Pinjaman Online, Investasi, Keuangan, Asuransi | Duwitmu

Review Bibit Aplikasi Investasi Reksadana Online OJK untuk Pemula dan Investor

Dipublish oleh R Quiserto Januari 14, 2022

Daftar Isi

Bibit Aplikasi Investasi Reksadana

Bibit adalah aplikasi transaksi Reksadana secara online. Banyak fitur ditawarkan di dalamnya. Apa keunggulan dan kelemahannya ? Aman tidak secara regulasi OJK. Ikut pengalaman kami menggunakan aplikasi ini.

Reksadana menjadi salah satu instrumen investasi yang berkembang pesat belakangan ini. Banyak digunakan oleh kalangan muda karena mudah dipakai dan minimum investasi terjangkau.

Salah satu cara jual beli transaksi Reksadana adalah lewat aplikasi. Aplikasi membuat proses transaksi menjadi lebih mudah dan cepat, baik untuk pemula atau profesional karena semuanya dilakukan secara online.

Kali ini, kita akan bahas penggunaan Bibit, aplikasi jual beli reksadana online. Kita akan lihat cara daftar, login, fitur, biaya dan kelemahan serta kelebihannya.

Apa itu Bibit Reksadana

Bibit merupakan aplikasi jual beli Reksadana secara online. Orang bisa beli dan jual serta memilih Reksadana cukup dari aplikasi.

Berbeda dengan umumnya pembelian Reksadana selama ini, yang orang memilih sendiri dan sering membuat pemula jadi sulit memulai, Bibit membangun algoritma yang memungkinkan untuk memberikan rekomendasi pilihan Reksadana terbaik.

Calon nasabah masuk ke aplikasi dan mengisi profil risiko mereka, lalu sistem di Bibit akan memilihkan jenis Reksadana yang paling sesuai dengan tujuan keuangan, profil risiko dan target yang hendak dicapai.

Cara ini membuat mereka yang pemula bisa dengan sangat mudah memulai investasi di Reksadana. Tanpa perlu pengalaman. Tanpa harus bingung. Tinggal terima beres.

Legalitas Bibit (OJK Bukan, Aman, Penipu, Bubar Tidak)

Bibit telah mengantongi izin resmi sebagai Agen Penjual Reksa Dana dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK), perusahaan ini terdaftar dan diawasi OJK, jadi dana investasi akan aman.

Karen Bibit terdaftar sebagai APERD (Agen Penjual Reksa Dana), maka mekanisme keamanan dana adalah sebagai berikut:

  • Dana yang diinvestasikan tidak disimpan dan dikelola oleh BIBIT, melainkan akan langsung ditransfer ke rekening penampungan dana investor dari Manajer Investasi masing-masing reksa dana, dikelola oleh Manajer Investasi berlisensi OJK, 
  • Aset investasi akan disimpan di Bank Kustodian. 
  • Dana juga hanya dapat dicairkan ke rekening atas nama nasabah.

Investor tidak perlu khawatir uang disalahgunakan oleh Bibit karena seluruh dana nasabah tidak disimpan di Bibit tapi disimpan secara aman di Bank Kustodian. 

Artinya, andaikan Bibit sampai tutup sekalipun uang dan reksa dana tetap tersimpan aman di bank kustodian dan dapat dicairkan kapan saja.

Investor bisa cek kepemilikan reksa dana melalui Akses KSEI. Setelah itu, tinggal hubungi Manajer Investasi reksa dana dengan menunjukan KTP dan kepemilikan reksa dana. Proses pencairan akan dipandu oleh Manajer Investasi yang bersangkutan.

Bank Kustodian adalah pihak yang memberikan jasa penitipan efek dan harta lain yang berkaitan dengan efek serta jasa lain, termasuk menerima dividen, bunga, dan hak lain, menyelesaikan transaksi efek, dan mewakili pemegang rekening yang menjadi nasabahnya.

Untuk memastikan keamanan di aplikasi, Bibit juga menerapkan sistem berlapis, yaitu:

Proses Pencairan Terverifikasi. Dana investasi hanya bisa dicairkan ke rekening atas nama nasabah yang tercatat di KTP.

