9 Pinjaman Online Terbaik 2019 Melalui Aplikasi Mobile

  • June 24, 2017

Pinjaman online muncul dan maju cepat dengan kemajuan Financial Technology menghadirkan kemudahan dalam melakukan pinjaman. Salah satunya melalui aplikasi mobile, yang saat ini dihadirkan oleh 9 Fintech Pinjaman Online terbaik di Indonesia. Apa saja pinjaman KTA online dengan aplikasi pinjaman online terbaik? Bagaimana keunggulannya dibandingkan pinjaman KTA konvensional ?

Selama ini, inovasi perusahaan Fintech pinjaman adalah pengajuan kredit secara online melalui website. Calon nasabah cukup masuk ke website untuk mengajukan pinjaman.

Tetapi, sejalan perkembangan teknologi dan menjamurnya penggunaan smartphone, pinjaman ditawarkan tidak lagi melalui website. Namun juga lewat aplikasi mobile (mobile apps).

Mobile apps bisa diunduh di Google PlayStore dan Apple IOS. Mobile apps menawarkan personalisation yang membuat proses peminjaman lebih nyaman, mudah dan cepat.

Itu sebabnya trend di Fintech global adalah bergesernya pinjaman online dari website ke mobile apps. Melalui website sudah mulai ditinggalkan karena dianggap kurang memanjakan nasabah.

Aplikasi Pinjaman Online Terbaik 2019

Di Indonesia, trend pinjaman via mobile apps ini baru dimulai dan masih sangat awal. Namun, melihat cepatnya perkembangan pengguna smartphone, pinjaman via mobile apps hanya tinggal tunggu waktu untuk naik daun di beberapa tahun ke depan.

Saya melakukan review dan mengunjungi pinjaman online terbaik di 2019. Berikut ini hasil review saya soal aplikasi pinjaman online terbaik:

#1 UangTeman

Aplikasi Pinjaman Online Fintech UangTeman
Aplikasi Pinjaman Online UangTeman

UangTeman adalah pelopor pinjaman online di Indonesia. Mulai beroperasi April 2015.

Saat ini, selain melalui website UangTeman.com, calon peminjam bisa mengakses pinjaman dengan mengunduh aplikasi mobile di PlayStore dan IOS.

Aplikasi mobile menawarkan kemudahan. Salah satunya adalah kecepatan proses pencairan yang diklaim oleh UangTeman bisa dalam waktu 15 menit jika semua persyaratan dipenuhi.

UangTeman melayani nasabah tidak hanya di Jabodetabek, tetapi juga Bandung, Jawa Tengah dan Jawa Timur. Tidak hanya itu, di 2017 pelopor Fintech ini rajin berekspansi sampai ke Bali, Makassar, Jambi, Palembang, Lampung dan Balikpapan.

#2 Win Win

pinjaman fintech 2019 Win Win
Aplikasi pinjaman online Win Win

Win Win adalah pinjaman online bermarkas di Surabaya. Mulai muncul di 2016.

Selain melalui website, pengajuan Win Win sekarang bisa lewat aplikasi mobile. Tampak di website mereka, pengajuan di aplikasi mobile dipromosikan cukup gencar.

Saat ini, daerah yang bisa diproses oleh Win Win baru mencakup Jakarta dan Surabaya. Jumlah pinjaman paling tinggi adalah Rp 2 juta dengan masa pinjaman paling lama 30 hari.

Dalam website, Win Win menyebutkan bahwa mereka wajib bertatap muka secara langsung dengan calon nasabah. Tujuannya adalah me-validasi persyaratan dokumen.

#3 Rupiah Plus

Aplikasi Pinjaman Online RupiahPlus
aplikasi pinjaman online RupiahPlus

Rupiah Plus adalah pinjaman online yang baru muncul di 2017. Rupiah Plus hanya bisa diakses via aplikasi mobile yang tersedia di Google Playstore.

Aplikasi RupiahPlus hanya menawarkan dua pilihan nilai  pinjaman, yaitu 600 ribu atau 1.2 juta dengan dua pilihan tenor 7 hari atau 14 hari.

Sayangnya, informasi mengenai persyaratan dan ketentuan tidak disampaikan diawal di aplikasi ini. Calon peminjam harus memasukkan no telpon dan email terlebih dahulu untuk bisa mendapatkan informasi lebih lanjut.

Update 2019 Perubahan ke Perdana:

Terjadi perubahan dalam situs RupiahPlus dari yang sebelumnya bisa diakses menjadi sekarang dialihkan ke Perdana.id. Jika dilihat, perusahaan dan izin antara Rupiah Plus dan Perdana.id adalah sama. Tampaknya Rupiah Plus melakukan re-branding, berganti nama, menjadi Perdana.id.

