10 Pinjaman Uang Terbaik 2019 (Fintech Online vs KTA Bank)

  • March 31, 2019

Pinjaman uang yang mudah dan bisa dicicil pasti dibutuhkan banyak orang karena seringkali kebutuhan mendadak datang, misalnya menebus biaya rumah sakit atau membayar uang sekolah anak. Dalam situasi itu, perlu pinjaman uang yang mudah, tanpa jaminan dan syarat. Apa pinjaman uang online terbaik terpercaya di 2019 ?

Untuk menjawabnya, saya review 10 Fintech dan KTA Bank yang menawarkan pinjaman uang mudah dan bisa dicicil dengan proses cepat online 24 jam langsung cair.

Kebutuhan mendadak bisa terjadi kapan saja dan kepada siapa saja. Misalnya, yang paling sering saya lihat adalah kebutuhan membayar biaya kesehatan dan biaya pendidikan sekolah anak.

Biaya rumah sakit umumnya harus segera ditebus, bukan sesuatu yang bisa ditunda. Dan tidak semua orang punya asuransi. Bahkan BPJS Kesehatan pun tidak mengcover semua pengeluaran rumah sakit.

Biaya untuk sekolah anak juga sama. Saya beberapa kali mengalami sendiri kebutuhan untuk bayar biaya sekolah anak yang urgent dan tidak bisa ditunda (kalau tidak segera dibayar, sekolah anak bisa kena imbasnya).

Jadi, mau tidak mau, kita menghadapi kebutuhan dana emergensi, emergency fund.

Jadi, buat Anda yang butuh pinjaman uang sekarang, perlu ada dana talangan yang cepat dan mudah.

Idealnya, menurut saran perencana keuangan, Anda punya dana darurat. Dana yang disimpan di tabungan dan siap digunakan saat muncul kebutuhan mendadak.

Tentu saja, untuk itu, Anda harus rajin menabung supaya punya simpanan dana darurat. Syarat yang tidak mudah bagi banyak orang.

Bagaimana jika tidak punya dana darurat, sementara Anda dihadapkan kebutuhan mendadak. Butuh pinjaman uang sekarang.

Menggunakan kartu kredit salah satu solusi, walaupun kenyataannya mayoritas masyarakat tidak punya kartu yang satu ini.

Lembaga keuangan menawarkan solusi, produk dana tunai. Pinjaman uang tunai pribadi yang memberikan dana cepat untuk kebutuhan emergensi.

Karena namanya dana cepat, produk pinjaman uang ini menawarkan sejumlah fitur:

  • Tanpa Jaminan. Harus pinjaman uang tanpa jaminan karena jika dengan agunan, proses persetujuan kredit akan memakan waktu lama. Proses menilai dan mengikat agunan untuk menjadi jaminan kredit butuh proses yang panjang.
  • Kemudahan proses. Kebutuhan emergensi menuntut proses pinjaman uang mudah, dan tanpa syarat yang tidak bertele-tele.
  • Langsung cair. Karena dana emergensi, pinjaman cepat cair menjadi fitur utama untuk menarik calon peminjam. Pas untuk yang butuh pinjaman uang sekarang.
  • Bisa dicicil. Aplikasi pinjaman uang yang bisa dicicil menjadi fitur tersendiri yang menarik karena jika hanya pembayaran satu kali langsung lunas, yang selama ini ditawarkan fintech p2p, tidak selalu bisa diterapkan untuk plafon pinjaman yang besar.
  • Terpercaya. Meskipun cepat dan mudah, tetapi jika bukan pinjaman uang online terpercaya, tentu saja akan menimbulkan pertanyaan di mata calon peminjam. Salah satu ciri terpercaya adalah pinjaman online terdaftar di OJK.

Pinjaman Uang Online Terpercaya

Trend di 2019 adalah pinjaman uang online tanpa jaminan dan syarat, hanya perlu KTP, tidak hanya ditawarkan oleh Fintech saja, tetapi sejumlah bank menjajal produk KTA dengan fitur yang sama.

Tentu saja, fenomena ini bagus buat calon peminjam karena memiliki banyak pilihan. Selain itu, bank biasanya menawarkan bunga KTA lebih rendah dan memiliki proses tata kelola yang lebih ketat sehingga menghindari penyalahgunaan data nasabah.

Karena itu, dalam review kali ini, saya membandingkan pinjaman uang online tanpa jaminan dan syarat dari Fintech P2P lending vs KTA Bank. Anda bisa lihat dan menarik kesimpulan mana pinjaman uang yang terbaik, terpercaya dan bunga lebih murah.

