16 Bank Pinjaman Tanpa Agunan Terbaik 2019 (Bunga, Syarat dan Proses)

  • May 15, 2019

Pinjaman tanpa agunan menawarkan dana tunai yang cepat dan mudah. Cocok buat dana talangan untuk kebutuhan mendadak yang butuh cepat. Ada 16 bank memberikan pinjaman tanpa agunan terbaik di 2019. Masing – masing bank menjual keunggulan dan keunikan produk pinjaman mereka. Saya review satu persatu dan sajikan keunggulan setiap bank, khususnya soal bunga dan persyaratan pengajuan pinjaman.

Kebutuhan mendadak pasti dihadapi semua orang. Dalam situasi tersebut, Anda butuh pinjaman yang cepat dan tanpa jaminan.

KTA atau pinjaman tanpa agunan menjadi salah satu solusinya.

Ada itu pinjaman tanpa agunan ? Ada 16 bank yang memberikan pinjaman tanpa agunan di Indonesia.

#1 BCA

Pinjaman tanpa agunan BCA adalah Personal Loan BCA.

Apa itu Personal Loan BCA ?

Pinjaman tanpa agunan BCA punya keunggulan, yaitu bunga KTA yang sangat kompetitif. Salah satu pinjaman tanpa agunan dengan bunga terendah di pasar saat ini adalah Bank BCA.

Hanya saja, pengajuan pinjaman tanpa agunan di BCA hanya bisa dengan rekening payroll dan kartu kredit BCA. Jika tidak memiliki rekening gaji payroll di BCA atau tidak punya kartu kredit BCA, calon peminjam tidak bisa mengajukan pinjaman tanpa agunan di BCA.

Punya kartu kredit BCA pasti bisa mengajukan ? belum tentu karena minimum keanggotaan kartu kredit BCA untuk pengajuan pinjaman tanpa agunan adalah 6 bulan dengan track record pembayaran yang bagus.

Bunga BCA

Bunga Pinjaman Tanpa Agunan BCA Personal Loan
Bunga Pinjaman Tanpa Agunan BCA Personal Loan

#2 Mandiri

Bank Mandiri, sebagai bank terbesar di Indonesia, menawarkan pinjaman tanpa agunan. Dikenal sebagai KTA Mandiri.

Apa itu KTA Mandiri ?

Dalam beberapa bulan ini, sejak akhir 2018, KTA Mandiri berubah nama menjadi KSM Mandiri. Masih merupakan pinjaman tanpa agunan, namun dengan satu perubahan penting, yaitu hanya nasabah rekening payroll yang bisa mengajukan pinjaman tanpa agunan di Mandiri.

Keunggulan KSM Mandiri adalah bunga rendah, tenor panjang dan plafon pinjaman besar. Bunga bisa sampai 0.55% per bulan, tenor sampai 15 tahun dan plafon mencapai Rp 1 M.

Bunga Mandiri

Simulasi Bunga Pinjaman Tanpa Agunan Mandiri
Simulasi Bunga Pinjaman Tanpa Agunan Mandiri

#3 BRI

BRI menawarkan pinjaman tanpa agunan, yaitu Briguna.

Apa itu pinjaman tanpa agunan BRI Briguna ?

Pinjaman tanpa agunan BRI Briguna adalah kredit yang diberikan kepada calon debitur/ debitur dengan sumber pembayaran (repayment) berasal dari sumber penghasilan tetap atau fixed income (gaji) dengan jangka waktu sejak pegawai aktif sampai dengan masa pensiun.

Dapat digunakan untuk pembiayaan keperluan produktif dan non produktif misalnya : pembelian barang bergerak/ tidak bergerak, perbaikan rumah, keperluan kuliah/ sekolah anak, pengobatan, pernikahan anak, dan lain-lain.

#4 BNI

BNI menawarkan pinjaman tanpa agunan, yaitu BNI Fleksi.

Apa itu pinjaman tanpa agunan BNI Fleksi ?

BNI Flekasi adalah Kredit Tanpa Agunan (KTA) yang diberikan kepada Pegawai Aktif yang mempunyai penghasilan tetap (fixed income) yang pembayaran gajinya (payroll) disalurkan melalui BNI, untuk keperluan konsumtif yang tidak bertentangan dengan peraturan maupun Undang-Undang yang berlaku.

