Advertisements

Pengalaman Investor Indonesia Sukses Investasi Saham USA Luar Negeri

Advertisements

Apakah bisa main saham di pasar USA dengan sukses, mudah dan murah ? Bisa ! Ada beberapa investor dari Indonesia yang berhasil main saham di Wall Street. Testimoni mereka, tidak sulit dan minimum depositnya kecil. Ikuti kisah dan caranya.

Saham adalah salah satu instrumen investasi yang menawarkan return paling menarik dibandingkan instrumen lain.

Pertanyaannya, mau investasi saham dimana ? Apakah hanya di Indonesia, Bursa Efek Indonesia ?

Saya dulu berpikir bahwa investasi saham hanya di market Indonesia.

Mau investasi saham ke market luar negeri, takut mahal, takut tidak aman.

Tapi setelah tahu caranya, saya melihat bahwa investasi saham di luar negeri sangat mudah saat ini dengan kemajuan teknologi fintech. Disamping itu, fee nya juga murah dengan minimum deposit yang sangat terjangkau.

Advertisements

Saya interview 3 investor dari Indonesia yang sukses melakukan investasi saham di pasar Amerika Serikat.

Kenapa Beli Saham Amerika Serikat

Dari pengalaman saya, banyak manfaatnya investasi ke luar negeri.

Akses Global

Pasar luar negeri memiliki potensi sangat besar.

Bayangkan ukuran ekonomi USA dan China yang menguasai GDP dunia, tempat perusahaan terbesar dan terbaik di dunia.

Advertisements

Investor punya kesempatan membeli saham perusahaan – perusahaan berskala global di negara-negara tersebut.

Buat catatan, kapitalisasi satu perusahaan Apple di USA (satu perusahaan !) sama dengan kapitalisasi semua perusahaan publik di Bursa Efek Indonesia di gabung.

It is big, right !

Perusahaan Terbaik Dunia

Apa tidak ingin beli saham Google, Apple, Amazon, Facebook atau Tesla ?

Saya sih, pengen ya.

Perusahaan ini adalah korporasi – korporasi giant yang kita semua menggunakan produknya dan tahu bahwa mereka punya kinerja ciamik dan mendunia.

Sayang, kalau Anda tidak bisa memiliki sahamnya dan ikut menikmati kisah sukses perusahaan – perusahaan raksasa ini, sementara sekarang kesempatan itu ada.

Bukan berarti Anda, saya suruh meninggalkan saham – saham perusahaan di Indonesia. Oh tidak !

Ini bagian dari diversifikasi investasi yang sangat krusial dalam membangun portfolio.

Diversifikasi

Dengan bisa melakukan pembelian saham di berbagai negara, Anda memiliki kesempatan diversifikasi portofolio, yang dalam situasi dunia penuh ketidakpastian menjadi sangat penting.

Contohnya, jika punya akses ke pasar dunia, Anda bisa dengan mudah memilih investasi di negara yang paling cepat recovery dari pandemi Covid-19.

Anda bisa beli perusahaan – perusahaan farmasi yang sekarang sedang mengembangkan vaksin Covid-19 terdepan. Jadi, kesempatannya luas sekali dengan masuk ke bursa global.

Variasi Produk

Varian produk di USA sangat luas, yaitu:

  • Perusahaan berskala besar dalam S&P 500, seperti Apple, Coca Cola, Google dll
  • Perusahaan berskala kecil (small cap) dalam Russell Index yang menjanjikan return lebih tinggi
  • ETF (Exchange Traded Fund) adalah fund yang dijual di pasar saham, menawarkan berbagai jenis instrumen, seperti properti, emas, pasar negara berkembang.

Banyaknya pilihan produk membuat investor bisa lebih leluasa menyusun portofolio yang sesuai dengan tujuan keuangan. Diversifikasi investasi juga bisa dilakukan dengan efektif karena ada banyak produk yang ditawarkan.

Memilih Broker

Mungkin pertanyaan yang muncul di benak Anda, bagaimana mencari brokernya ?

Transaksi saham tidak bisa dilakukan tanpa broker, kita butuh broker asing untuk bisa melakukan investasi di pasar Amerika Serikat.

Dulu, cari broker saham luar negeri tidak mudah, saya mengalaminya karena persyaratan yang sulit dan minimum depositnya yang tinggi sampai ribuan US$.

Tetapi sekarang, jaman berubah, dengan kemajuan financial technology (fintech), banyak broker memberikan kemudahan untuk beli saham di pasar internasional.

