Silakan masukkan kata kunci pada kolom pencarian

16+ Cara Dapat Uang dari Instagram Buat Pemula Tanpa Modal !

Daftar Isi

16+ Cara Dapat Uang dari Instagram Buat Pemula Tanpa Modal !

Cara mendapatkan uang dari instagram ternyata cukup mudah. Dan itu pun tidak perlu modal. Bahkan ada yang tanpa modal.

Belakangan, instagram memang menjadi salah satu sosial media yang banyak digunakan untuk mengumpulkan pundi-pundi uang. 

Tertarik untuk menjadikan instagram sebagai ladang mengumpulkan uang? 

Tenang, pada artikel ini, kami akan memberikan beberapa rekomendasi cara mendapatkan uang dari instagram yang bisa Anda praktikkan.

Berikut cara mendapatkan uang dari instagram untuk pemula, yang bisa Anda coba:
 

1. Menjual Produk Buatan Sendiri 

Menjual produk buatan sendiri adalah salah satu cara terbaik untuk mendapatkan uang dari instagram. Cara ini cukup menjanjikan, sebab banyak orang yang menyukai produk buatan sendiri atau handmade. 

Produk handmade memiliki nilai tambah sendiri di mata konsumen, karena beberapa alasan. Diantaranya unik, limited, dan bisa custom. Jadi, peluang untuk menjual produk buatan sendiri bisa menjadi alternatif yang bisa Anda coba.

Buatlah produk yang sesuai dengan keahlian Anda. Hal ini tentu saja akan memudahkan Anda untuk mengeksplor produk lebih luas. Berikan nama yang unik dan mudah diingat untuk produk Anda.

Jangan lupa, pastikan untuk mengemas produk Anda semenarik mungkin. Kemasan yang menarik akan memberi kesan tersendiri di mata pembeli. Perlihatkan seolah-olah Anda mengerti kemauan mereka. 
 

2. Menjual Barang Preloved 

Punya barang yang sudah tidak dipakai? Jual saja! 

Saat ini penggunaan barang preloved sedang menjadi sebuah trend. Orang-orang tidak lagi malu menggunakannya. 

Bukan tanpa sebab, barang preloved justru menjadi incaran, karena harganya cukup miring. Dengan kualitas yang bisa dijamin, orang-orang saat ini cenderung memilih barang preloved agar lebih hemat. 

Cukup posting foto-foto barang preloved di instagram, maka Anda akan mendapatkan uang dengan cukup mudah. Cara ini cukup efektif untuk dilakukan dibandingkan dengan menjual barang preloved secara offline di stand bazar.
 

3. Menjual Foto 

Kata siapa menjual foto hanya bisa melalui website-website besar seperti Pixabay, Freepik, dan Shutterstock? 

Saat ini Anda bisa menjual koleksi foto-foto Anda melalui instagram.

Kumpulkan hasil jepretan foto Anda dan posting secara rutin melalui feed maupun story. Pasang harga yang sesuai dan tawarkan pada pengikut Anda. 

Peluang ini bisa dijadikan salah satu cara mendapatkan uang dari instagram, sebab kebutuhan foto saat ini semakin banyak. 
 

4. Menawarkan Jasa Titip (JasTip)  

Memiliki waktu yang senggang ternyata merupakan sebuah berkah. Sebab, hal itu bisa Anda manfaatkan untuk membuka jasa titip. Hal ini bisa menjadi salah satu cara mendapatkan uang dari instagram.

Tawarkan jasa titip suatu produk yang kiranya bisa Anda bantu belikan dengan mudah. Beberapa orang cenderung tidak memiliki waktu yang senggang, sehingga butuh orang lain untuk membelikannya. 

Berikan keterangan di akun instagram Anda bahwa Anda bisa membelikan beberapa produk yang mereka cari. Berikan fee tersendiri untuk setiap barang yang mereka titip belikan. 
 

5. Menyediakan Jasa Pembuatan Filter Instagram 

Instagram adalah sosial media yang mengunggulkan postingan gambar dan video. Tentu saja, setiap orang ingin mengunggah foto dan video terbaiknya.

Hal inilah yang bisa Anda manfaatkan jika Anda memiliki kemampuan untuk membuat filter instagram. Sebab, penggunaan filter instagram akan membuat foto atau video semakin menarik. 

Tertarik dengan ide ini? Sebaiknya Anda mulai mencari tahu bagaimana cara membuat filter instagram dengan aplikasi Lightroom atau yang sejenisnya. Setelah itu, Anda bisa mulai menjualnya kepada followers atau pihak yang membutuhkan. 
 

