Silakan masukkan kata kunci pada kolom pencarian

10 Aplikasi Investasi Saham Terbaik Izin OJK untuk Pemula (2024)

Daftar Isi

10 Aplikasi Investasi Saham Terbaik Izin OJK untuk Pemula 2022

Aplikasi investasi saham punya peran krusial dalam kesuksesan berinvestasi. 

Investasi saham membutuhkan aplikasi trading yang bisa diandalkan dan mudah digunakan. Apa platform saham terbaik untuk pemula? 

Berikut ini daftar 10 aplikasi saham terbaik, aman dan izin OJK 2022: 

1. IPOT Indopremier Sekuritas

IPOT Indopremier Sekuritas

Aplikasi online saham dari IndoPremier adalah IPOT (IndoPremier Online Trading)’.

PT Indo Premier Sekuritas (“IndoPremier”) memiliki ijin Badan Pengawas Pasar Modal/Otoritas Jasa Keuangan (OJK) nomor KEP-11/PM/PPE/1996 dan boleh dikatakan adalah supermarket keuangan karena menawarkan banyak fitur: jual beli reksadana, trading saham, beli IPO dan lainnya, yang membantu konsumen berinvestasi ke berbagai instrumen.

Tidak ada persyaratan modal minimal untuk pembukaan rekening saham di Indopremier. 

Nanti, jika ingin melakukan transaksi beli saham, baru nasabah menyetor sesuai jumlah saham yang akan dibeli.

Jadi, kalau nilai trading saham Rp 100 ribu, praktis nasabah hanya perlu menyetor Rp 100 ribu untuk ke Indopremier.

Buka rekening di Indopremier cukup dilakukan secara online dan dalam 1 Hari rekening sudah bisa terbuka. Syaratnya satu, investor harus punya e-KTP.

Saat ini nasabah yang punya e-KTP bisa daftar di aplikasi IPOT. Tidak perlu kirim dokumen dan proses pembukaan rekening jadi dalam waktu 1 hari.

Di samping akun konvensional, konsumen bisa membuka rekening sekuritas syariah di Indopremier IPOT.

Rekening saham syariah memiliki ketentuan bahwa akun Syariah hanya digunakan untuk bertransaksi saham syariah yang masuk dalam Daftar Efek Syariah (DES) , ETF syariah (30 Saham Syariah yang termasuk dalam Jakarta Islamic Index) dan ReksaDana (umum dan syariah) dengan limit trading 1:1.

Limit trading 1:1 di akun Syariah artinya akun Syariah tidak bisa melakukan trading dengan margin (hutang), ingin transaksi beli saham harga Rp 1 juta maka dana Rp 1 juta harus sudah tersedia di rekening dana investor.

IPOT saham Indopremier memiliki fitur buat investor yang suka melakukan online trading, yaitu:

  • Dashboard dan fitur di dalam aplikasi IPOT mudah digunakan dan nyaman buat semua investor, bahkan pemula sekalipun.
  • Chart untuk analisa teknikal disediakan lengkap dan komprehensif. Chart ini sangat berguna untuk investor menganalisa perilaku harga dan melakukan day trading
  • Data finansial serta laporan keuangan setiap saham tersedia lengkap dan punya historis sampai beberapa tahun ke belakang. Untuk melakukan analisa fundamental saham sangat cukup didukung dengan data dari IPOT.
  • Integrasi dengan Supermarket Reksadana IPOTFUND. Jika dana menganggur belum digunakan untuk transaksi saham, dana bisa dialihkan sementara ke Reksadana Pasar Uang dan bisa dicairkan secara cepat jika dibutuhkan. Dengan cara ini, nasabah bisa memperoleh bunga lumayan (karena ditempatkan di Reksadana Pasar Uang) dibandingkan berhenti di saldo rekening dana saham yang hampir tanpa bunga
  • Layanan CS via Telegram. Investor bisa kontak di jam bursa dan mendapatkan response di hari yang sama.

