Silakan masukkan kata kunci pada kolom pencarian

Beda BukuWarung vs BukuKas, Mana Aplikasi Terbaik

Daftar Isi

Beda BukuWarung vs BukuKas, Mana Aplikasi Terbaik

Mana yang lebih baik antara BukuWarung dan BukuKas ? Apa perbedaan aplikasi catatan keuangan UMKM ini ? 

Kami mengundang seorang penulis tamu untuk mencoba keduanya dan memberikan penilaian soal mana aplikasi terbaik.

Singkatnya, secara fitur kedua aplikasi sama - sama kuat dan appealing untuk UMKM, dimana BukuWarung menawarkan cara mencatat keuangan secara online lewat aplikasi yang mudah, sedangkan BukuKas juga menawarkan aplikasi catatan keuangan untuk usaha, stok barang dengan fungsi yang tidak jauh berbeda, namun perbedaan keduanya terasa disaat kita menggunakan karena masing - masing punya keunggulan dalam hal UX UI di aplikasi, yang mungkin pengalamannya akan terasa berbeda di setiap pengguna.

Kehadiran kedua aplikasi catatan keuangan ini karena melihat kebutuhan UMKM untuk mencatat berbagai pembukuan transaksi agar keuangan bisa terkelola dengan baik.

Dengan pencatatan arus kas yang  semakin terperinci dan tertata, pemilik usaha bisa tahu ke mana saja arah pembelian dan pengeluaran yang telah dilakukan. Dengan demikian, target omzet dapat tercapai dalam waktu yang telah ditentukan atau bahkan lebih cepat dari itu.

Apa hal yang menjadi perbedaan dari BukuWarung dan BukuKas ? Mari kita simak.
 

Tampilan UX UI Aplikasi

Menyasar pada bagian krusial dalam sebuah aplikasi yakni tampilan antar muka UX UI yang disajikan. Bagian ini menjadi sentral utama saat seseorang menggunakan sebuah aplikasi.

Mulai dari gradasi warna yang diusung hingga penempatan berbagai fitur yang terlihat tertata atau tidak.

Hal ini akan menjadi penilaian tersendiri bagi para pengguna. Begitu juga dengan aplikasi keuangan BukuWarung dan BukuKas yang memiliki desain interface berbeda satu sama lain.
 

1. BukuKas

Pada aplikasi BukuKas, kamu akan disuguhkan dengan desain interface yang mengusung warna dominan kuning dan putih. Kedua warna ini bisa dibilang saling melengkapi satu sama lain dari berbagai sisi.

Betapa tidak, menurut ilmu Psikologi mengatakan bahwa warna putih dan kuning memberikan kesan ramah dan nyaman bagi siapa saja yang melihatnya.

Pada aplikasi BukuKas, kamu akan disuguhkan dengan desain interface yang mengusung warna dominan kuning dan putih. Kedua warna ini bisa dibilang saling melengkapi satu sama lain dari berbagai sisi.


Selain itu, kamu pun akan dibuat nyaman karena aplikasi BukuKas ini user friendly.

Sangat cocok untuk kamu yang menyukai warna putih ataupun biru, bilamana kamu memiliki kegiatan yang cukup lama dalam proses pembukuan transaksi.
 

2. BukuWarung

BukuWarung mengusung warna dominan putih dan biru untuk desain interface-nya.

Tak kalah menarik dari BukuKas, karena kedua warna dominan ini juga disebut-sebut memiliki nilai estetika yang tinggi.

BukuWarung mengusung warna dominan putih dan biru untuk desain interface-nya.


Tidak hanya perihal warna, tetapi efek yang dihasilkan pun membuat mata serasa lebih dimanjakan dan bikin nyaman meskipun digunakan dalam jangka waktu beberapa jam.

Di samping itu, BukuWarung pun sangat user friendly yang dalam artian mudah digunakan dan dipahami terhadap berbagai fitur yang ada di dalamnya.

Perbedaan BukuWarung dengan BukuKas, tidak hanya soal pemilihan warna, tetapi juga pada posisi arus kas transaksi.

Pada BukuWarung kamu tidak bisa langsung melihat bagian arus kas transaksi, melainkan harus menekan menu 'Transaksi' terlebih dahulu.

Sementara pada aplikasi BukuKas, kamu tidak perlu menekan menu apa pun karena bagian tersebut langsung muncul di halaman beranda utama.
 

Persentase Jumlah User, Rating

Sudah menjadi rahasia umum bahwasanya sebelum mengunduh sebuah aplikasi kamu pasti melihat seberapa banyak jumlah pengguna serta rating dari aplikasi tersebut di PlayStore.

Hal ini bukan semata-mata untuk membandingkan, melainkan dengan informasi ini pengguna bisa mengetahui mana aplikasi yang memiliki performa tinggi.

