Silakan masukkan kata kunci pada kolom pencarian

Tools TikTok Terbaik 2022 Video dan Analisis Data

  • Ditulis Oleh
  • Hanafi
  • 12 Juni 2022

Daftar Isi

Tools TikTok Terbaik 2022 Video dan Analisis Data

Apabila Anda menjadi content creator di TikTok, Anda tentu sudah familiar dengan berbagai macam tools yang membantu meningkatkan performa konten Anda. Apakah salah satu tools TikTok terbaik di bawah ini juga Anda gunakan?

Artikel ini merangkum beberapa tools terbaik untuk video editing dan data analisis, khususnya untuk aplikasi TikTok.

Sebelum membahas apa saja tools-nya, mungkin Anda penasaran apakah penggunaan tools tambahan untuk mengedit video dan data analisis itu penting? Simak ulasannya berikut ini.

Pentingkah Menggunakan Tools Untuk Video TikTok?

TikTok merupakan sosial media asal China yang pertama kali rilis pada September 2016 di China.

Aplikasi video ini mengalami kenaikan pesat setelah diluncurkan secara internasional pada September 2017 dan memiliki 65 juta pengguna. Jumlah penggunanya pun terus meningkat tajam setiap tahunnya.

Business of Apps melaporkan ada 700 juta pengguna TikTok pada 2020, kemudian bertambah menjadi 1 milyar pengguna pada 2021.

Sementara itu, pengguna TikTok terbanyak masih didominasi oleh wilayah Asia Tenggara, termasuk Indonesia di dalamnya.

Dengan data tersebut, tidak heran jika banyak bisnis kecil maupun besar yang memanfaatkan aplikasi TikTok untuk menarik konsumen, apalagi jika video Anda menjadi viral.

Namun, untuk membuat video yang menarik tentu dibutuhkan usaha lebih, misalnya penyusunan konsep, eksekusi video, dan pengeditan.

Untuk itu Anda perlu mengedit video terlebih dahulu supaya hasilnya lebih menarik bagi penonton. Dengan demikian, Anda dapat mempertahankan penonton lama dan menarik penonton baru.

Lain halnya dengan video tanpa editing kemudian diunggah apa adanya. Bukan tidak mungkin jika video ini kurang menarik dan penonton cenderung mengabaikannya.

Berikut ini daftar tools yang dapat Anda gunakan untuk mengedit video dan menganalisis data di akun TikTok Anda. Tools ini sangat mudah digunakan dan cocok untuk pemula.

Tools untuk Mengedit Video

Alaat untuk melakukan editing video TikTok.

1. Video Editor dari TikTok

TikTok menghadirkan fitur video editor bagi penggunanya, sehingga Anda dapat langsung mengedit video setelah merekamnya. Fitur-fitur yang ditawarkan pun dapat mengakomodir kebutuhan dasar video editing.

Fitur:

  1. Filter
  2. Adjust clips
  3. Voice effects
  4. Voiceover
  5. Sound
  6. Effects
  7. Text
  8. Stickers

Selain fitur editing di atas, baru-baru ini TikTok juga telah meluncurkan beberapa fitur tambahan yaitu Green Screen, Video Effects, dan Video Quality.

Fitur Green Screen memungkinkan Anda untuk menggunakan GIF sebagai latar belakang video. GIF dapat Anda pilih di library TikTok maupun file dari perangkat Anda.

Selain itu, Anda juga dapat menambahkan suara melalui fitur Voice Effects yang bisa disesuaikan seperti suara suling dan kucing.

Tidak hanya itu saja, kabar baik lainnya juga datang dari peningkatan fitur Video Quality dimana Anda dapat mengunggah video berkualitas 1080p HD.

  • Kompatibilitas: Android dan iOS
  • Harga: Gratis

2. KineMaster

Aplikasi video editingKineMaster nampaknya sudah tidak asing lagi bagi pengguna TikTok. Selain fiturnya yang bervariasi, aplikasi ini juga sangat mudah digunakan bagi pemula sekalipun.

Selain itu, KineMaster juga memberikan Anda keleluasaan untuk menciptakan video beresolusi hingga 4K HD. Jadi, tidak heran jika aplikasi ini menjadi salah satu tools TikTok terbaik yang banyak orang andalkan.

Fitur:

  1. Resolusi 4K HD
  2. Speed control
  3. Filter
  4. Multiple layers
  5. Video adjustment
  6. Overlay video (menambahkan foto, video, teks, dan audio)
  7. Add music
  8. Add sticker
  9. Trimming
  • Kompatibilitas: Android dan iOS
  • Harga: Gratis, $ 4.99 /bulan, $ 39.99 /tahun

3. VN

VN (VlogNow) mungkin belum terlalu besar gaungnya di antara pengguna TikTok, namun aplikasi ini dapat mengakomodasi kebutuhan editing Anda dengan baik.

Pasalnya, VN menawarkan beberapa fitur dengan pilihan berlimpah, misalnya ada lebih dari 50 pilihan filter, 9 mode transisi, 9 preset animasi, hingga mampu memberikan resolusi video 4K HD.

