Silakan masukkan kata kunci pada kolom pencarian

Beda Dana vs ShopeePay, Mana Dompet Elektronik Terbaik

Daftar Isi

Beda Dana vs ShopeePay, Mana Dompet Elektronik Terbaik

Dana dan ShopeePay  adalah dua dompet elektronik digital yang paling dikenal saat ini. Apa beda kedua aplikasi digital e-wallet ini dan mana yang terbaik ?

Untuk mengetahuinya, kami menugaskan salah satu penulis yang kebetulan punya kedua aplikasi ewallet ini untuk melakukan review kelebihan dan kekurangan keduanya dan menuliskan hasilnya di artikel ini.

Hasil perbandingan menunjukkan bahwa Dana unggul sebagai dompet elektronik yang punya banyak fitur, bisa digunakan di berbagai merchant dengan beragam promo dan fitur paylater, sementara ShopeePay hanya bisa digunakan untuk belanja di aplikasi Shopee. Keunggulan ShopeePay  adalah bagian dari ekosistem Shopee, banyak promo cashback, fasilitas pinjaman paylater dan uang tunai. Namun, keduanya, Dana dan ShopeePay adalah dompet elektronik, e-wallet, resmi berizin Bank Indonesia yang aman dan kredibel.

Kita akan membahas secara singkat ihwal perbedaan Dana vs ShopeePay. Mana yang lebih baik digunakan untuk transaksi dan pembayaran secara online ?

Apa itu Dana Dompet Elektronik

DANA adalah aplikasi layanan sistem pembayaran berupa uang elektronik, dompet elektronik, transfer dana, serta layanan pendukung lainnya, berbasis mobile yang dapat digunakan melalui Perangkat Telekomunikasi. 

Aplikasi dapat diunduh melalui Play Store, App Store, maupun AppGallery. Per Januari 20222, aplikasi ini telah diunduh di Play Store sebanyak lebih dari 50 juta kali.

Apa itu Dana Dompet Elektronik

Kelebihan Dana Dompet Elektronik

Sejumlah keunggulan  Dana yang kami rasakan dari pengalaman menggunakan aplikasi ini:

1. Dana Aman, Terpercaya, Bukan Penipu

DANA diselenggarakan oleh PT Espay Debit Indonesia Koe (“EDIK”) yang merupakan pemegang lisensi resmi dan telah memperoleh izin Uang Elektronik, Dompet Elektronik, Transfer Dana, dan Layanan Keuangan Digital (LKD) dari Bank Indonesia

2. Fitur Dana Lengkap

Dana adalah salah satu dompet elektronik dengan fitur terlengkap.

Mulai dari kebutuhan domestik maupun pengeluaran rutin seperti membayar tagihan listrik, air, internet, iuran BPJS, pembelian pulsa, hingga kebutuhan lainnya dapat dilakukan melalui aplikasi ini.

3. Minimal Top Up Terjangkau

Minimal top up Rp10.000 yang sangat terjangkau. Ini membantu pengguna yang punya keuangan terbatas.

4. Kerjasama Banyak Mitra Merchant

Bekerja sama dengan banyak merchant dan mitra. Membuat pembayaran Dana bisa diterima di banyak tempat.

5. Fitur Pinjaman DANA PayLater

Tersedia pinjaman dalam bentuk PayLater. Namun, hanya berlaku untuk nasabah tertentu

DANA Paylater adalah fitur di aplikasi dalam rangka pemberian pembiayaan untuk pembelian produk dengan pembayaran secara angsuran bagi Pengguna, yang diselenggarakan dengan bekerja sama dengan mitra yang ditunjuk.

6. Akun Premium

Pengguna dapat melakukan upgrade untuk menjadi akun DANA Premium dengan memilih opsi ‘Verifikasi Akun Anda’ pada halaman profil, kemudian mengambil foto KTP, melakukan verifikasi wajah, dan memasukkan nomor KTP. Setelah itu, pengguna hanya tinggal menunggu hingga proses verifikasi biometrik dan identitas tersebut disetujui oleh DANA.