Salah satu broker untuk investasi saham di luar negeri adalah eToro yang menurut saya punya beberapa manfaat untuk investor pemula, yaitu:

  1. Minimum buka akun hanya $200 untuk bisa main saham di pasar USA. Jumlah yang sangat terjangkau.
  2. Komisi 0%. Tidak ada komisi untuk melakukan jual beli saham di pasar USA, sementara pasar di luar USA dikenakan komisi.
  3. Investor betul – betul beli saham melalui eToro. Jika nanti saham yang dibeli lewat eToro memberikan dividen, maka investor membeli atas namanya sendiri dan akan menerima pembayaran dividen. eToro juga menawarkan CFD saham dimana investor juga mendapatkan deviden jika perusahaan membagikan.
  4. Minimum transaksi $50, jadi kalau nilai harga saham lebih besar dari $50, investor eToro bisa beli in fraksi atau tidak full tetapi sebagian dari harga saham, yang penting nilai pembelian $50.

Pengalaman Sukses Investor Indonesia

Saya dapat kesempatan untuk mewawancarai beberapa investor asal Indonesia yang sukses melakukan investasi di pasar USA dari lokasi di Indonesia.

Kisah mereka ini cukup menarik karena menunjukkan bagaimana investor Indonesia bisa berhasil investasi di luar negeri.

Bagaimana memilih para investor ini ?

Saya cek kinerja mereka di social trading apps eToro.

eToro adalah broker internasional yang tidak hanya menyediakan fasilitas trading di pasar saham USA tetapi juga kesempatan untuk melakukan copy trade atas investor – investor sukses di platform eToro.

Jadi ini yang disebut platform social trade, kita bisa dengan gratis mengikuti investors lain yang punya kinerja bagus.

Investor Novan (35% Return)

Populer Investor eToro Novan

Investor Novan Cahyo Asmoro di https://www.etoro.com.cn/en/people/gabrielnovan sudah melakukan investasi di pasar modal Indonesia sejak 2004 dan mulai masuk bursa USA Feb 2019 sampai sekarang.

Catatan return beliau, yang secara transparan bisa kita lihat di platform copy trade eToro, adalah:

  • 2019:  35.24% (Feb – Dec)
  • 2020:  65.33% (Jan – Aug)

Dengan return yang impresif, portfolio beliau mayoritas di saham (80%+) dan sisanya komoditas serta crypto.

Berikut ini kutipan wawancara dengan pak Novan yang saya lakukan via email:

Bagaimana bisa menggunakan eToro ?

Setelah menjalani trader di saham local ,saya mulai tertarik untuk berinvestasi di saham internasional, dengan produk produk yang kita gunakan sehari2 seperti apple ,samsung dll.

Saya ingin sekali menginvestasikan dana ke perusahaan tersebut, sehingga saya googling bagaimana caranya,beberapa broker saya coba virtualnya hingga akhirnya menemukan eToro, dan saya merasa nyaman dengan aplikasi etoro.

Kenapa menggunakan eToro ?

Saya memulai etoro dengan virtual account (demo account), saya melakukan trading dan semua fiturnya sangat user friendly, jadi menurut saya orang awam juga bisa menggunakannya.

Bukan hanya itu, etoro punya fitur sangat lengkap dari crypto, stock, commodities. Service etoro juga sangat memuaskan dan cepat merespon problem.

Fitur apa di eToro paling membantu ?

Banyak fitur dalam aplikasi etoro, yang paling umum ya tentu grafik, pengelompokan stock yang moving market serta adanya copy investor, sehingga orang awam bisa cukup deposit dan melakukan copy investor, ybs akan mempunyai transaksi jual atau beli sama dengan popular investor

Apakah pernah menggunakan fasilitas Copy Trade ?

Ya, saya pernah melakukannya saat di awal join dengan etoro, jujur sebagai trader baru di saham internasional,saya cukup kuatir dan takut, sehingga saya putuskan untuk copy trade, selain mudah dan memberikan keuntungan, sambil saya mempelajari sistem tersebut, sampai akhirnya saya berani melakukan trading sendiri dan sampai saya menjadi popular investor.

Apa tipsnya untuk berhasil sebagai trader ?

