Duwitmu

7 Asuransi Kesehatan Cash Plan Preminya Murah, Klaim Mudah, Double Claim (Pengalaman Ikut)

Dipublish oleh R Quiserto April 24, 2020

Daftar Isi

Asuransi Kesehatan Cash Plan

Asuransi kesehatan hospital cash plan adalah jenis asuransi dengan premi murah terjangkau yang memberikan santunan dana harian selama rawat inap di rumah sakit. Keunggulan hospital cash plan adalah premi terjangkau, pengajuan tanpa medical check-up dan klaim mudah. Untuk mencari tahu, saya review 7 asuransi kesehatan cash plan terbaik. Apakah cash plan cocok untuk saya ?

Biaya berobat mahal, itu semua orang sudah tahu. Masalahnya, bagaimana cara terbaik mempersiapkannya, karena one day or another, kita mungkin sekali jatuh sakit.

Salah satunya adalah punya asuransi kesehatan.

Namun, premi asuransi kesehatan tidak murah, apalagi kalau harus menanggung 1 keluarga. Beruntung yang punya asuransi kesehatan dari kantor, meskipun seringkali jatah kamar rumah sakit yang disediakan asuransi kantor tidak sesuai dengan harapan.

Lalu, bagaimana solusinya ?

Saya pernah menghadapi kebutuhan asuransi kesehatan, sementara budget keuangan saya terbatas.

Ini yang saya lakukan.

Yang paling utama dan pertama adalah saya ikut BPJS Kesehatan terlebih dahulu.

Kenapa ? Sebenarnya, no brainer untuk semua orang mengambil BPJS Kesehatan.

  • Mendukung program pemerintah dan saling bantu membantu gotong royong. Ada kewajiban semua warga negara ikut BPJS Kesehatan, selain untuk proteksi kesehatan, juga membantu orang lain lewat program pemerintah.
  • Premi BPJS Kesehatan dibandingkan manfaat rawat inap dan rawat jalan yang diterima, luar biasa ekonomis. Sangat worthed, murah menurut saya. Meskipun banyak keluhan dan komplain soal pelayanan yang masih kurang bagus, tetapi tetap coverage proteksi BPJS Kesehatan dibandingkan premi / iuran bagus sekali.
  • Cashless. Anda tidak perlu bayar saat berobat dengan BPJS Kesehatan.
  • Satu – satunya asuransi kesehatan yang tidak memperhatikan pre-existing condition adalah BPJS Kesehatan. Pre-existing condition momok buat peserta asuransi kesehatan swasta karena perusahaan asuransi tidak mau mengcover klaim biaya berobat jika penyakitnya sudah ada sebelum menjadi pemegang polis (baik Anda ketahui atau tidak) Sedangkan, BPJS Kesehatan tidak peduli peserta sudah pernah sakit atau tidak sebelumnya, any penyakit (bawaan atau baru) mereka cover semua.

Dengan manfaat sebagus ini dan premi murah, ikut BPJS Kesehatan itu wajib.

Semua anggota keluarga ,saya ikutkan BPJS Kesehatan dengan mengambil kelas 1.

Dalam perjalanannya, pengalaman kami bahwa layanan BPJS Kesehatan memang tidak sebaik dan sebagus asuransi kesehatan swasta.

Di samping itu, adanya rujukan berjenjang menuntut peserta untuk mempersiapkan diri dengan baik.

Anda harus datang ke puskesmas untuk minta rujukan, lalu ke fasilitas layanan kesehatan tingkat lanjut jika puskesmas tidak bisa menangani.

Melihat kenyataan ini, saya lalu mencari – cari opsi asuransi kesehatan lain.

Asuransi kesehatan swasta dengan hospital benefit mahal preminya. Diluar kemampuan budget saya.

Premi yang mahal memang reasonable karena manfaat rawat inap dan rawat jalan yang diberikan, dan yang paling penting, tidak perlu rujukan.

Lalu, apa alternatif lainnya, yang bisa menjadi komplemen atau tambahan buat BPJS Kesehatan yang saya sudah punya.

Setelah review dan lihat – lihat beberapa produk asuransi kesehatan, saya ketemu hospital cash plan.

