Silakan masukkan kata kunci pada kolom pencarian

BukuKas Aplikasi Pembukuan Catatan Keuangan Usaha Bisnis UMKM Review

Daftar Isi

BukuKas Aplikasi Pembukuan Catatan Keuangan UMKM Review

BukuKas adalah aplikasi untuk melakukan pencatatan keuangan usaha dan bisnis untuk UMKM. Apa fitur, manfaatnya ? apa betul janjinya membantu usaha kecil menengah ? Kami mencoba dan melaporkan pengalaman menggunakan layanan ini.

Hasil review kami menunjukkan bahwa BukuKas bisa diubduh gratis tanpa biaya dan menawarkan berbagai fitur yang mempermudah pencatatan keuangan usaha kecil, seperti penjualan, stok, pengeluaran, pembuatan laporan, pengelolaan hutang piutang namun kelemahan aplikasi ini adalah lamanya konfirmasi uang masuk, perlindungan data pribadi dan belum ada opsi agen PPOB untuk warung.

Masalah utama UMKM adalah sulitnya melakukan pencatatan usaha secara akurat dan sistematis. Padahal dalam bisnis, data dan analisa itu krusial sekali.

Banyak usaha kecil yang gagal akibat ketidaktahuan kondisi arus kas dan keuangan bisnis secara dini. Jadi, bisnisnya itu untung atau rugi, berapa penjualan serta pengeluaran, tidak diketahui dengan baik.

Masalah ini coba dipecahkan oleh BukuKas dengan menawarkan layanan aplikasi pembukuan secara gratis untuk UMKM. Gratis ini cocok untuk pengusaha kecil yang punya keuangan terbatas.

Kita akan bahas lebih detail aplikasi BukuKas ihwal cara daftar, fitur dan manfaat yang ditawarkan, lalu di akhir kita kupas kelebihan dan kelemahan penggunaannya.

Apa itu BukuKas

BukuKas adalah aplikasi akuntansi, catatan keuangan harian dan hutang piutang / buku warung juga aplikasi keuangan gratis yang bisa digunakan oleh semua tipe usaha dan bisnis.

Diklaim bahwa aplikasi telah digunakan oleh lebih dari 5 juta pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah yang tersebar di 750 kota di seluruh Indonesia.

Dengan mempunyai catatan keuangan harian digital dan aplikasi keuangan bisnis di HP, pengusaha bisa mengelola catatan keuangan harian, akuntansi, penjualan, pengeluaran, kasbon, catatan hutang piutang, dan keuntungan usaha.

Cara Daftar

Sebelum menikmati berbagai fitur, pertama-tama tentu kita harus tahu bagaimana cara mendaftar akun BukuKas.

1. Unduh Aplikasi

Download terlebih dahulu aplikasi BukuKas di Google Play Store atau Apps Store.

Unduh Aplikasi BukuKas

2. Masuk ke Aplikasi

Jika sudah, buka aplikasi tersebut dengan mengetuk menu Buka.

Masuk aplikasi BukuKas

3. Daftar Akun

Kita akan diarahkan menuju halaman pendaftaran. Di mana pada halaman pendaftaran ini diharuskan menggunakan nomor telepon.

Daftar Buka Akun BukuKas

4. Masukkan No Telp

Di tahap ini silakan masukan nomor telepon yang masih aktif, karena kode verifikasi akan masuk melalui SMS atau via WhatsApp.

Masukan nomor telepon yang masih aktif

5. Cek OTP

Periksa kode verifikasi yang dikirim via SMS jika kita memilih OTP Via SMS. Cek WA jika kirim ke WA.

Masukkan Kode OTP di Aplikasi BukuKas

6. Isi Data Pribadi

Jika sudah, kita akan langsung disuguhkan beberapa form yang berkaitan dengan biodata. Seperti nama, kategori pengguna secara pribadi atau bisnis, dan lain-lain.

Isi Data Pribadi Aplikasi BukuKas

7. Simpan

Kemudian, ketuk menu Simpan setelah selesai mengisi data.

ketuk menu Simpan setelah selesai mengisi data.

