Silakan masukkan kata kunci pada kolom pencarian

Cara Menghasilkan Uang dari Blog Google Adsense 2022

Daftar Isi

Cara Menghasilkan Uang dari Blog Google Adsense 2022

Google Adsense adalah cara menghasilkan uang dari blog yang paling banyak digunakan oleh blogger di seluruh dunia. Bagaimana cara menghasilkan uang dari blog lewat Google Adsense di 2022 ?

Menghasilkan uang dari blog diawali dengan membangun traffic dengan SEO, baru setelah itu daftar Adsense, pahami cara kerja Adsense membayar, optimalisasi penghasilan dengan pengunjung, CTR dan CPC, fokus ke niche konten. Terakhir, pastikan paham syarat dan ketentuan dari Google agar tidak kena banned.

Selengkapnya soal cara menghasilkan uang dari blog lewat Google Adsense di 2022:

1. Harus Ada Pengunjung Organik

Untuk bisa mendaftar dan diterima oleh Google Adsense, syarat utamanya satu, yaitu besarnya pengunjung traffic.

Meskipun dalam panduan pendaftaran, pihak Google Adsense tidak menyebutkan syarat jumlah pengunjung blog untuk bisa diterima di Adsense. Namun, dalam kenyataannya, blog yang baru dibuat dan masih sepi pengunjung, sulit untuk diterima Adsense.

Traffic yang datang ke blog harus organic. Bukan pengunjung datang karena terpapar iklan.

Tujuan blov menghasilkan uang dari iklan Adsense. Jadi, pengunjung yang datang harus organik dan bukan dari iklan, karena kalau iklan kita harus bayar.

2. Optimisasi lewat SEO

Bagaimana mendatangkan pengunjung blog?

Ini pertanyaan yang krusial karena konten yang sempurna tidak ada gunanya kalau tidak ada orang yang membaca.

Jawabannya: SEO - Search Engine Optimization.

Dibandingkan beriklan, SEO lebih murah. Pengunjungnya datang secara organik, dari hasil pencarian, bukan membayar dengan iklan.

Jika sudah mendapatkan posisi yang bagus di mesin pencari, website akan tetap muncul ketika pengunjung mengetikkan kata kunci. Jadi, cukup sekali mengeluarkan upaya lewat SEO untuk mendapatkan calon pelanggan.

Berbeda dengan iklan, yang saat berhenti dipasang, pengunjung otomatis akan berhenti juga.

Banyaknya pengunjung ke situs atau blog, akan percuma, mubazir, jika bukan pengunjung yang berkualitas. Bukan pengunjung yang convert, menghasilkan sales.

Nah, SEO mendatangkan pengunjung yang berkualitas. Kenapa?

Orang yang menggunakan search engine, mesin pencari, adalah mereka yang sedang mencari sesuatu, entah itu mencari informasi ataupun mencari produk. User’s intent mereka sudah jelas, tahu apa yang mereka cari.

Ketika pengunjung mengetikkan kata kunci tertentu di Google Search, berarti mereka memang membutuhkan informasi terkait kata kunci tersebut.

Jika website muncul di halaman pertama Google, pengunjung yang klik website berdasarkan kata kunci tersebut merupakan pengunjung yang kemungkinan besar sesuai target pasar.  

Hal ini sesuai dengan data, bahwa trafik organik 10 kali lebih mudah dikonversi dibandingkan trafik dari media sosial. 

Semakin banyak website mendatangkan pengunjung yang berkualitas, yang sesuai target pasar, semakin tinggi pula potensi penghasilan iklan dari Adsense meningkat. 

3. Daftar Adsense 

Setelah punya traffic, baru kita daftar Adsense.

Untuk bisa menjadi publisher adsense, kita harus melakukan pendaftaran ke Google.

Google menyediakan form khusus untuk mendaftar dengan cukup menyebutkan alamat situs dan menaruh kode Adsenss dalam website.

Tinggal menunggu jawaban dari Google - diterima atau tidak atas pengajuan.

Pendaftaran adalah tahap yang cukup tricky, banyak yang ditolak walaupun mengajukan beberapa kali, tetapi banyak juga yang langsung disetujui Google.

Menurut  saya - ini  pendapat  pribadi - Google ingin iklan Adsense mereka muncul di website atau blog yang layak dan bisa dipertanggungjawabkan.

Bayangkan sebagai Google datang ke advertiser menawarkan platform Adsense untuk pemasang iklan, pasti ingin menunjukkan ke advertiser bahwa publisher di Google adalah website yang punya kredibilitas dan konten menarik.

Karena kalau iklan muncul di blog yang tidak berkualitas, misalnya, konten yang duplikat atau melanggar hak cipta, Google pasti akan looks very bad di depan advertiser.

Google sudah membuat guideline atau panduan soal website yang sesuai dengan kriteria mereka.