Call Center CS Indopremier Sekuritas di Pacific Century Place 16/F SCBD Lot 10, Jl. Jend. Sudirman Kav. 52-53, Jakarta 12190 dan P: +62 (21) 5088-7200

Pilihan akun yang tersedia: Reguler, dan Syariah Tidak ada minimal setoran awal untuk pembukaan rekening: 

Fee sebagai berikut:

  • Fee jual saham: 0.29% per transaksi
  • Fee beli saham: 0.19% per transaksi

IPOT menyediakan fitur Robo Trading yang merupakan otomatisasi sistem dalam aplikasi trading saham. Fitur ini membantu investor melakukan pembelian atau penjualan dengan kondisi-kondisi yang telah ditentukan sebelumnya.

Alih - alih, investor harus mengamati saham setiap waktu, yang akan memakan waktu dan tenaga, maka menggunakan Robo Trading membuat proses menjadi lebih efisien dan efektif.

Fitur Robo sangat membantu untuk investor online trading. Investor jadi tidak perlu harus setiap waktu duduk di depan layar komputer memantau pergerakkan harga saham.

Investor cukup menetapkan strategi dan tingkat harga. Sisanya sistem Robo Trading yang mengeksekusi perintah tersebut sesuai dengan kondisi yang sudah ditetapkan.

2. MOST Mandiri Sekuritas Online 

Aplikasi saham dari Mandiri Sekuritas disebut MOST, Mandiri Sekuritas Online Trading. MOST bisa diakses lewat situs atau unduh aplikasinya di ponsel.

PT Mandiri Sekuritas memiliki izin pialang saham melalui SK Badan Pengawas Pasar Modal (Bapepam) No. 12 Tahun 1992 dan izin penjamin emisi melalui SK Bapepam No. 13 Tahun 1992, terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Aplikasi MOST enak sekali digunakan. Tidak rumit.

Fungsi - fungsinya di MOST disusun untuk mempermudah investor bahkan yang pemula sekalipun.

Untuk para pemula yang masih takut - takut mulai berinvestasi, Mandiri jugaa menyediakan MOST Trial, yaitu tools untuk mengalami secara  langsung trading saham tanpa resiko kehilangan uang.

Fitur Mandiri Sekuritas Online, MOST yang layak dicatat :

  • Mandiri Sekuritas adalah sekuritas BUMN terbesar dan teraktif di bursa.
  • Pendaftaran nasabah bisa dilakukan secara online, cukup dengan menyiapkan e-KTP, foto selfie dengan memegang e-KTP dan NPWP.
  • Mandiri Sekuritas memiliki produk investasi pasar modal yang lengkap, yaitu: saham konvensional, saham syariah, Reksadana, Obligasi dan SBN, serta emisi IPO. Banyaknya produk membantu konsumen melakukan diversifikasi investasi.
  • Koleksi Reksadana di MOST lengkap, berbagai jenis Reksadana ditawarkan tidak hanya oleh Mandiri Investasi, tetapi juga oleh Manajer Investasi lain
  • Fasilitas training di kelas secara tatap muka yang komprehensif, terbagi atas 3 level sesuai pemahaman nasabah.
  • Fasilitas training online yang lengkap di situs Mandiri Sekuritas
  • Akses terhadap hasil riset dan update harian soal perkembangan pasar dan perekonomian dari para analis berpengalaman dari Mandiri Sekuritas.

Ketentuan di Mandiri Sekuritas adalah:

  • Pilihan akun yang tersedia: Reguler, Syariah dan Full Service
  • Minimal setoran awal pembukaan akun: Untuk mahasiswa Rp 2 juta, untuk umum Rp 5 juta dan full service Rp 100 juta.

Perbedaan fee antara akun regular dan full service.

  • Regular. Transaksi sendiri (tanpa bantuan broker) menggunakan aplikasi atau web-based. Fee Buy: 0.18% dan Sell: 0.28%.
  • Full Service. Kombinasi layanan transaksi saham secara online dan konvensional (via telepon) dengan bantuan broker. Fee Buy : 0.25% sedangkan Sell : 0.35%

Yang perlu dicatat berlaku minimum fee di Mandiri Sekuritas, artinya seberapapun kecilnya jumlah transaksi saham, minimum fee beli atau jual adalah Rp 5 ribu.

