Advertisements

12 Kartu Kredit Cimb Niaga Terbaik (Bunga, Limit) Pengalaman Apply

Advertisements

Kartu kredit Cimb Niaga adalah salah satu kartu kredit dengan banyak pilihan jenis kartu untuk memenuhi kebutuhan konsumen yang juga beragam. Mana kartu paling cocok untuk Anda ? Saya review 12 kartu kredit Niaga 2019 2020. Saya juga mencoba apply online. Ikut pengalaman saya dan Anda bisa tahu apa yang perlu dipersiapkan jika ingin apply kartu kredit Niaga.

Tidak dipungkiri, kartu kredit adalah alat pembayaran penting, apalagi di era digital saat ini dimana banyak transaksi via internet mewajibkan pembayaran dengan kartu.

Punya kartu yang fiturnya bagus, iurannya murah dan apply-nya gampang, jadi penting.

Kali ini, saya review kartu dari bank Cimb Niaga.

Review ini terdiri atas tiga bagian, yaitu:

  • Syarat dan Ketentuan, Bunga dan Biaya kartu kredit Cimb
  • Jenis kartu kredit yang ditawarkan Cimb Niaga (ada banyak !)
  • Pengalaman apply online kartu kredit Cimb Niaga

Syarat dan Dokumen

Pengajuan kartu kredit terdiri atas syarat dan dokumen.

Advertisements

Syarat bicara soal kriteria konsumen yang bisa mengajukan kartu kredit di Niaga, yaitu:

  • Usia pemegang Kartu Utama 21 – 65 tahun dan Pemegang Kartu Tambahan 17 – 70 tahun
  • Minimum penghasilan tergantung pada jenis kartunya, mulai dari Rp 3 juta per bulan

Dokumen yang diminta, secara umum, adalah:

  • Fotokopi KTP/Paspor (khusus WNA)
  • Fotokopi surat Slip Gaji/Asli Surat Keterangan Penghasilan/Fotokopi SPT PPH 21
  • Fotokopi Rekening Koran/Tabungan (3 bulan terakhir)
  • Fotokopi NPWP (batas limit >Rp 50 mio)

Meskipun dari syarat dan dokumen tampak cukup singkat, namun sebaiknya Anda lihat nanti bagaimana persyaratan apply online.

Bunga dan Biaya

Di industri kartu kredit, suku bunga diatur oleh Bank Indonesia, lewat Peraturan Bank Indonesia, yang mematok suku bunga kartu kredit seragam di 2.25% per bulan untuk belanja ritel maupun tarik tunai.

Advertisements

Namun, meskipun rate-nya sama, cara perhitungan bunga belanja ritel dan tarik tunai berbeda, dimana bunga Pembelanjaan (Retail)  ditambahkan pada penagihan berikutnya jika Pemegang Kartu tidak membayar seluruh saldo terhutang pada Tanggal Jatuh Tempo Pembayaran, sementara bunga Penarikan Uang Tunai (Cash Advance) dikenakan sejak Tanggal Pembukuan Penarikan Uang Tunai (Cash Advance).

Istilah yang cukup teknis!

Singkatnya, suku bunga belanja baru dihitung saat jatuh tempo dan jika pemegang kartu tidak membayar lunas (jika bayar lunas bunga tidak ada), sementara suku bunga cash advanced dihitung sejak pemegang kartu mengambil uang tunai.

Implikasinya, penarikan tunai cash advance menimbulkan beban bunga yang lebih besar dibandingkan belanja ritel meskipun tingkat bunganya sama sama 2.25% dan nominal transaksi sama.

Bagaimana dengan bunga cicilan tetap? Apakah juga mengikuti 2.25% per bulan ?

Jika konsumen mengubah menjadi cicilan tetap, bunga cicilan per bulan bisa berbeda – beda tergantung kebijakan masing – masing bank.

Di Bank Cimb Niaga, bunga cicilan tidak dijelaskan di awal, sehingga jika ingin meubah menjadi cicilan perlu menanyakan terlebih dahulu berapa bunganya.

Bagaimana dengan biaya ? Apa biaya selain bunga ?