Baca juga – Cara Mudah Mencari Premi Asuransi Murah

Asuransi Kesehatan Hospital Cash Plan

Hospital cash plan itu simpel. Karena simpel, preminya murah.

Manfaat asuransi hospital cash plan adalah perusahaan asuransi memberikan santunan harian dana tunai kepada pemegang polis selama rawat inap.

Santunan harian asuransi cash plan dibayarkan secara reimbursement.

Misalnya, asuransi hospital cash plan memiliki manfaat a Rp 1 juta per hari untuk rawat inap. Maka jika pemegang polis rawat inap selama 5 hari, perusahaan asuransi akan membayar Rp 5 juta (5 hari x Rp 1 juta per hari).

Langsung bayar, masuk rekening, tanpa perlu proses yang ribet.

Apa keunggulan asuransi cash plan ?

  • Preminya murah dan terjangkau. Saya baca perusahaan asuransi menawarkan premi mulai Rp 100 ribu-an. Nanti di bagian selanjutnya saya uraikan premi cash plan dari masing masing asuransi.
  • Tidak diperlukan medical check up dalam pengajuan. Bahkan di perusahaan asuransi, tertentu, produk hospital cash plan ada yang guaranteed, yaitu pengajuan asuransi pasti diterima.
  • Karena proses yang mudah, cash plan bisa diajukan via bank atau telemarketing atau secara online di website perusahaan asuransi. Tidak harus melalui proses pengajuan yang panjang seperti asuransi kesehatan.
  • Tidak ada syarat macam macam untuk klaim. Selama pemegang polis rawat inap maka manfaat santunan harian akan dibayarkan secara reimbursement sesuai jumlah hari rawat inap di rumah sakit.
  • Dana tunai dari hospital cash plan bisa digunakan untuk berbagai kebutuhan, Jadi uangnya tidak harus untuk keperluan yang berhubungan langsung dengan rawat inap, misalnya bisa untuk pengeluaran extra selama sakit.
  • Bisa double-claim. Walaupun sudah punya asuransi kesehatan lain, Anda tetap menerima manfaat hospital cash plan. Bisa double-claim di cash plan karena praktis saat klaim perusahaan asuransi hanya meminta bukti pemegang polis sudah rawat inap.
  • Bisa klaim di semua rumah sakit karena sifat klaimnya reimbursement. Tidak ada batasan hanya berlaku rumah sakit tertentu saja.

Setelah membaca dan review, saya putuskan untuk membeli asuransi kesehatan cash plan sebagai tambahan BPJS Kesehatan yang sudah kami miliki karena beberapa pertimbangan:

  1. Preminya murah, jauh lebih murah dibandingkan jika saya mengambil asuransi kesehatan biasa. Memang manfaat hospital cash plan tidak selengkap hospital benefit dari asuransi kesehatan, tetapi karena saya sudah punya BPJS Kesehatan, hal ini tidak menjadi masalah.
  2. Proses klaim cash plan yang simpel dan tidak banyak ketentuan, hanya dilihat dari jumlah hari rawat inap, membuat hidup jadi lebih mudah. Kalau di asuransi kesehatan, kita kadangkala masih harus was – was soal ekses klaim atau tidak, karena skema manfaat asuransi kesehatan yang kaku, seringkali njlimet dan banyak ketentuannya. Sementara di cash plan, ketentuan klaim sangat straight forward.
  3. Fleksibilitas penggunaan cash plan karena diberikan dalam bentuk santunan harian dana tunai, maka saya bisa gunakan untuk berbagai kepentingan yang mungkin tidak secara langsung berhubungan dengan rawat inap tetapi terimbas karena masuk rumah sakit. Misalnya, saat anggota keluarga ada yang dirawat di rumah sakit, muncul banyak biaya biaya extra tambahan, yang bisa dicover oleh cash plan.

Buat Anda yang punya budget terbatas, saran saya bisa mempertimbangkan untuk mengambil hospital cash plan sebagai tambahan proteksi dengan tidak terlalu memberatkan keuangan.