Trader selalu memiliki resiko, kita ukur kemampuan resiko yang bisa kita terima, dengan begitu kita bisa melakukan trading dengan nyaman, high risk high return tapi jangan tamak, dan selalu buka wawasan dan informasi terkait pasar

Saya ingin berbagi informasi kepada teman – teman yang tertarik bermain saham internasional. Saya rasa 2 keunggulan besar etoro, yang pertama adalah copy trade, orang awam dan yang tidak punya waktu trading (open trade dibuka saat di indonesia malam hari/waktu tidur atau istirahat) sangat terbantu oleh fitur ini, yang kedua one stop shopping (crypto, stock, commodities, dll)

Bagaimana dengan fakta bahwa eToro masih diblokir oleh Bappebti ? Apakah khawatir ?

Sejak awal saya join etoro memang tidak mudah, membutuhkan VPN tapi lambat tahun makin kesini mengakses cukup mudah dari aplikasi di etoro yg bisa diunduh di google play ataupun apple store.

Saya pribadi awalnya kuatir penjamin siapa, aman tidak? dll, tetapi dengan saya googling etoro mengikuti aturan dari ASIC (Australia), FCA (UK), dan Cyprus, saya rasa cukup nyaman, tetapi belum yakin juga 100% sampai saya mencoba untuk deposit cukup sedikit, melakukan trading, dan mencoba withdraw dan sukses, proses withdraw juga cukup mudah dan cepat, dari situ merasa aman.

Saya rasa tidak semua yang diblokir itu tidak aman,ini mungkin hanya terkait perizinan yang ada di Indonesia.

Related Post

Investor Dean (18.80% Return)

Populer Investor eToro DeanMr

Dean Reyhan Prajogo dikenal sebagai DeanMr di https://www.etoro.com/people/deanmr adalah investor dari Indonesia, yang berkecimpung di pasar modal Indonesia sejak 2008 sejak masih kuliah, lalu akhir kuartal I 2020 mulai investasi di bursa saham internasional.

Bagaimana kinerja beliau ?

Kinerja investasi Deanmr cukup impresif dengan return di pasar USA mencapai 18.80% sejak April 2020 sd Agustus 2020, yang dihasilkan dari portofolio utama saham, mencapai 70%+ sedangkan sisanya Crypto dan Komoditas.

Berikut ini kutipan wawancara dengan Dean yang saya lakukan via email:

Sejak kapan menggunakan eToro ?

Menggunakan eToro sejak 12 April 2020. eToro ini menyediakan berbagai multi instrument investasi dengan rate yang cukup kompetitif. Sehingga dengan kondisi ekonomi yang semakin volatil, investor dapat memiliki opsi-opsi yang banyak untuk melakukan diversifikasi aset.

Kenapa menggunakan eToro ?

Adanya fitur copy trading dan PI (Popular Investor) dimana investasi saya dapat dicopy oleh follower dan investor lainnya yang profil resikonya serta return sesuai dengan harapan mereka.

Saya juga bisa memberikan saran-saran investasi saham yang sangat baik selama ini.  Sehingga saya harap dapat menjadikan penghasilan yang lebih berkembang baik untuk saya sebagai trader profesional, maupun untuk investor yang mempercayakan copytrade nya pada akun yang saya miliki di eToro ini

Fitur apa di eToro yang paling membantu ?

  • Fitur Stats, dimana saya dapat melihat performa secara keseluruhan dengan sederhana baik dari item yang sering ditransaksikan.
  • Advertisements
  • Kinerja portofolio harian, mingguan, bulanan, dan tahunan, sehingga saya dapat memantau dengan ringkas dan menentukan strategi investasi disesuaikan dengan risiko terukur maupun target return yang saya harapkan dengan baik dan seimbang

Apa tipsnya untuk berhasil sebagai investor ?

Saya adalah seorang investor, dengan tujuan berinvestasi untuk jangka panjang sebisa mungkin lebih dari 5 tahun.

Namun, tentunya dalam pengambilan keputusan entry (posisi awal), maupun exit (close posisi) mempertimbangkan titik atau harga yang kita cocok.

Tips utama sebagai seorang investor: (1) Right Mindset dan (2) Right Mental.

Pengetahuan teknis / skill yang baik tentang cara beli jual, menentukan valuasi, timing, tentunya juga penting. Namun, memang secara jangka panjang mindset dan mental terbukti lebih penting apalagi secara jangka panjang.

Sebab jika seorang investor memiliki skill yang baik, namun tidak memiliki right mindset dan mental maka investor tersebut tidak akan bertahan lama di market. Namun, jika hal yang terjadi sebaliknya, memiliki right mindset dan mental tetapi skill yang kurang masih bisa diasah dan diperbaiki. Tentunya, semakin lama dengan adanya gabungan right mindset, mental, and skill akan menciptakan seorang investor yang hebat.