Jenis biaya – biaya yang umum adalah:

  • Iuran Tahunan mulai dari gratis seumur hidup sampai Rp 1 juta per tahun tergantung jenis kartu
  • Biaya tarik tunai kartu kredit 6% dari uang ditarik atau minimum Rp 300 ribu sd Rp 150 ribu
  • Pembayaran Minimum 10% dari tagihan kartu kredit atau minimum Rp 100 ribu atau Rp 50 ribu
  • Biaya Keterlambatan Pembayaran: 3% dari Total Tagihan (termasuk transaksi yang dijadikan cicilan) atau minimum Rp 75 ribu

Khusus kartu kredit berbasis Syariah di bank Cimb Niaga, berlaku tarif dan biaya yang berbeda, yaitu:

  • Kafalah Fee merupakan biaya atas fasilitas penjaminan yang diberikan Bank bagi Pemegang Kartu terhadap Merchant atas semua kewajiban bayar yang timbul dari transaksi antara Pemegang Kartu dengan Merchant. Perhitungan Kafalah Fee ditentukan berdasarkan kredit limit.
  • Rebate yang merupakan apresiasi yang diberikan Bank kepada Pemegang Kartu.
  • Net Kafalah Fee merupakan biaya Kafalah Fee dikurangi dengan rebate, yang dibebankan kepada Pemegang Kartu setiap bulan
  • Jika Pemegang Kartu melakukan pembayaran tagihan secara penuh (full payment) sebelum tanggal jatuh tempo dan tidak ada kondisi yang menimbulkan konsekuensi biaya, maka Bank dapat memberikan apresiasi kepada Pemegang kartu berupa pengurangan Kafalah Fee secara penuh (full rebated). Sehingga pemegang kartu tidak dibebankan Net Kafalah Fee.

Limit Kartu Kredit

Berapa limit kartu kredit Cimb Niaga, misalnya Gold atau Classic serta lainnya ?

Limit ditentukan berdasarkan keputusan masing -masing bank berdasarkan kebijakan kredit internal.

Secara umum, faktor yang menentukan limit kartu kredit adalah:

  1. Limit kartu kredit sebelumnya. Jika punya kartu kredit di bank lain dan statusnya lancar (tidak menunggak pembayaran), bank akan menggunakan limit kartu lain ini sebagai basis, bisa diberikan limit yang sama atau lebih tinggi, kalau lebih rendah jarang
  2. Jika tidak ada kartu bank lain, limit bisa dihitung dari berapa kali penghasilan per bulan. Yang umum 2x sd 3x dari penghasilan.
  3. Patokan umum bank untuk maksimum hutang adalah 30% kewajiban per bulana dari penghasilan. Berdasarkan laporan BI Checking atau SLIK OJK, bank menghitung kira -kira berapa kewajiban hutang per bulan dan dari situ dihitung menggunakan formula 30% berapa limit kartu kredit yang masih bisa diberikan.

Secara umum jenis kartu Premium akan memiliki limit lebih tinggi dibandingkan jenis kartu regular, tetapi itu karena minimum penghasilan di kartu Premium lebih tinggi dari kartu Regular.

Kartu Kredit Cimb Niaga Premium

Premium adalah kasta top-end kartu kredit Niaga dengan manfaat, benefit dan fitur terbaik dibandingkan kartu kartu lainnya.

Tentu saja, butuh kriteria tertentu (biasanya lebih ketat) untuk bisa mendapatkan kartu jenis premium ini.

Cimb Niaga memiliki 5 jenis kartu Premium.

#1 Ultimate

Kartu Niaga Ultimate penuh dengan manfaat terutama terkait travelling, jalan jalan.

Ada cashback 4% dari transaksi ritel di Jepang, Korea Selatan, China dan Taiwan, dengan maksimum cashback per bulan Rp 2.000.000.

Poin yang diberikan menarik, yaitu : 9x Poin Xtra untuk setiap pembelanjaan ritel Rp 5.000 (lima ribu rupiah).

Poin bisa ditukarkan untuk banyak hal, misalnya tiket gratis, makan gratis dan manfaat lainnya.

Concierge Service Assistance: layanan khusus untuk pemegang kartu kredit Premium CIMB Niaga seperti pemesanan peminjaman mobil, dining referral & reservation assistance, informasi tiket penerbangan, event.

#2 World

Kartu Niaga World Premium menonjolkan manfaat untuk travelling dan golf.

Golf Privileges, yaitu dengan minimum saldo Rp 15.000.000 (jumlah tagihan yang sudah tercetak / outstanding billing) pada saat melakukan reservasi Golf, berhak mendapat fasilitas sebagai berikut:

  • Diskon 50% di Lapangan Golf di Jakarta, Tangerang, Bogor, Bandung dan Surabaya
  • Gratis fasilitas bermain Golf di lapangan golf di Indonesia, Singapura, Malaysia, Thailand, Vietnam, Filipina & Kamboja.