Karena ingin memastikan bahwa pinjaman uang online terpercaya, maka yang saya bahas dalam artikel ini adalah Fintech P2P yang terdaftar di OJK 2019. Saya memastikan bahwa pinjaman yang dibahas dalam artikel ini adalah aplikasi fintech terdaftar resmi di OJK.

#1 Tunaiku

Tunaiku Pinjaman Uang Online
Tunaiku Pinjaman Uang Online

Tunaiku menawarkan pinjaman uang yang bisa dicicil. Lewat aplikasi, promo Tunaiku adalah Pinjaman Online Tanpa Jaminan dengan pagu Rp 2 – 20 Juta, syarat KTP saja!

Untuk Anda ingin pinjam uang, bisa pinjam 5 juta atau 10 juta di Tunaiku, dimana bisa mengambil tenor cicilan 6 bulan sd 20 bulan. Biaya bunga 3% sd 4% per bulan dan biaya administrasi Rp 540,000 dipotong dimuka.

Meskipun berbasis Fintech, Tunaiku dimiliki oleh Bank Amar. Karena dimiliki bank, Tunaiku bukan masuk kategori P2P Lending OJK.

Persyaratan pengajuan adalah umur 21-55 tahun, Warga Negara Indonesia, mempunyai Rekening Bank, bekerja atau berpenghasilan (Pekerja swasta & PNS) dan tinggal atau bekerja di area layanan Tunaiku.

Yang perlu diperhatikan dalam proses Tunaiku adalah meskipun pengajuan lewat aplikasi pinjaman online, tetapi ada proses bertemu kurir untuk konfirmasi KTP dan tanda tangan kontrak, yang dilakukan dalam waktu 1-3 hari kerja.

Jadi proses di Tunaiku tidak betul betul pinjaman cepat cair atau langsung cair dalam 24 jam. Ada proses tambahan, secara kunjungan ke rumah aplikan, untuk menemui peminjam.

#2 Julo

Julo Pinjaman Uang Online
Julo Pinjaman Uang Online

Julo menawarkan pinjaman uang yang bisa dicicil. Fintech P2P ini memiliki produk pinjaman bulanan online langsung cair.

Plafon kredit di Julo bisa pinjam diatas Rp 5 juta, yaitu Rp 2.000.000 sd Rp 8.000.000. Pengembalian pinjaman dengan mencicil selama 3 – 6 Bulan dan bunga 4% per bulan.

Simulasi Cicilan Julo:

PinjamCicilanPengembalianTenorTotal Bunga
Rp 8,000,000Rp 1,600,000Rp 9,600,0006 bulan20.0%
Rp 2,000,000Rp 413,000Rp 2,478,0006 bulan23.9%

Persyaratan pengajuan adalah umur 21-60 tahun, Warga Negara Indonesia, mempunyai Rekening Bank, bekerja atau berpenghasilan minimum Rp 2 juta dan tinggal di Jabodetabek, Bandung, Surabaya, Manado, Bali, Kalimantan Timur, dan Kep. Riau.

#3 DBS digibank

KTA Digibank DBS Pinjaman Uang Online
KTA Digibank DBS Pinjaman Uang Online

Meskipun bank, DBS digibank berani menawarkan KTA pinjaman online langsung cair dalam hitungan menit. Bahkan situs digibank klaim pencairan dalam 60 detik.

Syaratnya, pinjam uang dana tunai harus diajukan lewat aplikasi mobile banking digibank DBS. Unduh aplikasi ini dengan gratis di playstore.

Pinjaman KTA  online DBS ini adalah pinjaman dana jaminan KTP karena persyaratan utama wajib punya e-KTP.

Plafon meminjam sampai 10 juta, tepatnya Rp3.000.000 sd  Rp300.000.000 dengan tenor 12 bulan, 24 bulan dan 36 bulan.

Simulasi Cicilan dan Bunga KTA DBS Digibank

PinjamanCicilanTenorBunga / bulan
Rp 20,000,000Rp 853,55636 bulan1.49%
Rp 30,000,000Rp 1,280,33336 bulan1.49%

#4 PermataKTA Online

Bank Permata melalui aplikasi mobile banking Permata X menawarkan pinjaman online 24 jam. Dalam 24 jam sejak pengajuan sudah ada keputusan dari Permata.

Peminjam mengunduh aplikasi Permata Mobile X di playstore, kemudian di dalam aplikasi terdapat pinjaman uang KTA. Pengajuan cukup dilakukan secara online lewat  aplikasi PermataX dan tidak perlu hadir ke kantor cabang atau bertemu marketing.