Data Akun Terlindungi. Dukungan sistem biometrik seperti Face ID dan Fingerprint dapat membatasi orang lain untuk mengakses akun.

Fitur Pengenal Perangkat. Nasabah akan mendapatkan email notifikasi untuk setiap aktivitas login yang mencurigakan.

Cara Daftar Buka Akun di Bibit

Proses buka akun sebagai berikut:

  1. Unduh aplikasi Bibit di Playstore dan Klik Register di aplikasi
  2. Masukkan nomor handphone yang aktif kamu gunakan di kolom yang tersedia. Setelah klik Lanjutkan, kamu akan memperoleh SMS yang berisi kode verifikasi. Input kode verifikasi tersebut di kolom yang tersedia, lalu Klik Lanjutkan.
  3. Klik Mulai dan jawab 6 kuesioner singkat dari Bibit. Setelah menjawab 6 pertanyaan, kamu akan mengetahui profil risiko kamu. Untuk melanjutkan ke registrasi. Klik Lanjut Registrasi.
  4. Kamu akan masuk ke halaman Registrasi. Isi kolom yang ada sesuai dengan data diri kamu. Klik Lanjutkan.
  5. Persiapkan KTP kamu untuk ambil foto KTP. Klik Foto dari Kamera atau Ambil dari Galeri untuk lanjut. Pastikan foto KTP terlihat jelas dan dapat terbaca.
  6. Lanjutkan ke proses Foto Selfie dengan KTP. Pastikan semua bagian muka depan dan KTP masuk dalam foto atau tidak tertutupi.
  7. Cek NIK, Nama Lengkap sesuai KTP dan Tanggal Lahir kamu.
  8. Cantumkan tanda tangan digital. Tanda tangan di Bibit dilakukan secara digital, silakan tanda tangan pada kotak yang tersedia seperti gambar di atas. Klik Hapus jika tanda tangan yang kamu lakukan belum sesuai dengan E-KTP, lalu ulangi tanda tangan, jika sudah sesuai klik Daftar Sekarang. 
  9. Berdasarkan ketentuan OJK, kamu memerlukan rekening bank untuk berinvestasi. Jika kamu belum memiliki rekening bank, kamu akan diarahkan untuk mendaftar Bank Jago di akhir registrasi Bibit.
  10. Set PIN kamu, kemudian input lagi di halaman Konfirmasi Pin. Perlu diketahui bahwa PIN ini digunakan setiap kali kamu melakukan penjualan reksa dana, jadi pastikan PIN kamu mudah diingat.
  11. Selamat pengisian data kamu sudah selesai dan registrasi kamu sedang kami proses. Kamu juga bisa memasukkan Kode Referral (jika ada) untuk mendapatkan cashback dari Bibit. Klik Selesai untuk kembali ke beranda.
  12. Kamu masuk ke tahap Verifikasi. Silakan buka email kamu, lalu klik Verifikasi Email. 
  13. Data kamu akan di verifikasi oleh tim Bibit dan KSEI, proses registrasi kamu akan selesai maksimal 1×24 jam.

Syarat dan Ketentuan

Untuk saat ini pembukaan rekening reksa dana di Bibit diwajibkan untuk menggunakan KTP/ Surat KTP Sementara dari Kecamatan atau Dukcapil. 

Sedangkan bagi WNA untuk saat ini belum bisa membuka rekening reksa dana di Bibit.

Harus punya rekening bank juga. Berdasarkan ketentuan OJK, kamu memerlukan rekening bank untuk berinvestasi. 

Jika kamu belum memiliki rekening bank, kamu akan diarahkan untuk mendaftar Bank Jago di akhir registrasi Bibit.

Fitur Aplikasi

Dari pengalaman menggunakan Bibit, sejumlah manfaat dari penggunaan aplikasi ini adalah:

1. Teknologi Robo Advisor

Membantu seleksi reksa dana berkualitas yang sesuai dengan profil risiko. 