Keuntungan dari akun Premium antara lain:

  1. Dapat melakukan top up hingga Rp10 juta;
  2. Dapat mengirim saldo:
  3. Cashout atau tarik tunai;
  4. Pinjaman PayLater
  5. Promo spesial dan manfaat lainnya.

Kelemahan Dana

Sejumlah kelemahan Dana yang kami rasakan dari pengalaman menggunakan aplikasi ini:

1. Tampilan UX/UI Aplikasi Kurang Nyaman

Tampilan aplikasi DANA belum cukup efisien sehingga cenderung sulit dipahami oleh pengguna baru. DANA bahkan menyediakan kategorisasi secara vertikal dan horizontal saat menampilkan daftar layanannya, padahal tidak ada perbedaan berarti terkait informasi yang ditampilkan oleh keduanya.

Aplikasi terkadang keluar dengan sendirinya ketika sedang mencoba mengakses fitur-fitur DANA.

2. Kasus Pembekuan Akun Sepihak

Kelemahan aplikasi DANA menurut ulasan beberapa pengguna di Play Store antara lain: terdapat beberapa kasus pembekuan akun secara sepihak dan proses transaksi yang memakan waktu cukup lama.

3. Pinjaman Dana PayLater Hanya Terbatas

Fitur Paylater hanya dapat diakses dan digunakan oleh Pengguna Akun Premium.

Apa itu ShopeePay

ShopeePay adalah layanan dompet digital yang ditawarkan oleh Shopee e-commerce. 

Pengguna  dapat menggunakan e-wallet  untuk fungsi berikut:

  • Transaksi online di aplikasi ataupun website Shopee.
  • Transaksi online juga dapat dilakukan di luar Shopee, seperti di aplikasi ataupun website Merchant.
  • Transaksi offline dengan Merchant yang menerima pembayaran melalui QRIS dan ShopeePay.
  • Menerima atau transfer pembayaran ke kontak Anda dan menarik saldo ke rekening bank Anda.
Apa itu ShopeePay

Kelebihan ShopeePay

Sejumlah keunggulan ShopeePay yang kami rasakan dari pengalaman menggunakan aplikasi ini:

1. Shopeepay Aman, Terpercaya, Bukan Penipuan

Shopeepay aman karena merupakan bagian dari aplikasi belanja online Shopee yang punya izin resmi beroperasi di Indonesia.

2. Belanja Online Mudah 

Adanya ShopeePay memudahkan kita dalam bertransaksi. Kita tidak perlu repot-repot transfer uang ke penjual, sebab saldo dalam ShopeePay akan otomatis terpotong. 

3. Isi Saldo Gampang

Salah satu keunggulan ShopeePay adalah pengisiannya yang lebih mudah. Bisa dibilang sangat mudah. 

Sebab, ShopeePay bisa diisi dari mana saja. Mulai dari transfer bank baik ATM maupun Mbanking, debit instan, dan top up di gerai Alfamart dan Indomaret. 

4. Refund Pengembalian Dana Mudah

Transaksi online memang menawarkan kemudahan, namun saat berjalan tidak sesuai yang diinginkan, cukup merepotkan juga. Seperti saat membatalkan pesanan karena satu dan lain hal. Jika belum mengirim uang tidak masalah, namun akan jadi masalah jika sudah mengirim uang.

Salah satu keunggulan ShopeePay memang bisa dilihat dari sisi pengembalian dana yang sangat praktis. Saat Saya membatalkan pesanan, pihak Shopee akan mengkonfirmasi kepada penjual terlebih dahulu. Tak berselang lama, dana akan kembali dalam bentuk ShopeePay lagi. 

4.  Banyak Promo (Cashback, Ongkir)

Cashback yang ditawarkan kepada pengguna ShopeePay sangat beragam. Mulai dari cashback berkelipatan kecil, hingga berkelipatan besar. Tergantung toko atau merchant mana yang sedang ada penawaran.

ShopeePay menawarkan beberapa voucher gratis ongkir untuk para penggunanya. Ini tentu saja menjadi nilai tambah bagi ShopeePay. Sebab, orang akan dengan senang hati bertransaksi dengan ShopeePay hanya untuk mendapatkan gratis ongkir.