Perdana diajukan lewat aplikasi. Fintech P2P Perdana ini menawarkan pinjaman online tanpa jaminan dengan plafon kredit: Rp800.000; Rp1.500.000; Rp1.600.000 dan Rp 1.800.000.

Masa tenor 14 hari dan bunga 0.8%/hari (tidak ada biaya lain). Jika memilih pinjaman Rp 800.000 dengan tenor 14 hari, maka pada tanggal jatuh tempo Anda harus membayar: 800.000*(1+14*0.8%)= Rp 889.600.

#4 Julo Finance

Aplikasi Kredit Online Julo
Aplikasi pinjaman online Julo

Julo hanya bisa diakses melalui mobile apps.

Julo menawarkan pinjaman dengan cicilan. Masa cicilan adalah 3 bulan sampai 12 bulan dengan nominal pinjaman Rp 2 juta sampai 8 juta.

Persyaratan penting adalah status wajib pekerja yang tempat tinggal di Jakarta. Ini dibuktikan oleh slip gaji minimal Rp 3 juta, yang wajib diunggah ke aplikasi mobile saat melakukan pengajuan.

Pengajuan harus menggunakan smartphone milik sendiri yang aktif digunakan dalam 2 bulan terakhir.

Update 2019:

Plafon kredit di Julo adalah Rp 2.000.000 sd Rp 8.000.000. Pengembalian pinjaman dengan mencicil selama 3 – 6 Bulan dan bunga 4% per bulan.

Simulasi Cicilan

  • Pinjaman Rp 8 juta – cicilan per bulan Rp 1.6 juta (6 bulan) atau Rp 1.9 juta (5 bulan)
  • Pinjaman Rp 2 juta – cicilan per bulan Rp 413 ribu (6 bulan) atau Rp 746 ribu (3 bulan)

Persyaratan pengajuan adalah umur 21-60 tahun, Warga Negara Indonesia, mempunyai Rekening Bank, bekerja atau berpenghasilan minimum Rp 2 juta dan tinggal di Jabodetabek, Bandung, Surabaya, Manado, Bali, Kalimantan Timur, dan Kep. Riau.

#5 DanaCepat

danacepat pinjaman online 2019

DanaCepat menawarkan pinjaman lewat mobile apps saja.

Perbedaan paling menyolok dengan Fintech lain, DanaCepat memberikan pinjaman awal maksimum Rp 1 juta dalam waktu paling lama 14 hari.

Nilai pinjaman bisa ditingkatkan asal Credit Score nasabah meningkat di DanaCepat. Dalam aplikasi mobile, setiap nasabah akan mendapatkan credit score yang dibuat oleh pihak DanaCepat.

Sayangnya, syarat dan persyatan dokumen tidak dijelaskan rinci dalam aplikasi mobile. Kita harus mengajukan pinjaman dahulu, mengisi no telpon dan email, baru bisa mengetahui persyaratan dokumen dan ketentuan.

#6 Tunaiku

Tunaiku Pinjaman Online

Tunaiku adalah pinjaman KTA dari AmarBank. Mereka baru saja memiliki aplikasi mobile, sebelumnya pinjaman melalui website.

Tunaiku menawarkan pinjaman uang cicilan per bulan. Promo mereka adalah Pinjaman Online Tanpa Jaminan dengan pagu Rp 2 – 20 Juta, syarat KTP saja!

Untuk Anda yang ingin pinjam uang 5 juta atau 10 juta, produk ini bisa digunakan dengan masa tenor cicilan 6 bulan sd 20 bulan. Biaya bunga 3% sd 4% per bulan dan biaya administrasi Rp 540,000 dipotong dimuka.

Meskipun berbasis Fintech, Tunaiku dimiliki oleh Bank Amar. Karena dimiliki bank, Tunaiku bukan P2P Lending.

Persyaratan pengajuan adalah Umur 21-55 tahun, Warga Negara Indonesia, mempunyai Rekening Bank, bekerja atau berpenghasilan (Pekerja swasta & PNS) dan tinggal atau bekerja di area layanan Tunaiku.

Yang perlu diperhatikan dalam proses Tunaiku adalah meskipun pengajuan lewat aplikasi pinjaman online, tetapi ada proses bertemu kurir untuk konfirmasi KTP dan tanda tangan kontrak, yang dilakukan dalam 1-3 hari kerja.

#7 TunaiKita

TunaiKita adalah pinjaman online yang beroperasi di awal 2017.

