Silakan masukkan kata kunci pada kolom pencarian

9 Aplikasi Kerja dari Rumah Tanpa Modal

Daftar Isi

9 Aplikasi Kerja dari Rumah Tanpa Modal

Kerja online dari rumah menjadi sangat populer sejak era pandemi. Kelonggaran semacam ini lebih disenangi karena dinilai fleksibel dan tidak membutuhkan biaya mobilitas layaknya pekerjaan on-site.

Pertanyaannya, bagi pemula yang tertarik untuk bekerja dari rumah tanpa modal, dari mana harus memulai? Dan yang terpenting, bagaimana caranya?

Dewasa ini, banyak pilihan aplikasi yang menawarkan peluang kerja dari rumah secara online tanpa membutuhkan modal. Mulai dari jasa desain, alih bahasa, mengisi survei, hingga menyelesaikan tugas harian.

Simak informasi dibawah ini yang merangkum 9 aplikasi kerja dari rumah, yaitu:

Nama AplikasiKeunggulan Utama
FastworkAplikasi kerja dari rumah terbaik se-Asia Tenggara
SampinganPeluang freelance/part-time/full-time
PanggilinTugas review dan misi ringan
FreelancerProject remote bagi freelancer
FiverrFreelancer secara keseluruhan
Job2GoLowongan WFH dalam negeri
KerjaholicFitur jejaring
UpworkProject mancanegara
Google Opinion RewardsPengisian survei terbaik untuk selingan kerja dari rumah

1. Fastwork

Nama aplikasiFaswork
Tahun rilis2016
DownloadPlay Store, App Store
Metode pembayaranTransfer bank

Didirikan pada tahun 2015, aplikasi kerja dari rumah yang pertama ini berkantor pusat di Thailand. Fastwork sendiri adalah aplikasi jual beli jasa freelancer yang saat ini baru tersedia untuk pengguna Thailand dan Indonesia. Jenis jasa yang bisa ditawarkan di aplikasi ini bermacam-macam, termasuk desain logo, digital marketing, hingga memberi review.

Luasnya cakupan jasa di Fastwork dapat menjadi peluang yang menjanjikan bagi Anda untuk mencoba menawarkan keahlian di aplikasi ini. Untuk mendapatkan uang di Fastwork, Anda akan bertindak sebagai freelancer dengan memasang jasa berikut rate harga.

Fastwork mengharuskan semua transaksi dilakukan di dalam aplikasi, sehingga freelancer maupun pembeli jasa dapat terhindar dari risiko penipuan. Penghasilan di Fastwork biasanya akan dicairkan otomatis ke rekening freelancer setiap 2 minggu sekali. Adapun besaran potongan biaya di Fastwork adalah 10% untuk freelancer dan 3% di sisi pembeli jasa.

2. Sampingan

Nama aplikasiSampingan (Staffinc Jobs)
Tahun rilis2018
DownloadPlay Store
Metode pembayaranTransfer bank

Sampingan, atau yang kini berubah nama menjadi Staffinc Jobs, adalah aplikasi yang menjembatani perusahaan dengan pekerja freelancer, part-time, hingga full-time. Per tahun 2022 sendiri Staffinc Jobs telah mencatatkan lebih dari 1 juta pengguna di 80+ kota dan telah berkolaborasi dengan 150+ perusahaan.

Kategori pekerjaan yang ada di Staffinc Jobs meliputi di antaranya sales, surveyor, teknisi, hingga admin. Staffinc Jobs menawarkan peluang pekerjaan berdasarkan lokasi terdekat, sehingga memudahkan pengguna jika memerlukan mobilitas pekerjaan.

Meski begitu, beberapa lowongan yang ada di Staffinc Jobs dapat dikerjakan dari rumah. Selain itu, Anda juga bisa menyelesaikan misi seperti mendaftar atau menggunakan aplikasi tertentu tanpa perlu bekerja on-site.

