Silakan masukkan kata kunci pada kolom pencarian

Buku Warung Aplikasi Catatan Keuangan UMKM: Cara Daftar, Aman Tidak

Daftar Isi

Buku Warung Aplikasi Catatan Keuangan UMKM: Cara Daftar, Aman Tidak

BukuWarung adalah aplikasi untuk mencatat aktivitas keuangan bisnis UMKM dan individual secara online. Apa fiturnya, bagaimana cara daftar serta keunggulan dan kelemahan aplikasi ini ? Apa aman, penipuan tidak ? 

Ikuti review dari pengalaman salah satu tim kami menggunakan aplikasi ini.

Aplikasi keuangan BukuWarung kini tengah menjadi perbincangan hangat di kalangan masyarakat khususnya generasi milenial. Pasalnya seiring dengan perkembangan zaman yang semakin pesat maka ada banyak kegiatan yang beralih ke sektor digital.

Semisal kegiatan pencatatan uang yang kini semakin mudah untuk dilakukan. Tidak perlu menghabiskan banyak buku untuk mencatat keuangan karena semuanya bisa dilakukan di aplikasi BukuWarung.

Sebenarnya tidak hanya untuk melakukan pencatatan uang saja, akan tetapi ada banyak kegiatan lainnya yang bisa direkap secara tertata di dalamnya.

Aplikasi semacam BukuWarung ini menarik karena menawarkan manfaat di era digital:

  • pentingnya mencatat aktivitas keuangan, baik untuk usaha maupun untuk individual. Catatan pengeluaran, misalnya, menjadi informasi krusial untuk kita bisa mengetahui apakah keuangan kita sehat atau tidak.
  • karena berbasis aplikasi, pencatatan keuangan menjadi lebih mudah. Berbeda sekali dengan dulu saat harus mencatat di buku, sekarang dengan bantuan aplikasi menjadi lebih mudah, cepat dan terorganisir dengan baik, serta kecil kemungkinan datanya hilang.

Untuk mengetahui lebih jauh, kami meminta salah satu anggota tim kami yang kebetulan sudah memakai BukuWarung untuk memaparkan pengalamannya menggunakan aplikasi pencatatan keuangan ini.

Berikut ini review BukuWarung, yang meliputi cara daftar akun, fitur - fitur di dalamnya, apa kelebihan dan kekurangan dari aplikasi ini.
 

Apa itu BukuWarung

BukuWarung adalah aplikasi pembukuan UMKM yang dibuat dengan tujuan untuk memudahkan pemilik usaha dalam mencatat pembukuan usahanya. Yang dulunya dicatat melalui buku secara manual, kini seiring majunya perkembangan zaman, pembukuan usaha bisa melalui aplikasi di handphone.

Solusi yang ditawarkan adalah:

  • Pembukuan. Catat transaksi penjualan dan utang dengan mudah.
  • Pembayaran Digital. Tagih dan bayar dengan GRATIS biaya admin melalui bank atau e-wallet. Didukung oleh Xendit yang terlisensi Bank Indonesia.
  • Tokoko. Buka toko online GRATIS cuma 15 detik.
     

Aman Tidak, Izin, Penipu Bukan

BukuWarung punya legalitas dalam bentuk Perseroan Terbatas di Indonesia, atas nama PT Buku Usaha Digital.

Apakah penipuan ? Kalau penipuan, jelas bukan. Hal ini bisa kita lihat dari aplikasi, situs dan investor BukuWarung. Ini aplikasi yang legit, bukan penipuan.

Apakah aman pakai BukaWarung ?

Di situs mereka tidak ada penjelasan soal izin dan pengawasan dari regulator, misalnya dari OJK, Bank Indonesia atau Kominfo. Tidak ada logo dari regulator tersebut di situs BukuWarung.

Pengawasan regulator penting untuk memastikan keamanan data pengguna. Banyak data pengguna yang sensitif, yang diambil oleh BukuWarung, lewat aplikasi mereka. 