Call Center CS Mandiri Sekuritas:

  • Care Center-Telepon: 14032
  • Care Center-Email [email protected]
  • Twitter: @mandiri_OLT
  • Facebook : Mandiri Sekuritas Online Trading
  • Instagram: @mandiri_sekuritas

Auto Order adalah fitur yang terdapat di aplikasi MOST yang memberikan akses untuk melakukan pemesanan beli atau jual secara otomatis. Menggunakan fungsi Auto Buy dan Auto Sell, investor bisa membuat strategi berdasarkan parameter yang telah disediakan. 

Perintah Auto Order dapat dijalankan selama maksimal 30 hari sehingga nasabah dengan mobilitas tinggi tidak perlu memantau portofolio dan pergerakan harga secara aktif untuk mendapatkan target investasi yang diinginkan. 

  1. Auto Buy - adalah strategi untuk beli
  2. Auto Sell - adalah strategi untuk jual:
    1. Target Price - kondisi untung
    2. Stop Loss - kondisi rugi
    3. Trailing Stop - kondisi rugi

MOST menyediakan menu khusus Chart yang menampilkan grafik pergerakan saham di Bursa. Chart sangat penting buat online trading karena digunakan sebagai basis pengambilan keputusan jual beli saham.

Fasilitas Margin adalah dimana nasabah mendapatkan pinjaman/ pembiayaan untuk penyelesaian transaksi. 

Nasabah bisa melakukan transaksi margin dengan rekening yang terpisah dari rekening sebelumnya yang sudah dimiliki, baik itu rekening Online ataupun rekening Full Service.

Fasilitas ini diberikan dengan ketentuan sebagai berikut :

  • Mengajukan permohonan fasilitas transaksi margin dan telah menjadi Nasabah Sekuritas selama 3 bulan, diikuti penilaian dan persetujuan dari pihak Mandiri Sekuritas
  • Deposit awal minimal senilai Rp 200.000.000,00 serta Efek yang diperdagangkan termasuk marginable share
  • Limit trading-nya adalah (2.81 x cash) + (1.81 x portofolio). Biaya yang dikenakan untuk transaksi baik beli maupun jual mengikuti biaya transaksi rekening reguler.

3. CIMB Sekuritas

CIMB Sekuritas memiliki aplikasi saham online trading, yaitu CGS-CIMB iTrade. Aplikasi bisa diunduh di Playstore dan Apple Store.

Sejumlah manfaat menggunakan iTrade dari CIMB, yaitu:

  • Mudah digunakan sehingga anda dapat bertransaksi dengan nyaman.
  • Akses secara gratis untuk membaca laporan analisa efek dan analisa teknis CIMB Group di kawasan Asia yang disediakan oleh para analis dan ekonom terkemuka.
  • Menyediakan fasilitas transaksi efek kapan saja dan dimana saja.

iTrade menyediakan berbagai fitur nasabah bisa melakukan online trading saham secara optimal.

Advanced Chart, lebih detail dan beberapa model chart yang tersedia seperti Bars, Candles, Hollow Candles, Haikin Ashi, Lin, Area, Baseline. 

Pengguna dapat mengakses Chart Intraday dan Historical Chart. Banyak indikator seperti EMA Cross, Ichimoku Cloud, MACD, Stochastic RSI dll.

Stock Screener, investor dapat memilah saham di pasar dengan menu Stock Screener berdasarkan indikator analisa teknikal.

Heatmap, investor dapat melihat kondisi pasar secara keseluruhan dengan menggunakan Heat Map. 

Saham – saham yang ditampilkan, dikelompokkan berdasarkan sektor. Warna area saham menunjukkan perubahan harga pada hari itu dan luas area saham dapat dibandingkan berdasarkan Market Cap, Volume, Value, atau Frequency.

Smart Order yang meliputi berbagai fitur. 

Smart Order Portfolio adalah sistem yang dapat mengirimkan order secara otomatis ke bursa jika harga perdagangan sudah menyentuh ketentuan yang sudah kita tetapkan sebelumnya

Buy – Smart Order terdapat 2 pilihan yang dapat digunakan yaitu :

  • Stop Loss untuk menjaga order yang telah match pada hari itu agar bisa dijual dengan kerugian yang sudah kita tentukan dan berlaku dengan jangka waktu 1 hari.
  • Take Profit untuk menjaga order yang telah match pada hari itu agar bisa dijual dengan keuntungan yang sudah ditentukan dan berlaku dengan jangka waktu 1 hari.

