Silakan masukkan kata kunci pada kolom pencarian

10 Asuransi Jiwa Terbaik di Indonesia (2022)

Daftar Isi

10 Asuransi Jiwa Terbaik di Indonesia (2022)

Penting kita tahu 10 asuransi jiwa terbaik di Indonesia.

Asuransi jiwa bicara soal kepercayaan dan kekuatan keuangan perusahaan yang akan membayar klaim nantinya. Karena itu kita harus bisa memilih perusahaan asuransi terbaik dan terpercaya.

Dari penelusuran berdasarkan jumlah aset perusahaan, jumlah agent, keragaman produk serta tingkat kepopuleran di masyarakat, kami menemukan ke 10 perusahaan asuransi jiwa.

Daftar asuransi jiwa terbaik dan terpercaya di Indonesia adalah:

1. Prudential Indonesia

Didirikan pada tahun 1995, PT Prudential Life Assurance (Prudential Indonesia) merupakan bagian dari Prudential plc, sebuah grup perusahaan jasa keuangan terkemuka di Inggris. Sebagai bagian dari Grup yang berpengalaman lebih dari 168 tahun di industri asuransi jiwa, Prudential Indonesia memiliki komitmen untuk mengembangkan bisnisnya di Indonesia.

Kiprah Prudential Indonesia tergolong sangat baik, terutama dengan hadirnya produk perlindungan finansial plus investasi yaitu unit link pada tahun 1999. Dan pada tahun 2007, Prudential memberikan layanan asuransi berbasis syariah yang membawa produknya mudah dilirik dan diterima oleh masyarakat.

Hingga 31 Desember 2021, Prudential Indonesia memiliki kantor pusat di Jakarta dengan 6 kantor pemasaran di Bandung, Semarang, Surabaya, Denpasar, Medan, dan Batam serta 361 Kantor Pemasaran Mandiri (KPM) di seluruh Indonesia. Sampai akhir 2021, Prudential Indonesia melayani 2,5 juta tertanggung yang didukung oleh lebih dari 172.000 Tenaga Pemasar berlisensi.

Prudential Indonesia terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

2. Allianz

Allianz memulai bisnisnya di Indonesia dengan membuka kantor perwakilan di tahun 1981. Pada tahun 1989, Allianz mendirikan PT Asuransi Allianz Utama Indonesia, perusahaan asuransi umum.

Kemudian, Allianz memasuki bisnis asuransi jiwa, kesehatan dan dana pensiun dengan mendirikan PT Asuransi Allianz Life Indonesia di tahun 1996. Di tahun 2006, Allianz Utama dan Allianz Life memulai bisnis asuransi syariah.

Kini, Allianz Indonesia didukung oleh lebih dari 1.000 karyawan dan lebih dari 40.000 tenaga pemasar serta ditunjang oleh jaringan mitra perbankan dan mitra distribusi lainnya untuk melayani lebih dari 10 juta tertanggung di Indonesia.

Allianz Group adalah perusahaan asuransi dan manajer aset terkemuka di dunia dengan lebih dari 126 juta nasabah personal dan perusahaan. Nasabah Allianz mendapatkan manfaat dari berbagai layanan asuransi personal dan perusahaan, mulai dari asuransi properti, jiwa dan kesehatan sampai layanan bantuan asuransi kredit dan asuransi bisnis secara global.

Allianz Indonesia terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

3. Manulife

Didirikan pada tahun 1985, PT Asuransi Jiwa Manulife Indonesia (Manulife Indonesia) merupakan bagian dari Manulife Financial Corporation, grup penyedia layanan keuangan dari Kanada yang beroperasi di Asia, Kanada dan Amerika Serikat.

Manulife Indonesia menawarkan beragam layanan keuangan termasuk asuransi jiwa, asuransi kecelakaan dan kesehatan, layanan investasi dan dana pensiun kepada konsumen individu maupun pelaku usaha di Indonesia.

Melalui jaringan dengan jumlah hampir mencapai 11.000 karyawan dan tenaga pemasar profesional yang tersebar di lebih dari 30 kantor pemasaran, Manulife Indonesia melayani sekitar 2 juta nasabah di Indonesia.