Untuk poin, World memberikan Double Poin Xtra, untuk setiap pembelanjaan ritel Rp 5.000 (lima ribu rupiah).

Atas 2 Poin Xtra tersebur dapat ditukarkan dengan 1 KrisFlyer (belanja Rp 5.000 = 1 KrisFlyer) dan Poin Xtra juga bisa ditukarkan dengan Frequent Flyer Garuda Miles, Asia Miles, BIG Point ataupun berbagai pilihan shopping voucher.

#3 World Le Club AccorHotels

Kartu Niaga World Le Club AccorHotels adalah co-branding Cimb Niaga dengan jaringan hotel Accor, sehingga manfaat utama kartu ditujukan untuk konsumen yang menginap di hotel Accor.

Pemegang kartu memperoleh gratis keanggotaan Accor Plus, yang memberikan euntungan:

  • Gratis menginap 1 malam di Accor setiap tahun
  • Tambahan diskon 10% dari tarif terbaik yang tersedia di di jaringan Accor sepanjang tahun.

Makan di jaringan restoran hotel Accors mendapatkan diskon, 25% sd 50% untuk max 1 anggota dan 3 orang dewasa.

Untuk poin, kartu World Le Club AccorHotels menyediakan poin Rewards ALL – Accor Live Limitless, dengan keuntungan: Welcome Bonus 2000 Poin Rewards ALL dan setiap transaksi ritel kelipatan Rp 20.000 mendapatkan 8 Poin Xtra + 1.5 Poin Rewards ALL.

#4 Visa Infinite

Cimb Niaga Visa Infinite card adalah salah satu kartu Niaga dengan manfaat poin rewards paling kompetitif.

Berbeda dengan card Niaga lainnya, Visa Infinite memberikan 3 (tiga) Poin Xtra untuk setiap pembelanjaan ritel Rp 5.000 (lima ribu rupiah). Dengan nilai transaksi yang sama, konsumen mendapatkan poin lebih banyak di Visa Infinite dan poin bisa ditukarkan dengan 1 KrisFlyer (belanja Rp 5.000 = 1 KrisFlyer).

Dengan skema ini, Visa Infinite menawarkan poin KrisFlyer paling bagus diantara kartu kredit lainnya, karena nilai transaksi Visa Infinite lebih kecil menghasilkan poin lebih tinggi.

Manfaat lain adalah: Airport Lounge, fasilitas cicilan untuk tenor sd 36 bulan, fasilitas airport handling (dengan tukar poin), Concierge Service Assistance dan perlindungan asuransi otomatis jika melakukan transaksi dengan Visa Infinite.

#5 Preferred Visa Infinite

Ada satu kartu kredit bank Cimb Niaga yang paling tinggi kelasnya, yaitu Preferred Visa Infinite. Kenapa ? karena card ini hanya bisa dimiliki jika Anda sudah menjadi nasabah Preferred di Bank Cimb Niaga.

Jadi, kartu ini bersifat undangan. Begitu menjadi nasabah Preferred, berdasarkan kriteria saldo tertentu di rekening tabungan, otomatis dapat kartu ini.

Manfaat Preferred Visa Infinite card antara lain adalah cashback 1% untuk transaksi di luar negeri dalam mata uang asing, dengan maksimal cashback Rp 1.000.000 per periode tagihan, lalu fasilitas Airport Lounge Hanya Rp 1 (Satu Rupiah) berlaku di Jakarta, Bali, Medan, Malaysia, Singapore, Thailand & Kamboja.

Bebas iuran tahunan seumur hidup sepanjang pemegang card menjadi nasabah CIMB Preferred.

Kartu Kredit Cimb Niaga Regular

Dugaan saya, jenis kartu ini dikeluarkan untuk menjangkau lebih banyak orang, setelah kartu premium yang lebih eksklusif. Supaya banyak orang bisa punya kartu kredit.

Maka disebut kartu regular.

Syaratnya tidak berat, minimum penghasilan kecil, namun limit yang diberikan relatif rendah dan fiturnya tidak sebanyak premium card.

Kalau freshgraduate, baru masuk kerja atau baru pertama kali mengajukan kartu kredit, saran saya ajukan jenis kartu regular ini.