Pada Take Profit hanya ada satu kondisi harga yang menentukan kapan order akan masuk ke market. Harga tersebut dapat langsung di input. Sedangkan harga yang dipergunakan untuk masuk ke market ada 2 pilihan yaitu

  • At Price – order yang masuk ke market akan mempergunakan harga yang di input pada Take Profit.
  • Best Bid – order yang masuk ke market akan mempergunakan harga best bid. Bila Min Cap di-set maka akan mencapai batas minimum harga.

Calon investor punya dua pilihan. Buka rekening konvensional atau online.

Proses pembukaan rekening di aplikasi iTrade CIMB Sekuritas adalah:

  • Unduh, isi dan tanda tangan Formulir Aplikasi Pembukaan Rekening dan lengkapi dokumen kelengkapan.
  • Setelah dokumen tersebut diisi dan ditandatangani, silahkan hubungi Customer Service kami atau Pialang anda untuk penyerahan dokumen-dokumen pembukaan dan aktivasi rekening.
  • Kartu Tanda Penduduk (KTP), untuk Warga Negara Indonesia
  • Paspor yang berlaku, untuk Warga Negara Asing. Untuk Warga Negara Asing yang berdomisili di Indonesia harus menyertakan fotocopy KITAS yang berlaku
  • Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP) atas nama sendiri atau atas nama suami bagi Ibu-ibu yang menggunakan NPWP suami. Tax Identification Number (TIN) untuk Warga Negara Asing

Cimb menyediakan pembukaan rekening saham online yang diklaim bisa dilakukan dalam waktu 1 hari.

Aplikasi perdagangan saham Cimb Sekuritas bisa diakses lewat:

  1. Desktop di PC atau Laptop dengan mengakses situs trading Cimb Securities. Jadi, kita tidak perlu mendownload ke PC/Laptop.
  2. Aplikasi CGS-CIMB iTrade Cimb Sekuritas di ponsel HP yang terdapat di PlayStore.

Minimum setoran dana awal adalah Rp. 1.000.000,-. Setoran dana awal ini akan dibukukan dalam rekening dana nasabah.

Call Center CS Cimb Sekuritas: Tel: 021-299 61800; Fax: 021 - 5154266 E-mail: [email protected]

4. Ajaib Sekuritas

Ajaib Sekuritas adalah aplikasi trading saham online yang banyak disukai millennial. Baru - baru ini, Ajaib mengklaim sudah berhasil mencapai 1 juta nasabah dalam waktu hanya beberapa tahun.

Buat investor pemula, terutama millennial, Ajaib menyajikan pengalaman pengguna UX/UI yang menarik. Aplikasinya mudah digunakan dan tidak rumit.

Modal minimum Rp0, sehingga calon investor dapat menyetorkan modal berapa pun sesuai dengan nilai saham yang ingin dibeli. Ini kabar baik untuk pelajar atau mahasiswa yang baru ingin berlatih nabung saham.

Fitur top up instan ke RDN Bank Permata via bank mana saja (ATM, m-Banking, Internet Banking). Nomor RDN langsung diinformasikan kepada calon investor via email, segera setelah pendaftaran akun saham disetujui oleh pihak manajemen Aplikasi Ajaib.

Fitur penarikan dana gratis ke rekening Bank Permata (ada charge LLG sebesar Rp 2500 untuk penarikan ke rekening bank lain). 

Minimum penarikan dana hanya Rp10.000. Penarikan dana dalam hari kerja sebelum jam 3 sore akan diproses pada hari yang sama. Berdasarkan pengalaman, withdrawal dari RDN ke rekening bank BCA selesai dalam tempo sekitar 1 jam.

Pendaftaran akun saham dapat dilakukan secara online sepenuhnya dan tidak membutuhkan waktu lama. Calon investor tidak perlu mengirim dokumen via pos maupun negosiasi dengan agen di kantor sekuritas. 

Cukup mengunduh aplikasi dari PlayStore, kemudian mengikuti alur prosedur pendaftaran. Setelah semua tahapan selesai, calon investor hanya perlu menunggu selama sekitar 1x24 jam hingga pembukaan rekening disetujui. 

