Advertisements

Instagram Marketing – Cara Mencari Uang dari Internet untuk Usaha Kecil

Advertisements

Instagram marketing adalah keahlian cara mencari uang dari internet yang wajib pelaku bisnis usaha kecil kuasai di era serba online saat ini. Bagaimana panduan pemasaran instagram untuk jualan dan promo bisnis usaha kecil ? Kami membuat panduan menjalankan instagram marketing sebagai cara mencari penghasilan dari internet untuk pelaku usaha kecil.

Kenapa harus Instagram ?

Itu pertanyaan yang muncul di benak saya saat membaca banyak ahli pemasaran digital menyarankan pemilik usaha untuk melakukan Instagram marketing.

Instagram adalah adalah sosial media dengan pertumbuhan pengguna paling cepat saat ini dan memiliki engagement rate pengunjung (metrik krusial di social media) paling tinggi, yang membantu banyak brand untuk tumbuh dan berkembang.

Bagaimana cara melakukan pemasaran di Instagram, khususnya buat bisnis usaha kecil dengan segala keterbatasannya ?

Saya mengumpulkan tips panduan Instagram Marketing yang praktis dan mudah dijalankan untuk usaha kecil dari pengalaman dan referensi di berbagai literatur.

Advertisements

Sebelum membahas tips tersebut, satu hal yang ingin saya tekankan adalah Instagram merupakan platform sosial media yang sangat cocok buat usaha kecil yang secara uang terbatas, sumber daya sedikit, dan pengalaman belum banyak, untuk mencari uang secara online dari internet.

Instagram

Instagram – The Most Populer Social Media Platform Today !

Apa itu Instagram ?

Instagram (IG) adalah sosial media yang menyediakan platform buat pengguna membagikan foto serta video secara gratis.

Visual adalah cara Instagram menyampaikan pesan – “picture speaks a thousand words”.

Advertisements

Saat ini Facebook adalah sosial media dengan pengguna paling besar, namun pertumbuhan pengguna FB mengalami perlambatan dan cenderung stagnan dibandingkan IG.

Indonesia adalah negara dimana masyarakatnya sangat menyukai penyampaian pesan secara visual.

Tidak heran, jumlah pengguna Instagram di Indonesia mencapai 100 juta-an lebih dan tumbuh paling cepat diantara negara – negara lain di dunia.

Anda bisa memanfaatkan Instagram untuk melakukan promosi secara visual dengan efektif.

Kenapa IG Cocok untuk Usaha Kecil

Ada beberapa alasan, saya melihat bahwa buat Anda pengusaha kecil yang baru merintis bisnis, ingin cari uang dari internet, IG cocok sekali sebagai platform untuk promosi dan jualan.

  1. Instagram adalah platform sosial media paling hit di Indonesia saat ini. Jumlah penggunanya tumbuh amat cepat, sangat populer di kalangan milineal (hampir semua anak millineal urban punya akun IG) dan merupakan platform visual (foto dan video) yang cocok dengan masyarakat indonesia yang lebih gemar visual dibandingkan baca.
  2. Instagram itu Gratis ! Tidak ada biaya untuk bergabung dengan platform sosmed ini, Anda hanya perlu smartphone dan paket data untuk bisa bergabung dan punya akun IG.
  3. Set-Up akun IG sangat mudah. Anda pasti bisa membuat akun IG, sangat mudah, tidak butuh keahlian khusus.
  4. Instagram terintegrasi dengan Facebook dan (mungkin nanti) dengan Whattsapp. Kita semua tahu bahwa IG adalah milik FB dan keduanya terintegrasi, kampanye di satu platform bisa terhubung ke platform lain, sehingga kampanye marketing bisa lebih efektif dan cost-efficient.

Dengan alasan diatas, Anda pengusaha kecil tidak ada alasan untuk tidak mencoba dan memanfaatkan IG sebagai alat untuk promosi dan jualan produk, cari uang dari internet.

Untuk bisa berhasil, Anda perlu paham apa itu Marketing Instagram agar pemasaran dengan platform ini menjadi efektif dan efisien.