Ada 5 kartu reguler.

#6 Mastercard Platinum

Niaga Mastercard Platinum memberikan gratis iuran tahunan seumur hidup.

Kartu ini punya fasilitas Cicilan Tetap dimana konsumen bisa belanja dan merubah transaksinya menjadi cicilan dengan jangka waktu angsuran 3, 6 dan 12 bulan.

Proses perubahan ke cicilan cukup simpel melalui Internet Banking Credit Card di www.cimbclicks.co.id atau Phone Banking di 14041 sebelum tanggal cetak tagihan.

Poin Xtra reward diperoleh dengan setiap kelipatan pembelanjaan Rp 5,000 dan poin bisa ditukarkan dengan berbagai hadiah, termasuk miles penerbangan.

CIMB Niaga Platinum memberikan extra perlindungan asuransi untuk setiap pembelanjaan berupa Purchase Protection dan Travel Insurance.

#7 Visa Platinum

Visa menawarkan bebas iuran tahunan selamanya, tetapi dengan syarat, yaitu: bertransaksi minimum Rp 24 juta rupiah dalam setahun.

Apabila transaksi ritel kurang dari Rp 24 juta rupiah per tahun, maka dikenakan iuran tahunan Rp 350.000.

Visa Platinum memberikan double Poin Xtra untuk setiap transaksi Rp 5 ribu di website penerbangan, sedangkan untuk transaksi lainnya mendapatkan 1 Poin Xtra per Rp 5 ribu.

Poin Xtra Visa Platinum dapat ditukarkan dengan program Airline Mileage dengan nilai konversi: 3 Poin Xtra = 1 KrisFlyer atau 1 Garuda Miles atau 1 Asia Miles atau 3 AirAsia BIG.

Poin bisa digunakan untuk fasilitas Airport Lounge dengan menukarkan 10.000 Poin Xtra Visa Platinum.

Tersedia cicilan 0% untuk 3 bulan dengan minimum pembelanjaan Rp 500 ribu.

Secara otomatis mendapatkan perlindungan asuransi berupa Perlindungan Pembelian, Asuransi Kecelakaan dalam Perjalanan dan Asuransi Ketidaknyamanan Perjalanan apabila bertransaksi menggunakan Kartu Kredit CIMB Niaga Visa Platinum.

#8 Gold

Dibawah kartu jenis Platinum, ada kartu kredit Gold Cimb Niaga yang juga menawarkan gratis iuran tahunan.

Namun, ada sedikit perbedaan antara Visa Gold dan Mastercard Gold dalam memberikan gratis iuran ini, yaitu: MasterCard gratis iuran tahunan seumur hidup, sementara VISA gratis iuran tahunan untuk 2 tahun pertama.

Advertisements

Kartu Gold memberikan fasilitas cicilan tetap dengan mengubah transaksi belanja menjadi angsuran jangka waktu 3, 6 dan 12 bulan.

Untuk poin, Gold menetapkan 1 Poin Xtra setiap pembelanjaan Rp 5,000,- dan poin ini bisa dimanfaatkan untuk berbagai hal.

#9 Syariah Gold

Salah satu jenis kartu kredit Syariah di Indonesia adalah Niaga Syariah Gold yang mana seluruh transaksi dengan dilakukan dengan akad-akad sesuai Prinsip Syariah, yaitu Akad Kafalah (akad penjaminan), Qardh (akad pinjam meminjam) dan Ijarah (akad pembiayaan jasa).

Selain fitur Syariah, kartu ini menawarkan gratis iuran tahunan seumur hidup untuk kartu utama.

Setiap transaksi ritel kelipatan Rp 5.000,-(lima ribu rupiah) akan mendapat 1 (satu) Poin Xtra.

Related Post

Ada pula fasilitas Cicilan Tetap untuk transaksi senilai minimum Rp 500.000 (lima ratus ribu rupiah).

#10 Classic

Kartu jenis classic, dikenal di kalangan industri kartu kredit, sebagai kasta paling rendah. Namun, tampaknya Cimb Niaga tetap memberikan manfaat yang menarik di Classic card Cimb Niaga.

Iuran tahunan Classic card diberikan gratis seumur hidup untuk Mastercard dan hanya di 2 tahun pertama untuk Visa.

Fasilitas cicilan tetap selama 3, 6 dan 12 bulan serta poin Xtra untuk setiap transaksi berkelipatan Rp 5,000.