Bagaimana dengan fakta bahwa eToro masih diblokir oleh Bappebti ? Apakah khawatir ?

Kekhawatiran tentunya ada, namanya juga kita sebagai investor dari Indonesia tentunya melihat Bappebti sebagai pengawas.

Namun, di lain sisi saya juga melihat sebenarnya eToro ini juga bukan brokerage yang baru muncul. Sudah ada sejak 2007, dimana sudah berjalan 13 tahun. Dimana dapat dikatakan bukan usia yang terlalu singkat untuk sebuah perusahaan investasi.

Di lain sisi, eToro ini juga digunakan oleh berbagai investor di berbagai negara besar seperti UK, France, Malaysia, Italy, Germany, Taiwan, dan lain-lain. Nah tentunya jika broker abal-abal maka negara-negara ini tentunya tidak membiarkan secara terus menerus keberlangsungan eToro sebagai entitas bisnis.

Selain itu juga diawasi oleh FCA (Financial Conduct Authority) di Inggris, ASIC (Australian Securities and Investment Commission) di Australia, serta CySEC (Cyprus Securities and Exchange Commission) untuk negara lain.

Advertisements

Investor Yoko (17.60% Return)

Populer Investor eToro Yoko

Yoko Liejaya dikenal sebagai bristlecone di https://www.etoro.com.cn/people/bristlecone adalah investor dari Indonesia, sudah main saham sejak 2010 di bursa efek Indonesia serta mulai 2019 di bursa USA.

Bagaimana kinerja beliau ?

  • 2019:  2.16% (May – Dec)
  • 2020:  17.60% (Jan – Aug)

Portfolio beliau terkonsentrasi di saham (97%+) dan sisanya di berbagai instrumen lain.

Berikut ini kutipan wawancara dengan Yoko yang saya lakukan via email:

Bagaimana bisa menggunakan eToro ?

Dari browsing untuk mencari cara berinvestasi di saham perusahaan yang listing di NYSE dan Nasdaq, lalu melakukan research untuk membandingkan reliability dan legalitas antar broker, lalu yang terakhir adalah user interface dari masing-masing broker tersebut.

Ada beberapa alasan sebenarnya, yang menurut saya paling bagus adalah user interface dari aplikasi dan website nya, lalu untuk pembelian saham nya bukan CFD jika dilakukan tanpa leverage. Lalu tidak lupa kalau performance nya bagus bisa di copy dan ada income tambahan sambil menambah teman dari berbagai negara lain.

Keunggulan eToro dibandingkan broker lainnya adalah User interface, reliability, pembelian saham bukan CFD jika tanpa leverage. Kurang lebih seperti jawaban di pertanyaan nomor 5

Fitur apa di eToro yang paling membantu ?

Fitur tampilan portfolio, history dan limit/market ordernya praktis dan reliable, juga penghitungan performance yang simple tapi fair. Lalu ada pembelian fraksi saham, dimana dengan modal yang tidak terlalu besar bisa membeli saham apa saja sesuai dengan jumlah uang yang mau kita alokasikan, tidak terbatas oleh harga per lembar saham nya yang sering kali mahal sekali.

Apa tipsnya untuk berhasil sebagai trader ?

Tekun untuk terus belajar, memiliki orientasi investasi jangka panjang, common sense dalam berinvestasi dan tidak merasa pintar.

Bagaimana dengan fakta bahwa eToro masih diblokir oleh Bappebti ? Apakah khawatir ?

Tidak. Lebih banyak broker di Indonesia yang diberi ijin oleh Bappebti tidak memberikan edukasi dan tidak memperlakukan customernya secara fair.

Cara Buka Akun eToro

Sebelum buka akun, Anda mungkin bertanya bagaimana legalitas eToro sebagai broker internasional. eToro punya izin broker internasional yang komplit, yaitu:

  • Australia: Australian Securities and Investments Commission (ASIC) lisensi Australian Financial Services License 491139.
  • UK: Financial Conduct Authority (FCA) lisensi no FRN 583263.
  • Cyprus: Cyprus Securities Exchange Commission (CySEC) lisensi  no # 109/10.

Saat ini eToro dilaporkan melayani lebih dari 13 juta trader di seluruh dunia.

Buka Akun

Investor bisa membuka eToro lewat dua cara, yaitu lewat website untuk diakses lewat komputer atau aplikasi app di PlayStore dan Apple Store untuk diakses via ponsel.