Manulife Financial Corporation adalah penyedia jasa keuangan internasional terkemuka yang membantu masyarakat membuat keputusan mereka lebih mudah dan hidup lebih baik.

Melalui kantor pusat global di Toronto, Kanada, Manulife menyediakan advis finansial keuangan dan asuransi, beroperasi sebagai Manulife di Kanada, Asia, dan Eropa, dan terutama sebagai John Hancock di Amerika Serikat.

Melalui Manulife Investment Management, merek global untuk segmen manajemen kekayaan dan aset global kami, kami melayani individu, institusi, dan program pensiun di seluruh dunia. Kami beroperasi di Asia dan Kanada, dan Amerika Serikat, di mana kami telah melayani nasabah selama lebih dari 155 tahun. Kami diperdagangkan dengan simbol ‘MFC’ di bursa Toronto, New York, dan Filipina serta dibawah ‘945’ di Hong Kong. Pada 12 bulan terakhir kami telah membayar klaim sebesar CAD$31.8 miliar kepada nasabah kami.

PT Asuransi Jiwa Manulife Indonesia terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

4. AXA Mandiri

Perusahaan yang telah berdiri sejak tahun 1991 ini memiliki nama asli AXA Mandiri Financial Services.

AXA Mandiri merupakan perusahaan asuransi yang memberikan layanan produk asuransi jiwa, kesehatan, penyakit kritis properti, dana pensiun dan hari tua, serta pendidikan. Produk dari asuransi ini cukup beragam yang disesuaikan dengan kebutuhan masyarakat.

Bidang Usaha AXA Mandiri saat ini secara umum menawarkan beberapa kategori solusi bagi nasabah Bank Mandiri dan Bank Syariah Indonesia, yaitu:

  1. Menyediakan produk asuransi unit link yang memberikan manfaat perlindungan asuransi jiwa dan investasi.
  2. Menyediakan produk asuransi tradisional yang memberikan manfaat proteksi untuk pertanggungan jiwa atau kesehatan.
  3. Menyediakan perlindungan asuransi bagi nasabah pemegang kartu kredit, nasabah tabungan, nasabah consumer loan serta nasabah kredit mikro Bank Mandiri dan perusahaan anak Bank Mandiri.
  4. Menyediakan produk asuransi Corporate Solution bagi karyawan perusahaan.
  5. Menyediakan solusi perlindungan yang komprehensif bagi nasabah Bank Mandiri Group untuk memenuhi kebutuhan proteksi, kesehatan, pendidikan, penyakit kritis dan dana hari tua.

PT Asuransi Jiwa AXA Mandiri terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

5. AIA Financial

PT AIA FINANCIAL (“AIA”) merupakan salah satu perusahaan asuransi jiwa terkemuka di Indonesia dan merupakan perusahaan asuransi jiwa yang terdaftar di dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan. AIA di Indonesia merupakan anak perusahaan AIA Group.

AIA menawarkan berbagai produk asuransi, termasuk asuransi dengan prinsip Syariah, yang meliputi asuransi jiwa, asuransi kesehatan, asuransi kecelakaan diri, asuransi yang dikaitkan dengan investasi, program kesejahteraan karyawan, dan program Dana Pensiun (DPLK).

Produk-produk tersebut dipasarkan oleh lebih dari 6.000 tenaga penjual berpengalaman dan profesional melalui beragam jalur distribusi seperti keagenan, Bancassurance dan Corporate Solutions (Pension & Employee Benefits).

Beberapa produk asuransi jiwa dari AIA Financial antara lain AIA Power Pro Life, AIA Proteksi Prima Plus, AIA Protection Income Plan, AIA Proterm Protection, AIA Critical Protection, AIA Prolink Assurance, AIA Priority Plus Assurance, AIA Infinite Plus Assurance, AIA Sakinah Assurance, AIA Family Protection, serta AIA Infinite Link Assurance.