Kartu Kredit Cimb Niaga Special

Kelompok kartu Niaga special adalah kartu – kartu yang merupakan kerjasama dengan lembaga lain (co-branding) atau jenis card yang boleh dibilang cukup unik di pasar.

#11 Platinum Le Club AccorHotels

Kartu ini adalah co-branding CIMB Niaga dan Accor Hotels dengan manfaat utama adalah pemberian poin ALL – Accor Live Limitless, sebagai berikut:

  • Welcome bonus 500 Poin Rewards ALL
  • Transaksi ritel kelipatan Rp 20.000 di : jaringan Accor Hotels mendapatkan 4 Poin Xtra + 0.5 Poin Rewards ALL, Merchant lainnya mendapatkan 2 Poin Xtra + 0.25 Poin Rewards ALL dan Setiap 16 Poin Xtra dapat ditukarkan dengan 2 Poin Rewards ALL

Manfaat poin ALL adalah gratis menginap di seluruh jaringan Accor Hotels di dunia tanpa blackout dates, dengan menggunakan 2000 Poin Rewards ALL.

#12 Precious

Card Cimb Niaga Precious menawarkan manfaat Asuransi Kesehatan berupa dana santunan senilai Rp. 100 juta untuk resiko kanker serviks atau payudara, dengan syarat pemegang Kartu Utama yang aktif bertransaksi minimal Rp. 1.000.000 (berlaku akumulasi) dalam 3 bulan terakhir.

Advertisements

Ada promo kartu kredit berupa bonus voucher belanja Rp. 1.000.000 dengan transaksi ritel minimal Rp. 15.000.000 dalam 2 periode cetak tagihan dan cicilan dengan bunga 0% untuk tenor 3 bulan berlaku untuk minimum transaksi Rp. 500.000.

Untuk konversi poin, Niaga Precious card memberikan 5x Konversi lebih tinggi untuk penukaran Poin Xtra ke Voucher belanja/poin, yaitu: 10.000 Poin Xtra = Rp. 500.000 Voucher belanja (di kartu Niaga lain voucher Rp 100 ribu untuk jumlah poin yang sama).

#13 Wave n Go

Wave n Go Niaga card memiliki fitur transaksi dengan tapping atau contactless. Anda tidak perlu gesek atau colok kartu ke mesin EDC, yang umum dilakukan, tetapi cukup menempelkan kartu untuk bisa. melakukan transaksi.

Di luar negeri, cara transaksi secara contactless seperti Wave n Go card ini sudah umum, tetapi di Indonesia masih jarang karena perlu mesin EDC tertentu dan jenis kartunya juga harus tertentu.

Manfaat Wave n go adalah cash back 10% untuk transaksi belanja online, kecuali Hotel, Airlines, Tour & Travel. Maksimum nilai cash back untuk transaksi adalah Rp 50.000/transaksi.

Everyday 0% Installment: untuk semua transaksi minimum Rp 500.000 untuk periode 3 bulan, dan Gratis iuran tahunan untuk CIMB Niaga Wave n Go card.

Pengalaman Apply Kartu Kredit Cimb Niaga Online

Kartu kredit Cimb Niaga menyediakan fasilitas pengajuan secara online di situs CIMB Niaga. Saya mencobanya.

Pengajuan ternyata hanya bisa dilakukan lewat ponsel atau HP, sementara pengajuan lewat laptop atau PC tidak bisa.

Langkah – langkahnya adalah:

#1 Apply di Ponsel dan Tanda Tangan Elektronik

Apply Online Kartu Kredit Cimb Niaga

Saya masuk ke situs Cimb Niaga dan apply kartu kredit dengan ponsel.

Satu hal yang berbeda, karena pengajukan aplikasi dilakukan secara online tanpa tatap muka, konsumen perlu melakukan tanda tangan elektronik sebagai pengganti tanda tangan basah.

Tanda tangan elektronik sah secara hukum dan sudah diatur oleh OJK serta Kominfo, dengan syarat platform tanda tangan elektronik yang digunakan sudah sertifikasi Kominfo.

Cimb Niaga kerjasama dengan PrivyID sebagai platform tanda tangan elektronik yang sudah sertifikasi Kominfo.

Caranya, konsumen harus mendaftarkan diri di website PrivyID untuk mendapatkan User ID dan password yang nanti digunakan saat melakukan tanda tangan elektronik di aplikasi Cimb Niaga.