5. Limit Saldo Besar

e-wallet ini memiliki limit saldo yang besar. Beberapa e-wallet membatasi limit saldo yang digunakan penggunanya dalam jangka waktu harian. Limit saldo yang diberlakukan biasanya di kisaran angka Rp 2 juta. 

Nah, untuk ShopeePay sendiri memiliki limit hingga Rp 10 juta. 

6. Tersedia Pinjaman PayLater dan SPinjam Uang Tunai

Adanya SPaylater yang dikoneksikan dengan ShopeePay membuat konsumen bisa mendapatkan plafon limit yang nantinya bisa langsung digunakan.

Shopee juga menawarkan dana tunai lewat pinjaman Shopee atau SPinjam.

Kelemahan ShopeePay

Sejumlah kelemahan ShopeePay yang kami rasakan dari pengalaman menggunakan aplikasi ini:

1. Pembayaran Belanja Online Hanya untuk Shopee

Tujuan utama ShopeePay memang untuk pembayaran transaksi online di Shopee. Namun, bukan tidak mungkin jika ke depan ShopeePay akan menjadi e-wallet yang bisa digunakan untuk membayar transaksi lintas platform.

Untuk saat ini, layanan itu belum disediakan oleh ShopeePay. Pembayaran transaksi online marketplace saat ini hanya terbatas untuk Shopee saja. Hal ini menjadi salah satu kekurangan ShopeePay yang saya rasakan. 

2. Penarikan Saldo ShopeePay ke Rekening Cukup Lama

Berbeda dengan e-wallet lain, penarikan saldo ShopeePay ke rekening terbilang cukup lama. Dari segudang kemudahan yang ditawarkan oleh ShopeePay, tentu saja hal ini bisa menjadi catatan tersendiri. Saya harus menunggu cukup lama untuk mendapatkan penarikan dana dari ShopeePay.

Bukan tanpa alasan. Penarikan saldo yang cukup lama terjadi karena Shopee harus melakukan verifikasi Bank terlebih dahulu. Verifikasi ini yang tidak dilakukan oleh e-wallet lain. Sebab, e-wallet lain biasanya menawarkan penarikan saldo ke rekening secara langsung. 

3. Tidak Bisa Tarik Tunai 

Kekurangan terakhir ShopeePay yang saya rasakan adalah tidak bisa tarik tunai secara langsung. Ini tentu saja sangat disayangkan. Terlebih, Shopee sudah menawarkan kemudahan dalam top up saldo, sehingga Saya merasa ada yang kurang. 

Beberapa kali Saya mengisi saldo terlalu banyak, sehingga Saya ingin menariknya secara langsung melalui gerai Indomaret/Alfamart. Tapi ternyata layanan ini belum disediakan oleh Shopee. 

Ke depan, jika layanan ini bisa disediakan oleh Shopee, bukan tidak mungkin penggunanya akan semakin banyak.

Ringkasan Dana vs ShopeePay

 DanaShopeePay
IzinBank IndonesiaBank Indonesia
Afiliasi EkosistemTidak AdaShopee
Pinjaman PayLaterTerbatasUmum
Dana TunaiTidak AdaAda
Fitur PembayaranLebih BanyakLebih Sedikit
Bunga PaylaterMurahMurah
MerchantBanyakLebih Sedikit
Limit PayLaterKecilBesar
AmanYaYa
PromoBanyakBanyak

Dana unggul sebagai e wallet yang punya banyak fitur dan menawarkan banyak promo di berbagai merchant mitra. ShopeePay cocok buat mereka yang menggunakan layanan di ekosistem Shopee karena sistemnya terintegrasi dengan baik, banyak promo serta bisa mengajukan pinjaman paylater atau uang tunai.

Namun, yang paling penting, Dana dan ShopeePay, aman dan kredibel sebagai e-wallet karena punya izin resmi Bank Indonesia.

Bagikan Melalui

Daftar Isi

Berlangganan Duwitmu

Komentar (0 Komentar)

Tulis Komentar - Balasan untuk Tito Shadam

Email Anda tidak akan di publish

Batalkan Membalas

Captcha Wajib Diisi

Artikel Terkait