Biaya transaksi saham berkisar antara 0,10%-0,08% tergantung volume perdagangan. Ini belum termasuk biaya levy (BEI, KPEI, KSEI) 0,043%, PPN biaya broker 10%, dan PPh final untuk transaksi jual 0,1%. 

Sebagai gambaran, transaksi beli saham BJTM pada harga Rp515 sebesar 1 lot yang bernilai Rp51.500 akan terkena biaya transaksi Rp79.

Platform trading saham informatif. Investor dapat memilih saham secara mandiri maupun berdasarkan data per sektor saham dan daftar populer (Top Value, Top Gainer, Top Volume, dll). 

Profil setiap emiten sudah dilengkapi dengan data-data seperti statistik fundamental (EPS, PER, PBV, Dividend Yield, RoA, RoE, DER, NPM, dll), grafik finansial (Balance Sheet, Cash Flow, Income Statement), jadwal aksi korporasi, dan berita terkini. Semuanya dapat diakses dalam satu klik.

5. BNI Sekuritas

PT BNI Sekuritas didirikan 12 April 1995 sebagai anak perusahaan dari PT Bank Negara Indonesia (Persero), Tbk., yang sahamnya 75% dimiliki oleh PT Bank Negara Indonesia (Persero), Tbk. dan 25% dimiliki oleh SBI Securities Co., Ltd.

PT BNI Sekuritas bergerak di bidang pasar modal yang meliputi perdagangan saham, perdagangan surat utang, investment banking dan assets management dengan nomor Izin Usaha Perusahaan Efek.

Di BNI tersedia dua jenis fasilitas transaksi saham, online dan hybrid.

Online adalah proses transaksi dilakukan oleh nasabah sendiri, lewat aplikasi saham, tanpa bantuan team sales di kantor BNI Sekuritas. Hybrid adalah proses transaksi dengan bantuan sales

Proses pembukaan rekening di BNI Sekuritas online, dengan cara:

  1. Registrasi data pada laman : bnisekuritas.co.id/regonline
  2. Cetak, tambahkan materai 6000 dan tandatangan pada kolom yang diperlukan
  3. Lampirkan fotokopi KTP dan NPWP, kirim ke : BNI Sekuritas, Sudirman Plaza, Indofood Tower lantai 16, Jl. Jend. Sudirman Kav 76-78 Jakarta 12910

Pihak BNI Sekuritas akan mengirimkan email yang menyatakan bahwa rekening sudah dibuka dan bisa digunakan untuk melakukan transaksi saham.

BNI Sekuritas menyediakan pula rekening syariah. Rekening Syariah hanya dapat melakukan transaksi saham yang masuk dalam Daftar Efek Syariah (DES) dan tidak ada fasilitas pembiayaan transaksi (hanya menggunakan dana nasabah).

Ketentuan perdagangan saham di BNI Sekuritas adalah:

  • Setoran minimal adalah Rp 1 juta (vs Rp 5 juta hybrid).
  • Fee jual saham : 0.25% (tidak ada minimum fee)
  • Fee beli saham : 0.15% (tidak ada minimum fee)
  • Transaksi bisa lewat ponsel HP dan desktop PC/Laptop dengan aplikasi esmart.

Fee transaksi di BNI Sekuritas membuatnya menjadi sekuritas fee terendah relatif rendah dibandingkan sekuritas lain, terutama di fee jual saham.

Di BNI Sekuritas, nasabah rekening saham otomatis bisa melakukan jual beli Reksadana, dengan mengisi satu form yang diisi bersamaan pendaftaran rekening saham.

Dengan juga membuka rekening reksadana, jika nasabah sedang tidak ingin berinvestasi di saham, daripada uang ditarik, bisa di parkir ke reksadana. Dan jika nanti diperlukan, dana bisa langsung ditarik.

Call Center CS BNI Sekuritas: Sudirman Plaza Indofood Tower Lt. 16 Jl.Jend.Sudirman Kav. 76-78 Jakarta 12910. Telp. (021) 2554-3946 Fax. (021) 5793-5831 E-mail: [email protected]

Fasilitas Online Trading adalah

Stock Rank Menampilkan peringkat transaksi saham berdasarkan kriteria tertentu

Screener Fitur pencarian saham berdasarkan kriteria fundamental, seperti market cap, industry, indikator rasio laporan keuangan.