Karena sudah pernah mendaftar sebelumnya di PrivyID, saya sudah tidak perlu mendaftar lagi dan bisa langsung menggunakan User ID yang sudah ada. Sebagai catatan, kita bisa menggunakan User ID Privy untuk melakukan tanda tangan elektronik di berbagai tempat asalkan platform yang dipakai adalah Privy juga.

Setelah User ID saya isi, data data pribadi yang tersimpan di Privy ditarik oleh Cimb Niaga dan proses pendaftaran dimulai.

#2 Pilih Jenis Kartu dan Data Pribadi

Pilih Kartu dan Isi Data Pribadi

Saya harus memilih jenis kartu Cimb Niaga yang akan saya apply. Untuk setiap pengajuan, saya hanya bisa apply satu jenis kartu kredit.

Setelah memilih, saya mulai mengisi data pribadi. Data yang wajib diisi cukup banyak dan detil.

Mulai dari data nama, tempat dan tanggal lahir, KTP, NPWP, Agama, pendidikan, status perkawinan, jumlah tanggungan dan nama ibu kandung.

#3 Data Alamat dan Kontak

Alamat dan Kontak
Advertisements

Data alamat dan kontak adalah data selanjutnya yang harus saya isi, menyangkut detil alamat, no telepon dan sebagainya, lalu status rumah dan sudah berapa lama tinggal di alamat tersebut.

Data alamat yang diminta sampai ke tingkat kelurahan, kecamatan serta RT/RW.

#4 Data Pekerjaan dan Penghasilan

Isi Pekerjaan dan Penghasilan

Bagian yang penting dan selalu ada di apply card adalah data pekerjaan dan penghasilan.

Data pekerjaan mulai dari nama perusahaan, alamatnya, no kontak, status pekerjaan, sudah berapa lama kerja, posisi di perusahaan, bidang usaha dan lain – lainya.

Jika baru bekerja kurang dari 1 tahun, bank meminta informasi pekerjaan sebelumnya secara cukup detil.

#5 Data Keluarga Dekat dan Fasilitas Pembayaran

Keluarga Dekat dan Fasilitas Pembayaran

Data keluarga dekat wajib diisi soal nama, hubungan keluarga dekat, alamat dan no kontak. Biasanya analis kredit bank akan melakukan pengecekan secara random ke keluarga dekat.

Keluarga dekat ini wajib tidak serumah.

Kemudian, masuk bagian fasilitas pembayaran, dimana bank menanyakan apakah konsumen ingin melakukan pembayaran secara auto debit, potong dari tabungan di Cimb Niaga.

Diisi juga tagihan pembayaran akan dikirimkan ke alamat mana, rumah atau kantor. Lebih mudah jika menggunakan e-mail untuk menerima lembar tagihan.

#6 Perlindungan Asuransi Jiwa dan Referensi Bank

Asuransi dan Referensi Kartu Kredit Lain

Mendekati bagian akhir, kartu kredit Cimb Niaga mewajibkan konsumen mengambil asuransi jiwa, yang dibungkus dalam bahasa halusnya “Perlindungan Jiwa dan Perlindungan Penyakit Kritis”.

Yang penting diketahui, asuransi ini bukan pilihan tetapi kewajiban. Kenapa ?

Saya coba untuk tidak klik “Setuju”, akibatnya saya tidak bisa melangkah ke langkah berikutnya untuk mengajukan aplikasi.

Jadi, dari sini saya simpulkan konsumen wajib ‘Setuju’ untuk mengambil asuransi.

Masalahnya, saya harus bayar asuransi ini dari prosentase tertentu transaksi setiap bulan. Ada biaya tambahan yang saya harus bayarkan.

Saya lalu klik ‘Setuju’, baru bisa pindah ke langkah berikutnya, yaitu informasi referensi bank.

Referensi bank adalah data – data kartu kredit yang dimiliki di bank lain.

#7 Ambil Foto Dokumen

Ambil Foto Dokumen

Langkah terakhir adalah mengambil foto dokumen dokumen menggunakan kamera ponsel. Wajib menggunakan kamera ponsel, tidak bisa mengupload dokumen yang sudah ada.