Pinjaman tanpa agunan BNI hanya diberikan ke pegawai yang payroll di BNI. Plafond pinjaman yang ditawarkan cukup besar mencapai Rp 500 juta dengan tenor pinjaman paling lama 15 tahun.

Syarat pengajuan BNI Fleksi adalah WNI; telah menyalurkan fasilitas pembayaran payroll di BNI; Merupakan pegawai aktif dengan level minimal staf (pegawai tetap); Usia minimum 21 tahun dan maksimum 65 tahun yang dibuktikan dengan Surat Keterangan/Surat Keputusan dari Instansi/Perusahaan yang berwenang.

Bunga BNI Fleksi KTA

Bunga Pinjaman Tanpa Agunan BNI Fleksi
Bunga Pinjaman Tanpa Agunan BNI Fleksi

#5 DBS

DBS menawarkan pinjaman tanpa agunan melalui dua channel, yaitu KTA Sahabat dan Digibank KTA Instan. KTA Instan menjadi produk andalan DBS.

Apa itu Digibank KTA Instan ?

KTA instan diajukan lewat aplikasi Digibank DBS yang diunduh di Playstore.

Persetujuan awal KTA instan dalam 60 detik. Setelah itu, buat janji temu dengan agen digibank untuk melakukan verifikasi biometrik untuk pembukaan rekening.

Pencairan langsung ke rekening. Dalam hitungan menit, rekening sudah terisi dengan dana pinjaman hingga Rp 30 juta.

Persyaratan Digibank KTA Instan adalah hanya menggunakan e-KTP, tanpa dokumen lainnya. Warga Negara Indonesia (WNI) telah berusia minimal 21 tahun dan maksimal 60 tahun pada saat pelunasan. Domisili/bekerja di Jabodetabek, Bandung, Semarang atau Surabaya. Memiliki penghasilan kotor minimal Rp 3.000.000 per bulan. Berprofesi sebagai karyawan (minimal 1 tahun), profesional (minimal 2 tahun) atau wiraswasta (minimal 2 tahun).

Bunga DBS KTA Instan Digibank

Bunga KTA Instan DBS
Bunga KTA Instan DBS

#6 Commbank

Commbank memiliki pinjaman tanpa agunan, yaitu KTA TymeDigital.

Apa itu KTA TymeDigital ?

KTA TymeDigital  adalah produk fasilitas pinjaman tanpa agunan dari Commonwealth Bank yang diberikan kepada perorangan untuk keperluan pribadi seperti biaya pendidikan, biaya kesehatan, pernikahan, renovasi rumah, liburan, dan kebutuhan lainnya.

Keunggulan pinjaman tanpa agunan Commbank ini adalah proses pengajuan cukup dilakukan secara online dengan mengisi e-form yang tersedia di website Commbank, dengan dokumen cukup e-KTP.

Anda dapat melakukan pengajuan KTA TymeDigital jika berdomisili di wilayah kota Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi, Surabaya, Bandung, Semarang, Yogyakarta, Badung, Denpasar, Medan dan Palembang.

Jika pengajuan online disetujui, Anda diharapkan untuk segera mendatangi CommBank e-Kiosk dengan membawa dokumen e-KTP untuk melakukan verifikasi pinjaman tahap akhir. Jika proses verifikasi pinjaman tersebut berhasil, maka dilanjutkan dengan proses pembukaan rekening Bank Commonwealth (untuk nasabah baru) di CommBank e-Kiosk.

Bunga KTA Commbank

Bunga Commbank Pinjaman Tanpa Agunan
Bunga Commbank Pinjaman Tanpa Agunan

#7 Permata

Bank Permata menawarkan pinjaman tanpa agunan, yaitu Permata KTA.

Apa itu Permata KTA Online ?

Permata KTA adalah pinjaman tanpa agunan yang diberikan ke nasabah individu untuk berbagai keperluan yang bersifat konsumtif, dengan pilihan jangka waktu pinjaman hingga 60 bulan.