Apa Itu Marketing Instagram

Instagram marketing adalah metode pemasaran yang Anda lakukan melalui Instagram untuk tujuan promosi serta edukasi untuk meningkatkan penjualan produk usaha dan bisnis Anda.

Medium Instagram memiliki karakter, cara kerja dan fitur yang berbeda dengan media lainnya karena itu Anda perlu pelajari soal cara kerja platform ini.

Langkah awal adalah gunakan akun bisnis – business account – di Instagram. Akun bisnis memberikan banyak fitur untuk tracking serta tools analytic untuk menganalisa followers serta memantau kinerja brand Anda secara online di social media ini.

Pastikan juga bahwa IG bio mencantumkan dengan jelas siapa Anda dan info penting lainnya, seperti website, alamat dan no kontak (jika dibutuhkan), serta yang tidak kalah penting adalah Call To Action.

Bagaimana produk yang Anda miliki bisa menjangkau lebih banyak pengguna Instagram ?

Salah satunya penting memahami cara kerja Algo Instagram.

Instagram Algoritma, Kenapa Penting !

Algoritma menjadi ‘otak’ dibelakang Instagram yang penting dengan bisnis Anda.

Ada 3 kunci Algo Instagram yang perlu Anda pahami, yaitu:

  1. Engagement: Semakin banyak orang berinteraksi dengan posting IG dengan memberikan komentar, like, share maka posting Anda akan punya ranking lebih baik di beranda IG.
  2. Speed of engagement: semakin banyak interaksi bagus, tetapi semakin cepat interaksi terjadi, ditunjukkan oleh banyaknya share, likes atau comments, akan lebih baik lagi.
  3. Recency: posting terbaru lebih baik dimata algo IG dibandingkan posting lama, yang membuat postingan baru akan lebih mudah dilihat.

Dengan mengetahui, algoritma tersebut Anda jadi tahu hal – hal yang harus menjadi prioritas dan harus dikerjakan dalam strategi pemasaran lewat IG.

Bagaimana meningkatkan engagement pengunjung akun IG Anda, yang Anda bisa lakukan dengan beberapa cara saat post, yaitu:

  • Membuat kontes atau kuiz campaign di post dengan hadiah tertentu dengan syarat pengunjung harus memberikan komentar, share atau likes
  • Membuat pertanyaan menggelitik di post Instagram ketika posting , sehingga pengunjung terpicu memberikan komentar
  • Post di jam online ramai pengunjung akun Anda. Info soal ini bisa Anda peroleh dari hasil analitik di Instagram, tersedia secara gratis untuk akun bisnis.
  • Jawab komentar – komentar yang muncul di IG. Perlu sekali untuk membangun ‘conversation’ dengan follower-nya.

Cara Menambah Followers

Cara promosi paling efektif di social media ini adalah dengan menambah followers di Instagram.

Apa itu followers ?

Mereka ini adalah pengguna yang mengikuti akun Instagram Anda dan setiap kali Anda melakukan update maka update tersebut otomatis muncul di beranda followers Anda.

Semakin banyak followers akun IG Anda, semakin besar kemungkinan promosi mempunyai daya jangkau yang lebih jauh.

Bagaimana cara menambah followers ?

Ada cara dengan beli followers dan ada dengan cara organik followers.

Beli adalah cara cepat untuk meningkatkan followers, tetapi biasanya kualitas followers tidak akan bagus.

Anda bisa lakukan eksperimen dengan beli (dalam jumlah kecil), lalu lihat followers yang dibeli tersebut bagaimana profilnya. Anda kemungkinan akan kecewa karena kualitas dan profil followers hasil beli tersebut.

Organik, pastinya punya kualitas lebih baik, karena penambahan berlangsung secara alamiah.

Hanya saja, semua orang tahu, cara organik tidak mudah dan membutuhkan waktu serta sumber daya yang tidak sedikit.

Perlu strategi yang tepat dalam menambah followers secara organik, yaitu:

#1 Update Konten Berkualitas Rutin

At the end of the day, content is the King.

Dengan konten yang bagus, akun Anda akan dengan sendirinya dishare oleh banyak orang.