6. Melayani Jasa Admin Instagram 

Saat ini banyak toko online yang memasarkan dagangannya melalui instagram. Tentu saja hal itu membuat kebutuhan Admin instagram semakin meningkat.

Admin instagram biasanya bertugas untuk merespon interaksi dari akun instagram. Mulai dari membalas komentar di postingan, membalas dm yang masuk, hingga memposting konten.

Cara mencari uang di instagram jenis ini cukup mudah untuk dilakukan. Sebab, Anda bisa menjadi admin instagram sembari dengan melakukan pekerjaan lain. 
 

7. Melayani Jasa Konsultan Akun Instagram  

Tak hanya admin instagram, kebutuhan konsultan akun instagram juga sangat dibutuhkan. Terlebih jika akun instagram tersebut dijadikan sebagai ladang bisnis sebuah toko online.

Instagram memiliki algoritma tersendiri, sehingga pelaku bisnis mau tidak mau harus mengikutinya. Mereka akan membutuhkan konsultan akun instagram agar toko online yang dimilikinya teroptimasi dengan baik. 

Jika Anda cukup paham dengan algoritma Instagram, tidak ada salahnya untuk membuka layanan konsultasi akun instagram. 

Dengan menjadi konsultan, Anda tidak perlu terjun langsung mengelola akun instagram. Cukup berikan insight, masukan, saran, serta strategi untuk sebuah akun. 
 

8. Melayani Jasa Pengelolaan Akun Instagram  

Melayani jasa pengelolaan akun instagram juga bisa menjadi cara mendapatkan uang dari instagram. 

Berbeda dengan konsultan, menjadi pengelola berarti Anda terjun langsung dalam mengoptimasi akun instagram. Tidak cukup hanya memberikan masukan, saran, serta strategi, Anda harus mengoptimasi secara berkala akun instagram yang Anda kelola. 

Jika Anda cukup ahli di bidang ini, peluang ini bisa sangat menjanjikan. Sebab, akun-akun besar instagram pasti membutuhkan jasa pengelola untuk mengoptimasi akunnya.
 

9. Menyediakan Jasa Menambah Followers dan Likes 

Tidak bisa dipungkiri bahwa salah satu aspek kepercayaan orang terhadap akun instagram dilihat dari banyaknya followers. Bahkan diduga bahwa algoritma Instagram, salah satunya, berpatokan pada jumlah followers.

Dimana, semakin banyak followers, semakin sering akun tersebut akan muncul di beranda pengunjung. Akibatnya, makin banyak dibuka oleh orang.

Hal ini bukan menjadi masalah, jika suatu akun bisnis sudah memiliki pengikut followers yang banyak. Namun, bagaimana dengan akun bisnis yang baru saja dirintis?

Hal ini tentu menjadi suatu masalah bagi pemilik akun bisnis yang sedang merintis. Mereka membutuhkan pengikut tambahan yang cukup banyak untuk mendapatkan trust dari calon konsumennya.

Lahirlah jasa menambah followers dan like.

Meskipun cara ini terbilang cukup tricky, tapi tidak ada salahnya jika Anda mencoba untuk menyediakan jasa menambah followers dan like. Cara mendapatkan uang dari instagram ini, bisa menjadi sebuah peluang yang besar karena banyak pelaku bisnis rintisan yang membutuhkannya. 
 

10. Membuat Akun Instagram Dikelola untuk Dijual Kembali 

Membuat akun instagram yang sudah teroptimasi dengan baik tentu saja tidak cukup mudah. Maka dari itu, banyak orang yang tertarik untuk membeli akun instagram yang sudah teroptimasi dengan baik.

Hal ini ternyata bisa Anda manfaatkan sebagai cara mendapatkan uang dari instagram. Cukup kelola beberapa akun instagram dengan baik rajin memposting konten. Jika sudah teroptimasi, tawarkan akun-akun tersebut ke para pelaku bisnis.

Para pelaku bisnis pasti akan senang mendapatkan akun instagram yang sudah cukup besar. Hal ini dikarenakan mereka tidak perlu membuang waktu banyak untuk mengoptimasinya. 
 

11. Membuka Paid Promote 

Punya pengikut yang banyak di instagram? Buka saja jasa paid promote! 

Biasanya bayaran paid promote akan disesuaikan dengan jumlah followers dan interaksi akun Anda. Tapi jika cara ini dikerjakan terus menerus, bukan tidak mungkin cuan Anda akan luber-luber!

Untuk membuka paid promote, Anda bisa menawarkan ke beberapa brand. Biasanya brand akan tertarik saat melihat konten-konten Anda. Jadi, pastikan Anda membuat konten yang menarik, ya!
 