Teknologi Bibit menggunakan riset pemenang Nobel Prize, Modern Portfolio Theory, untuk menyesuaikan investasi ke reksa dana yang cocok dengan profil risiko, sesuai dengan usia, toleransi risiko, serta keadaan finansial.

Robo akan menentukan alokasi yang optimal yang sesuai dengan level resiko dan akan membantu seleksi reksadana dengan performa dan track record yang baik

Robo Advisor akan secara otomatis memberikan rekomendasi berikut:

  • Auto Risk Profiling: Untuk mulai kamu harus menjawab 6 pertanyaan supaya kami dapat menentukan profil resiko kamu dengan algoritma tanpa bias.
  • Auto Financial Plan: Kamu akan mendapatkan alokasi portofolio reksa dana terbaik berdasarkan jawaban kamu.
  • Auto Rebalancing: Bibit akan otomatis mempertahankan alokasi optimal kamu seiring dengan perubahan usia, profil risiko, dan kondisi pasar.

2. Gratis Biaya Komisi

Semua transaksi pembelian dan penjualan reksa dana tidak dipungut biaya komisi. 

Kamu bisa beli reksadana dengan virtual account ataupun e-wallet seperti gopay dan LinkAja sama seperti kamu beli kopi.

Sangat praktis. Gratis biaya transfer.

3. Informasi Reksadana Lengkap dan Gratis

Informasi soal Reksadana di disediakan secara gratis dan komprehensif. Informasi penting yang disediakan di aplikasi adalah:

Reputasi Manajer Investasi

Reputasi Manajer Investasi reksa dana menjadi kriteria utama dan terpenting dalam seleksi reksa dana di Bibit. 

Bibit hanya bekerja sama dengan Manajer Investasi yang telah terbukti memiliki track record dan tata kelola yang baik dalam jangka panjang.

Tingkat Return

Bibit memperhatikan (return) keuntungan namun belum tentu makin tinggi keuntungan itu lebih baik. 

Untuk itu, Bibit sangat memperhatikan konsistensi kinerja selama 5 atau 10 tahun kebelakang dan isi Top Holdings dari reksa dana tersebut. 

Mereka juga memperhatikan resiko yang diambil oleh pengelola reksa dana supaya seimbang dengan potensi keuntungan. Mencetak keuntungan secara konsisten dalam jangka panjang jauh lebih penting dan jauh lebih susah dari pada keuntungan dalam setahun saja.

Tingkat Resiko

Dari aplikasi Bibit, kamu bisa mengukur resiko menggunakan Max Drawdown.

Max Drawdown adalah penurunan maksimum suatu reksa dana dari titik harga tertinggi ke titik harga terendah, sebelum harga tertinggi yang baru tercapai selama periode tertentu. Max Drawdown adalah indikator risiko penurunan dari suatu reksa dana selama jangka waktu tertentu. Jika Max Drawdown suatu reksadana adalah 10% dalam setahun, maka artinya reksa dana tersebut pernah turun paling besar 10% dari titik tertingginya satu tahun terakhir.

Jadi Max Drawdown membantu kamu mengukur apakah resiko reksa dana ini masih bisa kamu terima atau tidak.

Dana Kelolaan (AUM)

Dana kelolaan atau sering disebut AUM (Asset Under Management) adalah dana yang dikelola oleh reksa dana tersebut. Dana kelolaan bisa digunakan untuk mengukur seberapa besar reksa dana ini dipercaya oleh investor. 

Semakin besar dana kelolaan reksa dana, maka semakin tinggi juga tingkat kepercayaan investor terhadap kualitas Manajer Investasi reksa dana tersebut.

Expense Ratio

Expense Ratio mengukur seberapa besar biaya yang dikeluarkan untuk mengelola reksa dana. Management fees, Biaya Kustodian, Biaya Trading, Biaya Marketing adalah bagian dari perhitungan expense ratio

Lebih kecil expense ratio tersebut mencerminkan kepiawaian Manajer Investasi dalam mengelola reksa dana untuk investornya secara efisien.

