Silakan masukkan kata kunci pada kolom pencarian

5+ Kerja Online Menghasilkan Uang Dibayar Dollar Tanpa Modal

Daftar Isi

5+ Kerja Online Menghasilkan Uang Dibayar Dollar Tanpa Modal

Kesempatan untuk bisa kerja online dari rumah dan menghasilkan dollar sekarang terbuka lebar. Banyak peluangnya dan tanpa modal.

Sayangnya, banyak orang yang belum mengerti soal peluang ini. Hanya fokus pada pekerjaan di kantor.

Salah satu contoh, adalah kerja online menjual foto ke situs microstock. Foto di HP bisa kita upload dan jual ke pasar seluruh dunia dan jika dibeli kita dibayar dalam US$.

Ini bukan tipu - tipu, tapi nyata ada peluang ini.

Daftar rekomendasi kerja online yang menghasilkan dollar yang bisa dikerjakan dari rumah adalah:

1. Menjadi Freelancer

Saat ini, banyak platform menyediakan pekerjaan freelancer dari seluruh dunia yang dibayar dalam US$. Tidak perlu gelar atau harus lulusan mana untuk menjadi freelancer, yang penting punya skil maka bisa menjadi freelancer.

Freelance atau freelancing adalah sistem bekerja untuk sejumlah perusahaan tanpa terikat kontrak kerja jangka panjang atau permanen. Tenaga kerja freelance inilah yang kemudian disebut dengan istilah freelancer atau pekerja lepas.

Jadi, freelancer boleh dibilang tidak terikat kontrak permanen.

Fleksibilitas freelancer inilah yang cocok untuk karyawan yang punya skill dan ingin mendapatkan income tambahan.

Beberapa contoh pekerjaan freelancer:

  • Desain grafis. Konten yang melibatkan desain grafis sekarang sangat banyak, sehingga peminat jasa ini cukup tinggi.
  • Jasa video editor saat ini juga marak dibutuhkan. Terlebih Tiktok dengan konten yang berisikan video-video, semakin menunjukkan popularitasnya.
  • Admin sosial media biasanya dibutuhkan bagi pemilik akun yang sedang menjalankan bisnis onlinenya. Tugas admin sosial media sendiri biasanya untuk memastikan bahwa komentar dan dm audiens sudah terjawab.

2. Jual Foto Online di Shutterstock

Kita bisa menjual foto online, dengan mengupload ke situs microstock, seperti Shutterstock, dan dibayar dalam dollar jika foto kita dibeli orang.

Saat ini, kita mudah mengambil gambar dengan HP. Tidak jarang memori di ponsel penuh karena saking banyaknya foto yang diambil.

Tapi, tahukah kita bahwa foto - foto dari HP tersebut bisa menghasilkan uang.

Ya, kita bisa menjual foto dan menghasilkan uang, dengan cara upload ke situs Shutterstock.

Kita harus mendaftar sebagai kontributor di Shutterstock.

Cara registrasi mudah, dengan cukup buka situs Shutterstock kemudian cari menu registrasi dan klik jika ingin mendaftar sebagai contributor.

Setelah proses registrasi selesai, contributor bisa mulai upload dan jual gambar di Shutterstock.

Nanti, jika ada foto kita yang dibeli orang, kita mendapatkan pembayaran. Setelah jumlah tertentu, pembayaran tersebut bisa kita tarik ke rekening.

Berapa penghasilannya ?

Harga foto bervariasi mulai dari US$ 0.1 per download. Meskipun tampak kecil, tapi kita perlu ingat bahwa foto ini bisa di download tanpa batas dan memberikan penghasilan.

Cuma tantangannya pasti di awal bakal susah karena ketat persaingan di shutterstock ini. Kalau misalkan foto kurang bagus, agak blur, foto kita tidak akan di approve oleh shutterstock.

Jadi fotonya bener-bener harus yang clear.

3. Jual Kaos Online ke Luar Negeri

Kita mendesain dan menjual kaos ke luar negeri dan menghasilkan dollar secara online. Tidak perlu khawatir soal cetak dan pengiriman karena akan dikerjakan oleh platform Print on Demand.