Ada 3 jenis Permata KTA, yaitu: (1) KTA Online dengan pengajuan lewat aplikasi Permata Mobile X dengan bunga rendah mulai dari 0.88%; (2) KTA Payroll untuk nasabah yang rekening gaji melalui PermataBank; (3) KTA Non Payroll untuk nasabah umum.

Persyaratan KTA Permata adalah merupakan Warga Negara Indonesia (WNI); berdomisili di JABODETABEK, Medan, Bandung, Surabaya, Makassar, Bali; minimum penghasilan Rp 3.500.000 dan berusia minimal 21 tahun dan maksimal 55 tahun.

Bunga KTA Permata

Bunga KTA Permata
Bunga KTA Permata

#8 Mega

Mega memiliki pinjaman tanpa agunan, yaitu Mega Cash Line.

Apa itu Mega Cash Line ?

Mega Cash Line adalah pinjaman dana tunai dalam bentuk kartu yang dapat dicairkan kapan saja dimana saja, tanpa menggunakan jaminan, dalam bentuk stand by loan yang diberikan kepada Nasabah, dengan sistem pembayaran secara revolving maupun installment dan tidak dapat digunakan untuk transaksi ritel di merchant.

Berbeda dengan pinjaman tanpa agunan bank lain, dana di Mega Cash Line dapat dicairkan kapan saja dan dimana saja, dapat digunakan sebagian atau seluruhnya, cicilan tetap dengan pilihan tenor 12, 18, 24, dan 36 bulan

Syarat: umur calon nasabah 21-55 tahun atau sudah pernah menikah; minimum penghasilan per bulan Rp 3 juta,

Bunga revolving/harian 0,1 % per hari serta bunga cicilan tetap 1,68% flat per bulan.

Bunga KTA Mega

Bunga KTA Mega Pinjaman Tanpa Agunan
Bunga KTA Mega Pinjaman

#9 Danamon

Danamon memiliki pinjaman tanpa agunan, yaitu Kredit Tanpa Agunan Dana Instant.

Apa itu Danamon KTA Dana Instant ?

Dana Instant adalah produk fasilitas pinjaman tanpa agunan bagi perorangan yang dapat digunakan untuk segala kebutuhan.

Persyaratan: Warga Negara Indonesia; Min. 21 tahun dan maks. 60 tahun pada saat akhir pinjaman. (khusus karyawan maks. 55 tahun pada saat pengajuan); Karyawan / Profesional / Pengusaha; Minimum penghasilan kotor Rp. 2 Juta per bulan; Masa kerja minimum 1 tahun (karyawan) dan 2 tahun (pengusaha/professional).

Plafon pinjaman mencapai paling tinggi Rp 200 juta dengan dicicil paling lama 36 bulan. Tenor paling pendek adalah 12 bulan.

Bunga Danamon Pinjaman Tanpa Agunan
Bunga Danamon Pinjaman Tanpa Agunan

#10 Maybank

Maybank menawarkan pinjaman tanpa agunan, yaitu Maybank KTA.

Apa itu Maybank KTA ?

Maybank KTA adalah Kredit Tanpa Agunan (KTA) perorangan untuk berbagai kebutuhan. Pinjaman hingga Rp 250 Juta dan jangka waktu pinjaman 1-5 tahun.

Tapi, Untuk nasabah yang bukan karyawan tetap dan tidak menyalurkan gaji melalui Maybank (non payroll) hanya dapat mengajukan pinjaman hingga Rp 150 Juta dengan jangka waktu pinjaman maksimal 3 tahun.

Persyaratan adalah Warga Negara Indonesia; usia minimal 21 tahun pada saat pengajuan dan maksimal 55 tahun saat pengajuan tenor KTA berakhir; penghasilan gross tetap per bulan minimal Rp 4 Juta; masa kerja minimal 1 (satu) tahun untuk karyawan Masa kerja minimal 2 (dua) tahun untuk profesional dan wiraswasta.

Selain bunga pinjaman, biaya lain yang dibebankan kepada nasabah atas fasilitas KTA adalah biaya provisi sebesar 1.5% – 3.5% dari limit pinjaman KTA. Biaya tersebut sudah dipotong langsung dari limit pinjaman KTA yang disetujui.