4. Mulai dari Rp100.000, Bisa Cairkan Tanpa Pinalti

Investasi dapat kamu mulai tanpa harus mempunyai modal yang besar. Mulai dari Rp 100 ribu.

Bahkan, baru – baru ini Bibit memberikan kesempatan investasi mulai dari Rp 10 ribu. Jelas, jumlah ini sangat terjangkau untuk kaum muda.

Cara mencairkan Bibit juga mudah. Cairkan dana investasi kapan pun sewaktu kamu butuhkan tanpa penalti.

5. Buka rekening reksa dana secara instan

Pembukaan rekening reksa dana melalui Bibit dilakukan full secara online, jadi kamu tidak perlu ke kantor Bibit atau ke Bank.

Bahkan sudah menggunakan tanda tangan digital. Prosesnya 100% online.

6. Dollar Cost Averaging (DCA)

Bibit menyediakan fitur nabung rutin yang dibuat untuk membantu kamu melakukan investasi secara konsisten setiap bulan pada tanggal yang telah kamu set di aplikasi Bibit. Untuk membuat suatu komitmen dan mengingatkan kamu supaya tidak lupa berinvestasi.

Fitur Nabung rutin ini akan mengirim push notification dan email pada tanggal yang telah kamu set, sekaligus membuat order pembeliannya. Kamu tinggal melakukan pembayaran/transfer saja di order yang telah di set.

Untuk mempermudah, Bibit menyediakan fasilitas GoPay AutoPay untuk ini, sehingga kamu bisa langsung potong saldo GoPay secara otomatis supaya investasi jadi lebih disiplin.

Beberapa hal yang perlu kamu tahu terkait fitur nabung rutin autodebet:

  • Kamu harus hubungkan akun GoPay dengan Bibit untuk bisa menggunakan fitur nabung rutin autodebet.
  • Nominal maksimum untuk nabung rutin autodebet adalah Rp10.000.000.
  • Bibit akan mengirimkan reminder sehari sebelum hari autodebit.
  • Auto Debit start otomatis jam 08.00 WIB .
  • Order pasti diterima pada hari yang sama.
  • Jika order gagal karena saldo GoPay tidak cukup, kamu masih bisa melakukan pembayaran dalam 24 jam kedepan sebelum autodebet expired.

7. Reksadana Syariah

Bibit menyediakan banyak pilihan Reksadana Syariah.

Pada prinsipnya reksa dana syariah sama dengan reksa dana konvensional hanya saja dalam pengelolaannya tidak bertentangan dengan prinsip-prinsip syariah di pasar modal.

Kebijakan investasi reksa dana syariah yakni hanya berinvestasi pada perusahaan dengan kategori halal, dan memenuhi rasio keuangan tertentu.

Kebijakan Investasi reksa dana syariah hanya dapat dilakukan pada instrumen keuangan yang sesuai dengan Syariah Islam, meliputi:

  • Efek Pasar Modal Syariah: Obligasi Syariah (Sukuk); Saham-saham yang masuk dalam DES (Daftar Efek Syariah), serta efek surat utang lainnya yang sesuai dengan prinsip syariah.
  • Instrumen Pasar Uang Syariah: – Sertifikat Wadiah Bank Indonesia (SWBI) – Sertifikat Investasi Mudharabah Antar-bank (SIMA) – Certificate of Deposit Mudharabah Mutlaqah (CD Mudharabah Mutlaqah) – Certificate of Deposit Mudharabah Muqayyadah (CD Mudharabah Muqayyadah).

Biaya Transaksi

Bibit tidak mengenakan  fee beli, fee jual, maupun fee ketika switching reksa dana.

Namun perlu diperhatikan, jika rekening bank kamu berbeda dengan rekening bank penampung reksa dana, ada biaya transfer antar bank sekitar Rp3.500 – Rp6.500 per reksa dana ketika melakukan pencairan, ini dikenakan oleh pihak bank. Bukan oleh Bibit.

Untuk 3 transaksi penjualan pertama, Bibit berikan cashback untuk mengganti biaya transfer antar bank.