Apabila ingin memberikan subtitle di video, Anda dapat membuatnya di VN dengan berbagai pilhan font yang tersedia.

Fitur:

  1. Curve shifting
  2. Filters and filters adjustment
  3. Transition mode
  4. Reverse and zoom function
  5. Keyframe animation
  6. Animation presets
  7. Picture-in-picture mode
  8. Add text, subtitle, and multiple font style
  9. Adjustable material duration
  10. Support 4K HD
  • Kompatibilitas: Android, iOS, MacBook, Windows PC
  • Harga: -

4. VLLO

Apakah Anda ingin membuat video dengan gaya cute? Jika iya, maka VLLO adalah aplikasi yang cocok untuk Anda.

Pasalnya, VLLO memiliki fitur animation keyframe yang dapat mempercantik tampilan video Anda. Selain itu, pilihan stiker di aplikasi ini juga berlimpah hingga mencapai lebih dari 2.200 stiker.

Anda juga tidak perlu khawatir dengan hasil videonya karena VLLO tidak akan memberikan watermark pada video Anda. Hal ini tentu menjadi nilai tambah VLLO ketimbang aplikasi video editing lainnya yang kerap memberikan watermark.

Jadi, tidak heran jika VLLO menjadi salah satu tools TikTok terbaik yang dapat Anda gunakan.

Fitur:

  1. Trim, split, speed, reverse, dan adjustment
  2. Add text, video, sticker, dan label
  3. Add backsound (>200) from library or internal storage
  4. Blurring and pixel mosaic
  5. Animation keyframe
  6. Zoom in and zoom out

Kompatibilitas: Android, iOS, MacBook dengan teknologi M1 chip

Harga: Gratis, $2.49 /bulan, dan $9.99 seumur hidup

Tools untuk Analisis Data

Menganalisis data pada akun TikTok Anda perlu dilakukan, apalagi jika followers dan views mulai naik. Tujuannya, supaya Anda dapat menyusun strategi konten kedepannya.

Anda dapat memulainya dengan menganalisis video dengan likes, views, dan comment terbanyak, penggunaan hashtag yang tinggi, hingga topik konten yang sedang trending.

Berikut ini beberapa tools TikTok terbaik untuk menganalisis data.

1. TikTok Analytics

TikTok menyediakan fitur analisis data di dalam aplikasinya. Fitur ini menyediakan data statistik terkait perkembangan akun TikTok Anda seperti overview, content, dan followers.

Cara mengakses fitur Analytics:

  • Klik menu Profile
  • Tekan tanda “titik tiga” di pojok atas
  • Klik Creator Tools
  • Pilih Analytics

Jika sudah masuk di fitur TikTok Analytics, Anda dapat melihat berapa banyak likes, comments, dan shares secara keseluruhan pada menu Overview.

Lalu, ada menu Content yang menyajikan informasi perkembangan akun meliputi likes, comments, shares, views, lama waktu menonton, hingga sumber tentang bagaimana penonton menemukan akun Anda.

Apabila ingin mengetahui lebih dalam tentang informasi followers Anda, pilihlah menu Followers yang menyajikan informasi tersebut secara detail.

Kompatibilitas: Android, iOS, desktop

Harga: Gratis

2. MaveKite

MaveKite merupakan tool analisis yang menyajikan data statistik mengenai perkembangan akun TikTok Anda maupun orang lain.

Tidak hanya menganalisis akun saja, MaveKite juga dapat memberikan informasi analisis video, lagu, dan hashtag tertentu.

Caranya, masukkan username TikTok yang ingin Anda analisis, kemudian klik Get Analytics.

Setelah itu akan muncul sederet informasi meliputi engagement rate, post performance, video dengan likes terbanyak, hashtags, mentions, hingga performa tiap video. Anda juga dapat mengunduh analisis ini dalam format dokumen PDF.

Berikut ini contoh analisis akun TikTok Taylor Swift dengan username @taylorswift.

Kompatibilitas: website, iOS, dan Android

Harga: Gratis dan berbayar ($10 /bulan)

Kesimpulan

Itu dia beberapa daftar tools TikTok yang dapat membantu Anda mengedit video dan menganalisis perkembangan akun.

Pilihlah aplikasi video editing sesuai kebutuhan Anda dan jangan lupa untuk selalu mengasah kemampuan editing Anda. Dengan begitu, hasil video pun akan semakin baik seiring berjalannya waktu.

Anda dapat mencoba versi gratis terlebih dahulu jika masih ingin coba-coba. Namun, jika dirasa perlu fitur-fitur lain yang lebih advanced, Anda bisa mencoba versi yang berbayar.

Baca juga - Instagram vs Tiktok

Bagikan Melalui

Daftar Isi

Berlangganan Duwitmu

Komentar (0 Komentar)

Tulis Komentar - Balasan untuk Tito Shadam

Email Anda tidak akan di publish

Batalkan Membalas

Captcha Wajib Diisi

Artikel Terkait