Atas setiap cicilan yang terlambat dibayarkan oleh nasabah nasabah akan dikenakan Denda keterlambatan Rp100.000,- dan bunga keterlambatan sebesar 5% flat per bulan dari cicilan yang telah jatuh tempo namun belum dibayarkan oleh nasabah.

Bunga Maybank Pinjaman Tanpa Agunan

Bunga KTA Maybank
Bunga KTA Maybank

#11 Panin

Bank Panin memiliki pinjaman tanpa agunan, yaitu Kredit Express.

Apa itu Kredit Express ?

Kredit Express Panin adalah fasilitas kredit tanpa jaminan yang dapat diperoleh dengan cepat dan mudah. Dana pinjaman dapat digunakan untuk tujuan multiguna seperti pendidikan, pernikahan, renovasi rumah, pembelian perabot/furniture, pembelian kendaraan, liburan, dan tujuan lainnya.

Masa angsuran pembayaran fleksibel mulai dari 12 bulan, 24 bulan dan 36 bulan sedangkan plafon pinjaman mulai dari Rp. 3 Juta hingga Rp. 500 Juta.

Persyaratan: Warga Negara Indonesia dan berdomisili di Indonesia; usia minimal 21 tahun dan maksimum 55 tahun untuk karyawan, maksimum 60 tahun untuk pengusaha (usia maksimal termasuk jangka waktu pinjaman); Penghasilan bersih minimal Rp. 3 juta/bulan; memiliki Tabungan Panin.

Bunga KTA Panin Express

Bunga Panin Pinjaman Tanpa Agunan
Bunga Panin Pinjaman Tanpa Agunan

#12 HSBC

HSBC menawarkan pinjaman tanpa agunan, yaitu Personal Installment Loan.

Apa itu HSBC Personal Installment Loan ?

Personal Installment Loan diperbolehkan untuk merenovasi rumah, mendaftar ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi; merencanakan pesta pernikahan; memulai bisnis sendiri, dengan plafon pinjaman minimum Rp 5 juta, maksimum Rp 250 juta, serta jangka waktu 12 – 60 bulan.

Biaya provisi 1% dari jumlah pinjaman (hanya berlaku untuk program tertentu); biaya keterlambatan atau kekurangan pembayaran Rp150.000 (seratus lima puluh ribu Rupiah) per bulan; biaya pelunasan awal/pembatalan 7% dari sisa pinjaman pokok ditambah dengan bunga berjalan pada bulan pelunasan.

#13 CTBC Bank

CTBC memiliki pinjaman tanpa agunan, yaitu Dana Cinta.

Apa itu Dana Cinta ?

Dana Cinta adalah Kredit Tanpa Agunan (KTA) Dana Cinta memberikan dana tunai yang dapat Anda gunakan untuk keperluan apa saja mulai dari berbisnis, merenovasi rumah impian, memberikan pendidikan yang terbaik bagi anak Anda mewujudkan liburan yang selalu diimpikan hingga merealisasikan pernikahan Anda. Apapun impian Anda, wujudkan dengan Pinjaman Tanpa Agunan dari CTBC Indonesia

Bunga KTA CTBC Bank

Bunga Pinjaman Tanpa Agunan CTBC Bank
Bunga Pinjaman Tanpa Agunan CTBC Bank

#14 SCB

Standard Chartered memiliki pinjaman tanpa agunan, yaitu Kredit Tanpa Agunan Standard Chartered.

Apa itu Kredit Tanpa Agunan Standard Chartered ?

Kredit Tanpa Agunan adalah pinjaman tanpa jaminan yang ditransfer ke rekening nasabah dan besar cicilan tiap bulannya tetap sesuai jangka waktu pinjaman. Jumlah pinjaman yang dapat disetujui hingga Rp300 juta dengan periode cicilan 12 bulan (1 tahun) – 60 bulan (5 tahun) dengan bunga tahunan minimum dari 0,69% per flat/bulan atau setara dengan 14,95% efektif/tahun.

