Advertisements

Pengalaman Beli Emas Logam Mulia Galeri 24 Pegadaian (Ada Diskonnya !)

Advertisements

Emas adalah salah satu instrumen investasi penting yang sudah sangat lama dikenal orang. Dimana bisa beli emas yang aman, mudah dan terjamin ? Saya melakukan review ke beberapa tempat dan salah satunya yang menarik perhatian saya adalah beli emas di Galeri 24 milik Pegadaian. Pengalaman beli emas di Galeri 24 saya bagi dalam tulisan ini. Bagaimana dapat diskon untuk beli Logam Mulia ?

Investasi di emas sudah kita kenal sejak lama. Orang tua saya selalu menyarankan untuk menyimpan investasi dalam emas atau logam mulia.

Ibu saya jauh – jauh hari sebelum saya menikah sudah mengumpulkan emas sedikit demi sedikit untuk bekal saat saya menikah nanti.

Kenapa emas jadi pilihan investasi ?

  1. Harga emas relatif stabil dan cenderung meningkat dari waktu ke waktu sehingga menjadi instrumen investasi ‘anti’ inflasi yang ampuh
  2. Emas senantiasa menjadi safe-haven, menjadi instrumen yang dicari orang karena punya nilai yang stabil, terutama dalam kondisi ekonomi atau politik yang bergejolak. Dalam situasi pandemi Corona saat ini, harga emas melonjak karena tingginya permintaan.
  3. Emas mudah dijual atau likuid. Kapan saja kita bisa menjual emas dan menerima uang penjualannya saat itu juga. Itu sebabnya, emas jadi pilihan untuk menyimpan dana darurat atau kebutuhan dana jangka pendek.
  4. Emas bisa diwariskan ke anak cucu dengan mudah. Emas tidak lekang waktu, tentu saja awet, dan mudah sekali dipindahtangankan.

Dengan manfaat yang banyak tersebut, tidak heran, investasi emas selalu jadi pilihan banyak orang.

Hanya saja, kadangkala kita berpikir dimana tempat membeli emas yang aman dan nyaman.

Advertisements

Dimana tempat membeli emas terbaik ?

Tapi, sebelum kesana, saya ingin jelaskan dulu trend harga emas dalam 10 tahun terakhir.

Trend Harga Emas

Apa betul harga emas stabil dan meningkat ? Bagaimana memantau perkembangan harga emas di pasar ?

Mengecek harga emas penting untuk mengetahui perkembangan nilai investasi.

Advertisements

Ada dua faktor yang mempengaruhi harga emas di dunia, yaitu:

  1. Harga emas di pasaran dunia yang bergerak setiap waktu dan ditetapkan dalam US$
  2. Nilai tukar US$ terhadap rupiah. Karena harga emas dalam US$, maka mau tidak mau nilai tukar mempengaruhi harga emas dalam rupiah di Indonesia.

Karena hubungan dua faktor ini, bisa saja harga emas di dunia stabil, namun harga emas di Indonesia bergerak karena faktor fluktuasi nilai tukar rupiah.

Begitu pula sebaliknya, nilai tukar stabil tetapi karena harga emas dunia bergejolak, harga emas di Indonesia ikut terpengaruh.

Apa yang sebenarnya mempengaruhi harga emas ?

Sebenarnya simpel, harga, termasuk harga emas, ditentukan oleh dua faktor saja, yaitu permintaan dan penawaran.

Demand dan Supply Emas !

Pertanyaan yang lebih penting sebenarnya adalah apa yang mempengaruhi demand dan supply emas, kenapa orang ramai – ramai beli emas atau jual emas.

Faktor utama yang mempengaruhi adalah kondisi geopolitik sosial di dunia.

Saat terjadi ketidakstabilan dalam perekonomian, maka harga emas akan naik. Contoh yang paling nyata adalah saat pandemi Covid-19 melanda dunia di kuartal 1 2020, harga emas naik sangat tajam.

Tingginya harga emas akan bertahan selama situasi belum stabil. Biasanya, setelah kondisi stabil, harga emas akan ikut stabil.

Dimana Beli Emas

Setelah tahu kenapa investasi emas penting, dan membaca pergerakkan harga emas, pertanyaan selanjutnya adalah dimana saya harus beli emas.