Syaratnya simpel, yaitu punya e-KTP dan NPWP serta ponsel yang bisa mengambil foto selfie.

Saya sendiri mencoba aplikasi ini untuk mengajukan kredit KTA online. Dan saya merasakan pengisian aplikasi yang singkat dan tidak bertele-tele.

Dalam waktu 24 jam sejak pengajuan, saya menerima keputusan pengajuan pinjaman uang tunai di Permata Online.

#5 Uang Teman

Uang Teman adalah fintech pemberi pinjaman uang pribadi yang mulai beroperasi sejak 2015. Salah satu pionir pinjaman online langsung cair 24 jam di Indonesia.

Fintech ini menawarkan pinjaman online tanpa jaminan dan kartu kredit. Nasabah mengunduh aplikasi di Playstore dan wajib memiliki KTP serta bisa mengambil foto selfie untuk dapat mengajukan permohonan kredit tanpa jaminan.

Persyaratan adalah Warga Negara Indonesia, usia 21 hingga 65 Tahun dan punya pekerjaan atau penghasilan.

Plafon pinjaman pribadi di Uang Teman mulai dari Rp 1 juta sd Rp 3 juta dengan tenor maksimum 30 hari. Bunga per hari 0.8% sehingga jika meminjam Rp 1 juta maka pengembalian Rp 1.240.000 di hari ke 30 akhir masa kredit.

Uang Teman juga menawarkan pinjaman uang bisa dicicil 2 bulan dan 3 bulan, tetapi hanya diberikan kepada nasabah eksisting loyal dengan catatan pembayaran yang bagus.

#6 Rupiah Plus

Rupiah Plus dikenal sebagai salah satu Fintech pinjaman dana tunai. Strategi marketing yang agresif membuat pinjaman dana cepat ini terkenal di online.

Tetapi, beberapa bulan yang lalu RupiahPlus tampaknya melakukan rebranding. Website tidak bisa diakses lagi dan dialihkan ke brand lain.

Brand yang baru adalah ‘Perdana’. Saat buka website Rupiah Plus, Anda akan ketemu Perdana.

Saya sebut ‘tampaknya’ karena belum ada pemberitahuan resmi dari pihak Rupiah Plus soal rebranding tersebut. Tetapi, jika dilihat, entitas perusahaan yang memiliki RupiahPlus sama dengan yang memiliki Perdana dan ijin OJK yang digunakan RupiahPlus adalah yang digunakan Perdana.

Perdana diajukan lewat aplikasi yang bisa diunduh di playstore. Fintech P2P ini melayani pinjaman online tanpa jaminan dengan pilihan plafon kredit Rp800.000; Rp1.500.000; Rp1.600.000 dan Rp 1.800.000.

Dengan masa tenor 14 hari, bunga adalah 0.8%/hari (tidak ada biaya lain). Jika memilih pinjaman Rp 800.000 dengan tenor 14 hari, maka saat jatuh tempo Anda harus membayar: 800.000*(1+14*0.8%)= Rp 889.600.

#7 KreditPintar

Kredit Pintar diajukan lewat aplikasi pinjaman online pribadi tanpa jaminan. Fintech ini menawarkan pinjaman uang online langsung cair dalam 24 jam.

Pengajuan di Kredit Pintar wajib melalui aplikasi android yang bisa diunduh di playstore. Tidak bisa mengajukan lewat situs, karenanya Anda tidak bisa mengajukan lewat komputer, harus melalui ponsel.

Persyaratan adalah Warga Negara Indonesia, usia 18 hingga 55 Tahun, punya pekerjaan atau penghasilan, memiliki ktp dan nama pemilik rekening pencairan harus sama dengan nama ktp, domisili di Indonesia.

Plafon pinjaman adalah Rp 600 ribu, Rp 1.2 juta dan Rp 2.3 juta. Tersedia tenor 30 hari dan cicilan 2 bulan serta 3 bulan.

Bunga pinjaman tidak disebutkan dalam aplikasi pengajuan. Yang dijelaskan adalah skema simulasi cicilan dan pengembalian.