Kalau sekarang budget uang terbatas untuk mengambil hospital benefit rawat inap asuransi kesehatan, sementara kebutuhan proteksi biaya kesehatan mendesak, Anda bisa ambil asuransi cash plan terlebih dahulu untuk jaga jaga.

Disamping itu, buat yang merasa asuransi kesehatan dari kantor masih kurang memadai, Anda bisa mengambil cash plan, dengan adanya fitur double-klaim.

Lalu, dimana asuransi kesehatan yang menawarkan hospital cash plan ? Survei saya ketemu 7 asuransi.

#1 Asuransi CIGNA

CIGNA adalah salah satu perusahaan asuransi pionir yang menyediakan hospital cash plan.

Salah satu produknya yang saya baca adalah CIGNA PROTEKSI SEHAT, yang memberikan

  • Manfaat Harian Perawatan Rumah Sakit jika tertanggung rawat inap di rumah sakit akibat sakit atau kecelakaan diberikan santunan mulai dari Rp300.000 hingga Rp1.500.000 per hari.
  • Manfaat Pembedahan yang dibayarkan berdasarkan tipe pembedahan kecil, sedang, besar atau khusus mulai dari Rp3.000.000 hingga Rp15.000.000 per kejadian

Syarat kepesertaan adalah usia minimum 21 tahun dengan masa pertanggungan dapat diperpanjang hingga usia 75 tahun untuk Tertanggung Utama dan Pasangan, dan usia 23 tahun untuk Tertanggung Anak.

Yang paling penting, produk ini adalah Guaranteed Acceptance, tanpa pertanyaan kesehatan dan medical check-up. Pasti diterima.

Premi bisa dibayar secara Bulanan, Kuartalan, Semesteran dan Tahunan.

Alamat dan Kontak:

Cigna @Tempo Pavilion 2, Jl. H.R. Rasuna Said Kav.10, Jakarta 12950; Telepon: 1-500-033; WhatsApp 0811 961 9500

#2 Asuransi Simas

Asuransi Sinar Mas memiliki simas sehat income yang memberikan:

  • Santunan Tunai Harian sampai dengan Rp 500.000,- per hari selama 365 hari
  • Santunan Pembedahan yang memberikan ganti biaya pembedahan hingga Rp.10.000.000,- per pembedahan.
  • Cash Bonus yang memberikan manfaat sampai Rp 500.000,- jika tidak terjadi klaim selama 12 (dua belas) bulan berturut – turut. 
  • Santunan Meninggal Dunia dan Cacat Tetap Akibat Kecelakaan sampai dengan Rp.100.000.000,-

Yang penting diperhatikan adalah adanya masa tunggu di Simas Sehat Income, yaitu mengecualikan penyakit yang timbul / terjadi selama :

(a) 30 Hari pertama sejak tanggal efektif Polis kecuali yang disebabkan oleh kecelakaan.

(b) 12 bulan pertama sejak tanggal efektif Polis untuk penyakit yang secara medis dinyatakan bersifat kronis (meskipun tidak disarasi sebelumnya) baru dapat dijamin jika terjadi setelah 12 bulan dari tanggal efektif Polis.

Di situs Simas, Anda bisa melakukan simulasi premi Simas Sehat Income ini untuk tahu berapa biaya premi yang harus dibayarkan sesuai dengan kondisi peserta.

Alamat dan Kontak:

PT Asuransi Sinar Mas, Plaza Simas, Jl. KH Fachrudin No. 18 Tanah Abang, Jakarta 10250, Telp. 021 3902141 (Hunting) dan Telp. 021 5050 9888 (Hunting); 24 Hour Customer Care yang dapat dihubungi di nomor (021) 235 67 888 / 5050 7888; WhatsApp 0881 1070 888.

#3 Asuransi Mandiri AXA

AXA Mandiri memiliki asuransi kesehatan AXA Hospital Plan yang memberikan santunan tunai harian untuk rawat inap dan ICU apabila sakit atau kecelakaan, serta santunan cacat tetap hingga kematian dan pemakaman apabila terjadi kecelakaan.

Proses pengajuan mudah, yaitu hanya perlu menjawab pertanyaan singkat terkait kesehatan tanpa harus melakukan medical check-up.