Berdasarkan informasi di situs BukuWarung, data privasi yang diambil tersebut antara lain adalah:

  1. data yang menyangkut informasi pribadi Anda antara lain nama, nomor Kartu Tanda Penduduk/SIM/paspor, alamat email, alamat, dan nomor telepon Anda;
  2. informasi rekening dan informasi finansial yang Anda berikan, yang mana informasi rekening akan diteruskan kepada Pihak Ketiga Terpilih;
  3. data transaksi penagihan dan pembayaran;
  4. data berupa isi notifikasi pemberitahuan di gawai anda terkait kegiatan transaksi di situs ecommerce dan pembayaran digital lainnya
  5. data lokasi riil atau perkiraannya seperti alamat Internet Protocol, lokasi Wi-Fi, geo-location, dan sebagainya;

Ini data data penting semua yang pengguna pasti tidak ingin bocor ke orang tidak bertanggungjawab. Jadi, pengawasan dari regulator, dalam hal penggunaan data menjadi sangat penting dan krusial.
 

Cara Daftar Akun Menggunakan BukuWarung

Di era yang serba mudah jangan sampai masih bikin kamu susah, sebab itu lakukan segala bentuk pencatatan keuangan dengan mendaftar akun di aplikasi BukuWarung.
 

1. Unduh Aplikasi di PlayStore

Download aplikasi BukuWarung melalui Google Play Store atau Apps Store di ponsel. Jika sudah, buka aplikasi BukuWarung tersebut.


Download aplikasi BukuWarung melalui Google Play Store atau Apps Store di ponsel. Jika sudah, buka aplikasi BukuWarung tersebut.
 

2. Daftar 

Ketuk menu Masuk, lalu kamu akan diarahkan menuju halaman pendaftaran di aplikasi Buku Warung


Ketuk menu Masuk, lalu kamu akan diarahkan menuju halaman pendaftaran.

Masukkan nomor telepon dan ketuk menu Lanjut. Pastikan nomor telepon yang dimasukkan aktif dan bisa menerima SMS guna mendapatkan kode verifikasi.

Masukkan nomor telepon dan ketuk menu Lanjut di aplikasi Buku Warung. Pastikan nomor telepon yang dimasukkan aktif dan bisa menerima SMS guna mendapatkan kode verifikasi.

Setelah kode verifikasi masuk, maka akan secara otomatis terisi pada kolom isian kode verifikasi telepon.
 

3. Update Profil

Selanjutnya masukkan nama toko atau usaha yang ingin kamu gunakan nantinya di bagian menu profil dan pilih Lanjut

Jangan lupa, pilih kategori usaha yang akan kamu jalankan. Jika sudah memilih kategori usaha, ketuk menu Lanjut.
 

4. Masuk Aplikasi

Di tahap ini kamu akan disuguhkan dengan halaman utama aplikasi BukuWarung yang mengusung warna biru dan putih untuk desain interface nya.

Di tahap ini kamu akan disuguhkan dengan halaman utama aplikasi BukuWarung yang mengusung warna biru dan putih untuk desain interface nya.
 

5. Isi Tujuan

Kemudian jangan lupa untuk memilih salah satu tujuan pembukuan yang ingin kamu jalankan. Sampai tahap ini sudah selesai dan kamu bisa memulai proses pembukuan dengan aplikasi BukuWarng.

Kemudian jangan lupa untuk memilih salah satu tujuan pembukuan yang ingin kamu jalankan. Sampai tahap ini sudah selesai dan kamu bisa memulai proses pembukuan dengan aplikasi BukuWarng.
 

Alamat, Kontak CS

Anda dapat menyampaikan pertanyaan, kritik dan saran, keluhan, maupun pengaduan sehubungan dengan Data Pribadi melalui e-mail 

Instagram: @bukuwarung_; Facebook: BukuWarung Indonesia; Twitter: @BukuWarung; Youtube: BukuWarung
 

Keunggulan Aplikasi BukuWarung

Dari pengalaman menggunakan aplikasi, sejumlah kelebihan dalam menggunakan BukuWarung adalah:
 

a. Aplikasi Gratis, Online, Cocok untuk UMKM Usaha Kecil

Pengusaha kecil UMKM punya keterbatasan modal. Itu sebabnya pengusaha kecil ini tidak bisa membeli sistem pencatatan keuangan yang canggih dan komprehensif, meskipun pencatatan tersebut super penting untuk memonitor dan menganalisa usaha. 

