Silakan masukkan kata kunci pada kolom pencarian

7 Perbedaan Instagram vs Tiktok, Mana Sosial Media Terbaik

  • Ditulis Oleh
  • Salmaa
  • 12 Februari 2022

Daftar Isi

7 Perbedaan Instagram vs Tiktok, Mana Sosial Media Terbaik

Beda Instagram vs Tiktok, kira-kira platform mana yang lebih Anda suka? Mana aplikasi sosial media terbaik saat ini untuk kepentingan pribadi atau bisnis ? Kita coba bahas perbedaan dan kekuatan Instagram dan Tiktok.

Baik Instagram maupun Tiktok, keduanya menduduki peringkat tiga teratas platform paling populer di dunia.

Menurut data dari Global Apptopia, kini Tiktok justru mengungguli Instagram dengan jumlah unduhan hingga mencapai 656 di tahun 2021. Sedangkan Instagram berhasil memiliki 545 juta pengunduh di tahun yang sama.  

Instagram dan Tiktok kini seolah terus bersaing untuk memenangkan hati penggunanya. Keduanya terus berinovasi agar penggunanya semakin banyak. Lalu sebenarnya, apa beda Instagram vs Tiktok? Dalam artikel ini, kami akan membahas beda Instagram vs Tiktok. Simak sampai akhir, ya!

Berikut beberapa perbedaan instagram vs tiktok:

1. Audiens

Hal pertama yang membedakan Instagram vs Tiktok terlihat dari segi audiensnya. Audiens Instagram dan Tiktok rupanya mempunyai sebaran umur yang berbeda. Bahkan persentase jenis kelamin kedua audiens dari platform populer ini juga sangat berbeda.

Menurut survey yang telah dilakukan oleh Statista, 34,6% pengguna Instagram di Indonesia berusia antara 18-24 tahun. Kemudian disusul oleh pengguna berusia antara 25-34 tahun sebanyak 31,9%. Dengan keseluruhan pengguna mencapai 87,9 juta, 52,6% pengguna Instagram berjenis kelamin perempuan, dan sisanya 47,4% berjenis kelamin laki-laki.

Sementara itu, menurut survey yang juga dilakukan oleh Statista,  pengguna Tiktok mencapai 4,14 juta di tahun 2015. Dengan sebaran 59% pengguna perempuan dan 41% nya berjenis kelamin laki-laki.

Untuk rentang usia, rupanya Tiktok memiliki pengguna dengan mayoritas rentang usia di kalangan remaja. Diantara seluruh pengguna Tiktok di Indonesia, rupanya 60% diantaranya berusia sekitar 16-24 tahun.

2. Jenis Konten

Beda Instagram vs Tiktok yang paling mencolok terlihat dari jenis kontennya. Jenis konten Instagram dan Tiktok sangatlah berbeda. Konten di Tiktok cenderung untuk menghibur satu sama lain. Sedangkan, konten Instagram biasanya menyuguhkan konten pribadi pemilik akun.

Tiktok memang hanya menyuguhkan konten berbasis video. Namun jangan salah, konten video di Tiktok rupanya memiliki banyak jenisnya. Jenis-jenis konten video di Tiktok ini justru menghibur dan banyak disukai oleh pengguna Tiktok.

Adapun konten di Tiktok yang kerap muncul di FYP four your page diantaranya: edukasi, tutorial, konten memasak, fashion & beauty, story telling, dance competition, konten “racun”, hingga humor-humor receh.

Sementara itu, isi konten instagram lebih lengkap. Instagram menyediakan konten-konten berbasis gambar dan video. Pengguna dibebaskan untuk mengunggah postingan sesuai yang diinginkan. Adapun konten Instagram yang bisa digunakan oleh penggunanya, antara lain: konten single image, carousel, reels, video, IGTV, hingga instagram story.

3. Kelengkapan Fitur

Beda Instagram vs Tiktok yang selanjutnya adalah kelengkapan fitur. Masing-masing platform rupanya punya keunggulannya sendiri dengan fitur yang dipunya. Pengguna bebas menggunakan fitur-fitur tersebut.

Adapun fitur Tiktok yang bisa dinikmati pengguna, antara lain: (1) Penambahan music; (2) Fitur hapus komen dan blokir pengguna massal; (3) Fitur live; (4) Screen time management; (5) In-App sucide prevention; (6) Filter video dan audio; (7) Risk warning tag; (8) Comment filter feature; (9) FYP; (10) Stitch; (11)  Restricted mode; dan (12) Duet.

Sementara itu, fitur Instagram yang bisa dinikmati penggunanya, antara lain: (1) Fitur professional dashboard; (2) Fitur ‘recently delete’; (3) Live room; (4) Pesan lintas platform IG dan messenger; (5) Reel remix; (6) Fitur matikan video dan audio saat live; (7) Menyembunyikan jumlah like; (8) Fitur insight untuk Reel dan video; (9) Security check up

Terjemahan teks di instagram stories; (10) Swipe up ganti menjadi stiker link; (11) Upload foto dan video dari PC; dan (12) Stiker Add Yours.

4. Filter

Salah satu beda Instagram vs Tiktok yang mencolok adalah efek filter. Efek filter menjadi salah satu fitur favorit pengguna. Sebab, dengan menggunakan efek filter, pengguna akan merasa lebih percaya diri.

Sementara itu, filter yang dimiliki Tiktok tidak hanya untuk tampilan video saja. Filter Tiktok rupanya mencangkup banyak hal, seperti filter sticker dan efek video, voice changer, beautify, dan filter auto caption. Filter-filter tersebut bertujuan untuk membuat konten pengguna lebih maksimal.