AXA hospital plan menawarkan perlindungan kesehatan pilihan sesuai dengan umur, dengan batasan usia adalah 17-60 tahun dengan masa pertanggungan asuransi adalah 1 tahun dan dapat diperpanjang (bayar premi untuk cover 1 tahun)

Minimum premi mulai dari IDR 108,333 per bulan. Sayangnya di website AXA Mandiri tidak tersedia keterangan soal premi dan manfaat.

Produk ini ditawarkan lewat Telemarketing.

Anda bisa pula mengirimkan nama, alamat dan no kontak yang tersedia di website AXA Mandiri untuk menanyakan lebih lanjut soal produk Mandiri AXA Hospital Plan

Alamat dan Kontak:

Customer Care Centre 1500 803 (Jiwa) dan 1500 733 (Umum)

#4 Asuransi BCA

Hospital 100% Refundable adalah asuransi kesehatan untuk nasabah BCA dari BCA Life yang memberikan penggantian biaya harian Kamar Rawat Inap, serta penggantian biaya harian Kamar Unit Perawatan Intensif di Rumah Sakit akibat sakit atau kecelakaan.

Hospital 100% Refundable juga memberikan tambahan manfaat Pengembalian Premi sampai dengan 200% untuk manfaat Meninggal Dunia serta Manfaat Tambahan yaitu pengembalian 100% premi yang telah dibayarkan dalam periode 10 tahun dan Polis masih berlaku, baik ada klaim maupun tidak ada klaim Rawat Inap.

Pembayaran Premi mulai dari Rp 109.000 per bulan, dengan pilihan pembayaran secara bulanan atau tahunan dengan autodebit dari Kartu Kredit BCA.

Saya coba ringkas premi dan manfaat BCA Hospital 100% Refundable dalam tabel ini (untuk detail semua premi bisa cek disini):

Premi per BulanManfaat Santunan per hari
Rp 119,000Rp 200.000
Rp 356,000Rp 600.000
Tabel Premi BCA Hospital Cash Plan

Produk ini dipasarkan melalui jalur telemarketing.

Alamat dan Kontak:

HALO BCA dengan nomor telepon: 1500888;; Kantor Pusat BCA Life dengan nomor telepon: 021-21888000.

#5 Asuransi Cimb Niaga

Asuransi CIMB Niaga X-Tra Medika menyediakan santunan harian rawat inap karena sakit dan kecelakaan hingga 100 hari/tahun sebesar maksimum Rp800.000, /hari dan jika masuk UGD santunan naik 2x lipat menjadi sebesar maksimum Rp1.600.000,/hari.

Ada no-claim bonus, yaitu pengembalian premi tanpa klaim (no claim bonus) sebesar 25% dari total premi yang dibayarkan setiap 3 tahun.

Premi mulai dari Rp42.000,-/bulan dengan premi dibedakan berdasarkan kelompok usia. Untuk mengetahui, ringkasan premi produk asuransi kesehatan harus menghubungi pihak Cimb Niaga atau datang ke cabang bank.

Pembayaran premi bisa bulanan atau tahunan dengan cara autodebit kartu kredit/rekening bank CIMB Niaga.

Alamat dan Kontak:

Customer Contact Center CIMB Sun Life, 021 5289 0018 atau 0800 189 0018; e-mail: customer.service@cimbsunlife.com

#6 Asuransi Bank Permata

Asuransi kesehatan Permata AVA iFamily Protection adalah asuransi jiwa dengan santunan harian rawat inap dan pengembalian 100% premi untuk keluarga.

Asuransi ini sebenarnya asuransi jiwa tetapi juga memberikan manfaat tambahan hospital cash plan, yaitu manfaat sebagai berikut:

  • 100% uang pertanggungan untuk meninggal dunia dan tambahan 100% uang pertanggungan untuk meninggal dunia karena kecelakaan
  • Santunan rawat harian hingga Rp3,5 juta dan santunan rawat harian ICU hingga Rp7 juta

Premi per orang mulai dari Rp500 ribu per tahun untuk santunan harian Rp 100 ribu per hari.