8. Terdaftar di BukuKas

Nah, di tahap ini kita sudah memiliki akun BukuKas dan bisa digunakan untuk melakukan pencatatan pembukuan.

Terdaftar di BukuKas

Kelebihan BukuKas

Sejumlah manfaat dari menggunakan aplikasi catatan keuangan ini adalah:

1. Gratis, Aplikasi Pembukuan Online di HP

Pengusaha bisa melakukan pencatatan dan pembukuan secara o line 24/7 cukup lewat HP.

Gratis lagi. Tidak dipungut biaya untuk mengunduh aplikasi BukuKas.

Cocok buat pengusaha umkm yang punya modal terbatas dan ingin bisa memonitor usahanya secara mobile.

Aplikasi Pembukuan Online di HP

2. Pencatatan, Pengingat Hutang Piutang

Catat transaksi hutang piutang secara rutin dan atur pengingat penagihan dan tanggal jatuh tempo. Kirim pengingat hutang piutang ke pelanggan atau supplier via WhatsApp & SMS

Melalui fitur yang satu ini juga kita bisa mencantumkan tanggal jatuh tempo terhadap hutang tersebut. Sehingga kita bisa mendapatkan pemberitahuan sebagai pengingat yang dikirimkan via WA.

Kirim pengingat hutang piutang ke pelanggan atau supplier via WhatsApp & SMS

Hal ini menghindari terjadinya hutang piutang yang telat dibayar karena tidak adanya pengingat secara otomatis.

3. Pencatatan  Transaksi Pembelian Penjualan

Fitur BukuKas selanjutnya yakni pencatatan segala transaksi pembelian dan penjualan.

Pada fitur ini kita bisa mencatat informasi transaksi secara terperinci, mulai dari metode pembayaran hingga jenis barang yang dijual serta diterima.

Kita bisa kirim invoice digital via WhatsApp / SMS ke pelanggan atau koneksikan aplikasi BukuKas ke Printer Bluetooth untuk cetak struk.

Kita bisa kirim invoice digital via WhatsApp / SMS ke pelanggan atau koneksikan aplikasi BukuKas ke Printer Bluetooth untuk cetak struk.

Pelanggan diberikan opsi pembayaran. Tinggal masukkan detail rekening bank dan kirim linknya ke pelanggan untuk pembayaran. Bebas biaya transfer antar bank & pembayaran instan!

Uniknya, kita juga bisa mencantumkan foto boneka atau data-data pendukung lainnya sebagai bukti tambahan bulanan di suatu hari terjadi sesuatu yang tidak diinginkan.

4. Laporan Penjualan dan Rugi Laba

Sebagai seorang pebisnis, kita harus lebih jeli terhadap laporan penjualan yang mana nantinya sangat berpengaruh terhadap perkembangan kemajuan bisnis.

Ketahuilah, sekali saja membuat laporan penjualan yang salah maka akan berantakan pada strategi lainnya.

Pada fitur ini aplikasi menyediakan tiga bentuk laporan yakni

  • laporan posisi keuangan,
  • laporan laba rugi, serta
  • laporan modal yang dapat diunduh sebagaimana kebutuhan.
aplikasi BukuKas menyediakan laporan keuangan

Yang tak kalah menarik dari fitur ini adalah catatan pengeluaran yang bisa menjadi ringkasan tahunan. Dalam artian di akhir tahun kita akan mendapatkan notifikasi berupa ringkasan laporan penjualan selama satu tahun.

5. Pencatatan data supplier dan pembeli

Ada sesuatu yang pantang dilupakan pebisnis, yaitu pencatatan data supplier dan pembeli.

Di mana dua komponen ini memiliki hal fundamental dalam tercapainya target yang diinginkan.

Melalui aplikasi keuangan BukuKas kita bisa menikmati fitur untuk merekap dan mengelola data-data penting yang berkaitan erat dengan data supplier dan pembeli.