Selain membuat konten yang menarik, kita juga harus konsisten posting. Buat apa memiliki konten menarik kalau jarang posting.

#2 Gunakan Hashtag dalam Posting

Dalam membuat sebuah postingan, kita sebaiknya menambahkan hastag atau tagar, yang membantu Anda untuk menambah follower. Postingan kita akan dikelompokkan oleh IG berdasarkan hastag yang kita gunakan.

Dan hashtag adalah ‘kata kunci’ yang digunakan pengunjung saat mencari konten di IG.

Bagaimana membuat hashtag, nanti saya bahas terpisah.

#3 Akun IG Jangan Diprivat

Membuat privat akun IG berarti membuat orang tidak bisa melihat postingan. Orang harus menunggu untuk bisa dikonfirmasi.

Hal ini tentu akan memperlambat penambahan followerAnda.

Jika ingin penambahan follower lebih cepat maka sebaiknya akun tidak diprivat.

#4 Buat Caption Menarik

Buat caption menarik, yang bisa membuat orang follow akun kita. Membuat caption yang lucu, bijak, atau interaktif akan membuat orang tertarik untuk follow.

Bahkan tidak sedikit follower yang repost caption kita. Bagaimana membuat caption, nanti saya bahas terpisah.

#5 Interaksi dengan Followers

Ini wajib membangun interaksi dan relasi dengan orang yang mengomentari postingan bisa membuat orang tertarik follow IG kita. Jika ada yang mengomentari sebuah postingan, maka jangan sampai Anda tidak membalas.

Komentar tersebut Anda harus balas atau minimal beri like jika Anda tidak bisa membalas komentar.

#6 Cross-Postings

Hubungkan Akun IG dengan Akun Sosmed Lain – cross postings.

Untuk menjangkau lebih banyak orang, kita bisa mengintegrasikan akun IG dengan akun media sosial lain seperti Facebook dan Twitter. Sehingga tiap ada postingan baru di IG, maka akan muncul juga di akun FB atau Twitter kita.

Tips Menulis Caption di Instagram

Caption #NKCTHI, Sangat Catchy !

Dalam setiap foto atau video yang Anda pasang di IG, Anda bisa menuliskan komentar atau disebut sebagai ‘caption’.

Caption menjadi penting. Setelah gambar atau video, pengunjung akan melihat caption untuk membaca, merenung dan kemudian terpicu memberikan komentar atau likes atau membagikan postingan Anda.

Tapi yang lebih penting juga adalah caption membantu Anda menempatkan CTA – Call To Action – yang mendorong terjadinya konversi, misalnya pembelian atau pendaftaran.

Karena pentingnya itu, Anda harus memikirkan dengan cermat, bagaimana menulis caption dengan menarik.

Contoh Caption Menarik #NKCTHI

Beberapa tips membuat caption adalah:

  • Tulis caption sesuai isi gambar atau video. Relevansi penting karena fungsi caption mendukung isi konten.
  • Menggunakan hashtag # tepat dalam jumlah proporsional dan jangan lupa gunakan hashtag brand Anda.
  • Tulis ‘Pertanyaan’ atau diskon untuk mendorong interaksi dengan followers.
  • Testimoni atau quotes adalah cara menyampaikan pesan yang menyentuh, tetapi pastikan relevan dengan konten.
  • Tuliskan Call To Action untuk mendorong terjadinya konversi dengan bisnis Anda, jika memungkinkan pancing dengan ‘sense of urgency’ atau ‘sense of action’
  • Kalimat awal di caption sangat penting sebab kalimat tersebut langsung terbaca pengunjung, sehingga upayakan pesan utama tertulis disini, sedangkan kalimat dibelakangnya harus dibaca dengan klik ‘more’.
  • Manfaatkan huruf besar, bold, kalimat dengan pertanyaan atau emojis untuk membantu Anda memberi penekanan pada kalimat dalam caption.
  • Penggal kalimat panjang dalam beberapa paragraf untuk tidak membuat lelah mata membaca kalimat panjang.

Cara Membuat Hashtag

Kenapa hashtag penting di Instagram ?