AIA Group Limited dan anak perusahaannya (secara bersama-sama disebut sebagai “AIA” atau “Group”) merupakan kelompok perusahaan asuransi jiwa pan-Asia independen terbesar di dunia yang tercatat di bursa saham. AIA Group Limited memiliki anak perusahaan dan cabang yang beroperasi di 18 pasar di Asia Pasifik, yaitu Hong Kong, Thailand, Singapura, Malaysia, Tiongkok, Korea, Filipina, Australia, Indonesia, Taiwan, Vietnam, Selandia Baru, Makau, Brunei, Kamboja, Myanmar, Sri Lanka, dan 49 persen kepemilikan saham usaha gabungan di India.

PT Asuransi Jiwa AIA Indonesia terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

6. Asuransi Simas Jiwa

Asuransi Simas Jiwa atau dikenal dengan Asuransi Sinar Mas merupakan anak perusahaan Sinar Mas Group yang bergerak di bidang ekonomi dan keuangan. Perusahaan ini didirikan pada tahun 1985 dengan nama PT Asuransi Kerugian Sinar Mas Dipta, yang kemudian diubah menjadi PT Asuransi Sinar Mas pada tahun 1991.

Awalnya Asuransi Sinar Mas dikenal sebagai perusahaan asuransi umum, namun kedepannya membentuk unit asuransi khusus untuk kesehatan, jiwa, pendidikan, serta dana pensiun. Perusahaan ini juga bekerja sama dengan perusahaan asuransi Jepang yaitu Sumitomo Insurance untuk memperkuat jaringan dan modal.

Asuransi jiwa Sinarmas terdiri dari 4 jenis produk yaitu asuransi jiwa individu, asuransi jiwa kumpulan, asuransi jiwa syariah, serta asuransi kesehatan. Contoh asuransi jiwa individu antara lain Smart Investa Link, Simas Maxi Pro SiJi Fixed Link, Simas Protection Complete, Simas Jiwa Smart Save, Simas Jiwa Legacy, Simas Dana Pasti, dan Simas 1 Link. Contoh asuransi jiwa kumpulan antara lain DPLK, Asuransi Jiwa Kredit, Asuransi Natural Death, Asuransi Jiwa Tabungan, Asuransi Group Term Life, dan Asuransi Group Personal Accident. Sedangkan contoh asuransi jiwa syariah antara lain Simas Investa Link Syariah, Simas Maxi Pro Syariah. Terakhir, asuransi kesehatan Sinarmas meliputi Simas Complete Care dan Simas Demam Berdarah.

PT Asuransi Jiwa Sinarmas terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

7. BCA Life

BCA Life adalah satu-satunya anak usaha Grup BCA yang memberikan layanan asuransi jiwa kepada seluruh masyarakat Indonesia. Saham BCA Life dimiliki oleh PT Bank Central Asia, Tbk. (BCA) dan individu.

Dalam memberikan perlindungan kepada masyarakat, BCA Life akan senantiasa berusaha untuk memberikan layanan terbaik kepada para nasabah.

BCA Life berfokus pada 3 layanan asuransi jiwa, yaitu asuransi perlindungan (protection), asuransi plus tabungan (saving) dan asuransi kesehatan (health) melalui jalur telemarketing, bancassurance, corporate solution, credit life, digital marketing, dan keagenan. Kami berkomitmen untuk membangun produk asuransi yang inovatif sesuai dengan kebutuhan masyarakat.

PT Asuransi Jiwa BCA (BCA Life) mendapat izin pendirian dan operasional dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK) pada tanggal 14 Juli 2014 berdasarkan Keputusan Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan Nomor: Kep-91/D.05/2014 Tentang Pemberian Izin Usaha di Bidang Asuransi Jiwa.

8. Sequis Life

PT Asuransi Jiwa Sequis Life (Sequis Life) berdiri tahun 1984 dengan nama PT Universal Life Indonesia (ULINDO) di bawah naungan Gunung Sewu yang kemudian berubah menjadi Sewu New York Life (NYL) pada tahun 1992.

Pada tahun 2003 seluruh saham NYL diakuisisi dan perusahaan mengganti namanya menjadi Sequis Life yang berfokus untuk melayani nasabah individu dan kumpulan melalui jalur distribusi keagenan dan digital yang menawarkan beragam produk inovatif mencakup asuransi jiwa dan kesehatan.