Ada banyak dokumen yang harus difoto, yaitu:

  • KTP
  • Foto Selfie
  • NPWP
  • Kartu Kredit Bank Lain
  • Dokumen Pendapatan
  • Rekening Bank 3 bulan terakhir
  • Tambahan dokumen pendukung

#8 Submit Apply Kartu Kredit

Langkah terakhir adalah submit apply kartu kredit.

Setelah ini, tinggal tunggu pihak kartu kredit Cimb Niaga akan menghubungi untuk menindaklanjuti.

Tips Pengajuan Kartu Kredit

Ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan dalam pengajuan kartu kredit, yaitu:

a) Pilih Jenis Kartu yang Tepat

Ada banyak pilihan produk kartu kredit. Itu bukannya tanpa maksud.

Pilih kartu yang paling sesuai dengan kebutuhan. Bandingkan card yang paling cocok.

Jika tidak perlu kartu kredit jenis premium tidak perlu diambil karena iuran tahunan dan biayanya mahal.

Mulai dengan kartu yang syaratnya paling mudah dahulu, lalu seiring waktu tunjukkan pemakaian transaksi yang aktif dan catatan pembayaran yang bagus (ini paling penting !)

Kemudian, dengan menggunakan kartu yang track record-nya apik tersebut, nanti Anda bisa minta kenaikkan limit kartu dan upgrade jenis kartu.

b) Hati Hati Cicilan Tetap

Idealnya, Anda bayar lunas tagihan setiap bulan agar bunga kartu kredit tidak membebani.

Dengan mengubah transaksi menjadi cicilan, Anda sebetulnya sudah “mengunci” untuk menjadi membayar bunga selama masa angsuran, tidak bisa lagi membayar lunas tagihan kartu setiap saat jika tidak ingin kena denda.

Cermati benar jika ingin merubah transaksi menjadi cicilan. Menurut saya, merubah ke cicilan bukan a good money habit, bukan cara mengelola keuangan yang sehat.

Dari kartu yang berfungsi menjadi alat transaksi, dengan mengubah menjadi cicilan tetap, Anda beralih menjadi ber-hutang konsumtif.

c) Punya Kartu Kredit Bank Lain

Saat mengajukan untuk memiliki kartu kredit, kembali lagi, idealnya, Anda sudah punya kartu kredit di bank lain dengan catatan pembayaran bagus.

Bank sangat suka calon pemegang kartu yang punya kartu kredit sebelumnya (dan bagus).

Semakin lama masa keanggotaan kartu kredit semakin baik. Semakin besar limit kartu kredit juga semakin baik karena kemungkinan disetujui pengajuannya akan semakin besar.

d) Catatan Kredit Bagus

Bank melakukan pengecekan catatan kredit dan pinjaman calon nasabah melalui SLIK OJK (dulu BI Checking).

Catatan kredit yang buruk, pernah menunggak atau bahkan gagal bayar, akan menghalangi persetujuan pengajuan.

Catatan kredit menjadi hal yang krusial dalam proses pengajukan aplikasi kartu kredit.

e) Lengkapi Semua Persyaratan

Semua persyaratan dokumen yang diminta oleh bank sebaiknya dilengkapi, termasuk NPWP.

Bank cukup ketat soal persayaratan dokumen. Jika dokumen kurang, pengajuan biasanya tidak akan diproses lebih lanjut.

Dokumen penghasilan menjadi salah satu dokumen asli yang perlu disampaikan. Pasti menyampaikan dokumen slip gaji yang memang biasa dicek keasliannya.

f) Ajukan Secara Online

Di era digital, Cimb Niaga menawarkan pengajuan secara online dengan mengakses aplikasi di situs CIMB Niaga.

Pengajuan online menghemat waktu dan bisa dilakukan kapan saja.

Dengan adanya tanda tangan elektronik yang sudah diakui keabsahannya, proses pengajuan secara online sudah kuat secara hukum dan regulasi.

Yang penting adalah (1) dokumen siap karena ada banyak dokumen yang harus Anda unggah; (2) pengajuan online hanya bisa dilakukan lewat ponsel, tidak bisa lewat PC.

Kesimpulan

Kartu kredit Cimb Niaga menyediakan banyak jenis kartu. Mulai dari jenis regular sampai dengan premium.

Ada banyak kebutuhan konsumen yang bisa diakomodasi dalam berbagai jenis kartu kartu ini.

Proses pengajuan secara online cukup membantu sehingga tidak arus ketemu dengan sales kartu kredit dan bisa dilakukan kapan dan dimana saja.

Advertisements