Google Adsense dalam guideline menyebutkan bahwa “you’ll want to create unique,original, and relevant content that keeps users engaged and encourages them to read more”.

Beberapa kata diatas, sengaja saya garis bawahi untuk memberikan penekanan.

Tidak ada persyaratan jumlah pengunjung minimal. Jika ditolak, Adsense akan memberitahukan alasannya di dalam email penolakkan.

Proses persetujuan iklan Adsense mulai dari 3 hari sd 2 minggu. 

Beberapa hal yang perlu diperhatikan saat pengajuan Adsense di Blog:

  1. AdSense Code. Pastikan menambahkan AdSense Ad code ke website karena selama code belum ditambahkan, Google tidak akan bisa melakukan review dan memberikan persetujuan. Cek pedoman cara dan posisi pemasangan kode tersebut.
  2. Website Terhapus Didaftarkan Lagi. Kejadian ini membuat Google AdSense harus memeriksa selama kurang lebih hingga dua minggu lamanya.
  3. Website tidak bisa diakses. Pastikan website yang didaftarkan bisa diakses dan tidak diblok. Adsense tim harus bisa mengakses situs Anda untuk bisa melakukan review.

4. Cara Kerja dan Pembayaran Adsense

Syarat pertama Google membayar hasil iklan jika penghasilan sudah melewati batas, yaitu $10, dan jika belum lewat batas Google tidak akan melakukan pembayaran.

Pembayaran dilakukan lewat transfer ke rekening bank di Indonesia.

Untuk memastikan bahwa website tersebut milik Anda dan rekening bank yang didaftarkan milik Anda, Google melakukan beberapa langkah verifikasi:

  • Mengirimkan surat berisi PIN ke alamat rumah Anda yang mana angka PIN di dalam surat tersebut harus diinput ke sistem Google Adsense.
  • Melakukan transfer sejumlah uang ke rekening yang Anda daftarkan dan Anda harus mengkonfirmasi jumlah yang ditransfer Google tersebut ke sistem Adsense.

Langkah verifikasi PIN dan rekening ini hanya dilakukan satu kali.

Setelah semua beres - PIN benar, rekening bank terkonfirmasi dan minimum $10 terlewat - langkah pembayaran adalah sebagai berikut:

  1. Ambil contoh penghasilan Januari 2020 - pembayaran dilakukan per bulan dimana pada tanggal 3 bulan berikutnya (3 Feb 2020) Adsense mengirimkan laporan jumlah uang yang akan dibayar untuk penghasilan iklan Januari 2020
  2. Setiap tanggal 21 di bulan berikutnya - 21 Feb 2020 - Google mengirimkan email menyampaikan bahwa pembayaran sudah di transfer ke rekening publisher
  3. Dana akan masuk ke rekening bank publisher antara tanggal 22 sd 25 februari 2020.

Tanggal 21 setiap bulan menjadi tanggal keramat buat para publisher, menunggu konfirmasi pembayaran dari Adsense.

Proses pembayaran ini dilakukan secara rutin setiap bulan, dengan asumsi nilai pembayaran Anda melewati $100.

5. Naikkan CTR Menjadi Kunci

CTR adalah Click Through Rate (CTR) atau berapa banyak pengunjung yang klik iklan Anda.

Banyak pengunjung akan sia - sia jika tidak ada yang klik iklan di website.

Jadi, kita harus memastikan dua hal:

  • Kualitas pengunjung adalah mereka convert dengan meng-klik iklan di website dan hal tersebut dipengaruhi oleh kualitas konten yang disajikan dalam website terkait keyword yang digunakan dalam konten yang disajikan dalam website
  • Posisi iklan di dalam website akan menentukan tingkat CTR karena posisi iklan yang tepat mendorong pengunjung mengklik iklan yang dipasang.

6. Dapatkan Iklan CPC Tinggi

CPC adalah Cost per Click atau harga klik setiap iklan.

Ada banyak pengunjung, lalu pengunjung mengklik iklan, tetapi harga iklan yang di-klik murah, penghasilan tidak akan optimal.

Harga klik harus cukup tinggi untuk men-drive penghasilan iklan setiap bulan.

Bagaimana mendapatkan CPC tinggi ?

  • Kualitas konten yang dihasilkan dalam blog Anda mempengaruhi harga CPC.
  • Riset konten - konten yang punya CPC tinggi
  • CTR secara tidak langsung menentukan harga CPC menjadi tinggi atau rendah.

7. Content is the King !

Sebagai Blogger, Anda adalah content creator. Membuat konten untuk menarik pemirsa.

Karena itu, konten menjadi segalanya, Content is king !

Tanpa konten, Anda ibaratnya sayur tanpa garam, basi, tidak menarik. Jadi, fokus Anda adalah membuat konten terbaik.