3. Panggilin

Nama aplikasiPanggilin
Tahun rilis2018
DownloadApp Store
Metode pembayaranTransfer bank

Panggilin adalah aplikasi lokal yang mempertemukan freelancer dan pemberi kerja. Aplikasi ini berfungsi dua arah karena di samping freelancer dapat memasang jasa yang ditawarkan, pemberi kerja juga dapat mem-posting tugas atau misi untuk mencari freelancer yang tepat.

Dari segi harga, freelancer di Panggilin cenderung berkompetisi menawarkan harga yang terjangkau mulai dari Rp1.500. Untuk misi yang di-posting oleh pemberi kerja, nominalnya kebanyakan berkisar antara Rp1.600 hingga Rp10.000 per misi.

Jenis jasa yang bisa ditawarkan di Panggilin sama dengan kategori jasa di Fastwork yang meliputi antara lain jasa desain grafis, web programming, hingga jasa konsultasi. Secara keseluruhan, Panggilin didominasi dengan misi ringan berupa review aplikasi, daftar aplikasi, dan menggunakan kode referal tertentu.

4. Freelancer

Nama aplikasiFreelancer
Tahun rilis2014
DownloadPlay Store, App Store
Jenis pekerjaanMenjual jasa freelance atau mengerjakan project yang sedang dibutuhkan
Metode pembayaranTransfer bank, PayPal, Skrill, Wire transfer

Sesuai namanya, Freelancer adalah marketplace freelance yang memungkinkan para freelancer untuk memasarkan jasa dan membuat penawaran untuk project yang sedang dibutuhkan oleh employer. Freelancer didirikan pertama kali pada tahun 2009 di Australia dan digunakan secara luas oleh pengguna internasional.

Jenis kategori project freelance yang bisa dikerjakan di Freelancer meliputi antara lain website, IT, dan software; penulisan dan konten; data entri dan admin; sales dan marketing; desain; penerjemahan; hingga jasa telekomunikasi.

Karena beroperasi secara global, Anda bisa mengajukan proposal penawaran kerja untuk project luar negeri dengan bayaran yang cukup besar. Freelancer juga unggul dari segi metode penarikan dana yang cukup fleksibel meliputi transfer bank dan e-wallet.

5. Fiverr

Nama aplikasiFiverr
Tahun rilis2014
DownloadPlay Store, App Store
Jenis pekerjaanFreelance di bidang: Grafis & desain, Digital marketing, Penulisan dan penerjemahan, Video & animasi, Musik dan audio, Website & programming, Database & data processing, Bisnis, Gaya hidup, Fotografi
Metode pembayaranPayPal, Fiverr Revenue Card, Transfer bank, Direct deposit

Fiverr adalah marketplace tempat para freelancer menawarkan jasa digital kepada secara global. Aplikasi asal Israel ini dinamakan Fiverr karena pada awal berdiri di tahun 2010 semua jasa di Fiverr dipasang pada harga $5 (five dollars).

Di kalangan freelancer, Fiverr merupakan paling sering digunakan. Dari sisi employer, Fiverr menawarkan cakupan jasa yang beraneka ragam dengan upah yang rasional. Sedangkan dari sisi freelancer, Fiverr mampu mendatangkan target klien yang potensial.

Di antara aplikasi freelance lainnya, Fiver mencatatakan jumlah unduhan paling banyak, yang disertai dengan tingkat rating yang paling tinggi. Secara umum, Fiverr adalah aplikasi cara bekerja dari rumah yang sangat menjanjikan.

6. Job2Go

Nama aplikasiJob2Go
Tahun rilis2020
DownloadPlay Store, App Store
Jenis pekerjaanMengisi lowongan dan bekerja untuk posisi full-time, part-time, dan work from home (WFH) yang sedang dibutuhkan

Job2Go merupakan aplikasi yang menyediakan informasi lowongan pekerjaan yang fleksibel, mulai dari skema on-site secara full-time, part-time, hingga kerja dari rumah atau WFH. Dirilis pada tahun 2020 di Play Store, Job2Go sudah di-download lebih dari 100 ribu kali dengan peluang pekerjaan hingga 6000+ lowongan.