Persyaratan: Warga Negara Indonesia (WNI); berumur 21 – 60 tahun; pendapatan bersih minimal Rp13,5 juta/bulan; memiliki Kartu Kredit Utama (bukan Kartu Tambahan / Suplemen) dengan limit minimal 20 juta serta keanggotaan lebih dari 1 tahun; tinggal dan bekerja di wilayah Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi, dan Surabaya; nomor telepon yang dicantumkan pada aplikasi dalam keadaan aktif.

Bunga KTA Pinjaman SCB

Bunga SCB Pinjaman Tanpa Agunan
Bunga SCB Pinjaman Tanpa Agunan

#15 Citibank

Citibank menawarkan pinjaman tanpa agunan, yaitu Ready Credit.

Apa itu Ready Credit ?

Citibank Ready Credit adalah pinjaman tanpa agunan dalam bentuk kartu yang memberikan dana tunai cepat dan siap pakai kapan saja dan di mana saja, tanpa biaya.

Anda dapat melakukan penarikan dana tunai dan transfer di ATM Citibank dan ATM Bersama di seluruh Indonesia dan melakukan pembayaran bulanan minimum 6% dari total tagihan Anda atau Rp50.000,- (tergantung mana yang lebih besar) atau dengan cicilan tetap hingga 48 bulan.

Syarat: Warga Negara Indonesia; Usia 21 – 65 tahun; penghasilan minimum/tahun Rp 60 juta dan dokumen:  KTP/ Paspor, Kartu kredit dengan minimal limit Rp 10 juta, Slip Gaji Carbonize Tipe A atau B / Slip Gaji Elektronik / Rekening bank 3 (tiga) bulan terakhir / SPT, NPWP.

Bunga Pinjaman Tanpa Agunan Citibank – Ready Credit

Citi KTA Pinjaman Tanpa Agunan
Citi KTA Pinjaman Tanpa Agunan

#16 CIMB Niaga

Bank CIMB Niaga memiliki pinjaman tanpa agunan, yaitu X-Tra Dana.

Apa itu Niaga X-Tra Dana ?

Ada dua pinjaman tanpa agunan X-Tra CIMB Niaga, yaitu (1) X-Tra Dana dan (2) X-Tra Dana iB Syariah.

  • Niaga X-Tra Dana adalah pinjaman tunai tanpa jaminan untuk semua kebutuhan Anda, mulai dari renovasi rumah, pendidikan pernikahan, liburan dan kebutuhan lainnya. Jangka waktu Pinjaman hingga 4 tahun dan jumlah Pinjaman hingga Rp 200 juta dengan cicilan bulanan tetap.
  • Niaga X-Tra Dana iB Syariah adalah fasilitas pembiayaan yang dilakukan berdasarkan prinsip syariah dalam bentuk akad ijarah multijasa (penyediaan jasa) atau murabahah (pembelian barang), untuk memenuhi kebutuhan Anda mulai dari pendidikan, wisata halal, perjalanan ibadah, serta pembelian barang impian Anda melalui mitra terpercaya kami.

Persyaratan: Warga Negara Indonesia (WNI) yang berdomisili di Indonesia;Usia 21 – 55 tahun (usia termasuk jangka waktu pembiayaan); Nasabah CIMB Niaga atau Nasabah Pemegang Kartu Kredit Bank lain.

Dalam pengajuan Niaga KTA paling tidak harus sudah memiliki kartu kredit, baik dari Niaga atau bank lain. Jika tidak memiliki kartu kredit, pengajuan KTA di Niaga tidak dimungkinkan.

Bunga CIMB Niaga

Bunga Pinjaman Tanpa Agunan CIMB Niaga
Bunga Pinjaman Tanpa Agunan CIMB Niaga

Kesimpulan

Pinjaman tanpa agunan adalah produk kredit yang ditawarkan oleh banyak bank. Produk ini melayani kebutuhan masyarakat akan dana tunai dalam waktu cepat dan dengan proses yang mudah.

Yang perlu diperhatikan dalam pinjaman tanpa agunan, selain soal persyaratan, adalah suku bunga. Suku bunga KTA berada diatas tingkat bunga rata – rata pinjaman lainnya karena kemudahan dan kecepatan yang ditawarkan oleh KTA.

Leave a Reply

Your email address will not be published.