Print on demand adalah bisnis dimana produknya bisa kita custom atau cetak sendiri berdasarkan permintaan pelanggan.

Salah satu contoh print on demand adalah desain dan cetak kaos secara online. Berikut ini adalah bagaimana proses pembuatan dan pengiriman kaos

  1. Desain kaos di platform desain yang banyak tersedia, seperti canva
  2. Buat landing page untuk menjual desain kaos tersebut
  3. Hubungkan WA dalam landing page untuk pembeli melakukan pemesanan
  4. Kaos yang sudah dipesan cetak di layanan platform print-on demand
  5. Kirim kaos ke pemesan oleh layanan print on-demand

Keunggulannya adalah cetak satu kaos saja bisa. Betul satu kaos bisa dipesan dan dikirim langsung ke pembeli.

Dari proses ini, kita juga bisa melihat bahwa tugas kita di awal saja, yaitu mendesain kaos. Sisanya, mulai dari cetak sampai pengiriman, dilakukan oleh layanan print-on-demand.

Jadi, prosesnya yang ringkas, sangat sesuai buat karyawan yang mencari penghasilan tambahan.

Untuk platform print on demandnya kalau di Indonesia itu ada tees.co.id. Disini kalian bisa menjual barang-barang custome misalkan kayak kaos, tote bag, mug, masker, bantal, yang semuanya disini bisa dicustom.

Tugas kita simple, yaitu tinggal upload desain di website tees.co.id atau ciptaloka atau tokome.id dan kemudian kalian set harganya berapa.

Misalkan di sini ada kaos dijual Rp 150.000. Biasanya untuk harga produksi dari tees.co.id mungkin hanya sekitar Rp70.000 atau 100.000 jadi sisanya itu adalah keuntungan buat kita.

Kalau di luar negeri itu ada beberapa platform print on demand yang cukup dikenal, yaitu:

  • Redbubble.com. Ini print on demand yang bisa mencetak banyak barang.
  • Printify, sama untuk jualan print on demand.
  • Merch by Amazon, nah ini yang paling besar salesnya. Masuknya juga susah di merch by Amazon karena amazon sudah punya nama.
  • Teespring, ini juga sama platform POD untuk mencetak desain kaos atau jaket.

Buat yang mau main di print on demand seperti ini usahakan desainnya buat sendiri. Kalau misalkan tidak bisa bikin sendiri, hire designer untuk bikin desainnya.

Hal ini untuk menghindari muncul masalah soal copyright karena di luar negeri pelanggaran hak cipta itu serius crime.

4. Membuat Animasi

Kita bisa menggunakan skill membuat animasi sebagai sumber pendapatan dollar.

Apalagi zaman ini menuntut pembuatan konten yang unik, menarik, dan kreatif. Jadi animasi yang kita buat bisa menghasilkan keuntungan yang besar.

Selain itu, sekarang sudah banyak website yang menyediakan fasilitas untuk kita bisa dengan lebih mudah membuat animasi untuk keperluan digital.

Kita bisa menggunakan website seperti animaker di alamat animaker.com. Kita bisa bikin video animasi atau video animasi iklan hanya melalui website ini.

Tidak perlu menginstall software yang berat-berat, cukup buka browser bisa langsung edit video disini. Semua editing bisa dilakukan drag-and-drop, baik warnanya, bentuknya.

Terus misalkan mau ganti karakternya itu juga bisa atau memasukkan karakter lain dengan animasi yang berbeda-beda. Tidak perlu skill khusus ini karena gampang banget bikinnya.

Selain animaket, kalian juga bisa lihat di sini ada animatron.com/studio. Ini juga sama bisa bikin video animasi hanya menggunakan browser aja.

Jadi modalnya cuman butuh internet dan laptop atau komputer aja. Terus ada juga wave.video ini juga sama, terus ada Vyond.com.

Untuk animaker biaya langganannya mulai dari $ 10 dollar per bulan atau sekitar 150 ribu per bulan. Yang paling mahal Vyond sekitar 75 dollar per bulan.

5. Affiliate Marketing

Affiliate marketing memungkinkan kita untuk mempromosikan website di luar negeri dan mendapatkan komisi dalam dollar. Ini bisnis yang tanpa modal.

