Review 4 KTA Bank Online Commbank, Permata, DBS Digibank, SCB

  • March 9, 2019

Review 4 bank KTA Online, yaitu KTA Bank DBS Digibank, Tymedigital Commbank, Permata Mobile X. Tidak ketinggalan fintech, bank berinisiatif menawarkan cara pengajuan KTA secara online. Anda bisa melihat mana KTA bunga paling murah, proses paling gampang dan fitur – fitur bermanfaat lainnya.

Hadirnya Fintech mau tidak mau membuat bank terusik. Bisnis pinjaman tanpa agunan yang selama ini didominasi bank menjadi penuh tantangan dengan masuknya fintech.

Fintech menawarkan keunggulan dan manfaat buat konsumen tepat di hal – hal yang selama ini menjadi komplain utama calon peminjam atas bank, yaitu kecepatan keputusan dan persyaratan kredit.

Beberapa bank dengan cepat mencium tantangan kehadiran fintech. Mereka melihat efek kehadiran fintech, tidak hanya saat ini, tetapi yang lebih penting efek dalam jangka panjang.

Saya perhatikan bank yang dengan sigap mengantisipasi fintech adalah bank skala menengah. Sementara bank besar dan bank kecil tidak banyak bergerak.

Bank asing di Indonesia juga terlihat sigap dalam membangun KTA online. Mungkin mereka mengadopsi dari negara lain yang sudah lebih dulu menerapkan pinjaman online.

Mari kita lihat bank yang sudah menawarkan pengajuan KTA secara online, tanpa calon konsumen perlu datang ke kantor cabang dan khawatir dikejar-kejar marketing KTA.

#1 KTA Permata Mobile X

KTA Permata Online 2019
KTA Permata Online 2019

KTA Permata yang selama ini ditawarkan secara offline di mall-mall, sekarang bertransformasi, Anda bisa mengajukan secara online.

Bank Permata memiliki aplikasi mobile banking, yaitu Permata Mobile X. Dalam aplikasi tersebut terdapat fitur pengajuan Permata KTA Online

Permata KTA Online menawarkan pengalaman pengajuan pinjaman tanpa agunan yang berbeda karena nasabah cukup melakukan melalui aplikasi, tidak datang ke kantor cabang atau menemui marketing KTA, cukup menyediakan e-KTP dan NPWP, serta mengisi aplikasi e-form yang singkat secara online dan keputusan diberikan dalam 24 jam.

Terobosan lain adalah Permata KTA Online bisa diajukan tanpa kartu kredit. Cukup siapkan e-KTP dan NPWP.

Persyaratan Pengajuan KTA Permata Online:

  • Warga Negara Indonesia (WNI)
  • Domisili JABODETABEK, Medan, Bandung, Surabaya, Makassar, Bali
  • Minimum penghasilan Rp 3.500.000
  • Berusia minimal 21 tahun dan maksimal 55 tahun

Bunga di Permata KTA Online paling tinggi 1.99% flat per bulan untuk pemohon tanpa kartu kredit dan 1.69% flat per bulan untuk pemohon dengan kartu kredit.

Simulasi Bunga KTA Permata
Simulasi Bunga KTA Permata

Angsuran per bulan bisa dibaca di Simulasi Angsuran dan Bunga KTA Permata Online

Selain bunga yang lebih mahal, permohon tanpa kartu kredit hanya boleh mengajukan paling tinggi Rp 10 juta dengan dua pilihan tenor 6 dan 12 bulan.

Sementara, pemohon dengan kartu kredit boleh mengajukan sampai Rp 300 juta dengan pilihan tenor 12, 24, atau 36 bulan serta menikmati bunga terendah 0.88% untuk pinjaman diatas Rp 200 juta.

Tarif dan Biaya KTA Permata:

Biaya ProvisiPemohon dengan Kartu Kredit 2
atau min Rp 150 Ribu
Biaya ProvisiPemohon Tanpa Kartu Kredit 3%
atau min Rp 150 Ribu
Biaya Keterlambatan5% dari cicilan atau minimum Rp 150 Ribu
Biaya Pelunasan Dipercepat 7% dari sisa pokok terutang dan
Bunga Berjalan

Saya sudah mencoba mengajukan dan menuliskan pengalaman di “Pengajuan Permata KTA Online”.