Kenapa disebut konten, bukan tulisan atau video ? Karena varian konten itu luas, bukan hanya tulisan kalau di blog tetapi juga infographic, gambar, video dan lain-lainnya.

Ketika berpikir ingin menghasilkan uang di internet, hal pertama yang Anda harus pikirkan, bukan berapa uang yang bisa dihasilkan, tetapi konten terbaik apa yang bisa dihasilkan dan didelivery kepada pemirsa di blog.

Konten yang baik akan dengan sendirinya menarik pengunjung yang pada saatnya nanti bisa menghasilkan uang dari pengunjung.

8. Fokus Niche Konten

Karena konten penting, pertanyaan selanjutnya mau nulis apa.

Mau buat konten apa ?

Ada dua hal yang bisa Anda pertimbangkan.

Pertama, tulis sesuatu yang Anda sukai dan kuasai. Kalau tidak bisa keduanya, mulai dengan yang Anda sukai, lalu pelajari agar menguasai.

Mengerjakan sesuatu yang kita sukai pasti kita akan lakukan dengan senang dan tidak kenal lelah. Lebih mudah menjadi expert-nya jika fokus pada bidang yang kita sukai, sementara expertise itu penting di dunia online yang banjir konten seperti saat ini.

Kedua, bangun niche konten, yang fokus pada topik - topik tertentu secara mendalam.

Sebaiknya, jangan buat konten ‘gado-gado’ karena lebih menguntungkan buat konten niche.

Keuntungan membuat niche konten adalah:

  • Fokus. Niche blog membuat lebih fokus pada topik tertentu, tidak meluas ke berbagai topik, sehingga membuat Anda lebih konsisten dalam menulis blog. 
  • Expert.Dengan niche blog, Anda bisa dikenal sebagai ahli pada topik tertentu dan dijadikan referensi banyak orang.
  • Meningkatkan CTR iklan. Iklan yang relevan dengan niche blog akan lebih banyak diklik oleh pengunjung sehingga Anda akan mendapatkan bayaran iklan lebih banyak. 

9. Patuhi Syarat dan Ketentuan T&C Google Adsense

Dalam mencari uang dari adsense di Blogging, Anda tidak hanya harus punya konten yang mumpuni, tetapi juga mematuhi ketentuan dari platform iklan.

Platform menentukan apakah konten bisa dimonetisasi atau tidak. Tidak ada artinya punya konten yang bagus sekali, banyak penonton, kalau tidak bisa dimonetisasi.

Pelajari TOS Google Adsense sebaik - baiknya agar bisa paham mana yang boleh dan mana yang tidak boleh sebagai publisher lakukan menurut Google Adsense.

Beberapa hal yang yang penting Anda perhatikan:

  • Dilarang konten ilegal. Konten mempromosikan hal-hal yang ilegal dan melanggar hukum/aturan yang berlaku.
  • Langgar Hak Cipta. Konten melanggar hak dan kekayaan intelektual dilarang
  • Dilarang copy konten atau jiplak konten orang lain. Hal ini merupakan pelanggaran yang serius dan bisa menyebabkan akun di stop
  • Dilarang klik iklan sendiri atau invalid klik. Tidak diperkenankan klik iklan sendiri, sengaja atau tidak sengaja.
  • Konten ketidakjujuran. Misalnya pembuatan dokumen palsu, jasa pembuatan ijazah, joki ujian, hacking, dan video streaming konten terlarang.
  • Isi konten yang tidak sesuai ketentuan Google, seperti narkoba, perang, sex dan lain-lain. Kita perlu tahu bahwa semua hal yang ada dalam konten adalah tanggungjawab kita, meskipun konten tersebut bersumber dari pengunjung.

10. Jangan Kena Banned Google Adsense

Mimpi buruk setiap publisher adalah iklannya di banned oleh Adsense sehingga iklan tidak lagi muncul dan tentu saja tidak bisa menghasilkan uang.

Jenis Akun Banned

Jenis pembatasan iklan oleh Adsense ada beberapa tingkat.

Pertama, iklan tidak muncul atau dibatasi di website, tetapi akun Adsense masih hidup.

Kalau akun Adsense punya beberapa website, maka pembatasan untuk jenis ini, hanya untuk website tertentu, yang melanggar ketentuan, tidak semua website kena pembatasan iklan.

Perbaiki masalah sesuai dengan pelanggaran yang terjadi, lalu ajukan kembali. Jika disetujui Adsense, iklan akan muncul lagi.

Kedua, akun Adsense di banned. 

Jenis ini yang paling berat karena akun ditutup oleh Adsense dan semua website dibawah akun ini akan kena imbas, tidak bisa menerima iklan.

Jika akun di banned, publisher tidak bisa melakukan banding, akun ditutup. Cara satu- satunya adalah mengajukan lagi dengan akun berbeda.