Mungkin kalau di dunia offline, affiliate adalah makelar.

Menjual produk orang lain lewat mempromosikan link. Itu affiliate atau afiliasi.

Salah satu daya tarik affiliate marketing atau pemasaran afiliasi adalah caranya sangat sederhana. Semua orang bisa melakukannya.

Blog mempromosikan produk tertentu, yang jika produk tersebut terjual maka blog akan menerima komisi.

Karena online, caranya cukup mudah, yaitu blogger cukup mencantumkan link atau tautan di blog mereka dan mengharapkan pengunjung mengklik link tersebut serta melakukan transaksi.

Sejumlah manfaat affiliate adalah:

  • Gratis. Tidak perlu bayar untuk join program affiliate.
  • Tidak perlu buat produk. Produk disediakan oleh pemilik affiliate. Membuat produk butuh extra effort, tidak semua orang bisa dan sanggup
  • Tidak perlu logistik kirim barang dan layanan CS. Semuanya ditangani pemilik produk, mulai dari pengiriman sampai melayani komplain
  • Menjadi long term income. Karena cara affiliate yang cukup simpel, bisa menjadi sumber passive income yang recurring

Untuk memulai bisnis affiliate marketing, kita bisa daftar di platform affiliate salah satunya itu ada di Accesstrade.

Di accesstrade ini, kalau mau daftar bisa klik publisher dan bukan merchant. Kalau merchant untuk perusahaannya, publisher untuk affiliate marketing.

Kelebihannya di accesstrade ini adalah pendaftaran gampang dan tidak butuh minimal follower.

Cuman di sini kita diminta mencantumkan URL website atau kalau misalkan channel utama di web di YouTube atau instagram juga bisa dicantumkan atau channel Tiktok.

Tapi kalau tidak punya, bisa pilih tidak dan bisa cantumin url Facebook.

Platform lain adalah Involve Asia, yang ini banyak digunakan oleh YouTube atau konten kreator.

Hanya di Involve Asia mensyaratkan minimal followers. Cara daftar di Involve Asia sama dimana kita tinggal daftar sebagai partner disini.

Platform lainnya adalah Styledoubler. Ini juga sama adalah platform affiliate marketing jadi kita disini daftarnya sebagai “I am Creator”.

Di sini klik daftar aja dan nanti kalau udah daftar kalian bisa generate link affiliate di sini. Di sini ada beberapa marketplace ya, Lazada shopee terus ada beberapa toko online lainnya.

Kelebihan Accesstrade adalah affiliate toko online banyak. Jadi kalau misalkan kalian daftar di sini, ada banyak banget toko online yang bisa kalian join sebagai affiliate marketing, seperti tiket.com, agoda, Qatar Airways, JD ID, Lazada, Bukalapak, Sophie dan masih banyak marketplace lainnya.

6. Menjual Canva Template

Menjual Canva Template

Template untuk produk digital menjadi hal yang banyak dicari saat ini. Karena orang butuh untuk promosi di platform online, seperti Instagram Post, Presentasi, FB Post dan lain - lain.

Untuk menjual template dengan mudah dan tanpa modal, kita bisa bergabung dengan Canva.

Canva adalah website desain online terbesar di dunia saat ini. Sangat populer dan banyak digunakan oleh orang di seluruh dunia.

Canva membuka kesempatan bagi siapa pun untuk mendapatkan penghasilan tambahan sebagai kontributor Canva.

Kita mengirim desain sebagai kontributor Canva. Nantinya, jika file digital tersebut dibeli oleh salah satu pelanggan atau desain yang kita buat digunakan oleh pelanggan Canva Pro, kita akan dapat royalti.

Menjadi kontributor tidak akan menyita waktu. Sistem kontributor ini tidak tetap, jadi kita bisa menyesuaikan waktu luang yang kita miliki.

