Silakan masukkan kata kunci pada kolom pencarian

5+ Rekomendasi Usaha Anak Muda Terbaik (2022)

Daftar Isi

Rekomendasi Usaha Anak Muda Terbaik (2022)

Anak muda di era sekarang sudah saatnya memulai usaha sejak dini. Banyak sekali kesempatan yang muncul di era digital booming saat ini.

Apa pilihan usaha buat anak muda di 2022 ? Ini rekomendasi terbaiknya.

1. Affiliate Marketing

Menjual produk orang lain lewat mempromosikan link. Itu affiliate atau afiliasi.

Blog mempromosikan produk tertentu, yang jika produk tersebut terjual maka blog akan menerima komisi.

Mungkin kalau di dunia offline, affiliate adalah makelar.

Karena online, caranya cukup mudah, yaitu blogger cukup mencantumkan link atau tautan di blog mereka dan mengharapkan pengunjung mengklik link tersebut serta melakukan transaksi.

Sejumlah manfaat affiliate adalah:

  • Gratis. Tidak perlu bayar untuk join program affiliate.
  • Tidak perlu buat produk. Produk disediakan oleh pemilik affiliate. Membuat produk butuh extra effort, tidak semua orang bisa dan sanggup
  • Tidak perlu logistik kirim barang dan layanan CS. Semuanya ditangani pemilik produk, mulai dari pengiriman sampai melayani komplain
  • Menjadi long term income. Karena cara affiliate yang cukup simpel, bisa menjadi sumber passive income yang recurring

Konten adalah kunci dalam affiliate. Konten yang tepat akan menarik pengunjung yang mendatangkan konversi.

Jika konten yang dibuat tidak sesuai, kemungkinan konversi akan kecil. Pengunjung yang datang tidak sesuai dengan tujuan affiliate.

Bagaimana cara membuat konten yang bisa konversi ke affiliate ?

Pahami betul produk affiliate. Sebisa mungkin sejak awal sudah direncanakan bahwa affiliate yang akan dipromosikan seirama dengan topik blog. 

Contohnya, blog saya banyak sekali membahas soal keuangan, maka saya pilih affiliate keuangan. Bukan affiliate soal teknologi.

Dengan produk affiliate yang seirama, konten akan lebih mudah disesuaikan. Pembaca juga akan membacanya dengan lebih mulus, tidak hard-selling.

2. Usaha Dropshipper

Manfaat punya blog adalah kita memiliki pengunjung yang setia (loyal customer). Apalagi jika blog membahas sesuatu yang spesifik, niche, akan lebih bagus lagi karena pembacanya menjadi tersegmentasi dengan baik.

Pengunjung ini, salah satunya, bisa kita monetisasi dengan ‘Dropship’.

Dropship adalah menjual produk pihak lain (supplier) tanpa harus membelinya terlebih dahulu. Kita bahkan bisa menjual dengan mengatasnamakan nama bisnis kita sendiri. 

Nantinya, pengiriman barang akan dikirim oleh (supplier) langsung kepada pembeli. 

Meskipun keuntungannya tidak sebesar memiliki produk sendiri, tapi hasilnya tetap menjanjikan. 

Selain tidak perlu menyetok barang, manfaat menjadi dropshipper adalah:

  • Tidak repot kirim barang. Pengiriman ditanggung penjual.
  • Sistem kerja sama tidak terikat. Bebas mu menjual berbagai barang.
  • Modal kecil. Tidak dibutuhkan modal kerja untuk beli barang.

Sedikit tips untuk bisa sukses menjadi dropshipper adalah pilih produk yang ramai pembeli, cari supplier reputasi yang baik, lalu bandingkan harga antar supplier.

Kita juga bisa bergabung dengan salah satu platform dropship yang memudahkan dalam memilih produk dropship.

3. Freelance Writer

Pekerjaan online menghasilkan uang yang bisa dicoba adalah dengan menjadi freelance writer. Menjadi freelance writer memang cukup menjanjikan saat ini. Sebab kebutuhan konten artikel semakin banyak. 