Ketika mencari informasi di IG, pengguna akan menggunakan hashtag tertentu untuk menemukan konten yang diinginkan. Hashtag bisa diibaratkan ‘keyword’ dalam pencarian di search engine.

Ketika menggunakan hashtag, post akun IG akan muncul di tiga tempat, yaitu: (1) Instagram feed posts; (2) Instagram stories dan (3) IGTV.

IG menampilkan hasil pencarian dengan hashtags dalam dua jendela, yaitu: posts populer (Top) dan post terkini (Recent). Yang muncul duluan adalah post populer, baru post terkini.

Advertisements

Meskipun bisa menempatkan sampai 30 hashtags untuk 1 posting, saran saya gunakan maksimum 15 sd 20 hashtags untuk membuat lebih efektif.

Bagaimana tips menggunakan hashtags?

  1. Hastah relevan dengan isi konten. Jangan membuat hashtag tidak berhubungan dengan foto atau video di IG
  2. Riset hashtag IG yang populer untuk konten Anda. Ada tools yang bisa Anda gunakan untuk mencari hasgtag populer.
  3. Tidak menggunakan hashtag berlebihan meskipun IG menyediakan sampai 30 hashtags. Karena jika berlebihan, posts dipenuhi hashtags, hal itu mengganggu user’s experience.
  4. Gunakan hashtag brand produk Anda. Jangan lupa untuk secara konsisten mempromosikan brand Anda via hashtag.

Kunci memilih hashtag yang tepat adalah pemahaman soal target segmen Anda. Apa yang mereka cari, apa kata kunci yang mereka gunakan dalam mencari sesuatu.

Related Post

Niscaya, dengan pemahaman yang baik, Anda bisa menggunakan hashtag yang paling relevan

Cara Jualan di Instagram

Sekarang sampai pada hal yang mungkin banyak orang tanyakan, bagaimana menggunakan Instagram untuk beriklan atau berjualan via Instagram ?

Berdasarkan pengalaman sendiri, kemudian belajar dari berbagai sumber serta mengamati kisah sukses yang berjualan di Instagram, beberapa tips buat usaha kecil untuk promosi dan jualan di platform sosmed ini, yaitu:

#1 Buat Akun Bisnis

Jangan menggabung akun pribadi dengan akun bisnis. Selain tujuannya berbeda, akun bisnis di IG punya kemampuan analitik yang lebih baik dibandingkan akun pribadi.

Di samping itu, akun biz membangun kredibilitas produk atau usaha Anda lebih kuat.

Membuat akun Instagram bisnis tidaklah sulit. Kunjungi menu setting di IG dan pilih “Switch to Business Account”.

Saat akan membuat akun bisnis Instagram, pastikan sebelumnya kalian sudah membuat akun Facebook dan fanpage Facebook terlebih dahulu. Itu karena keduanya akan dibutuhkan saat hendak membuat akun bisnis di Instagram.

#2 Target Audience Jelas

Siapa target pasar produk Anda ? Siapa yang Anda akan sasar di IG?

Salah satu teori pemasaran yang terkenal ampuh adalah STP – Segmentation, Targeting, Postioning. It’s all about target market.

Advertisements

Dengan target yang jelas, Anda bisa membangun konten di IG yang relevan dan sesuai dengan audience.

Fokus menjadi kata kunci dalam menyasar target pasar Anda.

Jumlah follower yang banyak bukan jaminan terjadi konversi penjualan jika target audience salah. Yang ada, Anda buang waktu, buang tenaga, tanpa hasil.

#3 Kuasai Tehnik Iklan Instagram

Ada berbagai cara dan teknik beriklan di Instagram yang perlu Anda pelajari dan kuasai. Tidak asal post konten lalu jualan.

Perubahan di marketing sosmed sangat cepat, ilmu dan pengetahuan di industri ini berubah secara kilat. Perlu mental untuk selalu belajar hal – hal baru.

Sekarang banyak orang menggunakan IG untuk jualan, kompetisinya makin ketat, maka perlu extra usaha untuk membangun promosi via platform ini.