Pinjaman di TunaiKita hanya bisa via mobile apps, yang harus diunduh via Google PlayStore. Dalam keterangan, aplikasi masih dalam tahap beta version.

Berbeda dengan pinjaman online yang biasanya payday loan, TunaiKita menawarkan pinjaman dengan cicilan. Mulai dari tenor 3 sampai 6 bulan dengan jumlah pinjaman Rp 1 sampai Rp 7 juta.

Tingkat bunga berbeda – beda tergantung skor kredit yang dihasilkan. Di website disebutkan bahwa “Setiap pelanggan bisa mendapatkan perhitungan berbeda tergantung skor kredit, nominal dan tenor pinjaman”.

#8 Modalku

Modalku Fintech

Modalku adalah P2P lending, yang memanfaatkan dana masyarakat untuk menyalurkan pinjaman. Belum lama ini, Modalku meluncurkan aplikasi mobile.

Target pinjaman di Modalku umumnya adalah UMKM, dengan nominal pinjaman sampai Rp 2 Miliar dengan masa cicilan 24 bulan.

Karena jumlah pinjaman relatif besar, proses persetujuan memakan waktu ± 5 hari kerja. Hal tersebut disampaikan dalam halaman mobile apps mereka.

Salah satu fitur Modalku adalah calon peminjam bisa mengajukan melalui mitra mereka, yaitu Bukalapak, Moka, Tokopedia dan sebagainya.

#9 Koinworks

Koinworks Pinjaman Online

Koinworks adalah Fintech P2P Lending. Selain melalui website, mereka memiliki aplikasi mobile.

Mereka menawarkan pinjaman untuk usaha, kesehatan dan pendidikan. Nominal bisa sampai Rp 500 juta dengan tenor cicilan 6 sampai 24 bulan.

#10 KlikACC

KlikACC adalah platform pinjaman online P2P Lending yang menawarkan pinjaman mulai dari Rp 4 juta sampai Rp 2 Miliar dengan masa pinjaman 3, 6 dan 12 bulan. Pinjaman dibawah 100 juta tidak perlu jaminan, sedangkan diatasnya perlu.

Bunga ditetapkan mulai dari 1% per bulan berdasarkan jenis produk atau keputusan pihak KlikACC. Dengan kata lain, bunga bisa lebih besar dari 1% per bulan.

Pinjaman ditujukan untuk UMKM. Tidak jelas dalam situsnya apakah terdapat produk pinjaman konsumer atau tidak.

Update 2019:

KlikACC hanya melayani pinjaman online kepada peminjam pribadi yang tergabung pada jaringan ritel mitra KlikACC.

Dari situs KlikACC, mitra mereka adalah Indosat, Tokopedia, iForte, Communication Cable Systems Indonesia, Anahata dan SYB.

Prosedur pengajuan pinjaman online di P2P ini adalah:

  • Registrasi Online via web atau aplikasi android. Isi data lengkap Anda pada form online sesuai dengan petunjuk. Mohon diisi dengan data yang sesuai dan benar.
  • Anda akan menerima email notifikasi atas status pengajuan pinjaman Anda bahwa pengajuan Anda disetujui atau ditolak.
  • Jika pengajuan pinjaman Anda disetujui, pihak KlikACC akan melakukan verifikasi melalui telfon dan survey terhadap data-data yang diberikan.
  • Jika pengajuan pinjaman Anda disetujui oleh pihak verifikasi, pinjaman Anda akan tercantum pada daftar investasi untuk investor dapat membiayai Anda

Update 2019

Pinjaman KTA Online Bank

Setelah tampak ketinggalan dengan kehadiran Fintech pinjaman online yang tumbuh dengan agresif di 2018, bank mulai bergerak dengan cepat di 2019 ini. Sejumlah bank meluncurkan pinjaman KTA online.

Hanya sayangnya, pinjaman kta bca online, yang banyak dicari orang, sampai saat ini belum tersedia pengajuan secara online. Tetapi, jangan khawatir, ada banyak pilihan KTA online dari beberapa bank, yang Anda akan kaget dan suprises atas kemajuan teknologi dan kemudahan penggunaan yang ditawarkan bank – bank ini.

Saya melakukan review terhadap produk pinjaman online KTA yang dihadirkan sejumlah bank di 2019. Pinjaman online KTA bank ini menawarkan sejumlah fitur yang cukup menarik, antara lain tanpa kartu kredit, langsung cair, yang selayaknya jadi pertimbangan calon peminjam.

