Silakan masukkan kata kunci pada kolom pencarian

5+ Tools Instagram Terbaik Untuk Tingkatkan Kualitas Konten

  • Ditulis Oleh
  • Hanafi
  • 28 Februari 2022

Daftar Isi

5+ Tools Instagram Terbaik Untuk Tingkatkan Kualitas Konten

Sejumlah konten kreatif yang menarik banyak diunggah oleh pengguna Instagram. Selain menggunakan peralatan yang mendukung, mereka juga kerap menggunakan tools Instagram terbaik agar output-nya semakin outstanding.

Tapi, tahukah Anda tools apa saja yang Anda butuhkan untuk membuat konten, baik itu untuk kepentingan pribadi maupun bisnis? Artikel ini akan membahas beberapa tools terbaik yang bisa membantu Anda menaikkan jumlah followers.

Sebelum itu, mari cari tahu terlebih dahulu alasan di balik pentingnya menggunakan tools di Instagram.

Pentingkah Menggunakan Tools di Instagram?

Hal pertama yang perlu Anda catat yaitu Instagram menjadi platform sosial media dengan pengguna terbanyak ke-4 di dunia.

Sejak 2013 Instagram mengalami kenaikan jumlah pengguna secara signifikan dan stabil. Business of Apps melaporkan pada tahun 2020 Instagram memiliki 1,3 milyar pengguna.

Bahkan, Indonesia menempati urutan ke-4 pengguna Instagram tertinggi di dunia mencapai 85 juta orang.

Sementara itu, data dari Business of Apps juga menyebutkan bahwa pengguna terbanyak ada pada rentang usia 18-34 tahun dengan total 62.8%.

Dengan data tersebut, dapat ditarik kesimpulan bahwa Instagram sangat potensial untuk membantu perkembangan bisnis Anda. Tidak hanya itu saja, Anda dapat menampilkan personal branding dengan jangkauan audiens yang sangat luas.

Supaya target audiens tertarik, Anda harus membuat konten yang berkualitas. Salah satunya yakni dengan menggunakan tools Instagram terbaik yang dapat membantu “memoles” konten-konten tersebut.

Singkatnya, apabila audiens senang melihat konten Anda, maka besar kemungkinan mereka akan menjadi followers Anda.

Kemudian, bisnis Anda akan semakin dikenal oleh publik dan otomatis dapat meningkatkan omzet. Selain itu, Anda juga dapat membuka jasa endorsement apabila memiliki sudah memiliki jumlah followers yang tinggi.

Tools Instagram Terbaik

Instagram fokus menghadirkan foto dan video yang publik sukai dalam bentuk unggahan feed, story, IGTV, IG Live, reels, hingga fitur Shop.

Berikut ini daftar tools yang dapat membantu Anda mempercantik foto dan video di Instagram.

1. VSCO

VSCO merupakan aplikasi editing foto dan video dengan segudang filter yang bisa Anda gunakan. Mayoritas pengguna Instagram pun nampaknya tidak asing lagi dengan aplikasi yang satu ini.

VSCO pertama kali diinisiasi oleh Joel Flory dan Greg Lutze pada 2011, kemudian resmi rilis di tahun berikutnya. Pertumbuhan penggunanya sangat pesat mencapai lebih dari 2 juta orang pada tahun 2018 dan terus meningkat sampai sekarang.

Pada dasarnya, VSCO menawarkan fitur-fitur editing seperti aplikasi serupa. Namun, keunggulan aplikasi ini terletak pada pilihan filter yang bervariasi sebanyak lebih dari 200 filter yang bisa Anda modifikasi sendiri.

Setelah mengedit foto maupun video, Anda bisa menyimpan preset tersebut dan menggunakannya lagi untuk foto/video selanjutnya. Caranya, simpan preset tersebut, kemudian copy dan paste pada foto/video baru.

VSCO sangat cocok bagi Anda yang tidak terlalu mahir dalam editing. Pasalnya, aplikasi ini memang mudah digunakan dan tidak perlu keahlian khusus.

2. Snapseed

Apabila Anda ingin meluruskan foto yang kurang tegap, Anda dapat menggunakan aplikasi Snapseed untuk mengeditnya.

Snapseed mirip dengan VSCO, hanya saja fitur di aplikasi ini lebih lengkap. Selain filter dan tune image, Snapseed juga dilengkapi dengan fitur curves, perspective, expand, selective,resize,dan masih banyak lagi.

