Silakan masukkan kata kunci pada kolom pencarian

5+ Website Membayar Penulis Sebagai Kontributor yang Kredibel

  • Ditulis Oleh
  • Hanafi
  • 6 Februari 2022

Daftar Isi

5+ Website Membayar Penulis Sebagai Kontributor yang Kredibel

Anda suka menulis dan ingin mendapatkan penghasilan lebih? Mungkin inilah saatnya untuk menerbitkan tulisan Anda ke website membayar penulis sebagai kontributor.

Berikut ini ulasan lengkap website yang terbukti bisa memonetisasi artikel dan cerita.

1. Listverse

Listverse merupakan website yang mewadahi artikel-artikel bahasa Inggris berkualitas dan kredibel. Sejak berdiri pada tahun 2009, Listverse sempat masuk dalam jajaran Top 10 Sites tingkat global.

Kredibilitas artikel yang termuat dalam Listverse memang tidak perlu diragukan lagi. Pasalnya, website ini mengharuskan penulis/kontributor untuk mengikuti aturan penulisan Listverse yang ketat dan panjang hingga 17 halaman.

Bukan tanpa alasan, ternyata artikel-artikel di Listverse memang banyak dirujuk oleh majalah dan penerbit besar seperti BBC, CNN, The New York Times, Forbes, USA Today, Business Insider, dan masih banyak lagi.

Kontributor bisa menulis berbagai macam tema seperti hiburan, gaya hidup, sains, sosial, pengetahuan umum, hingga horor dan misteri.

Tentunya tulisan tersebut harus memiliki sumber referensi kredibel yang diakui Listverse seperti jurnal penelitian, publikasi akademi, studi yang telah di-review oleh ahli, Google Books, dan koran-koran yang kredibel.

Ciri khas artikel Listverse yaitu bentuknya dalam listicle (poin-poin). Setiap artikel setidaknya harus memuat 10 poin, termasuk link referensi yang penulis gunakan pada tiap paragrafnya.

Karena tingkat kredibilitas dan scanning yang tinggi, Listverse tidak tanggung-tanggung untuk memberikan komisi kepada kontributor sebesar $100 per artikel. Sayangnya, pemberian komisi ini hanya bisa melalui PayPal.

2. KBM (Komunitas Bisa Menulis)

Bagi Anda yang lebih gemar menulis cerita ketimbang artikel, KBM adalah platform yang cocok untuk Anda. Karena KBM berbasis aplikasi, tentunya para kontributor semakin mudah untuk mengaksesnya.

Awalnya KBM merupakan grup Facebook yang mewadahi cerita-cerita dari para anggotanya. Karena jumlah pembaca dan penulis cerita semakin bertambah, akhirnya muncul aplikasi KBM.

Apabila Anda tertarik untuk memposting cerita di KBM dan mendapatkan penghasilan tambahan, ada beberapa syarat yang harus Anda penuhi terlebih dahulu, yaitu:

  • Panjang cerita minimal 1.000 kata
  • Satu cerita harus terdiri dari minimal 15 bab
  • Penulis harus memiliki pengikut minimal 200 orang
  • Cerita dinyatakan layak tayang oleh admin setelah melalui pengecekan

Lalu, bagaimana sistem monetisasi dalam KBM?

Jadi, KBM menerapkan sistem poin bagi pembaca dan penulis untuk monetisasi cerita. Pembaca harus membeli poin untuk bisa unlock bab selanjutnya dalam cerita, tentu saja nominalnya sesuai kebutuhan masing-masing.

Nantinya, poin tersebut akan terakumulasi dalam jangka waktu satu bulan untuk penulis. Besaran nilai poin yaitu 15 poin sama dengan Rp 15.000, dan pencairannya hanya bisa dilakukan dengan minimal saldo Rp 15.000.

Perlu Anda ketahui, KBM juga menerapkan bagi hasil untuk KBM dan penulis yang besarannya berbeda-beda. Berikut ini rinciannya.