Yah, di toko emas!

Itu jawaban simpelnya.

Tapi, pemilihan tempat untuk membeli emas itu penting sekali. Kritikal sekali.

Kenapa ?

Pertama, jaminan keaslian emas. Dalam beli emas, kita harus bisa memastikan bahwa logam mulia yang kita beli adalah barang yang asli dan bukan palsu.

Meskipun jarang terdengar, tetapi ada beberapa kasus kejadian dimana pembelian emas logam mulia ternyata palsu. Maling makin canggih, bahkan logam mulia pun bisa dipalsukan.

Kedua, tempat jual yang menyediakan berbagai jenis produk emas. Ada banyak produk emas, misalnya Logam Mulia, perhiasan dalam berbagai model. Semakin bervariasi dan banyak pilihan semakin baik untuk pembeli.

Ketiga, dalam kondisi pandemi Covid-19 sekarang dimana social distancing menjadi penting, sementara investasi emas harus jalan terus, tempat beli emas yang menyediakan fasilitas untuk beli secara online juga menjadi penting.

Bagaimana beli emas secara online ? Bukankah logam mulia kita butuh fisiknya.

Nanti saya jelaskan dalam pengalaman saya beli emas secara online di salah satu tempat penjualan emas di Jakarta.

Keempat, punya banyak jaringan toko. Mobilitas dan sebaran wilayah Indonesia yang luas membuat tempat penjualan yang punya banyak toko memberikan nilai positif. Orang jadi bisa beli dimana saja, tidak terpaku, misalnya, hanya di Jakarta saja.

Jadi, penting sekali beli emas di tempat yang terpercaya untuk memastikan bahwa logam mulia yang kita beli adalah asli dan terpercaya.

Galeri 24 Pegadaian

Galeri 24 Tempat Beli Emas Online

Setelah browsing dan cari info, saya menemukan satu tempat jual beli emas, yaitu Galeri 24.

Apa itu Galeri24?

Galeri 24 merupakan anak perusahaan PT Pegadaian (persero) yang bergerak pada bisnis ritel perhiasan emas dan logam mulia. Memiliki cabang 70 outlet di seluruh Indonesia.

Galeri 24 punya slogan “Beli Tanpa Was Was”.

Dengan nama PT Pegadaian di belakangnya, menurut saya, menjadi jaminan mutu bahwa Galeri 24 menjual emas dan logam mulia yang bisa dipercaya.

Galeri24 menyediakan penjualan produk – produk sebagai berikut:

  • Emas Batangan. Galeri 24 menyediakan Logam Mulia/Emas Batangan dari beberapa Brand antara lain : Brand Galeri 24, Antam , UBS, dan Lotus Archi.
  • Perhiasan
  • Hadiah.

Karena Galeri 24 adalah milik Pegadaian, salah satu fasilitasnya adalah pembelian logam mulia di Galeri 24 bisa dengan sistem Gadai Tabungan Emas atau KTE (Krasida Tabungan Emas) yang dikelola Pegadaian.

Cara ini sangat membantu Anda yang ingin melakukan investasi emas secara rutin dan tidak memberatkan, dengan mendapatkan logam mulia terpercaya dari Galeri 24 dan menyimpannya langsung di Tabungan Emas Pegadaian.

Harga yang tertera situs Galeri 24 adalah harga nett yang dibayarkan oleh Nasabah, dan harga berlaku di J-store dan Distro Galeri24 yang tersebar di seluruh Indonesia.

Jadi, calon pembeli bisa mengecek dulu di situs Galeri 24 untuk memastikan harga emas sebelum datang ke toko untuk melakukan pembelian.

Jika ingin menjual kembali emasnya, buyback, Anda bisa lakukan di Galeri 24.

Namun, saat ini ada ketentuan, Galeri 24 hanya menerima buyback/beli kembali Logam Mulia/Emas batangan yang dibeli dari Galeri 24 maupun melalui Pegadaian.

Cara Buyback cukup dengan datang ke Distro/J-Store Galeri 24 dengan membawa Logam Mulia/Perhiasan dengan menyertakan kuitansi pembelian.