Chart Menampilkan grafik harga saham, seperti Overlay chart : SMA, Bollinger, PSAR, serta Indicator : MACD, RSI, STC, WillR, CCI, TRIX, ROC, ADX, OBV

Automatic Order, fitur untuk melaksanakan transaksi saham sesuai dengan kondisi yang telah diatur sebelumnya, tanpa harus setiap saat memonitor pergerakan saham dan dapat disimpan selama 30 hari (GTC), terdiri dari:

  • Booking by Price Menggunakan parameter harga yang telah ditentukan sebagai trigger
  • Booking by % Menggunakan parameter % unrealized gain/loss yang telah ditentukan sebagai trigger
  • Booking by Time Menggunakan parameter waktu yang telah ditentukan sebagai trigger

Research, News, Chart yang memungkinkan investor mendapatkan rekomendasi saham pilihan setiap hari, dan grafik harga dengan indikator analisis teknikal, serta dapat mengakses berita aktual secara realtime.

6. Sinarmas Sekuritas

Beberapa ketentuan penting Sinarmas:

  • Tersedia tiga pilihan RDN: Bank Sinarmas, Bank Niaga, dan BCA
  • Fee online trading adalah beli 0,15% dan jual 0,25%
  • Hanya akun Reguler, belum ada akun Syariah
  • Minimum deposit Rp 500 ribu

Untuk user interface, isinya lengkap sekali, tetapi desain aplikasi Sinarmas  agak ruwet dan kurang user friendly.

Fee-nya cukup rendah dan terhubung pada Stockbit yang membuat kita bisa mempertimbangkan menggunakan Sinarmas.

Jadi, kalau merasa tampilan Sinarmas terasa jadul, kurang fresh, kita bisa lihat portfolio lewat Stockbit karena portfolio saham di Sinarmas mirroring di Stockbit. 

Disamping itu, jika dalam jangka waktu 6 bulan atau 180 hari, total uang dan investasi tidak mencapai batas minimum saldo, kurang dari Rp500.000, maka Sinarmas akan menonaktifkan akun.

Data Bursa Efek Indonesia

  • Nama Member: SINARMAS SEKURITAS
  • Status Perusahaan: Lokal
  • Status Operasional: Aktif
  • Ijin Usaha: Manajer Investasi, Penjamin Emisi Efek
  • Nilai MKBD Terakhir: Rp 623.586.513.876,29
  • Kantor Pusat: Plaza BII Tower III, Lantai 5 Ruang 501 Jln. M.H. Thamrin No. 51, Jakarta

7. Mirae HOST

Mirae adalah salah satu sekuritas yang cukup populer terlihat dari nilai dan frekuensi transaksi yang tinggi di BEI. Sistem aplikasi trading saham Mirae adalah HOST untuk PC Laptop dan NEO HOST untuk di ponsel HP.

Ketentuan perdagangan saham di Mirae Sekuritas adalah:

  • Fee jual saham : 0.25% dan Fee beli saham : 0.15%
  • Tidak ada minimum fee
  • Minimum Deposit 10 juta

Di aplikasi ini, nasabah punya pilihan 4 bank untuk membuka rekening dana nasabah, sehingga nasabah punya banyak opsi untuk mentransfer uangnya.

Yang sedikit berbeda adalah minimum deposit di Mirae, yaitu Rp 10 juta untuk bisa memulai transaksi jual beli saham.

Jumlahnya cukup besar mengingat aplikasi saham lain banyak yang bisa dimulai tanpa deposit.

Namun dari beberapa testimoni yang saya baca, banyak pengguna yang puas dengan pelayanan tim marketing dan analisis teknikal Mirae yang all-out membantu nasabah.

Selain itu fee jual beli Mirae salah satu yang paling rendah diantara aplikasi trading lain. Tidak heran, jumlah investor ritel di Mirae termasuk tinggi.

