankan dan 2 parameter yang lainnya akan otomatis tidak aktif. 

Dengan adanya fitur multievent ini, Anda bisa memastikan trading dengan disiplin, tidak terbawa emosi, serta menjaga resiko dari kemungkinan fluktuasi harga yang terlalu tinggi.

7. Aplikasi Handal (Tidak Sering Maintenance)

Satu hal yang sering membuat saya frustasi adalah saat sistem aplikasi tidak bisa diakses, sering maintenance dan angka – angka di aplikasi ngaco.

Pada saat kita butuh, eh aplikasinya tidak bisa diakses. Bikin garuk-garuk kepala.

Tapi, masalahnya untuk tahu bagaimana sistem aplikasi sahamnya handal atau tidak, hanya bisa Anda tahu setelah menggunakan. Memang dari komentar – komentar di forum saham, kita bisa tahu, tetapi seringkali tidak selalu reliable karena sangat subjektif.

8. Permodalan Solid

Muncul masalah di broker saham karena modalnya merosot yang akhirnya membuat bisa ditutup atau terganggu operasinya yang merugikan nasabah.

Bagaimana mengetahui broker punya modal yang cukup ?

BEI punya indikator yaitu MKBD – Modal Kerja Bersih Disesuaikan, dengan minimum MKBD Rp 25 M.

Kita bisa cek nilai MKBD setiap broker di situs BEI, semakin besar nilai MKBD akan semakin solid broker tersebut secara keuangan.

Aplikasi Trading Saham

Aplikasi saham menjadi jantung utama saat melakukan investasi di pasar saham. Keberadaanya penting sekali.

Dari pengalaman terjun di dunia saham, aplikasi trading yang buruk membuat banyak masalah, yang sangat mengganggu proses berinvestasi. Mulai dari sistem yang sering gangguan, lalu layanan CS yang sulit dihubungi sampai dengan keterbatasan tools analisa.

Pastikan bahwa investor bisa memilih aplikasi saham terbaik. Jangan ragu untuk pindah broker sekuritas untuk mencari aplikasi yang paling sesuai dengan kebutuhan.

Bagikan Melalui

Artikel Terkait

Hidup dan Pensiun dari Dividend Saham

Tips Cara Hidup dan Pensiun Dengan Dividen Saham

Oktober 27, 2021 0 Komentar

Hidup dan pensiun dari dividen saham adalah investasi yang sangat bisa dilakukan oleh siapa saja.... Baca Lagi

Investasi Saham Singapura China

Pengalaman Investasi Saham di Bursa Singapura, ...

Oktober 20, 2021 0 Komentar

Kemajuan teknologi saat ini membuat kita di Indonesia bisa melakukan jual beli saham di bursa Sin... Baca Lagi

Beli Saham Tesla

Jual Beli Saham Tesla, Microsoft, Coca Cola di ...

Oktober 15, 2021 0 Komentar

Saham Tesla, Microsoft dan Coca Cola bisa dibeli oleh kita yang tinggal di Indonesia. Bagaimana p... Baca Lagi

Cara Passive Income dari Saham

Bagaimana Tips Mendapatkan Passive Income dari ...

Oktober 13, 2021 0 Komentar

Bagaimana cara menghasilkan passive income dari investasi saham ? Ini langkah – langkahnya.... Baca Lagi

Rasio Keuangan Saham

Review 15 Rasio Keuangan Penting dalam Investas...

September 17, 2021 0 Komentar

Rasio keuangan adalah indikator yang penting diketahui dalam investasi saham. Berikut ini adalah ... Baca Lagi

Cara Beli Saham Netflix

Bagaimana Proses Beli Saham Netflix, Starbucks,...

Juni 18, 2021 0 Komentar

Saham Netflix, Starbucks, Nike bisa dibeli oleh kita yang tinggal di Indonesia. Bagaimana proses ... Baca Lagi

Belum Ada Komentar

Tulis Komentar

Email Anda tidak akan di publish