Silakan masukkan kata kunci pada kolom pencarian

5 Rekomendasi Peluang Usaha Sampingan di Era Digital (2022)

Daftar Isi

5 Rekomendasi Peluang Usaha Sampingan di Era Digital (2022)

Era digital menawarkan banyak peluang baru dalam usaha samping. Usaha ini memberikan potensi tidak hanya keuntungan tetapi juga kemudahan karena bisa dilakukan secara online.

Lalu, usaha sampingan berbasis digital apa saja yang bisa kita lakukan? Berikut daftarnya.

1. Dropshipper

Usaha sampingan pertama adalah dropshipper.

Dropship adalah menjual produk pihak lain (supplier) tanpa harus membelinya terlebih dahulu. Kita bahkan bisa menjual dengan mengatasnamakan nama bisnis kita sendiri.

Nantinya, pengiriman barang akan dikirim oleh (supplier) langsung kepada pembeli.

Meskipun keuntungannya tidak sebesar memiliki produk sendiri, tapi hasilnya tetap menjanjikan.

Selain tidak perlu menyetok barang, manfaat menjadi dropshipper adalah:

  • Tidak repot kirim barang. Pengiriman ditanggung penjual.
  • Sistem kerja sama tidak terikat. Bebas mu menjual berbagai barang.
  • Modal kecil. Tidak dibutuhkan modal kerja untuk beli barang.

2. Admin Media Sosial

Jika memiliki teknik komunikasi yang cukup menarik, alangkah baiknya kita mencoba menjadi admin media sosial. Ini salah satu usaha sampingan yang bisa kita lakukan di rumah.

Yang kita butuhkan hanya dua: gadget dan koneksi internet stabil.

Ada banyak lowongan pekerjaan yang saat ini mencari admin media sosial. Kita bisa mencobanya.

Namun, terlebih dahulu melihat spesifikasi apa yang dibutuhkan. Misal, pandai menjawab komplain, membuat caption menarik, atau siap sedia kapan saja dibutuhkan.

3. Penulis Freelance

Usaha samping online yang bisa dicoba adalah dengan menjadi freelance writer. Menjadi freelance writer memang cukup menjanjikan saat ini. Sebab kebutuhan konten artikel semakin banyak.

Selain bisa dikerjakan secara online, menjadi freelance writer juga cukup fleksibel. Waktu pengerjaan pun bisa menyesuaikan dengan longgarnya aktivitas Anda. Penghasilan dari menjadi freelance writer pun sangat menguntungkan. Biasanya seorang freelance writer akan dibayar berdasarkan kata yang telah ditulis.

Tak perlu bingung dalam mencari pekerjaan sebagai freelance writer. Beberapa website membuka lowongan freelance writer secara berkala. Website tersebut antara lain sribulancer, projects.co.id, kontenesia.com, dan masih banyak lainnya.

4. Jasa Desain Grafis

Jago membuat desain? Saatnya kita membuka jasa desain grafis sekarang juga. Konten yang melibatkan desain grafis sekarang sangat banyak, sehingga peminat jasa ini pasti cukup tinggi.

Tawarkan jasa pada akun-akun bisnis yang sedang mengembangkan sosial medianya. Jalin hubungan yang bagus dengan akun-akun tersebut, agar saat membutuhkan, mereka akan menghubungi.

5. Jasa Video Editor

Sama seperti jasa desain grafis, jasa video editor saat ini juga marak dibutuhkan. Terlebih Tiktok dengan konten yang berisikan video-video itu, semakin menunjukkan popularitasnya. Hal ini membuat pelaku bisnis semakin menjadi-jadi untuk mempromosikan produknya melalui video Tiktok.

Kesepakatan dan deadline biasanya telah diatur oleh orang yang sedang mengorder video, dengan editornya. Penghasilan video editor pun tidak main-main. Dengan beberapa skill yang dipunya, pekerjaan ini cukup menjanjikan bagi yang menginginkan uang dari usaha sampingan.

6. Penerjemah

Usaha sampingan online yang menghasilkan uang adalah dengan menjadi translator. Kita tidak perlu jauh-jauh pergi ke kantor untuk menerjemahkan naskah. Cukup duduk manis di kantin fakultas atau kamar kos saja.

Peluang pekerjaan online ini bisa kita manfaatkan terutama bagi yang mempunyai keahlian berbahasa dari berbagai negara. Biasanya translator banyak dibutuhkan oleh rekan mahasiswa.

Kebutuhan translator dari mahasiswa sangat beragam. Mulai dari penerjemahan jurnal, buku dari luar negeri, hingga pengubahan abstrak dari bahasa Indonesia menjadi bahasa Inggris.

Bagikan Melalui

Daftar Isi

Berlangganan Duwitmu

Komentar (0 Komentar)

Tulis Komentar - Balasan untuk Tito Shadam

Email Anda tidak akan di publish

Batalkan Membalas

Captcha Wajib Diisi

Artikel Terkait