Simulasi Cicilan dan Bunga KreditPintar

PinjamPencairanPengembalianTenorBunga per Hari
Rp 600,000Rp 540,000Rp 666,00014 hari1.60%
Rp 1,200,000Rp1,080,000Rp 1,332,00014 hari1.60%

Update 2019:

Pinjaman Online Kredit Pintar
Pinjaman Online Kredit Pintar

Kredit Pintar menetapkan opsi jumlah pinjaman dengan tenor masing – masing. Ada 4 opsi pinjaman online cepat cair yang ditawarkan Kredit Pintar, yaitu:

  1. Rp 600,000 dan 14 hari
  2. Rp 1,200,000 dan 14 hari
  3. Rp 1,200,000 dan 28 hari
  4. Rp 2,300,000 dan 3 bulan

Anda harus memilih salah satu opsi diatas untuk mengajukan pinjaman. Tidak bisa memilih di luar opsi diatas.

Kredit Pintar memberikan bunga yang berbeda beda tergantung jumlah plafon pinjaman. Ada beberapa pilihan jumlah pinjaman yang ditawarkan Kredit Pintar.

Untuk menghitung suku bunga yang dibebankan oleh Kredit Pintar, Anda perlu menghitung (1) jumlah dana yang diterima di rekening Anda saat pencairan dan (2) jumlah pelunasan yang harus dibayarkan saat jatuh tempo. Dengan menghitung menggunakan angka ini, Anda bisa mendapatkan perhitungan suku bunga yang akurat.

Bunga KreditPintar Pinjaman Online
Bunga KreditPintar Pinjaman Online

Mari kita lihat hitung bunga pinjaman online kredit pintar.

  • Pinjaman Rp 600,000 dan tenor 14 hari. Dana cair rekening Rp 540,000 dan jumlah pengambalian pinjaman Rp 666,000. Total bunga adalah 18.92% dan 1.4% per hari
  • Pinjaman Rp 1,200,000 dan tenor 14 hari. Dana cair rekening Rp 1,080,000 dan jumlah pengambalian pinjaman Rp 1,332,000. Total bunga adalah 18.92% dan 1.4% per hari
  • Pinjaman Rp 1,200,000 dan tenor 28 hari. Dana cair rekening Rp 1,056,000 dan jumlah pengambalian pinjaman Rp 1,392,000. Total bunga adalah 24.14% dan 0.9% per hari
  • Pinjaman Rp 2,300,000 dan tenor 3 bulan (90 hari). Dana cair rekening Rp 1,955,000 dan jumlah pengambalian pinjaman Rp 2,645,100. Total bunga adalah 26.09% dan 0.3% per hari.

#8 TunaiKita

TunaiKita merupakan salah satu Fintech P2P yang berkembang pesat dalam 1 tahun terakhir. Mulai di awal 2017, pinjaman uang online ini sudah memberikan pencairan kredit senilai puluhan miliar dalam waktu 1 tahun.

Tunaikita menawarkan pinjam uang mulai Rp 500 ribu, 5 juta, 10 juta sd 20 juta tanpa jaminan. Calon peminjam bisa memilih dua jenis produk, yaitu (1) tenor 10 hari sd 30 hari; (2) pinjaman uang bisa dicicil sampai 3 bulan.

Syarat pengajuan dana tunai di Tunaikita adalah Warga Negara Indonesia, usia 21 hingga 60 Tahun, memiliki KTP dan NPWP serta memiliki rekening bank, domisili di wilayah layanan yaitu Jabodetabek, Bandung, Surabaya, Semarang, Kudus, Yogyakarta, Surakarta, Magelang, Denpasar, Malang, Kediri, Jember, Gresik, Banyuwangi, Medan, Batam, Pekanbaru, Palembang, Padang, Makassar, Manado, Pontianak, dan Banjarmasin.

Simulasi Cicilan dan Bunga TunaiKita

PinjamanCicilanPengembalianTenorTotal Bunga
Rp 4,000,000Rp 1,615,000Rp 4,845,0003 bulan21.0%
Rp 6,000,000Rp 2,406,000Rp 7,218,0003 bulan20.3%

#9 Commbank

Commbank menawarkan pinjam uang KTA dengan proses online, tanpa mudah dan cepat.

Pengajuan pinjaman uang secara online di Commbank dilakukan lewat e-form yang disediakan di situs bank asal Australia. Dengan cara ini, untuk mengajukan pinjaman dana tunai di Commbank, Anda tidak perlu mendownload aplikasi KTA.

Plafond KTA Commbank Rp10 juta s/d Rp30 juta (kelipatan Rp 1 juta) dengan masa pinjaman 12 bulan atau 18 bulan. Sistem pembayaran auto-debit dari rekening peminjam di Commbank karena itu pembukaan rekening di Commbank wajib.