Kesan saya, proses pengajuan KTA Permata Online cukup bagus karena proses mudah, hanya butuh e-KTP dan NPWP, lalu keputusan diberikan dalam 24 jam sejak pengajuan.

#2 KTA Tymedigital Commbank

KTA Commbank Online 2019
KTA Commbank Online 2019

KTA Tymedigital adalah produk pinjaman online dari Commbank.

Commbank meluncurkan KTA TymeDigital yang merupakan fasilitas kredit tanpa agunan dari Bank Commonwealth yang diberikan kepada perorangan untuk keperluan pribadi seperti biaya pendidikan, biaya kesehatan, pernikahan, renovasi rumah, liburan, dan kebutuhan lainnya.

Fitur Kredit Tanpa Agunan Commbank Tymedigital adalah:

  • Pinjaman: Rp10 juta sd Rp30 juta
  • Tenor Kredit: 12 bulan atau 18 bulan

Bunga 1.99% flat per  bulan untuk semua masa pinjaman (tenor). Angsuran per bulan bisa lihat di simulasi cicilan KTA  Commbank.

Baca: Simulasi Angsuran KTA Commbank 2019.

Salah satu keunggulan produk ini, Commbank menyebutkan bahwa tidak ada biaya admin, biaya provisi dan biaya tahunan.

Persyaratan Pengajuan KTA Commbank:

  • Wajib memiliki e-KTP
  • Wajib memiliki NPWP
  • Minimum penghasilan Rp 3,500,000
  • Hanya bagi pemohon berdomisili di Jabodetabek, Surabaya, Bandung, Medan, Palembang, Semarang, Yogyakarta dan Denpasar.

Tarif dan Biaya KTA Commbank:

Biaya ProvisiGratis
Biaya AdminsitrasiGratis
Biaya Keterlambatan5% cicilan atau Rp 150 Ribu
Biaya Pelunasan Dipercepat 7% sisa pokok dan bunga berjalan

Selain biaya admin yang bersaing, manfaat KTA Commbank adalah pengajuan awal cukup lewat online, tanpa perlu datang ke cabang, dengan pengisian e-form di website Commbank dengan fields yang simpel.

KTA Commbank online menerima pengajuan KTA tanpa kartu kredit karena tidak ada kewajiban harus menyampaikan dokumen kartu kredit saat pengajuan.

Tetapi, ternyata masih ada proses kunjungan ke cabang Commbank yang harus dilakukan oleh nasabah jika pengajuan online disetujui dengan proses berikut:

  • Dalam waktu 3 hari kerja, Nasabah mendapatkan SMS dengan nama pengirim COMMBANK terkait dengan proses pengajuan pinjaman di website.
  • Nasabah yang mendapatkan SMS approve/disetujui, akan menerima link yang selanjutnya diarahkan ke website KTA TymeDigital Commbank untuk proses hasil akhir. Informasi proses pengajuan pinjaman selanjutnya dapat mengikuti instruksi yang ada di website https://kta.commbank.co.id.
  • Nasabah diharapkan segera mendatangi TymeDigital Kiosk membawa e-KTP untuk verifikasi tahap akhir. Jika proses verifikasi tersebut berhasil, maka dilanjutkan dengan proses pembukaan rekening Bank Commonwealth (untuk nasabah baru).

#3 KTA SCB

KTA SCB Online 2019
KTA SCB Online 2019

Baru baru ini saya menemukan iklan promosi KTA SCB di Instagram. Saya coba mengajukan pinjaman lewat iklan Instagram tersebut yang kemudian diarahkan ke situs Standard Chartered Bank (SCB).

Fitur KTA SCB adalah:

  • Pinjaman: Rp 5 juta sd Rp 300 juta
  • Tenor Kredit: 12 bulan sd 60 bulan

Bunga adalah: 1.29% untuk karyawan dan 1.49% untuk pengusaha.