Sementara itu, untuk Instagram hingga saat ini hanya memiliki filter sticker dan efek video yang berupa beautify. Namun jangan salah, filter beautify Instagram hingga saat ini masih menjadi favorit, sebab pilihannya sangat variatif dan relatable dengan penggunanya.

5. Tools Editing

Beda Instagram vs Tiktok selanjutnya bisa dilihat dari segi Tools Editing. Dari segi tools editing, Tiktok memiliki tools yang lebih maksimal dibanding Instagram. Hal ini bisa dilihat dari segi kelengkapannya.

Tiktok memiliki tools editing yang lebih lengkap, diantaranya: 

  1. Pemilihan durasi; 
  2. beautify; 
  3. speed; 
  4. filter; 
  5. efek; 
  6. duet; 
  7. stitch; 
  8. audio;  
  9. auto download. 

Kelengkapan tools tersebut membuat pengguna Tiktok dapat mengeksplorasi videonya agar lebih terlihat maksimal.

Sementara itu, Instagram hanya memiliki tools editing berupa: 

  1. timer;
  2. speed;
  3. efek;
  4. layout;
  5. touch up.

Meskipun hanya sedikit, proses editing menggunakan Instagram justru menjadi pilihan beberapa orang. Sebab, bisa menghasilkan video tanpa watermark, sehingga dapat diposting di sosial media lain.

6. Algoritma

Beda Instagram vs TIktok selanjutnya terletak dari segi algoritmanya. Algoritma adalah cara teknis suatu platform memilih postingan berdasarkan beberapa kriteria untuk disebarkan ke pengguna dengan jangkauan lebih luas. Tentu saja algoritma Instagram dan Tiktok berbeda.Kira-kira apa saja perbedaan algoritma keduanya?

Mari kita bahas satu per satu. Semua kreator Tiktok, tentunya menginginkan videonya bisa masuk dalam FYP. Dengan masuk FYP, video para otomatis telah menjangkau audiens secara luas.

Berikut kriteria yang bisa membuat video Anda masuk dalam FYP: (1) Interaksi; (2) Informasi video; (3) Jadwan upload; (4) Teknik editing; (5) Durasi video; (6) Trending video, audio, dan hashtag;  dam (7) panjangnya caption.

Sedangkan untuk Instagram, beberapa algoritma yang perlu Anda ketahui untuk membuat Engagement Anda tinggi, antara lain: (1) Mempunyai ciri khas; (2) Mengajak followers berinteraksi; (3) Hasgtag; (4) Konsisten posting; (5) Gunakan fitur Reels; (6) Pilih waktu post yang tepat

7. Akun Bisnis 

Beda Instagram vs Tiktok terakhir terlihat dari sisi akun bisnisnya. Tentu saja hal ini menjadi pertimbangan para pelaku bisnis untuk memasarkan produknya di kedua platform tersebut. Meskipun keduanya sama-sama memiliki akun bisnis dengan berbagai fitur yang menarik, ternyata masih ada perbedaan yang perlu Anda ketahui lho.

Instagram merupakan salah satu media sosial yang berada di bawah naungan Faceook. Itu artinya, saat Anda memasarkan produk di Instagram shopping, hal itu ternyata memudahkan Anda untuk menjangkau pengguna Facebook juga. Maksudnya, iklan produk Anda yang ada di Instagram dapat ditayangkan juga melalui Facebook.

Berbeda dengan Tiktok, Anda tidak bisa melakukan hal tersebut jika memasarkan produk di Tiktok Shop. Sebab, Tiktok tidak mempunyai integrasi manapun dengan sosial media lain. Sehingga, jika Anda ingin menjangkau Audiens dari sosial media lain, Anda perlu membuat iklan yang berbeda.

Perbedaan akun bisnis Instagram vs Tiktok yang kedua terlihat dari segi user experience. Dari segi pengalaman pengguna, saat berbelanja di Instagram, Anda akan diarahkan ke website atau marketplace yang menjual produk tersebut. Lalu, Anda akan melakukan transaksi di sana.

Sebaliknya, jika Anda berbelanja melalui Tiktok, Anda bisa langsung bertransaksi di aplikasi tersebut, tanpa harus dialihkan ke laman yang lain. Sebab, Tiktok telah bekerja sama dengan Shopify untuk bisa melakukan transaksi di dalam aplikasi sendiri.

Ringkasan Perbedaan Tiktok dan IG

Dari hasil uraiang diatas, berikut ringkasan perbedaan dua aplikasi sosmed terbesar saat ini.

 TiktokInstagram
AudiensRemajaLebih Dewasa
KontenMenghibur satu sama lainmenyuguhkan konten pribadi pemilik akun
Fitur12 fitur9 fitur
FilterBanyak filter, seperti filter sticker dan efek video, voice changer, beautify, dan filter auto captionFilter sticker dan efek video beautify - sangat populer saat ini.
ToolsLebih LengkapTidak Selengkap
AlgoritmaBerbedaBerbeda
Akun BisnisBelanja langsung di TiktokBelanja pindah ke aplikasi lain dahulu; gabung dengan FB, sehingga audience lebih luas

Bagikan Melalui

Daftar Isi

Berlangganan Duwitmu

Komentar (0 Komentar)

Tulis Komentar - Balasan untuk Tito Shadam

Email Anda tidak akan di publish

Batalkan Membalas

Captcha Wajib Diisi

Artikel Terkait