Selain bisa dikerjakan secara online, menjadi freelance writer juga cukup fleksibel. Waktu pengerjaan pun bisa menyesuaikan dengan longgarnya aktivitas Anda. Penghasilan dari menjadi freelance writer pun sangat menguntungkan. Biasanya seorang freelance writer akan dibayar berdasarkan kata yang telah ditulis. 

Tak perlu bingung dalam mencari pekerjaan sebagai freelance writer. Beberapa website membuka lowongan freelance writer secara berkala. Website tersebut antara lain sribulancer, projects.co.id, kontenesia.com, dan masih banyak lainnya. 

4. Freelance Designer

Menjadi freelance designer merupakan salah satu pekerjaan online menghasilkan uang. Freelance designer bisa menjadi pertimbangan karena kebutuhan konten gambar terus meningkat.

Jika Anda memiliki keahlian di bidang design, pekerjaan ini cukup menjanjikan. Anda tidak perlu takut jika pekerjaan ini mengganggu jadwal kuliah. Sebab, Anda bisa menyesuaikan jadwal pekerjaan dengan jadwal kuliah Anda. 

5. Les Privat

Agaknya terdengar unik jika usaha ini bisa masuk ke dalam daftar. Akan tetapi, kenyataannya demikian. Banyak orang yang ingin mengembangkan skill tertentu dengan mempelajarinya secara pribadi. Selain dari Youtube, belajar secara privat dengan orang lain mampu membantu skill. 

Les privat bisa bermacam-macam bentuknya. Mulai dari belajar bercocok tanam, memelihara ikan, hingga membuat tubuh menjadi profesional. Orang lain akan menyebut usaha ini seperti personal trainer. Oleh karena itu, cobalah untuk menggeluti usaha yang satu ini. 

6. Admin Sosial Media

Pekerjaan online selanjutnya adalah dengan menjadi admin sosial media. Admin sosial media biasanya dibutuhkan bagi pemilik akun yang sedang menjalankan bisnis onlinenya.

Biasanya akun bisnis tersebut memiliki banyak target pasar di beberapa sosial media seperti instagram dan facebook. Tugas admin sosial media sendiri biasanya untuk memastikan bahwa komentar dan dm audiens sudah terjawab.

Pekerjaan ini bisa dilakukan di manapun. Tak hanya itu, menjadi admin sosial media juga tidak perlu memiliki kemampuan khusus, sehingga siapapun bisa mendaftar.

7. Jasa Desain Grafis

Jago membuat desain? Saatnya Anda membuka jasa desain grafis sekarang juga. Konten yang melibatkan desain grafis sekarang sangat banyak, sehingga peminat jasa ini pasti cukup tinggi. 

Tawarkan jasa Anda pada akun-akun bisnis yang sedang mengembangkan sosial medianya. Jalin hubungan yang bagus dengan akun-akun tersebut, agar saat membutuhkan, mereka akan menghubungi Anda. 

8. Jasa Video Editor

Sama seperti jasa desain grafis, jasa video editor saat ini juga marak dibutuhkan. Terlebih Tiktok dengan konten yang berisikan video-video itu, semakin menunjukkan popularitasnya. Hal ini membuat pelaku bisnis semakin menjadi-jadi untuk mempromosikan produknya melalui video Tiktok.

Jika Anda memiliki keahlian di bidang editing video, pekerjaan ini sangatlah cocok untuk Anda. Dengan menjadi video editor, Anda tidak perlu capek-capek berangkat pagi pulang malam, sebab pekerjaan ini cenderung fleksibel. 

Kesepakatan dan deadline biasanya telah diatur oleh orang yang sedang mengorder video, dengan editornya. Penghasilan video editor pun tidak main-main.

Bagikan Melalui

Daftar Isi

Berlangganan Duwitmu

Komentar (0 Komentar)

Tulis Komentar - Balasan untuk Tito Shadam

Email Anda tidak akan di publish

Batalkan Membalas

Captcha Wajib Diisi

Artikel Terkait