Dalam bagian sebelumnya, saya singgung soal bagaimana menuliskan caption yang menarik, cara memilih hashtag yang tepat – itu ada caranya, ada tekniknya. Kemudian, IG juga terus berinovasi membuat fitur – fitur baru, contohnya, IG Story yang bisa digunakan untuk melakukan promosi secara efektif.

Semuanya perlu dipelajari dan siap – siapa ilmu yang baru dipahami usang dalam waktu singkat !

Good news-nya, di era digital sekarang, bahan untuk belajar, online learning, banyak tersedia dan seringkali gratis, yang dibutuhkan adalah kemauan belajar dan praktek.

#4 Bangun Follower

Anda perlu membangun basis follower. Lakukan secara organik, jangan beli.

Kenapa follower penting sekali ?

Karena mereka ini adalah target audiens yang paling potensial untuk melakukan konversi, untuk beli produk Anda.

Bagaimana pun juga, kalau mereka secara organik follow akun IG Anda, itu artinya mereka ada ketertarikkan terhadap akun Anda dan kemungkinan besar produk Anda.

Ada banyak strategi untuk membangun follower, misalnya update konten secara rutin, membangun interaksi, membuat konten dan lain-lain.

Salah satunya, yang saya lihat efektif adalah kolaborasi dengan akun – akun dengan follower banyak yang punya interest sama dengan akun Anda.

Intinya, membangun follower tidak bisa instan, perlu cara, usaha dan kolaborasi.

#5 Belajar dari Instagram

Perubahan di era digital saat ini sangat cepat. Satu atau dua tahun lalu, orang belum banyak menggunakan sosmed untuk marketing kampanye dan jualan, tetapi sekarang semua orang berlomba – lomba masuk ke platform dan melakukan promosi.

Anda perlu cepat mengikuti perubahan ini. Setiap waktu selalu ada metode, cara dan inovasi baru dalam beriklan.

Tapi, jangan khawatir.

Anda bisa belajar banyak dari posting orang di Instagram yang membagikan strategi, cara dan teknik soal bagaimana cara uang dari internet via Instagram.

Banyak hal yang saya tulis disini bersumber dari postingan banyak pihak di IG. Saya belajar banyak dari IG.

Penulis marketing top, Rhenald Kasali, menulis dalam bukunya, bahwa sekarang ini adalah era berbagi, sharing economy. Semua orang saling berbagi ilmu dan keahlian mereka, secara gratis dan mudah untuk diakses.

Anda wajib rajin meriset dan mengikuti trend di IG soal perkembangan Instagram Marketing, jika Anda tidak ingin ketinggalan trend.

Belajar dari Kaloka Pottery

Kaloka Pottery Instagram

Jika Anda tertarik belajar soal Instagram Marketing, bisa lihat keberhasilan Kaloka Pottery.

Beberapa waktu lalu di akun IG resmi Instagram menampilkan berita sejumlah akun yang sukses menggunakan platform sosmed dalam membangun usaha mereka.

Tentu saja, akun ini adalah pilihan, the selected ones !, yang punya keunikan tersendiri – bagaimana pun juga mereka muncul di akun IG resmi milik Instagram.

Salah satunya, yang menarik perhatian saya, adalah cerita soal Kaloka Pottery dari Yogyakarta Indonesia – sukses brand Kaloka promosi produk keramik via IG dan mendunia going global !

Order Kaloka datang dari berbagai belahan dunia, tidak mengenal batas, Anda bisa lihat di IG Kaloka.

Saya kebetulan pernah berkunjung ke workshop Kaloka di tengah kota Yogya yang padat, melihat secara langsung proses kreasi dan produksi Kaloka dalam membuat keramik.

Sejak kunjungan itu, saya mengikuti IG Kaloka dan sesekali memperhatikan bagaimana promosi dan strategi marketing brand ini.

Yang membuat saya amaze, sambil hampir tidak percaya, adalah Kaloka membangun promosi dan word of mouth murni lewat Instagram Marketing. Tidak ada web, tidak ada toko – purely IG dan semua itu gratis (anyway – IG kan free platform).

Advertisements

Ini adalah metode marketing word of mouth zaman milineals – amazing !

Anda bisa masuk ke IG Kaloka dan menyaksikan bagaimana brand ini tumbuh dan berkembang sampai mendunia seperti sekarang.