Data Bursa Efek Indonesia

  • Nama Member: MIRAE ASSET SEKURITAS INDONESIA
  • Status Perusahaan: Patungan
  • Status Operasional: Aktif
  • Ijin Usaha: Manajer Investasi, Penjamin Emisi Efek
  • Nilai MKBD Terakhir: Rp 924.551.257.677
  • Kantor Pusat: Treasury Tower, 50, District 8, SCBD Lot 28, Jl. Jenderal Sudirman, Kav. 52 – 54, Jakarta Selatan

8. Phillips POEM

Meskipun baru - baru ini ramai di media massa karena tersangkut kasus seorang perencana keuangan, tetapi Philips Securities punya aplikasi trading saham yang cukup bagus. Dikenal salah satu favorit di mata trader saham.

Philips Securities memiliki aplikasi trading POEM - Phillip’s Online Electronic Mart System (POEMS), yang memungkinkan investor main saham tanpa perlu aplikasi, cukup lewat browser internet.

Minimum deposit POEM adalah Rp 500 ribu untuk membuka rekening saham.

Rekening Dana Nasabah (RDN) yang disediakan adalah BCA, Mandiri, Permata dan Sinarmas untuk akun reguler beserta BCA Syariah untuk akun syariah.

Fee perdagangan di POEM adalah:

  • Fee jual saham : 0.30% dan Fee beli saham : 0.20%
  • Tidak ada minimum fee
  • Minimum deposit Rp 500 ribu

Feenya relatif lebih tinggi dibandingkan sekuritas yang lain.

Untuk layanan CS, Philip menyediakan nomer WA, sehingga relatif mudah dihubungi.

Fitur di aplikasi trading POEM adalah:

  • Stock Filter, yang menampilkan 3 kategori, yaitu teknikal, fundamental dan candlestick. Sangat membantu memilih saham dengan efisien berdasar kriteria yang sudah kita tentukan.
  • Kerjasama dengan Sekolah Pasar Modal di BEI, sehingga selesai sekolah bisa langsung mendaftar di POEM.
  • Training dalam bentuk Philip Webinar yang diadakan 3 kali seminggu setiap jam 8 pagi di hari Rabu, Kamis, dan Jum'at, selama 30 menit.

Salah satu yang menarik di Philip adalah untuk nabung saham disediakan SMARTPlan Saham yang memungkinkan nasabah membeli saham secara rutin berdasarkan kriteria yang sudah ditetapkan sebelumnya.

Cara SMARTPlan bekerja adalah menetapkan trigger akan membeli saham jika (1) harga turun pada prosentase yang sudah ditentukan atau (2) sesuai dengan jadwal yang sudah Anda tentukan, meskipun harga tidak turun sesuai target.

Misalnya, Anda tetapkan untuk beli saham BBCA sebesar Rp 5 juta di SMARTPlan dengan kriteria harga turun rata-rata 2% dan pembelian setiap tanggal 25 (pas gajian).

Artinya dengan kriteria ini, ketika harga saham BCA turun 2%, meskipun belum tanggalnya, sistem SMARTPlan akan beli saham, sebaliknya jika harga saham tidak turun maka pada setiap tanggal 25 sistem akan otomatis beli saham BCA berapapun harganya saat itu.

Data Bursa Efek Indonesia

  • Nama Member: PHILLIP SEKURITAS INDONESIA
  • Status Perusahaan: Patungan
  • Status Operasional: Aktif
  • Ijin Usaha: Penjamin Emisi Efek, Perantara Pedagang Efek
  • Nilai MKBD Terakhir: Rp 197.910.171.912
  • Kantor Pusat: Atria@Sudirman , 23B, Jl. Jend. Sudirman Kav. 33A , -, Jakarta

9. RHB Indonesia

RHB Sekuritas adalah salah satu aplikasi saham yang cukup populer buat investor ritel.

Ketentuan transaksi di RHB adalah:

  • Fee jual saham : 0.25%, Fee beli saham : 0.15%
  • Minimum deposit Rp 100 ribu

Ada tiga pilihan Rekening Dana Nasabah, yaitu BCA, Permata dan Panin.

Aplikasi RHB punya fitur ARO (Assisted Robo Optimization), yang menawarkan 3 layanan:

  • ARO Signal menginformasikan saham yang sedang  trending di pasar dengan signal BULL, HOLD dan BEAR, jadi pengguna bisa tahu apa yang lagi HOT di pasar
  • ARO Library berisi indikator  dan parameter tambahan lebih detail mengenai saham yang mendapat notifikasi, sehingga trader dan investor bisa memiliki trading plan lengkap dalam  mengambil keputusan bertransaksi.
  • Real Time Notification, informasi data harga saham secara real time.