Persyaratan adalah nasabah Commbank; domisili di Jakarta, Tangerang, Bogor, Depok, Bekasi, Surabaya, Semarang, Bandung, Yogyakarta, Denpasar, Palembang dan Medan; usia 21 – 55 tahun; penghasilan bersih minimal Rp 3.500.000 (tiga juta lima ratus ribu rupiah) / bulan.

Bunga pinjaman KTA Commbank 1.99% flat/ bulan. Catatan: jika mengambil tenor semakin panjang, biaya bunga semakin besar.

Simulasi Cicilan dan Bunga KTA Commbank

PinjamanCicilanPengembalianTenorTotal Bunga
Rp 10,000,000Rp 1,032,333Rp 12,387,99612 bulan23.88%
Rp 30,000,000Rp 3,097,000Rp 37,164,00012 bulan23.88%

#10 RupiahCepat

RupiahCepat adalah salah satu P2P yang menawarkan pinjam uang secara online dengan cukup agresif belakangan ini. Fintech menggunakan aplikasi dalam pengajuan pinjaman nasabah.

Rupiah Cepat  menawarkan pinjaman mulai Rp 500 ribu hingga Rp 5 juta sampai dengan jangka waktu pelunasan 3 bulan. Fintech mengklaim sebagai pinjaman cepat karena 15 menit untuk mengajukan, dan 2 jam – 48 jam untuk disetujui.

Persyaratan adalah memiliki KTP, minimum usia 22 tahun, memiliki nomor ponsel dan sumber pendapatan yang stabil. Setelah pengajuan, pihak Rupiah Cepat akan menghubungi dalam satu hari kerja setelah menerima pengajuan. Waktu tercepat adalah 20 menit untuk mendapatkan pendanaan.

Pinjaman Online Dana Instan Tokopedia

Tokopedia Dana Instan Pinjaman Uang
Tokopedia Dana Instan Pinjaman Uang

Diluar ke 10 pinjaman uang diatas, saya juga menemukan bahwa Tokopedia menawarkan pinjaman uang online tanpa jaminan di 2019 ini. Nama produk Tokopedia adalah Dana Instan.

Raksasa e-commerce ini menawarkan kredit tanpa jaminan, Dana Instan, dengan plafon pinjaman uang mulai Rp 500 ribu sampai dengan Rp 1.2 juta dengan tenor 14 hari dan 21 hari. Bunga pinjaman disebutkan adalah 1% sehari.

Tokopedia menjanjikan keputusan dalam 24 jam, yaitu: (1) keputusan permohonan dalam waktu 24 jam setelah dilakukan pengajuan dan akan diproses pada hari kerja; (2) pencairan selambat-lambatnya dua hari kerja sejak pengajuan permohonan dilakukan, jika permohonan disetujui.

Bagaimana cara perhitungan bunga pinjaman uang online Tokopedia ?

Berdasarkan pengalaman mengajukan, pencairan Dana instan yang saya terima di rekening adalah Rp 516,000 (untuk pengajuan Rp 600 ribu) sementara pengembalian Rp 600,000 dalam waktu 14 hari, sehingga total pengembalian bunga adalah 16.2%, yaitu (84,000 / 516,000).

Bunga 16.2% dalam waktu 14 hari berarti 1.1% per hari.

Sementara, Tokopedia mengklaim bahwa bunga 1% sehari sehingga 14% untuk pinjaman selama 14 hari. Namun kenyataanya setelah saya hitung bunga efektif per hari adalah 1.1%.

Perbedaan ini terjadi karena dana instan memotong bunga dimuka. Akibatnya, saya tidak terima pinjaman sesuai plafon sewaktu pencairan, pinjam 600 ribu terima 516 ribu.

Cara Mengajukan Pinjaman Online | Duwitmu
Cara Pinjaman Uang Tunai 2019

Kesimpulan

Dalam 2 tahun terakhir, dunia pinjaman uang diserbu kehadiran Fintech. Fintech menawarkan kemudahan dalam permohonan pinjaman uang, baik terkait dana cepat dan dana tunai.

Meskipun lambat bereaksi, tetapi bank akhirnya meluncurkan produk dana tunai pinjaman uang online. Dari review, saya mendapati produk KTA bank online ini cukup bersaing.

Walaupun dalam hal kecepatan proses, bank masih kalah cepat dengan fintech pinjaman online, tetapi pinjaman uang di bank menawarkan bunga yang jauh lebih rendah. Perbedaannya sangat signifikan, sehingga tidak bisa diabaikan oleh calon peminjam.


Leave a Reply

Your email address will not be published.