Beberapa hal yang menjadi catatan saya soal cara marketing promosi Kaloka di IG, yang bisa Anda jadikan bahan renungan, yaitu:

#1 Produk Super Menarik !

Evereything starts with the product !

Kaloka punya produk dengan karakter kuat dan unik yang memiliki kualitas design premium.

Karena pencinta kopi, saya kebetulan sering berkunjung ke banyak kedai kopi, terutama di Yogyakarta dan Jakarta. Saya perhatikan bahwa cangkir kopi produksi Kaloka terlihat stand-out dan unik diantara yang lain.

#2 Konten Berkualitas

Postingan dibuat dengan persiapan matang, sehingga yang muncul di beranda instagram mereka selalu menarik dan membuat orang menjadi ingin tahu.

Caption ditulis dengan hati – penuh ‘roso’ kalau orang Jawa bilang – disesuaikan dengan konten dan pesan yang ingin disampaikan.

Saya sempat berbincang dengan Bu Kika – pemilik Kaloka – beliau bilang bahwa mereka membuat rencana konten yang matang sebelum suatu konten post ditampilkan dalam akun IG .

Di samping post, salah satu update yang paling sering Kaloka lakukan adalah lewat Instagram Story – fitur ini sangat membantu karena bersifat sangat interaktif.

Ada banyak teknik mempost di IG story yang digunakan oleh Kalola. Engagement dengan audience diaduk-aduk dengan IG story.

#3 Kolaborasi Konsumen

Kaloka memanfaatkan konsumen mereka untuk ikut memposting produk mereka dalam berbagai kesempatan.

Saya lihat, pembeli Kaloka yang merupakan coffee shop (yang kebetulan sedang booming di Yogya) banyak yang memposting dalam IG mereka aksi menyajikan minuman kopi, tentu saja, dengan cangkir dari Kaloka.

Posting oleh konsumen Kaloka ini dilakukan secara organik.

Saya amati karena produk Kaloka itu cool, keren, konsumen dengan sendirinya ingin menunjukkan ke follower mereka how cool they are !

Postingan para konsumen ini yang kemudian di re-share oleh Kaloka di akun IG-nya.

#4 Adakan Kontes

Untuk memancing interaksi dengan followers, menambah followers, serta membangun brand awareness, IG Kaloka sering melakukan posts kuiz serta kontes yang memberikan hadiah kepada pemenang.

Followers diminta membagikan postingan Kaloka di IG mereka sebagai salah satu syarat ikut dalam kuiz. Cara ini ampuh menarik followers baru.

Tanya Jawab

  1. Apa itu Instagram Marketing

    Cara melakukan pemasaran melalui Instagram.

  2. Kenapa Instagram

    Instagaram adalah platform sosial media paling hit saat ini. Instagram menggunakan visual untuk menyampaikan pesan, yang cocok sekali dengan masyarakat Indonesia yang menyukai penyampaian pesan secara visual.

  3. Apakah usaha bisnis kecil bisa memanfaatkan Instagram

    Bisa sekali. Bahkan platform ini cocok buat usaha kecil karena mudah dioperasikan, gratis dan punya jangkauan luas.

  4. Apa kunci sukses promosi dan jualan lewat Instagram

    Ada banyak faktor. Tetapi faktor paling utama adalah pemahaman soal audience atau target market dan membangun konten yang sesuai dengan needs target market.

  5. Apakah ada kisah sukses usaha kecil yang berkembang mendunia via Instagram

    Ada. Kaloka Pottery dari Yogya yang sukses menjual keramik ke seluruh dunia lewat promo di Instagram.

Kesimpulan

Instagram marketing adalah cara komunikasi zaman millineals. Menguasai skill ini, Anda bisa cara uang dari internet dengan relatif cepat, khususnya untuk usaha kecil yang punya banyak keterbatasan sumber daya.

Satu hal yang penting adalah Anda harus berani mencoba dan melakukan eksperimen. Dari hasil mencoba, Anda belajar, mana yang works, mana yang tidak works.

Selamat Mencoba !

Advertisements