Munculnya fitur trading semacam ini membantu nasabah, yang tidak bisa selalu memantau pergerakkan harga, untuk bisa terupdate secara real-time dan tidak ketinggalan pergerakkan harga saham.

Pembukaan akun saham di RHB tidak sepenuhnya online, nasabah masih harus mengirimkan dokumen, tanda tangan serta menunggu 3 sd 7 hari sampai rekening aktif.

Data Bursa Efek Indonesia

  • Nama Member: RHB SEKURITAS INDONESIA
  • Status Perusahaan: Patungan
  • Status Operasional: Aktif
  • Ijin Usaha: Penjamin Penjamin Emisi Efek, Perantara Pedagang Efek
  • Nilai MKBD Terakhir: Rp 344.746.576.665

10. MNC

MNC Sekuritas adalah salah satu anak perusahaan MNC Group yang berdiri sejak 1989 dan berada di bawah PT MNC Kapital Indonesia Tbk.

Aplikasi trading saham online konvensional adalah MNC Trade New sementara investasi saham syariah adalah MNC Trade Syariah.

Ketentuan di MNC Syariah adalah:

  • Fee Buy 0,18% & Fee Sell 0,28%
  • Minimal fee Rp 10 ribu
  • Setoran minimum Rp 100,000

Fee-nya tidak paling murah, kemudian juga ada minimum fee yang membuat berapapun nilai transaksi minimum yang wajib dibayar adalah Rp 10 ribu.

Proses pembukaan rekening di MNC dilakukan secara online dengan cara yang mudah, tapi (ini perlu diperhatikan) pembukaan online hanya bisa jika Anda memiliki tabungan di BCA. Jika tidak punya tabungan di BCA, Anda tidak bisa membuka akun di MNC Sekuritas secara online.

Keunggulannya, semua proses pembukaan dilakukan lewat aplikasi MNC, tidak perlu kirim dokumen, dan keesokan harinya, MNC akan mengirimkan email bahwa rekening saham sudah dibuka.

MNC menawarkan juga akun online trading Syariah yang (1) resmi sertifikat kesesuaian syariah dari Dewan Syariah Nasional Majelis Ulama Indonesia (DSN MUI) 004.41.02/DSN-MUI/V/2016; (2) hanya untuk transaksi saham syariah dalam Daftar Efek Syariah (DES); (3) tidak mengandung “Riba” karena tidak ada fasilitas dana pinjaman (limit trading) sehingga nasabah berinvestasi sesuai dana yang dimiliki; (4) dana investor ditampung dalam bentuk Rekening Dana Nasabah di bank syariah

Data Bursa Efek Indonesia

  • Nama Member: MNC SEKURITAS
  • Status Perusahaan: Lokal
  • Status Operasional: Aktif
  • Ijin Usaha: Penjamin Emisi Efek, Perantara Pedagang Efek
  • Nilai MKBD Terakhir: Rp 260.177.031.228
  • Kantor Pusat: Gedung MNC Financial Center, 16, Jl. Kebon Sirih, 21-27, Jakarta Pusat

Ringkasan Aplikasi Investasi Saham Online Terbaik 2022

Aplikasi SahamFitur
IPOT IndopremierMinimum 0
MOST MandiriMudah dipakai
CIMBRiset Gratis
AjaibTarget anak muda
BNIFitur Lengkap
SinarmasMilik group
MiraeFitur Lengkap
PhilipsFitur Trading
RHBRobo Trading
MNCOnline Trading

Baca juga - Panduan Investasi Saham Terbaik Buat Pemula

Cari dan Bandingkan Sekuritas Broker Saham Terbaik !

Cari dan Bandingkan Sekuritas Broker Saham Terbaik !

Bagikan Melalui

Daftar Isi

Berlangganan Duwitmu

Komentar (0 Komentar)

Tulis Komentar - Balasan untuk Tito Shadam

Email Anda tidak akan di publish

Batalkan Membalas

Captcha Wajib Diisi

Artikel Terkait