Diskon Cashback Emas Logam Mulia di Galeri 24
Advertisements

Disamping itu, Galeri 24 menawarkan banyak promo cashback yang memberikan diskon dalam pembelian logam mulia dan perhiasan lain.

Ada dua pilihan cara pembelian emas di Galeri 24:

  • Offline dengan mengunjungi offline store (Distro / J-Store) dengan membawa kartu identitas, pembayaran dapat dilakukan dengan cash, transfer atau menggunakan mesin EDC.
  • Online dengan mengunjungi www.kataloggaleri24.com atau E-commerce di Tokopedia (Galeri 24 by Pegadaian)

Kantor pusat Galeri 24 di Wisma Bhakti Mulya Lt.3 Jl Kramat Raya No 160, Jakarta Pusat, telp: 021-3104506 / 0811-1390-1244; Email: katalog@galeri24.co.id dan jam kerja: Sen – Jum / 9:00 AM – 17.00 PM

Untungnya Beli Emas Online

Mungkin banyak yang bertanya kenapa berani dan mau beli emas online, apa untungnya ?

Ada beberapa keuntungan beli lewat online.

  1. Dalam situasi masa pandemi Covid19 sekarang, pembelian secara online adalah langkah yang paling tepat untuk tetap bisa melakukan investasi emas secara rutin, namun tetap aman serta mengikuti anjuran pemerintah untuk social distancing.
  2. Pembelian secara online menawarkan lebih banyak pilihan dengan variasi perhiasan yang beragam. Di toko offline, kemungkinan tidak semua perhiasan dipajang, mungkin karena faktor keterbatasan tempat dan keamanan. Tapi di toko online, kedua masalah itu tidak ada, sehingga semua perhiasan boleh dikatakan bisa di display.
  3. Melihat perhiasan di toko online tidak ada batasan waktu dan lebih leluasa untuk membandingkan model dan harga.

Tentu saja, kelebihan belanja emas online tersebut hanya bisa terwujud jika toko penjual punya reputasi yang bagus dan legalitas yang solid.

Pengalaman Beli Emas Online di Galeri 24

Selama ini, kalau beli logam mulia, saya selalu datang ke toko emas. Tapi, kali ini, saya ingin coba beli secara online di Galeri 24 Pegadaian sebagai tempat saya lihat terpercaya, punya legalitas yang kuat dan didukung oleh PT Pegadaian yang memang sudah sangat kuat di bisnis jual beli emas.

Related Post

Berikut ini langkah – langkah yang saya jalani sewaktu beli emas online di Galeri 24:

#1 Masuk Situs www.kataloggaleri24.com

Situs ini adalah tempat belanja online logam mulia dan perhiasan milik Galeri 24. Di dalam situs ini tersedia banyak pilihan jenis barang berharga yang dijual.

Saya lihat tersedia emas batangan logam mulia, cincin, kalung dan berbagai jenis perhiasan lainnya.Banyaknya pilihan membantu konsumen mendapatkan perhiasan terbaik.

Dari awal, saya tertarik dengan logam mulia dan Galeri 24 menawarkan banyak pilihan yang tersedia dalam berbagai berat.

Adanya website mempermudahkan buat konsumen untuk memastikan bahwa logam mulia yang ingin dibeli memang tersedia.

#2 Pilih Emas

Cara Beli Logam Mulia di Galeri 24

Untuk melakukan pembelian, saya harus masuk ke bagian Shop. Karena ingin beli Logam Mulia, saya harus pilih Emas Batangan.

Saya pilih logam mulia seberat 0,5 gram yang akan saya beli di Galeri 24.

Setelah klik jenis logam mulia berat 0,5 gram, muncul rincian harga dan ketersedian stok di Galeri 24. Saat saya akan membeli masih tersedia stok Logam Mulia 0,5 gram sebanyak 5 batang.

Di bagian ini, Galeri 24 menyebutkan harga Logam Mulia 0,5 gram tapi perlu dicatat bahwa harga ini diluar ongkos kirim.

Saya lalu pilih jumlah yang akan saya beli, yaitu 1 batang, dan klik ‘Add to Cart’, yang artinya masukkan ke keranjang belanja online.