Sebab biasanya besarnya persentase yang berhasil diraup oleh sebuah aplikasi, menentukan performa dan kualitas dari aplikasi itu sendiri.
 

1. BukuKas

Untuk persentase jumlah pengguna pada aplikasi BukuKas tercatat lebih dari lima juta (12/01/2022) di Google Play Store.

Sedangkan untuk rating yang berhasil diraup yakni 4,3/5. Untuk takaran rating ini bisa dibilang sangat baik dan mencerminkan sebuah aplikasi yang memiliki performa tinggi.

Menariknya, meskipun dikemas dengan sejumlah fitur unggulan tetapi BukuKas ini hanya berukuran 18 MB yang tentunya tidak berpengaruh signifikan pada memori internal di ponsel.

2. BukuWarung

Sementara itu untuk jumlah pengguna pada aplikasi BukuWarung tercatat lebih dari lima juta pengguna di Asia Tenggara ini (12/01/2022).

Sedikit berbeda dari aplikasi BukuKas yang mendapatkan rating 4,3/5, BukuWarung memiliki rating yang sedikit lebih tinggi yakni 4,5/5.

Dalam hal ini bisa kita tarik kesimpulan bahwa BukuWarung memiliki peminat yang lebih banyak dari BukuKas.

Ya memang tidak heran, karena fitur yang disuguhkan pun benar-benar mampu memenuhi kebutuhan pencatatan pembukuan bisnis banyak orang.

Dan perbedaan lainnya adalah kamu hanya cukup mengosongkan memori internal ponselmu sebesar 9,7 MB saja. Dalam artian, tentu lebih besar ruang penyimpanan yang harus disiapkan untuk aplikasi BukuKas.
 

Fitur Aplikasi Keuangan BukuKas dan BukuWarung

Beralih pada fitur aplikasi yang krusial bagi pengguna. 

Di mana terdapat beberapa perbedaan antara BukuKas dan BukuWarung.
 

A. Pencatatan, Penagihan, Pembayaran Utang Piutang

Aplikasi BukuKas dan BukuWarung sama - sama memiliki fitur pencatatan, penagihan dan pembayaran, dan berjalan baik saat digunakan.

Perbedaannya adalah pada penempatan fitur yang tidak sama. 

Langkah-langkah untuk menggunakan pada aplikasi BukuKas lebih sederhana daripada BukuWarung.

B. Multiple Finance Recording

Fitur ini sama-sama dimiliki kedua aplikasi. Memiliki kegunaan untuk melakukan pembukuan jika memiliki lebih dari satu usaha.

Perbedaan keduanya terletak di bagian langkah-langkahnya.

Jika pada aplikasi BukuKas kamu hanya cukup mengetuk menu yang berada di pojok kiri atas, sedangkan pada BukuWarung kamu harus menekan icon strip tiga yang sama-sama berada di pojok kiri atas juga.

C. Stok Barang

Perbedaan lain pada BukuKas dan BukuWarung terletak di laporan stok barang.

1. BukuKas

Pada menu stok barang, di aplikasi BukuKas, kamu bisa memasukan berapa saja jumlah stok minimum. 

Sehingga bilamana suatu hari stok barang kurang dari jumlah yang diatur maka secara otomatis akan masuk pada daftar stok menipis.

2. BukuWarung

Sedangkan pada BukuWarung tidak ada batas minimum stok barang. Jadi bilamana stok barang menipis maka barang tersebut akan masuk pada list barang yang jumlahnya tinggal satu.

Tidak ada warning bahwa stok sudah menipis di BukuWarung.
 

Ringkasan Perbedaan BukuWarung vs BukuKas

Berikut ini rangkuman perbedaan antara kedua aplikasi pencatatan keuangan ini:

 BukuWarungBukuKas
UX/UIWarna Biru 
Putih,  
User Friendly
Warna Putih  
Kuning,  
User Friendly
Jumlah User5 jutaan +5 jutaan +
Rating4.54.3
Kapasitas9,7 MB18 MB
Pencatatan,  
Penagihan
Sedikit  
Lebih Rumit
Lebih  
Simpel
Multiple Finance  
Recording
TersediaTersedia
Stok BarangTidak Ada  
Batas Stok Minimum
Ada Batas  
Stok Minimum

 

Kesimpulan

Demikian penjelasan mengenai beda BukuKas dan BukuWarung dari berbagai sisi. Kamu mungkin bisa menilai mana aplikasi keuangan yang lebih worth it untuk dipilih.

Pada dasarnya, kedua aplikasi tersebut memiliki kelebihan yang sama-sama unik dan menarik. Tentunya dengan membawa keunggulan fitur yang dimilikinya.

Bagikan Melalui

Daftar Isi

Berlangganan Duwitmu

Artikel Terkait