  • Penghasilan kurang dari Rp 1 juta (70% penulis, 30% KBM)
  • Omzet Rp 1 juta – Rp 5 juta (65% penulis, 35% KBM)
  • Pendapatan lebih dari Rp 5 juta (60% penulis, 40% KBM)

Agar tulisan Anda ramai pembaca, Anda bisa melakukan promosi di grup Facebook KBM. Caranya, posting beberapa bab cerita yang gratis, lalu ajak pembaca untuk membaca lanjutan cerita di aplikasi KBM yang berbayar.

Cara ini terbukti mampu meningkatkan traffic pembaca dan tentunya tidak melanggar aturan yang ada di KBM.

3. Medium

Medium merupakan salah satu website membayar penulis sebagai kontributor yang rilis pada tahun 2015 oleh Evan Williams yang juga adalah pendiri Twitter. Mudahnya, website ini seperti tempat blogging yang simpel namun jangkauannya sangat luas.

Sebenarnya pembaca bisa membaca artikel secara gratis di Medium, namun sangat terbatas yakni 5 artikel per bulan. Karena itu, Medium menerapkan sistem berlangganan sebesar $5 per bulan untuk mengakses seluruh artikel.

Tentunya Anda bisa menulis artikel dalam bahasa Inggris maupun bahasa Indonesia. Namun, jika ingin menjangkau pembaca yang lebih luas, sebaiknya gunakan bahasa Inggris.

Medium juga mengapresiasi penulis yang menerbitkan artikel-artikel berkualitas. Caranya, penulis harus mendaftar Medium Partner Program terlebih dahulu.

Setelah terdaftar, penulis harus mengunggah minimal 1 artikel. Agar artikel bisa menghasilkan uang, penulis juga harus memiliki 100 pengikut (minimal).

Sistem monetisasi artikel ini tergantung pada berapa lama pembaca membaca artikel tersebut (reading time). Semakin lama artikel tersebut dibaca, semakin besar pula nilai uang yang dihasilkan.

Jumlah uang tiap artikel akan terakumulasi dalam satu bulan. Selanjutnya, Medium akan menginformasikan besaran nominal yang dihasilkan melalui email dan mengirimkannya kepada penulis.

Apabila Anda sudah berhasil menghasilkan uang dari artikel, Anda perlu mengunggah minimal 1 artikel per 6 bulan untuk menjaga akun Medium Anda tetap aktif.

4. Mojok

Mojok adalah website Indonesia yang memiliki gaya bahasa khas anak muda. Santai, nyeleneh, dan menghibur.

Mojok juga membuka kesempatan bagi para penulis di luar sana untuk menjadi kontributor pada rubrik yang tersedia di Mojok seperti Esai, Susul, Malam Jumat, Konter, dan Otomojok.

Cara menjadi kontributor di Mojok juga mudah. Caranya, Anda hanya perlu kirim artikel ke email [email protected]mojok.co, tulis subjek sesuai nama rubrik yang diinginkan, lalu copy-paste artikel di badan email (bukan dalam bentuk lampiran file).

Namun, khusus untuk rubrik Susul (Sungguh-Sungguh Liputan), kirim artikel ke email [email protected] dengan format sama seperti sebelumnya.

Panjang artikel hanya 600-1.000 kata saja, bukan jumlah yang banyak. Nantinya tim editor akan menyeleksi apakah artikel tersebut layak terbit atau tidak.

Jika iya, Mojok akan mengirim email bahwa artikel tersebut akan terbit. Sebagai bentuk apresiasi, Mojok akan memberikan honor sebesar Rp 325.000 per artikel.

5. Wattpad

Website atau aplikasi Wattpad sudah tidak asing lagi di kalangan anak muda, terutama yang gemar membaca dan menulis cerita. Wattpad juga merupakan salah satu website membayar penulis sebagai kontributorlho.

Pada tahun 2019, Wattpad secara resmi merilis fitur Wattpad Paid Stories dimana kontributor akan diberi “reward” dari cerita yang mereka buat.