BukuWarung menawarkan solusi dengan membuat aplikasi catatan keuangan dan pembukuan bisnis UMKM yang memudahkan pencatatan transaksi keuangan usaha sehari-hari.

Yang jelas, aplikasi catatan pembukuan bisnis ini gratis, tanpa biaya. Jadi, sangat membantu untuk UMKM usaha kecil mikro.

Karena berbasis aplikasi, catatan pembukuan bersifat online dan tersimpan di database. Jadi, pengguna bisa menggunakan secara mobile dan kecil resiko kehilangan data.

BukuWarung menawarkan solusi dengan membuat aplikasi catatan keuangan dan pembukuan bisnis UMKM yang memudahkan pencatatan transaksi keuangan usaha sehari-hari.


b. Catat transaksi

Fitur unggulan yang pertama adalah Catat transaksi. Di fitur ini pengguna bisa mencatat segala bentuk transaksi pemasukan serta penjualan.

Dengan fitur ini, pengusaha bisa mencatat semua arus kas usaha. Seluruh pengeluaran keuangan bisa termonitor, yang mana sangat penting untuk suatu bisnis.

Itu artinya pula, pengguna bisa membuat laporan keuangan harian, mingguan, bahkan hingga bulanan. Mau tahu, profit hari ini pun bisa.

Cukup download laporan keuangan dan keuntungan harian, mingguan, bulanan, bahkan tahunan secara otomatis di BukuWarung. Format file-nya PDF atau Microsoft Excel.

Dari laporan keuangan di BukuWarung, kamu bisa melihat segala bentuk transaksi pemasukan hingga keuntungan, yang dihitung secara otomatis oleh sistem.

Di samping itu, karena tercatat di aplikasi, orang tidak perlu khawatir salah menghitung atau kehilangan catatan keuangan, karena semuanya telah tertata dan tersimpan dalam database aplikasi BukuWarung.

Fitur unggulan yang pertama adalah Catat transaksi. Di fitur ini pengguna bisa mencatat segala bentuk transaksi pemasukan serta penjualan.


c. Pembayaran Digital

Ada juga fitur pembayaran digital, dengan beberapa kelebihannya adalah sebagai berikut:

  • Dapat digunakan untuk melakukan pembayaran dan tagihan transaksi sampai menjadi agen PPOB, seperti token listrik, konter pulsa, hingga paket data.
  • Dapat digunakan untuk melakukan transaksi antar bank ataupun ke dompet digital lainnya.
  • Bebas atau gratis biaya admin.
  • Segala bentuk transaksi dijamin aman karena BukuWarung telah bekerja sama dengan Xendit dan OY! yang sudah terlisensi oleh Bank Indonesia.
  • Semua transaksi yang dilakukan akan tercatat secara otomatis dan tidak perlu melakukan catatan ulang.
Di bukuwarung dapat digunakan untuk melakukan pembayaran dan tagihan transaksi sampai menjadi agen PPOB, seperti token listrik, konter pulsa, hingga paket data.

d. Catat hutang

Buat pengusaha, mencatat tagihan hutang pelanggan sangat penting. Di mana harus benar-benar jeli mencatat hutang pelanggan agar tidak kelupaan dan datanya tidak hilang.

di BukuWarung, Bisa menagih utang dengan mudah hanya dengan cara mengirimkan pengingat lewat WhatsApp.


Jika melakukan pencatatan di buku kertas mungkin akan sangat rawan mengalami kehilangan data, tetapi hal itu tidak akan terjadi jika kamu sudah menggunakan fitur pencatatan hutang di aplikasi.

Adapun untuk beberapa kelebihan dari fitur ini adalah sebagai berikut:

  • Bisa menagih utang dengan mudah hanya dengan cara mengirimkan pengingat lewat WhatsApp.
  • Dapat mengatur tempo dengan tujuan untuk menghindari kelupaan dini terhadap hutang pelanggan.
Di BukuWarung bisa menagih utang dengan mudah hanya dengan cara mengirimkan pengingat lewat WhatsApp.Dapat mengatur tempo dengan tujuan untuk menghindari kelupaan dini terhadap hutang pelanggan.


e. Kartu Nama

BukuWarung juga memiliki fitur kartu nama yang bertujuan sebagai identitas pengenal diri.