Jenis kesempatan WFH yang tersedia di Job2Go di antaranya meliputi posisi sales marketing dan magang bagi mahasiswa. Rentang gaji yang ditawarkan untuk setiap posisi juga terbilang kompetitif mulai dari Rp1,8 juta dengan skema kerja harian maupun bulanan.

7. Kerjaholic

Nama aplikasiKerjaholic
Tahun rilis2018
DownloadPlay Store
Jenis pekerjaanBekerja untuk lowongan pekerjaan yang sedang dibutuhkan

Serupa dengan Job2Go, Kerjaholic adalah aplikasi untuk mencari informasi lowongan pekerjaan. Uniknya, Kerjaholic juga dapat digunakan untuk berjejaring dan berkolaborasi dalam proyek tertentu.

Aplikasi yang rilis pada tahun 2018 ini sudah mencapai sebanyak lebih dari 100.000 kali unduhan di Play Store. Pengguna dapat mengakses peluang kerja dari rumah berdasarkan lowongan yang sedang dibuka.

Keunggulan utama aplikasi Kerjaholic adalah fitur rekomendasi kenalan berdasarkan radius terdekat yang dapat membantu Anda dalam memperluas jaringan.

8. Upwork

Nama aplikasiUpwork
Tahun rilis2019
DownloadPlay Store, App Store
Jenis pekerjaanMengirim proposal/lamaran dan mengerjakan project freelance
Metode pembayaranTransfer bank, Wire transfer, PayPal, Payoneer

Mirip seperti Freelancer, Upwork adalah aplikasi bagi para pekerja lepas untuk menemukan project freelance yang sesuai dengan keahliannya. Untuk bekerja dari rumah melalui Upwork, freelancer perlu mengajukan penawaran atau proposal pada lowongan project yang ingin diisi.

Jika tertarik dengan proposal yang Anda ajukan, employer akan merespons untuk mendiskusikan project lebih lanjut. Sama seperti platform freelance lainnya, Upwork juga melarang untuk melakukan pembayaran di luar aplikasi sehingga keamanan dari segi transaksi bisa dijamin.

9. Google Opinion Rewards

Nama aplikasiGoogle Opinion Rewards
Tahun rilis2021
DownloadPlay Store, App Store
Jenis pekerjaanMengisi dan menyelesaikan survei
Metode pembayaranGoogle Play, PayPal

Google Opinion Rewards adalah program yang dikembangkan oleh Google untuk memberikan imbalan kepada pengguna yang mengisi survei. Aplikasi ini tersedia untuk pengguna Android maupun iOS dengan imbalan sebesar $0.1 hingga $1 per survei.

Uang yang berhasil dikumpulkan di Google Opinion Rewards bisa dicairkan menjadi saldo Google Play maupun PayPal. Survei di aplikasi ini umumnya singkat, rata-rata terdiri dari 1-3 pertanyaan atau maksimal hingga 10 pertanyaan per survei.

Jika dilakukan dengan konsisten, Google Opinion Rewards dapat mengisi pundi-pundi tambahan selagi Anda bermain ponsel di waktu luang.

Kesimpulan

Secara keseluruhan, kesembilan aplikasi cara kerja dari rumah tersebut memiliki kelebihan yang berbeda-beda. Pilih yang paling sesuai dengan kebutuhan kita.

Bagikan Melalui

Daftar Isi

Berlangganan Duwitmu

Komentar (0 Komentar)

Tulis Komentar - Balasan untuk Tito Shadam

Email Anda tidak akan di publish

Batalkan Membalas

Captcha Wajib Diisi

Artikel Terkait