Advertisements

#3 Diskon dan Total Bayar

Diskon Beli Logam Mulia di Galeri 24

Seperti yang saya sampaikan di awal, salah satu manfaat belanja di Galeri 24 adalah adanya diskon atau cashback.

Di bagian ini, saya bisa mengisi “coupon code” untuk bisa mendapatkan potongan harga.

Kebetulan saya mendapatkan “coupon code”, yaitu Duwitmu24, yang memberikan diskon senilai Rp 50 ribu untuk pembelian semua jenis perhiasan di Galeri 24, termasuk Logam Mulia.

Setelah memasukkan coupon code tersebut, saya mendapatkan rincian biaya pembelian setelah dikurangi diskon dan tambahan kode unik 2 digit sebagai identifikasi pembayaran.

Rincian yang perlu saya bayar adalah:

  • Harga Logam Mulia 0,5 gram Rp 523,000
  • Diskon Rp 50,000
  • Kode Unik 86
  • Total menjadi Rp 523,000 – Rp 50,000 + 86 = Rp 473,086

#4 Alamat dan Biaya Kirim

Karena pembelian dilakukan secara online, logam mulia perlu dikirimkan ke alamat rumah saya.

Tahap selanjutnya, saya mengisi alamat pengiriman dan sekaligus pihak Galeri 24 akan menghitung ongkos kirim.

Untuk menghemat ongkos kirim, Galeri 24 mengirimkan dari lokasi kantor terdekat mereka. Contohnya, lokasi saya di Bekasi, maka Galeri 24 memilihkan kantor Jakarta Pusat sebagai tempat asal pengiriman.

Ada dua jenis kurir pengiriman dengan JNE, yang reguler dan kilat. Silahkan kita pilih.

Untuk keamanan, karena ini sudah pasti barang berharga, Galeri 24 menyediakan asuransi pengiriman.

Setelah selesai mengisi data – data, saya mendapatkan harga nett yang saya harus bayar adalah Rp 488,032 untuk Logam Mulia 0,5 gram dikirim sampai ke rumah.

#5 Pembayaran dan Pengiriman Emas

Galeri 24 mengirimkan tagihan jumlah yang saya harus bayar dan no rekening untuk melakukan transfer pembelian emas.

Selain di aplikasi, tagihan dikirimkan juga ke email saya sebagai pengingat.

Saya membayar via transfer ke no rekening yang sudah disampaikan Galeri 24. Pembayaran harus tepat sesuai dengan jumlah yang disampaikan dalam tagihan, karena terdapat kode unik untuk mengenali pembayaran dari masing-masing konsumen.

Setelah pembayaran diterima oleh Galeri 24, saya menerima konfirmasi di email bahwa dana sudah diterima dan sedang di proses untuk pengiriman.

Logam Mulia 0,5 Gram yang Saya Beli

Menunggu hampir sekitar 1 hari sejak konfirmasi bahwa barang sudah dikirim, esok harinya saya terima paket dari JNE yang tersegel rapi.

Untuk memastikan keamanan ada seal keamanan berwarna merah yang disematkan di paket untuk memastikan bahwa paket tidak dibuka oleh orang yang tidak berhak.

Paket Logam Mulia Galeri 24

Saya buka isi paket. Isinya adalah:

  1. Kantong berwarna hitam dengan logo Galeri 24 dan di dalamnya terdapat lempengan logam mulia seberat 0,5 gram yang saya pesan
  2. Masker dan 1 botol kecil cairan desinfektan untuk menjaga kesehatan di era Corona
  3. Bukti kwitansi pembelian yang dibutuhkan jika saya nanti ingin menjual kembali.

Ini adalah penampakan Logam Mulia dan sertifikatnya.

Logam Mulia 0,5 Gram dan Sertifikat Asli Galeri 24

Logam Mulia tersusun rapih di tengah dengan Sertifikat menyertainya. Logam Mulia yang saya beli adalah produksi dari UBS.