Pada fitur satu ini kamu bisa melakukan banyak hal, diantaranya yaitu:

  • Membuat kartu usaha dengan disuguhkannya desain gratis yang cantik.
  • Membuat kartu nama digital dengan disuguhkannya desain gratis yang cantik dan unik.
  • Bisa melakukan pencetakan kartu usaha atau kartu nama yang sudah dibuat. Caranya hanya cukup dengan mendownloadnya terlebih dahulu.
  • Berbagi kartu usaha atau kartu nama melalui aplikasi WhatsApp ataupun akun sosial media lainnya.
     

f. Kelola Stok Produk

Pada fitur kelola stok produk, pengguna  bisa tambahkan stok barang, atur jumlah, serta menambahkan harga jual produk sekaligus. Stok akan terupdate otomatis saat catat transaksi penjualan. Nggak cuma itu, aplikasi akan mengingatkan saat stok mulai menipis.

Datangnya order yang relatif tidak terduga bisa dikelola dengan baik melalui fitur ini. Di mana pemilik usaha bisa melakukan banyak hal menarik diantaranya yaitu:

  • Memfilter jumlah stok produk yang telah terjual.
  • Menambahkan daftar stok produk yang masih ada.
  • Stok produk akan terhitung secara otomatis. Jadi, nantinya setiap transaksi penjualan yang masuk maka stok produk akan terupdate secara otomatis.
  • Melakukan pengaturan terhadap harga modal dan harga jual sehingga keuntungannya dapat terlihat secara otomatis.
Di aplikasi bukuwarung, pada fitur kelola stok produk, pengguna  bisa tambahkan stok barang, atur jumlah, serta menambahkan harga jual produk sekaligus. Stok akan terupdate otomatis saat catat transaksi penjualan. Nggak cuma itu, aplikasi akan mengingatkan saat stok mulai menipis.


g. Referral (Undang Teman)

Hampir sama dengan aplikasi lainnya, BukuWarung juga memiliki fitur referral yang bisa kamu gunakan untuk mengajak dan mengundang teman sebanyak-banyaknya.

Imbalan yang akan kamu terima tentu saja dalam bentuk point yang akan menjadi komisi untuk dicairkan. Sehingga kamu tidak hanya bisa melakukan pencatatan keuangan saja, tetapi juga bisa mendapatkan penghasilan dari BukuWarung ini.
 

h. Bisa untuk Banyak Bisnis

Mau catat transaksi lebih dari 1 bisnis? Bisa banget! Punya lebih dari satu bisnis? Atau ingin membedakan pembukuan usaha dan pribadi? BukuWarung solusinya! Juragan bisa buat pembukuan terpisah untuk beberapa bisnismu. Nggak takut tercampur, deh.
 

i. Bikin Nota

Bisnis kecil bisa punya nota keren. Juragan bisa bikin nota keren otomatis saat catat transaksi bisnis. Nota siap dikirim melalui WhatsApp atau dicetak dengan bluetooth printer sebagai bukti pembelian pelanggan.
 

Kelemahan BukuWarung

Sejumlah kelemahan dari aplikasi yang menjadi perhatian kami adalah:
 

1. Keamanan Data Pribadi, Perusahaan

Concern utama adalah soal keamanan data privasi di aplikasi BukuWarung. 

Data penjualan dan keuangan yang krusial dan mungkin confidential disimpan di server pihak lain. Baik pengusaha maupun individual perlu sadar bahwa keamanan dan perlindungan data menjadi yang utama.

Pihak BukuWarung, tentu saja, menyatakan bahwa akan melindungi data pengguna. Of course !

Tapi, masalahnya, tidak ada regulator atau otoritas pengawas, seperti OJK, Bank Indonesia atau Kominfo, yang mengawasi aplikasi ini.

Kenapa kami bisa bilang begitu ?

  • Kami tidak menemukan izin regulator di situs atau aplikasi
  • Logo regulator tidak ada di dalam situs maupun aplikasi BukuWarung

Tanpa adanya pengawasan dari regulator, perlindungan data pribadi menjadi kurang efektif. Sementara, data yang diambil oleh aplikasi cukup sensitif dan bersifat privat.