12. Menjadi Selebgram 

Menjadi selebgram adalah salah satu cara mendapatkan uang dari instagram. Cara ini cukup menjanjikan, terlebih jika Anda memiliki personal branding dan kualitas konten yang bagus.

Dengan menjadi seorang selebgram, Anda bisa berpotensi untuk meng-influence para pengikut. Hal inilah yang biasanya menjadi daya tarik sendiri. Beberapa brand perusahaan menggunakan selebgram untuk mempromosikan produknya. Sebab, selebgram dirasa bisa menggiring keinginan pengikutnya. 

Tentu saja ini menjadi cara mendapatkan uang yang menarik. Sebab, selebgram akan mendapatkan tawaran promosi produk dengan imbalan uang yang cukup banyak dari sebuah brand.  
 

13. Menjadi Buzzer 

Menjadi buzzer terdengar sangat sepele, namun cara ini cukup efektif digunakan untuk mendapatkan uang dari instagram. Tugas buzzer berbeda-beda. Hal ini disesuaikan dengan kebutuhan pemesan buzzer.

Biasanya buzzer digunakan untuk memviralkan sebuah nama. Ambil saja saat pemilu beberapa tahun lalu. Buzzer menjadi salah satu power yang digunakan timses dalam memviralkan calonnya. 

Cara kerjanya pun cukup mudah. Biasanya buzzer diminta untuk memposting tulisan melalui media sosial. Meskipun begitu, bayaran buzzer digadang-gadang cukup menggiurkan, lho. Bagaimana, tertarik menjadi seorang buzzer?
 

14. Menjadi Content Creator 

Content creator adalah orang yang ahli dalam membuat konten, termasuk konten promosi. 

Nah, di sinilah kesempatan Anda untuk mendapatkan uang dari instagram terbuka lebar. Sebab, saat ini konten-konten promosi banyak dibutuhkan oleh para pelaku bisnis. 

Tawarkan jasa Anda kepada akun-akun bisnis dan buat mereka tertarik untuk menjadikan Anda sebagai content creator. 
 

15. Menjadi Pemburu Giveaway  

Menjadi pemburu giveaway merupakan salah satu cara mendapatkan uang dari instagram yang bisa menjadi salah satu pilihan. 

Beberapa akun besar atau bahkan akun bisnis, kerap menyelenggarakan giveaway. Tak segan-segan, mereka akan membagikan berbagai hadiah menarik hingga uang tunai dengan nominal yang cukup besar.

Bukan tanpa alasan, biasanya pemilik akun mengadakan giveaway dengan beberapa tujuan. Seperti menambah followers, mempromosikan produk, atau bahkan hanya ingin berinteraksi dengan pengikutnya.

Nah, di sinilah Anda bisa memanfaatkan momen tersebut. Rajin-rajinlah untuk mengecek beberapa akun besar yang kerap mengadakan giveaway, agar Anda tidak tertinggal informasi. 
 

16. Menjadi Reseller 

Ingin mendapatkan uang tapi tidak memiliki produk? 

Tenang saja, Anda bisa menjadi reseller. Sebuah teknik perdagangan yang menjualkan produk milik orang lain. 

Lalu bagaimana cara mendapatkan uang dari instagram dengan menjadi reseller?

Ambil produk dari distributor, selanjutnya jual produk tersebut di akun instagram Anda. Beberapa distributor produk biasanya menyediakan foto katalog produknya, sehingga Anda tidak perlu repot-repot untuk membuat foto yang bagus untuk menawarkan produk tersebut. 
 

17. Menjadi Product Reviewer 

Berapa lama Anda memutuskan untuk membeli suatu barang? Beberapa orang memang membutuhkan waktu yang cukup lama sebelum memutuskan membeli suatu barang. 

Bukan tanpa alasan, banyak orang yang tidak mau kecewa dengan barang yang dibeli. Terlebih saat ini transaksi jual beli banyak dilakukan secara online.

Salah satu bahan yang biasa menjadi pertimbangan orang sebelum membeli barang adalah melihat review produk tersebut. Ya, ulasan dari beberapa orang bisa menjadi penguat seseorang sebelum memilih produk tersebut. Maka dari itu, banyak pelaku bisnis yang mencari talent untuk menjadi product reviewnya.

Jika Anda merasa berkompeten dalam mereview suatu produk, peluang ini bisa menjadi cara mendapatkan uang dari instagram. Bagaimana caranya? 

Cukup melakukan review produk yang Anda sukai. Beberkan kelebihan dan alasan mengapa Anda menyukai produk-produk tersebut. Bukan tidak mungkin jika setelah itu, perusahaan dari produk tersebut akan membayar Anda. 

Bagikan Melalui

Daftar Isi

Berlangganan Duwitmu

Artikel Terkait