Alasan Beli Logam Mulia di Galeri 24

Dari pengalaman yang sudah jalani, kenapa saya akan beli lagi Logam Mulia di Galeri 24:

  1. Galeri 24 adalah anak perusahaan PT Pegadaian
    Advertisements
    yang sudah lama dikenal punya keahlian soal jual beli emas dan Logam Mulia
  2. Jaminan Kadar. Logam Mulia yang dibeli dari Galeri 24 memiliki jaminan kadar yang bisa diukur di tempat dan setiap pembelian Logam Mulia disertai lembar sertifikat yang menginformasikan karat emas.
  3. Harga kompetitif. Galeri24 memiliki harga Logam Mulia acuan yang jelas dan tidak ada tambahan biaya administrasi.
  4. Diskon harga Logam Mulia dengan menggunakan kupon cashback yang disediakan Galeri 24. Baru kali ini saya mengalami beli Logam Mulia dapat diskon.
  5. Beli secara online yang aman dan terpercaya. Pengantaran Logam Mulia dilakukan secara aman dengan adanya asuransi pengiriman dan disegel khusus. Website Galeri 24 juga memiliki terms and conditions yang jelas, dan sistem pembayaran yang aman.

Tips Beli Emas Online

Dari pengalaman beli emas secara online, ada beberapa yang saya jadikan pelajaran buat Anda yang mungkin ingin beli online juga.

Beli secara online menurut saya adalah cara yang paling baik dalam situasi sekarang yang menuntut kita melakukan jaga jarak dan mengurangi aktivitas bepergian, sementara kita tetap ingin melakukan investasi emas secara rutin.

Banyaknya pilihan, keleluasaan memilih dan membanding bandingkan adalah enaknya belanja online dibandingkan belanja offline.

Adanya diskon khusus yang sedang ditawarkan oleh Galeri 24 untuk pembelian online juga menjadi daya tarik.

Satu hal yang sangat penting dalam belanja online adalah kepercayaan dan legalitas tempat belanja online tersebut, apalagi belanja barang berharga seperti logam mulia dan perhiasan.

Galeri 24 Pegadaian menjadi tempat yang tepat karena soal legalitas dan kepercayaan sudah tidak diragukan lagi sebagai anak perusahaan PT Pegadaian.

Diskon Beli Emas

Sebagai apresiasi untuk Anda, Galeri 24 sedang memberikan diskon pembelian semua jenis perhiasan di situs kataloggaleri24.com senilai Rp 50,000.

Caranya sangat mudah, yaitu gunakan kode DUWITMU24 yang dituliskan di Coupon Code saat melakukan pembelian emas.

Silahkan dicoba

Cara Beli Emas Online (Step by Step)

Estimate Cost : 500000 Rp

Time Needed : 01 hours 30 minutes

Cara Beli Emas Logam Mulia Online di Galeri 24

  1. Masuk ke Situs kataloggaleri24.com

    Masuk ke kataloggaleri24.com untuk beli Logam Mulia

  2. Pilih perhiasan di Galeri 24

    Ada banyak pilihan perhiasan, logam mulia di Galeri 24

  3. Beli Logam Mulia

    Beli Logam Mulia, masukkan jumlah “Add to Cart”

  4. Dapatkan Diskon Logam Mulia

    Masukkan kode diskon untuk dapat potongan harga

  5. Total Harga Setelah Diskon

    Rincian harga Logam Mulia setelah diskon (sebelum ongkir).

  6. Tulis Alamat Pengiriman

    Lengkapi alamat untuk pengiriman Logam Mulia

  7. Lakukan Pembayaran Logam Mulia

    Bayar sesuai tagihan ke rekening Galeri 24 yang dicantumkan.

  8. Terima Logam Mulia

    Logam Mulia diantarkan ke alamat dengan Sertifikat Keaslian.

Tools
  • Laptop, Ponsel, Desktop
Materials
  • Website Galeri 24 Pegadaian

Kesimpulan

Pengalaman saya melakukan pembelian emas secara online di Galeri 24 Pegadaian cukup menarik.

Prosesnya mudah, banyak pilihan, dapat diskon juga dan yang paling penting Galeri 24 adalah tempat beli emas yang terpercaya, legalitasnya jelas, banyak pilihan perhiasan dan didukung penuh oleh  PT Pegadaian.

Satu hal yang berbeda adalah Diskon harga Logam Mulia, yang saya baru kali ini rasakan saat beli emas.

Langganan Duwitmu.com
Dapatkan Info Artikel Terbaru di Duwitmu.com
Advertisements