Saya meringkas premi dan manfaat Asuransi Permata AVA iFamily Protection, sebagai berikut (detilnya bisa lihat disini):

Premi per TahunManfaat Santunan per hari
Rp 500,000Rp 100,000
Rp 1,000,000Rp 300,000
Rp 9,000,000Rp 1,500,000
Tabel Premi Asuransi Permata AVA iFamily Protection

Alamat dan Kontak:

Hello Astra Life Center, E-mail : hello@astralife.co.id, Pondok Indah Office Tower 3, Lantai 1, Jl. Sultan Iskandar Muda Kav. V – TA, Pondok Indah, Jakarta Selatan 12310

#7 Asuransi Allianz

Allianz Dana Kesehatanku adalah asuransi kesehatan yang memberikan manfaat tunai dalam hal Anda Cidera atau Sakit dan menjalani Rawat Inap di Rumah Sakit dan Pembedahan, berlaku di seluruh dunia.

Manfaat Allianz Dana Kesehatanku adalah:

  • Santunan Tunai Harian Rawat Inap Rumah Sakit Rp 250,000/hari (maksimum 180 hari per tahun)
  • Santunan Biaya Pembedahan, per satu periode rawat inap 50% dari biaya pembedahan sebenarnya, maksimum hingga Rp 2,500,000

Premi adalah Rp 450,000 untuk usia 15 hari sd 59 tahun.

Premi per TahunManfaat Santunan per hari
Rp 250,000Rp 450,000
Tabel Premi Allianz Dana Kesehatanku

Pengecualian di asuransi kesehatan cash plan Allianz ini adalah tidak ada manfaat yang diberikan untuk Rawat Inap yang terjadi dalam 30 hari sejak tanggal efektif Polis, kecuali yang diakibatkan oleh Kecelakaan.

Disamping itu, sejumlah penyakit atau kejadian yang menyebkan kematian tidak akan dibayar manfaat klaimnya, yaitu: Penyakit atau luka yang telah ada Sebelumnya, Alkohol, Kehamilan, kelahiran, infertilitas, keguguran dan komplikasinya, Penyakit Menular Seksual, AIDS dan Gangguan kejiwaan dan psikologis.

Detil polisnya bisa Anda baca disini.

Alamat dan Kontak:

PT Asuransi Allianz Utama Indonesia, Allianz Tower, Jl. HR. Rasuna Said, Kawasan Kuningan Persada Super Blok 2, Jakarta Selatan 12980, Telp. +62 21 2926 9999,] Fax. +62 21 2926 9090 Email: feedback@allianz.co.id

Tips Memilih Hospital Cash Plan

Dari pengalaman mencari asuransi kesehatan cash plan, saya punya beberapa tips yang mungkin berguna untuk Anda yang ingin mengambil jenis asuransi ini.

A. Pahami Manfaat Cash Plan

Baca dan pahami manfaat cash plan. Anda harus tahu bahwa jenis asuransi ini membayar secara reimbursement dalam jumlah tertentu sesuai jumlah hari rawat inap.

Lihat tipe hospital cash plan yang ditawarkan masing – masing perusahaan asuransi karena bisa berbeda – beda.

Ada yang menanggung santunan harian selama 365 hari dalam setahun, tetapi ada juga yang hanya 180 hari dalam setahun.

Jangan berharap adanya hospital benefit, manfaat rawat inap seperti penggantian biaya kamar, biaya obat, layaknya asuransi kesehatan.

Karena itu, hospital cash plan lebih baik ditempatkan sebagai asuransi tambahan, bukan asuransi kesehatan utama.

B. Premi Max 10% dari Penghasilan

Meskipun punya asuransi itu penting dan menjadi salah satu pilar dalam rencana keuangan keluarga yang sehat, tetapi Anda juga wajib memperhatikan kemampuan keuangan untuk membayar premi asuransi.

Jangan sampai karena nafsu ingin asuransi terbaik, keuangan menajdi terganggu akibat membayar biaya premi yang kelewat mahal.

Panduan dari perencana keuangan maksimum total semua premi asuransi adalah 10% dari penghasilan per bulan.

Untuk bisa mendapatkan premi yang ekonomis Anda sebaiknya melihat manfaat yang diberikan asuransi.