Untuk bisa melakukan transaksi di eToro, saya harus memenuhi tiga hal berikut:

  1. Mengisi formulir pembukaan rekening, menjawab serta mengkonfirmasi sejumlah pertanyaan, dan mengupload dokumen identitas.
  2. Menunggu verifikasi oleh eToro yang mengecek data serta dokumen yang saya kirim
  3. Menyetor uang deposit ke rekening sesuai ketentuan.

Untuk pembukaan via website, Anda membutuhkan VPN. Walaupun buka akun via aplikasi, download di Google Play Store dan Apple, tidak membutuhkan VPN.

Deposit $200

Tahap berikutnya saya harus menyetorkan dana, minimum sebesar $200 untuk bisa memulai trading. Dana $200 tersebut saya setorkan dalam Rupiah, tidak dalam US$.

eToro akan memberikan pilihan cara menyetorkan dana deposit, yaitu:

  1. Transfer ke Rekening Bank Lokal di Indonesia. Tidak ada biaya transfer
  2. PayPal
  3. Kartu Debit Visa dan Mastercard

Beli Saham Fraksi

Harga saham di Wall Street seringkali tidak murah, contohnya harga saham Apple dan Amazon per lembarnya diatas $100. Untuk beli satu saham ini, Anda harus keluar uang hampir 2 juta rupiah.

Tapi jangan khawatir, eToro menyediakan fasilitas trading in fraction dengan minimum nilai transaksi $50.

Jadi, Anda tetap bisa beli saham senilai $50 dan nanti terima jumlah saham secara proporsional (in fraction) sesuai dengan harga jual beli.

Fasilitas in fraction atau dollar value di eToro ini sangat membantu investor ritel yang memiliki dana terbatas karena bisa membeli saham berdasarkan nilai minimum investasi dan bukan berdasarkan jumlah lembar saham.

Advertisements

Jika perusahaan membagikan dividen investor tetap menerima pembayaran sesuai porsi  saham yang investor miliki.

Copy Trade

eToro dikenal sebagai platform pelopor copy trade, yaitu investor bisa mengikuti jejak investor lain yang sudah sukses. Cara ini adalah cara belajar investasi saham yang langsung praktek.

Sebagai investor saham pemula bisa ‘on the job training’ dengan menggunakan fasilitas copy trade yang disediakan eToro.

Investor sukses yang saya bagi ceritanya diatas menggunakan fasilitas copy trade saat baru pertama kali main saham di bursa internasional.

Promo Cashback eToro

eToro sedang melakukan promosi pembukaan rekening dengan pemberian cashback buat investor yang membuka rekening di periode agustus sd september 2020.

Periode promo: AUG 17 – SEPT 14’ 2020 (4 minggu)

Hadiah Cashback:

  1. Total Deposit min $500 – $999 get $50
  2. Total Deposit of $1000 – $4999 get $120
  3. Total Deposit of $5000 and above get $600

Ketentuan mendapatkan cashback adalah

  1. Open eToro account using this link (mobile or computer) & complete verification
  2. Open at least 1 trade on any assets and post it on their social media channel (IG story/IG Post/FB Story/FB post/ WhatsappStory) & TAG 1 FRIEND
  3. Send a screenshot of the social media post to Mayariskade@etoro.com for confirmation.
  4. Full withdrawals made before 30 days from the date of the first deposit will be automatically disqualified from this promo.
  5. Cashback will be credited on the 31st day from the end date of the promo period
  6. Cashback will be based on the total deposit made at the end date of the promo
  7. Cashback is also eligible for existing clients who registered using your link (funded account) and they have to follow the same requirements (T&Cs no. 2 – 9) above.

Kesimpulan

Pasar saham global menawarkan banyak keuntungan, tidak hanya return tetapi juga diversifikasi, variasi produk dan saham – saham terbaik. Testimoni dari 3 investor Indonesia yang sukses berinvestasi pasar bursa USA.

Untuk bisa masuk ke pasar USA, Anda perlu broker mumpuni yang bisa diandalkan, dengan minimum deposit rendah serta legalitasnya diakui di seluruh dunia.

eToro adalah broker internasional yang bisa Anda gunakan dan sekarang eToro sedang ada promo cashback sampai $600 untuk pembukaan akun dari Agustus sampai 14 september 2020.

Langganan Duwitmu.com
Dapatkan Info Artikel Terbaru di Duwitmu.com
Advertisements