Baca: Simulasi Angsuran dan Bunga KTA SCB 2019.

Bunga berbeda – beda pula tergantung plafon pinjaman. Bunga promosi 0.69% hanya berlaku untuk pinjaman > 150 juta sd 300 juta.

Angsuran KTA bisa lihat di Simulasi Bunga dan Angsuran KTA SCB

Pengajuan KTA SBC dilakukan secara online di situs bank asal Inggris ini. Jumlah Plafon yang besar dengan tenor yang panjang merupakan fitur menarik dari pinjaman ini.

Pengajuan lewat online mempermudah calon konsumen untuk mengajukan kredit  karena tampilan aplikasi e-form online kta scb simpel dan mudah digunakan.

Tarif dan Biaya KTA SCB:

Biaya Provisi 3,5% dari pinjaman disetujui
Biaya TahunanRp150.000/tahun
Biaya KeterlambatanRp. 225.000 atau 6% cicilan
Biaya Pelunasan Dipercepat 6% sisa pokok + Rp.200.000

Persyaratan pengajuan cukup selektif, yaitu

  • Harus memiliki Kartu kredit dengan limit min Rp 20 juta dan keanggotaan kartu kredit lebih dari 1 tahun
  • Harus memiliki pendapatan bersih min Rp13,5 juta/bulan
  • Harus tinggal dan bekerja di wilayah Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi, dan Surabaya.

Dengan persyaratan ini, calon nasabah tidak bisa mengajukan KTA tanpa kartu kredit di SCB. Bahkan punya kartu kredit belum tentu bisa mengajukan karena wajib kartu kredit dengan limit tertentu.

#4 KTA DBS DIGIBANK

KTA DBS Digibank 2019
KTA DBS Online Digibank 2019

KTA DBS ditawarkan secara online lewat aplikasi Digibank.

Digibank adalah aplikasi mobile banking DBS, yang dalam aplikasi ini, dimana pengajuan konsumen atas pinjaman DBS KTA dilakukan secara Online, dengan terlebih dahulu mengunduh aplikasi Digibank di Playstore atau Apple Store.

Fitur Digibank KTA DBS adalah:

  • Pinjaman: Rp 3 juta sd Rp 10 juta
  • Tenor kredit: 6, 12, 18, 24, 30 dan 36 bulan.

Persyaratan KTA Bank DBS Digibank 2019 untuk disetujui adalah:

  • Memiliki e-KTP
  • Usia 21 tahun sd 60 tahun saat pelunasan
  • Berdomisili/bekerja di Jabodetabek, Bandung, Semarang atau Surabaya
  • Minimal penghasilan kotor per bulan Rp. 3.000.000
  • Karyawan (min 1 tahun), profesional (min. 2 tahun) atau wiraswasta (min. 2 tahun)

Bunga KTA Bank DBS Digibank cukup tinggi, yaitu 1.59 – 2.49% flat per bulan.

Baca: Simulasi Angsuran dan Bunga KTA Online DBS Digibank

Keunggulan Digibank KTA klaim sebagai KTA instan dengan persetujuan dalam waktu 60 detik serta calon konsumen tidak perlu persyaratan kartu kredit dan cukup menyampaikan e-KTP.

Fitur KTA instan, yang bisa ditawarkan bank, tentu saja, sangat menarik, karena selama ini proses pengajuan pinjaman di bank dikenal . memakan waktu jauh dari cepat.

Dalam penjelasan di website, DBS menyebutkan bahwa tidak akan ada verifikasi telepon dalam DBS KTA instan ini karena “Proses pengajuan digibank Personal Loan seluruhnya dilakukan melalui Secured Web DBS and aplikasi digibank by DBS, jadi kamu nggak akan dihubungi melalui telepon, kecuali pada saat verifikasi biometric (agen DBS).

Yang perlu diperhatikan adalah biaya admin dan biaya lain dalam pinjaman Digibank KTA instan ini yang cukup tinggi dibebankan ke nasabah.