Disebutkan dalam situs resmi mereka, sejumlah data pribadi yang diambil oleh BukuWarung, adalah sebagai berikut:

  1. data yang menyangkut informasi pribadi Anda antara lain nama, nomor Kartu Tanda Penduduk/SIM/paspor, alamat email, alamat, dan nomor telepon Anda;
  2. username dan password akun Anda;
  3. informasi rekening dan informasi finansial yang Anda berikan, yang mana informasi rekening akan diteruskan kepada Pihak Ketiga Terpilih;
  4. data transaksi penagihan dan pembayaran;
  5. data berupa email yang berhubungan dengan kegiatan transaksi di situs ecommerce dan pembayaran digital lainnya
  6. data berupa isi notifikasi pemberitahuan di gawai anda terkait kegiatan transaksi di situs ecommerce dan pembayaran digital lainnya
  7. data lokasi riil atau perkiraannya seperti alamat Internet Protocol, lokasi Wi-Fi, geo-location, dan sebagainya;
  8. data berupa waktu dari setiap aktivitas penggunaan, termasuk aktivitas pendaftaran, login, transaksi, dan lain sebagainya;
  9. informasi mengenai perangkat lunak dan perangkat keras yang Anda gunakan untuk mengakses Platform dan/atau menggunakan Fitur;
  10. data catatan (log), diantaranya catatan pada server yang menerima data seperti alamat IP perangkat, tanggal dan waktu akses, Fitur atau laman yang dilihat pada Platform, proses kerja aplikasi dan aktivitas sistem lainnya;

Memang soal perlindungan data pribadi masih problematik karena belum ada UU Perlindungan Data Pribadi di Indonesia. Ini masih jadi perdebatan soal regulasinya.

Dari pihak BukuWarung sebaiknya bisa menunjukkan sertifikasi atau ISO soal keamanan data konsumen di sistem mereka. ISO dilakukan oleh pihak ketiga, yang paling tidak bisa mengevaluasi keamanan data secara independen.

Saat ini, di situs BukuWarung tidak terdapat ISO atau sertifikasi soal keamanan data dari pihak ke-3 yang independen. Yang bisa menjamin bahwa data konsumen terlindung dan tidak bocor.
 

2. Sistem Masih Berkembang, Rawan Error

Ada kalanya secanggih apa pun teknologi tentu ada kelemahannya. Begitu juga dengan aplikasi BukuWarung yang bisa dibilang memiliki sistem yang sepenuhnya belum optimal.

Kita bisa baca dari komentar komentar di PlayStore soal performa aplikasi ini secar umum.

Di mana hal ini menjadi catatan penting bagi kita semua bilamana suatu hari terjadi error system atau kebocoran data yang mengakibatkan kerugian untuk usaha kita.

Sebab itu, perlunya melakukan back up data atau data ganda di tempat yang lain agar pada saat terjadi sesuatu yang tidak diinginkan, seluruh data usaha kita masih tetap terjaga.

Tidak bisa dipungkiri ada beberapa orang yang sempat mengalami hal ini. Bahkan, tidak hanya di aplikasi BukuWarung tetapi di aplikasi keuangan yang lainnya.
 

3. Cukup rumit untuk generasi tua

Sebagaimana yang disebutkan di atas bahwasanya aplikasi keuangan yang saat ini tengah bermunculan menjadi perbincangan hangat di kalangan generasi milenial.

Hal ini karena tingkat kemudahannya yang relatif dan sangat simpel untuk digunakan, maka para generasi milenial berpindah alih ke aplikasi yang satu ini.

Namun, sayangnya tidak untuk generasi tua. Karena tidak bisa dipungkiri bahwa tak sedikit para orang tua akan merasa rumit untuk mengaplikasinya dan beradaptasi dengan sistem.

Oleh sebab itu, meskipun teknologi sudah pesat tetapi masih banyak para orang tua yang memiliki usaha melakukan pencatatan pembukuan secara manual.

Namun, bila mungkin mereka diajari secara perlahan dan diperkenalkan terhadap fitur-fitur unggulan yang ada, tidak menutup kemungkinan bahwa mereka pun akan berpindah alih ke aplikasi keuangan.

Bagikan Melalui

Daftar Isi

Berlangganan Duwitmu

Artikel Terkait