Fitur-fitur tersebut tidak bisa Anda jumpai di VSCO, jadi tidak heran jika Snapseed menjadi tools Instagram terbaik. Apabila Anda ingin mengedit hal-hal yang lebih detail seperti bekas jerawat dan pori-pori besar, Anda dapat menggunakan aplikasi yang satu ini.

Meskipun terbilang lebih memadai untuk editing foto, para pemula tetap bisa menggunakan aplikasi ini. Selain itu, Snapseed juga cocok untuk para profesional yang ingin mengedit foto dengan lebih praktis.

3. InShot

Apabila Anda ingin mengedit video sederhana, Anda bisa mencoba aplikasi InShot. Ada beberapa fitur yang bisa Anda gunakan seperti trimming, cutting, splitting, filters, resizing, dan masih banyak lagi.

InShot juga cocok untuk kebutuhan konten Instagram lantaran adanya pengaturan ukuran frame yang bisa menyesuaikan layout IGTV, story hingga feed di Instagram.

Selain itu, Anda dapat mengatur kecepatan video (slow-motion dan fast-motion), menambahkan tulisan/stiker, mengatur suara/musik, mengubah rotasi, hingga memberikan efek blur pada video.

Jika Anda adalah pemula dalam editing video, aplikasi ini sepertinya cocok untuk Anda. Tanpa melakukan proses editing  yang rumit, Anda sudah bisa mendapatkan hasil video dengan cepat.

4. Adobe Premiere Rush

Tools Instagram terbaik selanjutnya yaitu Adobe Premiere Rush yang mirip dengan InShot. Hanya saja, aplikasi ini juga menyediakan fitur cloud storage untuk menyimpan video Anda.

Anda dapat menggunakan aplikasi ini secara gratis maupun berbayar. Jika masih ingin coba-coba, lebih baik gunakan versi gratis yang menyediakan fitur cloud storage sebesar 2GB.

Sementara itu, versi berbayar (US$ 9.9 per bulan) menawarkan cloud storage mulai dari 100GB dan bisa diperbaharui hingga 10TB. Versi ini juga memungkinkan Anda untuk mengakses semua fitur dan konten, serta menyelaraskan video pada ponsel dan desktop.

5. Qontak

Anda mungkin kerap menjumpai akun bisnis Instagram yang mencantumkan nomor customer service. Pada kasus yang sama, ada cara lain yang lebih praktis dan terlihat profesional yakni menggunakan Qontak.

Qontak menyediakan fitur chat bot Instagram dan dapat mengirimkan katalog Instagram shop Anda. Sehingga akan ada lebih banyak calon konsumen yang berpotensi membeli produk/jasa Anda, jadi otomatis omset pun meningkat.

Ketika calon konsumen menghubungi Anda melalui chat bot, Qontak akan otomatis menyimpan data pelanggan. Kemudian, database tersebut akan tersusun pada laporan dan analisa menyeluruh sehingga Anda dapat menyusun perencanaan kedepannya.

Untuk bisa menggunakan layanan ini, Anda perlu mendaftar terlebih dahulu dan dikenakan biaya setiap bulannya mulai dari Rp 749.000 hingga Rp 3.499.000. Ada juga paket Enterprise yang menawarkan beberapa bonus tambahan di dalamnya.

6. Analisa

Setelah mengenal tools Instagram terbaik untuk editing foto dan video, Anda juga perlu memantau perkembangan akun Instagram menggunakan analytical tools yaitu Analisa.

Analisa dapat membantu Anda menganalisis kompetitor di Instagram melalui profil dan hashtag. Selain itu, Anda juga bisa menemukan followers berdasarkan data demografinya meliputi usia, jenis kelamin, dan lokasi.

Bermodalkan data tersebut, Anda akan lebih mudah menyusun perencanaan konten dan strategi yang tepat untuk target audiens. Apalagi aplikasi ini juga memberikan Anda informasi perihal konten-konten menarik dan para influencer melalui postingan dan waktunya, caption, serta hashtag

Penutup

Beberapa tools Instagram terbaik di atas mungkin bisa Anda coba sesuai kebutuhan. Anda bisa mencoba menggunakan versi gratisnya terlebih dahulu, atau mungkin langsung gunakan vers berbayar agar dapat mengakomodasi semua kebutuhan konten Anda.

Bagikan Melalui

Daftar Isi

Berlangganan Duwitmu

Komentar (0 Komentar)

Tulis Komentar - Balasan untuk Tito Shadam

Email Anda tidak akan di publish

Batalkan Membalas

Captcha Wajib Diisi

Artikel Terkait