Poses pendaftaran sebagai berikut:

  • Kunjungi laman Kontributor Canva, klik tanda Become a Contributor
  • Buat akun, jika sebelumnya kita belum memiliki akun. Hubungkan akun Gmail atau akun Facebook.
  • Jika sudah memiliki akun kita akan ditujukan ke laman Hub Kontributor. Di laman ini, kita dapat mengunggah file desain di Canva.
  • Pilih file, kita bisa mengunggah beberapa file konten sekaligus
  • Lengkapi form metadata yang berisi judul, nama seniman, dan kata kunci. Gunakan beberapa kata kunci yang sesuai dengan judul agar pengguna dapat menemukan karya kita
  • Pilih "saya adalah pemilik konten dan memiliki izin untuk semua orang properti serta merk yang ditampilkan di konten, maka konten kita akan jadi konten Pro, sehingga mendapat royalti".

7. Melakukan Dropshipping

Kerja online dengan menjadi dropshipper adalah pilihan pekerjaan yang tanpa modal.

Karena dropship adalah sistem penjualan, dimana penjual tidak menyetok produknya.

Penjual hanya menawarkan produk-produk tersebut. Jika mendapat seorang pembeli, penjual akan menghubungi produsen untuk mengirimkan produk yang dibeli langsung ke alamat penjual.

Nantinya, pengiriman barang akan dikirim oleh (supplier) langsung kepada pembeli.

Meskipun keuntungannya tidak sebesar memiliki produk sendiri, tapi hasilnya tetap menjanjikan.

Selain tidak perlu menyetok barang, manfaat menjadi dropshipper adalah:

  • Tidak repot kirim barang. Pengiriman ditanggung penjual.
  • Sistem kerja sama tidak terikat. Bebas mu menjual berbagai barang.
  • Modal kecil. Tidak dibutuhkan modal kerja untuk beli barang.

Sedikit tips untuk bisa sukses menjadi dropshipper adalah pilih produk yang ramai pembeli, cari supplier reputasi yang baik, lalu bandingkan harga antar supplier.

Kita juga bisa bergabung dengan salah satu platform dropship yang memudahkan dalam memilih produk dropship.

Penghasilan seorang dropshipper berasal dari selisih harga yang diberikan produsen, dengan harga yang ditawarkan kepada pembeli.

Jadi, semakin banyak produk yang berhasil ditawarkan kepada pembeli, semakin banyak pula keuntungan yang didapatkan.

Saat ini, platform dropshipping tersedia untuk mempermudah bisnis ini.

Kalau targetnya pasar luar negeri, kita bisa menggunakan platform Shopify. Shopify adalah website untuk membuat toko online dimana kita bisa menjual produk-produk dropship.

Nah nantinya kalau misalkan ingin main ke pasar luar negeri, kita buka akun di shopify dan hubungkan ke Oberlo. Jadi Oberlo ini adalah sistem dropship nya yang bisa dikoneksikan ke Shopify.

Jadi toko onlinenya di shopify sedangkan sistem dropship nya itu menggunakan oberlo. Simpel.

Kekurangannya, di Shopify ini, kita harus membayar biaya langganan bulanan.

Harganya cukup lumayan, dengan paket basic yaitu sekitar $29 perbulan atau kalau di rupiahkan sekitar Rp 400 ribuan per bulan.

Ini kalau pemula memang lumayan terasa, bukan mahal.

Nah cuman kelebihan Shopify adalah sistemnya udah keren banget dan kuat menerima trafik dari mana aja. Sistemnya juga semuanya serba otomatis, jadi kita tidak perlu takut kalau misalkan pakai shopify ini lalu ada yang beli itu terus error, nggak perlu takut.

Alternatif platform di Indonesia itu kita bisa pakai Evermos.

Evermos ini platform dropship juga, kelebihannya adalah Evermos gratis. Temen-temen bisa langsung join sebagai reseller, cuman sebenarnya sistem ini kayak dropship.

Jadi tinggal daftar saja nanti bisa masuk ke dashboard untuk akses produk-produknya dan bisa ambil foto produknya, terus linknya bisa kalian pasarin. Nanti kalau ada yang beli kalian akan mendapatkan komisi.

Bagikan Melalui

Daftar Isi

Berlangganan Duwitmu

Komentar (0 Komentar)

Tulis Komentar - Balasan untuk Tito Shadam

Email Anda tidak akan di publish

Batalkan Membalas

Captcha Wajib Diisi

Artikel Terkait