Tarif dan Biaya Digibank KTA Instan:

Biaya ProvisiRp 200,000 sd Rp 399,000
Biaya Tahunan1.75% pinjaman tahun 1; Rp 65,000 tahun ke – 2 dst.
Biaya KeterlambatanRp 150.000 – Rp 250.000 atau
6% (mana lebih tinggi)
Biaya Pelunasan Dipercepat 8% dari sisa pokok pinjaman

Mana KTA Online Terbaik

Dari bank yang ditampilkan disini, semuanya menawarkan pengajuan KTA secara online, baik melalui aplikasi atau website. Pengajuan KTA secara online adalah sebuah kemajuan besar buat perbankan karena selama ini bank sangat hati – hati soal kredit.

Jika dilihat secara lebih mendalam soal proses, persyaratan, bunga dan biaya, saya mengamati bahwa masing – masing bank memiliki cara masing – masing dalam menawarkan KTA Online.

  1. Ada bank yang menawarkan KTA tanpa  kartu kredit, misalnya KTA Permata Online, Commbank dan Digibank. Ini sebuah kemajuan karena selama ini ‘momok’ masyarakat dalam pengajuan di bank adalah persyaratan kepemilikan kartu kredit. Jika Anda lihat di Google, salah satu paling sering dicari adalah ‘ KTA Tanpa kartu Kredit’
  2. Meskipun pengajuan online, masih ada bank yang mewajibkan calon nasabah untuk datang ke cabang melakukan verifikasi eKTP untuk memastikan validitas permohonan pinjaman tanpa agunan.
  3. Saya perhatikan beberapa bank yang menerima KTA Online memberikan bunga yang diatas rata-rata dibandingkan pengajuan KTA konvensional. Ini mungkin terkait persepsi bank bahwa pengajuan via online memiliki resiko yang tinggi. Tentu saja, seiring waktu, harapan kita resiko pinjaman online bisa dikelola lebih baik, sehingga bunga KTA untuk pengajuan online bisa lebih rendah dari pengajuan offline.
  4. Di beberapa bank, KTA online dibebankan biaya admin yang tinggi, bahkan lebih tinggi dari offline. Walaupun, menariknya ada pula bank yang berani menawarkan KTA online dengan gratis biaya admin. Kemajuan teknologi seharusnya menurunkan biaya operasional sehingga selayaknya biaya admin KTA online lebih murah dari offline.

Saya membuat perbandingan antara bank yang menawarkan KTA online. Apa plus dan minus masing masing bank.

KTAKeunggulanKelemahan
CommbankKTA Tanpa Kartu Kredit
Cukup isi e-Form
Gratis Biaya Admin
Harus ke cabang validasi e-KTP
Bunga Tinggi 1.99%
Tenor max 18 bulan
PermataKTA Tanpa Kartu Kredit
Pengajuan Aplikasi
Persetujuan 24 jam
Bunga Tinggi 1.99%
Wajib NPWP
Digibank
DBS Instan
KTA Tanpa Kartu Kredit
Pengajuan Aplikasi
Persetujuan 60 detik
Biaya Admin Besar
Bunga Tinggi 2.49%
Limit max 10 juta
SCBLimit Tinggi sd 300 juta
Tenor Panjang sd 5 tahun
Kartu Kredit Limit >= 20 juta
Penghasilan min 13.5 juta

Baca Juga: Panduan KUR BRI

Kesimpulan

Inisiatif sejumlah bank meluncurkan KTA online, yaitu pengajuan pinjaman tanpa agunan secara online, baik melalui aplikasi atau website, dengan keputusan cepat dan persyaratan simpel, adalah langkah baik untuk menjawab tantangan Fintech.

KTA online dari bank ini merupakan tambahan pilihan buat masyarakat. Jika selama ini banyak komplain soal proses pengajuan KTA yang lama di bank, fasilitas kredit online ini menawarkan pengalaman yang berbeda.

Namun, masyarakat perlu mempelajari penawaran KTA online di 2019 ini dengan cermat karena berdasarkan review saya bahwa masing-masing KTA memberikan penawaran yang berbeda – beda dalam hal persyaratan, bunga dan biaya admin.

One Response

Leave a Reply

Your email address will not be published.