Hingga akhir 2021 Sequis Life memiliki total aset sebesar Rp19,2 triliun, lebih dari 330.000 jumlah polis, serta didukung oleh lebih dari 9.500 tenaga pemasar professional.

Salah satu keunggulan dari Sequis Life adalah biaya premi yang ditawarkan cukup terjangkau, yaitu mulai dari Rp75 ribu per bulan saja. Namun asuransi ini juga masih memiliki kekurangan, yaitu jumlah rumah sakit rekanan masih terbatas sehingga cukup menyulitkan nasabah di daerah.

PT Asuransi Jiwa Sequis Life berizin dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan.

9. Generali

PT Asuransi Jiwa Generali Indonesia adalah bagian dari Generali Group, yaitu sebuah perusahaan yang didirikan pada tahun 1831 di Trieste, Italia. Saat ini, Generali Group sudah menjadi salah satu perusahaan asuransi jiwa terbesar di Eropa dan sudah dipercaya sebagai penyedia jasa asuransi yang terkemuka.

Generali berhasil menjadi pemain utama industri asuransi jiwa dan investasi di Indonesia dengan strategi bisnis yang terdefinisi secara jelas.

Didukung oleh lebih dari 11.000 agen pemasar dan kantor agen di seluruh penjuru Indonesia, Generali berfokus pada beberapa langkah seperti:

Dengan pelanggan sebagai fokus utama, Generali menyediakan produk sesuai dengan kebutuhan finansial pelanggan. Bukan hanya kebutuhan saja, kemudahan bagi pelanggan juga merupakan kunci utama pelayanan kami.

Hal ini terbukti dengan adanya layanan-layanan digital seperti iSERVICES, iCONNECT, dan iCLICK. Generali Indonesia juga dengan bangga memperkenalkan ARMS (Auto Risks Management System), yaitu sistem manajemen risiko otomatis yang diciptakan oleh anak bangsa guna membantu kebutuhan finansial nasabah.

10. Zurich

Berkantor pusat di Jakarta, ZTL merupakan bagian dari Zurich Group yang memperluas usahanya di industri asuransi jiwa Indonesia sejak November 2010. Sebagian besar saham ZTL dimiliki oleh Zurich Insurance Company Ltd. dan sebagian lagi dimiliki oleh PT Mayapada Prasetya Prakarsa sebagai mitra lokal.

PT Zurich Topas Life memiliki izin usaha di bidang asuransi jiwa berdasarkan Surat Keputusan Menteri Keuangan Indonesia Nomor: KEP-1124/KM.11/1986 tanggal 11 Oktober 1986 juncto Surat Menteri Keuangan S-927/MK.10/2009 tanggal 12 Juni 2009 juncto Surat Menteri Keuangan Nomor: 426/KMK.06/20C3.

Strategi multi-distribusi ZTL menyediakan nasabah beragam pilihan untuk mendapatkan produk - produk asuransi dari ZTL sekaligus menjadikan kehadiran kami lebih bermakna untuk melayani beragam segmen nasabah.

ZTL memiliki tenaga pemasar yang profesional dan didukung mitra bank berkualitas yang mengerti akan kebutuhan nasabah. Mereka memberikan solusi yang tepat sesuai dengan kebutuhan setiap individu di setiap masa kehidupannya melalui produk perlindungan dan perencanaan keuangan yang komprehensif.

Didukung oleh Zurich Group yang memiliki kekuatan keuangan yang solid serta para ahli global di dunia asuransi, ZTL berkomitmen untuk menjadi perusahaan asuransi jiwa terbaik di Indonesia untuk nasabah, karyawan, pemegang saham dan mitra bisnis.

PT Zurich Topas Life merupakan perusahaan asuransi jiwa yang terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan.

Bagikan Melalui

Daftar Isi

Berlangganan Duwitmu

Komentar (0 Komentar)

Tulis Komentar - Balasan untuk Tito Shadam

Email Anda tidak akan di publish

Batalkan Membalas

Captcha Wajib Diisi

Artikel Terkait