#11 Pinjaman KTA Online Commbank

Pinjaman KTA Online Commbank
Pinjaman KTA Online Commbank

Commbank meluncurkan produk KTA yang disebut KTA TymeDigital. Keunggulan produk pinjaman KTA online ini adalah:

  • Pengajuan dilakukan secara online melalui e-form yang tersedia di website bank asal Australia ini.
  • Data pribadi peminjam di ponsel aman karena pengajuan lewat website saja, tanpa perlu mengunduh aplikasi.
  • Persyaratan cukup hanya e-KTP. Tidak perlu kartu kredit, tidak perlu rekening payroll dan tanpa jaminan.

KTA Commbank memberikan plafon pinjaman Rp10 juta s/d Rp30 juta (kelipatan Rp 1 juta) dengan dua pilihan tenor, 12 bulan atau 18 bulan.

Bunga KTA tanpa kartu kredit Commbank ini sebesar 1.99% flat per bulan.
Saat ini, Commbank menggratiskan Biaya Administrasi dan Biaya Provisi. Promosi yang menarik karena rata – rata bank membebankan KTA dengan biaya admin yang cukup tinggi.

#12 Permata Online

Pinjaman KTA Online Bank Permata
Pinjaman KTA Online Bank Permata

Pinjaman KTA online tanpa kartu kredit ditawarkan Bank Permata lewat aplikasi mobile banking PermataX. Bank milik Astra ini menjanjikan proses yang mudah dan cepat untuk pinjaman KTA online Permata ini.

Unduh aplikasi Permata Mobile X di Google Playstore, kemudian di dalam aplikasi mobile banking Anda akan bisa memilih pengajuan pinjaman dana tunai tanpa jaminan KTA online.

Pengajuan cukup dilakukan secara online dan tidak perlu hadir ke kantor cabang atau bertemu dengan marketing KTA. Syaratnya cukup simpel, yaitu e-KTP dan NPWP serta melakukan foto selfie. Saya mencoba dan merasakan pengisian form aplikasi yang singkat dan tidak bertele-tele.

Dalam waktu 24 jam sejak pengajuan pinjaman KTA online langsung cair, saya menerima keputusan dari Bank Permata soal pengajuan saya ini.

#13 Pinjaman KTA Online SCB

Pinjaman KTA Online Bank SCB Indonesia
Pinjaman KTA Online Bank SCB Indonesia

Bank SCB menawarkan pinjaman tanpa jaminan secara online. KTA online milik SCB Indonesia menawarkan fitur yang berbeda dari yang umumnya ditawarkan pinjaman online.

Pengajuan lewat online mempermudah calon konsumen untuk mengajukan kredit pinjaman tanpa agunan karena tampilan aplikasi e-form online KTA SCB simpel, mudah digunakan dan memberikan petunjuk cara pengajuan secara online yang user-friendly.

Fitur pinjaman online KTA SCB adalah:

  • Pinjaman: Rp 5 juta sd Rp 300 juta
  • Tenor Kredit: 12 bulan sd 60 bulan

Bunga adalah: 1.29% untuk karyawan dan 1.49% untuk pengusaha. Bunga berbeda – beda pula tergantung plafon pinjaman. Bunga promosi 0.69% hanya berlaku untuk pinjaman > 150 juta sd 300 juta.

Kesimpulan

Kehadiran Fintech yang menawarkan pinjaman online melalui aplikasi mobile memberikan alternatif akses keuangan kepada masyarakat. Sekarang, Anda yang membutuhkan kredit, tidak lagi harus ke lembaga perbankan.

Tentu saja, kemudahan ini, perlu dibarengi sikap bijak dalam memilih pinjaman online terbaik. Semuanya kembali lagi ke pribadi masing – masing. Teknologi itu netral pada dasarnya.

Selamat Mencoba !

3 Responses

  1. Brillie

    Kak, aplikasi dana cepat itu kalo gak salah masuk dalam daftar 227 pinjaman online ilegal oleh OJK lho. Apakah sekarang aplikasi itu sudah terdaftar di OJK?

    24 Pinjaman Dana Cepat – Happy Money

    125 Pinjaman Dana Cepat Dana tunai – Happy Money

    OJK menyarankan hindari menggunakan aplikasi pinjam uang yang ilegal (tidak terdaftar di OJK) karena resikonya sangat tinggi. Selain bunga tinggi, tak ada jaminan kalau pengelolanya bakal tetap berada di Indonesia saat ada masalah, karena sebagian besar ada di luar negara.

    Tapi kalau aplikasi dana cepat yang dimaksud berbeda dengan daftar yang dimaksud OJK, ya mungkin cuma kemiripan nama kali ya?

    Reply
  2. link alternatif 18hoki

    Mampir disini karena ada temen share postingan ini. Dan emang keren, memberi pencerahan min hehe.

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published.