Di YouTube, salah satu penyebab utama banned atau penghapusan iklan adalah plagiarism atau mengcopy konten orang lain tanpa izin. YouTube sangat serius soal plagiat ini.

Salah satunya, YouTube menyediakan fasilitas buat pihak yang punya konten asli untuk melaporkan pencuri konten ke YouTube dan jika telah dilaporkan beberapa kali plagiat tidak mengindahkan, misalnya menghapus konten plagiat, maka akun plagiat bisa dibanned oleh YouTube.

Cara ini disebut klaim hak cipta di YouTube dimana pihak yang memiliki konten asli melakukan klaim dengan melaporkan plagiat konten.

Channel yang dilaporkan sebanyak 3 kali klaim hak cipta akan ditutup permanen oleh YouTube.

Soal ini tidak pandang bulu, apakah channel tersebut ramai atau tidak, karena pernah kejadian suatu channel dengan 13 juta subscriber hilang dari YouTube karena banyak yang melaporkan plagiarism channel tersebut.

Mengikuti panduan TOS YouTube sangat penting, terutama tidak menampilkan konten plagiat dan fokus pada konten - konten original.

Memang, ada banyak cara ‘kreatif’ saat ini untuk tetap bisa mencuri konten orang lain tanpa YouTube bisa ketahui alias tidak terdeteksi. Tetapi, kita harus paham YouTube senantiasa memperbaiki kualitas teknologi pengawasan mereka, sehingga sesuatu yang lolos sekarang, belum tentu di masa depan akan lolos juga. 

Bagaimana Mengatasi Banned

Dalam setiap keputusan banned, Adsense atau YouTube akan menyampaikan alasan yang menyebabkan akun di banned. Pelajari alasan tersebut baik-baik dan lakukan langkah perbaikan yang sesuai kesalahan.

Pastikan membuat konten yang original, tidak plagiat dari konten orang lain. Salah satu penyebab utama akun banned di YouTube.

11. Selalu Lakukan Analisa Data

Salah satu keuntungan di dunia online adalah banyak hal bisa di tracking. Semuanya jadi bisa dianalisis dan diukur.

Dan banyak tools untuk menganalisa yang gratis. Tinggal diunduh, langsung bisa digunakan, tanpa biaya.

Kenapa perlu melakukan analisa ?

Pertama, perkembangan pengunjung secara rutin dari waktu ke waktu. Bahkan jumlah pengunjung secara real-time bisa diketahui.

Kedua, sumber traffic. Dari mana datangnya traffic, mana yang paling banyak, sehingga bisa fokus ke sumber traffic utama.

Ketiga, artikel atau video terbaik yang paling banyak dilihat atau dibaca, mana yang tidak mendatangkan pengunjung sama sekali. Penting untuk masukkan dalam menulis artikel atau membuat video.

12. Butuh Waktu, Ini Maraton

Belum ini, saya menonton sharing di salah satu channel YouTube yang menceritakan perjalanan penghasilan channel tersebut dari iklan Adsense.

Channel tersebut saya sering ikuti karena isinya kontennya sangat menarik. Memberikan perspektif baru.

Disebutkan bahwa butuh lebih dari 4 bulan sejak channel dibuat sampai bisa memberikan penghasilan.

Setelah memperoleh penghasilan pun jumlahnya kecil sekali. Saya hitung penghasilan tersebut tidak akan cukup menghidupi channel.

Baru setelah 6 bulan, penghasilannya lumayan meningkat.

Blogger-blogger sukses yang saya tahu kebanyakan juga sudah blogging selama bertahun-tahun sebelum akhirnya mereka bisa menghasilkan uang dari blognya.

Blogging membutuhkan kesabaran dan ketekunan untuk belajar terus sampai bisa menjadikan blog atau channelnya sebagai sumber penghasilan.

Kenapa butuh proses ?

Pertama, persaingan di dunia konten ini ketat, apalagi untuk menghasilkan monetisasi, sangat ketat. Ada ribuan channel dan blog baru setiap hari yang muncul sebagai pesaing.

Untuk bisa muncul dan dikenal, perlu konsistensi dalam berkarya. Itu semua butuh waktu dan usaha.

Kedua, algoritma Google, yang menjadi faktor penting untuk sebuah channel bisa dikenal lewat SEO, condong memberikan apresiasi ke blog atau channel yang sudah berjalan beberapa waktu.

Butuh kesabaran dan konsistensi agar dikenal oleh algoritma Google.

Bagikan Melalui

Daftar Isi

Berlangganan Duwitmu

Komentar (0 Komentar)

Tulis Komentar - Balasan untuk Tito Shadam

Email Anda tidak akan di publish

Batalkan Membalas

Captcha Wajib Diisi

Artikel Terkait