Alamat dan Kontak CS Call Center

PT Bibit Tumbuh Bersama, Menara Standard Chartered Lt. 35 Jl. Prof. Dr. Satrio No. 164, Jakarta 12930

WA: +6221 50864230; e-mail: [email protected]

Keuntungan Bibit

Keunggulan Bibit yang utama adalah memberikan kemudahan untuk pemula melakukan jual beli Reksadana secara online. Sangat memperhatikan konsumen pemula untuk berani masuk ke instrumen Reksadana.

Penggunaan Robo Advisor membantu pemula yang ingin berinvestasi di Reksadana tetapi belum paham. Di samping itu, minimum investasi yang sangat kecil, bisa mulai dari Rp 10 ribu, akan membuat orang lebih berani masuk, khususnya pemula.

Proses pendaftaran online tanpa perlu ke kantor cabang membuat aplikasi ini unggul di era digital. Karena semua prosesnya 100% online. 

Di bank, biasanya nasabah masih harus datang ke kantor untuk mengurus pembukaan rekening, termasuk untuk buka rekening investasi Reksadana.

Kekurangan Bibit

Tidak banyak ditemui kelemahan di Bibit.

Satu hal adalah soal Robo Advisor. Perlu ada studi independen yang menguji apakah rekomendasi dari Robo Advisor cukup akurat dan memberikan hasil yang diinginkan oleh investor.

Hal ini penting karena meskipun pembuatan Robo Advisor berdasarkan studi terdahulu pemenang Nobel, tetapi implementasi di Indonesia mungkin memberikan hasil yang berbeda. Kondisi ini harus diuji secara ilmiah.

Di Playstore muncul beberapa kali keluhan soal lamanya order jual pencairan masuk ke rekening. 

Di halaman situs Bibit, kurang ditekankan bahwa pencairan Reksadana tidak bisa secepat deposito atau tabungan karena adanya proses settlement yang butuh waktu beberapa hari mulai dari T+3 sd T+5.

Mungkin Bibit perlu mengembangkan produk dimana dana pencairan bisa diterima lebih cepat, seperti 1 hari cair, namun dikenakan Fee tambahan. Ini bisa jadi solusi buat mereka yang ingin butuh dana darurat untuk cair segera.

Bagikan Melalui

Artikel Terkait

Reksadana Pendapatan Tetap

Pengalaman Berinvestasi Reksadana Pendapatan Tetap

Januari 12, 2022 0 Komentar

Reksadana Pendapatan Tetap adalah instrumen keuangan untuk investasi jangka menengah. Return yang... Baca Lagi

IPOTFund Indo Premier

Cara Buka Rekening Efek dan RDN di IPOTFund Ind...

Januari 10, 2022 0 Komentar

IPOTFund Indo Premier merupakan agen penjual reksa dana dengan banyak manfaat, seperti pembukaan ... Baca Lagi

IPOT Sekuritas Indonesia

Pentingnya Tujuan Keuangan dalam Investasi Reks...

November 16, 2021 0 Komentar

Reksa dana adalah instrumen keuangan yang tidak hanya mudah tetapi juga murah sehingga sangat coc... Baca Lagi

6 Resiko Investasi Reksadana dan Bagaimana Cara Mengatasinya

6 Resiko Reksadana dan Cara Mengatasinya

April 16, 2018 3 Komentar

Sebelum memulai, saya sarankan Anda pahami resiko investasi Reksadana. Selain keuntungan investas... Baca Lagi

10 Keuntungan dan Kerugian Reksadana bagi Investor

10 Keuntungan dan Kerugian Reksadana bagi Investor

April 6, 2018 12 Komentar

Dalam tulisan ini, saya ingin back to basics, memaparkan kembali keuntungan dan kerugian Reksadan... Baca Lagi

7 Cara Investasi Reksadana Saham Terbaik Mudah dan Murah 2019

Tips Investasi Reksadana Saham Terbaik Mudah da...

Desember 3, 2017 10 Komentar

Cara investasi reksadana saham patut diperhatikan karena jenis investasi yang menguntungkan saat ... Baca Lagi

Belum Ada Komentar

Tulis Komentar

Email Anda tidak akan di publish