Sebelum itu, perlu Anda ketahui bahwa Wattpad juga menerapkan sistem “beli koin” yang mirip dengan KBM. Berikut ini langkah-langkah untuk membeli koin di Wattpad:

  • Buka aplikasi Wattpad
  • Klik Wallet, lalu cek jumlah uang di Profil
  • Pilih paket koin yang diinginkan
  • Masukkan kata sandi App Store maupun Play Store
  • Transaksi selesai dan koin akan langsung masuk ke akun Wattpad Anda

Meski belum lama dirilis, nyatanya minat pembaca di Wattpad semakin meningkat. Mereka juga tidak segan memberikan apresiasi bagi penulis cerita favorit mereka dengan unlock per bagian cerita ($3) atau keseluruhan cerita ($48).

Bahkan, The New Publishing Standard melaporkan bahwa dalam sebuah press-conference Wattpad resmi memberikan lebih dari $1.000.000 royalti untuk para penulis.

6. Storial

Storial adalah platform novel online asli Indonesia. Konsepnya hampir sama dengan Wattpad, melakukan monetisasi terhadap novel yang dipublikasi lewat platform mereka.

Di Storial, pengguna tidak hanya bisa membaca secara gratis untuk jangka waktu tertentu, tapi juga dapat menjadi penulis. Hal ini menguntungkan penulis yang sebelumnya merasa kesulitan menembus penerbit besar.

Uniknya, Storial memilih cara - cara yang tak dilakukan platform lain. Misalnya, kompetisi menulis novel daring, punya proses kuratorial yang kuat dan memiliki fitur berbayar yang disebut novel premium.

Novel yang bisa dijual di Storial harus lebih dulu memenuhi sejumlah syarat. Salah satunya penulis harus sudah mengunggah 50 bab di Storial.

Cara mengupload tulisan di Storial secara bersambung menjadi kekuatannya. Dengan cara ini ini, pembaca dibikin penasaran dengan kisah selanjutnya.

Pada tahun kelimanya, storial sudah merilis 120-aan ribu judul novel. Dari jumlah itu, sekitar 2 ribuan adalah konten premium yang berbayar.

Adapun jumlah pengguna di Storial sudah mencapai 500 ribu yang seperlimanya adalah penulis.

7. Cabaca

Platform buku daring lainnya adalah Cabaca. Sejak didirikan akhir Oktober 2017 asal Yogyakarta, platform ini menawarkan konsep premium untuk konten berbayar.

Namun, platform ini punya pendekatan yang berbeda dari umumnya platform novel daring lainnya.

Salah satu yang menjadikannya berbeda adalah adanya kurasi atau seleksi terhadap naskah serta proses penyuntingan pada setiap cerita yang ditawarkan di situs Cabaca.

Untuk bisa diterima sebagai penulis, jalur yang bisa dilakukan adalah:

  1. Mendaftarkan Karya dan Ikut Seleksi Naskah Reguler. Ada seleksi, kontrak terbit, serta honor/royalti untuk para penulis yang lolos. Sistemnya lebih mirip dengan penerbitan mayor.
  2. Ikut Kompetisi, Lomba Menulis, atau Kontes Cerita Cabaca. Pemenangnya akan otomatis jadi penulis resmi Cabaca dan akan ditawari kontrak.

Jumlah penulis mencapai 300-aan dengan lebih dari 400 novel eksklusif.

Website Mana Yang Anda Sukai?

Itu dia beberapa website membayar penulis sebagai kontributor yang kredibel. Di antara kelima website/aplikasi di atas, kira-kira mana yang paling Anda sukai?

Tentunya Anda perlu mempertimbangkan passion menulis Anda, entah itu menulis artikel atau cerita, supaya pekerjaan terasa lebih menyenangkan.

Bagikan Melalui

Daftar Isi

Berlangganan Duwitmu

Komentar (0 Komentar)

Tulis Komentar - Balasan untuk Tito Shadam

Email Anda tidak akan di publish

Batalkan Membalas

Captcha Wajib Diisi

Artikel Terkait