Makin banyak manfaat, makin.mahal preminya.

Jika budget terbatas, fokus pada produk yang menawarkan manfaat yang Anda butuhkan saja.

C. Baca Ketentuan dan Polis Asuransi

Baca ketentuan dengan baik dan cermat karena tidak semua produk cash plan punya ketentuan yang sama.

Saya biasanya lihat dan cek klausul Pengeculian, misalnya ada asuransi yang baru bisa klaim setelah 30 hari polis terbit.

Ada asuransi yang tidak menerima klaim karena penyakit penyakit tertentu.

Mana yang ditanggung, mana yang tidak. Informasi itu penting diketahui dari baca polis asuransi.

Disamping itu, dari yang saya baca di polis, ada asuransi yang tidak memberikan 100% double-claim jika sudah menggunakan BPJS Kesehatan. Berikut ini pernyataan di klausulnya:

Manfaat Penggantian BPJS: Perusahaan akan membayarkan santunan harian apabila seluruh biaya rawat inap telah dibayar dengan menggunakan BPJS sesuai dengan plan yang dipilih maksimal 30 hari per tahun polis.

Artinya, meskipun secara polis bisa mengganti selama 365 hari dalam setahun, tetapi jika peserta asuransi sudah ikut BPJS Kesehatan maka maksimum hari penggantian turun ke max 30 hari dalam setahun.

Tidak semua asuransi cash plan menerapkan klausul ini. Banyak juga yang tidak.

Tetapi Anda harus memastikannya, satu – satunya cara, dengan baca polis asuransi.

Satu lagi contoh klausul di polis asuransi, baca berikut ini:

Polis ini tidak berlaku untuk segala jenis perawatan yang dialami Tertanggung yang disebabkan oleh hal-hal tercantum dibawah ini :

  • Rawat Inap atau Diagnosa untuk Kondisi yang Telah Ada Sebelumnya, atau
  • Kecelakaan akibat olahraga dan aktivitas berbahaya. Seperti: bungy jumping, mendaki gunung arung jeram, terjun payung, diving, balap mobil/motor dan lain – lain.
  • Kecelakaan akibat pelanggaran hukum. Seperti: kerusuhan, perkelahian atau tindakan yang dilakukan dengan sengaja dan/atau direncanakan.

Good news-nya, ada yang namanya Free Look Period.

Masa mempelajari Polis disebut Free Look Period selama 14 (empat belas) hari kalender terhitung sejak Pemegang Polis menerima dokumen Polis. Jika membatalkan polis dalam free look period tersebut, pembayaran premi dikembalikkan 100%.

Kebanyakkan asuransi cash plan ditawarkan via Telemarketing atau Bancassurance di kantor cabang bank, mungkin karena produknya dianggap simpel, tetapi seringkali banyak informasi yang tidak tersampaikan dengan lengkap.

Manfaatkan Free Look Period untuk menggali semua informasi di polis.

D. Pilih Perusahaan Asuransi Terpercaya

Bisnis asuransi menyangkut masa depan dan kepercayaan. Pemegang polis bayar hari ini, manfaat baru datang beberapa saat atau bahkan beberapa tahun kemudian.

Karena itu Anda wajib memilih perusahaan asuransi terpercaya yang solid dan punya track record yang bagus.

Supaya saat Anda melakukan klaim, perusahaan asuransi masih ada dan bisa memenuhi klaim sesuai ketentuan polis.

Di samping itu, tersedianya layanan 24 jam dari perusahaan asuransi penting. Karena kita bicara soal asuransi kesehatan yang butuh kecepatan dan tidak kenal waktu klaimnya.

E. Cara Temukan Cash Plan

Pengalaman saya waktu mencari hospital cash plan di masing – masing perusahaan agak tricky karena asuransi kerap tidak menulis produk asuransi hospital cash plan tetapi menggunakan bahasa promo atau iklan yang sering tidak terlalu jelas.

Tidak mudah menemukannya.

Kuncinya Anda harus lihat manfaatnya, ada tidak kata kata Santunan Harian untuk biaya rawat inap dan proses pengajuan serta klaim yang mudah.