Sehingga pada saat kita ingin melakukan re-stok terhadap produk yang sudah habis, kita tidak perlu kebingungan mencari supplier yang baru karena data supplier sebelumnya telah diamankan.

6. Pembuatan buku terpisah

Multibook adalah fitur untuk membuat lebih dari satu pembukuan dan memungkinkan kita untuk memisahkan pembukuan personal dan bisnis maupun memisahkan pembukuan beberapa jenis bisnis.

Hal ini tentu saja memudahkan. Apalagi buat yang punya beberapa usaha serta ingin memastikan keuangan pribadi dan keuangan usaha tidak tercampur.

7. Kartu nama digital

Kurang afdol rasanya jika sebagai seorang pebisnis tetapi kita tidak memiliki identitas digital yang bisa dijadikan sebagai media promosi secara online.

Tidak bisa dipungkiri bahwa kartu nama menjadi bukti kredibilitas seseorang dalam menjalankan usahanya.

Sebab calon-calon pelanggan pasti akan melihat hal ini untuk membeli kepercayaannya. Sehingga kita sangat diharuskan untuk memiliki kartu nama digital.

Tidak hanya itu, hal menarik lainnya adalah kita tidak perlu repot membuat desain terhadap kartu nama digital ini karena di dalamnya sudah tersedia desain yang cantik nan gratis.

8. Desain Interface Nyaman

Sebelum mengunduh sebuah aplikasi, tidak bisa dipungkiri bahwa desain interface adalah hal utama yang menjadi perhatian.

Karena biasanya aplikasi tidak hanya digunakan satu kali saja, melainkan berkali-kali dalam setiap hari.

Orang-orang tentu kebanyakan akan memilih aplikasi yang memang dikemas dengan sebegitu menawan ditambah sentuhan gradasi warna yang unik.

Dan aplikasi BukuKas bisa dibilang juara dalam hal ini. Betapa tidak, pilihan warna kuning dan putih menampilkan kesan yang elegan.

Bahkan, berdasarkan ilmu Psikologi mengatakan bahwa warna kuning memiliki definisi sebagai pemberian kesan yang hangat dan ramah bagi siapa pun yang melihatnya.

9. Monitor Arus Kas Lebih Baik

Masalah di pengusaha kecil adalah kerap tidak bisa memonitor arus kas dengan baik. Akibatnya sering salah dalam melihat masalah dalam keuangan.

Dengan menggunakan BukuKas pengusaha bisa memantau laju arus kas dengan lebih baik.

Aliran dana terhadap bisnis akan melaju ke arah mana? Hal ini yang pantang untuk dilewatkan. Karena pengaruhnya sangat besar untuk kemajuan bisnis.

Selain itu, dengan mengetahui bagaimana laju arus kas maka secara otomatis dapat mengurangi adanya persepsi negatif terhadap aliran dana yang tidak jelas arahnya ke mana.

Dengan menggunakan BukuKas pengusaha bisa memantau laju arus kas dengan lebih baik.

Kelemahan BukuKas

Kami menemui sejumlah kelemahan ketika menggunakan aplikasi ini..

1. Uang masuk ke akun butuh rentang waktu yang lama

Kelemahan dari BukuKas yakni bilamana kita ingin mencairkan uang ke akun kita, maka rentang waktu yang dibutuhkan terbilang cukup lama.

Kisaran satu hingga dua minggu proses uang tersebut masuk ke dalam. Meskipun begitu kita tidak perlu khawatir karena uang tersebut dijamin akan masuk ke akun BukuKas yang kita miliki.

2. Isyarat konfirmasi yang lama dikirim

Cukup berbeda dari aplikasi lainnya, BukuKas harus membutuhkan waktu yang cukup lama untuk memberikan isyarat konfirmasi.

Hal ini yang sering kali menjadi keluhan beberapa orang. Sebab seharusnya isyarat konfirmasi ini bisa dilakukan dalam hitungan beberapa detik saja.

3. Keamanan Data Pribadi, Perusahaan

Concern soal keamanan data privasi di aplikasi BukuKas.