Disamping itu ada perusahaan asuransi yang menempatkan hospital cash plan sebagai asuransi tambahan (rider) dari asuransi utama.

Jenis ini bukan yang saya cari. Kalau cash plan menjadi rider, sudah jelas premi menjadi mahal, karena Anda harus beli asuransi utama juga.

Saya ingin asuransi cash plan menjadi asuransi utama, bukan sebagai rider.

Asuransi Hospital Cash Plan

  1. Apa itu Asuransi Kesehatan Hospital Cash Plan

    Asuransi yang memberikan santunan harian selama rawat inap di rumah sakit

  2. Berapa premi asuransi hospital cash plan

    Preminya cukup terjangkau, bisa mulai dari Rp 100 ribu per bulan.

  3. Apakah klaim hospital cash plan mudah

    Secara umum mudah karena pemegang polis cukup membuktikan bahwa mereka di rawat inap di rumah sakit. “Pengecualian” untuk asuransi ini relatif sedikit.

  4. Apa bisa double-claim dengan BPJS atau asuransi kesehatan kantor

    Bisa, tapi harus cek polis lagi karena ada beberapa asuransi yang membatasi jumlah hari klaim jika sudah menggunakan BPJS.

  5. Apakah hospital cash plan sebaiknya jadi asuransi utama

    Jangan karena manfaatnya yang relatif terbatas, sebaiknya cash plan menjadi asuransi tambahan diluar BPJS Kesehatan atau asuransi kesehatan hospital benefit.

  6. Bagaimana mempelajari polis asuransi

    Harus dilakukan dan manfaatkan Free Look Period 14 hari sejak polis disetujui karena selama dalam free look period pembatalan asuransi, premi dikembalikkan 100%.

Kesimpulan

Biaya rawat inap masuk rumah sakit itu tidak murah. Perlu dipikirkan bagaimana mengatasi biaya rawat inap tersebut.

Kalau saya, memiliki asuransi BPJS Kesehatan itu wajib karena manfaatnya yang luar biasa, cashless, tanpa pre-existing dengan premi yang sangat ekonomis. Namun, BPJS Kesehatan saja tidak cukup karena berbagai alasan.

Mau ambil hospital benefit asuransi kesehatan mahal.

Dengan budget yang terbatas, salah satu solusinya adalah mengambil produk asuransi kesehatan hospital cash plan. yang preminya murah, klaimnya gampang, reimbursement bisa dipakai untuk segala hal dan bisa double-claim.

Bagikan Melalui

Artikel Terkait

3 Asuransi Kesehatan Keluarga Murni Terbaik (Ca...

June 15, 2020 2 Komentar

Asuransi kesehatan keluarga adalah bagian penting dalam perencanaan keuangan keluarga yang sehat.... Baca Lagi

asuransi perjalanan

5 Asuransi Perjalanan Terbaik (Beli Online, Pre...

January 20, 2020 0 Komentar

Asuransi perjalanan adalah proteksi penting dalam travelling jalan – jalan dan menjadi syar... Baca Lagi

Asuransi Perjalanan Travelola Protect

7 Alasan Klaim Asuransi Perjalanan ke Luar Nege...

January 16, 2020 0 Komentar

Waktu liburan baru saja telah berakhir, menikmati masa liburan yang panjang tentu akan memberimu ... Baca Lagi

Pengalaman Asuransi Melahirkan Kehamilan Indivi...

October 7, 2019 1 Komentar

Asuransi melahirkan dan kehamilan adalah asuransi kesehatan yang memberikan penggantian biaya unt... Baca Lagi

Pengalaman Cari Asuransi Mobil Terbaik 2019 (Pr...

July 8, 2019 1 Komentar

Asuransi mobil adalah asuransi yang memberikan manfaat proteksi kendaraan bermotor untuk kenyaman... Baca Lagi

Asuransi Kesehatan Syariah

5 Asuransi Kesehatan Syariah Terbaik 2019 (Prem...

May 8, 2019 2 Komentar

Asuransi kesehatan penting karena tingginya biaya berobat. Namun, mayoritas asuransi kesehatan di... Baca Lagi

Belum Ada Komentar

Tulis Komentar

Email Anda tidak akan di publish