Data penjualan dan keuangan yang krusial dan mungkin confidential disimpan di server pihak lain. Baik pengusaha maupun individual perlu sadar bahwa keamanan dan perlindungan data menjadi yang utama.

Pihak BukuKas, tentu saja, menyatakan bahwa akan melindungi data pengguna. Of course !

Tapi, masalahnya, tidak ada regulator atau otoritas pengawas, seperti OJK, Bank Indonesia atau Kominfo, yang mengawasi aplikasi ini.

Kenapa kami bisa bilang begitu ?

  • Kami tidak menemukan izin regulator di situs atau aplikasi
  • Logo regulator tidak ada di dalam situs maupun aplikasi BukuKas

Tanpa adanya pengawasan dari regulator, perlindungan data pribadi menjadi kurang efektif. Sementara, data yang diambil oleh aplikasi cukup sensitif dan bersifat privat.

Berikut ini adalah ringkasan data pribadi yang diambil dan diolah oleh BukuKas yang disampaikan dalam “Kebijakan Privasi” di situs BukuKas:

“Informasi yang dapat diidentifikasi secara pribadi dapat mencakup, tetapi tidak terbatas pada:

  • Nama depan dan nama belakang
  • Nomor telepon
  • Alamat, Negara Bagian, Provinsi, ZIP / Kode pos, Kota
  • Cookie dan Data Penggunaan
  • Jenis perangkat seluler yang Anda gunakan, 
  • ID unik perangkat seluler Anda, 
  • alamat IP perangkat seluler Anda, 
  • sistem operasi seluler Anda , 
  • jenis browser Internet seluler yang Anda gunakan, 
  • Pengidentifikasi perangkat unik, dan data diagnostik lainnya (“Data Penggunaan”). “

Memang soal perlindungan data pribadi masih problematik karena belum ada UU Perlindungan Data Pribadi di Indonesia. Ini masih jadi perdebatan soal regulasinya.

Dari pihak BukuKas sebaiknya bisa menunjukkan sertifikasi atau ISO soal keamanan data konsumen di sistem mereka. ISO dilakukan oleh pihak ketiga, yang paling tidak bisa mengevaluasi keamanan data secara independen.

Saat ini, di situs BukuKas tidak terdapat ISO atau sertifikasi soal keamanan data dari pihak ke-3 yang independen. Yang bisa menjamin bahwa data konsumen terlindung dan tidak bocor.

4. Belum Ada Layanan PPOB

Belum menyediakan layanan untuk warung atau pengguna aplikasi menjadi agen PPOB yang melayani pembayaran dan tagihan transaksi, seperti token listrik, konter pulsa, hingga paket data.

Layanan PPOB bisa mendatangkan penghasilan tambahan yang lumayan buat warung dari pembayaran fee transaksi.

BukuKas: Aman Tidak, Penipu Bukan

BukuKas punya legalitas dalam bentuk Perseroan Terbatas di Indonesia, atas nama PT BEEGROUP FINANCIAL INDONESIA.

Apakah penipuan ? Kalau penipuan, jelas bukan. Hal ini bisa kita lihat dari aplikasi, situs dan investor BukuKas. Ini aplikasi yang legit, bukan penipuan.

Apakah aman pakai BukuKas ?

Di situs mereka tidak ada penjelasan soal izin dan pengawasan dari regulator, misalnya dari OJK, Bank Indonesia atau Kominfo. Tidak ada logo dari regulator tersebut di situs BukuKas.

Pengawasan regulator penting untuk memastikan keamanan data pengguna. Banyak data pengguna yang sensitif, yang diambil oleh BukuKas, lewat aplikasi mereka.

BukuKas sendiri punya kebijakan privasi yang secara rinci menjelaskan soal data pribadi yang diambil dan komitmen untuk menjaga data tersebut dari kebocoran.

Bagikan Melalui

Daftar Isi

Berlangganan Duwitmu

Komentar (0 Komentar)

Tulis Komentar - Balasan untuk Tito Shadam

Email Anda tidak akan di publish

Batalkan Membalas

Captcha Wajib Diisi

Artikel Terkait